-->
Advertise Here

Subscribe Here!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Search This Blog

lenterakhatulistiwa.com. Powered by Blogger.
Kapolda Jatim Pimpin Apel Gelar Pasukan, Siapkan Walpri Pengamanan Paslon Pilkada Jatim 2024

By On September 25, 2024

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Drs. Imam Sugianto, M.Si menyerahkan personel khusus Pengawal Pribadi (Walpri) untuk Penyelenggara dan pasangan Calon Kepala Daerah (Cakada) dan Wakil Peserta Pilkada 2024 di Jawa Timur. 
Kepada Personel Polda Jawa Timur yang ditunjuk sebagai Walpri nantinya akan bertugas Melekat kepada Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jawa Timur, dan para Pasangan Calon (Paslon) peserta Pilkada 2024. 
Ratusan personel Walpri itu telah diserahterimakan oleh Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Drs. Imam Sugianto, M.Si saat menggelar Apel Pasukan yang disaksikan oleh para Pejabat Utama (PJU) Polda Jawa Timur dan instansi terkait di halaman Mapolda Jawa Timur, pada hari Selasa (24/9/2024). 

Irjen Pol Drs. Imam Sugianto, M.Si mengatakan, tugas Walpri adalah Menjamin Keamanan Ketua KPU, Ketua Bawaslu serta para Pasangan Cakada selama Pilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2024.
“Adapun personel yang ditugaskan sebagai Walpri sebanyak 113 personel jajaran Polda Jawa Timur,” tutur Irjen Pol Drs. Imam Sugianto, M.Si usai memimpin Apel Gelar Pasukan dalam Penyerahan Walpri.

Dalam kegiatan ini, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Drs. Imam Sugianto, M.Si juga menyampaikan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada TNI, Pemda, hingga seluruh elemen Masyarakat, atas Sinergisitas yang telah terjalin, khususnya dalam Pengelolaan Kamtibmas, sehingga Kondusifitas di Jawa Timur dapat terpelihara hingga pada hari ini.
“Ini sangat penting untuk kita Rawat dan Pertahankan, terutama dalam menghadapi dan mendukung pelaksanaan Pilkada 2024, agar berjalan Aman, Damai dan Kondusif,” ungkap Irjen Pol Drs. Imam Sugianto, M.Si.

Lebih lanjut, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Drs. Imam Sugianto, M.Si juga menyampaikan, bahwa Pilkada 2024 merupakan momentum yang sangat penting dalam perjalanan Demokrasi di Indonesia.

Menurutnya, Pilkada adalah bagian dimana akan menentukan Arah Pembangunan dan Kepemimpinan Daerah untuk 5 Tahun mendatang. 
Berdasarkan Analisis kejadian menonjol pada Pilkada sebelumnya, Kapolda Jawa Timur mengatakan, bahwa di Jawa Timur terdapat beberapa isu Strategis yang bakal muncul. “Isu itu diantaranya adalah Politik Uang, Netralitas ASN, serta Penggunaan Politik Identitas, yang disertai isu-isu dan Hoax yang Memicu Polarisasi di tengah Masyarakat,” ungkap Irjen Pol Drs. Imam Sugianto, M.Si. Kapolda Jawa Timur juga mengajak semua pihak Mencermati Potensi Kerawanan Pemilu Tahap 2, Pasca Pendaftaran Paslon tersebut.. Irjen Pol Drs. Imam Sugianto, M.Si mengungkapkan, terjadi Peningkatan yang Sangat Rawan, yang mencakup adalah 7 Kabupaten/Kota, diantaranya Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep, Lamongan, Lumajang dan Jember, dengan Skor YPKP lebih dari 9.7 Persen. “Namun demikian kita tidak boleh Underestimate terhadap Wilayah – wilayah lainnya, karena berdasarkan hasil Pemetaan Kerawanan Pilkada 2024 yang dikeluarkan Bawaslu RI Provinsi Jawa Timur ini, masuk dalam 5 Provinsi dengan Kategori Rawan Pilih, dengan Skor 13%,” ucap Irjen Pol Drs. Imam Sugianto, M.Si. Pelaksanaan Pilkada 2024 di Jawa Timur ada 3 Paslon Cagub dan Cawagub, 60 Paslon Bupati, dan 21 Paslon Walikota, selama 60 Hari, tergitung 25 September sampai dengan 23 November 2024. 

Untuk Mengamankan dan Mendukung Kelancaran Pelaksanaan Pilkada 2024, Polda Jawa Timur, membentuk Tim Pamwal dan Walpri yang akan Melekat dan Mengamankan kepada ketua KPU, Ketua Bawaslu dan juga masing-masing Paslon Cagub – Cawagub 2024. “Polda Jawa Timur telah melaksanakan Seleksi dari 3 – 5 Juli 2024, maka ada 113 personel Pamwal dan Walpri yang Terpilih,” kata Irjen Pol Drs. Imam Sugianto, M.Si. Para personel tersebut, lanjut Kapolda Jawa Timur memiliki peran Strategis dalam Memastikan Keamanan selama Tahapan Pilkada Serentak 2024 ini, terutama saat Kampanye dan kegiatan Publik lainnya. “Bahkan tidak hanya Fisik, tapi juga Kecermatan dan Kewaspadaan yang Tinggi perlu dimiliki oleh personel Pamwal dan Walpri,” tegas Irjen Pol Drs. Imam Sugianto, M.Si. Oleh sebab itu, diselenggarakannya Apel Gelar Pasukan ini bertujuan untuk memastikan persiapan personel Pamwal dan Walpri, serta dilakukan Penyerahan secara Simbolis, oleh Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Drs. Imam Sugianto, M.Si. “Maka hal ini menunjukkan Komitmen bersama untuk Menjaga Keamanan dan Kelancaran Pilkada 2024,” pungkas Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Drs. Imam Sugianto, M.Si.

Polsek Cijeruk Cek TKP Lokasi Adanya Kebakaran Rumah

By On September 24, 2024

Polsek Cijeruk Menerima Laporan Adanya kejadian kebakaran rumah di blok E 18 Cbr Perum Casablanca Ds.Palasari Kec. Cijeruk. Kapolsek Cijeruk AKP Didin Komarudin,.SH,.MH menjelaskan bahwa benar telah terjadi kebakaran rumah Pada hari ini selasa tanggal 23 September 2024 sekitar jam 11.05 wib. di blok E 18 Cbr Perum Casablanca Ds.Palasari Kec. Cijeruk Hasil Olah TKP Pihak Kepolisian Polsek Cijeruk di mana didapati Keterangan bahwa awal mula Kejadian Sbb. ; Sekitar Jam 11.05 Wib Saksi Security atas nama Rahmat mendapatkan keterangan dari Warga Perumahan bahwa ada kebakaran di Blok E 18 Cbr. Langsung ke TKP dan sesampainya di TKP terlihat di lantai 2 ada Kepulan Asap hitam, karena mengetahui didalam rumah ada satu orang yg penghuni rumah, digedor-gedor dan dipanggil – panggil tidak keluar dengan terpaksa pintu di jebol dan di dalam asap hitam sudah tebal sehingga tidak menemukan orang yg menempati rumah tersebut Pada jam 11.15 wib. Dengan segera melapor ke Disdamkar kota bogor, sekitar jam 11.35 wib. Petugas Disdamkar bogor tiba di lokasi Blok E.18 Cbr. dan segera melakukan pemadaman di titik sumber api di lantai 2 blok E 18 selang waktu 25 menit api bisa dipadamkan dan penghuni ruma diketemukan ada di pojok lantai dasar dalam keadaan sadar dan digotong diamankan ke luar. Diperkirakan kebakaran disebabkan oleh orang yang menempati rumah yang memiliki penyakit kelainan jiwa dengan cara membakar matras kasur di dua (2) kamar. Pihak Kepolisian berhasil mengamankan barang bukti berupa ada dua (2) matras kasur yg sudah dibakar di dua kamar lantai dua(2) dan pelaku setelah digeledah mengantongi 2 buah korek api gas serta di pinggang kiri dan kanan membawa 2 buah pisau dapur, dengan rincian : 1.set kursi tamu 2.Unit tv 21″ 3. dn 42″ 4.spiker aktif Untuk sementara pelaku atas nama S.A S. Kom, Ttl Jakarta 21 04 1978, d/a sidamukti Sukamaju Cilodong Depok. akan dibawa oleh saudaranya/pemilik rumah blok E 18., diperkirakan kerugian sekitar puluhan juta rupiah. Sampai berita ini diturunkan pelaku sudah diamankan pihak keluarga.

Usai Singgahi Rusia, KRI Bima Suci Siap Berlayar Menuju Yokosuka Jepang

By On September 24, 2024

Yokosuka – Usai menyinggahi negara Rusia selama empat hari, kapal layar latih tiang tinggi kebanggaan TNI AL KRI Bima Suci yang dikomandani Letkol Laut (P) Hastaria Dwi Prakoso bersiap melanjutkan Pelayaran Misi Diplomasi Muhibah Duta Bangsa dan Latihan Praktik (Lattek) Kartika Jala Krida 2024 (KJK 2024) menuju etape selanjutnya yaitu kota Yokosuka, Jepang, Selasa (24/09). Commander Officer of Varyag 011 1st rank Captain Konstantin Petrov, Athal Kolonel Laut (T) Febri Yakob Paruntu dan para prajurit Russian Navy melepas langsung keberangkatan KRI Bima Suci untuk melanjutkan pelayaran selama tujuh hari pada etape kedelapan, yang rencananya akan tiba di Jepang pada 1 Oktober 2024 mendatang. KRI Bima Suci membawa 98 personel KRI dan 189 Taruna AAL yang dibagi menjadi empat gelombang ini, sebelumnya telah singgah di kota Vladivostok sejak tanggal 21 s.d. 24 September 2024. Dalam persinggahannya, KRI Bima Suci telah melaksanakan berbagai kegiatan seperti Open Ship, Cocktail Party, Sport Activity dan Cultural Visit. Yokosuka akan menjadi kota kedelapan yang disinggahi KRI Bima Suci pada misi pelayaran tahun 2024. Rencananya KRI Bima Suci akan melaksanakan pelayarannya selama 90 hari dengan menempuh jarak 10.715 Nm dengan rute Surabaya – Jakarta – Singapura – Kamboja – Vietnam – China – Korea Selatan – Rusia – Jepang – Filipina – Balikpapan dan kembali lagi ke Pangkalan Surabaya pada bulan Oktober mendatang. Di tempat terpisah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali menyampaikan bahwa peran serta TNI AL dalam pelayaran muhibah diplomasi dan duta bangsa merupakan implementasi dari cita-cita bangsa Indonesia untuk menciptakan persahabatan dan memperkenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat dunia. “Maka dari itu para prajurit yang ditugaskan harus bangga karena merupakan bagian dari kepercayaan yang diberikan oleh negara,” tegas Kasal.

Polres Bogor Ungkap Perampokan Disertai Pembunuhan di Desa Pamijahan

By On September 24, 2024

Pada Rabu, 18 September 2024, sekitar pukul 04.00 WIB, terjadi tindak pidana pencurian dengan kekerasan mengakibatkan satu orang meninggal dunia di Desa Pamijahan Kecamatan Cibungbulang Kabupaten Bogor. Di mana Kejahatan ini mengakibatkan 1 orang meninggal dunia dan 3 orang lainnya mengalami luka berat. Dalam waktu kurang dari 3 hari, Tim Sat Reskrim Polres Bogor, dibantu Tim Dit Reskrimum Polda Jabar, berhasil menangkap 4 tersangka. Waka Polres Bogor Kompol Adhimas Sriyono.,S.I.K.,MM., Mengungkapkan bahwa berawal adanya Perencanaan kejahatan ini dilakukan oleh keempat tersangka berinisial D (30), S (29), C (48), dan O (26), sejak 13 September 2024. Pada malam kejadian, tersangka D dan S mendatangi rumah korban HS (26) dengan membawa minuman keras. Setelah korban tak sadarkan diri akibat pengaruh alkohol, D memukul kepala korban dengan kunci pas, sementara S membekap korban hingga tewas. Kedua tersangka kemudian menyerang anggota keluarga korban lainnya, yaitu RF (27), NN (55), dan AL (10), yang semuanya mengalami luka berat. Setelah memastikan korban HS meninggal, para tersangka sempat berusaha memindahkan jenazah ke dalam mobil di mana korban yang sudah terluka berlumuran darah pada bagian kepala, namun gagal karena warga sekitar mulai berdatangan, dan akhirnya korban HS ditinggalkan masih dalam posisi di dalam mobil. Dalam proses penyelidikan pengembangan pihak Kepolisian berhasil menangkap tersangka O pada 19 September 2024 di wilayah Cibungbulang, disusul tersangka C pada hari yang sama. Dua hari kemudian, pada 21 September 2024, tersangka D dan S berhasil ditangkap di Pandeglang, Banten. Barang Bukti yang Diamankan Yaitu Mobil Mitsubishi Xpander warna putih, Mobil Toyota Calya warna abu kemudian sepeda motor Yamaha N-Max, lalu perhiasan emas, 3 Cincin Emas, 1 Gelang Emas, Dan 1 Anting serta 5 (Lima) Unit Handphone dan yang terakhir serta kunci pas yang berlumuran darah. Waka Polres Bogor mengatakan bahwa motif dari tindak pidana ini adalah karena faktor ekonomi. Dan para pelaku berencana merampok barang berharga milik korban. Pasal yang dikenakan para tersangka dijerat dengan Pasal Berlapis, Diantaranya Pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana, Pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan, serta Pasal 80 UU Perlindungan Anak, Pasal 338, 170, 55, 56, dan Pasal 58 KHUP dengan ancaman hukuman penjara seumur hidup atau pidana mati dan hukuman penjara paling lama 20 tahun.

Diklat Integrasi Siswa Dikmaba TNI AL – POLRI 2024, “Bangun Kekompakan”

By On September 21, 2024

Direktur Pendidikan (Dirdik) Kodiklatal, Laksma TNI Marinir Fransisco Simanjorang mewakili Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah, melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke SPN Polda Jawa Timur Mojokerto. Kunjungan ini dalam rangka Pendidikan dan Latihan (Diklat) Integrasi Siswa Dikmaba TNI AL – POLRI TA. 2024, pada hari Jumat (20/09/2024). Kegiatan tersebut, dari TNI AL dihadiri oleh Danpuslatdiksarmil Kodiklatal Kolonel Laut (P) Irwan S.P. Siagian, Kadepopsdik Puslatdiksarmil Letkol Marinir Daulat Situmorang, serta Komandan Seba Puslatdiksarmil Letkol Marinir Daniel Rudi H. Sedangkan dari Polri dihadiri oleh Ka SPN Polda Jawa Timur AKBP Agus Wibowo, S.I.K bersama para Pejabat Utama (PJU) SPN Polda Jawa Timur dan pengasuh Siswa Diklat TNI AL – Polri, serta para Siswa Diklat Integrasi Dikmaba TNI AL dan Dikmaba Polri Tahun 2024. Selama kunjungan, Dirdik Kodiklatal berkesempatan untuk terjun langsung ikut dalam pertandingan Bola Voli dengan Siswa di Lapangan Bola Voli SPN Polda Jawa Timur. Kegiatan itu juga di isi dengan meninjau Fasilitas dan Sarana Prasarana yang ada di SPN Polda Jawa Timur. Diklat Integrasi Siswa Dikmaba TNI AL -POLRI TA. 2024 merupakan upaya untuk mewujudkan Solidaritas dan Integrasi yang kuat di antara Siswa Pendidikan Pertama, meskipun berasal dari Satuan atau Instansi yang berbeda. Kegiatan ini diharapkan dapat memupuk rasa Kebangsaan dan Kebersamaan yang kuat di antara para Siswa sebagai Garda Muda Terdepan Bangsa.

Siswi Disabilitas Sekolah Polwan Bergelar Sarjana Psikologi IPK Cumlaude

By On September 20, 2024

Siswi disabilitas Sekolah Polisi Wanita (Sepolwan) Lemdiklat Polri, Nur Fatia Azzahra, memiliki latar belakang akademik yang cemerlang. Penyandang tunadaksa asal Bangka Belitung (Babel) ini merupakan sarjana psikologi yang menyelesaikan kuliahnya dengan predikat nilai cumlaude. “(IPK-nya) 3,56, saya kuliah 3 tahun 8 bulan di UII Jogja Fakultas Psikologi,” kata Fatia kepada wartawan, Jumat (20/9/2024). Fatia menoreh prestasi sejak duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA). Dia mendapatkan saat kelas 1 meraih ranking 2, kemudian kelas 2 dan 3 meraih peringkat 1. “SMA kelas 1 ranking 2, SMA kelas 2 dan 3 peringkat 1,” ujar dia. Fatia menuturkan motivasinya berprestasi untuk mengubah pandangan masyarakat terhadap kaum disabilitas. Fatia hendak membuktikan penyandang disabilitas juga bisa dan memiliki kemampuan setara dengan orang pada umumnya. “Saya ingin membuktikan bahwa kekurangan itu tidak menghalangi, bahwa yang berkebutuhan khusus itu juga bisa,” tegas perempuan 22 tahun ini. Fatia menambahkan, dia juga ingin merubah pola pikir penyandang disabilitas lainnya, agar tak menjadikan kondisi berkebutuhan khusus sebagai alasan untuk menyerah. Semua orang, imbuh Fatia, memiliki peluang yang sama dalam mengembangkan kemampuan diri hingga mandiri. “Saya mau mengubah mindset teman-teman disabilitas. Saya ingin menjadi inspirasi semua orang, khususnya penyandang disabilitas bahwa tidak ada yang membedakan kita. Yang ada hanya ‘mau atau tidak’ untuk hidup maju,” ungkap Fatia. Fatia mengatakan usai menuntaskan S1, dia berencana melanjutkan ke jenjang pascasarjana atau S2. Namun sosialisasi penerimaan anggota Polri dari jalur disabilitas seketika mengubah rencananya. Fatia menilai kebijakan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo adalah harapan untuk mencapai cita-citanya yang sempat terkubur. “Dari kecil saya ingin jadi polisi, tapi saya sadar diri karena kondisi saya seperti ini, tidak mungkin diterima. Suatu hari saat saya scroll IG, lihat ada pengumuman masuk polisi jalur disabilitas, lalu saya buka web Penerimaan Polri. Saya kemudian baca satu persatu aturannya,” cerita Fatia. Dia lalu menyampaikan kabar tersebut kepada ayah dan ibunya. Kedua orang tua Fatia pun antusias dan mendukung Fatia mengikuti proses seleksi Bintara Polri jalur disabilitas. “Ayah dan ibu sangat berharap (saya menjadi polwan), karena waktu saya daftar itu mereka sangat mendukung saya menjadi polwan. Dan ayah bolak-balik mengantarkan saya selama masa pendaftaran dan tes,” lanjut Fatia. Untuk diketahui, Polri melalui Biro Pengendalian Personel SSDM Polri, merekrut 16 penyandang disabilitas pada penerimaan Bintara Tahun Anggaran 2024 ini. Mereka terdiri dari 3 siswa Bintara perempuan dan 13 laki-laki. Rekrutmen kelompok disabilitas menjadi anggota organik merupakan kebijakan inklusif Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Asisten Kapolri bidang SDM Irjen Dedi menuturkan Jenderal Sigit yakin penyandang disabilitas mampu melakukan pekerjaan kepolisian. “Polri pada tahun 2023 sebenarnya sudah melakukan rekrutmen terhadap kelompok disabilitas tapi untuk golongan ASN atau pegawai negeri pada Polri (PNPP). Dari kelompok itu kita pekerjakan di dua polda yaitu Polda Jogja kemudian di Polda Sumatera Selatan. Dari situ berproses, Pak Kapolri tambah yakin, ‘Saya minta (difabel menjadi-red) anggota Polri’,” tutur Dedi sambil menirukan perintah Jenderal Sigit padanya kala itu.

Propam Polres Bogor Lakukan Giat Operasi Penegakan Disiplin Di Polsek Ciawi Jajaran Polres Bogor

By On September 19, 2024

Rabu, 18 September 2024. Satuan Propam Polres Bogor melaksanakan kegiatan Penegakan Ketertiban dan Disiplin (Gaktibplin) di Mako Polsek Ciawi pada Rabu pagi. Kegiatan yang dimulai pukul 08.15 WIB ini bertujuan untuk memastikan kepatuhan personil Polri dalam menjalankan tugas dan menjaga kedisiplinan sesuai dengan aturan yang berlaku. Dalam operasi tersebut, tim Propam memeriksa berbagai aspek kedisiplinan personil, termasuk sikap tampang, kelengkapan surat-surat pribadi seperti KTP dan SIM, serta surat kendaraan dinas. Selain itu, penggunaan seragam dinas (Gampol) dan inventaris dinas seperti senjata api (Senpi) dan alat komunikasi juga diperiksa. Pemeriksaan juga dilakukan terhadap ponsel para personil untuk memastikan tidak ada keterlibatan dalam aktivitas judi online. Operasi ini dilakukan sebagai bentuk pengawasan internal untuk mencegah penyalahgunaan wewenang oleh anggota Polri serta memelihara ketertiban dan disiplin. Langkah ini selaras dengan Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2003 tentang Disiplin Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, yang menekankan pentingnya personil Polri menjadi teladan bagi masyarakat. Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, ditemukan beberapa pelanggaran. Lima personil diketahui tidak memiliki Surat Pemegang Senjata (Pass Senpi) yang masih berlaku, sementara tiga personil memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM) yang telah habis masa berlakunya. Sebagai bagian dari pengawasan ketat, dilakukan pula tes urin terhadap tiga personil, dan hasilnya menunjukkan bahwa ketiga personil tersebut dinyatakan negatif dari penggunaan narkoba. Kapolsek Ciawi Kompol Agus Hidayat,.SH menyatakan bahwa temuan-temuan ini akan segera ditindaklanjuti, dan anggota yang terlibat dalam pelanggaran kecil ini disarankan untuk segera memperbarui dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Semua pelanggaran tersebut telah dicatat dan akan dilaporkan ke pihak terkait untuk tindakan lebih lanjut. Kegiatan Gaktibplin ini berakhir pada pukul 09.15 WIB dan berlangsung dengan aman serta lancar, tanpa adanya hambatan yang berarti. Dengan adanya operasi ini, diharapkan disiplin dan ketertiban di kalangan anggota Polri, khususnya di Polsek Ciawi, dapat terus terjaga demi memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.