by

Lanud Abdulrachman Saleh Gelar Upacara Peringatan Hari Bakti TNI AU ke-73

TNI AU. Malang | lenterakhatulistiwa.com

Dalam rangka memperingati Hari Bakti TNI AU ke-73 pada tanggal 29 Juli 2020 perwakilan personel Lanud Abdulrachman Saleh dan Insub terdiri dari perwira menengah, perwira pertama, bintara, tamtama dan PNS mengelar upacara peringatan di Stadion Dirgantara Lanud Abdulrachman Saleh Rabu, (29/7). 

Bertindak selaku Inspektur Upacara Komandan Lanud Abdulrachman Saleh Marsma TNI Hesly Paat, dihadiri para Komandan Insub dan komandan satuan jajaran Lanud Abdulrachman Saleh, perwakilan PPAU dan undangan.

Upacara diiringi Satuan Musik (Satsik) tersebut diawali pembacaan kilas balik peristiwa 29 Juli 1947 tentang operasi udara pertama yang dilakukan TNI AU. Selanjutnya rangkaian acara meliputi menyanyikan Mars TNI AU Swa Bhuana Paksa, mengheningkan cipta, pembacaan teks Pancasila, pembacaan teks Pembukaan Undang-undang Dasar 1945, pembacaan sambutan Kasau, doa dan acara tambahan.

Dalam sambutannya Komandan Lanud Abdulrachman Saleh Marsma TNI Hesly Paat, membacakan teks sambutan Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E. ,MPP. Disebutkan Kasau pada 29 Juli 1947, 73 tahun yang lalu beberapa kadet penerbang yaitu Muljono, Sutardjo Sigit dan Suharnoko Harbani berhasil menunjukkan bahwa Angkatan Udara tidak akan tinggal diam ketika kedaulatan negara terganggu.

Namun keberhasilan operasi udara itu harus dibayar mahal dengan jatuhnya Pesawat Dakota VT-CLA yang ditembak jatuh pesawat Kitty-Hawk Belanda, sehingga para pahlawan bangsa : Komodor Muda Udara Agustinus Adisutjipto, Komodor Muda Udara Abdulrachman Saleh, dan Opsir Muda Udara I Adi Sumarmo, gugur dalam peristiwa yang kemudian diperingati sebagai Hari Bakti TNI AU tersebut.  

Ditambahkan Kasau bagi prajurit TNI AU, makna sesungguhnya dari Hari Bakti TNI AU yaitu kerelaan untuk berkorban, kesediaan untuk menjadi contoh serta ikut mempelopori usaha untuk meringankan beban dan kesulitan rakyat di sekelilingnya yang tengah berupaya memerangi pandemi covid 19. Melalui peringatan Hari Bakti TNI AU ini, dengan mengambil “Nilai-nilai Kepahlawanan 29 Juli 1947”, TNI AU berkomitmen untuk siap mendukung adaptasi kebiasaan baru menuju Indonesia maju”.

Selanjutnya dalam acara tambahan Danlanud Abdulrachman Saleh memberikan piagam penghargaan dan cinderamata kepada tiga perwakilan anggota Lanud Abdulrachman Saleh yaitu Mayor Tek Harto, Peltu Suwito dan PNS III B Abdul Rochim telah purna tugas.

Sumber Dispen Lanud Abd Saleh

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed