by

Gunakan Cangkul Cara Tradisional, Babinsa Koramil 13/Buntu Pane Bantu Petani Olah Sawah

Asahan | Lenterakhatulistiwa.com

Babinsa Koramil 13/Buntu Pane jajaran Kodim 0208/Asahan Sertu Mikdar dampingi petani mengolah lahan sawah yang akan ditanami padi milik anggota kelompok tani Purwodadi dengan luas lahan 7 rante milik Bapak Sariono yang terletak di Desa Sei Silau Barat Kecamatan Setia Janji Kabupaten Asahan, Rabu (15/01/2020).

Dalam pendampingan tersebut dengan menggunakan dengan peralatan cangkul, disela-sela kegiatan Sertu Mikdar mengatakan, pengolahan lahan dengan menggunakan traktor adalah cara baru pengolahan lahan yang dapat membantu petani untuk menyuburkan tanah yang akan ditanami. Akan tetapi untuk menjangkau daerah pinggir lahan atau sekitar pojok lahan sawah, mesin bajak traktor tidak bisa menjangkau sehingga harus dicangkul,” terangnya.

Lebih lanjut Sertu Mikdar mengatakan, “Keuntungan yang didapat selama pengolahan tanah yaitu gulma mati, yang kemudian akan membusuk menjadi humus. Airisasi tanah menjadi lebih baik dan lapisan bawah tanah jenuh air sehingga dapat menghemat air,” ujarnya.

Pengolahan tanah yang dilakukan dengan baik dan sitematis akan dapat menghasilkan tanaman padi yang unggul dan hasil yang maksimal serta terpenuhinya kebutuhan pangan, pungkasnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed