by

Tingkatkan Kewaspadaan, Prajurit KRI Bima Suci Latihan Penyelamatan Kapal

TNI AL. Koarmada II | lenterakhatulistiwa.com

Si jago merah melalap ruangan SPT (Sistem Pemeliharaan Terencana) KRI Bima Suci yang sedang sandar di Dermaga Madura Ujung Surabaya pada pukul 19.30 WIB. Perwira Jaga (Paga) memerintahkan Caraka untuk menginformasikan kepada Tim Peran Penanggulangan Kebakaran (PEK) 1 melalui pengeras suara untuk melaksanakan penanggulangan.

Dengan cepat Tim PEK 1 mengambil perlengkapan dan melaksanakan pemadaman api yang melalap ruangan SPT. Koordinasi antara Katim PEK dengan Pos Komando (PK) melalui Handy Talky (HT) terjalin baik sehingga api mampu dipadamkan dengan cepat. Demikian skenario penanggulangan kebakaran yang diperintahkan oleh Komandan KRI Bima Suci Letkol Laut (P) Waluyo, S.H., M.Tr. Hanla. kepada Perwira Jaga, Jumat (18/09/2020).

Komandan KRI Bima Suci menyampaikan “Latihan Peran Penanggulangan Kebakaran bagi prajurit KRI Bima Suci ini dilaksanakan secara mendadak sebagai upaya untuk meningkatkan kepekaan dan kesigapan prajurit dalam penyelamatan kapal dari bahaya kebakaran sebagai bentuk antisipasi jika menghadapi situasi terburuk pada saat melaksanakan operasi’, jelas Letkol Waluyo.

“Pelaksanaan Latihan PEK ini sebagai tindak lanjut perintah Pangkoarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M. untuk terus melaksanakan latihan guna membentuk prajurit matra laut yang profesional guna mendukung tugas TNI AL yang semakin kompleks”, imbuh Letkol Waluyo.

(KRI BSC).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed