by

ORASI ANTI NARKOBA DAN PEDULI HIV/ AIDS MEWARNAI HUT YAYASAN HANG TUAH KE-73

Kapeng Yayasan Hang Tuah : “ Satuan-satuan Pendidikan di Lingkungan Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya bebaskan diri dari Narkoba dan virus HIV/AIDS”

Surabaya | Lenterakhatulistiwa.com

Satuan Pendidikan tingkat SMP dan SMA/SMK di bawah naungan Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya Rabu,(22/1) melaksanakan Lomba orasi anti Narkoba dan Peduli HIV/AIDS yang di selenggarakan di SMA Hang Tuah 1 Surabaya dengan menghadirkan Yuri dari BNNP Jawa Timur dan dari Yayasan Hang Tuah Surabaya.

Pelaksanaan lomba dengan dua sesi, sesi pertama yel-yel anti narkoba dan sesi kedua orasi anti narkoba dan peduli HIV/ AIDS, Kegiatan ini di tingkat SMP melibatkan 5 SMP ( SMP HANG TUAH 1,2,4,5 dan 6) sedangkan di tingkat SMA/ SMK melibatkan 4 SMA ( SMA HANG TUAH 1,2,4 dan 5) serta 2 SMK Kal-1 dan SMK KAL-2 dimana setiap sekolah mengirimkan 10 peserta untuk lomba yel-yel dan 1 peerta untuk lomba orasi.

Untuk lebih obyektif penilaian lomba ini, Ketua panitia penyelenggara orasi anti narkoba dan peduli HIV/AIDS Letkol Laut (KH) Drs. Ambar Kristiyanto, M.Si yang kesehariannya sebagai Kepala Sekolah SMK KAL-1 menghadirkan yuri dari Badan Narkotika Nasional Propinsi Jawa Timur Wawan Kurniawan Aziz, S.Psi , bersama Dra. Ramayanti dan Anggraeni Putri, M.Psi dari Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya.

Harapan Ketua Panitia penyelenggara , dengan kehadiran salah satu yuri dari BNNP Jawa Timur yang merupakan Sie penyuluh dan pencegahan akan membawa nilai positif bagi Yayasan Hang Tuah karena kegiatan ini merupakan penjabaran /pelaksanaan dari program yang di canangkan oleh pemerintah untuk mengenalkan secara dini di sekolah-sekolah dari tingkat pendidikan dasar hingga perguruan tinggi akan pentingnya mengetahui bahayanya Narkoba, HIV/AIDS agar generasi muda bangsa ini jauh dari ganasnya penyakit akibat barang terlarang tersebut.

Ketua Pengurus Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya Drs. SD Seputra, S.K.M., M.M dalam sambutannya mengatankan bahwa Satdik-satdik ( Sekolah-sekolah) di lingkungan yang menjadi tanggung jawabnya (Surabaya-Sidoarjo ) akan bebas dari pengaruh narkoba, HIV/AIDS . Dengan adanya lomba orasi Anti Narkoba dan Peduli HIV/AIDS seluruh siswa , guru dan staff, keluarga Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya di harapkan akan dapat menjadi pelopor/ corong dimana mereka bertempat tinggal.

Dari peserta orasi dapat di simpulkan bahwa mereka telah menyampaikan pengertian secara singkat tentang apa itu narkoba? . Narkoba merupakan salah satu jenis obat-obatan yang bisa merusak jaringan tubuh seperti syaraf apabila digunakan secara berlebihan.

Ditanyakan kepada hadirin yang berada di lokasi orasi, apabila menggunakan sedikit apa tetap boleh? Tetap saja TIDAK DI PERBOLEHKAN..! Sebab obat ini hanya boleh digunakan oleh dokter untuk keperluan medis. Bahkan, negara kita secara tegas sudah melarang penggunaan Narkoba didalam lingkungan masyarakat walaupun itu jumlahnya sedikit.

Tujuan saya dalam menyampaikan orasinya pada kesempatan kali ini supaya para siswa-siswi yang hadir yang sedang mencari ilmu disekolah, dengan suka rela untuk menjauhi narkoba dan sejenisnya.“Apabila berlebihan mengkonsumsi narkoba, pengguna akan sering berhalusinasi bahkan sampai menimbulkan kematian dan ini fakta bukan hoax” paparnya salah satu peserta.

Pada akhirnya tim Yuri menyimpulkan bahwa peserta yang berhasil menjadi juara untuk lomba yel-yel anti narkoba di tingkat SMP juara pertama jatuh kepada SMP Hang Tuah-6 Excellen Juanda. Ditingkat SMA / SMK untuk yel-yel juara pertama jatuh kepada SMK KAL-1 .

Lomba orasi tingkat SMP, keluar sebagai juara pertama SMP Hang Tuah 6 Excellen dengan score 268, juara ke dua SMP Hang Tuah 5 dengan score 264 dan juara ke tiga SMP Hang Tuah 1 dengan score 240

Sedangkan untuk lomba orasi anti narkoba dan peduli HIV/AIDS tingkat SMA/SMK, keluar sebaga juara pertama SMA Hang Tuah 4 dengan score 268, juara ke dua SMA Hang Tuah 5 dengan score 264 dan juara ke tiga SMK KAL-2 dengan score 260.

(YHT/dar)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed