by

Tim Dosen Pendidikan Kimia Undana Beri Pelatihan Inovasi Kelor Bagi Ibu-ibu

Kupang – Lenterakhatulistiwa.com

Tim dosen Program Studi Pendidikan Kimia FKIP UNDANA melaksanakan Pengabdian kepada masyarakat di GMIT Laheroi, Tofa. Sabtu (31/08/2019).

Bentuk kegiatan yang dilaksanakan adalah pelatihan pembuatan kue basa kelor khas NTT.
Pelatihan pembuatan kue basah dari kelor tersebut diberilan pada ibu-ibu.

Ketua tim dosen, Johnson Nune Naat, S.Pd, M.Si yang ditemui lenterakhatulistiwa.com mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan kelor yang dapat dibuat atau inovasi menjadi beberapa kue basah seperti kue cake, brownies dan tiramishu.

“Tujuan kegiatan untuk memperkenalkan kelor yang dapat dibuat atau diinovasikan menjadi beberapa kue basah kue cake, brownies, dan tiramishu kepada masyarakat NTT khususnya kaum Ibu Jemaat GMIT Laheroi, Tofa,” kata Jhonson.

Jhonson menambahkan, “Banyak orang tidak suka makan kelor karena rasanya sepat. Tapi jika di olah menjadi produk yang lain seperti kue basah maka orang-orang akan suka. Sehingga, nilai gizi akan lebih mudah masuk ke dalam tubuh. Ini adalah inovasi baru dari produk olahan kelor. Selain itu, hal lain yang cukup mengurangi minat orang untuk makan kelor adalah bau kelor. Inovasi baru juga dilakukan untuk menghilangkan bau kelor, hal ini akan membuat kelor semakin disukai.”

Ketua Majelis Jemaat GMIT Laheroi, Tofa, Yatty Pandie Mandala S.Th dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bagus karena menambah informasi dan pengetahuan bagi ibu-ibu.

“Kegiatan ini sangat bagus, karena menambah informasi dan pengetahuan bagi ibu-ibu tentang cara membuat kue yang bergizi. Sehingga waktu hari raya Natal ibu-ibu tidak perlu membeli kue di toko,” ujar Yatty.

Salah seorang peserta pelatihan, Selmi mengungkapkan bahwa pelatihan ini menambah pengetahuan tentang cara pengolah kelor menjadi kue yang enak dan bernilai gizi tinggi.

“Awalnya kami tidak tahu tentang cara mengolah produknya, namun setelah mengikuti pelatihan ini kami mendapatkan banyak pengetahuan tentang cara mebuat kue yang enak dan bernilai gizi tinggi berbahan dasar kelor. Terima kasih kepada bapak dan ibu dosen Pendidikan Kimia FKIP Undana yang telah berbagi pengetahuan bersama kami,” ungkap Selmi.

Pelatihan yang dilakukan pukul 15.00 WITA hingga 17.00 WITA tersebut melibatkan kurang lebih puluhan peserta.

Penulis Yos

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed