by

Komandan Kodiklatal Buka Dikmapa PK TNI AL Angkatan ke-27 TA 2020

Kodiklatal Surabaya | lenterakhatulistiwa.com

Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksda TNI Nurhidayat secara resmi membuka Pendidikan Pertama Perwira Prajurit Karier (Dikmapa PK) TNI Angkatan Laut Angkatan ke-27 Ta 2020 yang dilaksanakan di gedung Betelgeuse Pusat Pendidikan Lanjutan Perwira (Pusdiklapa) Kesatrian Bumimoro Kodiklatal Surabaya Senin, (27/7).

Pembukaan pendidikan tersebut diikuti 40 siswa Dikmapa yang sebelumnya telah menyelesaikan pendidikan dasar keprajuritan di Akmil Magelang Jawa Tengah. Dari 40 Perwira Siswa tersebut terdiri Korps Kesehatan 3 orang, Teknik 2 orang, Elektro 5 orang, Kesehatan 9 orang sedangkan 21 orang sisanya adalah korps Khusus.

Komandan Kodiklatal Laksda TNI Nurhidayat dalam sambutanya menyampaikan ucapkan selamat atas pelantikan para siswa menjadi perwira pertama TNI AL dengan pangkat letnan dua, sekaligus ucapan selamat datang di Kodiklatal. Komandan Kodiklatal berharap, pendidikan dasar keprajuritan dan dasar golongan selama lima bulan mampu mengubah pola pikir pola sikap dan pola tindak yang mencerminkan sikap seorang Perwira TNI AL yang bermoral profesional dan berani.

Adapun tujuan dari pendidikan pertama perwira adalah mendidik perwira siswa agar menjadi perwira TNI AL yang memiliki kemampuan profesi, kepemimpinan dan kesamaptaan jasmani prajurit matra laut yang mampu berpikir, bersikap dan bertindak sesuai dengan tuntutan organisasi dan dapat melaksanakan tugas sebagai perwira TNI Angkatan Laut.

Lebih lanjut disampaikan pendidikan Dikmapa PK TNI AL angkatan ke-27 Ta 2020, pendidikan secara keseluruhan akan dilaksanakan selama 7,5 bulan, terbagi dalam dua tahap. Pertama, para perwira siswa akan mengikuti pendidikan tahap lanjutan gabungan(kematraan) di sekolah fungsi Pusdiklapa selama 1,5 bulan. Setelah itu, dilanjutkan tahap dasar golongan lanjutan profesi di pusdik terkait selama 6 bulan

Sebagai lulusan yang berasal dari perguruan tinggi lanjut Dankodiklatal, dirinya yakin para siswa akan mampu menjadi prajurit TNI AL yang dapat diandalkan dalam mengemban setiap tugas negara serta mempunyai kemampuan sebagai perwira TNI AL yang unggul maju dan profesional

Hadir dalam kegiatan tersebut Direktur Doktrin Kodiklatal Laksma TNI Antongan Simatupang, Dankodikopsla Laksma TNI Irwan Achmadi, M.Tr, (Han) Dankodikdukum Kolonel Laut (E) Gunawan Tri Atmojo, S.T., M.A.P serta para Komandan Pusdik dijajaran Kodikopsla Kodiklatal.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed