by

Koarmada III Gelorakan Bulan Trisila TNI AL

Sorong | Lenterakhatulistiwa.com

Dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera tanggal 15 Januari 2020, Komando Armada III menggelorakan Bulan Trisila TNI Angkatan Laut dengan tema “Dilandasi Nilai-Nilai Trisila TNI AL Kita Bangun Sumber Daya Unggul Prajurit Matra Laut Profesional” dengan menyelenggarakan kegiatan Pembinaan Satuan dan Pembinaan Tradisi yang mencakup implementasi nilai-nilai Trisila TNI AL dalam pelaksanaan Perintah Harian Sifat Tetap dan kehidupan tradisi yang mencerminkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan disiplin, hierarki, dan kehormatan militer.

Kegiatan pembinaan satuan dan tradisi diawali dengan Apel Olahraga pagi, kemudian dilanjutkan olah raga seluruh prajurit bersama Panglima Komando Armada III Laksamana Muda TNI I N.G. Ariawan, S.E., M.M., beserta Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Maman Firmansyah, para Asisten Pangkoarmada III, dan Kasatker Koarmada III, di kawasan Mako Koarmada III Jl. Bubara No. 1 Kel. Klaligi, Distrik Sorong Manoi, Kota Sorong, Papua Barat, Selasa (10/12). Setelah Upacara Penaikan Bendera dilaksanakan, para prajurit melaksanakan latihan pengetahuan kebaharian, yakni tali temali dan keterampilan melempar “Tali Buangan” yang biasa dilaksanakan pada saat proses kapal akan sandar di dermaga.

Selanjutnya, Koarmada III menyelenggarakan quesioner “Bulan Trisila TNI AL” di Gedung Serba Guna Mako Koarmada III. Dalam program tersebut, sejumlah Prajurit Koarmada III perwakilan dari Perwira Menengah (Pamen), Perwira Pertama (Pama), Bintara, dan Tamtama mengisi quesioner tersebut dengan alamat email yang dibagikan sesuai kepangkatan di Hand Phone (HP) masing-masing perorangan. Program ini digunakan untuk melakukan pengukuran kondisi pemahaman, penghayatan dan pengamalan Trisila TNI AL, dan bertujuan untuk mendapatkan data kuantitatif akurat yang akan diolah menjadi informasi dalam rangka memantapkan dan meningkatkan kembali jati diri sebagai Prajurit Matra Laut.

Komandan Komando Latihan Koarmada III, Kolonel Laut (P) Ridwan Prawira, S.T., yang bertindak selaku Ketua Panitia Pelaksana “Bulan Trisila TNI AL” di Koarmada III telah menyusun berbagai materi yang akan diselenggarakan antara lain Jam Komandan, olahraga Karate, santi aji Trisila TNI AL, upacara bendera dan tradisi satuan, apel pagi dan apel siang yang dilanjutkan latihan PBB, PPM, dan PDD, pelaksanaan berbagai peran, pelaksanaan tugas divisi jaga, dan penilaian secara kualitatif dan kuantitatif pembinaan satuan dan tradisi TNI AL.

Sumber Dispen Koarmada III

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed