by

Melestarikan Budaya Bugis, Putri Pengusaha Rental Makassar Menggelar Acara Akkorong Tigi/Mapacing

Makassar | lenterakhatulistiwa.com

Salah satu cara melestarikan budaya suatu daerah dan terus mewariskan ke generasi selanjutnya. Bila tidak dilestarikan maka nantinya budaya itu akan hilang. Semoga dengan melestarikan budaya akan menjadi pembelajaran yang baik untuk generasi yang akan datang.

Acara malam Akkorong Tigi atau Mapacing adalah suatu acara adat istiadat suku Bugis Makassar yang dilakukan sebelum acara akad nikah atau resepsi pernikahan dan sebagai bentuk memohon do’a dan restu dari semua keluarga terdekat, supaya nantinya menjadi keluarga sakinah mawadah warahmah dan bahagia dunia akhirat.

Kegiatan ini dilakukan secara turun temurun bilamana salah satu anggota keluarga akan mengadakan pernikahan. Hal ini juga sebagai bentuk mengangkat atau menaikkan harkat dan martabat serta harga diri calon mempelai dan keluarga.

Sebagai mana yang dilakukan oleh bapak M. Nasun. Dengan profesi beliau sebagai pengusaha rental mobil di Makassar serta pemilik rental Anging Mamiri. Melaksanakan acara Akkorong Tigi atau Mapacing. Malam ini Sabtu 29/2/2020.

Dengan diselenggarakannya acara Akkorong Tigi atau Mapacing diperuntukkan untuk Putrinya yang akan melangsungkan akad nikah dan resepsi pernikahan di gedung Balai Kencana Jl. Ratulangi Makassar. Minggu 1/3/2020.

Kepada Lenterakhatulistiwa.com. Drs. Abas Duni mengatakan, “Kami atas nama pribadi dan sebagai kakek dari calon mempelai wanita serta sebagai keluarga memberikan do’a serta restu, semoga cucu kami bahagia dan menjadi keluarga sakinah mawadah warahmah,” ujarnya.

Turut hadir dalam acara Akkorong Tigi atau Mapacing, orang tua kedua mempelai dan seluruh keluarga terdekat. Serta dilanjutkan dengan acara ramah tamah.

(Ers/Red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed