by

Pakai Jetor, Babinsa Koramil 03/SS Turun Kesawah Bantu Olah Lahan

P.Siantar | Lenterakhatulistiwa.com

Koramil 03/Siantar selatan Kodim 0207/Sml Korem 022/PT Serda Samson Friono bersama Poktan U D Subur Kel Mekar Nauli membantu pengolahan lahan persawahan ( penjetoran) seluas 17 rante milik Bapak Sumihar di Kelurahan Mekar Nauli Kecamatan Siantar Marihat Kota Pematangsiantar. Jumat (27/09/2019)

Pengolahan menggunakan Traktor/Jetor adalah cara pengolahan lahan baru yang dapat membantu petani untuk menyuburkan tanah yang akan ditanami karena dengan sistim Traktor ini akan mengubah sifat fisik tanah agar lapisan atas yang semula keras menjadi datar dan melumpur.

Keuntungan yang didapat selama pengolahan tanah yaitu gulma mati yang kemudian akan membusuk menjadi humus, airisasi tanah menjadi lebih baik dan lapisan bawah tanah jenuh air sehingga dapat menghemat air.

Proses olah lahan dengan menggunakan traktor akan lebih mempercepat pekerjaan petani. Selain itu, dengan traktor, tanah menjadi gembur dan melumpur. Gulma pun akan mati dan membusuk, yang akhirnya dapat menyuburkan lahan persawahan.

Dengan didampingi Babinsa, diharapkan petani benar-benar merasa terbantu dalam mendapatkan hasil maksimal, sehingga ketahanan pangan nasional sukses diwujudkan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed