by

Prajurit Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 509 Kostrad, Berikan Sosialisasi Bela Negara

Web | Lenterakhatulistiwa.com

Selain melaksanakan tugas pengamanan perbatasan, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 509 Kostrad juga peduli akan dunia pendidikan. Sebagai wujud kepedulian tersebut, kali ini Pos Yuruf menggelar Sosialisasi Bela Negara untuk memberikan wawasan kebangsaan kepada siswa/i SMP 01 Yuruf, Distrik Web, Kabupaten Keerom, Papua. Kamis (16/1).

Adapun tujuan dari kegiatan tersebut untuk menciptakan generasi muda yang berkarakter dan memiliki nilai kejuangan yang tinggi sehingga merasa terpanggil membela negara dan bangsa.

Komandan Pos Yuruf, Letnan Satu Inf Ryan Krisna mengatakan tema kegiatan tersebut adalah “Membentuk Generasi Emas Bangsa Yang Berkarakter dan Anti Radikalisme”.

“Kami memberikan pemahaman kepada siswa dan siswi bahwa bela negara merupakan suatu tekad, sikap dan perilaku warga negara yang dilakukan secara teratur, menyeluruh dan terpadu,” ujar Ryan.

Selain itu, diharapkan siswa dan siswi dapat menjiwai kecintaan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjalin kelangsungan hidup Bangsa dan Negara. Serta memberikan benteng kepada generasi muda agar tidak terjerumus kepada sekelompok golongan yang akan merusak dan memecah belah keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ryan Krisna juga mengatakan bahwa Pancasila telah dapat mempersatukan rakyat Indonesia yang terdiri dari beraneka ragam agama, suku, bahasa dan asal-usul keturunan.

“Setiap warga negara selalu siap mempertahankan kelangsungan hidup Bangsa dan Negara dari segala bentuk gangguan dari dalam maupun luar negeri, maka dari sekarang perlu membentengi diri sehingga tidak terpedaya oleh hasutan-hasutan dengan tujuan memecah belah persatuan dan kesatuan,” pungkas Ryan.

“Implemetasi bela negara dalam kehidupan sehari-hari yaitu menciptakan suasana rukun, damai dan harmonis dalam keluarga maupun masyarakat sehingga suasana kondusif selalu terjaga dan menciptakan generani bangsa yang selalu rela berkorban demi keutuhan bangsa dan negara,” tutup Ryan.

Kegiatan tersebut mendapat sambutan positif dari Kepala Sekolah SMPN 01 Yuruf Melky Poul (50) saya mengucapkan terima kasih kepada anggota Satgas Pos Yuruf yang telah memberikan sosialisasi tentang bela negara, semoga apa yang disampaikan dapat ditanamkan dalam dan dilaksanakan oleh siswa dan siswi sebagai generasi muda penerus bangsa dalam usaha mengawal keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Autentikasi
Dansatgas Yonif R 509 Kostrad
Letkol inf Wira Muharromah, S.H., psc.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed