by

Bangun Sinergitas Patroli, Kapolda Banten Buka Rareknis Bidang Samapta Polri

SERANG, Lenterakhatulistiwa.com

Dengan ucapan Basmalah, Kapolda Banten Irjen Pol Drs Tomsi Tohir Msi resmi membuka kegiatan Rapat kerja Tekhnis (Rakernis) Bidang Samapta Polri di gedung D’Wiza, Jalan Syekh Namawi Al Bantani, Rabu (09/10/2019) pukul 09.00 WIB.

Turut hadir dalam kegiatan ini Wakapolda Banten Brigjen Pol Drs. Tomex Kurniawan, Irwasda Polda Banten Kombes Pol Drs I Nyoman Labha Suradnya, M.M, Dirsamapta Polda Banten Kombes Pol Jondrial, Sik, M.M dan PJU Polda Banten serta seluruh peserta Rakernis Bidang Samapta.

Kapolda Banten dalam amanatnya menyampaikan bahwa Rakernis Fungsi Samapta kali ini mengusung tema Membangun Sinergitas Patroli Dalam Rangka Pencegahan Gangguan Kamtibmas dan kesiapan pengamanan pemilihan kepala desa di wilayah hukum Polda Banten.

Lebih lanjut, Irjen Pol Tomsi menyebutkan untuk mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif khususnya di wilayah hukum Polda Banten, Polri dituntut berperan aktif yang salah satunya melalui kegiatan patroli sebagai bentuk presentasi kehadiran Negara dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat melalui tindakan Pre-emtif dan Preventif.

Berkaitan dengan akan diselenggarakannya Pilkades serentak pada tahun 2020 nantinya. Kapolda Banten menekankan agar seluruh anggota untuk dapat pedomani hal sebagai berikut, yaitu, lakukan analisa dan evaluasi terkait karakteristik kerawanan daerah seperti Radikalisme, Konflik masyarakat dan rawan kriminalitas guna mengetahui daerah – daerah yang berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas.

Bangun partisipasi publik dan jalin kemitraan dengan seluruh elemen masyarakat, sehingga masyarakat dapat berperan aktif dalam turut serta mengamankan situasi di lingkungan masing-masing. Tingkatkan sinergitas polisional dan bina kerjasama secara harmonis dengan seluruh stakeholders dengan menyusun kesepakatan bersama terkait pemeliharaan Kamtibmas dan beberapa hal terkait lainnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Kapolda Banten mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi – tingginya kepada panitia penyelenggara dan seluruh personel pengemban fungsi Samapta jajaran Polda Banten atas dedikasi dan loyalitas yang telah ditunjukan dalam memelihara Kamtibmas.

(Arf)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed