-->
Advertise Here

Subscribe Here!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Search This Blog

lenterakhatulistiwa.com. Powered by Blogger.
Cek Kesiapan, Apel Pasukan Pengamanan HLF MSP dan IAF Digelar di
Denpasar

By On August 31, 2024

(Puspen TNI). Pangkogabwilhan II Marsdya TNI M. Khairil Lubis yang menjabat sebagai Pangkogabpadpam (Panglima Komando Gabungan Pengamanan Terpadu) bersama Kabaharkam Polri Komjen. Pol. Dr. Drs. H. Mohammad Fadil Imran, M.Si., selaku Kaops Polri memimpin Apel Gelar Pasukan Satuan Tugas Pengamanan VVIP High-Level Forum on Multi Stakeholder Partnership (HLF MSP) dan Forum Tingkat Tinggi (FTT) Indonesia Africa Forum (IAF) Ke-2 tahun 2024, bertempat di Lapangan Puputan Margarana, Denpasar, Bali. Sabtu (31/8/2024)

Apel gelar pasukan tersebut bertujuan untuk mengecek kesiapan personel, materiel, kendaraan tempur, dan kendaraan pendukung yang akan digunakan dalam pengamanan VVIP HLF MSP dan IAF ke-2.

Pada amanat Panglima TNI yang dibacakan oleh Pangkogabpadpam VVIP menyampaikan bahwa apel kesiapan Kogabpadpam ini digelar dalam rangka memberikan keyakinan kepada pimpinan, “bahwa setiap individu, Satuan Tugas dan Komando Operasi telah bersinergi dan membentuk kerja sama tim secara profesional sesuai tugas dan tanggungjawab masing-masing untuk pengamanan HLF-MSP dan IAF ke-2, sehingga kegiatan tersebut dijamin dapat

dilaksanakan dengan tertib, aman, lancar dan berhasil”, ujarnya.

Dalam Apel ini berbagai kendaraan taktis dan khusus juga di gelar antara lain Rantis Anoa, Rantis P2AP, Ransus Jihandak, Ransus Lidik Kizi Nubika dan masih banyak kendaraan seperti Mobil dan motor listrik Polisi militer.

TNI Gelar Tactical Floor Game Pengamanan VVIP HLF MSP dan IAF ke-2
Tahun 2024

By On August 30, 2024

(Puspen TNI). Tentara Nasional Indonesia (TNI) menggelar Tactical Floor Game (TFG) untuk memastikan pengamanan VVIP pada penyelenggaraan High Level Forum on Multi Stakeholder Partnership (HLF MSP) dan Indonesia Africa Forum (IAF) ke-2 tahun 2024. Kegiatan ini berlangsung di GOR Yudomo, Kepaon, Denpasar, Bali. Jumat. (30/08/2024) 

TFG dipimpin langsung oleh Pangkogabwilhan II Marsdya TNI M. Khairil Lubis selaku Panglima Komando Gabungan Pengamanan Terpadu (Pangkogabpadpam), bersama Kabaharkam Polri Komjen Pol. Dr. Drs. H. Mohammad Fadil Imran, M.Si., selaku Kepala Operasi Polri (Kaops Polri). 

Pelaksanaan TFG ini bertujuan untuk mengantisipasi berbagai dinamika yang mungkin terjadi selama berlangsungnya HLF MSP dan Indonesia Africa Forum (IAF), yang akan diadakan pada 1-3 September 2024. Pengamanan yang cermat dan terkoordinasi sangat diperlukan untuk memastikan kelancaran forum internasional ini.

Indonesia Africa Forum (IAF) ke-2 diharapkan tidak hanya menjadi wadah diskusi, tetapi juga memperkuat kerja sama dalam memberikan dampak positif bagi dunia. Turut hadir dalam rangkaian kegiatan diantaranya Kabasarnas, Wakabin, Pangdam IX/Udayana, dan Para perwira tinggi TNI-Polri serta tamu undangan lainnya.

Kolaborasi TNI, US Army dan ADF dalam Latihan Jihandak.

By On August 30, 2024

(Puspen TNI). TNI bersama dengan US Army dan Australian Defence Army (ADF) menggelar latihan gabungan EOD dan Sapper/Combat Engineer atau latihan penjinakan bahan peledak (Jihandak) sebagai bagian dari upaya meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan dalam menangani ancaman bahan peledak yang berlangsung Pusat Latihan Pertempuran (PLP) 5 Marinir Karang Tekok Baluran Situbondo Jawa Timur, Jumat  (30/8/2024).

Latihan ini merupakan bagian dari rangkaian latihan militer bersama Super Garuda Shield 2024 dan diikuti oleh prajurit-prajurit terlatih dari kedua negara yang memiliki spesialisasi dalam penjinakan bahan peledak. Dalam latihan tersebut, para peserta saling bertukar pengetahuan dan teknik terbaru dalam menghadapi berbagai jenis bahan peledak yang berpotensi mengancam keamanan. 

Dikatakan oleh Koordinator Materi Zeni pada Latgabma Super Garuda Shield  2024 Lettu Czi Hanif Nur Zafar, S.Tr. (Han) bahwa salah satu tujuan latihan ini ialah untuk meningkatkan kemampuan antar satuan zeni dalam berbagai negara dalam hal ini US Army, ADF dengan TNI  agar memahami berbagai macam rangkaian handak (bahan peledak) yang dimiliki negara lain.

Lebih lanjut Lettu Hanif menyampaikan beberapa manfaat yang didapat dari latihan bersama ini diantaranya meningkatkan kemampuan untuk berkomunikasi dengan pasukan asing. “Karena counter part kita dari US Army, pertama kita dapat meningkatkan kemampuan dari segi bahasa, kemudian dapat mengetahui kemampuan peralatan dan perlengkapan, sehingga apa saja benefit yang bisa diambil, bisa menjadikan sebuah pengetahuan yang baik untuk satuan operasional Zeni Angkatan Darat,” pungkas alumni Akmil 2019.

Adapun materi yang dilatihkan berupa malaksanakan Urban Demolition, peledakan Claymore Charge dan Bungalore Demolition 

Koopssus TNI Laksanakan Persiapan Dalam Rangka HLF MSP dan IAF di Bali

By On August 30, 2024

(Puspen TNI). Komando Operasi Khusus (Koopssus) TNI melaksanakan persiapan dalam rangka HLF MSP dan Konferensi Forum Tingkat Tinggi (FTT) Indonesia Africa Forum (IAF) Ke-2 tahun 2024 dengan menggelar Operasi pengamanan dan pengevakuasian VVIP, bertempat di hotel Mulia. Jumat (30/08/2024).

Tim penyelamatan (matan) Paspampres dari Satgas pam VVIP akan mengamankan dan mengevakuasi VVIP dari hotel Mulia ke tempat aman karena adanya gangguan setelah matan Satgas pam VVIP mengevakuasi tamu VVIP, maka satgas Passus akan masuk dengan menggunakan 3 rantis yaitu 2 unit P6-ATAV dan 1 unit ILSV dan pasukan Aksi khusus untuk melaksanakan penindakan.

Latihan ini merupakan wujud kesiapan TNI dalam pengamanan  VVIP terhadap Presiden, Wakil Presiden dan Tamu Negara setingkat Kepala Negara atau Kepala Pemerintahan dalam kegiatan High-Level Forum on Multi Stakeholder Partnership (HLF MSP) dan Konferensi Forum Tingkat Tinggi (FTT) Indonesia Africa Forum (IAF) Ke-2 tahun 2024.

Skadron Udara 11 Lanud Sultan Hasanuddin Menerima Kunjungan Pasis
Dikreg LII Sesko TNI

By On August 30, 2024

Makassar – Sebanyak 10 perwakilan Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Digrek)  LII Sekolah Staf dan Komando Tentara Nasional Indonesia (Sesko TNI) melaksanakan kunjungan kerja ke Skadron Udara 11 Wing Udara 5 Lanud Sultan Hasanuddin, bertempat di Shalter  Skadron Udara 11, Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar, Kamis (29/8/2024).

Kunjungan kerja Pasis Digrek LII Sesko TNI tahun 2024 disambut langsung oleh Komandan Skadron Udara 11 Wing Udara 5 Lanud Sultan Hasanuddin, Letkol Pnb Andry Libarsyah Agung, M.M.S., mewakili Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI Bonang Bayuaji G., S.E., M.M., CHRMP.

Skadron Udara 11 Wing Udara 5 Lanud Sultan Hasanuddin dipilih menjadi salah satu objek yang mendapat kunjungan Pasis Sesko TNI  tahun 2024. Dalam kunjungan tersebut para Pasis Sesko TNI mendapatkan penjelasan mengenai tugas pokok dan fungsi Skadron Udara 11, yang di antaranya adalah melaksanakan operasi udara dengan pesawat tempur jenis Sukhoi SU-27/30. Selain itu, para Pasis Sesko TNI mendapat kesempatan untuk melihat dari dekat pesawat tempur  Sukhoi SU-27/30 yang merupakan Alutsista kebanggan TNI AU. (Pen Hnd) 

Danlanud Sultan Hasanuddin Pimpin Sidang Pantukhirda Penerimaan Tamtama
TNI AU Gelombang II Tahun 2024

By On August 30, 2024

Makassar – Komandan Lanud (Danlanud) Sultan Hasanuddin (HND) Marsma TNI Bonang Bayuaji G., S.E., M.M., CHRMP, selaku Ketua Panitia Daerah memimpin sidang Penilaian Panitia Penentu Akhir Daerah (Pantukhirda) penerimaan Tamtama gelombang II TNI Angkatan Udara TA 2024 yang berlangsung di Gedung Serbaguna (GSG) Lanud Sultan Hasanuddin, Kamis, (29/8/2024). 

Dalam sidang Pantukhirda tersebut, sebanyak 54 Calon Siswa (Casis )dari 108 yang mendaftar penerimaan Tamtama dinyatakan lulus dan melanjutkan tes tingkat pusat.

Usai melaksanakan sidang Pantukhirda, Danlanud Sultan Hasanuddin menyampaikan bahwa sidang Pantukhir ini bertujuan untuk menilai kelayakan calon Tamtama dari berbagai aspek, termasuk kesehatan, mental, dan kecakapan lainnya. “Proses seleksi ini dalam menjaring calon prajurit yang berkualitas dan berintegritas tinggi. Kami berkomitmen untuk memilih kandidat yang tidak hanya memenuhi standar fisik dan akademik, tetapi juga memiliki dedikasi dan semangat yang tinggi untuk mengabdi kepada negara,” ujarnya.

Sidang Pantukhir dihadiri seluruh panitia panguji, mulai dari Kepala Dinas Personel (Kadispers) Lanud Sultan Hasanuddin, Kolonel Pnb Ari Susiono S.E, Kepala Rumah Sakit  Angkatan Udara (RSAU), dr. Doddy Sardjoto, Lanud Sultan Hasanuddin, Kolonel Kes dr. Nikolas Ardito S., Sp. Rad.,(K)R., serta Komandan Satuan Polisi Militer (Dansatpom) Lanud Sultan Hasanuddin, Letkol Pom Dicky Milano. (Pen Hnd)

Pangdam XII/Tanjungpura Serahkan Tersangka dan Barang Bukti Narkoba ke
BNN Provinsi Kalimantan Barat

By On August 29, 2024

(Puspen TNI). Panglima Kodam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Iwan Setiawan, S.E., M.M., menyerahkan tersangka dan barang bukti narkoba hasil penggagalan penyelundupan oleh Satgas Pamtas Yonkav 12/Beruang Cakti kepada Kepala BNN Provinsi Kalimantan Barat Brigjen Pol. Drs. Sumirat Dwiyanto, M.Si., bertempat di Aula Sudirman, Makodam XII/Tanjungpura, Kubu Raya, Kalimantan Barat, Kamis (29/8/2024).

Barang bukti yang diserahkan termasuk sabu seberat 579,8 gram, 38.218 butir ekstasi dan 700 butir pil Happy Five. Satu orang tersangka berinisial Um yang berusia 31 tahun, asal Desa Saing Rambi, Sambas juga diserahkan sebagai bagian dari proses hukum lebih lanjut. Tersangka dan barang bukti berhasil diamankan oleh personel Satgas Yonkav 12/BC di dua lokasi berbeda pada tanggal 24 dan 25 Agustus 2024.

Mayjen TNI Iwan Setiawan menegaskan komitmen Kodam XII/Tanjungpura untuk terus mendukung Polri dan BNN dalam mencegah peredaran narkoba sesuai dengan arahan dari Presiden, Panglima TNI, dan Kasad. Keberhasilan ini tidak terlepas dari sinergitas TNI-Polri, BNN, Imigrasi, Bea Cukai, BIN dan Bais serta dukungan dari berbagai pihak, termasuk tokoh agama dan masyarakat.

Selanjutnya, Pangdam Tanjungpura menekankan bahwa perjuangan melawan narkoba akan terus dilakukan tanpa henti demi melindungi masyarakat dari bahaya narkoba. “Ini adalah suatu keberhasilan yang memang kita tidak boleh lelah dan menyerah, terus berjuang pagi, siang, sore, hujan, angin badai kita siap untuk perang melawan Narkoba. Keberhasilan ini adalah dukungan dari semua pihak,” tambahnya.

Super Garuda Shield 2024 Tingkatkan Kemampuan Pengambilan Keputusan
Militer Dan Kemampuan Siber

By On August 29, 2024

(Puspen TNI). Dalam serial Latgabma Super Garuda Shield 2024 terdapat dua latihan berbasis ruangan yakni Staff Exercise (Staffex) serta Cyber Exercise (Cyberex). Kedua latihan ini melibatkan banyak ratusan prajurit multinasional mewakili berbagai negara, bertempat di Pusat Latihan Kapal Perang (Puslatkaprang) Koarmada II Ujung Surabaya. Kamis (29/08/2024)

Staff Exercise atau biasa dikenal dengan istilah Gladi Posko merupakan metode latihan taktis tanpa pasukan yang bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan prosedur hubungan Komandan dan Staf dalam merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan operasi militer utamanya dalam proses pengambilan keputusan. 

Adapun materi yang dilatihkan terkait kemampuan cara proses pengambilan keputusan militer serta koordinasi antar negara dalam menyelesaikan misi yang diskenariokan.

Selain Staffex, Cyber Exercise merupakan salah satu metode latihan keamanan siber. Di mana materi yang diberikan tidak hanya mengenai bagaimana meningkatkan keamanan dalam menghadapi serangan Siber, namun juga kemampuan untuk melakukan serangan balik terhadap lawan.

Peserta latihan saling belajar dengan berkolaborasi dan berinteraksi dalam penyelesaian permasalahan skenario latihan dan memperkuat kerjasama lintas batas antar negara. Semangat persahabatan dan profesionalisme terlihat dalam setiap latihan.

Panglima TNI Tinjau Penerjunan di Baturaja

By On August 29, 2024

(Puspen TNI) Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto,S.E.,M,Si, meninjau latihan penerjunan  pada latihan gabungan bersama Super Garuda Shield (Latgabma SGS) tahun 2024 yang dilaksanakan di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Baturaja, Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan,Kamis (29/8/2024) 

Latihan penerjunan tersebut masih dalam rangkaian Latgabma SGS tahun 2024 yang berlangsung dari tanggal 26 Agustus s.d. 6 September 2024 di Surabaya, Situbondo, Banyuwangi (Jawa Timur) dan Baturaja (Sumatera Selatan). Latihan tersebut melibatkan kurang lebih 16 negara peserta maupun observer antara lain Amerikat, Australia, Jepang, Indonesia, Perancis, Korea Selatan, Singapura dan Inggris. 

Sedangkan negara yang turut ambil bagian dalam penerjunan pada Latgabma SGS tahun 2024 antara lain dari US Army Satuan B Troop 1-40 Cav Airborne, TNI dari Yonif 330/Kostrad dan dari Denmatra Kopasgat TNI AU serta Japan Ground Self-Defense Force (JGSDF) 1 ST Airborne Brigade atau Angkatan Darat Bela Diri Jepang semuanya turut meramaikan indahnya langit  Baturaja, Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan. 

Para penerjun diangkut dengan empat pesawat Hercules jenis C-130 milik US Army dan TNI menuju tempat penerjunan di Baturaja, Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan. Sebelum penerjunan dilaksanakan didahului pendaratan 4 set Cargo  Delivery System (CDS) yang menggunakan  Payung  Parasit jenis PUB-12 D dengan membawa beban 800 kg. Selanjutnya secara berturut-turut dilaksanakan penerjunan dengan  dipimpin Letkol Inf Dedy Pungky Irawanto, S.Ip., M.I.Pol., Danyonif 330/Tri Dharma.

Turut hadir mendampingi Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto,S.E.,M.Si., Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., Kasal Muhammad Ali,S.E.,M.M.,M.Tr.Opsla., Kasau Marsekal TNI Tonny Harjono,S.E.,M.M, dan Pangkogabwilhan-I Laksdya TNI Agus Hariadi, M.Han.,serta Pangkostrad Jenderal TNI  Mohamad Hasan.

Peserta Latgabma Super Garuda Shield 2024 Pertajam Kemampuan Menembak

By On August 29, 2024

(Puspen TNI). Keterampilan menembak merupakan salah satu kemampuan dasar bagi seorang  prajurit yang harus terus diasah. Para Peserta Latihan Gabungan Bersama (Latgabma) Super Garuda Shield 2024 berlatih meningkatkan kemampuan menembak bertempat di lapangan tembak Dodiklatpur Rindam V/Brawijaya Asembagus  Situbondo Jawa Timur. Kamis (29/8/2024).

Latihan menembak ini menjadi ajang untuk menguji kesiapan dan ketangguhan mental para prajurit dan juga untuk meningkatkan keterampilan serta memperkuat kerjasama dan interoperabilitas di antara negara peserta Latgabma Super Garuda Shield 2024.

Adapun materi yang diaplikasikan  diantaranya menembak tepat lesan dummy, tembak reaksi dan pertempuran jarak dekat (PJD). Dimana latihan pertempuran jarak dekat diaplikasikan di dalam rumah ban.

Latihan ini memberikan peluang bagi prajurit untuk saling bertukar pengetahuan dan pengalaman, serta meningkatkan kemampuan tempur dalam situasi yang realistis. 

Selain aspek teknis dan taktis, latihan ini juga menekankan pentingnya kerjasama tim dan komunikasi efektif di lapangan antar sesama peserta Latgabma Super Garuda Shield 2024.

Ketua Umum Dharma Pertiwi Pimpin Sertijab Ketua Harian Dharma Pertiwi

By On August 29, 2024

(Puspen TNI). Ketua Umum Dharma Pertiwi Ny. Evi Agus Subiyanto memimpin acara serah terima jabatan (Sertijab) Ketua Harian Dharma Pertiwi dari Ny. Bertianda Dadi Hartanto kepada Ny. Selly Richard Tampubolon, bertempat di Gedung Tjut Nyak Dien Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (28/8/2024).

Saat memberikan sambutannya, Ketua Umum Dharma Pertiwi Ny. Evi Agus Subiyanto mengatakan bahwa setiap jabatan yang kita emban adalah bentuk kepercayaan dari pimpinan dan anugerah dari Allah SWT. “Kita harus mempertanggungjawabkannya dengan sebaik-baiknya melalui kerja keras yang dilandasi rasa ikhlas dan tuntas, agar apa yang kita lakukan dapat memberikan manfaat dan membawa kemajuan bagi organisasi yang kita cintai ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Ny. Evi Agus Subiyanto mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Ny. Bertiana Dadi Hartanto atas segala upaya, dedikasi serta dharma baktinya selama ini yang telah banyak menumpahkan ide, tenaga dan pemikiran untuk kemajuan organisasi dengan berbagai dinamika yang ada.

“Kepada Ny. Selly Richard Tampubolon, saya mengucapkan selamat melaksanakan tugas, semoga program kerja Dharma Pertiwi yang dijalankan selama ini dapat dilanjutkan dan dapat lebih ditingkatkan lagi, saya yakin dengan berbagai pengalaman yang dimiliki dalam organisasi selama ini dapat memberikan kontribusi yang positif dan memberi warna bagi organisasi dan memajukan serta meningkatkan kinerja organisasi,” pungkas Ketum Dharma Pertiwi.

Turut hadir pada acara tersebut diantaranya Ketua Harian IKKT Pragati Wira Anggini Ny. Shinta Bambang Ismawan, Aster Panglima TNI selaku Pembina Harian Dharma Pertiwi Pusat Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya, S.I.P., M.I.P., Ketua Dharma Pertiwi Daerah K Ny. Lisa Rafael Granada Baay, Ketua Dharma Pertiwi Daerah C Ny. Ira M. Fadjar, para Ketua Seksi dan Pengurus Dharma Pertiwi Pusat serta tamu undangan lainnya.

Siap Dukung Pengamanan VVIP HLF MSP dan KTT IAF, Kapal Perang RI Tiba
di Pulau Dewata

By On August 28, 2024

(Puspen TNI). Dalam rangka pengamanan VVIP High-Level Forum on Multi Stakeholder Partnership (HLF MSP) dan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Indonesia Africa Forum (IAF) Ke-2 tahun 2024, sebanyak empat Kapal Perang Republik Indonesia (KRI), yaitu KRI Banda Aceh (BAC)-593, KRI Teluk Cirebon (TCN)-543, KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat (RJW)-992 dan KRI dr. Soeharso (SHS)-990 telah tiba di pulau Dewata melaksanakan debarkasi personel dan material Kendaraan Taktis (Rantis) dan motor kawal di pelabuhan Tanjung Benoa, Bali. Rabu (28/08/2024).

Adapun jenis Kendaraan Taktis yang diangkut dengan menggunakan keempat KRI tersebut, diantaranya meliputi Ransus CBRNE Sprinter 516, Ransus Lidik Kizi Nubika, Ran Elf (satwa), Ranpur Anoa, Ransus Jihandak Ivader+ Bom Trailer, Motor listrik (POM), Motor listrik (Matan), Mobil listrik (POM) dan Sea Rider + truk penarik.

Pada pelaksanaan pengamanan VVIP tersebut, selain prajurit TNI, disiapkan juga Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) canggih seperti pesawat untuk persiapan evakuasi jika terjadi bencana alam, gempa bumi atau tsunami serta evakuasi kemungkinan terjadi wabah cacar monyet/Mpox. Pengamanan di laut disiapkan KRI untuk mengamankan perairan di Selat Bali dan Selat Lombok.

Pengiriman Rantis dan motor kawal ini menunjukkan komitmen TNI dalam memastikan kelancaran dan keamanan Kepala negara pada HLF MSP dan KTT IAF ke-2 yang merupakan pertemuan Internasional untuk memperkuat hubungan Indonesia dan Afrika yang diharapkan dapat membawa kemakmuran bersama.

Sinergitas TNI- US Army Untuk Masa Depan Anak Negeri

By On August 28, 2024

(Puspen TNI). Prajurit TNI dari Pasmar 2 Korps Marinir bersinergi dengan personel _US Indopacom (United States Indo-Pacific Command)_ dan  Pasukan Canada merenovsi gedung Sekolah Dasar Negeri 2 Palangan Kecamatan Jangkar dan Pusat Latihan Pertempuran (PLP) 5 Baluran Situbondo Jawa Timur. Rabu (28/8/2024).

Renovasi gedung sekolah dan pengerasan jalan  masuk dalam kegiatan _Engineering Civic Action Program (ENCAP)_, yang mana kegiatan _ENCAP_ ini bagian dari program  Latgabma _Super Garuda Shield_ 2024.

Adapun sasaran fisik ada dua yang dikerjakan yakni  _Vertical Project_ berupa renovasi SD Negeri 2 Palangan diantaranya perbaikan gedung, pemasangan paving halaman sekolah, pengecatan gedung, pemasangan keramik dan pembuatan tempat parkir. Sedangkan _Horizontal Project_ nya berupa perbaikan dan pengerasan jalan tank di Pusat Latihan Tempur 5  Baluran sepanjang 1,4 kilometer.

Dikatakan oleh Dansubsatgas _ENCAP SGS_ 2024 Letkol Mar Achmad Muthohar mengatakan bahwa 32 hari waktu yang diberikan untuk menyelesaikan renovasi SD dan pengerasan jalan. “Latihan _ENCAP_ ini merupakan salah satu sarana bergiat langsung mendukung kegiatan sosial dengan melaksanakan renovasi bangunan SDN 2 Palangan,” ungkap Letkol Mar Muthohar.

Kegiatan ini melibatkan personel Pasmar 2 Kormar dan _US Army_ dari Kompi Zeni 610, Batalion Zeni 864, Brigade Zeni 555 Hawai, Kompi Zeni 523, Batalion Zeni 84, Brigade Zeni 130 Alaska USA serta pasukan dari Canada.

Latihan bersama tahunan antara Tentara Nasional Indonesia dan Komando Indo-Pasifik AS _(INDOPACOM)_ yang bertajuk _Super Garuda Shield_ ini, diikuti oleh 10 negara pelaku dan 16 negara observer yang digelar dari 26 Agustus – 6 September 2024 di Surabaya, Situbondo Jawa Timur dan Baturaja Sumatera Selatan.

Danlanud Sultan Hasanuddin Hadiri Syukuran HUT Ke-26 PPAU

By On August 28, 2024

Makassar – Komandan Lanud (Danlanud) Sultan Hasanuddin Marsma TNI Bonang Bayuaji Gautama, S.E., M.M., CHRMP., didampingi Ketua Pia Ardhya Garini Cabang 7 D/II Lanud Sultan Hasanuddin Ibu Liska Bonang Bayuaji, menghadiri acara syukuran Hari Ulang Tahun (HUT) Perhimpunan Purnawirawan Angkatan Udara (PPAU), bertempat di Gedung Serba Guna Suryadi Suryadarma, Markas Komando Operasi Udara (Makoopsud) II, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (27/08/2024).

Syukuran HUT ke-26 PPAU pada tahun 2024 mengangkat tema “Tingkatkan Citra, Soliditas, dan Solidaritas dalam setiap pelaksanaan Visi dan Misi PPAU Peduli”.

Pada kesempatan tersebut Ketua Umum PPAU Marsekal TNI (Purn) Yuyu Sutisna, S.E., M.M., dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Ketua PPAU Cabang 50 Makassar Kolonel (Purn) Tallu Pasareng, menyampaikan rasa syukur di usia ke-26 PPAU sebagai organisasi kemasyarakatan telah mampu secara aktif memberikan kontribusinya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. “Di usia ke-26 Tahun, PPAU telah berkembang secara signifikan sehingga saat ini terbentuk 37 cabang dan 3 perwakilan PPAU yang tersebar di seluruh wilayah nusantara,” ujar Ketua Umum PPAU.

Danlanud Sultan Hasanuddin juga mengucapkan harapan dan rasa terima kasih kepada para pengurus dan anggota PPAU Wilayah Makassar yang telah mencapai kemajuan hingga saat ini. “Pada syukuran HUT-ke 26 ini semoga PPAU dapat menjadi motor penggerak bagi para purnawirawan untuk terus berkarya dan menunjukkan eksistensinya dalam senantiasa memberikan dampak positif di lingkungan masyarakat,” ungkapnya.

Kegiatan syukuran tersebut di akhiri dengan pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Panglima Komando Operasi Udara (Pangkoopsud) II, Marsda TNI Budhi Achmadi, M.Sc., dan memberikanya  kepada anggota PPAU Cabang 50 Makassar,  diwakili Peltu (Purn) Kashidi yang merupakan mantan anggota Skadron Udara 5 Lanud Sultan Hasanuddin.

Bahas Kesiapan Pilkada 2024 dan RUU TNI, Asrenum dan Asops Panglima TNI
Hadiri Rapat Kerja Bersama Komite I DPD RI

By On August 27, 2024

(Puspen TNI). Asrenum Panglima TNI Laksda TNI Edwin dan Asops Panglima TNI Mayjen TNI Gabriel Lema mewakili Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri Rapat Kerja Bersama Komite I Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI) yang dipimpin oleh Ketua Komite I DPD RI Fachrul Razi, bertempat di Ruang Rapat Sriwijaya Gedung B, DPD RI, Jakarta Pusat, Selasa (27/8/2024).

Dalam paparannya, Asops Panglima TNI menyatakan bahwa TNI telah menyiapkan dan menyiagakan  personel dan Alutsista TNI dalam rangka mendukung pelaksanaan Pilkada 2024. “TNI telah menyiapkan Personel dan  Alutsista, termasuk kapal perang jenis angkut tank atau Landing Ship Tank (LST) dan Landing Platform Dock (LPD), serta pesawat angkut seperti C-130, CN-295, B-737, dan helikopter. Selain itu, kendaraan anti huru-hara (rantis/ranpur) juga telah disiapkan untuk menjaga keamanan serta memastikan kelancaran distribusi logistik selama Pilkada 2024,” ungkapnya. 

Kemudian terkait Revisi Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, Mayjen TNI Gabriel Lema menuturkan bahwa TNI memandang perlu adanya penambahan pasal guna menyempurnakan payung hukum, mengingat dinamika perkembangan lingkungan strategis,  perubahan peraturan perundang-undangan, kebijakan politik negara, perkembangan iptek, serta perubahan organisasi dan kelembagaan negara sehingga TNI dapat menjalankan tugasnya sebagai alat negara secara profesional.

Tampak hadir pada rapat tersebut diantaranya Kapusjianstralitbang TNI Marsda TNI Jorry S Koloay, Danpuspom TNI Mayjen TNI Yusri Nuryanto, Wakababinkum TNI Brigjen TNI Ateng Karsoma, Wakil Ketua I Komite I DPD RI Hj. Sylviana Murni beserta para undangan rapat lainnya.

Ketua Umum,Garda Pembela Rudy Susmanto, Sampaikan Ucapan Selamat atas
Duet Rudi Susmanto dan Jaro Ade Sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati
Bogor 2024-2029

By On August 27, 2024

Bogor Kab – 27 Agustus 2024,
Ketua Umum Garda Pembela Rudy Susmanto( Gapersus)dengan bangga menyampaikan ucapan selamat kepada Rudi Susmanto dan Jaro Ade yang secara resmi mencalonkan diri sebagai pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bogor untuk periode 2024-2029. Duet ini diharapkan mampu membawa perubahan positif dan memperkuat posisi Kabupaten Bogor sebagai daerah yang unggul dan berdaya saing tinggi.

Dalam pernyataan resminya, Ketum Gapersus mengapresiasi keberanian dan komitmen Rudi Susmanto dan Jaro Ade dalam mencalonkan diri untuk memimpin Kabupaten Bogor. “Kami, segenap jajaran Garda Pembela Rudy Susmanto( Gapersus) mengucapkan selamat atas pencalonan Rudi Susmanto dan Jaro Ade sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Bogor 2024-2029. Kami berharap perjuangan ini dilancarkan dan diberikan kemudahan dalam meraih tampuk kursi kepemimpinan di Kabupaten Bogor,” ujar Ketum Gapersus Aliv Simanjuntak.

Aliv juga menekankan pentingnya dukungan masyarakat Bogor dalam proses pemilihan ini. Dengan harapan bahwa pasangan ini mendapatkan restu dan kepercayaan dari seluruh lapisan masyarakat, Aliv Simanjuntak optimis bahwa mereka akan mampu membawa Kabupaten Bogor menuju masa depan yang lebih baik. “Kami percaya bahwa Rudi Susmanto dan Jaro Ade memiliki visi yang jelas dan mampu menjalankan amanah dengan baik. Semoga mereka mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat Bogor untuk mewujudkan Bogor yang lebih istimewa dan maju,” tambah Aliv Simanjuntak

Rudi Susmanto, yang dikenal dengan integritasnya dalam pemerintahan, dan Jaro Ade, yang memiliki pengalaman luas dalam memimpin masyarakat, diharapkan bisa menjadi kombinasi yang kuat untuk memajukan Kabupaten Bogor. Pasangan ini membawa visi besar untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Bogor dan menciptakan lingkungan yang lebih inklusif dan berkeadilan.

Gapersus Sebagai wadah Perjuangan Relawan di Kabupaten Bogor, juga menegaskan dukungannya untuk suksesnya proses demokrasi yang sehat dan fair di Kabupaten Bogor. “Kami mendukung sepenuhnya proses demokrasi yang akan datang dan berharap agar masyarakat dapat memberikan suara mereka secara bijak demi masa depan Bogor yang lebih baik,” pungkas Aliv Simanjuntak

Dengan semangat kebersamaan dan harapan besar, GAPERSUS mengucapkan sukses selalu kepada Rudi Susmanto dan Jaro Ade. Semoga perjuangan mereka dalam meraih kursi Bupati dan Wakil Bupati Bogor 2024-2029 diberkahi dan mendapatkan dukungan luas dari masyarakat Bogor, untuk mewujudkan Bogor yang lebih istimewa dan sejahtera.

Harapan Rudi Susmanto dan Pelantikan Anggota DPRD Kabupaten Bogor

By On August 27, 2024

Rudi Susmanto mengungkapkan harapan besar agar periode Dewan 2024-2029 dapat mengoptimalkan dan menyempurnakan program-program yang telah ada. Dengan komitmen untuk meningkatkan efektivitas serta manfaat bagi masyarakat, Rudi percaya bahwa Dewan baru ini akan mampu menghadapi tantangan dan menjawab kebutuhan rakyat dengan lebih baik. Dalam ranah Pilbup, Partai Gerindra akan segera mengadakan rapat untuk menentukan calon bupati dan wakil bupati serta membentuk partai koalisi. Detail lebih lanjut mengenai hal ini akan diumumkan seiring perkembangan waktu.

Selain itu, Rudi menyampaikan penghargaan yang tulus kepada seluruh pengurus, struktur partai, dan relawan yang telah berperan penting dalam meraih 12 kursi DPRD Kabupaten Bogor. Ia berharap para anggota DPRD yang baru dilantik dapat membawa amanah ini dengan penuh tanggung jawab dan berfokus pada upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Pelantikan anggota DPRD Kabupaten Bogor berlangsung pada 27 Agustus 2024 di Gedung DPRD Kabupaten Bogor. Acara tersebut akan dihadiri oleh Pj. Bupati, kepala dinas, tokoh masyarakat, serta berbagai tamu undangan. Pelantikan ini menandai dimulainya tugas resmi anggota DPRD yang terpilih, yang akan segera mulai melaksanakan tanggung jawab mereka.

Melalui pelantikan ini, diharapkan anggota DPRD yang baru dapat menjalankan tugas mereka dengan penuh dedikasi dan profesionalisme, serta memprioritaskan kemajuan Kabupaten Bogor. Upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memperjuangkan aspirasi rakyat harus menjadi fokus utama. Dukungan serta kerja sama konstruktif dari seluruh elemen masyarakat akan sangat penting untuk mencapai tujuan pembangunan yang berkelanjutan dan kesejahteraan bersama di daerah ini.

Wadan Kodiklat TNI Terima Courtesy Call Major General Yato Chikayoshi

By On August 27, 2024

(Puspen TNI). Wakil Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan, dan Latihan (Wadan Kodiklat) TNI Marsda TNI Widyargo Ikoputra, S.E., M.M. CIQaR menerima kunjungan kehormatan _(Courtesy Call)_ dengan _Director Bilateral Coordination Departement Ground Component Command, JGDSF_ Major General Yato Chikayoshi, bertempat di Ruang Transit VVIP Lanudal Juanda Surabaya. Senin (26/8/2024).

Pertemuan dua Jenderal tersebut membahas tentang Latihan Gabungan Bersama (Latgabma) _Super Garuda Shield_ 2024 yang digelar di Indonesia, dimana pasukan Jepang terlibat dalam pelaksanaan Latgabma yang bertaraf internasional tersebut.

Panglima TNI Hadiri Rapat Terbatas Pimpinan Presiden RI

By On August 27, 2024

(Puspen TNI). Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri Rapat Terbatas yang dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo yang membahas terkait perkembangan penanganan penyakit MPOX (cacar monyet) dan persiapan penyelenggaraan Indonesia-Africa Forum (IAF), bertempat di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (27/8/2024).

Terkait kasus MPOX yang terjadi di Indonesia pada saat ini, data terbaru dari Kementerian Kesehatan menyatakan terdapat 88 kasus MPOX di Indonesia sepanjang kurun waktu dari tahun 2022 hingga sekarang. Saat ini, semua kasus MPOX tersebut telah sembuh sepenuhnya.

Selain itu, rapat terbatas ini juga membahas kesiapan penyelenggaraan Indonesia-Africa Forum (IAF) Ke-2 yang akan dilaksanakan pada tanggal 1-3 September 2024 di Bali nanti. Turut hadir pada rapat terbatas tersebut diantaranya para Menteri Kabinet Indonesia Maju dan  Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo.

TNI Gelar Latgabma Super Garuda Shield 2024

By On August 26, 2024

(Puspen TNI). Untuk kali ketiganya Tentara Nasional Indonesia (TNI) menggelar Latihan Gabungan Bersama (Latgabma) bertaraf internasional  bertajuk _Super Garuda Shield_ Tahun 2024 yang melibatkan militer negara-negara sahabat di kawasan Indo Pasifik. Latgabma Super Garuda Shield dibuka secara resmi oleh Wakil Komandan Kodiklat TNI Marsda TNI Widyargo Ikoputra, S.E., M.M., CIQaR bersama Mayjen Joseph R. Harris II _Hawai Air Nasional Guard Commander_, bertempat di Baseops Lanudal Juanda Jawa Timur. Senin (26/8/2024).

Dalam sambutannya, Marsda TNI Widyargo Ikoputra menyampaikan  bahwa latgabma _Super Garuda Shield_ 2024 merupakan sarana untuk mewujudkan _Confident Building Measure (CBM)_ atau untuk menciptakan dan membangun rasa saling percaya dibidang militer, mempererat Hubungan Bilateral _Military to Military_ maupun Hubungan Multirateral. “Jadikan momentum  sebagai benefit atau keuntungan yang strategis bagi negara yang mengikutinya,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut Marsda TNI Widyargo juga menyampaikan ucapan terima kasih dari Panglima TNI kepada seluruh pihak yang  menyelenggarakan Latma _Super Garuda Shield_ tahun 2024. “Mewakili Panglima TNI saya selaku Wakil Komandan Kodiklat TNI mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada penyelenggara, pelatih dan para pendukung dari negara Amerika sebagai negara _Counter Part_ Indonesia juga Representatif dari negara lain yang telah menyediakan waktu untuk berpartisipasi melaksanakan latgabma _Super Garuda Shield_ 2024,” ucap Wadan Kodiklat TNI.

Selanjutnya, Mayjen Harris dalam amanatnya menyampaikan ungkapan terima kasihnya kepada tuan rumah dalam hal ini Tentara Nasional Indonesia serta sekutu dan mitra multinasional yang telah mendukung dan berpartisipasi dalam latihan tahun ini. “Saya mendorong semua peserta untuk memanfaatkan peluang luar biasa yang disediakan untuk pertukaran profesional dan budaya yang akan memperkuat kemitraan kita melalui tantangan pembelajaran dan pelatihan bersama,” ungkapnya. 

Dirinya menambahkan, aspek dari _Super Garuda Shield_ tahun ini harus menantang kita untuk bekerja sama secara kolektif dan mencapai tujuan pelatihan. “Latihan bersama seperti ini menunjukkan tekad dan komitmen kita sebagai mitra yang berpikiran sama untuk Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka,” tutupnya.

Adapun Tujuan dari Latgabma _Super Garuda Shield_ ini diantaranya mengembangkan dan meningkatkan kemampuan untuk merencanakan dan melaksanakan Operasi Gabungan Bersama yang didukung oleh staf fungsi gabungan. Juga untuk meningkatkan kemampuan staf gabungan antara TNI dan AS untuk mendukung tugas komandan masing-masing selama krisis melalui sinkronisasi visi, misi dan siklus keputusan komandan. Serta meningkatkan interoperabilitas, merencanakan operasi gabungan dengan menggabungkan semua domain untuk meningkatkan dan memajukan mitra kerja maupun negara sahabat.

Latihan digelar di beberapa tempat yakni Puslatpur 5 Marinir 

Karang Tekok, Pantai Banongan, Puslatpur TNI AD Baturaja, Bengkok Alas serta Dodiklatpur Kodam V/Brawijaya dengan materi _Stafex, Cyberex, Airborne Ops, Cargo Delivery System’, Join Strike, Jungle FTX, Special Operation Force, Amphibious Operation, Engineer Civil Action Project serta Combine Arm Life Fire Exercise (CALFEX)_.

Ironis !!! Ada gudang Siluman Penyimpanan Gas Elpiji 3 KG Bersubsidi
Diduga Bahan Oplosan

By On August 25, 2024

Kab. Bogor – Terkait adanya berita Pangkalan Gas Elpiji 3 kg Siluman yang berlokasi di Desa Ciherang Pondok Kecamatan Caringin, kuat diduga gas elpiji 3 kg bersubsidi tersebut di simpan kemudian untuk di oplos menjadi 12 kg non subsidi dan setelah di investigasi  ternyata lokasi nya bukan hanya di satu tempat saja dan kuat dugaan pelaku usaha nya orang lama.

Dari hasil konfirmasi awak media kepada Sihab selaku penanggung jawab gudang yang berada di lokasi pada tanggal 19/8/24, mengatakan bahwa pemilik nya H.Bahtiar, maka kami ( awak media -red) menggali informasi dan melakukan investigasi.

Dari hasil investigasi team bahwa gudang milik seseorang yang diketahui bernama H.Bahtiar dan H. Bahtiar adalah pemain (pelaku usaha pengoplos gas ) gudang tersebut diindikasi dipergunakan untuk penyuntikan gas tabung 3 kg bersubsidi ke tabung gas 12 kg non subsidi dan lokasinya bukan hanya di Kampung Ciherang Pondok saja melainkan di Kampung Cukangaleuh juga ada.

Dengan adanya dugaan pengoplosan gas tersebut bukan hanya merugikan negara saja tetapi masyarakat pun ikut di rugikan dan program pemerintah adanya gas subsidi untuk rakyat miskin menjadi tidak tepat sasaran bahkan masyarakat sering kali mengeluh dengan kelangkaan gas 3kg bersubsidi pada saat beli di pangkalan maupun di warung.

Tempat praktik pengoplosan gas 3 kg tersebut biasanya selalu berpindah pindah agar tidak tercium oleh Aparat Penegak Hukum, maupun awak media, namun jika sudah tercium maka para pemain tersebut pindah lokasi.

Namun untuk mengetahui ciri-ciri dari pada pengoplos gas tidak lah sulit, biasa nya para pemain jika ingin melakukan aksinya harus memakai es batu dan tabung gas 3 kg tersebut di antar memakai mobil pickup di ikat dengan briket atau di tutup terpal.

Dan perlu diketahui oleh para konsumen pemakai gas 12 kg sebelum membeli harus di teliti terlebih dahulu, pertama lihat segelnya dan yang kedua di timbang, apabila segel nya tidak sempurna dan ketika di timbang kurang dari 12 kg, maka di pastikan gas tersebut hasil oplosan.

Para pelaku yang mengoplos gas tersebut telah melanggar undang-undang migas, pasal yang diterapkan itu adalah Pasal 55 Undang-Undang RI Nomor 22 Tahun 2001 juncto Pasal 40 angka 9 Undang-Undang RI Nomor 6 Tahun 2023, pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2022 dengan ancaman hukuman 6 tahun dan pidana denda paling banyak 60 miliar.

Serta undang undang perlindungan konsumen Pasal 62 junto Pasal 8 ayat 1 UU Nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen. “Ancaman hukumannya 5 tahun penjara dan denda paling banyak Rp 2 miliar.

Dengan tayangnya berita yang kedua ini, kami berharap kepada Aparat Penegak Hukum (APH) khususnya Polsek Caringin untuk segera menindak pelanggaran yang berada di wilayah hukum nya.

(Tim/Red)

Pangdivif 2 Kostrad Tinjau Latma Ksatria Warrior 2024

By On August 25, 2024

(Puspen TNI). Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad Mayjen TNI Anton Yuliantoro, S.I.P., M.Tr.(Han)., didampingi Asisten Operasi (Asops) Kasdivif 2 Kostrad Kolonel Inf Medi Hariyo Wibowo, M.M.Sc. meninjau jalannya Latihan Bersama “Ksatria Warrior” antara TNI AD (Kostrad) dan US Army, yang diselenggarakan di PT Bromo Banyuwangi, Sabtu (24/8/2024).

Pada kesempatan tersebut, Pangdivif 2 Kostrad menyaksikan langsung proses Full Mission Profile (FMP) mulai dari operasi mobile sampai dengan pembersihan sasaran.

Usai meninjau FMP, di depan puluhan prajurit TNI AD (Kostrad) dan US Army, Pangdivif 2 Kostrad menyampaikan rasa bangganya atas hasil yang telah diberikan pada latihan bersama kali ini. 

“Saya bangga melihat kolaborasi latihan yang ditunjukan antara prajurit TNI AD (Kostrad) dan US Army. Latihan yang telah dilaksanakan hari ini adalah merupakan implementasi dari kebijakan pimpinan dalam meningkatkan peran diplomasi TNI AD dengan negara sahabat serta meningkatkan kemampuan dan profesionalisme prajurit TNI AD (Kostrad) pada bidangnya masing-masing guna menghadapi tantangan ke depan yang semakin kompleks”, pungkas Pangdiv.

Kasum TNI Hadiri Acara Malam Apresiasi Setapak Perubahan Polri Tahun
2024

By On August 24, 2024

(Puspen TNI). Kasum TNI Letjen TNI Bambang Ismawan mewakili Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara malam Apresiasi Kreasi Setapak Perubahan Polri Tahun 2024, bertempat di The Tribrata Hotel & Convention Center, Jakarta Selatan, Jumat (23/8/2024).

Tujuan dari kegiatan apresiasi kreasi ini  merupakan wujud penghargaan pimpinan Polri atas keikutsertaan seluruh pihak dalam memperingati Hari Bhayangkara Ke-78 Kepolisian RI, sekaligus mewujudkan sinergisitas Polri, TNI dan Masyarakat dalam menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif. Rangkaian acara terdiri dari pemberian penghargaan kepada pemenang lomba, tarian nusantara serta beberapa hiburan dari artis Ibukota.

Turut hadir pada acara tersebut diantaranya Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, para Pejabat Tinggi Mabes Polri, Wakapuspen TNI Brigjen TNI (Mar) Freddy Ardianzah, Kadispenad Kolonel Inf Wahyu Yudhayana, Kadispenal Laksma TNI I Made Wira Hady Arsanta Wardhana, Kadispenau Marsma TNI Ardi Syahri, para pejabat Polri serta para undangan lainnya.

Bakamla RI Hadiri Rapat Pemindahan MT Arman 114

By On August 23, 2024

Batam, Jumat 23 Agustus 2024 – Bakamla RI dalam hal ini diwakilkan oleh Kepala Zona Bakamla Barat Laksma Bakamla Bambang Trijanto menghadiri Rapat Pembahasan Pemindahan Kapal MT Arman 114 berbendera Iran. Rapat diselenggarakan di Kantor Kejaksaan Negeri Batam, pada Jumat (23/08/2024).

Rencananya, MT Arman 114 yang semula berada di 750 meter dari Pipa Gas bawah Laut 3 Nano meter, akan dipindahkan ke Perairan Batu Ampar. Pemindahan tersebut turut melibatkan beberapa pihak selaku penyedia sarana dan prasarana meliputi, PT Biro Klasifikasi Indonesia (BKI), PT Sucofindo, Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP).

Hasil paparan dari pihak penyedia sarana dan prasarana ini akan dianalisa dan didiskusikan oleh pihak penyedia anggaran Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi. Turut hadir dalam rapat tersebut, Lantamal IV, KSOP, Dirjen Migas, Polairud, Distrik Navigasi, dan Medco. 

Sementara itu, turut dilaksanakan kegiatan Pendampingan Team dari PPA (Pusat Pemulihan Aset) Kejaksaan Agung untuk persiapan Lelang Barang Sitaan Negara. Agendanya yakni pengambilan sample serta penghitungan jumlah light crude oil atau minyak bumi di Kapal MT Arman 114. Tak hanya itu, pengecekan mesin kapal turut dilaksanakan oleh PT Sucofindo dan PT BKI.  (Humas Bakamla RI)

Ketua Pia Ardhya Garini Cabang 7 D/II Lanud Sultan Hasanuddin Sambut
Kedatangan Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Ibu Wapres Wury Ma’ruf Amin

By On August 23, 2024

Makassar – Ketua Pia Ardhya Garini Cabang 7 D/II Lanud Sultan Hasanuddin, Ibu Liska Bonang Bayuaji bersama dengan jajaran istri pejabat Forkopimda Sulawesi Selatan menyambut Ibu negara Iriana Joko Widodo dan Ibu Wakil Presiden, Wury Ma’ruf Amin serta rombongan Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM), bertempat di Baseops Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (22/8/2024).

Ketua Pia Ardhya Garini Cabang 7 D/II Lanud Sultan Hasanuddin didampingi Komandan Lanud Sultan Hasanuddin, Marsma TNI Bonang Bayuaji, G., S.E., M.M., CHRMP, menyambut hangat kedatangan Ibu Negara Iriana Joko Widodo beserta rombongan saat tiba di Lanud Sultan Hasanuddin.

Kunjungan kerja Ibu negara Iriana Joko Widodo dan Ibu Wakil Presiden, Wury Ma’ruf Amin Serta rombongan Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju dijadwalkan akan menyapa para pelajar dalam acara sosialisasi Anti Narkoba bertajuk ‘Generasi Muda Emas Bebas Narkoba’ yang digelar di Hotel Four Points.

Selanjutnya, Ibu Negara Iriana Jokowi dan anggota OASE KIM akan melaksanakan  kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Komoditas Hortikultura Skala Rumah Tangga. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam memanfaatkan lahan rumah tangga untuk pengelolaan komoditas hartikultura. (Pen Hnd) 

Audiensi AIPBR di ULP Kabupaten Bogor: Kritik Tajam untuk Pelayanan
yang Lebih Baik

By On August 22, 2024


Kab.Bogor, 21 Agustus 2024 – Dalam suasana santai namun penuh semangat di gedung Unit Layanan Pengadaan (ULP) Kabupaten Bogor, Aliansi Insan Pers Bogor Raya (AIPBR) mengadakan audiensi yang kritis dan intensif bersama pihak ULP. Audiensi ini bertujuan untuk mengevaluasi berbagai aspek penting terkait proses lelang pengadaan barang dan jasa, yang saat ini menjadi perhatian publik. Acara ini dihadiri oleh para tokoh penting dari AIPBR, termasuk Dewan Pendiri, Dewan Pembina, Ketua Umum, serta beberapa perwakilan bidang lainnya. Sementara itu, dari pihak ULP, hadir Asman Dila, S.T., M.Si., selaku Kepala Bagian, dan Anas, salah satu staf ULP.

Audiensi dimulai dengan pembukaan yang dilakukan oleh  Anas dari ULP, yang diikuti oleh sambutan dari Ketua Umum AIPBR, Aliv Simanjuntak. Dalam sambutannya, Aliv Simanjuntak memperkenalkan seluruh delegasi dari AIPBR dan segera mengajukan serangkaian pertanyaan kritis kepada Kabag ULP. Salah satu isu utama yang diangkat oleh Aliv adalah mengenai peran ULP dalam pengawasan proses lelang, yang tengah menjadi perbincangan hangat di masyarakat. Aliv secara khusus menyoroti prosedur verifikasi data pemenang lelang, terutama terkait bagaimana ULP mengawasi kasus di mana pemenang yang sering terjadi di ULP

Menanggapi hal tersebut, Asman Dila, memberikan penjelasan rinci mengenai tugas pokok dan fungsi Bagian Pengadaan Barang/Jasa. Ia menegaskan bahwa bagian ini dirinya bertanggung jawab untuk membantu Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan dalam mengelola pengadaan barang dan jasa di Kabupaten Bogor. Asman Dila juga mengakui adanya beberapa kelemahan dalam sistem verifikasi, terutama terkait ketelitian dalam memeriksa kelengkapan administrasi dan keabsahan data yang disampaikan oleh peserta lelang. Ia memastikan bahwa setiap keteledoran akan dikonfirmasi lebih lanjut kepada Pokja terkait, dan akan ada upaya serius untuk memperbaiki prosedur ini di masa mendatang,dan permohonan maaf saya sampaikan kepada rekan rekan AIPBR bahwa surat audiensi baru bisa kami respon hari ini secara mendadak yang sudah hampir 3 bulan,ungkapnya

Sementara,Anas dari staf ULP menambahkan bahwa Konfirmasi Status Wajib Pajak (KSWP) merupakan salah satu syarat kualifikasi yang dievaluasi di awal proses lelang. Ia menjelaskan bahwa validitas KSWP sangat penting dalam menentukan kelayakan peserta lelang. “Jika KSWP tidak valid, maka Pokja harus melakukan verifikasi ulang dan memutuskan apakah paket proyek tersebut akan digugurkan atau tidak,” jelas Anas.

Dalam kesempatan yang sama, H. Rizkan, Pendiri AIPBR, melontarkan kritik tajam terhadap ULP, menyebutnya sebagai tempat yang berpotensi menjadi lahan subur bagi praktik transaksional yang dapat merugikan negara. Rizkan menekankan bahwa Kabupaten Bogor, sebagai salah satu kabupaten dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) terbesar di Indonesia, harus menjadi contoh dalam hal transparansi dan akuntabilitas. maka dari itu ULP beserta jajaran harus meningkatkan SDM, Keteledoran dalam verifikasi data, sekecil apapun, bisa berdampak besar dan merugikan negara. Saya berharap ULP lebih cermat dalam melakukan evaluasi data pemenang proyek,” tegasnya.

Supriyono Selaku Wakil Ketua AIPBR, mengkritisi ULP dan mengungkapkan keprihatinan mengenai kesiapan ULP dalam menghadapi perkembangan teknologi informasi yang semakin maju. Ia juga mempertanyakan bagaimana ULP menjaga agar sistem pengadaan tetap aman dari potensi serangan hacker serta memastikan bahwa semua peralatan digunakan secara maksimal.

Rachman, Sekretaris Umum AIPBR, menambahkan kritik terhadap ULP dengan menekankan pentingnya transparansi dalam seluruh proses lelang. Menurutnya, setiap tahapan, mulai dari pengumuman lelang, penyediaan dokumen pengadaan, hingga penetapan pemenang, harus dilakukan secara terbuka dan mudah diakses oleh publik. “Penggunaan sistem pengadaan secara elektronik (e-procurement) harus dimaksimalkan untuk meminimalkan potensi kecurangan dan memastikan setiap proses lelang tercatat dengan baik,” ujarnya. Selain itu, Rachman juga menegaskan bahwa ULP harus mematuhi semua regulasi yang berlaku, termasuk Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Audiensi ini juga diwarnai dengan permintaan maaf dari Asman Dila atas keterlambatan ULP dalam menanggapi surat dari AIPBR yang telah terkirim selama tujuh hari namun belum terbaca. Ia mengucapkan terima kasih atas kritik dan masukan yang diberikan oleh AIPBR dan berharap agar ke depannya tercipta sinergi yang lebih baik. “Kami akan lebih serius dalam mengawal setiap proses pengadaan di Kabupaten Bogor, dan setiap perkembangan akan kami laporkan kepada Sekretaris Daerah,” janji Asman.

Menutup audiensi ini, Andri, Dewan Penasehat AIPBR, menyampaikan pentingnya evaluasi berkala terhadap kinerja ULP dalam melaksanakan pengadaan. Evaluasi ini, menurutnya, harus mencakup berbagai indikator seperti waktu penyelesaian proses lelang, jumlah pengaduan yang diterima dan ditangani, serta kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku. Andri juga menekankan pentingnya menjaga etika dan integritas dalam setiap proses pengadaan. “Konflik kepentingan harus dihindari, dan setiap tindakan mencurigakan harus segera dilaporkan dan ditangani dengan serius,” pungkas Andri.

Audiensi ini menjadi momen penting bagi AIPBR untuk menyuarakan kritik yang konstruktif dan mendalam terhadap ULP Kabupaten Bogor. Dengan harapan besar, AIPBR mendorong agar ULP dapat meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan profesionalisme dalam setiap proses pengadaan barang dan jasa, demi terciptanya pelayanan publik yang lebih baik di Kabupaten Bogor. Audiensi ini diakhiri dengan suasana hangat, di mana kedua belah pihak saling berdiskusi dan berfoto bersama, menandai komitmen bersama untuk meningkatkan kinerja pelayanan di masa mendatang. (Red)

Sathanlan Lanud Sultan Hasanuddin Gelar Latihan Pertahanan Pangkalan

By On August 22, 2024

Makassar – Satuan Pertahanan Pangkalan (Sathanlan) Lanud Sultan Hasanuddin menggelar latihan pertahanan pangkalan yang berlangsung selama dua hari, bertempat di ujung landasan 13-31, Lanud Sultan Hasanuddin, Maros, Kamis (22/08/2024).

Latihan tersebut dipimpin langsung oleh Komandan Satuan Pertahanan Pangkalan (Dansathanlan) Lanud Sultan Hasanuddin, Letkol Pas Dolfie Kalangi. Dalam kesempatan tersebut, Dansathanlan menjelaskan bahwa latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kemampuan personel dalam menghadapi gangguan keamanan, ancaman teror, penyusupan dan sabotase terhadap operasinal pangkalan udara Sultan Hasanuddin, baik dari udara maupun darat. “Selama latihan, skenario ancaman dirancang sedemikian rupa untuk mensimulasikan kondisi nyata, sehingga personel dapat mengaplikasikan teknik dan taktik pertahanan pangkalan yang dinamis,” ungkapnya. 

Komandan Lanud Sultan Hasanuddin, Marsma TNI Bonang Bayuaji G., S.E., M.M., CHRMP, menyampaikan bahwa latihan ini merupakan bagian dari upaya terus-menerus untuk memastikan Lanud Sultan Hasanuddin sebagai pangkalan induk  dalam menghadapi segala kemungkinan ancaman atau gangguan keamanan untuk menjamin terselenggaranya kelancaran operasi operasi udara lainya melalui Lanud HND. “Pertahanan pangkalan adalah elemen vital dalam menjaga kedaulatan dan keamanan wilayah Lanud. Latihan ini penting untuk memastikan seluruh personel memahami tugas dan tanggung jawab mereka dalam situasi darurat,” ungkapnya.

Marsma TNI Bonang Bayuaji menjelaskan bahwa fokus utama dari latihan ini adalah peningkatan koordinasi antar satuan dalam situasi darurat. Selain itu, personel juga dilatih dalam penggunaan peralatan dan senjata yang dimiliki oleh Sathanlan, serta prosedur tanggap darurat jika terjadi serangan mendadak. “Dengan digelarnya latihan ini, Lanud Sultan Hasanuddin memastikan komitmennya untuk terus menjaga kesiapan dan kemampuan dalam menjaga keamanan wilayah Lanud,” tegasnya

Dalam latihan ini disekenariokan ada informasi separatis yang akan berupaya menyusup memasuki zona ring satu dan akan melakukan teror, sabotase terhadap Alutsista TNI AU. Mendapat informasi tersebut Danlanud  Sultan Hasanuddin memerintahkan Dansathanlan untuk melaksanakan gelar operasi pertahanan pangkalan. Selanjutnya Dansathanlan menyiapkan pasukan satu pleton anggota prajurit Sathanlan untuk melaksanakan patroli keamanan di wilaya sekitar Lanud Sultan Hasanuddin dengan sigap bergerak menuju sasaran kemudian terjadilah kontak tembak dan berhasil melumpuhkan para separatis. (Pen Hnd) 

Prajurit Angkatan Darat Australia Ikut Ambil Bagian Pada Latgabma Super
Garuda Shield 2024

By On August 22, 2024

(Puspen TNI). Dengan menggunakan pesawat _Royal Australian Air Force (RAAF)_, ratusan prajurit  Angkatan Darat Australia tiba di Pangkalan Udara TNI AL (Lanudal) Juanda, Surabaya. Kamis (22/8/2024).

Kedatangan ratusan prajurit Angkatan Darat negeri kangguru di Indonesia tersebut dalam rangka mengikuti Latihan Gabungan Bersama (Latgabma) Multi Nasional  _Super Garuda Shield_ tahun 2024 yang akan berlangsung mulai akhir Agustus mendatang di Surabaya dan Baluran Situbondo Jawa Timur.

Setibanya di Lanudal Juanda, para Prajurit Angkatan Darat Negeri Kangguru tersebut langsung melaksanakan registrasi di Imigrasi  sebelum bergeser ke daerah latihan.

Angkatan Darat Australia merupakan salah satu negara yang aktif mengirimkan pasukannya dalam pelaksanaan Latgabma _Super Garuda Shield_. Dimana tahun ini merupakan keikutsertaannya yang ke tiga selama event _Super Garuda Shield_ digelar.

Panglima TNI Terima Kunjungan Dankoopsus Militer AS

By On August 22, 2024

(Puspen TNI). Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima kunjungan Commander of The United States Special Operations Command (USSOCOM) atau Komandan Komando Operasi Khusus (Koopsus) Amerika Serikat Jenderal Bryan P. Fenton beserta delegasi, bertempat di Mabes TNI, Cilangkap Jakarta Timur, Rabu (21/8/2024).

Mengawali pembicaraan, Jenderal Fenton yang notabene orang nomor satu di Koopsus militer AS ini mengutarakan kekagumannya atas prestasi yang telah ditorehkan pasukan Koopsus TNI baik dalam operasi militer maupun keterlibatannya dalam operasi kemanusiaan yang secara organisatoris masih relatif baru di dalam tubuh TNI.

Ia juga mengapresiasi kerja sama antara Koopssus TNI dan USSOCOM yang telah berjalan dengan baik dan menawarkan peluang kerja sama yang lebih komprehensif untuk meningkatkan profesionalisme prajurit Koopsus TNI. “Saya rasa dari waktu ke waktu kerja sama tersebut memang harus ditingkatkan mengingat tantangan yang dihadapi juga terus meningkat,” ujar Jenderal Fenton.

“Saya berharap agar Koopssus TNI dapat selalu dinamis mengikuti perkembangan teknologi militer dan perkembangan tantangan keamanan nasional bahkan internasional,” imbuhnya.

Jenderal Fenton juga menyinggung Latgabma Super Garuda Shield yang akan segera digelar dalam waktu dekat dan berharap ke depan Super Garuda Shield dapat ditingkatkan dengan melibatkan lebih banyak negara untuk memperluas kemitraan di kawasan.

Menanggapi yang disampaikan Jenderal Fenton, Panglima TNI mengucapkan terima kasih atas atensi yang diberikan dan berharap pertemuan ini dapat mempererat kemitraan strategis komprehensif antara Indonesia dengan AS, terutama antara pasukan khusus kedua negara yang telah berjalan baik selama ini.

“Saya sangat mengapresiasi bantuan dan partisipasi Amerika Serikat dalam latihan Super Garuda Shield dan berharap dapat terselenggara dengan baik. Dan terkait penawaran kerja sama antar Pasukan Khusus kedua negara yang lebih komprehensif, akan dibicarakan secara teknis oleh staf Koopssus TNI dan USSOCOM lebih mendetail,” kata Panglima TNI.

Danlanud Sultan Hasanuddin, Tutup Pendidikan Transisi A-VII Pesawat
Tempur Sukhoi SU-30 MK2

By On August 20, 2024

Makassar – Dua penerbang TNI Angkatan Udara dari Skadron Udara 11 Lanud Sultan Hasanuddin telah selesai mengikuti pendidikan transisi pesawat tempur Sukhoi SU-30 MK2, ditandai dengan upacara penutupan oleh Komandan Lanud Sultan Hasanuddin, Marsma TNI Bonang Bayuaji, G., S.E., M.M., CHRMP, bertempat di Shelter Skadron Udara 11, Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar, Selasa (20/8/2024).

Dalam kesempatan tersebut Komandan Lanud Sultan Hasanuddin menyampaikan ucapan terima kasih kepada Skadron Udara 11 yang telah berhasil mencetak dua penerbang aktif pesawat tempur Sukhoi SU-30 MK2.  “Saya harap tahun depan dan seterusnya dapat mencetak lagi penerbang aktif pesawat Sukhoi SU-30 MK2. Selama perintah dan tugas yang diberikan kepada kita jelas dan dapat dilaksanakan maka kita harus laksanakan sebaik-baiknya,” ungkapnya.

Marsma TNI Bonang Bayuaji secara khusus mengucapkan selamat kepada dua  penerbang tempur pesawat Sukhoi SU-30 MK2 yaitu Lettu Pnb Fikri Hira Muzaki, S.Tr (Han) dan Lettu Pnb Rahmat Ruslan, S.Tr (Han). “Keberhasilan ini tentunya merupakan hasil kerja keras yang dilandasi motivasi dan semangat juang serta disiplin yang tinggi selama mengikuti pendidikan,” ujar Danlanud Sultan Hasanuddin.

Marsma TNI Bonang Bayuaji menegaskan bahwa dengan berakhirnya pendidikan ini bukan bearti akhir dari kegiatan belajar, namun ini adalah awal untuk menjadi penerbang tempur aktif, karena masih harus menjalani tahapan pendidikan selanjutnya. “Untuk itu diharapkan para penerbang tempur Sukhoi SU-30 MK2 untuk terus mengasah dan mengisi diri sehingga  mampu untuk menghadapi tantangan tugas dimasa yang akan datang,” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Danskadron Udara 11 Letkol Pnb Andry Libarsyah Agung, M.M.S., memberikan ucapan selamat kepada dua penerbang yang telah menyelesaikan pendidikan dan  berharap agar peningkatan kualifikasi ini dapat dijadikan semangat untuk meraih prestasi yang lebih tinggi lagi.

Danskadron Udara 11 pada upacara penutupan Pendidikan Transisi A-VII memberikan penekanan kepada kedua penerbang untuk menjadikan setiap ilmu dan pengalaman yang didapatkan dari senior menjadi bekal dalam setiap penugasan yang diemban.

Kedua penerbang tempur pesawat Sukhoi SU-30 MK2 yang berhasil menyelesaikan Pendidikan Transisi A-VII tersebut merupakan Alumni Angkatan Udara (AAU) tahun 2018. (Pen Hnd) 

Tim Waslakops Mabes TNI Tinjau Kesiapan Satgas TNI Konga UNIFIL Lebanon

By On August 19, 2024

(Puspen TNI). Dalam upaya mendukung keberlanjutan kontribusi TNI pada Misi Pemeliharaan Perdamaian Dunia di Lebanon yang tergabung dalam Satgas TNI Kontingen Garuda UNIFIL, tim Pengawasan Pelaksanaan Operasi (Waslakops) yang dipimpin Paban VII/BMN Staf logistik TNI Kolonel Tek Budhi Arifa Chaniago melaksanakan peninjauan dan evaluasi kesiapan operasional di berbagai lokasi misi di bawah komando Markas UNIFIL, Naqoura, Minggu (18/8/2024).

Menurut Paban VII/BMN Slog TNI, sejak tahun 2005, TNI telah terlibat aktif dalam misi UNIFIL. Seiring berjalannya waktu, sebagian alat dan peralatan yang digunakan oleh Satgas TNI, seperti kendaraan tempur, kendaraan taktis, dan persenjataan, telah mengalami penurunan kinerja. Untuk itu, peremajaan dan penggantian peralatan menjadi prioritas guna mengefektifkan kesiapan operasional Satgas dalam menjalankan tugas sesuai dengan Resolusi Dewan Keamanan PBB yang berlaku.

“Kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat kontribusi TNI dalam misi perdamaian PBB dan memastikan bahwa Satgas TNI Konga Yonmek Indobatt tetap siap menjalankan tugasnya dalam menjaga stabilitas dan perdamaian di Lebanon,” imbuhnya.

Selama peninjauan di wilayah misi seperti di UNP 7-1, UNP 7-3, UNP 9-63, UNP 9-2, tim Waslakops fokus pada evaluasi kondisi materiil dan kesiapan operasional, serta memberikan rekomendasi terkait peremajaan dan pengelolaan materiil, khususnya dalam menghadapi skenario kontinjensi.

Kunjungan KRI Bima Suci Semarakkan Perayaan HUT Ke-79 RI Di Kamboja

By On August 19, 2024

(Puspen TNI). Kunjungan KRI Bima Suci ke Kamboja menambah kemeriahan dalam perayaan Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kamboja. Kehadiran kapal latih kebanggaan TNI Angkatan Laut ini menjadi salah satu sorotan utama perayaan 65 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Kamboja. Senin (19/8/2024).

Selama kunjungan 16 s.d. 19 Agustus 2024 di Kamboja, para perwira, kru, dan kadet KRI Bima Suci berpartisipasi dalam berbagai kegiatan, termasuk upacara bendera dan acara panggung gembira bersama komunitas Indonesia. Kegiatan ini mempererat tali persaudaraan antara masyarakat Indonesia di Kamboja dan memperkenalkan budaya maritim Indonesia kepada masyarakat setempat.

Di Sihanoukville, sejumlah kegiatan diselenggarakan, seperti pertunjukan marching band dari KRI Bima Suci di Pantai Otres yang dihadiri sekitar 300 orang, termasuk masyarakat Indonesia, masyarakat lokal, dan perwakilan dari Royal Cambodian Armed Forces (RCAF). Selain itu, acara cocktail party juga diadakan untuk merayakan kunjungan tersebut. 

Hadir dalam acara tersebut, Duta Besar RI untuk Kamboja, Dr. Santo Darmosumarto mengungkapkan bahwa setelah terakhir kali KRI Dewaruci berkunjung ke Kamboja di tahun 2006, masyarakat Indonesia di Kamboja sangat bangga dan gembira menerima kunjungan KRI Bima Suci. Kunjungan ini menjadi salah satu highlight dalam perayaan 65 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Kamboja, serta memberikan dorongan untuk semakin memperkuat kemitraan di bidang pertahanan dan keamanan, serta bidang-bidang lainnya.

Semarakan HUT Ke-79 TNI, Ayo Ikuti dan Bergabung Bersama Panglima TNI
Run Tahun 2024

By On August 19, 2024

(Puspen TNI). Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 TNI, Panglima TNI Run 2024 kembali hadir Event lari tahunan yang dinanti-nantikan ini tidak hanya menjadi wadah untuk berolahraga, tetapi juga sebagai momentum kebersamaan seluruh elemen masyarakat bersama TNI dalam suasana yang penuh semangat kebangsaan. Jadilah bagian dari event spektakuler ini yang akan diselenggarakan pada :

•           Tanggal : Minggu, 22 September 2024

•           Lokasi : Silang Barat Daya, Monas, Jakarta

•           Kategori Lomba :

            * 5K (Umum-Pelajar-Master)

            * 10K (Umum-TNI/Polri-Master)

Informasi dan Pendaftaran: Untuk informasi dan pendaftaran dapat dilakukan melalui website resmi di www.panglimatnirun.com dan kanal Instagram @panglima.tni.run serta No WA 087711828195

Ayo bergabung dan rasakan euforia berlari bersama dalam Panglima TNI Run 2024! Raih berbagai hadiah menarik di setiap kategorinya. Jadilah bagian dari ribuan pelari yang akan memenuhi jalanan Jakarta dengan semangat dan energi positif.

Meriahkan HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia, Wirgadripa 2004 Gelar Lomba
Mancing Galatama

By On August 19, 2024

Makassar – Dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia dan juga merupakan rangkaian dari acara Road to Dwi Dasawarsa, Perwira Dirgantara Dua Ribu Empat (Wirgadripa) Abituren Akademi Angkatan Udara 2004 menggelar lomba mancing Galatama, bertempat di kolam pemancingan Oscar Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar, Minggu (18/8/2024).

Lomba mancing Galatama yang diselenggarakan oleh Wirgadripa Abituren Alumni Angkatan Udara 2004 tersebut diikuti oleh Komandan Lanud (Danlanud) Sultan Hasanuddin, Marsma TNI Bonang Bayuaji G., S.E.,M.M., CHRMP., Danwing Udara 5, para Kadis dan keluarga besar Lanud Sultan Hasanuddin.

Lomba mancing yang digelar di kolam pemancingan Oscar Lanud Sultan Hasanuddin ini menjadi salah satu rangkaian kegiatan peringatan dua puluh tahun pengabdian Abituren Alumni Angkatan Udara 2004.

Dalam sambutannya Marsma TNI Bonang Bayuaji menyampaikan ucapan selamat dan sukses  atas segala pencapaian Wirgadripa Alumni Angkatan Udara 2004 yang telah berhasil melaksanakan pengabdian selama dua dasawrsa. “Dua puluh tahun bukanlah waktu yang singkat. Banyak suka dan duka dalam pengabdian kepada bangsa dan negara khususnya kepada TNI Angkatan Udara. Melalui kegiatan ini, kita pererat tali persaudaraan dan silaturahmi yang telah terjalin selama ini,” ungkap Danlanud Sultan Hasanuddin.

Lebih lanjut Marsma TNI Bonang Bayuaji menyampaikan bahwa, Lomba mancing ini bukan sekadar ajang hiburan, tetapi juga merupakan bentuk syukur kita di hari kemerdekaan bangsa Indonesia. “Melalui kegiatan mancing bersama keluarga besar Lanud Sultan Hasanuddin ini, kami ingin mempererat silaturahmi antaranggota,” ungkapnya.

Acara lomba mancing ini berlangsung meriah, dengan hadiah menarik bagi para pemenang, termasuk door prize bagi peserta lomba mancing  dan hadiah uang tunai. Para peserta lomba mancing tampak antusias mengikuti lomba ini, dan suasana penuh kegembiraan terasa di sepanjang acara. (Pen Hnd)

Prajurit Satgas Indobatt XXIII-R/UNIFIL Gelar Lomba Sambut HUT ke - 79
RI

By On August 19, 2024

(Puspen TNI) Satgas Indobatt XXIII-R/UNIFIL Lebanon merayakan momen perjuangan kemerdekaan RI dengan berbagai lomba di Markas Indobatt UNP 7-1, Adchit Al Qusayr, Lebanon Selatan. Jum’at (16/08/2024).

Rangkaian perlombaan dalam perayaan menyambut HUT ke-79 RI meliputi Garuda warior, tebak kata, estafet sarung, kardus berjalan, memasukkan paku dalam botol, estafet air, bola kepala dan cantolan helm.

Dansatgas Indobatt XXIII-R/UNIFIL Kolonel Inf Ragung Ismail Akbar menyampaikan bahwa selain untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan RI ke-79 pelaksanaan kegiatan lomba ini untuk mempererat kebersamaan dan kekompakan para Prajurit selama melaksanakan misi.

“Saya mengucapakan terimakasih kepada Prajurit karena dalam pelaksanaan lomba ini seluruhnya ceria, gembira dan tidak ada rasa canggung satu sama lain, terang Dansatgas.

Acara puncak peringatan HUT RI diakhiri dengan upacara pengibaran Bendera Sang Merah Putih di daerah misi.

Satgas Kizi TNI Konga XXXVII-J Minusca Car Bersama INDO FPU 5 Kibarkan
Sang Merah Putih Di Daerah Misi

By On August 18, 2024

(Puspen TNI). Tingkatkan semangat kebangsaan dan nasionalisme dalam memperingati HUT RI ke-79, Kontingen Satgas Kizi TNI Konga XXXVII-J Minusca Car melaksanakan upacara bendera di lapangan Garuda Indonesian Engineering Company. Bangui, Sabtu (17/08/2024).

Pada peringatan HUT RI Ke – 79 kali ini Satgas Kizi TNI Konga XXXVII-J Minusca Car melaksanakan upacara bendera bersama dengan kontingen satuan tugas Indo FPU 5 Minusca yang  kedua kontingen tersebut sama – sama berada dalam satu misi menjaga perdamaian di Republik Afrika Tengah.

Rangkaian upacara diawali dengan persiapan pasukan dilanjutkan pelaksanaan upacara  pengibaran bendera merah putih, pembacaan teks proklamasi dan pembacaan UUD 1945.

Upacara berlangsung secara khidmat dipimpin oleh Komandan upacara yaitu Kapten Mar Engga Fasha Permadi, S.T.Han yang keseharianya menjabat sebagai Danton Bantuan Satgas Kizi TNI Konga XXXVII-J Minusca Car dan bertindak sebagai Inspektur upacara Kombespol Sofyan Arief. SIK (Kastagas Indo FPU 5 Minusca) didampingi oleh Letkol Czi Ibnu Muntaha, M.Han (Dansatgas Kizi TNI Konga XXXVII-J Minusca Car).

Selain dalam rangka untuk meningkatkan semangat kebangsaan serta nasionalisme di hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke – 79, momen peringatan ini juga merupakan sebagai sarana perekat rasa persatuan dan kesatuan  pasukan penjaga perdamaian dalam mendukung suksesnya misi perdamaian khususnya di Republik Afrika Tengah.

KRI Diponegoro-365 Kembali Raih Penghargaan “Ambassador Awards”

By On August 18, 2024

KRI Diponegoro-365 yang saat ini tergabung Satgas Maritime Task Force (MTF) TNI Konga XXVIII-O/UNIFIL kembali meraih prestasi dengan menerima medali penghargaan “Ambassador Awards” dari Duta Besar RI untuk Republik Turki, Y.M. Achmad Rizal Purnama di Ankara pada Sabtu (17/08/2024).

Medali penghargaan ini merupakan suatu bentuk apresiasi yang tinggi atas dukungan dan partisipasi dari KRI Diponegoro-365 dalam penguatan hubungan bilateral Indonesia-Türki melalui diplomasi militer. Penyematan medali ini dirangkaikan dengan kegiatan upacara bendera memperingati HUT ke-79 Republik Indonesia yang berlangsung di lapangan upacara Wisma Duta Ankara, Turki.

Komandan KRI Diponegoro-365, Letkol Laut (P) Wirastyo Haprabu, menjelaskan pula bahwa medali penghargaan ini selain merupakan penganugerahan penghargaan tertinggi dari Bapak Duta Besar kepada personil militer yang telah bertugas dalam melaksanakan diplomasi militer, juga sebagai

bukti nyata akan profesionalisme TNI dalam melaksanakan segala tuntutan tugas yang di emban dimana sesuai dengan visi Panglima TNI “PRIMA”.

Pasukan Perdamaian Laksanakan Upacara HUT Ke-79 RI Di Bumi Afrika

By On August 18, 2024

(Puspen TNI). Pasukan Perdamaian Indonesia yang tergabung dalam Batalyon Gerak Cepat XXXIX-F Monusco melaksanakan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79, bertempat di Bunia, Republik Demokratik Kongo, Sabtu (17/8/2024).

Upacara yang dipimpin Komandan Satgas Batalyon Gerak Cepat 39-F Kolonel Inf Imir Faishal, S.Sos., M.I.Pol., juga diikuti oleh berbagai Satuan Tugas seperti personel Milobs, Milstaf serta Force Police Unit (FPU) dari Kompi Tchabi, Komanda dan Bogoro.

“Melalui upacara ini, kita tunjukkan bahwa meskipun terpisah jarak ribuan kilo meter dari Tanah Air, namun kita tetap satu dalam bingkai semangat kemerdekaan dan persatuan bangsa,” tegas Dansatgas dalam amanatnya.

Ditambahkannya, tema perayaan ‘Nusantara Baru, Indonesia Maju’ mencerminkan tekad bangsa untuk terus berinovasi dan maju menuju masa depan yang lebih baik. Hal tersebut seiring dengan tekad kita semua yang berdiri di sini untuk menjunjung tinggi nilai-nilai perdamaian dan solidaritas internasional, utamanya dalam menjaga perdamaian di bumi Afrika. 

Dalam peringatan kemerdekaan tahun ini, Satgas BGC XXXIX-F MONUSCO juga mengadakan serangkaian kegiatan budaya dan olahraga yang tidak hanya bertujuan untuk mempererat hubungan antar prajurit, tetapi juga untuk mengenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat setempat serta pasukan perdamaian dari negara lain.

Danlanud Sultan Hasanuddin Hadiri Upacara Apel Kehormatan Dan Renungan
Suci HUT ke-79 RI

By On August 18, 2024

Makassar – Komandan Lanud  (Danlanud) Sultan Hasanuddin, Marsma TNI Bonang Bayuaji G., S.E.,M.M., CHRMP, menghadiri upacara Apel Kehormatan Dan Renungan Suci dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia, bertempat di Taman Makam Pahlawan Panaikang, Makassar, Sulawesi Selatan, tepat pukul 00.00 Wita, Jumat (17/8/2024).

Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) Apel Kehormatan dan Renungan Suci adalah Panglima Divisi Infanteri (Pangdiv) 3/Kostrad, Mayjen TNI Bangun Nawoko, S.I.P. Apel Kehormatan dan Renungan Suci merupakan bagian dari rangkaian kegiatan yang digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, yang tahun ini telah berusia 79 tahun. Upacara diawali dengan penghormatan kepada arwah para Pahlawan,  pembacaan Apel Kehormatan dan Renungan Suci, mengheningkan cipta, menyalakan obor dan pembacaan doa. 

Usai melaksanakan Apel Kehormatan dan Renungan Suci, Danlanud Sultan Hasanuddin menyampaikan bahwa, kegiatan ini menjadi momen penting untuk mengenang dan menghormati jasa para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

“Upacara ini adalah wujud penghormatan kita kepada para pahlawan yang telah memberikan jiwa dan raganya untuk kemerdekaan Indonesia. Para pahlawan adalah teladan dan inspirasi bagi kita semua dalam melanjutkan perjuangan untuk memajukan bangsa ini,” ujarnya. 

Marsma TNI Bonang Bayuaji menjelaskan bahwa, upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci ini juga bertujuan untuk menumbuhkan semangat patriotisme dan nasionalisme di kalangan generasi muda. “Saya sampaikan bahwa, kegiatan seperti ini sangat  penting khususnya dalam menjaga nilai-nilai perjuangan dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, terutama bagi para prajurit TNI yang menjadi garda terdepan dalam mempertahankan kedaulatan negara,” ungkapnya. (Pen Hnd) 

Masyarakat kampung Karang Mas Antusias Rayakan HUT RI yang KE 79

By On August 17, 2024

Kab Bogor,
Penyelenggaraan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 79 pemerintah desa Cibadak sangat antusias merayakannya, dengan ucapan rasa syukur warga masyarakat Kampung Karang mas RT 01/01 desa Cibadak, kec Ciampea, Kabupaten Bogor, ikut meriahkan HUT RI yang ke 79, Sabtu (17/08/2024)

Evan ketua RT mengatakan, pada hari HUT RI yang ke 79 pemerintah desa Cibadak, khusunya RT 01/01 kampung karang mas, menyelenggarakan berbagai macam bentuk perlombaan baik kreasi dan Pentas Seni. Ada pun penyelenggaraan acara ini, bukan hanya sebatas event tapi juga di bungkus dengan banyak pendidikan sejarah.”tegasnya”.

Lebih lanjut Evan mengatakan,dengan adanya kreasi Pentas seni di harapkan, mampu menunjukan bakat anak dan mental bersosial dan bermasyarakat.”tuturnya”.

Sementara Jodi bartender salah seorang Masyarakat yang ikut serta dalam acara tersebut mengatakan, pada kesempatan kali ini, perlombaan ataupun pentas seni yang di sajikan diantaranya menampilkan seni tari Jaipong, Pencak silat, dan lain lain. Sebagai budaya dan tradisi yang ada di wilayah pemerintahan desa Cibadak.”jelasnya”.

Jodi bartender menambahkan,selain itu pertunjukan tersebut juga bisa di jadikan sarana untuk mempertahankan, warisan budaya leluhur yang memang sudah menjadi kewajiban kita sebagai generasi muda untuk melestarikanya.”ujarnya”.

Semoga RT 01/01 Kampung Karang Mas desa Cibadak Kecamatan Ciampea Bisa menjadi Contoh untuk yang lain dan kegiatan positif seperti ini bisa berlanjut di tahun berikutnya. (Giri)

Panglima TNI: TNI Harus Mampu Menjadi Pelopor Perekat Kemajemukan
Bangsa Agar Indonesia Tetap Utuh, Kuat dan Tangguh

By On August 17, 2024

(Puspen TNI).  Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI) menggelar Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia dengan Inspektur upacara Aslog Panglima TNI Mayjen TNI Jamalullael, S.Sos., M.Si., yang diikuti oleh Prajurit dan PNS di lingkungan Mabes TNI, bertempat di Lapangan Gedung B III Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Sabtu (17/8/2024).

Dalam amanat yang dibacakan oleh inspektur upacara, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyampaikan bahwa Upacara detik-detik Proklamasi 17 Agustus pada Peringatan HUT ke-79 tahun ini menjadi sangat istimewa, Untuk pertama kalinya, upacara ini dilaksanakan di dua kota, yaitu Jakarta dan Ibu Kota Nusantara (IKN), dengan mengusung tema “Nusantara Baru, Indonesia Maju”. Momen bersejarah ini tidak hanya menandai perpindahan ibu kota, tetapi juga simbol keberlanjutan pemerintahan menuju era baru.

Panglima TNI juga menegaskan TNI sebagai pilar utama dalam Sistem Pertahanan Semesta, harus menjadi motor penggerak dalam memperkuat keberagaman bangsa. “TNI sebagai komponen utama dalam Sistem Pertahanan Semesta harus mampu menjadi pelopor perekat kemajemukan bangsa agar Indonesia tetap utuh, kuat dan tangguh. Untuk itu, setiap personel TNI harus selalu menggelorakan rasa kebersamaan, toleransi dan solidaritas di lingkungannya masing-masing guna menjaga persatuan dan kesatuan bangsa,” tegasnya.

Diakhir amanatnya, Panglima TNI mengajak seluruh prajurit dan PNS TNI untuk menjadikan peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia ini sebagai momentum penting dalam memperkuat komitmen dan integritas. Panglima TNI juga menekankan pentingnya kesiapan TNI dalam mendukung pembangunan nasional dan berkontribusi nyata bagi keberlangsungan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Bakamla RI Tangkap Kapal Berbendera Filipina di Perairan Gorontalo

By On August 16, 2024

Gorontalo, 16 Agustus 2024 — Kapal Patroli Bakamla RI Kapal Negara (KN) Gajah Laut-404 yang dikomandani oleh Letkol Bakamla Agus Tri Haryanto, S.T., M.T., mengamankan  kapal MV Lakas yang dicurigai membawa barang ilegal di perairan Gorontalo, Jumat (16/08/2024).

Kronologi kejadian bermula saat KN Gajah Laut-404 sedang melaksanakan patroli rutin pada pukul 02.00 WITA di posisi 00°05’416” U – 123°07’549″ T. Saat itu, petugas mencurigai gerak-gerik kapal MV Lakas yang melintas di perairan tersebut tidak memasang bendera Indonesia. Untuk memastikan kecurigaan, Komandan KN Gajah Laut-404 memerintahkan personel Bakamla untuk melakukan komunikasi radio dengan kapal MV Lakas untuk memasang bendera Indonesia.

Setelah melakukan komunikasi, Letkol Bakamla Agus Tri Haryanto memutuskan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap kapal tersebut, karena diduga memuat barang ilegal. Mengingat kondisi saat itu masih gelap dengan cuaca dan gelombang laut yang tidak mendukung, pemeriksaan fisik terhadap kapal dilakukan saat kondisi terang di posisi 00°08’302″ U – 124°24’016″ T.

Dari hasil pemeriksaan awal, diketahui bahwa MV Lakas merupakan kapal berbendera Filipina yang dinakhodai oleh Eduardo Hermosa Abiga dengan 17 anak buah kapal (ABK). Dalam pemeriksaan, ditemukan bahwa kapal tersebut tidak memiliki beberapa dokumen penting seperti Certificate of Analysis, Certificate of Origin, serta Certificate of Shipper Declaration yang diperlukan untuk pengangkutan barang berbahaya berdasarkan IMSBC. Kapal tersebut juga diketahui membawa 10.545 metrik ton Wood Pellet yang diduga ilegal.

Keberhasilan dalam pemeriksaan Kapal MV Lakas ini, juga berdasarkan laporan dari Forest Watch Indonesia (FWI), selanjutnya ditindak lanjuti oleh Zona Bakamla Tengah yang bekerjasama dengan Pangkalan TNI Angkatan Laut Gorontalo dan didukung masyarakat Gorontalo.

Hingga berita ini diturunkan, MV Lakas dibawa ke pelabuhan terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut oleh pihak berwenang. (Humas Bakamla RI)

Tingkatkan Kesadaran dan Pengetahuan Kesehatan Jantung, Lanud Sultan
Hasanuddin Gelar Ceramah Kesehatan

By On August 16, 2024

Makassar – Dalam rangka meningkatkan kesadaran dan pengetahuan mengenai kesehatan jantung, Lanud Sultan Hasanuddin menggelar ceramah kesehatan serta pelatihan pertolongan pertama pada korban henti jantung, bertempat di Hanggar Skadron Udara 33 Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (15/8/2024).

Pada ceramah kesehatan tersebut, Kepala Klinik Penyakit Dalam (Kaklipenydal) Rumah Sakit Angkatan Udara (RSAU) dr. Dody Sardjoto Lanud Sultan Hasanuddin, Mayor Kes dr. Iwan Junianto Sp. JP., memberikan materi tentang pertolongan pertama pada korban henti jantung.

Dalam kesempatan tersebut, dokter spesialis jantung, Mayor Kes dr. Iwan Junianto Sp. JP menjelaskan bahwa pertolongan pertama dan utama yang dilakukan pada korban/pasien henti jantung adalah tindakan Resusitasi Jantung Paru (RJP) atau Bantuan Hidup Dasar (BHD). “Kemampuan untuk memberikan pertolongan pertama yang tepat dapat membuat perbedaan antara hidup dan mati dalam kasus henti jantung. Kami ingin semua anggota mengetahui dan mengerti dalam menghadapi situasi darurat dengan pengetahuan dan keterampilan yang memadai,” ujarnya.

Mayor Kes dr. Iwan Junianto Sp. JP, menjelaskan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam menangani situasi darurat henti jantung, yang dapat terjadi pada siapa saja, kapan saja dan di mana saja. “Pengetahuan tentang RJP atau BHD sangat penting, terutama bagi mereka yang berada di lingkungan kerja yang berisiko tinggi. Dengan pelatihan ini, kita dapat meningkatkan tingkat kelangsungan hidup dari kasus henti jantung mendadak,” ungkapnya.

Selama sesi pelatihan, para personel Lanud Sultan Hasanuddin diberikan kesempatan untuk mempraktikkan teknik RJP yang berkualitas, yang melibatkan kompresi dada yang kuat dan cepat untuk membantu memompa darah ke seluruh tubuh ketika jantung berhenti berfungsi. Pelatihan ini juga mengajarkan cara mengenali tanda-tanda awal serangan jantung, seperti nyeri dada, sesak napas, berdebar, pusing, sehingga respons cepat dapat dilakukan.

Ceramah kesehatan dilaksanakan usai melaksanakan apel pagi yang di pimpin oleh Kepala Dinas Personel (Kadispers) Lanud Sultan Hasanuddin Kolonel Pnb Ari Susiono, S.E., dan diikuti oleh seluruh personel mulai dari Perwira, Bintara, Tamtama dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Lanud Sultan Hasanuddin.(Pen Hnd)

Perkuat Diplomasi Militer, Panglima TNI Melaksanakan Pertemuan Dengan
Panglima Angkatan Bersenjata Australia

By On August 15, 2024

(Puspen TNI). Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto  melaksanakan Video Conference (Vicon) dengan Chief OF Defence Force (CDF) Australian Defence Force (ADF)/Panglima Angkatan Bersenjata Australia, Laksamana David Lance Johnston, AO, RAN., bertempat di Wisma A. Yani, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (15/8/ 2024).

Pertemuan yang digelar secara daring ini bertujuan untuk memperkuat kerjasama bilateral di bidang pertahanan yang telah berjalan dengan baik sebagai bagian dari diplomasi militer antara kedua negara.

Dalam kesempatan tersebut, Panglima TNI mengucapkan selamat kepada Laksamana David Lance Johnston, AO, RAN., atas pelantikannya sebagai Panglima Angkatan Bersenjata Australia dan berharap agar kerjasama antara TNI dan ADF akan semakin berkembang di masa depan. 

Adapun Kerjasama yang dibahas dalam pertemuan di antaranya adalah rencana pelaksanaan sidang ke 12 Australia-Indonesia High Level Committee (Ausindo HLC) di Australia dalam waktu dekat pada tanggal 23 s.d. 25 September 2024. “Semoga Ausindo HLC dapat menjadi sarana bagi TNI dan ADF guna saling berkomunikasi dan mengembangkan kerja sama militer kedua belah pihak serta mencari kemungkinan lain kerjasama militer antara kedua angkatan,” ungkap Panglima TNI.

Di akhir pertemuan,  Panglima TNI mengucapkan terima kasih kepada Panglima Angkatan Bersenjata Australia yang telah diperkenankannya melihat daerah latihan militer Australia pada bulan Juni lalu terkait latihan dan bentuk latihan yang akan diselenggarakan mendatang.

Danlanud Sultan Hasanuddin Hadiri Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Maros

By On August 15, 2024

Makassar – Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI Bonang Bayuaji G, S.E., M.M., CHRMP, menghadiri  Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Maros, bertempat di Ruang utama Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Maros, Rabu (14/08/2024).

Rapat paripurna dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Maros, H. Andi Patarai Amir, S.E., membahas tentang penandatanganan berita acara persetujuan bersama Raperda tentang perubahan APBD tahun 2024.

Dalam kesempatan tersebut, Marsma TNI Bonang Bayuaji  menyampaikan apresiasi atas kerjasama yang telah terjalin antara Lanud Sultan Hasanuddin dan pemerintah Kabupaten Maros. Kolaborasi lintas sektoral sangat penting untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Lanud Sultan Hasanuddin selalu siap mendukung program-program pembangunan yang digagas oleh pemerintah daerah. Sinergi antara TNI AU dan pemerintah daerah sangat penting untuk menjaga stabilitas dan keamanan serta mendorong kemajuan wilayah ini,” ujarnya

Terut hadir dalam rapat tersebut diantarnya, Bupati Maros H.A.S. Chaidir Syam, S.I.P., M.H., Ketua Pengadilan Negeri Maros Sofian Parerungan, S.H., M.H., Kepala Kejaksaan Negeri Maros Muh Zulkifli Said, S.H., M.H., Kapolres Maros AKBP Awaludin Amin, S.I.K., Dandim 1422/Maros Letkol Arm Nikolas Sirilus., dan para anggota DPRD Kabupaten Maros.(Pen Hnd)

Hakim Ketua Bacakan Putusan Terdakwa H. Dani Bahdani S.H. Pada Sidang
Lanjutan Perkara Tanah Mabes TNI Jatikarya

By On August 14, 2024

(Puspen TNI). Wakil Kepala Badan Pembinaan Hukum (Wakababinkum) TNI Brigjen TNI Ateng Karsoma didampingi Asops Denma Mabes TNI Kolonel Cpm Yudo Pramono menghadiri sidang lanjutan pembacaan putusan terdakwa Dani Bahdani, S.H. Nomor Perkara 484/Pid.B/2023/PN.Bks, bertempat di Ruang Sidang Kartika 1 Lantai II Pengadilan Negeri Kota Bekasi Kelas 1 A Khusus Jl. Pintu Air Harapan Mulya, Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi, Jawa Barat, Rabu (14/8/2024). 

Sidang digelar secara terbuka untuk umum ini dipimpin oleh Majelis Hakim Ketua Basuki Wiyono, S.H., M.H., Hakim Anggota 1 I Ketut Pancaris, S.H., Hakim Anggota 2 Sorta Ria Neva, S.H., M.H., Panitera Pengganti Nuning Anggraini K. S.H., Jaksa Penuntut Umum (JPU) Heru Saputra, S.H., M.Hum, Agung Susanto, S.H., Hasbudin B. Paseng, S.H. 

Pada sidang lanjutan ini Majelis Hakim membacakan putusan bebas atas terdakwa H. Dani Bahdani, S.H. dan tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana yang didakwakan dalam Dakwaan Kesatu dan Kedua. “Terdakwa H. Dani Bahdani, S.H. juga terbebas dari seluruh dakwaan atau setidak-tidaknya dilepaskan dari tuntutan hukum,” ujarnya. 

Pada sidang ini, Majelis Hakim juga memulihkan segala hak terdakwa dalam kemampuan, kedudukan, nama baik serta harkat dan martabatnya. “Barang-barang bukti yang disita dalam perkara terdakwa dikembalikan kepada pihak-pihak darimana barang bukti tersebut disita dan membebankan biaya perkara kepada negara,” pungkasnya.

Asrenum Panglima TNI Terima Kunjungan Kuliah Kerja Renstra Pasis
Seskoal Angkatan ke-62

By On August 14, 2024

(Puspen TNI). Asisten Kebijakan Strategis dan Perencanaan Umum (Asrenum) Panglima TNI Laksda TNI Edwin, S.H., M.Han., M.H., menerima kunjungan Komandan Sekolah Staf Komando TNI AL (Danseskoal) Laksda TNI Fauzi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., M.Han., beserta Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) Seskoal Angkatan ke-62 dalam rangka Kuliah Kerja Renstra TA 2024, bertempat di Aula Gatot Soebroto Mabes TNI Cilangkap Jakarta Timur, Rabu (14/8/2024).

Dalam sambutannya Asrenum Panglima TNI mengatakan pada tahun 2025, TNI akan memulai langkah baru membangun postur TNI dengan menyusun dokumen strategis jangka panjang maupun jangka menengah yang saat ini tengah disusun. “Penyesuaian dokumen strategis baik jangka menengah maupun jangka panjang, tentunya akan menjadi panduan bagi TNI guna menjalin berkelanjutannya pengembangan maupun pembangunan kekuatan serta kemampuan TNI selama kurun waktu 20 tahun yang akan datang,” ucapnya.

Sedangkan Danseskoal  mengatakan bahwa dipilihnya Staf Kebijakan Strategis dan Perencanaan Umum Mabes TNI sebagai objek Kuliah Kerja Renstra berdasarkan pertimbangan bahwa Srenum TNI sebagai institusi yang melaksanakan kegiatan analisa penentuan/pemilihan kebijakan strategis dan perencanaan umum U.O. Mabes TNI. “Saya berharap dengan selesainya para Pasis (Perwira Siswa) melaksanakan kuliah kerja ini mempunyai wawasan perencanaan strategis TNI khususnya Matra Laut agar dalam penugasan dapat  dikembangkan dan diaplikasikan,” jelasnya.

Adapun tema yang diusung  yaitu Mewujudkan perencanaan strategis TNI yang efektif dan efisien dalam rangka mendukung pertahanan negara di Laut. Pasis tahun ini berjumlah 182 orang terdiri dari 160 orang Perwira Menengah TNI AL, 4 (empat) orang Perwira Menengah TNI AD, 4 (empat) orang Perwira Menengah TNI AU, 9 (sembilan) orang Perwira Menengah Polri, serta 5 (lima) orang Perwira Menengah Negara Sahabat (Australia, Korea, Singapura, India dan Malaysia). Kemudian acara dilanjutkan dengan pemberian cinderamata dan foto bersama serta pembekalan oleh para Paban Srenum Mabes TNI.

Latgabma Trisula Wyvern 24-2 Perkuat hubungan Indonesia -Australia

By On August 14, 2024

(Puspen TNI). FPC (Final Planning Conference) dan FSS (Final Site Survey) Latgabma (Latihan Gabungan Bersama) Trisula Wyvern 24-2, semakin memperkuat hubungan erat antara kedua negara. Kegiatan dilakukan dengan seksama dan detail di PMPP TNI, Sentul, Selasa (13/8/2024).

Kedua kegiatan tersebut dipimpin langsung Paban VII/Latma Sops TNI Kol Arm Edwin Habel  dan ⁠dikuti 8 pers Sops TNI, Koopssus TNI, Sat 81 Kopassus, Denjaka, Sat Bravo 90, serta Major Robert Baileo dari ADF (Australia Defence Forces) dan 4 pers SOCOMD.

“Latihan ini memberi kita kesempatan khusus untuk mengembangkan pemahaman bilateral yang lebih dalam tentang perencanaan operasional, yang pada akhirnya memastikan bahwa ketika dihadapkan dengan tantangan dunia nyata, pasukan kita dapat beroperasi sebagai satu kesatuan yang padu” Ungkap Kolonel Edwin.

Rapat Perencanaan Akhir Latihan Trisula Weyvern 24-2 ini menandai langkah signifikan diplomasi militer kedua negara dengan kemitraan yang kuat antara Koopssus Indonesia dan Komando Operasi Khusus Australia (AUS SOCOMD). Latma ini akan dilaksanakan pada tanggal 04 – 11 November 2024 mendatang.

Pangdam XII/Tanjungpura Serahkan Barang Bukti Narkoba 10,5 Kg Ke BNNP
Kalbar

By On August 13, 2024

(Puspen TNI). Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Iwan Setiawan, S.E., M.M., menyerahkan barang bukti hasil penggagalan penyelundupan Narkotika jenis sabu sebanyak 10,54 Kilogram yang dilakukan oleh Satgas Pamtas RI-MLY Yonzipur 5/Arati Bhaya Wighina kepada pihak Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Kalimantan Barat, bertempat di Aula Sudirman, Makodam XII/Tanjungpura, Kubu Raya, Kalimantan Barat, Selasa (13/8/2024). 

Barang bukti sebanyak 10 (sepuluh) paket tersebut diserahkan langsung oleh Pangdam XII/Tpr kepada Kepala BNN Provinsi Kalimantan Barat, Brigjen Pol. Drs. Sumirat Dwiyanto, M.Si., selanjutnya Pangdam XII/Tpr menjelaskan bahwa 10 (sepuluh) paket tersebut merupakan hasil penggagalan oleh personel Satgas Pamtas RI-MLY Yonzipur 5/ABW dalam dua hari yang berbeda pada Minggu (11/8/2024) dan Senin (12/8/2024) di wilayah perbatasan Desa Sungai Tekam, Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau.

Seperti di beritakan sebelumnya, Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonzipur 5/ABW berhasil menggagalkan penyelundupan 8 (delapan) paket seberat 8,4 Kilogram pada Minggu, (11/8/2024). Kemudian pada Senin, (12/8/2024) Satgas ini juga berhasil mengamankan 1 (satu) unit kendaraan bermotor berisikan 2 (dua) paket Narkoba jenis sabu seberat 2,1 Kilogram yang disembunyikan di dalam jok motor dan dibungkus dengan plastik berwarna merah dengan label Refined Chines Tea, sehingga total barang bukti yang didapatkan seberat 10,54 Kilogram.

“Hari ini kita serahkan 10,54 Kilogram, jadi total semasa saya memimpin dari 2023-2024 berhasil menggagalkan penyelundupan 193,8 Kilogram sabu, 48 ribu pil Ekstasi dan 38 tersangka yang diamankan untuk diproses lebih lanjut dimana ada 9 orang WNA Malaysia dan 29 WNI. Terimakasih atas dukungan dan kerjasama selama ini, mari kita sama-sama perang melawan Narkoba,” ungkap Mayjen Iwan Setiawan.

Memasuki Hari Kedua, Danlanal Banyuwangi Meninjau Proses Debarkasi
Alutsista Militer AS Di Dermaga Tanjungwangi

By On August 13, 2024

(Puspen TNI). Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Banyuwangi Letkol Laut (P) Hafidz, M.Tr.Opsla., melaksanakan inspeksi terhadap pengamanan proses debarkasi Alutsista Militer Amerika Serikat yang telah memasuki hari kedua sejak kedatangannya (12/8) kemarin, bertempat di Dermaga Tanjung Wangi, Ketapang Banyuwangi, Selasa (13/8/2024).

Bersama Kolonel Mar Profs Dhegratmen, SA., M.Tr.Hanla., perwakilan dari Kodiklat TNI, orang nomor satu di jajaran TNI AL Banyuwangi ini melihat langsung proses debarkasi material dan Alutsista yang diturunkan dari Kapal MV. Cape Hudson menuju area parkir Dermaga Tanjungwangi, serta memeriksa kesiapsiagaan prajurit yang melaksanakan pengamanan di area Dermaga Tanjungwangi.

Danlanal Banyuwangi dalam keterangannya menyampaikan bahwa keamanan dan keselamatan menjadi prioritas utama dalam kegiatan ini. “Kami telah melakukan persiapan yang matang untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan debarkasi berjalan lancar dan aman,” ujarnya.

Ia pun mengungkapan rasa bangganya atas kepercayaan yang diberikan kepada Lanal Banyuwangi untuk mendukung kegiatan berskala internasional ini. “Hal ini merupakan kesempatan bagi kami untuk menunjukkan kemampuan dan profesionalisme prajurit TNI AL Lanal Banyuwangi dalam mensukseskan perhelatan latihan militer terbesar se Asia-Pasifik,” ucapnya bangga.

Bhakti Kanyini Ausindo 2024, Gelar Latihan Tanggap Bencana

By On August 13, 2024

(Puspen TNI) Latgabmapad (Latihan Gabungan Bersama Terpadu) “Bhakti Kanyini Ausindo 2024” yang dilaksanakan oleh 3 Negara yaitu Indonesia, Australia dan Amerika, sebagai bukti peningkatan kerjasama international Indonesia pada bidang pertahanan, kegiatan tersebut digelar di The Parliament House, Darwin, Senin, (12/08/2024).

Latihan tersebut melibatkan  TNI sebanyak 30 Orang dengan mengikutsertakan  instansi BNPB sebanyak 2 orang dan Basarnas 2 orang, selanjutnya 30 orang dari ADF (Australia Defense Force), dan 25 Orang MRF-D ( Marines Rotational Force). Sebagai Observer negara Inggris, Papuanugini, Timor Leste.

Dalam sambutan pembukaan Mrs. Marc Monagan dari Legislative Assembly menyampaikan kebanggaannya kegiatan latihan ini dapat terlaksana  dengan baik, sehingga dapat meningkatkan  kemampuan penanggulangan bencana negara yang terlibat. Sedangkan dari TNI oleh Ketua Delegasi Letkol Laut (P) Dwi Herdian Saputra. Usai pembukaan dilanjutkan Academic Class dengan materi penjelasan makanisme penanggulangan bencana di Australia.

Panglima TNI Dampingi Presiden RI Groundbreaking dan Resmikan
Infrastruktur di IKN

By On August 13, 2024

(Puspen TNI). Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto mendampingi Presiden RI Joko Widodo pada acara Peletakan Batu Pertama (Groundbreaking) beberapa proyek pembangunan infrastruktur PT. Intiland Development Tbk., Kantor Bank Swasta PT. Bank Central Asia Tbk., Swiss-Belhotel Nusantara dan Nusantara International Convention Center and Hotel serta peresmian Taman Kusuma Bangsa di Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (12/8/2024).

Presiden RI Joko Widodo melaksanakan peletakan batu pertama dan peresmian proyek infrastruktur di Kawasan Inti Pemerintahan Pusat, Ibu Kota Nusantara (IKN) meliputi kantor perbankan, hotel dari perusahaan swasta sampai memorial park atau Taman Kusuma Bangsa. Dengan dilakukan percepatan pembangunan proyek infrastruktur ini diharapkan dapat berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi di Indonesia khususnya di Provinsi Kalimantan Timur serta dapat membuka lapangan kerja seluas-luasnya untuk masyarakat Indonesia.

Turut hadir pada kegiatan tersebut diantaranya para Menteri Kabinet Indonesia Maju, Plt. Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono, Plt. Wakil Otorita IKN Raja Juli Antoni, Pj. Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik, Pj. Bupati Penajam Paser Utara Makmur Marbun, Kurator Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Ridwan Kamil beserta para undangan lainnya.

Panglima TNI Hadiri Sidang Kabinet Paripurna Perdana di IKN

By On August 12, 2024

(Puspen TNI). Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri Sidang Kabinet Paripurna (SKP) yang dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo di Istana Garuda, Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (12/8/2024).

Pembahasan dalam sidang kabinet tersebut membahas hal-hal yang bersifat umum,  yang meliputi evaluasi pemerintahan pada tahun ini, terutama tahun terakhir pemerintahan Presiden RI Joko Widodo-Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin. Selain itu, sidang ini juga membahas perencanaan tahun depan termasuk transisi pemerintahan Presiden RI terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden RI terpilih Gibran Rakabuming Raka. 

Presiden RI Joko Widodo juga menyebutkan Sidang ini adalah sidang yang sangat istimewa sebab pertama kali digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN). Turut hadir pada sidang tersebut diantaranya Wakil Presiden RI K.H. Ma’ruf Amin, Presiden RI terpilih Prabowo Subianto, para Menteri Kabinet Indonesia Maju, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Jaksa Agung ST Burhanuddin, Kepala BIN Budi Gunawan serta para undangan lainnya.

Yonzipur 5/ABW Gagalkan Penyeludupan 8,4 Kg Sabu

By On August 12, 2024

(Puspen TNI). Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Republik Indonesia – Malaysia Yonzipur 5/ABW mengamankan Narkotika jenis sabu seberat 8,4 Kg di Desa Sie Tekam, Ketungau Hulu, Sintang, Kalimantan Barat, Minggu  (11/8/2024).

Keberhasilan menggagalkan penyelundupan Narkoba jenis sabu ini berawal dari informasi yang diterima dari masyarakat yang kemudian ditindaklanjuti oleh Tim Satgas  untuk melaksanakan patroli dan ambush. Tim menemukan 2 (dua) orang yang mencurigakan, kemudian dilakukan penyergapan tetapi pelaku berhasil melarikan diri ke wilayah Malaysia. Selanjutnya Tim Satgas melakukan pembersihan dan mendapatkan tas berwarna hijau yang berisikan 8,4 Kg paket sabu yang dibungkus teh berlabelkan Refined Chinese Tea.

Danrem 121/ABW Brigjen TNI Luqman Arief dalam Press Release pada Senin, 12 Agustus 2024 mengungkapkan bahwa hal ini berawal dari tim Satgas Yonzipur 5/ABW yang telah membaca pola operasi yang dilakukan oleh kelompok tersebut dan sudah dipelajari dan dianalisa, seperti strategi mereka, jalur yang mereka gunakan, kemudian didukung oleh masyarakat yang tergabung dalam program Radar Embrio Anti Narkoba. 

“Para Agen Radar Embrio Anti Narkoba ini akan saya pastikan ada di setiap jengkal tanah perbatasan, Kolaborasi mereka dengan TNI-AD akan menjaga NKRI ini dengan Maksimal,” tegasnya. 

Pelaksanaan penyerahan barang bukti tersebut kepada Badan Narkotika Nasional/Provinsi akan dijadwalkan lebih lanjut.

Jelang Super Garuda Shield 2024, Militer AS Datangkan Alutsistanya

By On August 12, 2024

(Puspen TNI). Menjelang perhelatan Latihan Gabungan Bersama (Latgabma) multi nasional Super Garuda Shield tahun 2024, Angkatan Bersenjata Amerika Serikat mengirimkan Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) yang akan digunakan dalam latihan berskala internasional tersebut. 

Dengan diangkut Kapal MV Cape Husdon berbendera Amerika Serikat, sejumlah kendaraan militer diturunkan dari dalam kapal termasuk helikopter tempur dan angkut milik militer AS, bertempat di Dermaga Tanjung Wangi, Banyuwangi, Senin (12/8/2024).

Dalam keterangannya, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Banyuwangi Letkol Laut (P) Hafidz, M.Tr.Opsla., menyebut Latgabma SGS yang akan berlangsung akhir Agustus hingga awal September mendatang merupakan latihan militer multilateral yang digelar rutin tiap tahun oleh TNI bekerja sama dengan Angkatan Bersenjata Amerika Serikat serta melibatkan pasukan dari negara sahabat. 

“Dalam rangka mendukung kelancaran dan keamanan proses debarkasi material US Army tersebut, atas petunjuk pimpinan, kami kerahkan prajurit Lanal Banyuwangi beserta unsur Patroli Keamanan Laut (Patkamla) KAL Rajegwesi II-5-40, KAL Sembulungan II-5-42, RHIB dan RBB untuk melaksanakan pengamanan di Area Dermaga Tanjung Wangi dari H-1 hingga selesai kegiatan,” tambahnya.

Kuliah Umum Dubes RI Pada Perwira RCAF Universitas Pertahanan Kamboja

By On August 12, 2024

(Puspen TNI). Duta Besar Indonesia untuk Kamboja Dr. Santo Darmosumarto, memberikan kuliah umum di hadapan 500 perwira RCAF (Royal Cambodia Armed Forces), mahasiswa dan dosen di Universitas Pertahanan Nasional Kamboja (NDU) di Phnom Penh. Dalam kuliah umum tersebut, Dubes Santo menguraikan hubungan bilateral yang semakin erat, dengan menekankan pentingnya kerja sama di bidang pertahanan dan keamanan dalam menghadapi tantangan regional. Senin (12/8/2024).

Lebih jauh ditekankan pula bahwa negara-negara berkembang seperti Indonesia dan Kamboja harus saling membantu dalam mengembangkan kebijakan luar negeri yang bebas dan mandiri. “Dalam dunia yang semakin terpolarisasi, negara-negara berkembang harus cermat dalam menjalankan kebijakan luar negeri mereka agar tidak terjebak dalam pusaran konflik global,” tegas Duta Besar.

Duta Besar juga menyoroti berbagai isu keamanan yang dihadapi Indonesia, Kamboja, dan kawasan lainnya, seperti pandemi, terorisme, perdagangan narkoba dan manusia, kejahatan siber, degradasi lingkungan, perubahan iklim, serta kelangkaan pangan dan energi. “Tidak ada satu negara pun yang bisa mengatasi tantangan ini sendirian. Kita harus bekerja sama untuk menanganinya”, ujarnya.

Kuliah umum diakhiri dengan sesi tanya jawab, di mana para perwira dan mahasiswa menunjukkan minat yang besar terhadap hubungan Indonesia-Kamboja dan kontribusinya terhadap kawasan. Dubes Santo mengungkapkan optimisme terhadap kerja sama bilateral di masa depan dengan mengatakan, “Peran Indonesia dalam membantu Kamboja memulihkan perdamaian selama masa konflik adalah bukti dari persahabatan kita yang kuat”.

Bakamla RI Serahkan 8 Nelayan ke Pemerintah Natuna

By On August 12, 2024

Natuna, 11 Agustus 2024 – Bakamla Republik Indonesia, melalui unsur KN Tanjung Datu-301, berhasil menyerahkan delapan nelayan Indonesia yang telah dibebaskan oleh pihak Malaysia kepada Pemerintah Kabupaten Natuna. Serah terima ini dilakukan pada koordinat 02°58.433′ N / 108°59.218′ E pada pukul 17.50 LT, di perairan Sube, Minggu (11/8/2024).

Operasi penjemputan dan penyerahan nelayan ini dipimpin langsung oleh Komandan KN Tanjung Datu-301, Kolonel Bakamla Rudi Endratmoko S.E., M.M., M.Tr.Opsla. Proses serah terima dimulai pada pukul 17.55 LT, saat KN Tanjung Datu-301 melakukan identifikasi visual terhadap kapal kayu yang ditugaskan untuk menjemput dua kapal nelayan yang akan diturunkan di Subi.

Pada pukul 18.00 LT, kapal penjemput dari Pemerintah Kecamatan Subi merapat di lambung kiri KN Tanjung Datu-301. Rombongan dari Kecamatan Subi, yang dipimpin oleh Sekretaris Kecamatan Subi bersama Babinpotmar dan pegawai kecamatan, memberikan ucapan terima kasih kepada Komandan KN Tanjung Datu-301 atas upaya dan kerjasama yang telah terjalin.

Pada pukul 18.10 LT, dua sekoci dari KN Tanjung Datu-301 diturunkan untuk membantu pemasangan tali towing ke kapal penjemput dari Pemerintah Kecamatan Subi. Pemasangan tali towing selesai pada pukul 18.30 LT, dan kapal pemerintah dengan dua kapal nelayan yang ditowing segera berangkat meninggalkan titik temu untuk melanjutkan pelayaran ke Kecamatan Subi pada pukul 18.45 LT.

KN Tanjung Datu-301 kemudian bergerak meninggalkan titik temu pada pukul 19.00 LT, menuju Selat Lampa Natuna dengan towing satu kapal ikan dari tiga kapal yang diserahkan oleh pihak Malaysia. Dengan panjang towingan sekitar 50 meter, KN Tanjung Datu-301 diperkirakan akan tiba di Selat Lampa pada pagi hari Minggu, 11 Agustus 2024. Perlu diketahui nelayan Indonesia ditangkap Petugas Marine Police Malaysia saat memancing di perairan Malaysia Timur pada 16 April 2024, hal ini karena kurang pengetahuan nelayan Indonesia akan batas-batas perairan antar negara.

Selama proses towing, personel KN Tanjung Datu-301 ditempatkan di buritan kapal untuk melakukan pengawasan langsung dan berkomunikasi dengan personel KN Tanjung Datu-301 yang berada di kapal nelayan jika terjadi kendala. Kapal nelayan yang ditowing oleh KN Tanjung Datu-301 ini membawa tiga personel KN Tanjung Datu-301 dan dilengkapi dengan tiga unit sarana komunikasi HT.

Serah terima ini merupakan wujud nyata kerjasama antara Bakamla RI dan Pemerintah Daerah dalam menjaga kedaulatan maritim serta melindungi nelayan Indonesia.(Humas Bakamla RI)

Bakamla RI Berhasil Evakuasi Korban Kapal Tenggelam

By On August 11, 2024

Batam, 10 Agustus 2024. Bakamla RI yang tergabung dalam Tim SAR Gabungan berhasil mengevakuasi korban kecelakaan kapal tenggelam pada koordinat 1° 12′ 19.86″ N 104° 3′ 39.14″ E di perairan Pulau Putri Nongsa, Kota Batam, Sabtu (10/8/2024) 

Informasi awal diterima Rabu, 7 Agustus 2024 pukul 12.05 WIB, setelah Bapak Romi, rekan korban, melaporkan kejadian tersebut kepada Basarnas Tanjung Pinang. Korban dilaporkan hilang setelah pergi melaut Selasa (6/8). 

Pada Rabu, 7 Agustus 2024 sekitar pukul 09.29 WIB, Kapal Pol XXXI-2004 menemukan 1 unit boat milik korban di Perairan Pulau Putri, Kota Batam. Berdasarkan laporan tersebut, dibentuklah Tim SAR Gabungan untuk melaksanakan operasi pencarian.

Operasi pencarian dibagi menjadi tiga wilayah utama. Pada Jumat, 9 Agustus 2024, pukul 08.44 WIB, SRU I melakukan penyisiran permukaan menggunakan catamaran 5-08 milik Bakamla RI dan RIB Pos SAR Batam. Penyisiran dilakukan di sekitar Perairan Pulau Putri hingga perbatasan Laut Singapura dengan luas area 33 NM. SRU II, menggunakan speedboat Polair Polda Kepri, juga melakukan pencarian dengan luas area yang sama. Sementara itu, SRU III, terdiri dari tim darat, melaksanakan penyisiran di pesisir dan perairan dangkal menggunakan sampan serta didukung oleh drone thermal dengan ketinggian 50-60 meter dan luas area jelajah 700-1000 meter.

Pada pukul 18.25 WIB, VTS Batam melaporkan bahwa Kapal Jolly Richie menemukan korban mengapung pada koordinat 01 16.230′ N – 104 2.390′ E. Tim SAR di lapangan segera bergerak menuju lokasi penemuan dan berhasil mengevakuasi korban pada pukul 19.00 WIB. Korban kemudian dibawa ke Dermaga Utama Basarnas Bagian Barat di Sekupang, Batam, dan tiba pada pukul 20.10 WIB. Selanjutnya, korban dievakuasi ke RS Bhayangkara Batam untuk penanganan lebih lanjut.

Dengan penemuan korban ini, operasi SAR gabungan dinyatakan selesai.  Adapun unsur SAR yang terlibat dalam operasi ini meliputi Zona Bakamla Barat, Kan SAR TPI, Pos SAR Batam, Polair Polda Kepri, Polair Polresta, serta dukungan dari nelayan setempat.(Humas Bakamla RI)

Dalam Rangka Memeriahkan HUT ke-79 RI, Lanud Sultan Hasanuddin Gelar
Pameran Alutsista di Trans Studio Mall Makassar

By On August 11, 2024

Makassar – Dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia, Lanud Sultan Hasanuddin menggelar pameran Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) TNI AU, di Trans Studio Mall Makassar, Sabtu (10/8/2024). 

Komandan Lanud (Danlanud) Sultan Hasanudin, Marsma TNI Bonang Bayuaji G, S.E., M.M., CHRMP., menyampaikan bahwa pameran ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kebanggaan masyarakat terhadap kemampuan persenjataan yang dimiliki TNI AU. “Kami ingin menunjukkan kepada masyarakat, terutama generasi muda, tentang kekuatan dan kesiapan Alutsista yang dimiliki oleh TNI Angkatan Udara dalam menjaga kedaulatan NKRI,” ujarnya.

Pameran Alutsista TNI AU  berlangsung dari tanggal 9 hingga 18 Agustus 2024 dan terbuka untuk umum. Pada pameran Alutsista tersebut, pengunjung juga dapat menyaksikan berbagai jenis senjata laras pendek dan laras panjang serta beberapa seragam dinas yang digunakan oleh prajurit TNI AU. Selain itu para pengunjung juga  dapat berinteraksi langsung dengan para prajurit TNI AU.

Pameran ini mendapat antusiasme yang tinggi dari masyarakat Makassar dan sekitarnya. Banyak pengunjung yang datang bersama keluarga untuk melihat lebih dekat dan mencari informasi tentang pendaftaran untuk menjadi prajurit TNI AU.

Acara pameran Alutsista TNI AU sengaja digelar di Trans Studio Mall Makassar untuk lebih dekat dengan masyarakat khususnya generasi milenial, sekaligus sebagai sarana untuk memperkuat rasa cinta tanah air di tengah peringatan kemerdekaan Indonesia yang ke-79. (Pen Hnd)