by

GURU DAN KADER UKS SMK KAL- 1 STUDI BANDING KE SEKOLAH ADIWIYATA MANDIRI SD HANG TUAH 10 JUANDA

Surabaya | Lenterakhatulistiwa.com

Letkol Laut (KH) Drs Ambar Kristiyanto, M.Si : “ SMK KAL-1 kedepan akan segera ber proses ke sekolah Adiwiyata”

Sekolah Menengah Kejuruan Khusus Angkata Laut ( SMK KAL-1 ) Surabaya melaksanakan studi banding ke sekolah SD Hang Tuah 10 Juanda yang keberadaan sekolah tersebut telah memperoleh predikat sekolah Adiwiyata Mandiri di bawah kepemimpinan Kepala Sekolah Wiwit , S.Pd, studi banding tersebut melibatkan 5 guru terdiri dari Arie Sutriyono, S.Pd., M.M, Slamet Riyadi, S.Pd , Ike Aprilia, S.Pd, Tri Diah Hari, S.Pd, Dina Crismayanti, S.Pd serta 3 kader UKS masing-masing Fikri Dwi S , Ananda Yogi P dan Sherly Nurul B yang ke tiga-tiganya siswa kelas X.

Kunjungan studi banding kali ini merupakan tindak lanjut dari hasil temuan saat SMK KAL-1 mengikuti lomba sekolah sehat dalam rangka HUT Yayasan Hang Tuah ke-73 tahun 2020 beberapa hari yang lalu, yang mana salah satu tim penilainya adalah ketua tim yuri yang kesehariannya sebagai kepala Sekolah SD Hang Tuah 10 Juanda.

Ada beberapa temuan yang merupakan kekurangan dari SMK KAL-1, yang menurut tim penilai harus segera di benahi guna memenuhi persyaratan sekolah sehat dimana seluruh sarana dan prasarana, termasuk lingkungan, UKS ,kondisi perkantoran, kondisi kelas kesemuanya harus standar seklah sehat.

Dengan adanya masukan dari tim penilai tersebut Kepala Sekolah SMK KAL-1 Letkol Laut (KH) Drs Ambar Kristiyanto, M.Si tidak butuh waktu lama, seluruh guru, staff dan siswa di gerakkan dalam waktu 2x 24 jam untuk berbenah diri menyempurnakan temuan yang ada, kelanjutannya adalah mengirimkan guru dan kader UKS untuk melaksanakan studi banding

Selama berada di SD Hang Tuah 10 Juanda rombongan guru dan kader UKS SMK KAL- 1 meninjau dari dekat keberadaan UKS SD 10 yang sudah mengantonngi UKS berstandar Nasional, bahkan kantin UKSnya juga sudah mendapatkan peredikat kantin sehat dari BPOM ( Badan Pengawas Obat dan Makanan) Jakarta selama 5 tahun berturut-turut . Tidak hanya di UKS tai di seluruh . sarana dan prasarana sekolah mereka kunjungi tidak satupun yang tertinggal.

Langkah kepala sekolah SD Hang Tuah 10 memang spektakuler adanya, semua ada di sekolah ini, mulai tempat ibadah yang bagus, lingkungan sekolah yang hijau, tanaman toga, tanaman peneduh, adanya mading UKS, adanya kantin kejujuran, adanya rumah bahari, memiliki ruang auditorium , siswa masuk kelas harus lepas sepatu sehingga kondisi kelas benar-benar bersih dll.

Dengan studi banding yang melibatkan guru dan kader UKS tersesebut di harapkan akan dapat memberikan pemahaman kepada keluarga besar SMK KAL-1 dalam hal ini ( sesama guru, staff dan siswa) sehingga dapat melengkapi harapan Kepala Sekolah SMK KAL-1 guna mewujudkan SMK KAL-1 menjadi sekolah sehat yang akan menuju sekoah adiwiyata di tahun mendatang.

(YHT/dar)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed