by

Edukasi Kesehatan, Satgas Yonif MR 411 Bentengi Anak Papua dari Narkoba dan Pergaulan Bebas

JAKARTA, Lenterakhatulistiwa.com

Bentengi para pelajar dari pengaruh Narkoba dan pergaulan bebas, Satgas Pamtas Yonif MR 411/PDW, memberikan edukasi kesehatan di Merauke.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif MR 411/PDW, Mayor Inf Risky Aditya, S.Sos.,M.Tr (Han).,dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Merauke, Papua, Sabtu (28/9/2019).

Diungkapkan Dansatgas, kenakalan remaja merupakan salah satu permasalahan yang kian mengakar di era sekarang ini.

“Untuk membendung pengaruh negatif ini, Tim Kesehatan Satgas dipimpin Dokter Satgas Letda (Ckm) dr. M. Akbar Andriansah bekerja sama dengan Tim Nusantara Sehat Puskesmas Bupul, Distrik Elikobel, memberikan edukasi kesehatan kepada para pelajar pada Jumat (27/9/2019),” ujarnya.

“Dalam kegiatan edukasi tersebut dijelaskan juga tentang kesehatan reproduksi dan pemeriksaan golongan darah, serta cek HIV/AIDS,” jelasnya.

Materi edukasi ini tambah Risky Aditya, yang disampaikan di depan siswa-siswi SMK 1 Elikobel, bahwa di era sekarang ini banyak pemberitaan di media
maraknya pergaulan bebas dan penggunaan narkoba.

“Narkoba, sebagian besar sering terjadi pada para remaja usia produktif. Itulah perlunya bimbingan dan arahan sejak dini terhadap generasi muda baik secara formal maupun informal,” jelasnya menambahkan.

“Kehadiran kami (Satgas) disini untuk memberitahu bahwa seks bebas dan narkoba, merupakan bahaya kronis dan sangat merusak masa depan generasi penerus bangsa,” urai Aditya.

Di tempat terpisah, Dokter Satgas, Letda Ckm dr.M.Akbar Andriansah, menerangkan bahwa Satgas dengan Tim Nusantara Sehat ingin mengedukasi adik-adik untuk menjauhi hal-hal terlarang tersebut.

“Kita memberikan materi kegiatan yang simpel, yang sehari-hari dapat dikerjakan dengan hal-hal positif, contohnya berolahraga dan rajin beribadah,” ucapnya.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Tim Kesehatan Satgas dan Tim Nusantara Kesehatan Puskesmas Bupul ini mendapatkan apresiasi dari para siswa-siswi di SMK 1 Eikobel tersebut.

Seperti yang diungkapkan Susan (16), begitu senang dengan arahan dan bimbingan yang diberikan oleh Satgas dan tim kesehatan Puskesmas.

“Saya sangat beruntung mendapatkan arahan dan bimbingan dari bapak Satgas, banyak ilmu dan pelajaran yang didapat,” tuturnya.

Dirinya berharap, kegiatan seperti ini dapat menjadi bekal dan wawasan pelajar untuk menjauhkan diri dari pengaruh narkoba dan pergaulan bebas.

“Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada Bapak TNI dan Ibu Bidan Kesehatan Nusantara, dengan penjelasannya jadi tahu dampak yang ditimbulkannya,” pungkas Susan.

(Dispenad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed