Kelompok Tani Binaan Koramil Bojonggede Lakukan Konsolidasi Dengan Dinas Pertanian Kab Bogor

Tajurhalang – Kelompok Tani “Sarimekar” Desa Citayem yang merupakan Poktan binaan Koramil 04/Bojonggede melaksanakan pertemuan dengan Dinas UPT Pengembangan Tehnologi dan Peredaran Hasil Wilayah Cibinong Th. Anggaran 2018 di Gubuk Poktani Sarimekar Desa Citayem Kec. Tajurhalang Kab. Bogor. Selasa, (15/5/2018)

Pelda Giyono, Babinsa Pendamping Poktani Koramil 04/Bojonggede menjelaskan bahwa pertemuan dimaksud untuk melakukan konsolidasi musim tanam Tahun 2017-2018 menuju tahun berikutnya.

“Kita bersama Poktani dan Dinas Pertanian melakukan evaluasi selama musim tanam setahun”, jelasnya.

“Berbagai hal-hal yang menjadi kendala dalam musim ini kita bahas agar kedepan dapat lebih baik khususnya untuk anggota Poktani”, bebernya.

Pertemuan yang dihadiri oleh Plt. Ka UPT Ibu Yenny beserta rombongan membahas berbagai hal-hal terperinci untuk memaksimalkan hasil pertanian para anggota Poktani.

Salah satu yang menjadi penekanan Ibu Yenny adalah pemeliharaan Alsintan baik bantuan dari Dinas Pertanian maupun dari Kodim 0508/Depok.

“Traktor multi fungsi sangat berpengaruh dalam membikin dan mengolah lahan, jaga dan rawat baik-baik”, pesannya.
Karena dijelaskannya Alsintan berikut LTT (Luas Tambah Tanam_Red) selalu dilaporkan secara berkala ke Dinas maupun ke Kodim 0508/Depok.

Dalam konsolidasi tersebut, Pelda Giyono menyampaikan keluhan para Poktani mengenai Kartu Tani yang belum merata.

“Masih ada sebagian anggota Poktani yang belum memiliki Kartu Tani, sehingga ada anggota Poktani yang kesulitan dalam membeli pupuk”, katanya.
Babinsa menjelaskan bahwa Kartu Tani itu digunakan sebagai alat untuk belanja pupuk bersubsidi, obat dan untuk mengambil apabila ada bantuan baik alsintan maupun benih”, jelasnya.

Menanggapi hal tersebut, Ibu Yenny menjawab fihaknya akan berupaya memenuhi Kartu Tani. “Kami akan berupaya agar semua anggota Poktani yang sudah terdaftar mendapatkan Kartu Tani”, jelasnya kepada para Poktan.

Ibu Yenny juga berharap kepada anggota Poktani agar setiap bantuan baik benih maupun pupuk subsidi dapat dimanfaatkan secara merata dan se-efisien mungkin.

Hadir dalam konsolidasi tersebut Ka PPL Pertanian, Ka PPK Pertanian, Perwakilan POPT, Perwakilan PPS dan Staf UPT Pertanian Wil Cibinong serta Para Ketua Poktani yang tersebar di Kec. Tajurhalang dan Bojonggede.

Babinsa turun ke sawah mendampingi para petani merupakan komitmen Kodim 0508/Depok untuk membantu mensukseskan program Pemerintah yaitu Ketahanan Pangan Nasional guna mencapai Swasembada Pangan.(aca/iis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *