Cimande kembali menggelar Festival Pasanggiri Pencak Silat Cimandean

BOGOR – Cimande kembali menggelar Festival Pasanggiri Pencak Silat Cimandean. Festival ini salah satu upaya melestarikan pencak silat aliran Cimandean sebagai warisan seni budaya khas Cimande.

Festival yang digelar di Padepokan Cimande, Kampung Tarikolot, Desa Cimande, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor Jawa Barat ini, dihadiri oleh Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon yang juga merupakan Politisi Partai Gerindra, Muspika wilayah setempat, serta ratusan pesilat dari 7 perguruan/lingkung seni.

Ketua Pusat Pencak Silat Aliran Cimande (PPSAC), Moch. Darma Sudarma, mengatakan, pencak silat aliran Cimandean tetap terlestarikan dan banyak diminati generasi muda sebagai penerus pelestari warisan leluhur.

“Festival pasanggiri Pencak Silat Cimande ini ke 4 kalinya diadakan. Untuk festival hari ini, diikuti oleh 7 perguruan pencak silat,” kata Moch. Darma kepada wartawan. Sabtu, (7/4/2018) disela acara.

Perguruan aliran Cimande tersebar di beberapa wilayah di Kabupaten Bogor, bahkan banyak yang meminta untuk mengikuti festival ini, hanya saja kita batasi mengingat daya tampung tempat yang tidak memungkinkan.

“Alhamdulilah ini sudah berjalan dan sudah menjadi agenda tahunan, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai dan mencintai budayanya,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *