by

Komandan Kodiklatal Laksanakan Vicon Bersama Kasal Terkait Pemindahan Ibu Kota Negara

Kodiklatal Surabaya | lenterakhatulistiwa.com

Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksda TNI Nurhidayat didampingi Direktur Umum (Dirum) Kodiklatal Laksma TNI Rubiyanto, S.E., M.M., CHRMP melaksanakan Video Converence (Vicon) bersama Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M terkait rencana pemindahan ibu kota dalam prespektif aspek pertahanan keamanan matra laut pada Selasa (20/10) kemarin.

Dalam melaksanakan Vicon tersebut Dankodiklatal bersama Dirum berada di Gedung Mako Kihadjar Dewantara sedangkan Kasal berada di Mabesal Cilangkap Jakarta. Selain Dankodiklatal turut serta dalam Vicon tersebut pejabat Utama Mabesal dan para Pangkotama TNI AL seluruh wilayah Indonesia.

Mengawali pelaksanaan Vicon Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M menyampaikan bahwa kegiatan Vicon yang dilaksanakan bersama antara Pejabat Utama Mabesal dengan seluruh Pankotama TNI AL tersebut Terkait Rencana Pemindahan Ibu Kota Dalam Prespektif Aspek Pertahanan Keamanan Matra Laut.

Menurutnya perkembangan rencana pemindahan Ibu Kota Negara baru ke Kalimantan Timur akan disertai pemindahan pusat pemerintahan, termasuk keperluan peningkatan kemampuan dan gelar kekuatan TNI AL yang berada di wilayah Kalimantan serta pengembangan satuan operasi juga distribusi logistik untuk satuan-satuan TNI Angkatan Laut.

Pada kesempatan tersebut Kasal juga menyampaikan berkaitan dengan gelar kekuatan alutsista tersebut diperlukan penambahan pangkalan dengan dermaga yang dapat menyediakan sarana dan prasarana serta fasilitas labuh bagi KRI berukuran besar sesuai standarisasi Pangkalan TNI Angkatan Laut, juga diperlukan satuan setingkat Armada dan Pasmar yang didukung oleh minimal satu Lantamal beserta jajarannya.

Dalam Vicon tersebut Asisten Perencanaan (Asrena) Laksda TNI M. Ali, S.E., M.M juga memaparkan konsep umum pemindahan Ibu Kota Negara, Master Plan sarana dan prasarana serta kontruksi Fasilitas Labuh KRI berikut pemindahan personil TNI AL ke Ibukota baru.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed