by

Cerdaskan Anak Papua, Satgas Yonif 713 Beri Bimbingan Belajar dan Alat Tulis

JAKARTA | lenterakhatulistiwa.com

Isi waktu di masa liburan sekolah, Satgas Yonif 713/ST memberi bimbingan belajar untuk meningkatkan kecerdasan anak-anak Papua sekaligus membagikan alat tulis menambah motivasi menuntut ilmu.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif 713/ST, Letkol Inf Dony Gredinand, S.H., M.Tr.Han., M.I.Pol dalam rilis tertulisnya di Pos Kotis Skouw, Distrik Muara Tami, Papua, Minggu (5/7/2020).

Diungkapkan Dansatgas, kegiatan yang dilaksanakan Pos Nafri, Distrik Abepura, dipimpin Serda Julio Sinaga (Danru 2 Ki A Satgas Yonif 713/ST) bersama beberapa personel Satgas membagikan buku tulis sekaligus memberikan pelajaran kepada anak-anak kampung Nafri yang sudah lama tidak masuk sekolah karena pandemi Covid- 19 pada Sabtu (4/7/2020).

“Masa liburan panjang akibat pandemi Covid-19 lebih banyak dihabiskan anak-anak untuk bermain daripada belajar, sehingga kami berinisiatif mengganti waktu bermain mereka dengan mengajari belajar berhitung dan membaca,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, untuk menambah semangat dan motivasi anak-anak belajar, Satgas juga membagikan alat tulis bagi mereka.

“Mereka adalah generasi muda bangsa, dan kita berkewajiban juga untuk mengajari dan mendidiknya menjadi manusia cerdas, pintar dan berakhlak,” jelasnya.

“Kami berharap, dengan kegiatan seperti ini makin banyak anak Papua untuk diajari belajar. Bahkan dalam setiap kesempatan kami juga menghimbau kepada para orangtuanya ikut peduli terhadap pendidikan anak,” sebut Dony Gredinand.

Di tempat terpisah, Serda Julio Sinaga mengatakan, akibat pandemi Covid- 19 anak-anak sampai saat ini belum bisa sekolah, sehingga personel Satgas berinisiatif mengajak anak-anak hadir ke pos dan memberikan pengajaran.

“Karena Covid -19 ini, sekolah secara formal belum dimulai, maka kami pun mengajari mereka di pos sambil bermain,” jelasnya.

Julio juga mengatakan bahwa sebelum memulai kegiatan, dirinya bersama tim pertama-tama membagikan buku tulis kepada masing-masing anak yang hadir dan selanjutnya memberikan pengajaran.

“Kami bagikan alat tulis ini, karena ada anak yang ingin belajar tapi tidak membawa peralatan. Sehingga kita berinisiatif untuk membagikannya agar mereka makin bersemangat,” tandasnya.

Sementara itu Obed (10) bercerita, dirinya bersama teman-temannya senang diajak Satgas belajar di pos, karena tempatnya rapi dan bersih, apalagi diberikan buku dan peralatan tulis.

“Senang banget lah, Bapak Satgas sungguh baik. Kalau kami dapat pertanyaan yang diajukan, kami diberi hadiah permen. Terima kasih Bapak Satgas,” tuturnya sambil tersenyum.

(Dispenad)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed