-->
Advertise Here

Subscribe Here!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Search This Blog

lenterakhatulistiwa.com. Powered by Blogger.
Tenaga Kesehatan TNI Kembali Diberangkatkan Untuk Misi Kemanusiaan di Gaza

By On September 06, 2024

 (Puspen TNI). Sebanyak sembilan orang Tenaga Kesehatan (Nakes) TNI kembali diberangkatkan menuju Abu Dhabi untuk mendukung misi kemanusiaan di Gaza, Palestina. Mereka diberangkatkan melalui Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (6/9/2024).


Kesembilan orang Nakes yang di bawah pimpinan Mayor Ckm dr. Leksmana Arry Chandra ini  akan memperkuat 25 personel TNI yang sudah lebih dulu berada di Gaza sebelumnya. Mereka akan bergabung bertugas Floating Hospital milik Pemerintah Emirat Arab.  

Dalam pembekalannya dihadapan para Nakes, Kapuskes TNI, Mayjen TNI Dr. dr. Yenny Purnama, Sp.A(k)., M.Kes., MARS., M.H., mengingatkan para personel bahwa mereka membawa misi mulia untuk membantu sesama di wilayah konflik. "Anda semua adalah duta kemanusiaan Indonesia, kebanggaan bangsa, dan harapan bagi saudara-saudara kita di Palestina. Tetaplah profesional, disiplin, dan berikan yang terbaik. Semoga tugas ini menjadi ladang ibadah dan kebanggaan kita semua," pesan Kapuskes TNI.

Tim dilepas secara resmi oleh Kapuskes TNI yang didampingi perwakilan dari Sops TNI, PMPP TNI, Kemhan, serta keluarga para Nakes. Penerbangan menuju Abu Dhabi menggunakan maskapai Etihad Airways dengan nomor penerbangan EY 0475, dan dijadwalkan take off pada pukul 17.45 WIB.

Keberangkatan gelombang kedua ini merupakan bukti nyata dukungan TNI dan Pemerintah Indonesia dalam misi kemanusiaan untuk membantu Palestina, menunjukkan solidaritas dan komitmen dalam mendukung perdamaian dan kesejahteraan bagi mereka yang terdampak konflik. Dengan keberangkatan ini, total 34 personel medis TNI kini telah bertugas di Gaza, memberikan bantuan kesehatan kepada mereka yang membutuhkan.

Bakamla RI Tanam 39.000 Bibit Mangrove di Batam

By On September 06, 2024

 

Batam - Kepala Zona Bakamla Barat, Laksamana Pertama Bakamla Bambang Trijanto, bersama Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Zona Bakamla Barat dan jajaran lainnya, melaksanakan penanaman pohon mangrove di Rumpun Bakau Indah, Kampung Jawa, Tanjung Piayu, Kecamatan Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau, Jumat (6/9/2024).

 

Kegiatan yang dimulai sejak pukul 08.00 pagi ini merupakan bagian dari upaya nyata Bakamla Barat untuk menjaga Kawasan Pesisir Pulau-pulau di Wilayah Barelang dari Abrasi dari kerusakan Hutan Mangrove. Sebanyak 39.000 bibit mangrove ditanam di lahan seluas kurang lebih 2 hektar dalam kegiatan ini.

 

Laksamana Pertama Bambang Trijanto menyatakan bahwa penanaman mangrove ini adalah bentuk kepedulian Bakamla RI dalam melindungi pantai dan ekosistem laut Indonesia. Penanaman mangrove ini merupakan wujud kepedulian Bakamla RI untuk menjaga garis pantai Indonesia dari abrasi atau pengikisan, ujar Laksma Bambang Trijanto.

 

Laksamana Bambang juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh jajaran dan mitra binaan Mangrove Zona Bakamla Barat atas partisipasi aktif mereka dalam acara ini. Petinggi Bakamla Zona Barat itu menekankan pentingnya perawatan bibit mangrove yang telah ditanam agar tumbuh dengan baik dan tidak hanya hidup saat penanaman tetapi juga terus tumbuh dan berkembang seiring waktu. Yang paling penting setelah ditanam adalah dilakukan perawatan, dipantau, dan dipelihara, sehingga betul-betul semuanya hidup. Jangan sampai hidup hanya saat panas ditanam, tapi kemudian mati setelah ditinggal, tambahnya.

 

Kegiatan ini turut dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, termasuk Kepala Pangkalan Bakamla Batam, Kepala Stasiun Bakamla Batam, Komandan KN Tanjung Datu-301, Komandan KN Pulau Nipah-321, Komandan KN Bintang Laut-401, serta berbagai organisasi seperti Rumpun Bakau Indonesia, Akar Bumi Bakau Merah Yayasan Air Indonesia, Pelunggut Hijau, dan mahasiswa Institut Teknologi Batam (ITEBA). Semua pihak yang hadir memberikan dukungan penuh terhadap upaya pelestarian lingkungan melalui penanaman mangrove ini. (Humas Bakamla RI)

Danlanud Sultan Hasanuddin Melepas Konvoi Sulawesi Tribute 2024

By On September 06, 2024

 

Makassar - Komandan Lanud (Danlanud) Sultan Hasanuddin, Marsma TNI Bonang Bayuaji G., S.E., M.M., CHRMP.,  melepas Konvoi Sulawesi Tribute 2024, bertempat di Anjungan Pantau Losari, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (5/9/2024).

 

Dalam kesempatan tersebut, Danlanud Sultan Hasanuddin menjelaskan bahwa Sulawesi Tribute 2024 adalah ekspedisi petualangan yang mencakup elemen kompetisi di mana tim yang berpartisipasi dapat menguji keterampilan mengemudi kendaraan 4×4, daya tahan, keberanian, stamina, ketekunan dan ketahanan melawan kondisi terburuk yang mungkin terjadi di sepanjang perjalanan. “Kendaraan yang berpartisipasi di Sulawesi Tribute 2024 nantinya akan menempuh jarak sekitar 2.000 kilometer dengan melintasi wilayah Makassar, Toraja, Gorontalo dan Manado,” ungkapnya.

 

Ekspedisi ini menurut  Marsma TNI Bonang Bayuaji, dijadwalkan akan menyusuri jalur yang menantang di Sulawesi, dengan puncak kegiatan di beberapa lokasi ikonik yang menawarkan keindahan alam dan medan yang ekstrem. “Kegiatan ini juga menjadi ajang mempromosikan wisata alam Sulawesi, dan membangun citra positif olahraga otomotif di tingkat nasional maupun internasional,” ujarnya.

 

Acara pelepasan ini berlangsung dengan penuh semangat, yang juga dihadiri oleh Kepala Topografi Kodam Kolonel Kolonel Ctp Arief Fajar Yanuar, S.Sos., M.I.P., Asisten lll Walikota Makassar, Andi Irwan Bangsawan dan berbagai tokoh masyarakat yang turut memberikan dukungan dan doa agar konvoi Sulawesi Tribute 2024 berjalan lancar. (Pen Hnd) 

Personel Lanud Sultan Hasanuddin Ikuti Apel Gelar Pasukan Pam VVIP Jelang Kunker Presiden RI di Makassar

By On September 06, 2024

 

Makassar - Sebanyak 30 personel dari Lanud Sultan Hasanuddin melaksanakan Apel Gelar Pasukan dalam rangka pengamanan VVIP jelang kunjungan kerja Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo di Makassar, bertempat di Lapangan M. Jusuf Markas Komando (Makodam) XIV/Hasanuddin, Kamis (5/9/2024).

 

Usai melaksanakan apel gelar Pasukan, Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI Bonang Bayuaji, G., S.E., M.M., CHRMP., menyampaikan bahwa sinergitas seluruh unsur pengamanan, baik dari TNI, Polri, maupun instansi terkait adalah untuk menjamin keamanan dan kelancaran kegiatan kenegaraan yang akan berlangsung.

 

“Pengamanan VVIP adalah tugas negara yang sangat penting dan strategis. Oleh karena itu, seluruh personel harus menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab, disiplin tinggi, dan selalu siaga terhadap setiap potensi ancaman,” tegas Komandan Lanud Sultan Hasanuddin.

 

Lebih lanjut, Marsma TNI Bonang Bayuaji menjelaskan bahwa  apel ini merupakan bagian dari rangkaian persiapan pengamanan kunjungan Presiden RI Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo di Makassar yang direncanakan akan meresmikan Rumah Sakit (RS) Unit Pelaksana Teknis (UPT) Vertikal untuk penanganan Otak, Jantung dan Kanker (OJK) yang terletak di Kawasan Center Point of Indonesia (CPI) serta Layanan Ibu dan Anak di Rumah Sakit Wahidin Sudiro Husodo,” ungkapnya.

 

Danlanud Sultan Hasanuddin berharap dengan adanya apel gelar pasukan ini, seluruh personel dapat melaksanakan tugas dengan maksimal dan memastikan bahwa kunjungan kerja Presiden RI, Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo di Makassar berjalan dengan aman, lancar, dan tanpa hambatan. (Pen Hnd) 

Pendaratan Pasukan Gabungan Multinasional  Tandai Operasi Amfibi Di Pantai Banongan

By On September 05, 2024

 

(Puspen TNI). Pendaratan pasukan gabungan multinasional di pantai Banongan menandai
dimulainya Serbuan Operasi Amfibi ke daerah sasaran musuh. Latihan ini merupakan salah satu dari rangkaian latihan puncak Super Garuda 
Shield 2024 yang digelar di pantai Banongan, Situbondo Jawa Timur. Kamis (5/9/2024).

Operasi amfibi adalah operasi militer yang dilakukan oleh pasukan yang dapat
bergerak di atas air dan di darat. Tujuan utama dari operasi amfibi adalah untuk
menyerang atau mengambil alih daerah yang terletak di dekat pantai atau pulau. Operasi ini melibatkan koordinasi yang ketat antara pasukan laut, pasukan udara, dan pasukan darat untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.

Dalam latihan puncak Operasi Amfibi pada Super Garuda Shield tahun 2024
ini melibatkan empat negara pelaku latihan yakni Indonesia yang menerjunkan pasukan Marinir TNI AL, pasukan Marinir AS (USMC), Pasukan Amphibious Rapid Deployment Brigade (ARDB) Jepang serta pasukan militer Singapura (SAF).

Dalam skenario latihan, disimulasikan sebelum pasukan pendarat gabungan multinasional menyerbu pulau yang dikuasai musuh, dilaksanakan infiltrasi 
atas permukaan yang dilakukan oleh penerjun pasukan Intai Amfibi TNI AL, US Recon dan tentara ARDB Jepang yang dilaksanakan secara senyap.

Setelah mendapatkan dislokasi serta
kekuatan musuh, tim pengintai memberi isyarat kepada Pusat Kendali 
Operasi untuk mengerahkan pesawat tempur T50 TNI AU untuk 
melumpuhkan senjata Artileri lawan kemudian dilanjutkan penyerbuan pantai oleh pasukan pendarat.

Adapun Alutsista yang terlibat dalam Operasi Amfibi ini terdiri dari KRI
Makasar-590, KRI FKO-368, Heli Panther dan Tank Amfibi milik TNI AL, pesawat tempur T50 milik TNI AU, USS Green Bay milik AS dan RSS Resolution milik Singapura serta puluhan perahu karet yang digunakan oleh pasukan pendarat.

Hadir pada kegiatan tersebut 
Komandan Kodiklat TNI Laksamana Madya Maman Firmansyah beserta
seluruh delegasi observer dari berbagai negara meninjau 
langsung jalannya Serbuan Operasi Amfibi dari Menara tinjau.

Latihan Medis Tempur: Pertolongan Pertama Yang Tepat dan Cepat, Perbesar Harapan Hidup Prajurit Dalam Medan Perang

By On September 05, 2024

 

(Puspen TNI). Dalam rangkaian latihan gabungan bersama Super Garuda Shield 2024, tim medis dari US Army menggelar latihan _Tactical Combat Casualty Care (TCCC)_ atau penanganan korban tempur secara taktis di Pusat Latihan Pertempuran (Puslatpur) Marinir 5, Baluran Situbondo, Jawa Timur. Rabu (4/9/2024).

Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam menangani korban di medan perang dengan cepat dan tepat. Personel medis dilatih untuk memberikan pertolongan pertama, melakukan stabilisasi pasien serta melakukan evakuasi lanjutan ke fasilitas pelayanan kesehatan yang lebih lengkap.

Dalam simulasi tersebut,  mereka dilatih sesuai dengan standar operasional yang baku, memastikan setiap korban mendapat penanganan terbaik untuk meningkatkan harapan hidup prajurit.

Rangkaian kegiatan Latihan medis yang digelar selama tiga hari ini juga melibatkan kolaborasi dengan personel kesehatan dari negara Australia, Singapura, Jepang, Kanada dan Indonesia. Hal ini dilakukan untuk memperkuat kerja sama antar-militer dalam operasi gabungan khususnya dalam bidang kesehatan. Latihan ini menjadi bagian penting dalam memastikan kesiapan operasional dan kemampuan interoperabilitas antara negara peserta Super Garuda Shield 2024.

Panglima TNI Tinjau Pengamanan Paus Fransiscus  di GBK

By On September 05, 2024

 

(Puspen TNI) Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto meninjau pengamanan pos terpadu yang disiapkan untuk memantau jalannya kegiatan puncak acara Misa Suci atau Perayaan Ekaristi oleh Paus Fransiscus dari Vatikan, Italia pada tanggal 5 September 2024 bersama masyarakat  di stadion Gelora Bung Karno (GBK), (Rabu, 04/09/2024)

Kunjungan Paus Fransiscus ke Indonesia adalah kunjungan setelah 35 tahun terakhir di Indonesia, sebuah kunjungan kenegaraan dan pastoral yang dibuat oleh Paus Fransiscus, dalam kapasitasnya sebagai pemimpin tertinggi Gereja Katolik sedunia dan kepala negara Vatikan. Kunjungan ini dilaksanakan pada tanggal 3 sampai 6 September 2024 dan mengunjungi Jakarta.

Sebanyak 9.030 personel gabungan TNI dan Polri telah disiapkan untuk diterjunkan dalam mengamankan rangkaian kedatangan pemimpin tertinggi Gereja Katolik dunia ini. Dari jumlah 9.030 personel yang terdiri dari 4.300 personel merupakan prajurit TNI, sedangkan 4.730 personel lainnya merupakan aparat kepolisian.

TNI dan Polri akan menggunakan sistem pengamanan berlapis. Mulai dari Ring 1, Ring 2, dan Ring 3. Untuk Pengamanan Ring 1 sendiri, akan dilaksanakan oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) yang melekat pada Paus Fransiskus.

Stadion GBK yang mampu menampung 87 ribu orang untuk acara misa suci yang akan dilaksanakan bersama Paus Fransiscus dan panitia juga telah menyiapkan videotron bagi mereka yang tidak bisa masuk stadion GBK. Pengamanan terhadap Paus Fransiscus selama kunjungan di Indonesia, TNI dan Polri melakukan penjagaan ketat, termasuk menyiapkan pasukan antiteror hingga penembak runduk atau sniper.

Aksi Tanggap Pasukan Khusus AS Bantu Evakuasi Warga Yang Mengalami Kecelakaan Tunggal

By On September 04, 2024

 

(Puspen TNI). Pasukan Khusus Pasifik Amerika Serikat atau United States Special Operations Pasific (US SOCPAC) yang tengah berlatih bersama prajurit Komando Operasi Khusus TNI (Koopsus TNI) membantu mengevakuasi salah seorang warga yang mengalami kecelakaan tunggal di Jalan Raya Banyuwangi - Situbondo, Selasa (3/9/2024).

Peristiwa kecelakaan tunggal yang dialami Lutfi Dwi (42) di jalan raya terjadi begitu cepat dengan kondisi mobil korban sudah dalam posisi terbalik. Tak selang beberapa lama, pasukan Khusus AS yang sedang melintas dengan sigap menolong korban yang sudah tak sadarkan diri. 

Kemudian salah seorang prajurit AS menghubungi dr. Agung, tenaga medis dari Mabes TNI yang tengah diperbantukan dalam latihan bersama  MIlitary to Military Conection Rider 24 (M2MC Rider 24) antara US SOCPAC dengan Koopsus TNI untuk berkoordinasi dengan RSUD Asem Bagus untuk mempersiapkan fasilitas IGD dengan harapan pasien cepat tertangani secara tatalaksana medis.

Selama perjalanan menuju RSUD Asembagus pasien ditangani oleh tim medis dari pihak pasukan khusus AS yang memang terlibat dalam latihan bersama tersebut.

Menurut dr. Agung, berdasarkan hasil pemeriksaan, pasien mengalami perdarahan hebat bagian belakang kepala kiri dan langsung ditangani secara intensif di IGD RSUD Asembagus. Dirinya menambahkan, aksi cepat tanggap evakuasi korban kecelakaan oleh pasukan khusus AS ini telah menyelamatkan nyawa korban. 

Panglima TNI dan Wamenhan RI Hadiri Rapat Kerja Bersama Komisi 1 DPR RI
Bahas RKA Tahun 2025

By On September 03, 2024

(Puspen TNI). Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto bersama Wakil Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Wamenhan RI) M. Herindra menghadiri Rapat Kerja dengan Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, bertempat di Ruang Rapat Komisi I DPR RI, Kompleks Gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (3/09/2024). 

Rapat kerja bersama DPR RI ini membahas terkait Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Pertahanan RI dan TNI Tahun Anggaran 2025, hal ini bertujuan untuk memastikan rencana kerja yang telah disusun sesuai dengan tujuan organisasi dan juga alokasi anggaran sesuai dengan prioritas dan kebutuhan.

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto yang ditemui oleh awak media menuturkan pembahasan rapat diantaranya anggaran perumahan, tunjangan kinerja hingga dana kontijensi prajurit TNI. “Terkait dana kontijensi, misalnya ada bencana alam, kita bisa memberikan uang makan prajurit dan untuk dana operasional kegiatan tersebut,” pungkasnya.

Turut hadir mendampingi pada rapat tersebut diantaranya Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali dan Kasau Marsekal TNI M. Tonny Harjono serta para Pejabat Utama TNI dan Kemhan RI lainnya.

Satgas Medis Kogabpadpam Jamin Kesehatan VVIP HLF-MSP dan IAF 2024

By On September 03, 2024


(Puspen TNI). Satuan Tugas (Satgas) Medis Komando Gabungan Terpadu Pengamanan (Kogabpadpam) VVIP yang dikomandani Mayjen TNI Dr. dr. Yenny Purnama, M.Kes., M.A.R.S., M.H., menjamin kesehatan seluruh peserta VVIP High-Level Forum on Multi Stakeholder Partnership (HLF MSP) dan Indonesia Africa Forum (IAF) Ke-2 tahun 2024 dan selalu siap siaga untuk mengantisipasi kejadian kesehatan yang tidak diinginkan. Bertempat di Posko Satgas Medis Jl. Gopala no. 3 Kabupaten Badung, Bali. Selasa (3/9/2024).

Dalam keterangan yang disampaikan Dansatgas Medis bahwa saat ini utamanya tentang bagaimana pencegahan terhadap Monkey Pox, “pencegahan yang kita lakukan adalah yang pertama screening, mulai dari bandara, semua peserta baik VVIP maupun VIP wajib mengisi kartu sehat/health pass, sehingga setiap orang yang datang ke Bali sudah punya track record tentang kesehatan”, ucap Dansatgas Medis.

Lebih lanjut disampaikan bahwa mulai dari bandara, kita sudah menyiapkan screening termal seperti suhu. “Apabila seseorang terdiagnosis, suhu nya meningkat maka langsung kita cari penyebabnya apakah memang terindikasi ke arah Mpox. Apabila terindikasi ke arah Mpox maka akan segera dirujuk ke rumah sakit yang sudah ditunjuk”. Tegas Dansatgas Medis.

Rumah Sakit rujukan VVIP yaitu RSUP Ngoerah (RS rujukan Mpox), RS Bali Mandara (RS rujukan Mpox), RS Siloam Denpasar dan BIMC Nusa Dua. Penempatan thermal scanner (antisipasi Mpox) terdapat di Bandara Ngurah Rai dan BICC. Penempatan Mini ICU di Bandara Ngurah Rai, Hotel Intercontinental, Hotel Mulia dan BICC.

Pengamanan medis untuk di venue sudah disiapkan juga termal scanner. Termasuk di dalamnya adalah kesiapan kesehatan dalam bentuk ambulance, mini-ICU dan lain-lain yang dibutuhkan. Semua tim kesehatan sudah masuk ke dalam posisi yang sudah ditentukan baik di acara maupun di tempat menginap para peserta.

Mengenal Lebih Dekat Joint Operation Center Ruang Kendali Latihan Super
Garuda Shield 2024

By On September 03, 2024


(Puspen TNI). Di dalam sebuah ruangan berukuran 8 x 17 M yang berlokasi di dalam Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) 5 Marinir Baluran, Asembagus Situbondo Jawa Timur, terdapat sebuah ruangan yang bernama Joint Operation Center (JOC). 

Komandan Satgas Super Garuda Shield 2024 Kolonel Inf Frega Wenas Inkiriwang, (2/9) dalam keterangannya, menyampaikan bahwa JOC yang diawaki oleh seluruh perwakilan kontingen negara pelaku latihan ini menjadi ruang pengendali jalannya seluruh rangkaian latihan yang diselenggarakan di Surabaya, Situbondo, serta Baturaja Sumatera Selatan.

Pamen berpangkat Kolonel yang sehari-hari berdinas di Seskoad ini mengungkapkan bahwa selama jalannya latihan, ruang JOC disibukkan dengan kegiatan koordinasi dan konsolidasi seluruh perencana latihan seperti materi Field Training Exercise (FTX), Airborne operations, Joint Strike, Amphibious Operations dan CALFEX.

Dirinya menambahkan, personel yang bertugas di ruangan tersebut terdiri dari berbagai personel dari perwakilan negara pelaku latihan seperti Indonesia, Amerika, Jepang, Australia dan Singapura. 

“Dari pihak TNI sendiri, personelnya terdiri dari Perwira-perwira pilihan yang memiliki kemampuan berbahasa asing yang berasal dari satuan gabungan TNI AD, TNI AL dan TNI AU. Mereka bertugas mengkoordinasikan kegiatan mulai dari bidang personel, intelijen operasi, logistik, komunikasi elektronik, medis, penerangan dan pengamanan,” tandasnya.

“Ruangan ini juga dilengkapi dengan layar videotron berukuran raksasa yang terhubung melalui kamera real-time CCTV yang terkoneksi via satelit untuk memantau seluruh daerah latihan termasuk  di dalamnya memonitor cuaca, pergerakan arus lalu lintas, pemukiman penduduk, bandara dan pelabuhan,” tambahnya.

Untuk diketahui, Super Garuda Shield merupakan latihan militer tahunan terbesar di kawasan Asia Pasifik yang diselenggarakan TNI bersama Angkatan Bersenjata AS. Dan sejak tahun 2022, latihan ini telah diperluas dengan melibatkan negara-negara mitra di kawasan.

Penerjun Multinasional dan TNI Menari di Langit Banongan

By On September 02, 2024


(Puspen TNI). Dengan menggunakan helikopter  CH-47 Chinook milik Angkatan Darat Amerika Serikat, puluhan pasukan penerjun melaksanakan terjun bebas militer atau military free fall sebagai bagian dari latihan gabungan bersama Super Garuda Shield 2024 bertempat di Banongan Situbondo Jawa Timur. Senin (2/9/2024).

Latihan military free fall ini dirancang untuk mengasah keterampilan para prajurit dalam melakukan terjun bebas dari ketinggian tertentu dengan presisi dan kecepatan yang tinggi. Latihan ini bagian dari rangkaian operasi amphibi, dimana selain pasukan pendarat marinir mereka diterjunkan dari langit untuk menyerbu sasaran musuh.

Pasukan TNI, US Army, dan tentara Jepang tersebut melakukan terjun bebas dari ketinggian 12 ribu kaki.  Satu persatu pasukan penerjun keluar dari pesawat dan parasut penerjun  mengembang menari dan menghiasi angkasa Banongan  hingga mendarat di drooping zone (DZ).

Kababinkum TNI Menerima Kunjungan Chief Of The China Legal Affairs
Bureau

By On September 02, 2024


(Puspen TNI)    Kepala Badan Pembinaan Hukum (Kababinkum) TNI Laksamana Muda TNI Kresno Buntoro, S.H., LL.M., Ph.D., menerima Courtesy Call (CC) Kepala Biro Urusan Hukum Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok Mayor Jenderal Wang Ling bertempat di Ruang Rapat Babinkum TNI Lantai 4 Gedung B3 Mabes TNI Cilangkap. (2/09/2024).

Kunjungan dilakukan untuk bertukar informasi tentang perkembangan hukum militer, hukum laut dan hukum internasional seraya menjajaki kemungkinan untuk menjalin hubungan kerja sama di bidang pendidikan dan latihan khususnya dalam materi hukum antara Badan Pengembangan Hukum TNI dan Biro Hukum Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok.

Hal ini disambut baik oleh Kababinkum TNI, selain sebagai bagian dari upaya diplomasi militer, juga dapat membuka hubungan yang lebih intensif dalam hal pengamanan serta pengelolaan wiayah maritim yang saling berbatasan. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadi komunikasi yang keliru sehingga dapat menyebabkan terjadinya ketegangan yang tidak perlu diantara dua negara. 

Selanjutnya Major General Wang Ling mengemukakan bahwa kegiatan ini dilandasi dengan “Semangat Bandung (Bandung Spirit)” yang digagas pada konferensi Asia Afrika pada tahun 1955, maka pertemuan yang tadinya bersifat formal tersebut berubah menjadi lebih akrab dan cair, karena masing-masing pihak memiliki landasan dari semangat yang sama, yaitu membangun kerja sama internasional dengan tujuan untuk saling menghormati dan memberikan dukungan pada pihak lainnya.

Mengakhiri kunjungan tersebut, keduabelah pihak saling bertukar cenderamata. Kababinkum TNI memberikan plakat serta coin pada delegasi China Legal Affairs Bureau, dan sebaliknya Kababinkum TNI menerima gulungan lukisan yang berisikan tulisan tentang pesan patriotik dan semangat untuk selalu berperilaku baik dan terhormat.

Indonesia Berikan Bantuan Militer $500.000 Kepada Kerajaan Kamboja

By On September 02, 2024

(Puspen TN). Pemerintah Republik Indonesia melalui Kemhan RI menyerahkan bantuan militer kepada Kamboja berupa senapan, pistol, dan amunisi senilai $500.000. Beberapa waktu yang lalu.

Bantuan tersebut diserahkan oleh Duta Besar Indonesia untuk Kamboja, Santo Darmosumarto, dalam sebuah upacara di Bandara Internasional Phnom Penh. Mewakili pihak Kamboja adalah Jenderal Mao Sophan, Wakil Panglima Angkatan Bersenjata Kerajaan Kamboja (RCAF) dan Panglima Angkatan Darat Kamboja.

Bantuan hibah peralatan militer meliputi 150 senapan SS2-V5 A1, 20 pistol G2 Elite, 500.000 butir amunisi 5,56x45mm dan 500.000 butir amunisi 9x19mm yang dibawa dengan pesawat TNI AU Super Hercules C130J.

Dubes Santo menekankan, “Saya gembira melihat bahwa hubungan yang kuat seperti itu telah menjadi dasar bagi peningkatan signifikan kerja sama bilateral kita di berbagai bidang dalam beberapa tahun terakhir. Kami merasa terhormat untuk melakukan ini di saat kita merayakan 65 tahun hubungan diplomatik kita.”

Dubes juga menyampaikan harapan bahwa penguatan berkelanjutan kerja sama pertahanan dan keamanan bilateral akan memberikan kontribusi positif tidak hanya terhadap perdamaian dan stabilitas dikedua negara tetapi juga di kawasan secara keseluruhan.

Bantuan yang diberikan kepada pemerintah Kamboja diproduksi oleh produsen peralatan militer terkemuka Indonesia, PT. PINDAD. Bantuan ini menunjukkan potensi industri pertahanan Indonesia dan membuka dimensi baru bagi kerja sama pertahanan dan keamanan Indonesia-Kamboja, yang selama bertahun-tahun telah mencakup berbagai program pengembangan kapasitas dan pertukaran personel antara kedua negara.

Jenderal Mao Sophan menyampaikan penghargaan yang tinggi terhadap Pemerintah dan Kemhan RI serta harapannya agar kerja sama yang kuat dan langgeng antara kedua negara dan militer terus terjalin.

Turut hadir dalam penyerahan hibah tersebut para pejabat Kemhan dan AD Kamboja serta Atase Pertahanan Kamboja Kol Cpm Moch. Rizal.

TNI Kendalikan Operasi Pengamanan HLF MSP dan IAF dari Posko
Kogabpadpam VVIP

By On September 02, 2024


(Puspen TNI). Pengamanan High-Level Forum on Multi Stakeholder Partnership (HLF MSP) dan Indonesia Africa Forum (IAF) Ke-2 tahun 2024 dipastikan dilakukan secara all out. Selain mengerahkan sekitar 8.300 personel TNI dan ratusan Alutsista tempur dari tiga matra, pengamanan juga menggunakan teknologi canggih yang terintegrasi dalam Posko Kogabpadpam VVIP yang berada di kawasan ITDC Nusa Dua, Bali. Senin (2/08/2024).

Guna memastikan pengamanan HLF MSP dan IAF ke-2 berjalan baik, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto,S.E.,M.Si., bersama Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. mengecek sejumlah titik salah satunya yakni Posko Kogabpadpam VVIP ITDC Nusa Dua, Bali.

Dari Posko Kogabpadpam VVIP tersebut, para Komandan Satgas dari jajaran Gabungan Pengamanan Terpadu Pengamanan (Kogabpadpam) VVIP dapat memonitor langsung setiap kegiatan pengamanan HLF MSP dan IAF ke-2. Keberadaan Posko Kogabpadpam VVIP menjadi tempat pusat kendali operasi terkait seluruh rangkaian pengamanan dan kegiatan.

Untuk memonitor kegiatan pengamanan ini seluruh objek kegiatan dipantau. Selain tempat acara, pemantauan juga dilaksanakan di bandara, sepanjang jalan dan penginapan para delegasi. Posko Kogabpadpam VVIP juga terkoneksi dengan kamera CCTV yang berada di seluruh Bali. Dengan kondisi tersebut, diharapkan bila terjadi kontijensi para Komandan Satuan Tugas dapat segera menyelesaikannya dengan cepat dan akurat.

Jelang HLF MSP dan Forum Tingkat Tinggi IAF Panglima TNI Cek Venue di
Nusa Dua

By On September 02, 2024

(Puspen TNI). Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto,S.E.,M.Si., tiba di Pulau Dewata dan langsung mengecek berbagai venue kegiatan High-Level Forum on Multi Stakeholder Partnership (HLF MSP) dan Konferensi Forum Tingkat Tinggi (FTT) Indonesia Africa Forum (IAF) Ke-2 tahun 2024. Pertemuan Internasional tersebut dihelat di kawasan The Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, pada tanggal 1 hingga 3 September 2024. Minggu (1/09/2024).

Beberapa lokasi tempat berlangsungnya kegiatan HLF MSP dan Forum Tingkat Tinggi IAF yang dikunjungi Panglima TNI diantaranya Hotel Mulia dan Intercontinental Bali Resort, Kabupaten Badung. 

Panglima TNI memastikan kesiapan dan keamanan Presiden, Wakil Presiden dan Tamu Negara setingkat Kepala Negara atau Kepala Pemerintahan dalam kegiatan HLF MSP dan Forum Tingkat Tinggi IAF.

Persiapan pengamanan ini dilaksanakan dari pintu masuk kedatangan, sepanjang kegiatan, hingga para tamu VVIP kembali ke negara masing-masing.

Tingkatkan Keterampilan Tenaga Pendidik Sekolah Angkasa Lanud Sultan
Hasanuddin Gelar Pelatihan Desain Dan Video Presentasi

By On September 02, 2024

Makassar – Dalam rangka meningkatkan  keterampilan tenaga pendidik Sekolah Angkasa Lanud Sultan Hasanuddin, Ketua Yasarini Pengurus Cabang Lanud Sultan Hasanuddin, Ibu Liska Bonang Bayuaji bersama dengan jajaran Pengurus menggelar Pelatihan Desain Dan  Video Presentasi,  bertempat di ruang Supernova Baseops Lanud Sultan Hasanuddin, Maros, Sulawesi Selatan, Senin (2/9/2024). 

Kegiatan pelatihan desain dan video presentasi yang dihadiri Komandan Lanud (Danlanud) Sultan Hasanuddin (HND) Marsma TNI Bonang Bayuaji G., S.E., M.M., CHRMP. Kegiatan pelatihan ini merupakan kerjasama Human Resource Departement (HRD) Yasarini Pengurus Pusat dan SEAMEO SEAMOLEC serta Yasarini Pengurus  Cabang Lanud Sultan Hasanuddin. 

Dalam sambutannya, Ketua Yasarini Pengurus Cabang Lanud Sultan Hasanuddin, menekankan pentingnya penguasaan teknologi digital dalam era modern, terutama bagi tenaga pendidik di sekolah Angkasa. “Saya berharap agar para kepala sekolah dan guru yang mengikuti pelatihan ini dapat menerapkan ilmu yang diperoleh untuk memajukan pendidikan khususnya di sekolah Angkasa di Lanud Sultan Hasanuddin,” ungkapnya. 

Pelatihan desain dan video presentasi diikuti oleh 24 peserta meliputi Kepala Sekolah dan Guru Sekolah  Angkasa di jajaran Lanud Sultan Hasanuddin. Pelatihan tersebut berlangsung dengan penuh antusiasme, dimana para peserta berkesempatan untuk mempraktikkan langsung materi yang diajarkan seperti membuat Storyline sesuai dengan topik pembelajaran.  Dengan berbekal ilmu dari pelatihan ini, diharapkan para tenaga pendidik di bawah Yasarini dapat semakin kreatif dan inovatif dalam menjalankan tugas-tugasnya, serta mampu memberikan kontribusi yang lebih besar dalam mendukung visi dan misi Yasarini secara keseluruhan. (Pen Hnd)

Dentuman Meriam Howitzer Guncang Langit Situbondo

By On September 01, 2024

(Puspen TNI). Dentuman senjata berat Artileri Medan (Armed) Meriam Howitzer 105 MM dan Mortir milik Jepang mengguncang langit Situbondo pada latihan Join Strike di Puslatpur 5 Marinir Baluran Situbondo Jawa Timur. Sabtu (31/8/2024).

Tembakan Howitzer, serta Mortir yang dilakukan prajurit TNI, US Army dan prajurit Jepang merupakan bagian dari latihan gabungan bersama Super Garuda Shield 2024.

Dalam pertempuran, tembakan bantuan dari satuan Artileri Medan diperlukan untuk memudahkan laju pergerakan pasukan Infanteri untuk masuk ke pertahanan musuh. Dimana tembakan Howitzer ataupun mortir mampu memporak-poranda perkubuan lawan.

Latihan ini melibatkan Howitzer M119A2 kaliber 105 MM (US Army), KH 178  kaliber 105 MM milik TNI AD dan LG 1 MK II kaliber 105 MM milik Marinir TNI AL serta Mortir  kaliber 120 MM (Jepang).

Satgasla Kogabpadpam VVIP Amankan Perairan Bali pada HLF MSP dan IAF
2024

By On September 01, 2024

(Puspen TNI). Satuan Tugas Laut (Satgasla) Komando Gabungan Pengamanan Terpadu Pengamanan (Kogabpadpam) VVIP melaksanakan pengamanan wilayah laut dalam rangka mendukung pelaksanaan kegiatan Forum Tingkat Tinggi High Level Forum on Multi Stakeholder Partnership (HLF MSP) dan Indonesia Africa Forum (IAF) ke-2 tahun 2024 di perairan Bali. Minggu (01/09/2024) 

Satgasla Kogabpadpam VVIP mengerahkan personel dan aset strategis diantaranya KRI Raden Eddy Martadinata 331, KRI Ahmad Yani 351, KRI Untung Suropati 372, Heli Panther O/B KRI Rem-331 dan 3 Sea Rider untuk mengantisipasi segala bentuk potensi ancaman dan gangguan di perairan, serta memastikan keamanan para delegasi dan peserta yang hadir.

Danguskamla Koarmada II Laksma TNI Teguh Prasetya, S.T., M.M., CHRMP., selaku Dansatgasla menyampaikan siap mengamankan wilayah perairan bali dari bebagai sektor. “kita sebagai Satgasla bertugas melaksanakan pengamanan perairan Bali baik dari sisi Barat, Selatan, Timur sampai dengan Utara yang terbagi dalam tiga sektor” ungkap Dansatgasla.

Kehadiran Satgasla Kogabpadpam VVIP diharapkan dapat memberikan rasa aman bagi seluruh pihak yang terlibat dan mendukung terciptanya suasana kondusif selama kegiatan berlangsung. 

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dan Laksamana Samuel J. Paparo
Tinjau Latihan Super Garuda Shield 2024 di Surabaya

By On September 01, 2024

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dan Laksamana Samuel J. Paparo Tinjau Latihan Super Garuda Shield 2024 di Surabaya

(Puspen TNI) — Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto bersama Panglima Komando USINDOPACOM Admiral Samuel J. Paparo meninjau langsung latihan gabungan Super Garuda Shield 2024 yang berlangsung di Pusat Latihan Kapal Perang (Puslatkaprang) Koarmada II Ujung Surabaya. Latihan ini merupakan kolaborasi antara TNI dengan  militer multi nasional yang bertujuan untuk meningkatkan interoperabilitas peserta latihan, Sabtu (31/08/2024)

Dalam kunjungan tersebut, Panglima TNI dan Panglima Komando USINDOPACOM  meninjau Latihan Staffex dan Cyberex yang diikuti oleh ratusan peserta latihan. Keduanya memberikan apresiasi tinggi terhadap profesionalisme para prajurit yang terlibat dan pentingnya kerjasama antara kedua negara untuk menjaga stabilitas kawasan. Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan merencanakan dan melaksanakan operasi gabungan serta meningkatkan partisipasi negara multinasional dengan TNI untuk membangun kemampuan cara mengambil keputusan militer dan ancaman Siber.

Momen Kedekatan Panglima TNI Bersama Pasukan Multi Nasional Pada
Latihan Super Garuda Shield 2024

By On September 01, 2024

(Puspen TNI). Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto bersama Komandan Komando Asia Pasifik AS Laksamana Samuel J. Paparo melaksanakan tatap muka bersama perwakilan pasukan Multinasional yang tengah berlatih bersama pada latihan Super Garuda Shield 2024, bertempat di Balai Prajurit Puslatpur 5 Marinir, Asembagus Situbondo, Jawa Timur, Sabtu (31/8/2024). 

Kegiatan tatap muka bersama pasukan multinasional yang terdiri dari prajurit TNI, Amerika Serikat, Australia, Jepang dan Singapura ini digelar usai Panglima TNI bersama Laksamana Paparo meninjau latihan Joint Strike di Titik Tinjau (T12) Puslatpur 5 Marinir Baluran.

Dalam penyampaiannya, Panglima TNI mengungkapkan rasa bangganya dapat bertemu dan berbincang dengan prajurit yang tengah berlatih.

“Kesempatan yang sangat bermanfaat ini agar dimanfaatkan dengan baik untuk transfer teknologi, transfer ilmu pengetahuan dengan negara-negara sahabat yang ada di sini yang berlatih dengan kalian semua,” ujar Panglima.

Dihadapan para prajurit, Panglima TNI bercerita saat dirinya masih Perwira Remaja, berlatih bersama pasukan asing. “Jaman saya dulu Letnan Dua latihan seperti ini tidak ada HP, jadi kita susah. Sekarang saya dengan Paparo bisa direct by phone (menelpon). Jadi sekarang antara kamu dengan (pasukan) negara lain bisa bertukar nomor telepon, say hello to another,” tandasnya.

Panglima TNI berpesan kepada seluruh prajurit untuk menjaga kesehatan selama berlatih. Dirinya pun mengingatkan untuk tidak lupa beribadah dan berdoa sesuai agama masing-masing.

Dalam kesempatan yang sama, Komandan Komando Asia Pasifik Amerika Serikat Laksamana Samuel J. Paparo turut memberikan motivasi kepada seluruh prajurit agar tetap semangat dalam berlatih. Dirinya berpesan agar seluruh prajurit untuk saling mengedepankan teamwork dan profesionalisme dalam berlatih.” Manfaatkan momen latihan bersama ini untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan pribadi maupun satuan agar dapat diaplikasikan sekembalinya ke negara masing-masing,” pesannya

Panglima TNI Tinjau Join Strike Latgabma Super Garuda Shield 2024

By On September 01, 2024

(Puspen TNI). Panglima TNI  Jenderal TNI Agus Subiyanto bersama Komandan Komando Indo Pasifik  Amerika Serikat Laksamana Samuel J. Paparo meninjau Latihan Penyerbuan Gabungan (Join Strike) pada gelaran Latihan Gabungan Bersama (Latgabma) Super Garuda Shield 2024 yang dilaksanakan di Pusat  Latihan Tempur (Puslatpur) 5 Marinir Baluran Situbondo Jawa Timur, Sabtu (31/8/2024).

Join Strike merupakan operasi gabungan yang melibatkan berbagai Matra Angkatan Bersenjata dari beberapa negara peserta latihan, untuk melaksanakan serangan terkoordinasi dan terintegrasi menggunakan berbagai platform militer seperti pesawat tempur, kapal perang, artileri dan pasukan darat dalam satu operasi terpadu.

Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan interopabilitas dan kemampuan koordinasi antar pasukan dari berbagai negara dalam operasi militer yang kompleks. Join Strike dilakukan secara simultan dari berbagai arah dan dengan berbagai jenis kekuatan untuk mencapai efek maksimal terhadap target musuh.

Join Strike ini memanfaatkan teknologi militer canggih seperti sistem komunikasi dan rantai komando yang sistematis untuk mengkoordinasikan serangan di berbagai medan tempur secara real time. Dan juga didukung dengan alutsista diantarnya Astros, MLS Vampire, KRI FKO-368, Scan Eagle (UAV), Pesawat F-16 sedangkan dari Amerika Serikat menurunkan USS Green Bay, Helikopter Puma, P-8 Poseidon, Heli MH-60R, Himars, Heli AH-1 Cobra dan Heli UH-1Y Huey.

Turut hadir pada kunjungan latihan Join Strike diantaranya Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak,  Kasal  Laksamana TNI Muhammad Ali, Kasau Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono, Pangkoopsudnas Marsdya TNI Tedi Rizalihadi, Dankodiklat TNI Laksdya TNI Maman Firmansyah, Pangkostrad Mayjen TNI Mohamad Hasan serta para Pejabat Utama TNI lainnya.