by

Fashion Show Etnik Kodam I/BB, Upaya Menggali Kreativitas Kaum Milenial di Bidang Busana

Medan – Lenterakhatulistiwa.com

Selain untuk melestarikan budaya bangsa, lomba Fashion Show Etnik yang digelar Kodam I/BB dalam rangka memeriahkan HUT ke-74 TNI Tahun 2019, juga diharapkan menjadi wadah dalam membangkitkan kreativitas, ide-ide dan karya para generasi milenial di Kota Medan dan kota lain di sekitarnya dalam hal busana kekinian.

Hal ini disampaikan Asisten Teritorial (Aster) Kasdam I/BB, Kolonel Inf Parluhutan Marpaung, SIP yang mewakili Pangdam I/BB, Mayjen TNI MS Fadhilah di sela kegiatan di Atrium Ringroad City Walks (RCW) Medan, Jln Gagak Hitam, Jumat (27/9/2019).

Dikatakannya, lomba peragaan busana ini tidak saja mengkreasikan kain khas asal Sumatera Utara yang dipadupadankan sehingga menjadi mode kekinian, tetapi juga menjadi ajang unjuk kebolehan dan pencarian bakat bagi generasi muda yang konsern di bidang busana.

“Kreativitas, ide-ide dan karya para anak muda generasi milenial saat ini di bidang busana sangat luar biasa, sehingga potensi itu perlu dikembangkan dan diberdayakan, yang salah satunya melalui Fashion Show Etnik ini,” jelasnya.

Diharapkan, ajang ini bisa diselaraskan dengan visi dan misi TNI, terutama dalam melibatkan pembinaan generasi muda serta mendukung pertumbuhan masyarakat mandiri yang sejalan dengan kemajuan dan kebutuhan jaman, tetapi juga bisa berkelanjutan di masa-masa berikutnya.

Dari pantauan di lokasi, terlihat antusiasme warga untuk mengikuti lomba ini. Dari rangkuman data pihak panitia, sedikitnya ada 200 peserta yang telah mendaftarkan diri untuk kegiatan Fashion Show Etnik ini.

Keseluruhan peserta umumnya berasal dari kalangan pelajar maupun masyarakat umum. Dari hasil babak kualifikasi hingga penyisihan, nantinya akan tersaring sebanyak 30 peserta yang kemudian dipertandingkan kembali di babak final pada Jumat malam ini.

Di kesempatan yang sama, Aster Kasdam I/BB kembali menerangkan, lomba Fashion Show Etnik ini merupakan satu dari sejumlah rangkaian kegiatan memeringati HUT ke-74 TNI Tahun 2019 yang digelar Kodam I/BB dengan mengangkat tema “Melalui Kegiatan Komsos Kreatif, Kita Tingkatkan Rasa Cinta Tanah Air, Wasbang dan Kesadaran Berbangsa dan Bernegara serta Menjaga, dan Mempertahankan Kedaulatan NKRI”.

Sehari sebelumnya, yakni Kamis (26/9/2019), Kodam I/BB telah lebih dulu menggelar lomba pidato bela negara dengan mengambil tempat di lokasi yang sama di RWC Medan.

Selain dua lomba di atas, Kodam I/BB juga menghelat sejumlah kegiatan lainnya dalam rangka memeriahkan HUT ke-74 TNI Tahun 2019 ini. Yaitu lomba menyanyi lagu perjuangan/daerah, bakti sosial donor darah, dan pemeran Alutsista (Alat Utama Sistem Persenjataan).

Untuk pameran Alutsista, Kodam I/BB melalui jajarannya menampilkan sejumlah kendaraan tempur (Ranpur) maupun persenjataan berat yang berada di Yonkav 6/Naga Karimata, Yonif Raider 100/Prajurit Setia, Yonarmed 2/105 Kilap Sumagan, Yonarhanud 11/Wira Bhuana Yudha, dan Yon Zipur 1/Dhira Dharma.

Sumber: Pendam I/BB

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed