ASEX-01 Gelar Tactical Floor Game Simulasikan Manuver Latihan

(Puspen TNI).  KRI John Lie-358 memimpin rangkaian latihan maritim dan SAR di Laut Natuna Utara dalam sesi latihan bersama ASEAN Solidarity Exercise (ASEX) -01 Natuna pada 22–23 September 2023. 

Simulasi rangkaian kegiatan ini, dilaksanakan dalam tactical floor game yang dipimpin oleh Komandan Satuan Tugas Laut (Dansatgasla) ASEX-01 N Kolonel Laut (P) Awang Bawono (Dansatkor Koarmada I), bertempat di Markas Komando Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) IV di Batam, Kepulauan Riau, Rabu, (20/9/2023).

Pada tactical floor game  yang dipaparkan oleh Staf Deputy Commander Task Group (DCTG) Kapten Laut Kamberu Awoy, dijelaskan bahwa dalam rangkaian latihan itu, KRI John Lie, kapal perang RI yang berada di bawah kendali Komando Armada (Koarmada) I TNI Angkatan Laut, menjadi pusat komando untuk sesi latihan patroli bersama (manex), latihan pengisian bahan bakar di tengah laut (RAS), latihan pencarian dan penyelamatan (SAR) korban (trackex/sarex), latihan pendaratan dan lepas landas helikopter di atas kapal (DLQ), dan pertukaran kru kapal di tengah laut.

Pelaksanaan tactical floor game ini, diikuti juga oleh Basarnas, dan perwakilan militer dari negara  Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam.

Adapun kapal perang yang akan terlibat pada latihan bersama ini diantaranya KRI Jhon Lie, KRI Karel Satsuit Tubun, KRI Silas Papare, KRI Sutedi Senaputra, KN Vigour, dan KD Terengganu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *