PRESS RELEASE BNN AKHIR TAHUN 2017

Kerja Bersama Perang Melawan Narkoba
Jakarta, 27 Desember 2017

Badan Narkotika Nasional (BNN) sebagai lembaga negara memiliki tanggung jawab penuh penanganan masalah narkoba di Indonesia. Menjadi garda terdepan untuk memutuskan langkah dan kebijakan yang diambil untuk mengatasi peredaran gelap Narkoba dan menekan laju angka prevalensi penyalahgunan Narkoba. BNN mempunyai strategi untuk menanganinya. Dengan keseimbangan penanganan antara supply reduction dan demand reduction. Supply untuk memutus mata rantai pemasok mulai dari produseb sampai jaringan pengedarnya. Demand until memutus mata rantai para pengguna Narkoba. BNN bekerja sama dengan Polri serta Bea dan Cukai. Periode Januari sd Desember 2017 terungkap 46.537 kasus Narkoba dan 27 kasus Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) Diamankan 58.365 orang tersangka kasus Narkoba. 34 tersangka TPPU dan 79 orang di tembak mati. Telah ditemukan zat jenis narkotika terbaru yang telah masuk dan beredar di Indonesia diidentifikasi 68 zat. 60 telah mendapatkan ketetapan hukum melalui Pernenkes No. 41 tahun 2017 tentang Perubahan Penggolongan Narkotika. Sesuai dengan Undang Undang No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. BNN tahun ini tengah membangun Pusat Laboratorium Uji Coba Narkoba di Lido, Bogor.

BERSINERGI MENAMBAH ENERGI. Menghadapi tugas yang berat dalam penanganan permasalahan Narkoba, BNN bersifat terbuka,membuka diri untuk menjalin kerjasama dan bersinergi dengan seluruh komponen bangsa guna memperkuat barisan menghadapi ancaman bahaya Narkoba. Pada tahun ini BNN telah menjalin 1 (satu) Kerja Sama Luar Negeri dengan Laos dan 33 Kerja Sama Nasional yang terdiri dari Pemerintah,Swasta,Lingkungan Pendidikan,dan Komunitas Masyarakat yang telah mengukuhkan komitmennya dan melakukan aksi nyata dalam upaya Pencegahan Dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). Kerja sama yang sangat penting dibangun pada tahun ini adalah dengan perusahaan penerbangan Citilink,menhingat maraknya temuan pilot maskapai penerbangan yang terindikasi sebagai penyalahgunaan Narkoba dan membahayakan keselamatan penerbangan. Selain itu,kerja sama dengan ASPERINDO yang merupakan kumpulan perusahaan jasa ekspedisi juga tak kalah pentingnya bagi pengawasan pengirimab barang dari luar dan dalam negeri sebagai modus operandi yang kerap digunakan jaringan sindikat Narkoba untuk menyelundupkan Narkoba. Keja sama serupa juga dijalin dengan PELINDO III (Persero) sebagai penyelenggara jasa pelabuhan yang juga merupakan pintu masuk Narkoba ke Indonesia. Kerjasama ini diharapkan dapat menginisiasi instansi dan lembaga lainnya untuk bersama-sama beraksi dan mendukung upaya penanganan permasalahan Narkoba.

MENAMBAH KEKUATAN LEMBAGA. Selain bersinergi dengan seluruh elemen bangsa ini untuk menghadapi ancaman Narkoba, BNN juga mengaktualisasi diri dengan menambah kekuatan internal. Tahun ini merupakan sejarah bagi BNN dan TNU, karena pada tahun inilah secara hukum dan undang-undang, sebanyak 4 (Empat) Perwira Menengah TNI secara resmi menduduki jabatan dalam struktur organisasi BNN. Keterlibatan unsur TNI dalam penanganan permasalahan Narkoba merupakan bagian dari sinergitas dinamika organisasi. Hal ini merupakan bentuk keseriusan bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman Narkoba. Prnambahan kekuatan internal juga dilakukan dengan penambahan 28 (Dua Puluh Delapan) BNN Kabupaten/Kota guna memperluas jangkauan wilayah rawan peredaran gelap dan oenyalahgunaan Narkoba, sehingga saat ini BNN memiliki 34 BNN Provinsi dan 173 BNN Kabupaten/Kota. PERJUANGAN TANPA BATAS. Narkoba merupakan permasalahan serous bagi bangsa Indonesia. Dibutuhkan komitmen,semangat,dan tekad yang kuat dalam mengatasi permasalahan yang tanpa batas ini. Memerangi Narkoba sampai tuntas menjadi prioritas BNN dan aparat penegak hukum lainnya. Oleh karena itu dukungan seluruh elemen bangsa sangat dibutuhkan dalam mengemban tugas dan amanah yang diberikan oleh masyarakat. Marilah berjuang Bersama,bekerja sekuat tenaga,menjadikan negara kita bersih dari penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba. #StopNarkoba. Pak Sulistriandri (Humas BNN).
(Reno/Arip)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *