by

Dua Jabatan Strategis di Lantamal V Berganti

Lantamal V | lenterakhatulistiwa.com

Penyerahan jabatan pada hakikatnya selain secara seremonial menandai pelimpahan tugas, tanggung jawab, dan wewenang jabatan juga sebagai bagian dari upaya pembinaan organisasi dan personel yaitu dalam pengembangan sumber daya manusia serta mempunyai makna hakiki terciptanya kaderisasi personel guna mendapatkan penyegaran dan pemikiran baru sehingga dapat mewujudkan organisasi yang lebih dinamis dan produktif.

Hal tersebut diungkapkan Danlantamal V Laksamana Pertama TNI Tedjo Sukmono, S.H., CHRMP., saat memimpin acara serahterima jabatan Asintel Danlantamal V dan Kadisbek Lantamal V yang dihelat di Serambi Gedung Yos Sudarso Mako Lantamal V Jl. Laksda M. Nazir Nomor 56 Surabaya, Jumat (18/9).

Menurutnya, Asintel Danlantamal V adalah unsur Staf di bawah Komandan Lantamal V yang mempunyai tugas membantu merumuskan dan mengembangkan kebijakan di bidang intelijen maritim yang meliputi: penyelidikan, pengamanan, dan penggalangan. Staf intelijen juga merupakan kepanjangan tangan komando dalam merencanakan dan menyusun operasi intelijen maritim yang meliputi: penyelidikan, pengamanan, dan penggalangan baik di bidang personel, material, bahan keterangan/dokumen, maupun kegiatan, mengolah dan memproduksi data intelijen maritim untuk mendukung operasi laut, serta melaksanakan pengamanan persandian komsuspam di lingkungan Lantamal V.

Begitu pula dengan Kadisbek Lantamal V sejalan dengan fungsi pangkalan adalah unsur pelaksana pusat yang bertugas membina material dan perbekalan serta melaksanakan pembekalan bagi unsur-unsur operasional Koarmada II yang berada di wilayah Lantamal V dan kotama lain yang berkedudukan di Surabaya, pungkasnya.

Jabatan Asintel Danlantamal V diserahkan dari Kolonel Laut (P) Kelik Haryadi, S.H., M.Si., kepada Komandan Lantamal V dan selanjutnya akan menempati jabatan promosi sebagai Asintel Danguskamla Koarmada I, sedangkan Kadisbek Lantamal V diserahkan dari Letkol Laut (S) Wahyu Budi Nugroho, M. Tr. Hanla., M.M., kepada Letkol Laut (S) Teguh Santoso, S.E., M. Tr. (Hanla), M.M., yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Gudang Dismatbek Koarmada II. Sedangkan Letkol Laut (S) Wahyu Budi Nugroho, M. Tr. Hanla., M.M., akan menempati jabatan promosi sebagai Kakuil Lantamal V Makasar.

Tampak hadir pada acara serah terima jabatan tersebut, Wadan Lantamal V, Kolonel Marinir Jasiman Purba, S.E., Ketua Korcab V beserta Staf Pengurus, para Asisten Danlantamal V, para Kasatker Lantamal V serta Undangan lainnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed