TERJADI LEDAKAN, DUGAAN AWAL DARI BAHAN PEMBUAT MERCON

Temanggung, LenteraKhatulistiwa.com
LAPORAN KEJADIAN : TELAH TERJADI LEDAKAN DUGAAN AWAL DARI BAHAN PEMBUAT MERCON

Kepada :
Yth. Dirreskrimum Polda Jtb

Tembusan :
1.  Wadirreskrimum
2.  Kabagbinops
3.  Kasubdit I

Selamat pagi komandan, mhn ijin melaporkan telah terjadi ledakan dugaan awal dari bahan pembuat mercon di sebuah rumah kost2an, sbb :

KEJADIAN :
Terjadi ledakan di sebuah rumah kost2an

WAKTU KEJADIAN :
Rabu tanggal 22 November 2017 pukul 23.00 wib

TKP :
Di rumah kost2an yang terletak di Dsn. Pandesari Rt. 03 Rw. 08 Kel. Parakan Wetan Kec. Parakan Kab. Temanggung

PEMILIK BAHAN PELEDAK :

KHAERUDIN, laki-laki, 27 tahun, islam, wiraswasta / pegawai Koperasi Cemara Dana yang berada di Pakisan, Kedu, Tmg, alamat sesuai KTP : Ds. Tamanrejo Rt. 01 Rw. 02 Kec. Sukorejo Kab. Kendal. Alamat tempat tinggal : Kost di TKP

SAKSI2 :

1.  SUTIYAH SLAMET, perempuan, 37 tahun, islam, swasta, alamat : Dsn. Domangan Ds. Tuksari, Kec. Parakan, Tmg (sebagai pacar dari pemilik Handak, dan SUTIYAH SLAMET adalah orang yang membanting karung berisi obat mercon sebanyak 4 kali hingga meledak, namun saksi sebelumnya tidak mengetahui bahwa didalam karung ada obat mercon milik sdr. KHAERUDIN)

2.  DANI PRASMAWATI, perempuan, 30 tahun, islam, buruh, alamat : Dsn. Pandesari Rt. 03 Rw. 08 Kel. Parakan Wetan Kec. Parakan Kab. Temanggung (tetangga kamar kost pemilik Handak)*

BB :
•  1 (satu) set pakaian pemilik handak
•  3 (tiga) hp pemilik handak
•  1 (satu) tas pinggang pemilik handak
•  1 (satu) dompet warna coklat pemilik handak

MO :
KHAERUDIN membeli obat mercon 1/2 kg, kemudian setelah di buat mercon, ada sisa obat mercon, kemudian disimpan di dalam karung dan di letakkan di kamar kos (TKP). saat terjadi cekcok dengan pacarnya (SUTIYAH SLAMET), karung yang berisi obat mercon tsb dibantung sebnayak 4 kali oleh SUTIYAH SLAMET hingga akhirnya meledak

KRONOLOGIS :                                                                           
•  Awal mula pada sekitar pertengahan bulan Juni 2017, KHAERUDIN membeli obat mercon untuk membuat mercon persiapan lebaran dari teman 1 kantornya yang bekerja di Koperasi Cemara Dana Pakisan, Kedu yaitu Sdr. ARIFIN, laki-laki, 26 tahun, islam, karyawan swasta, alamat Ds. Tegalurung, Kec. Bulu Kab. Tmg.
•  KHAERUDIN membeli obat mercon sebanyak 0.5 kg dengan harga Rp. 150.000,-
•  Stelah dibuat mercon, ada sisa 0.25 kg obat mercon. Oleh KHAERUDIN sisa obat mercon disimpan dalam karung bersama dengan kabel kabel bekas dari radio rusak dan diletakkan di dalam kamar kost.
•  Pada hari Rabu tanggal 22 November 2017 sekitar pukul 23.00 wib, pelaku ribut dengan pacarnya (SUTIYAH SLAMET)
•  Keributan tersebut diduga disebabkan karena SUTIYAH SLAMET ingin pisah dengan KHAERUDIN, kemudian KHAERUDIN pergi sambil membawa karung berisi obat mercon tersebut ke kamar saksi 2 (DHANI PRASMAWATI) yang letaknya berhadapan dengan kamar kos pelaku karena pelaku takut jika karung tersebut di ambil oleh saksi 1 yang pada saat itu sedang emosi.
•  Pada saat pelaku membawa karung tsb, tiba tiba karung tsb direbut oleh saksi 1 dan selanjutnya di banting sebanyak 4 kali hingga akhirnya karung berisi obat mercon tersebut meledak, namun sebelumnya saksi 1 tidak tahu bahwa karung tersebut berisi obat mercon.

AKIBAT YG DITIMBULKAN :

1.  KHAERUDIN : luka sobek pipi kanan, luka sobek dahi kiri, luka sobek pundak kanan, luka sobek telinga kanan, luka2 lecet (luka bakar grade 1) diatas ketiak lengan kanan.
Tindakan dokter :
dijahit luar dalam dan di kompres NaCL 0,9 % dan disalep bioplasenton.
Opname di RS PKU MUH TMG

2.  Sdr SUTIYAH SLMAET : luka sobek diatas alis kiri, luka sobek di jari tengah tangan kanan, luka sobek di jari tengah tangan kiri, luka melepuh di telapak tangan kanan, luka bakar grade 1 (di kedua tangan, di kedua kaki, perut dan payudara), rambut kepala seluruhnya terbakar, telinga pendengaran berkurang dua2nya. lensa mata sebelah kanan seperti kena api dan ada semacam serbuk yg masuk ke selaput mata kanan
tindakan dokter :
dijahit luar dalam, dikompres NaCL 0,9 %, disalep dgn bioplasenton. Rambut yg kebakar dicukur, mata kanan diguyur pakai aqua steril, konsul spesialis mata dan THT.
Opname di RS PKU MUH TMG

3. DHANI PRASMAWATI : pada mata sebelah kiri, di duga kemasukan corpal atau beda asing
tindakan dokter :
dianastesi dan dicoba di evakuasi untuk benda asingnya namun blm bisa, kemudian ditutup dan disarankan ke spesialis mata

4.  TKP : kerusakan di plafon ternit, genteng, kaca jendela rumah, serta terdapat lubang pada lantai akibat ledakan tersebut , barang2 yg ada didalam berserakan.

HASIL AWAL PEMERIKSAAN DOKTER RS PKU MUH TMG dr AJI GATRA :

1.  Dari hasil pemeriksaan dokter, diduga Sdr KHAERUDIN dan Sdri SUTIYAH SLAMET terkena serpiham pasir / bubuk dan terkena panas atau api, sehingga mengakibatkan kulit melepuh dan luka lecet hampir di sekujur tubuh

TINDAKAN POLRI :
1.  menerima laporan
2.  mendatangi TKP dan penutupan TKP (police line / status quo)
3.  membawa korban ke RS
4.  mensterilkan TKP
5.  mencatat dan diterogasi saksi2
6.  melaporkan kepada pimpinan

*RENTINJUT :
1.  Menghubungi Jibom Brimob Polda Jtg Inavis Polda Jateng dan Labfor Cab Smg untuk melakukan olah TKP
2.  Lidik lebih lanjut

DUMP

KASAT RESKRIM RES TMG

AKP DWI HARYADI, SH, MH.

Reporter: Heru Kurniawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *