by

M.Si. M.Tr. Opsla Danseba Pusdikhidros Kodiklatal Juara I Lomba Karya Tulis Hidrografi

Jakarta | lentera khatulistiwa.com

Mayor Laut (KH) Khoirol Imam Fatoni, S.T., M.Si. M.Tr. Opsla yang sehari harinya menjabat Komandan Sekolah Bintara (Danseba) Pusat Pendidikan Hidro Oceanografi (Pusdikhidros) Komando Penndidikan Operasi Laut (Kodikopsla) Kodiklatal berhasil meraih juara I dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Hidrografi yang diselenggarakan oleh Pusat Hidro Oceanografi Angkatan Laut (Pushidrosal) dalam rangka Hari Hidrografi Dunia, Rabu,(16/9).

Prestasi Juara I prajurit Pusdikhidros Kodiklatal yang berlokasi di Jakarta Utara tesebut setelah berhasil menyisihkan 30 peserta lainya yang berasal dari tiga kotama TNI AL antara lain dari Pushidrosal, Pusdikhidros Kodiklatal dan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL). Adapun judul karya tulis Mayor Laut (KH) Khoirol Imam Fatoni, S.T., M.Si. M.Tr. Opsla ini adalah Teknologi Otonom Pengukuran Arus Laut.

Raihan prestasi tersebut setelah melalui proses diskusi dan ujicoba dihadapan penilai, Karya tulis tersebut berisikan tentang rancang bangun GPS Real Time Kinematic (RTK), sistem pengiriman data secara realtime, serta Buoy yang dilengkapi dengan Mini PC, GPS, serta Modem Internet.

Pushidrosal sebagai penyelenggara Lomba Karya Tulis Ilmiah dalam rangka Hari Hidrografi Dunia tepatnya tanggal 21 Juni mengambil tema “Hydrography – enabling autonomous technologies (Hidrografi – Penunjang Teknologi Otonomi)”. Fokus tema LKTI adalah pada peran kunci hidrografi dalam mendukung teknologi otonomi, termasuk drone survei udara, permukaan dan bawah air serta kapal otomatis. Hasilnya dapat berupa gambar atau video teknologi otonom yang beroperasi berkat data hidrografi.

Sebelum menentukan juara I, II, dan III, panitia telah mengambil enam peserta terbaik lomba karya Tulis Ilmiah untuk penentuan dalam sidang, keenam peserta tersebut adalah Mayot Laut (P) Yohanis L. Kalambo, S.T., M.Tr. Opsla (Dan Unit Survei VII Satsurveihidros) dengan tema Penggunaan Teknologi Autonomous Surface Vessel (ASV) Untuk Survei Hidrografi Laut Dangkal Dalam Mendukung Implementasi Teknologi Otonom di Laut, Mayor Laut (E) Gathot Arif Prihantoro ( Kasi Osefisik Disosemet Pushidrosal) dengan tema Konsep perancagan dan penggunaan ASV melalui teknologi UAV untuk melaksanakan survei Hidro-oseanografi.

Mayor Laut (P) Albert Mahendro Y (Dan KRI Pulau Romang Satsurveihidros) dengan tema Pemanfaatan Basis Data Hidro-oseanografi untuk menunjang kendaraan bawah air otonom, Kapten Laut (P) Hendra Jayanto (Mahasiswa S-1 Teknik Hidros STTAL) dengan tema Rancang Bangun Kontroler USV dengan metode adaptive Control untuk Survei Batimetri di Perairan Dangkal, Letkol Laut (P) Hengki Iriawan, S.T. (Palaksa Denma Pushidrosal) dengan tema Optimalisasi pemanfaatan wahana tanpa awak dalam melaksanakan survei hidrografi untuk pendaratan amfibi dan Mayor Laut (KH) Khoirol Imam Fatoni, S.T., M.Si. M.Tr. Opsla (Danseba Pusdikhidros Kodiklatal) dengan tema Teknologi Otonom Pengukuran Arus Laut.

Setelah pelaksanaan sidang di Ruang Rapat Dispeta Pushidrosal Mabesal maka yang menjadi terbaik sekaligus pemenang LKTI adalah sebagai berikut Juara I Mayor Laut (KH) Khoirol Imam Fatoni, S.T., M.Si. M.Tr. Opsla dengan tema Teknologi Otonom Pengukuran Arus Laut, juara II Mayor Laut (P) Albert Mahendro Y dengan judul Pemanfaatan Basis Data Hidro-oseanografi untuk menunjang kendaraan bawah air otonom dan Juara III Mayot Laut (P) Yohanis L. Kalambo, S.T., M.Tr. Opsla dengan judul Penggunaan Teknologi Autonomous Surface Vessel (ASV) Untuk Survei Hidrografi Laut Dangkal Dalam Mendukung Implementasi Teknologi Otonom di Laut.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed