by

Solusi Kades Tanjung Rasa Kec. Tanjung Sari Kab. Bogor. Mengatasi Musim Kemarau untuk Masyarakatnya

Bogor – Lenterakhatulistiwa.com

Aksi yang dilakukan Kades Tanjung Rasa Kec. Tanjung Sari Kabupaten Bogor, bapak E. Kusnadi SE., perlu mendapatkan perhatian khusus dan ancungan jempol dari Pemerintah Daerah maupun Pusat karena melakukan aksi positif mengatasi kekeringan di daerahnya. Hal ini dilakukan karena bentuk tanggung jawab sebagai aparat desa dan abdi masyarakat yang perlu contoh untuk semua kalangan karena dilakukan dengan ikhlas dan profesional.

Musim kemarau panjang yang melanda Desa Tanjung Rasa Kecamatan Tanjung Sari Kab. Bogor ini membuat sebagian masyarakat kekurangan air untuk keperluan sehari hari.

Kades Tanjung Rasa E. Kusnadi SE., mengatakan, “Bentuk kepedulian dan tanggung jawabnya untuk masyarakatnya,  membeli 1 unit mobil tanki air kapasitas 5000 liter. Mobil tersebut untuk memuat air dari sungai yang sudah disaring dan membagikannya dari rumah ke rumah untuk membantu warganya yang membutuhkan air. Pendistribusian air ini secara GRATIS (tanpa di pungut biaya) segala bentuk biaya murni dari Kades pribadi sendiri,” tuturnya.

Kades Tanjung Sari E. Kusnadi SE., disela sela kesibukannya kepada Lenterakhatulistiwa.com mengatakan, “Semua dilakukan dengan penuh keikhlasan dan bentuk rasa tanggung jawab sebagai aparat desa untuk masyarakat yang di pimpinnya serta berusaha menjadikan desa yang Mandiri Aman Tertib dan Sejahtera. Menunggu bantuan dari pemerintah sangat lambat dan tidak rutin. Sedangkan masyarakat sangat membutuhkan air,” paparnya.

Adapun jumlah air yang dibutuhkan setiap hari untuk dibagi-bagikan ke 6 Dusun. 12 RW dan 24 RT diangkut tiap hari untuk memenuhi kebutuhan warganya sampai 10-11 tanki air kapasitas 5000 liter. Dengan dibantu 2 sopir 2 kernet secara bergantian mulai pagi sampai pagi. (24 jam) dengan istirahat masing masing 2 jam.

Setiap harinya Kades E. Kusnadi SE. mengeluarkan anggaran untuk operasional sejumlah Rp. 1.000.000.- (satu juta rupiah). Untuk pembelian BBM dan Gaji 2 sopir dan 2 kernet. Biaya ini murni dari tabungan pribadi tidak menggunakan dari dana desa atau lainnya.

Semoga pengorbanan Kades Tanjung Rasa E. Kusnadi SE. Menjadikan contoh buat pejabat dan pemimpin lainnya untuk membantu masyarakat yang membutuhkan dan bermanfaat.

(Arf)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed