Peringatan Hari Kartini Di TKQ Kharisma Dimeriahkan dengan pameran busana daerah

Bogor_Lenterakhatulistiwa.com

Semangat Hari Kartini, selain bisa menjadi ajang pengingat akan jasa-jasa Kartini, juga bisa menjadi ajang memperkenalkan budaya daerah kepada anak-anak. Bukan hanya mengenakan pakaian adat, tetapi juga diadakan lomba Fashion Show busana daerah. Seperti yang terlihat di TKQ Kharisma Ciawi Kabupaten Bogor saat memperingati Hari Kartini pada Jumat, (20/4/2018) yang diikuti puluhan siswa-siswi TKQ Kharisma.

Dalam sambutannya, Kepala Sekolah TKQ Kharisma, R Sri Sunarti S.Pd mengatakan RA Kartini adalah seorang pejuang bagi kaum wanita. Kartini, lahir dikota Jepara pada tanggal 21 April 1879 adalah seorang putri Bupati Rembang yang bernama R Suryadi Suryaningrat yang dimasa itu kedudukannya tidaklah sebebas disaat ini.

“Sikap tegas Kartini mencerminkan keluhuran nilai-nilai budaya dan dapat menciptakan kedudukan dirinya sebagai seorang pahlawan pergerakan kaum wanita sehingga terbitlah sebuah buku yang diciptakan oleh Kartini yang berjudul ‘habis gelap terbitlah terang’, kata R Sri Sunarti S.Pd.

Selain fashion show busana daerah, siswa-sisiwi TKQ Kharisma juga menari tarian dari berbagai daerah, membaca puisi dan bernyanyi bersama lengkap dengan pakaian dari berbagai daerah di Indonesia. 

Lanjutnya, Jika setiap tahun hari Kartini senantiasa kita peringati. Namun, hendaknya janganlah hanya pada saat ini saja kita menampilkan hasil karya dan cipta, lebih dari pada itu. 

“Mudah-mudahan setiap hari kita tetap berkarya, tetap berjuang dan bercitra sebagai bangsa yang harum namanya,” pungkasnya.(Tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *