by

BABINSA KORAMIL 05/LUBUK ALUNG PADAMKAN API KEBAKARAN HUTAN

Lubuk Alung | lenterakhatulistiwa.com

Babinsa Koramil 05/Lubuk Alung, Kodim 0308/Pariaman Serka Agus Tiar dan Serda Hartono Malai bersama BPBD, Damkar dan warga padamkan kebakaran hutan di perbukitan tapian Puti di Korong Sikabu bukit, nagari Sikabu, kecamatan Lubuk Alung, kabupaten Padang Pariaman, Minggu, (23/02/20).

Sersan Kepala Agus Tiar salah seorang Babinsa mengatakan Bencana kebakaran hutan dan lahan ( kahutla ) tersebut telah membakar lahan kosong sekitar bukit tapian puti dengan luas perkiraan mencapai 15 hektare.

“Kebakaran terjadi dikarenakan adanya warga yang lewat membuang puntung rokok sembarangan dalam keadaan menyala, oleh karna banyaknya daun daun kering di sekitar lahan akibat Cuaca yang panas sehinga membuat api cepat hidup dan merambat ke sekitar hutan tambah Babinsa.

Dalam pelaksanaan pemadaman api Petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padang Pariaman dan Damkar, juga telah menerjunkan personel dan mendatangkan dua unit mesin pompa air untuk memadamkan api serta di bantu oleh warga setempat.

Walau keterbatasan sarana prasarana, selang yang panjang dan air yang jauh Pada pukul 19.30 api dapat di padamkan dengan alat manual, karena lokasi kebakaran memang jauh dari jalur kendaraan, para personil berjalan kaki sejauh 3 km untuk mencapai lokasi kebakaran, walau demikian Alhamdulillah api bisa padamkan walau masih dalam pantauan ujar Serka Agus sembari menyudahi keterangannya.

(Red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed