-->
Advertise Here

Subscribe Here!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Search This Blog

lenterakhatulistiwa.com. Powered by Blogger.
 Inspektorat, Kejaksaan dan BPK Periksa Kades Cisalada Dugaan Bagi-bagi
Proyek

By On July 31, 2024

Kab Bogor 

Pembangunan lapangan futsal sarat bancakan,pasalnya pembangunan yang menggunakan anggaran dana desa melibatkan pihak ketiga.selain itu pekerjaan pembangunan gedung gor ini pun mengikut sertakan beberapa investor. hal ini terlihat jelas kalau proyek pembangunan ini menjadi ajang bagi” kue,Rabu (31/06/2024).

pembangunan rehabilitasi peningkatan sarana dan prasarana kepemudaan dan olah raga milik desa cisalada yang bersumber dari dana desa sebesar 422.401.000 rupiah sudah termasuk pajak ini.dengan lama pekerjaan selama 60 hari kerja ini jelas bukan dilaksanakan oleh TPK desa cisalada,melainkan di kerjakan oleh CV Adi mandiri.

Saat di mintai keterangan kepada Adi selalu pelaksana di lapangan membenarkan kalau pengerjaan proyek ini dilaksanakan olehnya,selain itu banyak pihak yang meminta sejumlah uang kepada nya termasuk kepala desa cisalada sebelum berangkat menunaikan ibadah haji,bahkan kembali meminta uang kepada Adi saat akan pulang setelah menunaikan ibadah haji,”paparnya”.

lebih lanjut Adi mengatakan dikarenakan banyaknya uang suap yang diberikan kepada pihak-pihak terkait, dirinya pun terjerat oleh hutang piutang sehingga pembangunan rehabilitasi sarana dan prasarana kepemudaan yang sudah direncanakan akhirnya menjadi tertunda.dan saat ini pihak desa pun memutus kontrak kerja dengan CV Adi mandiri,”jelasnya”.

Dengan bobroknya pembangunan yang dilakukan oleh kepala desa cisalada ini di minta inspektorat,kejaksaan dan BPK agar segera melakukan pemeriksaan kepada kepala desa cisalada dan apabila terbukti tangkap dan penjarakan kepala desa cisalada yang menyalahgunakan wewenang nya.

Kapuspen TNI Berikan Reward Kepada Prajurit Berprestasi dan Lepas
Prajurit Mutasi KeluarPuspenTNI

By On July 31, 2024

(Puspen TNI). Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI Nugraha Gumilar memberikan Reward atau penghargaan bagi  Prajurit-prajurit Puspen TNI yang berprestasi bertempat di Aula Balai Wartawan Mabes TNI Cilangkapa Jakarta Timur. Rabu (31/07/2024).

Dalam sambutannya, Kapuspen TNI menyampaikan bahwa prestasi yang diraih bukan  hanya kebanggaan pribadi, tetapi kebanggaan bagi satuan dan institusi. Semoga keberhasilan-keberhasilan yang telah dicapai menjadi motivasi untuk terus meningkatkan kemampuan serta memberikan kontribusi terbaik bagi satuan, bangsa dan negara. “Tetaplah rendah hati, terus berlatih jangan pernah berhenti untuk mengukir prestasi,” ucap Kapuspen TNI.

“Kepada personel yang  menerima penghargaan agar tidak cepat berpuas diri. Penghargaan ini bukan akhir dari perjalanan, tetapi  awal dari tantangan baru. Terus tingkatkan kualitas dan profesionalisme dalam setiap tugas yang yang dijalankan,“ pesan Mayjen TNI Gumilar.

Adapu prajurit Puspen TNI yang telah menorehkan prestasi diantaranya Letda Arm Rohman Febrianto dan Letda Arh Adrian Mitra yang berhasil meraih juara satu lomba Karya Cipta Tekhnologi TNI AD TA 2024, dan juga Sertu Jas/W Angelia Patrisi Vanya yang  berhasil meraih Juara III 3000 m Navy Open Water Swimming Competition dan Juara III 4×100 Surface Putri Kejurnas Jawa Barat.

Dalam kesempatan yang sama Kapuspen TNI juga melepas personel yang akan melaksanakan tugas pindah satuan. Mayjen TNI Gumilar menyampaikan ucapan terima kasih serta penghargaan yang tinggi atas pelaksanaan tugas dan pengabdiannya selama berdinas di Puspen TNI. “Semoga segala pengalaman yang telah diperoleh dapat dijadikan  bekal berharga dalam mengemban tugas di tempat yang baru,” pungkasnya.

Kodam XII/Tpr Gagalkan Penyelundupan 6,3 Kilogram Sabu

By On July 31, 2024

(Puspen TNI).  Kodam XII/Tanjungpura melalui Satgas Pamtas RI-MLY Yonkav 12/BC berhasil menggagalkan upaya penyelundupan 6,3  Kilogram lebih Sabu di jalur tidak resmi perbatasan Indonesia-Malaysia, Desa Saparan, Jagoi Babang, Bengkayang, Jumat (26/07/2024).

Keberhasilan pengungkapan kasus ini berawal dari kedekatan dan hubungan baik dengan masyarakat, sehingga memberikan informasi kepada Satgas Pamtas RI-MLY Yonkav 12/BC. Sekitar pukul 02.45 WIB 3 (tiga) orang pelaku berhasil diamankan Satgas saat akan meloloskan 6 paket Sabu masuk ke wilayah Indonesia. Pelakunya, satu orang inisial E (24) merupakan warga negara Malaysia yang mengaku tinggal di Kampung Sebuluh, Lundu, Serawak. Dan dua pelaku lainnya lagi warga negara Indonesia dengan inisial N (16) dan OL (26), keduanya masyarakat Dusun Jagoi Belida, Desa Sekida, Jagoi Babang.

Hari ini barang bukti beserta 3 (tiga) orang diduga pelaku diserahkan oleh Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Iwan Setiawan kepada Kepala BNNP Kalimantan Barat, Brigjen Pol. Drs. Sumirat Dwiyanto, M.Si., di Aula Sudirman, Makodam XII/Tpr.

Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Iwan Setiawan dalam kesempatan ini mengapresiasi sinergitas intelijen, Polri, BNN, Imigrasi, Bea Cukai, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama yang mana mereka saling memberikan informasi untuk mencegah penyelundupan Narkoba di perbatasan. “Tentunya kami aktif di lapangan, dipimpin oleh Danyonkav 12/BC diarahkan sama Danrem 121/Abw dan diawasi oleh Pangdam untuk mencari informasi, patroli dan Ambush serta memanfaatkan Drone kami. Sehingga anak-anak di lapangan dengan tidak kenal menyerah mendapatkan hasil yang membanggakan. Untuk yang sekarang saja sekitar 96 ribu orang berhasil kita selamatkan dari menggunakan Sabu,” jelas Pangdam XII/Tpr.

Danlanud Sultan Hasanuddin Resmikan Penggunaan Sumur Bor di Kecamatan
Bontoa Kabupaten Maros

By On July 31, 2024

Makassar – Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI Bonang Bayuaji G, S.E., M.M., CHRMP., meresmikan penggunaan sumur bor di Desa Panjallingan, Kelurahan Bontoa,  Kecamatan Bontoa Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan, Rabu (31/7/2024).

Dalam sambutannya Danlanud Sultan Hasanuddin menyampaikan bahwa, pembangunan sumur bor Kelurahan Bontoa,  Kecamatan Bontoa Kabupaten Maros, diharapkan dapat menjadi solusi bagi permasalahan ketersediaan air bersih. “Sumur bor ini dirancang untuk memberikan akses yang lebih baik dan berkelanjutan terhadap ketersediaan air bersih bagi masyarakat setempat, serta mendukung kegiatan sehari-hari yang memerlukan air,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Marsma TNI Bonang Bayuaji mengatakan bahwa Inisiatif pembuatan sumur bor ini adalah bagian dari komitmen kami, TNI Angkatan Udara, untuk selalu hadir dan berkontribusi dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat. “Kami percaya bahwa keberadaan pangkalan TNI AU di suatu wilayah harus memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitarnya, termasuk dalam hal penyediaan fasilitas dasar seperti air bersih”, ujarnya.

TNI Angkatan Udara, menurut Marsma TNI Bonang Bayuaji, tidak hanya menerbangkan pesawat dan menjaga keamanan udara, tetapi juga terlibat dalam berbagai kegiatan sosial yang memberikan senyum kecil bagi masyarakat di sekitarnya. “Dengan adanya pembuatan sumur bor ini masyarakat dapat menikmati akses yang lebih baik terhadap air bersih,  khususnya masyarakat yang berada di Kecamatan Bontoa,” ucapnya.

Danlanud Sultan Hasanuddin berharap, sumur bor  dapat mengurangi masalah kekurangan air, serta meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup warga.

Usai peresmian sumur bor, Komadan Lanud Sultan Hasanuddin didampingi Wakil Bupati Maros Hj. Suhartina Bohari, S.E., M.Ikom, Ketua Badan Amil Zakat Nasional Kab. Maros Dr. Ansar Taufiq, M. Si, Camat Bontoa Mulyadi, S.STP., melaksanakan penyerahan bantuan paket Sembako kepada warga masyarakat yang diwakili masing-masing desa.

Turut hadir dalam peresmian sumur bor antara lain Danwing 5 Lanud Sultan Hasanuddin, Kolonel Pnb Agus Rohimat, M. Avn., Mgt.pcs (j)., Kadispotdirga Kolonel Pas I Komang Dony A.W., Kadislog Kolonel Tek Luqman Hakim, Danwing Komando II Kopasgat Kolonel Pas Agus Triono, S.E., Karumkit RSAU dr. Dody Sardjoto Lanud Sultan Hasanuddin Kolonel Kes dr. Nikolas Ardito, dan  Para pejabat Lanud Sultan Hasanuddin. (Pen Hnd) 

Lanud Sultan Hasanuddin dan PT. Bank Mandiri, TBK Tanda Tangani
Perjanjian Kerja Sama Penggunaan dan Pemberian Jasa Layanan Produk
Perbankan

By On July 30, 2024

Makassar – Lanud Sultan Hasanuddin dan PT. Bank Mandiri, Tbk., menandatangani Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerja Sama terkait penggunaan dan pemberian Jasa Layanan produk Perbankan. Penandatanganan dilakukan Komandan Lanud (Danlanud) Sultan Hasanuddin Marsma TNI Bonang Bayuaji G,S.E., M.M., CHRMP., dan Area Head Makassar Kartini Region X Sulawesi & Maluku, Gary Tifen,  bertempat di ruang Galaksi Base Ops Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, Selasa (30/7/2024).

Dalam kesempatan tersebut Marsma TNI Bonang Bayuaji menjelaskan bahwa, perjanjian kerja sama dilakukan sebagai bentuk payung hukum dan wujud implementasi kerja sama yang lebih formil dan mengikat. “Kerja sama ini merupakan wujud niat baik yang diterjemahkan dalam bentuk kerja sama atau nota kesepahaman, intinya adalah niat baik yang dapat saling menguntungkan kedua belaj pihak,” ujar Marsma TNI Bonang Bayuaji

Menurut Danlanud Sultan Hasanuddin, nota kesepahaman yang ditandatangani tersebut terkait penggunaan dan pemberian jasa layanan produk perbankan yang  bertujuan sebagai landasan untuk melakukan kegiatan kerja sama kedua belah pihak dalam  menunjang tugas dan fungsi masing-masing.

Turut hadir dalam pendatangan kerja sama tersebut antara lain, Komandan Wing Udara 5 Lanud Sultan Hasanuddin Kolonel PNB Agus Rohimat. M.Avn.Mgt.psc(j)., Kepala dinas Operasi (Kadisops) Kolonel PNB Hilman L.P. Ambarita, M.M.S., Kepala Dinas Logistik (Kadislog) Kolonel Tek Luqman Hakim, S.Pd.I., M.Int.Sy., Kepala Dinas Potensi Kedirgantaraan (Kadispotdirga) Kolonel Pas I Komang Dony AW., dan  GVB Head Region X Sulawesi  dan Maluku, Widiawaty Mochtar  serta Manager Kantor Cabang Bank Mandiri Makassar Daya, Asminiar. (Pen Hnd)

Danlanud Sultan Hasanuddin Hadiri Upacara Peringatan Hari Bakti Ke-77
TNI AU di MakopsudII

By On July 30, 2024

Makassar – Komandan Lanud (Danlanud) Sultan Hasanuddin Marsma TNI Bonang Bayuaji G. S.E., M.M., CHRMP menghadiri Upacara Peringatan Hari Bakti Ke-77 TNI AU yang dilaksanakan di Lapangan Markas Komando Operasi Udara (Makoopsud) II, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (29/7/2024).

Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) Kepala Staf Komando Operasi Udara (Kaskoopsud) ll, Marsma TNI Azhar Aditama Djojosugito, S.Sos., M.M., M.Han. 

Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI M. Tonny Harjono, S.E., M.M., dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kaskoopsud II Marsma TNI Azhar Aditama Djojosugito, menyampaikan bahwa, sebagai bentuk nyata dari pengabdian prajurit TNI Angkatan Udara kepada bangsa dan negara adalah dengan mempertahankan semangat patriotisme para pendahulu Angkatan Udara serta meringankan beban masyarakat sekitar dalam setiap penugasan.

“Saya yakin dengan meneladani patriotisme para pendahulu para prajurit akan mampu mewujudkan Angkatan Udara yang Adaptif, Modern, Profesional, Unggul, dan Humanis, untuk Indonesia Maju,” ujarnya.

Lebih lanjut Kasau menjelaskan bahwa, rangkaian peringatan ke-77 Hari Bakti TNI Angkatan Udara telah sukses melaksanakan kegiatan Karya Bakti secara terpusat di Kabupaten Maros dan Kabupaten Takalar Provinsi Sulawesi Selatan yang meliputi Bantuan sembako sebanyak 4600 paket, renovasi sekolah, pemberian layanan kesehatan dan kegiatan sosial lainnya.

“Kegiatan sosial kemasyarakatan yang dilaksanakan bukan hanya sebagai bentuk penghormatan kepada para pendahulu, tetapi juga sebagai wujud konkret kepedulian Angkatan Udara terhadap bangsa Indonesia,” ungkapnya.

Peringatan Hari Bakti Ke-77 TNI AU memgangkat tema “Meneladani Patriotisme Para Pendahulu, TNI AU Siap Mewujudkan Angkatan Udara yang Adaptif, Modern, Profesional, Unggul dan Humanis untuk Indonesia Maju”.

Upacara diawali dengan pengibaran bendera merah putih, pembacaan teks pancasila dan pembacaan pembukaan UUD 1945. Upacara Peringatan Hari Bakti Ke-77 TNI AU diikuti oleh segenap personel Koopsud II, Lanud Sultan Hasanuddin dan Kosek II mulai dari Perwira, Bintara, Tamtama dan Aparatur  Sipil Negara (ASN). (Pen Hnd)

Asops Panglima TNI Buka Acara Penilaian Rentinkon Tahun 2025 Kotamaops
TNI

By On July 29, 2024

(Puspen TNI). Asisten Operasi (Asops) Panglima TNI yang diwakili oleh Paban II/Orstra Sops TNI, Kolonel Laut (P) Donny Suharto, S.H., M.Tr.Opsla membuka kegiatan penilaian Rencana Kontigensi (Rentinkon) Kotamaops TNI Kewilayahan untuk tahun 2025, bertempat di Hotel Permata Bogor, Jawa Barat, Kamis (25/07/2024).

Dalam sambutannya, Asops Panglima TNI menekankan bahwa Rentinkon Kotamaops TNI adalah dokumen strategis jangka pendek sebagai langkah antisipatif terhadap berbagai ancaman militer maupun non-militer yang telah dianalisa dan diprediksi dapat menjadi kontigensi pada skala prioritas untuk tahun depan.  Rentinkon yang telah disusun ini memuat rencana penanganan kontigensi melalui pengerahan kekuatan nyata oleh Kotamaops setempat termasuk pelibatan komando samping, K/L serta pemerintah daerah.

Penilaian Rentinkon Kotamaops TNI ini merupakan bukti profesionalisme TNI dalam menjalankan tugas pokoknya melalui Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Kegiatan ini bertujuan untuk memeriksa dan memastikan validitas dokumen Rentinkon tiap Kotamaops TNI sebelum diuji pada tahap Latihan Kesiapsiagaan Operasi (LKO) dan akhirnya siap dioperasionalkan pada tahun 2025.

“Diharapkan, dari penilaian terhadap 20 produk Rentinkon Kotamaops TNI ini akan didapatkan dokumen yang siap operasional sebagai referensi pengerahan kekuatan TNI oleh Kogabwilhan, Kodam-Kodam, Koarmada RI maupun Koopsudnas dalam rangka mengantisipasi serta menghadapi segala kemungkinan kontigensi ancaman bersenjata maupun ancaman non-militer pada tahun yang akan datang,” ujar Paban II/Orstra Sops TNI mewakili Asops Panglima TNI.  

Sesuai dengan visi TNI PRIMA yang dicetuskan oleh Panglima TNI, Jenderal TNI Agus Subiyanto, kegiatan ini mencerminkan profesionalisme dan responsivitas TNI yang integratif, modern, dan adaptif dalam menghadapi ancaman, gangguan, tantangan, serta perubahan lingkungan strategis yang dinamis.

JPU Bacakan Replik terhadap Terdakwa H. Dani Bahdani dalam Sidang
Pidana Perkara Tanah Mabes TNI Jatikarya

By On July 29, 2024

(Puspen TNI). Jaksa Penuntut Umum (JPU) membacakan replik (tanggapan) terhadap nota pembelaan atau Pledoi dari penasehat hukum dan terdakwa dalam Sidang lanjutan Perkara Pidana Nomor 484/Pid. B/2023/PN. Bks dengan terdakwa H. Dani Bahdani, S.H., bertempat di Ruang Sidang Kartika 1 Lantai II Pengadilan Negeri Kota Bekasi Kelas 1 A Khusus Jl. Pintu Air Harapan Mulya, Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi, Jawa Barat, Senin (29/7/2024).

Sidang digelar secara terbuka untuk umum ini dipimpin oleh Majelis Hakim Basuki Wiyono, S. H., M.H., dengan Hakim Anggota 1  Nurdwi Amanu, S.H., M.H., Hakim Anggota 2 Moch. Nur Azizi, S.H., Panitera Pengganti Nining Anggraini K, S.H., Jaksa Penuntut Umum (JPU) Danu Bagus Pratama, S.H., M.H. Pengacara Tersangka diantaranya Jhon S.E. Panggabean, S.H., M.H., Daance Yohanes, S.H., Togap L.  Panggabean, S.H., Mangasi Ambarita, S.H., Ganti Lombantoruan, S.H., M.H.

Dalam penyampaiannya, JPU Danu Bagus Pratama, S.H., M.H., tetap berpegang teguh kepada surat tuntutan yang telah bacakan pada hari Kamis tanggal 01 April 2021 dan selanjutnya bahwa seluruh dalil dan permohonan yang telah diajukan Penasihat Hukum Terdakwa maupun seluruh dalil Terdakwa H. Dani Bahdani, S.H., Bin H.M. Tojib didalam Nota Pembelaannya (Pledoi) tidak dapat dipertahankan dan tidak dapat dipergunakan lagi.

JPU juga menegaskan bahwa berdasarkan semua dalil dan  alasan hukum Penasihat Hukum Terdakwa dan sebagaimana uraian Replik tersebut, demi terciptanya keadilan tertinggi, tercapainya kemanfaatan sosial dan menjamin kepastian hukum, maka Jaksa Penuntut Umum tidak sependapat dengan Pembelaan (Pledoi) Terdakwa dan tetap dengan tuntutan. 

“Yang pertama, menyatakan Terdakwa Dani Bahdani, S.H., terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan Tindak Pidana yang melakukan, menyuruh melakukan atau turut serta melakukan perbuatan dengan sengaja menggunakan surat palsu atau yang dipalsukan itu seolah-olah surat itu asli dan tidak dipalsukan, jika pemakaian tesebut dapat menimbulkan suatu kerugian sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 263 ayat (2) KUHP Jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP, yang kedua Menjatuhkan pidana terhadap Terdakwa Dani Bahdani, S.H. berupa pidana penjara selama 6 (enam) Tahun dengan dikurangi selama terdakwa berada dalam tahanan sementara dan menyatakan Terdakwa tetap ditahan dan menetapkan barang bukti tetap diletakan dlm berkas perkara,” tegas Danu Bagus Pratama, S.H., M.H.

Danlanud Sultan Hasanuddin Pimpin Upacara Ziarah Makam Pahlawan Dalam
Rangka Peringatan Hari Bakti Ke-77 TNI AU

By On July 29, 2024

Makassar – Dalam rangka memperingati Hari Bakti ke-77 TNI Angkatan Udara, Komandan Lanud Sultan Hasanuddin, Marsma TNI Bonang Bayuaji G., S.E., M.M., CHRMP., memimpin upacara ziarah makam pahlawan di Taman Makam Pahlawan Panaikang, Makassar, Minggu (28/7/2024). 

Upacara ziarah makam dalam rangka Hari Bakti Ke-77 TNI AU, diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan yang dipimpin langsung oleh Danlanud Sultan Hasanuddin. Selanjutnya, Marsma TNI Bonang Bayuaji, melakukan peletakan karangan bunga sebagai tanda penghormatan  atas jasa-jasa para pahlawan bangsa.

Usai upacara,  dilaksanakan tabur bunga di pusara pahlawan oleh Danlanud Sultan Hasanuddin dan Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 7/D.ll Lanud Sultan Hasanuddin Ny. Liska Bonang Bayuaji. 

Usai tabur bunga, Danlanud Sultan Hasanuddin menjelaskan pentingnya untuk selalu mengingat dan mengenang serta menghormati perjuangan para pahlawan bangsa. “Peringatan Hari Bakti TNI AU merupakan  momentum untuk selalu mengingatkan kembali semangat patriotisme dan nasionalisme para  pejuang TNI AU yang gugur dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan  Indonesia,” ujarnya. 

Upacara dihadiri oleh segenap Perwira, Bintara, Tamtama, serta Aparatur Sipil Negara (ASN)  TNI AU yang bertugas di Lanud Sultan Hasanuddin. (Pen Hnd) 

Panglima TNI Rotasi dan Mutasi 256 Perwira Tinggi TNI

By On July 28, 2024

(Puspen TNI). Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto merotasi dan mutasi sejumlah jabatan strategis di lingkungan TNI. Rotasi dan mutasi itu berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/851/VII/2024 tanggal 24 Juli 2024 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

“Telah resmi ditetapkan mutasi dan promosi jabatan 256 Pati (Perwira Tinggi) TNI terdiri dari: 156 Pati TNI AD, 52 Pati TNI AL, dan 48 Pati TNI AU,” ujar Kapuspen TNI Mayjen TNI Nugraha Gumilar dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Minggu (29/7/2024).

156 Pati TNI AD yaitu Letjen TNI Bambang Ismawan, S.E., Μ.Μ. dari Kasum TNI menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Letjen Richard T.H. Tampubolon, S.H., M.H. dari Pangkogabwilhan III menjadi Kasum TNI, Mayjen TNI Bambang Trisnohadi dari Pangdam IX/Udayana menjadi Pangkogabwilhan III, Mayjen TNI Muhammad Zamroni, S.I.P dari Danpussenkav menjadi Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Eko Susetyo, M.M., M.Tr. (Han). dari Tenaga Ahli Pengajar Bid. Geo Strat dan Tannas Lemhannas menjadi Danpussenkav, Letjen TNI Muhammad Saleh Mustafa dari Pangkostrad menjadi Irjen TNI, Mayjen TNI Mohamad Hasan, S.H., M.H. dari Pangdam Jaya menjadi Pangkostrad, Mayjen TNI Rafael Granada Baay dari Pangdam V/Brw menjadi Pangdam Jaya, Mayjen TNI Rudy Saladin, M.A. dari Sesmilpres Kemensetneg menjadi Pangdam V/Brw, Mayjen TNI Suryo Tridoso Eko Sapto dari Ketua Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pembelajaran Unhan  menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun).

Brigjen TNI Dendi Suryadi, S.H., M.H. dari Staf Khusus Kasad menjadi Ketua Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pembelajaran Unhan, Kolonel Kav Rio Hendrawan Alin Putra, S.I.P., M.I.P. dari Pamen Denma Mabesad menjadi Karo TU dan Protokol Setjen Kemhan, Brigjen TNI Choirul Mustofa, S.Sos. dari Ir V Itjen Kemhan menjadi Dosen Tetap  Unhan, Kolonel Kav Edi Sutjipto, S.I.P., M.Hum., CFrA dari Auditor Madya Itjen Kemhan menjadi Ir V Itjen Kemhan, Kolonel Ckm Dr. Drs. Adi Priyono, Apt., M.Kes. dari Kabag TU Pusrehap Kemhan menjadi Wakil Dekan Bid. Keuangan dan Umum Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unhan, Brigjen TNI Yudha Medy Dharma Zaful, S.I.P. dari Staf Khusus Kasad mejadi Kepala LP2N Unhan, Mayjen TNI Dr. Priyanto, S.I.P., M.Si. (Han). dari Dekan Falkultas Strategi Pertahanan Unhan  menjadi Dosen Tetap Unhan, Brigjen TNI Dr. Oktaheroe Ramsi, S.I.P., dari Ses Ditjen Strahan Kemhan menjadi Dekan Fakultas Strategi Pertahanan Kemhan.

Brigjen TNI Immer Hotma Partogi Butarbutar, S.I.P., M.M. dari Dir Jakstrahan Ditjen Strahan Kemhan menjadi Ses Ditjen Strahan Kemhan, Kolonel Inf Dr. Nur Wahyu Widodo, S.E., M.A. dari Kasubdit Hanmil Dit Ralı Komhan Ditjen Strahan Kemhan menjadi Dir Jakstrahan Ditjen Strahan Kemhan, Brigjen TNI Harri Dolli Hutabarat, S.Sos., M.Si. dari Wakil Direktur Bid. Keuangan dan Umum Pascasarjana Unhan menjadi Dosen Tetap Unhan, Brigjen TNI Sudaryono, S.I.P., M.Han. dari Wakil Direktur Bid. Keuangan dan Umum Falkutas Strategi Pertahanan Unhan menjadi Dosen Tetap Unhan,   Kolonel Cke Laode Muhamad Aries, M.Sc. dari Kabid Dukniskod Puskod Baranahan Kemhan  menjadi Wakil Dekan Bid. Keuangan dan Umum Fakultas Strategi Pertahanan Unhan, Brigjen TNI Ir. Adik Sugiyanto dari Dirtopad menjadi Staf Khusus Kasad, Kolonel Kav Hendi Suhendi, S.Sos., M.Si. dari Pamen Denmabesad menjadi  Dirtopad.

Mayjen TNI Sulaiman Agusto, S.I.P., M.M. dari Staf Ahli Bid. Ekonomi Setjen Wantannas menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, S.IP. dari Wadan Kodiklatad menjadi Staf Ahli Bid. Ekonomi Setjen Wantannas, Mayjen TNI Izak Pangemanan dari Pangdam XVII/Cen menjadi Wadan Kodiklatad, Mayjen TNI Rudi Puruwito, S.E., M.M dari Pangdivif 1 Kostrad menjadi Pangdam XVII/Cen, Brigjen TNI Novi Rubadi Sugito, S.I.P., M.Si. dari Kasdivif 1 Kostrad menjadi Pangdivif 1 Kostrad, Brigjen TNI Purmanto dari Staf Khusus Kasad menjadi Kasdivif 1 Kostrad, Brigjen TNI Godman Siagian, S.I.P., M.Si. dari Bandep UR.Lingkungan Alam pada Deputi Bid.Sistem Nasional Setjen Wantannas menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Brigjen TNI Zakaria dari Wakapushubad menjadi Bandep UR.Lingkungan Alam pada Deputi Bid.Sistem Nasional Setjen Wantannas,  Brigjen TNI Dede Mulyana, S.sos., M.Tr.(Han). dari Staf Khusus Kasad menjadi Wakapushubad, Brigjen TNI Rudi Adrianto S.E., M.S.D.S. dari Bandep Ur. Sosbud Setjen Wantannas menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Brigjen TNI I Made Agung Ambara, S.T. dari Dirum Pushubad menjadi Kadissandi Bais TNI. 

Brigjen TNI Suparjo, S.I.P. dari Kadissandi Bais TNI menjadi Dirum Pushubad, Mayjen TNI Dr. R. Nugraha Gumilar M.Sc. dari Kapuspen TNI menjadi Dosen Tetap Unhan, Brigjen TNI Hariyanto dari Kasdam XVII/Cen menjadi Kapuspen TNI, Brigjen TNI Thevi Angandowa Zebua, S.E., M.M. dari Waaslat Kasad Bid. Kermamil menjadi Kasdam XVII/ Cen, Brigjen TNI Dwi Sasongko, S.E., M.H. dari Danmentar Akmil menjadi Waaslat Kasad Bid. Kermamil, Brigjen TNI Kristomei Sianturi, S.Sos., M.Si. dari Kadispenad menjadi Danmentar Akmil, Kolonel Inf Wahyu Yudhayana, S.E., M.M. dari Kapuskodalad  menjadi Kadispenad, Kolonel Arh I Made Kusuma Dhyana Graha, S.I.P. dari Pamen Denmabesad menjadi Dirlitbang Pusjianstralitbang TNI, Brigjen TNI Yuli Marjoko, S.Psi., Si., Psikolog. dari Wakapuspsi TNI menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Brigjen TNI Iwan Sumantri dari Kapusinfolahta TNI menjadi Staf Khusus Kasad, Brigjen TNI Wawan Pujiatmoko dari Staf Khusus Kasad menjadi Kapusinfolahta.

Mayjen TNI Yanuar Adil dari Pa Sahli Tk.III Kasad Bid.Wassus dan LH menjadi Staf Khusus Kasad, Brigjen TNI Husein Sagaf, S.H. dari Ir Kopassus menjadi Pa Sahli Tk.III Kasad Bid.Wassus dan LH, Kolonel Inf Yuri Elias Mamahi, S.I.P., M.Han. dari Paban Ill/Litbangasro menjadi Ir Kopassus, Brigjen TNI Simon Petrus Kamlasi dari Pa Sahli Tk. II Kasad Bid. LH menjadi Staf Khusus Kasad, Kolonel Inf Tarsono, S.I.P., M.M. dari Irut-V/Kermalat ASEAN Itlat Itum Itjenad menjadi Pa Sahli Tk. II Kasad Bid. LH, Brigjen TNI Erdy Jammy Lumintang, S.I.P. dari Pa Sahli Tk.II Kasad Bid. Kamkonf Komunal menjadi Staf Khusus Kasad, Brigjen TNI Dody Triwinarto, S.I.P dari Danrem 132/Tdl (Palu) Kodam XIII/Mdk menjadi Pa Sahli Tk.II Kasad Bid. Kamkonf Komunal, Kolonel Inf Deni Gunawan dari Danrem 012/Tu (Meulaboh) Kodam IM menjadi Danrem 132/Tdl (Palu) Kodam XIII/Mdk.

Brigjen TNI Denny R.I. Masengi dari Irdam XIII/Mdk manjadi Pati Mabes TNI AD (Meninggal Dunia), Brigjen TNI Bagus Suryadi Tayo, M.Sc. dari Waasrena Kasad Bid.Jemen dan RB menjadi Irdam XIII/Mdk, Kolonel Inf Eko Hariyanto, S.Sos. dari Pamen Denmabesad menjadi Waasrena Kasad Bid.Jemen dan RB, Mayjen TNI Dian Sundiana, S.E., M.M. dari Asops Kasad menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Brigjen TNI Christian Kurnianto Tehute dari Waasops Kasad Bid.Renops menjadi Asops Kasad, Kolonel Inf Ardiansyah, S.Sos., M.I.P. dari Paban VI/Ops DN Sopsad menjadi Waasops Kasad Bid.Renops, Brigjen TNI Mohammad Imam Gogor Agnie Aditya dari Aspers Kaskostrad menjadi Dosen Tetap Unhan, Kolonel Inf Andre Julian, S.I.P., M.Sos. dari Wadanmentar Akmil menjadi Aspers Kaskostrad, Brigjen TNI Abdul Rachman, S.Sos., M.Han. dari Irdam V/Brw menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun). 

Brigjen TNI Terry Tresna Purnama, S.I.Kom., M.Μ. dari Waaster Kasad Bid. Ren dan Puanter menjadi Irdam V/Brw, Brigjen TNI Edy Rochmatullah dari Pa Sahli Tk. II Kasad Bid. Kamteror menjadi Waaster Kasad Bid. Ren dan Puanter, Brigjen TNI Joni Triman Hasibuan dari Staf Khusus Kasad menjadi Pa Sahli Tk. II Kasad Bid. Kamteror, Brigjen TNI M. Syech Ismed, S.E., M.Han. dari Kasdam XIV/Hsn menjadi Kapusjarah, Brigjen TNI Rusmili, S.I.P., M.Si. dari Kapusjarah TNI menjadi Kasdam XIV/Hsn, Brigjen TNI Agus Erwan, S.I.P., M.Sc. dari Dirsen Pussenkav menjadi Staf Khusus Kasad, Brigjen TNI Jala Argananto, M.A., M.Sc. dari Dirum Pussenkav menjadi Dirsen Pussenkav, Kolonel Kav Sugiono, S.I.P. dari Pabanjianlat Sdirjian Kodiklatad menjadi Dirum Pussenkav, Kolonel Inf Gustia Wardana dari Irut-III/Biddagri Itintel Itum Itjenad menjadi Pa Sahli Tk. II Kasad Bid. Kum Ham dan Narkoba, Brigjen TNI Ramadi Siregar, S.E., M.Si. (Han). dari Widyaiswara Bid. Strategi dan Kawasan Seskoad menjadi Staf Khusus Kasad.

Brigjen TNI Wempi Ramandei dari Danrem 174/ATW (Merauke) Kodam XVII/Cen menjadi Widyaiswara Bid. Strategi dan Kawasan Seskoad, Kolonel Czi Andy Setyawan, S.Sos., M.I.P. dari Danpusdikzi Pusziad menjadi Danrem 174/ATW (Merauke) Kodam XVII/Cen, Brigjen TNI Agus Prasetyo Ari Wibowo dari Dir PIT Pusterad menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Brigjen TNI dr. Agus Ridho Utama, Sp.THT., M.A.R.S. dari Ka SPI RSPAD Gatot Soebroto menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Kolonel Ckm dr. Bagus Sulistyo B., Sp.KJ., M.Kes. dari Pamen Ahli Kumetdok Pok Sahli RSPAD Gatot Soebroto menjadi Ka SPI RSPAD Gatot Soebroto, Mayjen TNI  Joko Piwo Putranto, M.Sc. dari Pa Sahli Tk. III Kasad Bid. Intekmil dan Siber menjadi Staf Khusus Kasad, Brigjen TNI  Agustinus Purboyo, S.LP., M.Tr.(Han). dari Dirjianbang Secapaad menjadi Pa Sahli Tk. III Kasad Bid. Intekmil dan Siber, Brigjen TNI  Mahanom Suparyono dari Dirlat Kodiklatad menjadi Dirjianbang Secapaad.

Brigjen TNI Elkines Villando Dewangga K., S.A.P. dari Danrem 152/Baabullah (Ternate) Kodam XVI/Ptm menjadi Dirlat Kodiklatad, Kolonel Inf Enoh Solehudin, S.E. dari Kadeplat Sesko TNI menjadi Danrem 152/Baabullah (Ternate) Kodam XVI/Ptm, Brigjen TNI  Joko Triyanto, S.E., M.Μ. dari Danpusdikpengmilum Kodiklatad menjadi Staf Khusus Kasad, Kolonel Kav Abdul Haris, S.I.P. dari Pamen Denmaabesad menjadi Danpusdikpengmilum Kodiklatad, Brigjen TNI Ida Bagus Ketut Surya W, S.E. dari Danrem 163/WSA (Denpasar) Kodam IX/Udy menjadi Staf Khusus Kasad, Kolonel Inf Ida I Dewa Agung Hadisaputra, S.H. dari Pamen Ahli Bid. Ideologi Politik Sahli Pangdam IX/Udy menjadi Danrem 163/WSA (Denpasar) Kodam IX/Udy, Brigjen TNI Udiyanto, M.Tr. (Han). dari Irdam VI/MIw menjadi Staf Khusus Kasad, Brigjen TNI Eventins Teddy Danarto dari Ir Divif 2 Kostrad menjadi Irdam VI/Mlw, Brigjen TNI Indra Heri, S.E. dari Danpusdikif Pussenif menjadi Ir Divif 2 Kostrad, Kolonel Inf Togu Parmonangan, S.I.P., Μ.Μ. dari Dirbinlat Pussenif menjadi Danpusdikif Pussenif.

Brigjen TNI Dwi Wahyudi, S.A.N., M.Μ. dari Irpers Itum Itjenad menjadi Staf Khusus Kasad, Brigjen TNI Deni Rejeki, S.E., M.Si. dari Danrem 142/Tatag (Pare-Pare) Kodam XIV/Hsn menjadi Irpers Itum Itjenad, Kolonel Inf Hartono, S.I.P., M.M. dari Paban V/Dukops Sopsad menjadi Danrem 142/Tatag (Pare-Pare) Kodam XIV/Hsn, Mayjen TNI Dr. Drs. A. Jaka Tandang, M.C.S., M.Α.Ρ. dari Danpuspenerbad menjadi Staf Khusus Kasad, Brigjen TNI Zainuddin dari Wadanpuspenerbad menjadi Danpuspenerbad, Brigjen TNI  Mochamad Masrukin, M.Han. dari Dircab Puspenerbad menjadi Wadanpuspenerbad, Kolonel Cpn  Zulfirman Caniago, S.IL.P., M.Han. dari Dirbinopslat Puspenerbad menjadi Dircab Puspenerbad, Brigjen TNI Roedhi Soerjono, S.E., S.H., CFrA., M.H dari Inspektur Babinkum menjadi Staf Khusus Kasad, Brigjen TNI Irsyad Hamdie Bey Anwar dari Kaotmilti II Jakarta Babinkum TNI menjadi Inspektur Babinkum TNI, Brigjen TNI  Tugino, S.Sos., S.H., Μ.Μ. dari Kapuslemasmil Babinkum TNI menjadi Kaotmilti II Jakarta Babinkum TNI.

Brigjen TNI Muhammad Yusrif Guntur, S.Sos., M.Si. dari Dansatidik Puspomad menjadi Kapuslemasmil Babinkum TNI, Brigjen TNI  Benyamin, S.H., M.M. dari Staf Khusus Kasad  menjadi Dansatidik Puspomad, Brigjen TNI Gregorius Suharso dari Dirjianbang Seskoad menjadi Staf Khusus Kasad, Brigjen TNI Trenggono, S.I.P., M.Α.Ρ. dari Dirum Akmil menjadi Dirjianbang Seskoad, Kolonel Arm Dedy Zulkifli, S.H. dari Paban Utama E-4 Dit E Bais TNI menjadi Dirum Akmil, Brigjen TNI  Sukandar dari Widyaiswara Bid.Juangpimp Seskoad menjadi Staf Khusus Kasad, Kolonel Inf Ahmad Risman, S.E. dari Wadan Satintel Bais TNI menjadi Widyaiswara Bid.Juangpimp Seskoad, Brigjen TNI  Harfuddin Daing, S.E., M.M. dari Irdam IX/Udy menjadi Staf Khusus Kasad, Brigjen TNI Yusman Madayun, S.I.P. dari Danrem 084/BJ (Surabaya) Kodam V/Brw menjadi Irdam IX/Udy, Kolonel Inf  Danny Alkadrie dari Waasren Kaskogabwilhan III menjadi Danrem 084/BJ (Surabaya) Kodam V/Brw, Brigjen TNI Julius Jolly Suawa, S.Sos., Μ.Ι.Ρ. dari Wadanpussenarmed menjadi Kapoksahli Pangdam XV/Pum, Brigjen TNI  Ridwan Gunawan, S.I.P., M.Han. dari Wakil Dekan Bid. Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Strategi Pertahanan Unhan menjadi Wadanpussenarmed.

Brigjen TNI  Elphis Rudy, S.S., M.Sc. dari Karo Persidangan dan Humas Setjen Wantannas menjadi Wakil Dekan Bid. Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Strategi Pertahanan Unhan, Brigjen TNI Raden Edi Setiawan, S.H. dari Danpusdikarhanud Pussenarhanud menjadi Karo Persidangan dan Humas Setjen Wantannas, Brigjen TNI  I Made Suryawan, S.Sos. dari Dirdik Akmil menjadi Danpusdikarhanud Pussenarhanud, Brigjen TNI  Syaepul Mukti Ginanjar, S.I.P., M.Han. dari Kapoksahli Pangdam XV/Pum menjadi Dirdik Akmil, Brigjen TNI  Norman Saito dari Kapoksahli Pangdam II/Swj menjadi Staf Khusus Kasad, Kolonel Inf  Bambang Sudarmanto, S.Sos., Μ.Μ., Μ.Η. dari Irut-IV/Bin Non Proglatsi Itlat Itum Itjenad menjadi  Kapoksahli Pangdam II/Swj, Mayjen TNI  Dr. Pujo Widodo, S.E., Ir., S.H., M.A., M.D.S., M.S.i., M.Si. (Han) dari Dekan Fakultas TNI Keamanan Pertahanan Unhan menjadi Staf Khusus Kasad, Brigjen TNI  Dr. Rachmat S., S.I.P., Μ.Μ., M.Tr. (Han). dari Danpoltekad Kodiklatad menjadi Dekan Fakultas TNI Keamanan Pertahanan Unhan, Brigjen TNI Dr. Triadi Murwanto, S.E., Μ.Μ. dari Irdam Jaya menjadi Danpoltekad Kodiklatad.

Brigjen TNI  Irwan Subekti dari Ir Pussenif menjadi  Irdam Jaya, Brigjen TNI  Dwi Endrosasongko, S.Sos., M.I.P. dari Irdam XIV/Hsn menjadi  Ir Pussenif, Brigjen TNI  Berlin Germany, S.Sos. M.M., CFrA. dari Pa Sahli Tk. II Kasad Bid. Was Eropa dan Amerika menjadi  Irdam XIV/Hsn, Brigjen TNI Ade Prasetya Nurdin dari Staf Khusus Kasad menjadi  Pa Sahli Tk. II Kasad Bid. Was Eropa dan Amerika, Mayjen TNI Dr. dr. Moh. Arif Hariyanto, Sp.B., FICS. dari Waka RSPAD Gatot Soebroto menjadi Dosen Tetap Unhan, Mayjen TNI Dr. dr. Sukirman, Sp.KK, M.Kes. FINSDV., FAADV. dari Kapuskesad menjadi Waka RSPAD Gatot Soebroto, Brigjen TNI dr. Sugiarto, Sp.PD., K-R., M.A.R.S., FINASIM. dari Diryankes RSPAD Gatot Soebroto menjadi Kapuskesad, Brigjen TNI  dr. Bima Wisnu Nugroho, Sp.THT., M.Kes. dari Dirprofnakes RSPAD Gatot Soebroto menjadi Diryankes RSPAD Gatot Socbroto, Kolonel Ckm dr. Mahmud Yunus, Sp.B. dari Kasubditbindukkes Sdircab Puskesad menjadi Dirprofnakes RSPAD Gatot Soebroto.

Kolonel Inf Andri anshar dari Kasubdit DKI Jakarta pada Direktorat Jawa dan Bali Deputi Bid. Intelijen Dalam Negeri BIN menjadi Kabinda Kalimantan Tengah pada Deputi Bid. Intelijen Dalam Negeri BIN, Kolonel Inf Aldrin Ali Bahasoan, S. H., M.Si., M.Han. dari Kabag Ops pada Bunda Kalimantan Timur BIN  menjadi Kabinda Kalimantan Timur pada Deputi Bid. Intelijen Dalam Negeri BIN, Brigjen TNI Muhammad Alam Ramli, S.E., Μ.Μ. dari Direktur Kontra Separatisme dan Konflik pada Deputi Bid. Kontra Intelijen BIN menjadi Pati Mabes TNI (dalam rangka pensiun), Kolonel Inf Benny Satria, S.H. dari Kasubid Separatisme Wilayah Barat pada Direktorat Kontra Separatisme dan Konflik Deputi Bid. Kontra Intelijen BIN menjadi Direktur Kontra Separatisme dan Konflik pada Deputi Bid. Kontra Intelijen BIN NIA, Kolonel Arh Tjahjono Prasetyanto, S.T. dari Kasubdit Lembaga Swadaya Masyarakat Asing pada Direktorat Kontra Spionasc Deputi Bid. Kontra Intelijen BIN menjadi Wagub Non Akademik STIN BIN, Brigjen TNI Raden Toto Oktaviana, S.Sos. dari Kabinda Sulawesi Tenggara pada Deputi Bid. Intelijen Dalam Negeri BIN menjadi Kabinda Jawa Barat pada Deputi Bid. Intelijen Dalam Negeri BIN, Kolonel Inf Saripudin, S.I.P., М.Н. dari Kabag Ops pada Binda Sulawesi Tenggara BIN menjadi Kabinda Sulawesi Tenggara pada Deputi Bid. Intelijen Dalam Negeri BIN, Brigjen TNI Sulaiman, S.Sos., M.Η., Μ.Μ. dari Kabinda Jawa Tengah pada Deputi Bid. Intelijen Dalam Negeri BIN menjadi Agen Intelijen Ahli Madya pada Direktorat Jawa dan Bali, Deputi Bid. Intelijen Dalam Negeri BIN, Brigjen TNI Fahmi Sudirman dari Kabinda Jawa Timur pada Deputi Bid. Intelijen Dalam Negeri BIN menjadi Agen Intelijen Ahli Madya pada Direktorat Jawa dan Bali, Deputi Bid. Intelijen Dalam Negeri BIN, Brigjen TNI Armansyah, S.H., M.Si. dari Kabinda Sulawesi Selatan pada Deputi Bid. Intelijen Dalam Negeri BIN menjadi Agen Intelijen Ahli Madya pada Direktorat Sumatera dan Kalimantan, Deputi Bid. Intelijen Dalam Negeri BIN, Brigjen TNI Dwi Surjatmodjo, S.H., M.H. dari Kabinda Sulawesi Selatan pada Deputi Bid. Intelijen Dalam Negeri BIN menjadi Agen Intelijen Ahli Madya pada Direktorat Sulawesi dan Nusa Tenggara, Deputi Bid. Intelijen Dalam Negeri BIN.

Brigjen TNI Arman Dahlan, S.I.P., M.M dari Kabinda Sulawesi Tengah pada Deputi Bid. Intelijen Dalam Negeri BIN menjadi Kabinda Sulawesi Selatan pada Deputi Bid. Intelijen Dalam Negeri BIN, Brigjen TNI Bobby Prabowo, S.A.B., M.Si. dari Direktur Sulawesi dan Nusa Tenggara Deputi Bid. Intelijen Dalam Negeri BIN menjadi Kabinda Sulawesi Tengah pada Deputi Bid. Intelijen Dalam Negeri BIN, Brigjen TNI Agustinus Eko Mulyadi, S.I.P, Μ.Μ. dari Kabinda Nusa Tenggara Timur pada Deputi Bid. Intelijen Dalam Negeri BIN menjadi Direktur Analisis Kamnas pada Deputi Bid. Analisis dan Produksi Intelijen BIN, Brigjen TNI R. Wibisono Hendroyoso, Μ.Μ. dari Kabinda Riau pada Deputi Bid. Intelijen Dalam Negeri BIN menjadi Direktur Diseminasi dan Publikasi pada Deputi Bid. Komunikasi dan Informasi BIN, Brigjen TNI Benny Bintoro, S.Sos. dari Kabinda Maluku Utara pada Deputi Bid. Intelijen Dalam Negeri BIN menjadi Agen Intelijen Ahli Madya pada Direktorat Maluku dan Papua, Deputi Bid. Intelijen Dalam Negeri BIN, Kolonel Inf Bayu Sudarmanto, S.E., M.Han. dari Danrem 063/Sunan Gunung Jati Dam III/Slw menjadi Kakorum pada Sekretariat Utama BIN, Mayjen TNI Moh. Hatta Usmar Rukka dari Staf Khusus Kasad menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun).

Mayjen TNI Mochamad Reza Utama dari Staf Khusus Kasad menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Mayjen TNI Urip Wahyudi, S.I.P. dari Staf Khusus Kasad menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Mayjen TNI Syachriyal E. Siregar, S.E. dari Staf Khusus Kasad menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Brigjen TNI Totok Suhartono, S.Sos. dari Staf Khusus Kasad menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Brigjen TNI Suteikno Suleman dari Staf Khusus Kasad menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), dan Brigjen TNI Munif Prasojo., S.I.P dari Staf Khusus Kasad menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun)

52 Pati TNI AL yaitu Laksdya TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han)., M.Tr.Opsla dari Irjen TNI menjadi Pati Mabes TNI AL (dalam rangka pensiun), Laksma TNI Dr. Dra. Widyati, Apt., M.Clin., Pharm dari Wakil Dekan Bid. Keuangan dan Umum Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unhan menjadi Pati Mabes TNI AL (dalam rangka pensiun), Laksda TNI Dr. Ir. Edy Sulistyadi, S.T., M.Tr.Opsla. IPU. dari Ketua LP2N Unhan menjadi Pati Mabes TNI AL (dalam rangka pensiun), Kolonel Mar Rachmat Djunaidy dari Kasubdit Tukbin Komcad Dit Sumdahan Ditjen Pothan Kemhan menjadi Wakil Direktur Bid. Keuangan dan Umum Pascasarjana Unhan, Laksma TNI Dr. Sugeng Suryanto, M.Ap. dari Dosen Tetap Unhan menjadi Pati Mabes TNI AL (dalam rangka pensiun), Laksma TNI Elka Setyawan dari Staf Khusus Kasal menjadi Dosen Tetap Unhan, Kolonel Laut (KH) Dr. Dwi Ari Purwanto, S.Pd., M.Pd., M.Tr.Opsla dari Analis Kebijakan Bid. Pengembangan Penegakan Hukum, Debang Setjen Wantannas menjadi Bandep Ur. Sosbud Setjen Wantannas, Laksma TNI Bambang Dharmawan, S.E., M.Sc. dari Asops Kaskogabwilhan I menjadi Staf Khusus Kasal (Dalam rangka penugasan Seconded Officer to DSSC Australia).

Laksma TNI Deni Herman, S.T., M.A.P., CHRMP., CFrA., M.Tr.Opsla dari Danlantamal XIII Trk Koarmada II menjadi Asops Kogabwilhan II, Laksma TNI Dr. Ferry Supriady, S.T., M.M., M.Tr.Opsla., CIQaR dari Dir Kebijakan Kamla Deputi Bid. Kebijaan dan Strategi Bakamla menjadi Danlantamal XIII Trk Koarmada II, Laksma TNI Askari, P.S.C., S.Ikom., M.Sc., M.A. dari Dirdik Kodiklatal menjadi Dir Kebijakan Kamla Deputi Bid. Kebijaan dan Strategi Bakamla, Kolonel Mar Fransisco Simanjorang, S.H., M.Han dari Kadep Strategi Sesko TNI menjadi Dirdik Kodiklatal, Mayjen TNI (Mar) IIi Dasili, S.E. dari Pa Sahli Tk. III Bid. Jahpers Sahli Panglima TNI menjadi Staf Khusus Kasal, Laksma TNI Fransiskus S.R., S.Ap., M.Tr.(Han)., CFrA., CRMP dari Wairjenal menjadi Pa Sahli Tk. III Bid. Jahpers Sahli Panglima TNI, Laksma TNI Tjatur Hendrawijaya, S.T., M.M. dari Ir Kolinlamil menjadi Wairjenal, Laksma TNI Kunto Tjahjono, S.E., M.Han., M.Tr.Opsla., CRMP dari Danlantamal XI Mer Koarmada III menjadi Ir Kolinlamil.

Kolonel Laut (E) Joko Andriyanto S.T., M.Tr.Hanla., M.A.P. dari Danlanal Semarang Lantamal V Koarmada II menjadi Danlantamal XI Mer Koarmada III, Laksma TNI Didik Priyadi, S.E. dari Pa Sahli Tk. II Jahpers Panglima TNI menjadi Staf Khusus Kasal, Kolonel Laut (P) Arief Rustaman dari Sahli A Wilnas Pok Sahli Koarmada RI menjadi Pa Sahli Tk. II Jahpers Panglima TNI, Laksma TNI Ayi Syarip Hidayat, S.E., M.M. dari Pa Sahli Tk. II Sosbud Sahli Bid. Sosbudkum HAM dan Narkoba Panglima TNI menjadi Staf Khusus Kasal, Kolonel Laut (P) Robertus T. Waskito, S.E., M.M. dari Sahli A Wilnas Pok Sahli Koarmada I menjadi Pa Sahli Tk. II Sosbud Sahli Bid. Sosbudkum HAM dan Narkoba Panglima TNI, Laksma TNI Muhammad Tohir dari Dirlitbang Pusjianstralitbang TNI menjadi Staf Khusus Kasal (Dalam rangka penugasan GM. Angkasa Pura I Bandara Juanda Surabaya), Laksda TNI Dr. Wiwin Dwi Handayani, S.Psi., M.Si., CHRMP., Psikolog dari Kapuspsi TNI menjadi Pati Mabes TNI AL (dalam rangka pensiun).

Laksma TNI Edi Krisna Murti, S.Psi dari Kadispsial menjadi Wakapuspsi TNI, Laksma TNI Wisnu Agung Priyambodo, M.M., M.Phil., CHRMP., CRMP dari Aspers Pangkoarmada RI menjadi Kadispsial, Kolonel Laut (P) Agus Praptopo Budi S., S.T., M.M., CHRMP. dari Kalapetal menjadi Aspers Pangkoarmada RI, Laksda TNI Rubiyanto, S.E., M.M., CHRMP., CFrA. dari Irjenal menjadi Pati Mabes TNI AL (dalam rangka pensiun), Laksma TNI Hardiko, S. Sos. M.M., M.Tr.Opsla., CRMP. dari Kadisbekal menjadi Irjenal, Kolonel Laut (S) Dr. Hery Setiyo Nugroho, S.E., M.A.P., CHRMP. dari Kasetumal menjadi Kadisbekal, Laksma TNI Budi Siswanto, S.T., M.A.P. dari Ir Koarmada RI menjadi Pati Mabes TNI AL (dalam rangka pensiun), Laksma TNI Nursyawal Embun, M.Tr.Opsla dari Iropslat Irjenal menjadi Ir Koarmada RI, Laksma TNI Suhartono dari Pati Sahli Kasal Bid. Soskumdang menjadi Iropslat Irjenal, Laksma TNI Erna Fauziah, S.E., M.Ak., M.Tr.Opsla., CRMP., CHRMP dari Pati Sahli Kasal Bid. Dokstraops menjadi Pati Sahli Kasal Bid. Soskumdang.

Laksma TNI Siswanto, S.T., M.T., CHRMP., CIQnR., CIQaR., M.Tr.Opsla dari Kapok Sahli Pushidrosal menjadi Pati Sahli Kasal Bid. Dokstraops, Laksma TNI Dyan Primana Sobaruddin., M.Sc. dari Asopssurta Pushidrosal menjadi Kapok Sahli Pushidrosal, Kolonel Laut (P) Dwi Jantarto, S.T., M.T., CRMP dari Paban II Binteman Spersad menjadi Asopssurta Pushidrosal, Laksma TNI Maulana, S.T., M.Si. dari Pati Sahli Kasal Bid. Iptek menjadi Staf Khusus Kasal, Kolonel Laut (S) Dadang Sudrajat, S.E. dari Pakoorwas Irjenal menjadi Pati Sahli Kasal Bid. Iptek, Laksma TNI Sumarji Bimoaji dari Dan Guskamla Koarmada III menjadi Staf Khusus Kasal (Dalam rangka Penugasan Dansatgas Yekda A Frigate FREMM), Kolonel Laut (P) Tomi Erizal, S.E., M.M. dari Paban I Ren Sopsal menjadi Dan Guskamla Koarmada III, Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, S.E., M.M., M.T., M.Tr.Opsla dari Danlantamal IX Amb Koarmada III menjadi Staf Khusus Kasal.

Brigjen TNI (Mar) Suwandi, S.A.P., M.M. dari Pati Sahli Kasal Bid. Wilnas menjadi Danlantamal IX Amb Koarmada III, Kolonel Laut (E) Monang Hatorangan S., S.A.P. dari Paban II Pam Sintelal menjadi Pati Sahli Kasal Bid. Wilnas, Laksda TNI Budi Setiawan, S.T., M.Tr.Opsla dari Koorsahli Kasal menjadi Staf Khusus Kasal, Laksma TNI Syufenri, S.Sos., M.Si. dari Danlantamal II Pdg Koarmada I menjadi Koorsahli Kasal, Kolonel Laut (P) Sarimpunan Tanjung dari Paban I Rendik Ditdik Kodiklatal menjadi Danlantamal II Pdg Koarmada I, Laksma TNI Tangka Nouldy Jan, S.A.P., M.Tr.Opsla., CHRMP dari Danlantamal VIII Mdo Koarmada II menjadi Dirdik Kodiklatal, Laksma TNI May Franky Pasuna Sihombing, CHRMP dari Dirdik Kodiklatal menjadi Danlantamal VIII Mdo Koarmada II.

Laksma TNI Aditya Kumara, S.T., M.Sc. dari Direktur Kerjasama Internasional pada Deputi Bid. Intelijen Luar Negeri BIN menjadi Staf Ahli Bid. Ideologi dan Politik BIN, Kolonel Laut (P) M.Hamzah Soerjo Widodo, S.E. dari Kasubdit Jawa Timur dan Bali pada Direktorat Jawa dan Bali, Deputi Bid. Intelijen Dalam Negeri BIN menjadi Kabinda Maluku Utara pada Deputi Bid. Intelijen Dalam Negeri BIN, Laksma TNI Dr. Ir. Agus Rustandi, M.Eng.SC., MMDS., M.A. dari Staf Khusus Kasal menjadi Pati Mabes TNI AL (dalam rangka pensiun), dan Laksma TNI dr. Agus Guntoro, Sp.BS (K) Spine dari Staf Khusus Kasal menjadi Pati Mabes TNI AL (dalam rangka pensiun).

48 Pati TNI AU yaitu Marsma TNI Rudi Paulce Surbakti dari Ir IV Irjen Kemhan menjadi Dosen Tetap Unhan, Kolonel Lek Andhi Herwanto, S.Sos., M.M., Msi (Han)., dari Kasubdit Minlakgarbelpegbar Dit Minlakgar Ditjen Renhan Kemhan menjadi Ir IV Irjen Kemhan, Marsma TNI Muhammad Idris, S.H., M.H., dari Karokum Setjen Kemhan menjadi Dosen Tetap Unhan, Kolonel Kum M. Helmy Zulfadli Lubis, S.H., M.H., dari Kabag Ansislihkum Rokum Setjen Kemhan menjadi Karokum Setjen Kemhan, Marsma TNI Dr. dr. Arief Setyawan, Sp. OG (K) FER., M.Kes., M.M.R.S., dari Dosen Tetap Unhan menjadi Pati Mabes TNI AU (dalam rangka pensiun), Marsma TNI Ridwan Gultom, S.Ip., M.Si., CHRMP dari Staf Khusus Kasau menjadi Dosen Tetap Unhan.

Marsma TNI Dr. Budi Satrio Utomo, Sp .KFR MARS., dari Pati Sahli Kasau Bid. Kersalem menjadi Dosen Tetap Unhan, Marsma TNI Soegeng Ryady,  S.T dari Staf Khusus Kasau menjadi Pati Sahli Bid Kersalem, Kolonel Adm Setiawan Wijayanto dari Kadispers Sekkau menjadi Asisten Staf Khusus Presiden Anak Agung Gde Ngurah Ari Dwipayana, Marsma TNI Bejo Suprapto S.T., M.M. dari Irben Itjen TNI menjadi Pati Mabes TNI AU (dalam rangka pensiun), Marsma TNI Dwi Dedy Gunawan dari Irben Itjenau menjadi Irben Itjen TNI, Kolonel Tek I Nyoman Sumantha dari Pamen Sahli Kasau Bit. SDAB Sahli Kasau Bid Sumdanas menjadi Irben Itjenau, Marsma TNI Antariksa Anondo dari Dirum Sesko TNI menjadi Staf Khusus Kasau, Kolonel Pnb Erwin Sugiandi, M.Han. dari Danlanud Zam menjadi Dirum Sesko TNI, Marsma TNI Olot Dwi Cahyono dari DirjianBang Akademi TNI menjadi Pati Mabes TNI AU (dalam rangka pensiun), Marsma TNI Heri Sutrisno, S.I.P.,  M.Si dari Kadisbangops AU menjadi Dirjianbang Akademi TNI. 

Marsma TNI Daan Sulfi, S.Sos.,  M.SI., M.Han dari Kas Koopsud I menjadi Kadisbangopsau, Marsma TNI Prasetiya Halim, S.H. dari Dirlat Kodiklatau menjadi Kas Koopsud I, Marsma TNI Budi Handoyo, M.Tr. (Han) dari Aspers Kaskogabwilhan I menjadi Dirlat Kodiklatau, Kolonel Adm Robert Simanjuntak, S.A.P dari Paban III/ Binkar Spersau menjadi Aspers Kogabwilhan I, Marsma TNI Heri Pinehas S., S.E., M.M. dari Waaslog Panglima TNI menjadi Staf Khusus Kasau, Marsma TNI Semri Bija, S.E.  dari Dirkesami Sesko TNI  menjadi Waaslog Panglima TNI, Kolonel Tek Wawan Teddy Ernando, M.Pd. dari Dirren Koharmatau menjadi Dirkersami Sesko TNI, Marsma TNI Dra. Sri Hastuti Handayani M.Si., M.Han., Psikolog. dari Kadispsiau menjadi Kapuspsi TNI, Kolonel Kes Zamzani, S.Psi., M.Psi  dari Sesdispsiau menjadi Kadispsiau.

Marsma TNI Marsudiranto Widiyatmaka, M.Tr.(han) dari Kampus RB TNI menjadi Staf Khusus Kasau, Marsma TNI Agus Setiawan, S.T. dari Staf Khusus Kasau menjadi Kapus RB TNI, Marsma TNI I Nyoman Sudarsana, S.I.P., M.H., M.Tr.(Han) dari Ir Koharmatau menjadi Pati Mabes TNI AU (dalam rangka pensiun), Marsma TNI M. Heri Hercules, S.E. dari Aslog kaskogapwilhan II menjadi Ir Koharmatau, Kolonel Tek Iman Gozali, S.E dari Aslog Kas Koopsud I menjadi Aslog Kaskogabwilhan II, Marsma TNI Sony Bayu Putranto dari Kadiskuau menjadi Pati Mabes TNI AU (dalam rangka pensiun), Kolonel Adm Aris Pambudi, S.E., M.M  dari Sesdiskua menjadi Kadiskuau, Marsma TNI Dr. dr. Linawati, MH.Kes., AIFO-K., FISQua, dari Pati Sahli Kasau Bid. Air Power menjadi Staf Khusus Kasau,  Kolonel Tek Ady Rachmanayana Panca, S.E. dari Kabid Perbekalan Komunikasi dan Elektronika Puslitbang Iptekhan Balitbang Kemhan menjadi Pati Sahli Kasau Bid. Air Power.

Marsma TNI Dodi Fernando, S.E., MSoc.Bc. dari Ir Koopsudnas menjadi Wakapuslaiklambangjau, Marsma TNI Zulfahmi, S.Sos., M.Han dari Ir Koopsud II menjadi Ir Koopsudnas, Kolonel Pnb Hermawan Widianto, S.E., M.M. dari Sesdisbanvopsau menjadi Ir Koopsud II, Marsma TNI Fairlyanto, S.E., M.A.P. dari Aspers Keskoopsudnas menjadi Staf Khusus Kasau, Marsma TNI Somad, S.I.P. dari Tenaga Ahli Pengkaji Madya Bid.SKA Lemhannas menjadi Aspers Kaskoopsudnas, Marsma TNI Iwan Agung Djumaeri, S.I.P. dari Kadisaeroau menjadi Staf Khusus Kasau.

Kolonel Tek Rudolf Presley B. S.E., M.M. dari Paban III/Aero Slogau menjadi Kadisaeropau, Marsma TNI Tjatur Pudji Handojo, S.E. dari Kadislitbangau menjadi Waaskomlek Kasau, Marsma TNI Ir. Teguh Dharmawan, M.T. dari Waaskomlek Kasau menjadi Kadislitbangau, Kolonel Pas Drs. R. Harys Soeryo Mahhendro, M.M. dari Kasubdit Sosial Budata pada Direktorat Analisis Ipsosbud pada Deputi Bid. Analisis dan Produksi Intelijen BIN menjadi Kabinda Maluku pada Deputi Bid. Intelijen Dalam Negeri BIN, Marsma TNI Aminul Hakim dari Kabinda Kalimantan Utara pada Deputi Bid. Intelijen Dalam Negeri BIN menjadi Agen Intelijen Ahli Madya pada Direktorat Sumatera dan Kalimantan,  Deputi Bid. Intelijen Dalam Negeri BIN, Marsda Drs. Muh. Arief Damopolii dari Staf Khusus Kasau menjadi Pati Mabes TNI AU (dalam rangka Pensiun), Marsma TNI Drs.Moh. Frans Yusuf, M.M. dari Staf Khusus Kasau menjadi Pati Mabes TNI AU (dalam rangka pensiun), dan Marsma TNI Achsanul Amaly dari Staf Khusus Kasau  menjadi Pati Mabes TNI AU (dalam rangka pensiun).

Asops Panglima TNI Kunjungi War Memorial Australia

By On July 28, 2024

(Puspen TNI). Asops Panglima TNI, Mayjen TNI Gabriel Lema, berkunjung ke War Memorial Australia, didampingi Mr Rod Griffiths dari Australian DoD, Laksma TNI Yusliandi Ginting, Athan RI utk Australia, Kol Arief Budiman Paban V/Kerkamtas dan Kol Edwin Habel Paban VII/Latma. Canberra, Australia, beberapa waktu lalu.

Kunjungan merupakan rangkaian dari pertemuan TNI-ADF JOESC (Headquaters Joint Operations Command), selama 3 hari. Kegiatan tersebut salah satu upaya diplomasi militer TNI, dengan merumuskan program kerjasama bilateral bidang operasi dan latihan antara TNI dan ADF.

Saat kunjungan, Asops Panglima TNI sangat terkesan dengan cara Masyarakat Australia untuk mengenang sejarah perjuangan dan jasa para Pahlawannya. Hal ini terlihat dari Kondisi Museum yang sangat modern, bagus dan terawat serta adanya upacara hikmat setiap sore hari untuk mengenang setiap Pahlawan yang gugur dalam tugas mereka.

Panglima TNI Dampingi Wakil Presiden RI di Tasyakuran Milad MUI ke-49

By On July 27, 2024

Puspen TNI). Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si., mendampingi Wakil Presiden RI Prof. Dr. K.H. Ma’ruf Amin menghadiri Tasyakuran Milad Majelis Ulama Indonesia (MUI) ke-49 yang mengusung tema “MUI Berkhidmat Untuk Kemaslahatan Umat Dan Keharmonisan Bangsa”. Acara ini berlangsung di Flores Room Hotel Borobudur, Jl. Lapangan Banteng No.1, Jakarta Pusat, Jumat (26/07/2024).

Turut hadir dalam rangkaian acara ini antara lain Wakil Ketua DPR RI Rachmad Gobel, Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., Ketua Umum Dewan Pimpinan MUI K.H. Anwar Iskandar, para Duta Besar negara sahabat, serta para tamu undangan lainnya.

Panglima TNI Hadiri Pembukaan Pameran Lukisan “Bagimu Negeri”

By On July 27, 2024

(Puspen TNI). Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri pameran dan lelang lukisan “BAGIMU NEGERI” dalam rangkaian Acara Milad ke-49 Majelis Ulama Indonesia (MUI) TA 2024, bertempat di Flores Room Hotel Borobudur, Jl. Lapangan Banteng No.1, Jakarta Pusat, Jum’at, (26/07/2024) . 

Dalam sambutanya, Panglima TNI menyampaikan pameran lukisan “Bagimu Negeri” sebagai salah satu kegiatan positif yang diadakan dalam rangka Milad MUI. Pameran ini menampilkan karya seni dari berbagai daerah di Indonesia yang bernafaskan Islam, mencerminkan semangat kebhinekaan dan keharmonisan yang tinggi. Karya seni ini diharapkan dapat menginspirasi masyarakat untuk terus berkarya dan berinovasi dalam berbagai bidang.

“Pameran lukisan “bagimu negeri” yang bernafaskan islam ini merupakan bentuk nyata bagaimana MUI melalui kiprahnya mengangkat nilai-nilai di masyarakat yang dapat dilihat dari hasil karya para pelukis. pameran ini adalah sebuah pernyataan tegas bahwa para seniman dan seluruh komponen bangsa memiliki tanggung jawab yang besar untuk berkontribusi bagi kemajuan dan kejayaan negeri tercinta,” ungkap Panglima TNI 

Mengakhiri sambutannya, Panglima TNI berharap seniman lukis yang mengikuti pameran saat ini agar tetap terus berkarya dan mewarnai seni lukis Indonesia dengan karya-karya terbaik. Turut hadir dalam rangkaian kegiatan diantaranya Kepala Staf Angkata Laut, Kabais TNI, Ketua Umum Dharma Pertiwi, Ketua Umum Dewan Pimpinan MUI serta para tamu undangan lainnya.

MPC Exercise Woomera Keris24 Tanda Tangani Kesepakatan TNI-ADF

By On July 27, 2024

(Puspen TNI) Kolonel Arm Edwin Habel, S.A.P, M.M.,M.Han., bersama Air Commodore ADF Head Of Delegasi John Haly tandatangani kesepakatan perencanaan latihan bersama antara Indonesia dan Australia. Dalam The exercise Woomera Keris 2024 yang akan dilaksanakan bulan November ini, latihan ini merupakan bentuk diplomasi militer dalam meningkatkan persahabatan kedua negara. Bertempat di Hmas, Kuttabul, Sydney, Australia, Jum’at(26/07/2024).

Beberapa hari sebelumnya, para delegasi yang terdiri berbagai tim mulai dari perwakilan Matra Darat, Matra Laut, Matra Udara, Staf Logistik, Perwira Penerangan, serta Staf Operasi TNI membahas dengan detail jalannya  latihan TNI-ADF.

Para délegasi TNI-ADF juga memaparkan hasil Kesepakatan bersama sehingga seluruh peserta memahami latihan yang akan diadakan. Hasil MPC ini akan dibawa pada Final Planning Conference (FPC) di Jakarta bulan mendatang.

Usai penandatanganan, Kolonel Edwin menyampaikan rasa terima kasih kepada pihak ADF dan juga seluruh tim yang telah bekerja ” Kita akan cek kembali saat final conference, dan terima kasih jamuan selama di sini, saya senang  dengan hubungan persahabatan  yang terjalin erat selama di sini”.

Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonkav 12/BC Berhasil Gagalkan Penyelundupan
Narkoba Jenis Sabu

By On July 26, 2024

(Puspen TNI). Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Malaysia Yonkav 12/BC berhasil menangkap dan menggagalkan penyelundupan Narkoba jenis sabu yang dibawa 2 orang tersangka dari Malaysia melintas di wilayah Daerah Jagoi Babang Kab. Bengkayang Prov. Kalbar, Jumat (26/7/2024).

Penyelundupan Narkoba tersebut, didapat dari informasi masyarakat bahwa akan adanya penyelundupan Narkoba berjenis sabu yang masuk melalui wilayah Jagoi Babang. Selanjutnya Danpos Sei Saparan Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonkav 12/BC Letda Kav Hardiman melaksanakan perencanaan kemudian memerintahkan anggota Pos Sei Saparan untuk melaksanakan ambush di Jalan tikus tersebut.

Anggota Pos Saparan melaksanakan ambush memberhentikan dan pemeriksaan terhadap 2 orang mencurigakan yang melintas namun tidak menemukan barang mencurigakan. Selanjutnya dua orang tersebut melanjutkan perjalanan, anggota Saparan melaksanakan pemeriksaan di sepanjang kanan kiri jalan dan menemukan bungkusan yang diduga Narkoba jenis sabu sebanyak 6 paket.

Berdasarkan Penemuan bungkusan Narkoba tersebut, anggota Pos Saparan melaksanakan penangkapan terhadap dua orang terduga penyelundup Narkoba saat mereka kembali untuk mengambil barang yang telah mereka buang, selanjutnya 2 orang tersebut dibawa menuju ke Pos untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

Ketua Umum Dharma Pertiwi Hadiri Bazar Bhayangkari 2024

By On July 26, 2024

(Puspen TNI). Ketua Umum Dharma Pertiwi Ny. Evi Agus Subiyanto, menghadiri kegiatan Bazaar Kreasi Bhayangkari Nusantara 2024 yang bertema “UMKM Bhayangkari sebagai Penopang Ketahanan Ekonomi Keluarga Menuju Indonesia Maju”, bertempat di Hall B Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (26/07/2024).

Bazar diikuti oleh 500 stand yang menampilkan berbagai produk fashion, kain Nusantara, dan kuliner khas daerah. Acara ini juga dimeriahkan dengan berbagai penampilan, seperti fashion show, edukasi, talk show, dan hiburan, serta penampilan budaya dari Pengurus Daerah Bhayangkari.

Turut hadir dalam acara ini di antaranya Ketum Persit Kartika Chandra Kirana Ny. Uli Simanjuntak, Ketum Jalasenastri Ny. Fera Muhammad Ali, Ketum PIA Ardhya Garini Ny. Isa M. Tonny Harjono, Ketua Harian IKKT Ny. Shinta Bambang Ismawan, Ketua Harian Dharma Pertiwi Ny. Bertianda Dadi Hartanto, serta para undangan lainnya.

Tingkatkan Kemampuan dan Profesionalisme Perwira Hukum: Orjen TNI Buka
Focus Group Discussion Otjen TNI 2024

By On July 25, 2024

(Puspen TNI). Orjen TNI Mayor Jenderal TNI Dr. M. Ali Ridho, S.H., M.Hum., membuka Focus Group Discussion (FGD) Otjen TNI TA 2024 yang diikuti para peserta secara luring (offline) dan daring (online) dengan narasumber Brigjen TNI (Purn) Hidayat Manao, S.H., M.H., dan Kolonel Chk (Purn) Dr. Agustinus, S.H., M.H., bertempat di  Hotel Aston Kartika Jl. Kyai Tapa Grogol, Jakarta Barat, Kamis (25/07/2024) . 

Dalam sambutannya, Orjen TNI menyampaikan bahwa pelaksanaan FGD yang mengusung tema “Penggabungan Tuntutan Ganti Rugi Dalam Penyelesaian Perkara Pidana di Lingkungan Peradilan Militer” bertujuan untuk  meningkatkan kemampuan dan profesionalisme para Oditur dan Penyidik serta Penasehat Hukum, sekaligus sebagai wahana diskusi dan bertukar pikiran agar para Perwira TNI yang bertugas dalam bidang penegakan hukum dapat mengerti serta memahami secara komprehensif tentang tata cara penggabungan tuntutan ganti rugi dalam perkara pidana di lingkungan peradilan militer. 

Otjen TNI juga menekan untuk selalu meningkatkan pengetahuan dan kemampuan hukum untuk menghadapi tantangan ke depan yang semakin berkembang.  “Kembangkan terus kemampuan dan pengetahuan hukum para Perwira Hukum sekalian dalam menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan kemajuan teknologi serta informasi, sehingga dapat menunjang keberhasilan setiap pelaksanaan tugas yang ada,” ungkapnya. 

Turut hadir dalam rangkaian kegiatan diantaranya Jampidmil Kejaksaan Agung RI, Kababinkum TNI, Kadilmiltama, Danpuspom TNI, Kadilmilti, Ir Babinkum TNI, Kapuslemasmil, dan para tamu udangan lainnya.

Pembacaan Pledoi Digelar Kembali Setelah Terdakwa Mangkir Dari
Panggilan Majelis Hakim

By On July 25, 2024

(Puspen TNI). Pengadilan Negeri Kota Bekasi kembali menggelar Sidang Perkara Pidana Nomor 484/Pid. B/2023/PN. Bks dengan terdakwa H. Dani Bahdani, S.H., sebagai tindak lanjut ketidakhadiran Terdakwa dalam memenuhi panggilan Majelis Hakim pada Rabu, (24/7/2024) tanpa disertai keterangan yang valid. Agenda sidang kali ini adalah pembacaan nota pembelaan terdakwa (pledoi), bertempat di Ruang Sidang Kartika 1 Lantai II Pengadilan Negeri Kota Bekasi Kelas 1 A Khusus Jl. Pintu Air Harapan Mulya, Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi, Jawa Barat, Kamis (25/7/2024).

Sidang digelar secara terbuka untuk umum ini dipimpin oleh Majelis Hakim Basuki Wiyono, S. H., M.H., dengan Hakim Anggota 1 Moch. Nur Azizi, S.H., Hakim Anggota 2 Joko Saptono, S.H., M.H., Panitera Pengganti Nining Anggraini K, S.H., Jaksa Penuntut Umum (JPU) Danu Bagus Pratama, S.H., M.H. Pengacara Tersangka diantaranya Jhon S.E. Panggabean, S.H., M.H., Daance Yohanes, S.H., Togap L.  Panggabean, S.H., Mangasi Ambarita, S.H., Ganti Lombantoruan, S.H., M.H.

Selaku Penasihat Hukum Terdakwa Jhon S.E. Panggabean yang menyatakan dalam nota pembelaan tersebut bahwa tidak ada alat bukti yang sah dan cukup yang dapat mendukung pembuktian serta tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana yang didakwakan terhadap dakwaan kesatu atau dakwaan kedua. “Terdakwa H. Dani Bahdani, S.H., sepatutnya diputuskan dengan putusan dibebaskan dari seluruh dakwaan (vrijspraak) atau setidak-tidaknya dilepaskan dari tuntutan hukum (ontslag van alle rechtsvervoolging),” ujar Jhon Panggabean.

Selanjutnya Majelis Hakim diakhir persidangan menyampaikan sidang akan dilanjutkan pada Senin, (29/7/2024) nanti dengan agenda tanggapan/replik Jaksa Penuntut Umum (JPU) terkait pledoi atau nota pembelaan terdakwa tersebut.

Stasiun Bakamla Tual Gelar Sosialisasi K3 di SMKN 1 Tual

By On July 25, 2024

Tual – Stasiun Bakamla Tual sukses melaksanakan kegiatan sosialisasi tentang Keamanan dan Keselamatan Kerja (K3) kepada siswa siswi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN)1 Tual, Kemarin.

Acara ini dipimpin oleh Kepala Stasiun Bakamla Tual Mayor Bakamla Rizal Ufer Suat, S. Pi., yang diwakilkan oleh Letda Bakamla Hafiz Bin Hatim, S.Kom, yang juga bertindak sebagai narasumber utama.

Dalam kesempatan tersebut, Letda Bakamla Hafiz Bin Hatim, S.Kom, menjelaskan peran Bakamla dalam menjamin keamanan dan keselamatan di perairan Indonesia serta memberikan bantuan pencarian dan pertolongan di wilayah yurisdiksi Indonesia.

Materi yang disampaikan mencakup dasar hukum K3, termasuk UU 1 tahun 1970 tentang keselamatan kerja, peraturan menteri terkait alat pemadam api ringan, serta persyaratan keselamatan menurut SOLAS 1974 dan STCW 1978 Amandemen 1995 untuk para pelaut.

Diskusi juga melibatkan berbagai jenis kecelakaan kerja yang mungkin terjadi di lingkungan maritim, penyebabnya seperti kelalaian dan pelanggaran prosedur, serta cara-cara pencegahannya seperti penggunaan alat pelindung diri dan pelatihan K3.

Kegiatan sosialisasi ini menandai komitmen Stasiun Bakamla Tual dalam meningkatkan kesadaran akan K3 di kalangan masyarakat maritim.

Jet Tempur Sukhoi SU-30 MK2, Pesawat Hercules C-130 Dan Boeing 737-200
Berhasil Memukau Ribuan Pengunjung Pada Pembukaan Makassar
International Eight Festival And Forum

By On July 25, 2024

Makassar – Dua Jet Tempur Sukhoi SU-30 MK2 dari Skadron Udara 11, Pesawat Hercules C-130 dari Skadron Udara 33 dan Pesawat Boeing 737-200 dari Skadron Udara 5 Lanud Sultan Hasanuddin berhasil memukau ribuan pengunjung yang hadir pada pembukaan Makassar International Eight Festival And Forum yang lebih di kenal  F8, bertempat di Anjungan Pantai Losari, Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, Rabu (24/7/2024).

Pada acara tersebut, TNI AU menampilkan Air Theatre Festival F8 tahun 2024 dengan dengan Demo Udara Operasi Tempur TNI Angkatan Udara, yang melibatkan jet tempur, pesawat transport militer dan pesawat intai  serta penampilan prajurit profesional dan terlatih dari Lanud Sultan Hasanuddin.

Demo udara diawali dengan Operasi Udara Khusus, yaitu melaksanakan Operasi Perebutan, Pengoperasian Pangkalan Udara (OP3U) yang dilaksanakan oleh Pasukan Gerak Cepat (Pasgat) TNI AU menggunakan pesawat Hercules C-130 dari Skadron Udara 33.

Dalam demo udara  tersebut disimulasikan pesawat Hercules C-130 melaksanakan misi Operasi Udara Khusus, dengan membawa prajurit-prajurit terbaik Kopasgat TNI AU dari jajaran Wing Komando II Kopasgat  melaksanakan demo terjun free fall yang dipimpin langsung oleh Komandan Batalyon  Komando 466 Kopasgat, Letkol Pas Firasat Amansyah, M.Han.

Selanjutnya dua Jet Tempur Sukhoi SU-30 MK2 dengan callsign Thunder Flight dengan leader flight yaitu Komandan Skadron Udara 11, Ltk Pnb Andry Libarsyah callsign Stellar dan Pesawat Boeing 737-200 dari Skadron Udara 5 dengan Captain Pilot Letkol Pnb Devi yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Skadron Udara 5 serta Galaxy Flight dengan leader yaitu Letkol Pnb Andi Muhammad Averroes Andi Muahdir yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Skadron Udara 33 melaksanakan melaksanakan demo udara dengan berbagai manuvernya.

Dalam  Demo Udara tersebut bertindak sebagai Exercise Director yaitu Kolonel Pnb Agus Rohimat yang menjabat sebgai Komandan Wing Udara 5 Lanud Sultan Hasanuddin. Demo udara yang berhasil memukau para pengunjung F8 mendapat pujian langsung dari Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI Bonang Bayuaji G, S.E., M.M., CHRMP.

Dalam kesempatan tersebut, Komandan Lanud Sultan Hasanuddin menyampaikan bahwa penampilan yang luar biasa ini menunjukkan profesionalisme dan keterampilan tinggi dari para penerbang TNI AU. “Para penerbang yang melaksanakan demo udara di Festifal F8 ini sebelumnya telah berlatih keras untuk memberikan pertunjukan yang terbaik bagi masyarakat Makassar yang hadir di Festival F8,” ungkapnya.

Festival F8 digelar selama lima hari dari tanggal 24 s.d. 28 Juli 2024,  dengan mengusung tema The Unity dimana dalam festival F8 tahun 2024 menampilkan keanekaragaman budaya yang ada di Sulawesi Selatan mulai dari Bugis, Makassar, Toraja dan Mandar. (Pen Hnd)

Ketum Dharma Pertiwi Hadiri Hari Kebaya Nasional 2024

By On July 24, 2024

(Puspen TNI). Ketua Umum Dharma Pertiwi (Ketum DP) Ny. Evi Agus Subiyanto didampingi Ketua Umum Persit Kartika Chanda Kirana Ny. Uli Simanjuntak, Ketua Umum Jalasenastri Ny. Fera Muhammad Ali, Ketua Umum PIA Ardhya Garini Ny. Isa M. Tonny Harjono dan Ketua Harian DP Ny. Bertianda Dadi Hartanto, menghadiri acara Hari Kebaya Nasional 2024 dengan tema “Lestarikan Budaya Dengan Bangga Berkebaya”, bertempat di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (24/7/2024).

Puncak Hari Kebaya Nasional dihadiri Presiden dan Ibu Iriana Joko Widodo ini juga diikuti oleh 7.000 orang peserta yang akan terus menggaungkan dan mengedukasi masyarakat tentang makna mendalam kebaya. Peringatan ini juga menjadi ajang untuk bersinergi untuk melestarikan budaya Indonesia sebagai tanggung jawab bersama.

Ibu Ketum DP juga turut menyaksikan penganugrahan gelar Ibu Bangsa kepada Ibu Negara Iriana Joko Widodo yang diberikan oleh Ketua Umum Kowani Ibu Giwo Rubianto Wigoyo.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menetapkan tanggal 24 Juli sebagai Hari Kebaya Nasional. Peringatan ini tertuang dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 19 Tahun 2023 tentang Hari Kebaya Nasional. Hari Kebaya Nasional bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kebaya, mengingat kebaya merupakan kekayaan bangsa yang harus dijaga keberadaannya.

Delegasi TNI dan ADF Bahas Latma Keris Woomera 2024

By On July 24, 2024

(Puspen TNI). 15 personel Delegasi TNI yang dipimpin Kolonel Arm Edwin Habel, S.A.P, M.M.,M.Han., laksanakan Mid Planning Conference (MPC) Exercise Woomera Keris 2024 dengan pihak Australian Defence Force (ADF), Kegiatan ini merupakan diplomasi militer guna meningkatkan kerjasama kedua belah negara. Bertempat di HMAS Kuttabul, Sydney, Australia, Selasa (23/07/2024).

Pembahasan mengenai latihan bersama Indonesia dan Australia  yang akan diadakan di bulan Novèmber tahun Ini, memiliki makna penting untuk menjaga kawasan Indo Pasifik. Latihan ini juga bertujuan militer kedua negara siap menghadapi tantangan kedepan baik dari segi bantuan kemanusiaan hingga operasi tempur.

Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 23 – 26 Juli 2024 ini akan membahas berbagai latihan mulai dari Matra Darat, Laut, Udara dan strategi komunikasi serta integrasi militer TNI-ADF, yang kemudian hasilnya akan dibawa ke Final Planning  Conference di Jakarta.

Panglima TNI Mendampingi Presiden Joko Widodo Acara Puncak Hari Anak
Nasional Ke-40

By On July 23, 2024

(Puspen TNI). Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto mendampingi Presiden Joko Widodo pada acara puncak peringatan Hari Anak Nasional (HAN) ke-40 yang mengusung tema “Suara Anak Membangun Bangsa”, bertempat di Istora Papua Bangkit, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, Selasa (23/7/2024).

Puncak peringatan ini, dihadiri langsung Presiden RI Ir. H. Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo beserta Ibu Wapres RI Ibu Hj. Wury Makruf Amin.

Pada perayaan ini ditampilkan Tarian kolosal  “Tanah Kitorang” oleh 2.600 anak-anak Papua menjadi spesial dalam peringatan HAN tahun 2024 karena tarian ini merupakan gabungan tarian pergaulan anak Papua diiringi musik dan lagu Papua, sekaligus memecahkan rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) yang diserahkan oleh Direktur Operasional MURI kepada Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Perayaan HAN dihadiri 6.000 orang anak ini juga diisi dengan penyampaian suara anak Indonesia oleh 38 anak dari Perwakilan Forum Anak Indonesia, penampilan anak-anak berbakat berhitung/matematika, penampilan baris berbaris dari Polisi Cilik, Marching band, menyanyi dan desain kostum kreatif. Pemberian beasiswa program Indonesia pintar serta penghargaan kepada anak-anak berprestasi dan beasiswa PIT (Program Indonesia Pintar).

Tari Poco-Poco Ramaikan Malam Hiburan Penutupan Pendidikan Defense and
Strategic Studies Course

By On July 23, 2024

(Puspen TNI) – Kolonel Arm Robertus Subono, Kolonel Laut Ivan Arvani dan Kolonel Pnb Eko Adi Nugroho, mengajak Perwira siswa dari negara ASEAN beserta istri untuk bersama-sama menari “Poco-Poco” dan mempromosikan salah satu kesenian dan budaya Indonesia. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Malam Hiburan Penutupan Pendidikan Defense and Strategic Studies Course (DSSC), pendidikan setingkat Lemhanas yang merupakan salah satu bentuk diplomasi militer di bidang pendidikan antara Negara Indonesia dengan Negara RRC yang dilaksanakan  di International College of Defense Studies (ICDS), NDU, PLA, China. Sabtu (29 Juli 2024).

Sebagai penghormatan, Perwira siswa TNI turut mengajak Komandan ICDS, Mayor Jenderal Xu Hui, untuk bergabung menari “Poco-Poco”. Pejabat ICDS dan undangan, Perwira siswa internasional, dan keluarga besar ICDS yang hadir sangat antusias menyaksikan penampilan Komandan ICDS dan Perwira siswa dari negara ASEAN beserta istri menari “Poco-Poco”. Komandan ICDS menyampaikan apresiasi atas inisiatif Perwira siswa TNI dalam memeriahkan kegiatan malam hiburan. Menampilkan “Poco-Poco” dengan mengikutsertakan perwira siswa dari negara “ASEAN Plus China” merupakan salah satu bentuk nyata “friendship and cooperation”. Hal positif seperti ini untuk dapat dikembangkan pada setiap bentuk kerjasama militer guna tetap terwujudnya perdamaian, stabilitas, dan keamanan di Kawasan Global.

Tim Pengawasan Pelaksanaan Operasi Kunjungi KRI Diponegoro-365 di
Limassol, Cyprus

By On July 23, 2024

(Puspen TNI) – KRI Diponegoro-365 yang saat ini tergabung dalam Satgas MTF TNI Konga XXVIII-O/UNIFIL yang merupakan bagian dari kontingen militer Indonesia yang berpartisipasi dalam diplomasi militer  menerima kunjungan kerja Tim Staf Operasi (Sops) TNI pada saat sandar di Port of Limassol, Cyprus. Sabtu (20/07/2024)

Dalam rangkaian kunjungan kerja ini, Tim Pengawasan Pelaksanaan Operasi (Waslakops) yang dipimpin oleh Waasops Panglima TNI, Marsma TNI M. Taufiq Arasj, S.Sos., CHRMP., dan didampingi oleh beberapa Perwira Staf serta Atase Pertahanan RI di Roma. Kegiatan yang dilaksanakan ini berupa pengawasan serta pelaksanaan terhadap hasil kinerja dan operasi KRI selama tergabung dalam Satgas MTF UNIFIL.

Komadan KRI Diponegoro-365, selaku Dansatgas MTF TNI Konga XXVIII-O/UNIFIL, Letkol Laut (P) Wirastyo Haprabu menyampaikan bahwa kedatangan tim Waslakops ini merupakan kesempatan yang baik bagi Satgas untuk berdiskusi dan konsultasi tentang segala tantangan serta kendala yang dihadapi guna mendukung kelancaran operasi di daerah misi.

Kegiatan Waslakops oleh Sops TNI ini dilaksanakan guna mewujudkan visi Panglima TNI, Jenderal TNI Agus Subiyanto yaitu TNI “PRIMA”, yang salah satunya ialah TNI harus Profesional terutama dalam menghadapi perkembangan kompleks di daerah misi.

EntryBriefing Tim Audit Kinerja Itkoopsudnas di Lanud Sultan Hasanuddin

By On July 23, 2024

Makassar – Tim Audit Kinerja Inspektorat Komando Operasi Udara Nasional (Itkoopsudnas), yang dipimpin Ses Itkoopsudnas Kolonel Adm Andrianus Gatot S, mengadakan entry briefing di Lanud Sultan Hasanuddin, Selasa (23/7/2024).

Entry briefing ini merupakan langkah awal dari rangkaian kegiatan audit yang bertujuan untuk mengevaluasi dan meningkatkan kinerja satuan di lingkungan TNI Angkatan Udara.

Entry briefing dilaksanakan di ruang rapat Markas Komando (Mako)  Lanud Sultan Hasanuddin dan dihadiri oleh Komandan Lanud Sultan Hasanuddin, Marsma TNI Bonang Bayuaji G, . E., M. M., CHRMP., beserta jajaran pejabat utama Lanud Sultan Hasanuddin.

Dalam kesempatan tersebut Kolonel Adm Andrianus Gatot dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih, kepada Danlanud Sultan Hasanuddin beserta staf yang telah berkenan menerima kedatangan Tim Audit, serta telah menyiapkan acara entry briefing ini sebagai salah satu rangkaian kegiatan audit Itkoopsudnas, sehingga dapat terlaksana sesuai dengan yang direncanakan. “Perlu saya sampaikan bahwa, audit ini sangat penting untuk mengantisipasi kesalahan maupun kekurang telitian, baik dalam perencanaan maupun kebijakan yang diambil, saat pelaksanaan serta memperkecil peluang ditemukannya penyimpangan oleh eksternal audit,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Marsma TNI Bonang Bayuaji menyampaikan kesiapan Lanud Sultan Hasanuddin dalam pelaksanaan audit dari Tim Audit Itkoopsudnas. “Kami siap memberikan data dan informasi yang dibutuhkan oleh tim audit. Semoga hasil dari audit ini bisa menjadi bahan evaluasi dan perbaikan bagi Lanud Sultan Hasanuddin ke depannya,” tegasnya.

Dengan adanya audit  dari Itkoopsudnas, Danlanud Sultan Hasanuddin berharap  seluruh personel Lanud Sultan Hasanuddin dapat lebih termotivasi untuk meningkatkan kinerja dan profesionalisme dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi mereka demi mendukung keberhasilan misi TNI Angkatan Udara.

Audit kinerja ini dijadwalkan berlangsung selama kurang lebih satu minggu, dimana tim audit akan melakukan pemeriksaan dan penilaian terhadap berbagai aspek operasional dan administrasi di Lanud Sultan Hasanuddin. Hasil dari audit ini nantinya akan menjadi bahan evaluasi dan rekomendasi bagi peningkatan kinerja satuan di masa mendatang. (Pen Hnd)

Panglima TNI Melantik 350 Perwira Prajurit Karier TNI TA 2024

By On July 22, 2024

(Puspen TNI). Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si. memimpin Upacara Pelantikan 350 Perwira Prajurit Karier (Pa PK) TNI TA 2024 terdiri dari Matra Darat  141 personel (Pria 127 dan Wanita 14), Matra Laut  108 personel (Pria 89 dan  Wanita  19) serta Matra Udara 101 personel (Pria  94 dan  Wanita 7), bertempat di lapangan Tridek, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (22/07/2024).

Dalam sambutannya, Panglima TNI mengucapkan selamat kepada 350 Perwira Remaja TNI yang baru dilantik atas keberhasilan mereka menyelesaikan pendidikan dengan baik. Beliau juga menjelaskan bahwa tugas dan tantangan yang dihadapi TNI di masa depan akan semakin kompleks seiring dengan dinamika perubahan lingkungan strategis di tingkat global, regional, dan nasional.

“Tantangan dan tuntutan tugas TNI ke depan akan semakin kompleks seiring dengan dinamika perkembangan lingkungan strategis, baik di tingkat global, regional, maupun nasional. Oleh karena itu, ilmu pengetahuan dan keterampilan yang kalian peroleh selama pendidikan di Kodiklat TNI hendaknya dijadikan dasar untuk mengembangkan profesionalisme, menjadi landasan dalam melanjutkan pendidikan di kecabangan masing-masing, serta sebagai bekal pengabdian di satuan baru nantinya,” tegas Panglima TNI.

Lebih lanjut, Panglima TNI menekankan pentingnya memahami dan mengamalkan nilai-nilai Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan 8 Wajib TNI dalam setiap langkah pengabdian. Beliau juga mengingatkan untuk selalu menanamkan semangat dan tekad sebagai perwira yang tanggap, tanggon, dan trengginas. Pegang teguh Kode Etik Perwira Budhi Bhakti Wira Utama, dan manfaatkan kecanggihan teknologi untuk mendukung setiap tugas yang diemban. Serta jadilah generasi muda TNI yang dapat diandalkan dan menjadi bagian dari TNI yang PRIMA.

Turut hadir dalam rangkaian kegiatan ini, Kepala Staf Angkatan Darat, Kepala Staf Angkatan Laut, Kepala Staf Angkatan Udara, Irjen TNI, Danjen Akademi TNI, Dankodiklat TNI, para Asisten Panglima TNI, Pejabat Utama Mabes TNI, serta tamu undangan lainnya.

Siswa SMA Angkasa Lanud Sultan Hasanuddin Raih Juara Satu Lomba
Fotografi pada Kegiatan Hari Bakti Ke-77 TNI AU

By On July 22, 2024

Makassar – Siswa SMA Angkasa Lanud Sultan Hasanuddin menjadi juara satu Lomba Fotografi yang diselenggarakan Lanud Sultan Hasanuddin dalam rangka memperingati Hari Bakti Ke-77 TNI AU, bertempat di Skadron 33 Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, Minggu (21/7/2024). 

Lomba fotografi tersebut diikuti oleh puluhan peserta dari berbagai  kalangan mulai mahasiswa, pelajar dan masyarakat umum. Nur Andhika Syawal yang merupakan siswa SMA Angkasa Lanud Sultan Hasanuddin keluar sebagai pemenang dengan menyingkirkan beberapa fotografer senior. 

Pada lomba fotografi para peserta ditantang untuk menangkap momen-momen terbaik selama kegiatan Hari  Bakti TNI AU mulai dari Joy Flight, Demo Terjun Free Fall dari pasukan Kopasgat, Pembagian Sembako Gratis, Bazar Murah, Bakti kesehatan, pameran Alutsista dan berbagai kegiatan lainya. 

Dalam kesempatan tersebut, Komandan Lanud (Danlanud) Sultan Hasanuddin Marsma TNI Bonang Bayuaji G., S.E., M.M., CHRMP., memberikan apresiasi tinggi kepada Nur Andhika Syawal, siswa SMA Angkasa Lanud Sultan Hasanuddin yang berhasil meraih juara pertama dalam lomba fotografi pada kegiatan Hari Bakti TNI AU. “Prestasi yang diraih oleh Nur Andhika Syawal  sangat membanggakan dan menunjukkan bahwa generasi muda kita memiliki potensi besar dalam bidang seni dan kreativitas khususnya fotografi. Saya berharap prestasi ini dapat menjadi inspirasi bagi siswa-siswa lain dan para generasi muda untuk terus berkarya dan berprestasi dalam berbagai bidang”, ungkapnya. 

Penyerahan hadiah diberikan secara langsung oleh Komandan Wing Udara 5 Lanud Sultan Hasanuddin,  Kolonel Pnb Agus Rohimat, MavnMgt, psc(i)., mewakili Danlanud Sultan Hasanuddin. Juara satu  mendapat uang tunai sebesar 1.500.000, Juara dua 1.000.000 dan Juara tiga sebesar 750.000. (Pen Hnd)

Peringatan Hari Bakti Ke-77 RSAU dr. Dody Sardjoto Lanud Sultan
Hasanuddin Berhasil Tangani 3.586 Pasien

By On July 21, 2024

Makassar – Rumah Sakit Angkatan Udara (RSAU) dr. Dody Sardjoto Lanud Sultan Hasanuddin, berhasil menangani 3586 pasien yang ikut dalam kegiatan Hari Bakti ke-77 TNI AU, bertempat di hanggar Skadron 33 Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, Minggu (21/7/2024). 

Hari Bakti ke-77 TNI AU  di Lanud Sultan Hasanuddin  menggelar berbagai kegiatan seperti, Bakti Kesehatan yang meliputi pengobatan gratis, operasi bibir sumbing, pelayanan KB, pemeriksaan pendengaran, pemeriksaan laboratorium, pelayanan umum, pelayanan spesialis dan pembagian kursi roda, pembagian kaki palsu dan pembagian kacamata baca.

Pada peringatan Hari Bakti Ke-77, Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI M. Tonny Harjono melaksanakan donor darah yang ke-100. Donor darah diikuti oleh prajurit TNI mulai dari Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara dan Kepolisian serta masyarakat umum. 

Kepala Rumah Sakit Angkatan Udara Lanud Sultan Hasanuddin, Kolonel Kes dr. Nikolas Ardito Suselo, Sp.Rad.,(K) R.I., menjelaskan bahwa, kegiatan donor darah merupakan salah satu upaya RSAU dr. Dody Sardjoto dalam menjaga stok darah di PMI selalu tersedia. “Donor darah memiliki banyak manfaat kesehatan bagi pendonor terutama kesehatan jantung dan pembuluh darah, selain itu donor darah dapat  mengevaluasi beberapa penyakit yang disaring lewat aktivitas donor darah”, ungkap Kolonel Kes dr. Nikolas Ardito Suselo. (Pen Hnd)

660 Warga Makassar Dan Maros Antusias Ikut Joy Flight Pesawat Hercules
AU A-1330 Dalam Rangka Peringatan Hari Bakti Ke-77 TNI AU

By On July 21, 2024

Makassar – Sebanyak 660 warga masyarakat dari kota Makassar dan Maros antusias ikuti Joy Flight Pesawat Hercules AU A-1330 yang dilaksanakan dalam rangka Peringatan Hari Bakti Ke-77  TNI AU, bertempat di Skadron 33 Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, Minggu (21/7/2024). 

Ratusan masyarakat rela antri untuk dapat kesempatan Joy Flight Pesawat Hercules AU A-1330. Kegiatan Joy Flight merupakan bagian dari kegiatan Hari Bakti ke-77 TNI AU yang dipusatkan di Lanud Sultan Hasanuddin. Joy Flight  dilaksanakan sebanyak empat sorties. Sortie pertama dengan Captain Pilot Lettu Pnb Tegar dengan membawa 138 orang, Sortie kedua dan ketiga diterbangkan oleh Captain Pilot Kapten Pnb Rossy dengan membawa masing-masing 148 dan 158 orang sedangkan Sortie keempat  diterbangkan oleh Captain Pilot Letkol Pnb Ave yang merupakan Komandan Skadron Udara 33 Lanud Sultan Hasanuddin dengan membawa 216 orang. 

Selain Joy Flight, Hari Bakti ke-77 dilaksanakan berbagai kegiatan seperti, Pembagian Sembako Gratis, Bazar Murah, pameran Alutsista dan berbagai kegiatan lainya. 

Dalam kesempatan tersebut Danlanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI Bonang Bayuaji G., S.E., M.M., CHRMP., mengungkapkan rasa terima kasihnya atas partisipasi dan antusiasme masyarakat. “Hari Bakti TNI AU bukan hanya milik kami, tetapi juga milik seluruh rakyat Indonesia. Kehadiran masyarakat Makassar, Maros dan sekitarnya di acara ini menunjukkan kedekatan dan kecintaan masyarakat terhadap TNI AU,” ujarnya.

Menurut Marsma TNI Bonang Bayuaji, pelaksanaan Hari Bakti ke-77 TNI AU di Lanud Sultan Hasanuddin ini tidak hanya menjadi ajang peringatan sejarah, tetapi juga mempererat hubungan antara TNI AU dan masyarakat. “Melalui kegiatan ini, diharapkan semangat kebersamaan dan kecintaan masyarakat terhadap TNI Angkatan Udara  semakin kuat tertanam di hati setiap warga masyarakat”, ucapnya. 

Peringatan Hari Bakti ke-77 dihadiri ribuan masyarakat dari Kota Makassar dan Maros. Masyarakat terlihat berbondong-bondong menghadiri pelaksanaan Hari Bakti Ke-77 TNI Angkatan Udara yang dipusatkan di hanggar Skadron 33 Lanud Sultan Hasanuddin.

Sejak pukul 06:00 Wita, ribuan masyarakat memadati Skadron Udara 33 Lanud Sultan Hasanuddin yang datang untuk menyaksikan berbagai atraksi dan kegiatan yang telah dipersiapkan. Acara dimulai dengan Demo Terjun Free Fall dipimpin langsung Komandan Batalyon Komando (Danyonko) 466 Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) Letkol Pas Firasat Amansyah dan diikuti 25 personel Kopasgat dengan menggunakan pesawat Hercules C-130/A-1330. (Pen Hnd)

Panglima TNI Hadiri Pembukaan Piala Presiden Tahun 2024

By On July 21, 2024

(Puspen TNI). Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto mendampingi Presiden RI Joko Widodo menyaksikan laga perdana pembukaan turnamen sepak bola Piala Presiden Tahun 2024, bertempat di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (19/7/2024).

Turut hadir pada kegiatan tersebut diantaranya Menteri Pemuda dan Olahraga RI Dito Ariotedjo, Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian, Ketua Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir, Ketua Steering Committee Piala Presiden Tahun 2024 Maruarar Sirait dan Pj. Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin.

Danlanud Sultan Hasanuddin Dampingi Kasau dan Ketua Umum PMI Kunjungi
Kegiatan Donor Darah pada Acara Hari Bakti TNI Angkatan Udara

By On July 20, 2024

Makassar – Danlanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI Bonang Bayuaji G., S.E., M.M., CHRMP., dampingi Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI M. Tonny Harjono, S.E., M.M., dan Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) M. Jusuf Kalla, mengunjungi kegiatan donor darah yang diadakan dalam rangka memperingati Hari Bakti Ke-77 TNI Angkatan Udara, bertempat di hanggar Skadron 33 Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, Sabtu (20/7/2024). 

Pada kegiatan Hari Bakti Ke-77, Marsekal TNI M. Tonny Harjono melaksanakan donor darah yang ke-100. Usai melaksanakan donor darah, Kasau menerima penghargaan secara langsung dari Ketua Umum PMI Jusuf Kalla. 

Kegiatan donor darah yang dilaksanakan pada rangkaian Hari Bakti ke-77 TNI AU, merupakan salah satu bentuk nyata pengabdian TNI Angkatan Udara kepada masyarakat. Kegiatan donor darah yang dilasanakan pada Hari Bakti TNI AU bertujuan untuk membantu PMI dalam meningkatkam stok darah untuk  membantu menyelamatkan pasien yang membutuhkan.

Ketua PMI Jusuf Kalla juga mengapresiasi langkah TNI AU dalam mendukung program donor darah. “Kerja sama antara TNI dan PMI sangat penting untuk memastikan ketersediaan darah yang cukup di seluruh Indonesia. Kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan dukungan TNI AU,”  kata Jusuf Kalla.

Selain donor darah, acara Hari Bakti TNI Angkatan Udara juga diisi dengan berbagai kegiatan sosial lainnya, seperti bakti kesehatan lainnya seperti, pemeriksaan kesehatan gratis, operasi bibir sumbing, pembagian kaki palsu, dan pembagian sembako kepada masyarakat kurang mampu. Kegiatan ini merupakan wujud komitmen TNI AU dalam mendukung kesejahteraan masyarakat serta mempererat hubungan antara TNI AU dengan rakyat. (Pen Hnd)

Peringati Hari Bakti Ke-77, TNI AU Turut Membangun Sulawesi Selatan

By On July 20, 2024

Makassar – TNI Angkatan Udara berkomitmen untuk tidak hanya menjaga kedaulatan negara, namun juga memiliki tanggung jawab sosial untuk membangun negeri melalui kegiatan Karya Bakti khususnya yang di laksanakan di Provinsi Sulawesi Selatan. Hal tersebut disampaikan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI M. Tonny Harjono, S.E., M.M., dalam sambutanya pada kegiatan Karya Bakti yang dilaksanakan di Skadron 33 Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, Sabtu (20/7/2024). 

Kasau dalam sambutanya menyampaikan bahwa, kegiatan Karya Bakti dalam rangka Hari Bakti Ke-77, TNI AU turut serta membangun Sulawesi Selatan dengan melakukan  renovasi  beberapa fasilitas umum yang ada di Kabupaten Maros dan Kabupaten Takalar. “Selaku Kepala Staf Angkatan Udara, saya menyampaikan ucapan terima kasih dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bupati Maros dan Bupati Takalar, beserta seluruh masyarakat, yang telah bersedia menerima kehadiran keluarga besar TNI Angkatan Udara, dalam kegiatan Karya Bakti,” ungkapnya. 

Marsekal TNI M. Tonny Harjono menjelaskan bahwa, kegiatan Karya Bakti merupakan salah satu bentuk implementasi dari TNI Angkatan Udara yang AMPUH (Adaptif, Modern, Professional, Unggul dan Humasi). Khusus humanis TNI AU selalu dekat dengan rakyat yang diimplementasikan melalui kegiatan Karya Bakti. “Diharapkan melalui kegiatan Karya Bakti dapat semakin mempererat hubungan antara TNI Angkatan Udara dan masyarakat, serta menjadi bukti konkret bahwa TNI adalah bagian dari rakyat, yang senantiasa berkontribusi dan melindungi kepentingan rakyat,” ucapnya. 

Kasau menambahkan bahwa, TNI Angkatan Udara melaksanakan Karya Bakti setiap tahunnya dengan sasaran terpilih, dimana pada tahun 2024 dilaksanakan di kabupaten Maros dan Takalar Provinsi Sulawesi Selatan. “Beberapa kegiatan karya bakti yang dilaksanakan, antara lain, Pembangunan maupun renovasi Rumah Tidak Layak Huni atau RTLH, Renovasi fasilitas umum masyarakat sekitar, Renovasi berbagai sekolah maupun rumah ibadah, Pemberian bantuan 4.666 paket sembako, yang dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan,” ujarnya. 

Menurut Kasau, kegiatan Karya Bakti dapat membantu pemerintah daerah dalam upaya percepatan dan pemerataan pembangunan nasional, serta membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara luas. “Saya juga menghimbau kepada masyarakat, untuk turut menjaga dan merawat fasilitas umum yang sudah diperbaiki, sehingga dapat terus memberikan manfaat yang berkelanjutan,” katanya. 

Saat meninjau pelaksanaan Karya Bakti di Skadron 33 Lanud Sultan Hasanuddin, Kasau didampingi Pejabat Utama Mabesau, Aspotdirga Kasau Marsda TNI Andi Wijaya, S. Sos., Pangkoopsud II Marsda TNI Budhi Achmadi, M. Sc.,  Waaspotdirga Kasau Marsma TNI Dr. Agus Priyanto, P.Sc., S.E., M.M., M.Sc., Danlanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI Bonang Bayuaji G., S.E., M.M., CHRMP. (Pen Hnd) 

Aster Panglima TNI: Prajurit Harus Bisa Menjadi Pemimpin dan Pemikir,
Demi Keberhasilan Tugas

By On July 20, 2024

(Puspen TNI). Asisten Teritorial (Aster) Panglima TNI, Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya, S.I.P., M.I.P.  memberikan pembekalan Pembinaan Teritorial (Binter) kepada anggota Satgas Yonif 512/QY, bertempat di Mako Yonif 512/QY,  Kota Malang, Jawa Timur, Kamis (18/7/2024). 

Dalam sambutannya Aster Panglima TNI menyampaikan bahwa,  pembekalan ini bertujuan untuk menekankan pentingnya pemahaman tugas pokok dan kesiapan menghadapi berbagai ancaman di perbatasan kepada anggota Satgas Yonif 512/QY yang akan melaksanakan tugas Operasi Pamtas RI-PNG. “Pembekalan ini sangat penting karena kalian akan berangkat Satgas Pamtas RI-PNG dan akan melakukan latihan terlebih dahulu di Batujajar,” ujarnya. 

“Binter merupakan fungsi utama TNI dalam mencapai tugas pokok, kalian harus memahami dan melaksanakan pengamanan perbatasan dengan baik,” papar Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya. 

Lebih lanjut Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya menegaskan bahwa naluri tempur setiap personel Yonif 512/QY harus diasah melalui latihan di Batujajar. “Sebagai Prajurit TNI, kalian jangan lengah dan harus selalu siaga walaupun dalam penugasan kalian sebagai insan teritorial. “Dalam medan operasi, setiap prajurit harus bisa menjadi pemimpin dan pemikir demi keselamatan serta  keberhasilan tugas,” tegasnya. 

Aster Panglima TNI juga mengingatkan  pentingnya mengetahui dan mengantisipasi kerawanan di daerah operasi serta menjaga nama baik TNI. “Hindari pelanggaran illegal logging, peredaran miras, dan penyelundupan satwa liar serta kriminal lainnya,” pungkasnya.

IKKT Pragati Wira Anggini Gelar Bakti Sosial, Wujud Dukungan Terhadap
Pendidikan Anak Bangsa

By On July 20, 2024

(Puspen TNI). Ketua Umum Ikatan Kesejahteraan Keluarga TNI (IKKT) Pragati Wira Anggini (PWA) Ny. Evi Agus Subiyanto didampingi Ketua Harian IKKT Pragati Wira Anggini melaksanakan kegiatan bakti sosial dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) IKKT PWA Ke-58, bertempat di Sekolah Master Indonesia, Depok, Jawa Barat dan Panti Sosial Disabilitas Yayasan Pendidikan Dwituna Rawinala, Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (19/7/2024).

Ketum IKKT PWA Ny. Evi Agus Subiyanto ketika memberikan sambutannya di Sekolah Master menyampaikan bahwa sesuai visi dari Sekolah Master untuk menjadi sekolah unggulan di Indonesia bagi masyarakat marginal. “Dalam rangka melahirkan dan menumbuhkan insan yang cerdas, kreatif, mandiri, dan berbudi pekerti serta memiliki daya guna tinggi, menjadi inspirasi bagi kami untuk berkontribusi dengan memberikan bantuan yang dibutuhkan oleh Sekolah Master,” jelasnya. 

Pada kunjungan selanjutnya, Ny. Evi Agus Subiyanto juga menyampaikan kepada para pendidik Yayasan Pendidikan Dwituna Rawinala bahwa apa yang dilakukan selama ini adalah ladang pahala yang luar biasa. “Semoga ibu dan bapak yang mendidik anak-anak dari mulai tidak bisa apa-apa tapi bisa menjadi seperti sekarang adalah suatu amal baik dimata Allah Swt sepanjang masa,” ungkap Ketum IKKT PWA.

Bakti sosial ini merupakan wujud IKKT PWA dalam berbagi keberkahan serta upaya untuk mempererat hubungan sosial dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya para pengurus IKKT PWA Pusat, Pengurus IKKT PWA Gabungan 8 BIN dan Pengurus IKKT PWA Cabang BS IV Akademi TNI serta para undangan lainnya.

Satgas Indo RDB XXXIX-F Monusco Terima Kunjungan Deputy DSRSG

By On July 19, 2024

(Puspen TNI). Satuan Tugas Indonesia Rapid Deployment Battalion (Satgas Indo RDB) XXXIX-F menerima kunjungan kehormatan dari Deputy Special Representative of the Secretary General (DSRSG), Ms Vivian Van De Perre, yang bertujuan untuk meninjau pelaksanaan program SCD (Keamanan dan Pengembangan Komunitas) serta menegaskan komitmen MONUSCO dalam  diplomasi militer untuk meningkatkan perdamaian dunia di Republik Demokratik Kongo (DRC). Bertempat di Desa Idohu, Selasa, (16/7/2024).

Dalam kunjungannya, Ms Vivian Van De Perre disambut oleh Komandan Satgas Indo RDB XXXIX-F, Kolonel Infanteri Aditya Nugraha. Acara penyambutan dimulai dengan upacara militer dan dilanjutkan dengan paparan singkat mengenai situasi dan kondisi terkini di daerah operasi, serta pencapaian-pencapaian Satgas Indo RDB XXXIX-F selama bertugas di bawah naungan Monusco.

Selama kunjungannya, DSRSG berdialog langsung dengan Mayor Andrey Satria Wicaksana, Komandan Kompi B Indo RDB XXXIX-F MONUSCO, dan prajuritnya untuk mendapatkan wawasan langsung tentang tantangan keamanan terkini dan mencari solusi bersama. Diskusi tersebut juga melibatkan perwakilan lokal dan berfokus pada kolaborasi dengan otoritas administratif dan militer untuk mengidentifikasi strategi efektif menghadapi ancaman dari kelompok bersenjata.

Hasil dari kunjungan tersebut menegaskan kembali komitmen MONUSCO dalam menjaga diplomasi militer untuk memperkuat terciptanya Perdamaian, dan DSRSG menekankan pentingnya kerjasama lintas sektor untuk mencapai tujuan bersama dalam melindungi warga sipil dan menciptakan kondisi yang lebih aman bagi semua pihak yang terlibat.

Asrenum Panglima TNI: 255 Produk Perlengkapan TNI Telah Mendapat Hak
Cipta

By On July 17, 2024

(Puspen TNI).  Pada Tahun 2022 Srenum TNI telah mendaftarkan Hak Kekayaan Intelektual dalam bentuk hak cipta terhadap bermacam produk perlengkapan yang digunakan TNI, diantaranya seragam TNI AD, TNI AL, TNI AU, lambang-lambang satuan, brivet, lagu himne/mars termasuk bermacam Ransum yang digunakan TNI sebanyak 255 macam hak cipta meliputi Mabes TNI 48 jenis, TNI AD 48 jenis, TNI AL 58 jenis, dan TNI AU 101 jenis. Semua produk TNI tersebut sudah mendapatkan sertifikat hak cipta dari Kemenkumham RI.

Demikian disampaikan Waasrenum Panglima TNI Brigjen TNI Harvin Kidingallo, S.H., S.T., M.Han., mewakili Asrenum Panglima TNI Laksda TNI Edwin, S.H., M.Han., M.H., saat membuka secara resmi Bimbingan Teknis (Bimtek) Hak Kekayaan Intelektual (HKI) TNI TA 2024, bertempat di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (17/7/2024).

Dalam sambutan tertulisnya, Asrenum Panglima TNI juga mengatakan bahwa pada  tahun 2023 Srenum TNI juga telah mengajukan 17 judul hasil kegiatan Litbang untuk didaftarkan kekayaan intelektual dalam bentuk hak paten, yang terdiri dari Dislitbangad 7 judul, Dislitbangal 7 judul, dan Dislitbangau 4 judul. “Namun khusus pendaftaran hak paten memiliki ketentuan berbeda dengan pendaftaran hak cipta, sehingga sampai saat ini 17 judul hak paten yang didaftarkan belum mendapatkan sertifikat. Beberapa perbedaan dalam pendaftaran hak paten diantaranya harus melengkapi persyaratan dalam bentuk deskripsi invensi, abstrak invensi, gambar Teknik,” jelasnya.

“Melalui kegiatan Bimtek HKI inilah kita akan mendapatkan pengetahuan secara lengkap dan komperhensif tentang bagaimana tahapan dan langkah-langkah untuk memenuhi persyaratan dalam mendapatkan sertifikat hak paten sesuai yang ditentukan oleh Kemenkumhan RI. Bimtek ini juga sebagai sarana dalam menjalin silaturahmi, komunikasi dan koordinasi diantara komunitas Litbang di lingkungan TNI,” jelas Laksda TNI Edwin.

Ketua Umum IKKT PWA Pimpin Ziarah dan Tabur Bunga di TMPNU Kalibata

By On July 17, 2024

(Puspen TNI)  Ketua Umum Ikatan Kesejahteraan Keluarga TNI Pragati Wira Anggini (Ketum IKKT PWA) Ny. Evi Agus Subiyanto beserta rombongan melaksanakan ziarah dan tabur bunga dalam rangka HUT ke-58 IKKT  di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (17/7/2024). 

Kegiatan ini diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan dipimpin oleh Ketua Umum IKKT, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta untuk mengenang jasa-jasa pahlawan dan peletakan karangan bunga di Monumen TMPNU Kalibata. 

Selanjutnya, Ketua Umum IKKT beserta rombongan melaksanakan tabur bunga diantaranya di makam, Bapak B.J Habibie, Ibu Hasri Ainun Habibie, Ibu Hj. Kristiani Herrawati Yudhoyono, Ibu Hj. Nelly Adam Malik, Bapak Abdul Haris Nasution, Ibu Johana Sunarti Nasution, dan Pahlawan Nasional lainnya serta Bapak M.Adil Tampubolon (pencipta Hymne dan Mars Persit KCK), kegiatan dilanjutkan pemberian tali asih berupa bantuan sosial kepada seluruh petugas TMPNU Kalibata. 

Kegiatan ziarah dan tabur bunga juga diikuti oleh Ketua Harian IKKT PWA Ibu Shinta Bambang Isnawan, Ketua Harian Dharma Pertiwi Ibu Bertianda Dadi Hartanto, para Ketua IKKT PWA Cabang BS, Ketua Penghubung dan Pengurus Pusat IKKT PWA.

Aksi Cepat TNI Berhasil Gagalkan Penyelundupan 35,9 Kg Sabu dan Ribuan
Ekstasi

By On July 17, 2024

(Puspen TNI). Satuan tugas (Satgas) TNI dari Batalyon Kavaleri 12/BC Pos Satgas Pamtas Gabma Temajuk berhasil menggagalkan upaya penyelundupan narkoba jenis sabu dan pil ekstasi di Temajuk, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, Sabtu (13/7/2024).

Satgas Pamtas Gabma Temajuk memperoleh Informasi pada tanggal 11 Juli 2024 di wilayah Temajuk, akan ada penyelundupan narkoba. Menindaklanjuti informasi ini, Dankolakopsrem 121/Abw memerintahkan untuk melakukan operasi ambush dan patroli di jalan-jalan tikus yang dicurigai sebagai jalur penyelundupan.

Pada 12 Juli 2024, tim patroli melakukan pengintaian dan pengecekan di sepanjang jalan JIPP dari patok 78 hingga 96. Pada 13 Juli 2024 pukul 03.10 WIB, tim berhasil menggagalkan upaya penyelundupan tersebut namun para pelaku berhasil melarikan diri ke arah Malaysia.

Dalam operasi yang digelar pada tanggal 13 Juli 2024 tersebut, Satgas Pamtas Gabma Temajuk Yonkav 12/BC berhasil mengamankan barang bukti berupa 34 paket sabu-sabu (35,9 kg), 7 paket (35.0000 butir ekstasi), 3 paket (15.000 butir ekstasi) cap Kaki Anjing dan 4 paket (20.000 butir ekstasi) cap Roll Royce.

Keberhasilan ini merupakan hasil dari kerja keras dan koordinasi yang baik antara TNI dan masyarakat setempat serta komitmen kuat TNI dalam memberantas penyelundupan narkoba di wilayah perbatasan.

Ketua Umum IKKT Resmikan Renovasi Kantor IKKT PWA Pengurus Pusat

By On July 17, 2024

(Puspen TNI). Ketua Umum (Ketum) Ikatan Kesejahteraan Keluarga TNI Pragati Wira Anggini (IKKT PWA) Ny. Evi Agus Subiyanto meresmikan Renovasi Kantor IKKT PWA Pengurus Pusat di Jl. Proklamasi No.33 Jakarta Pusat, Selasa (16/7/2024).

Acara peresmian diawali dengan pengajian oleh puluhan anak yatim, dimana kegiatan tersebut memberikan suasana penuh berkah dan kehangatan. Ini mencerminkan komitmen IKKT dalam mendukung dan memberikan perhatian kepada anak-anak yatim sebagai bagian dari misi sosial IKKT.

Kegiatan  dilanjutkan dengan seremoni penandatanganan prasasti dan pemotongan pita oleh Ny. Evi Agus Subiyanto didampingi Pembina Utama IKKT PWA Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, sebagai simbol resmi pembukaan kantor IKKT PWA Pengurus Pusat yang telah direnovasi. Renovasi ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas, kinerja, semangat dan kenyamanan dalam menjalankan berbagai aktivitas dan fungsinya.

Dalam kesempatan tersebut, Ny. Evi Agus Subiyanto bersama Panglima TNI dan tamu undangan melakukan peninjauan ruangan untuk melihat hasil renovasi secara langsung. Renovasi kantor IKKT PWA mencakup perbaikan berbagai fasilitas, termasuk aula yang lebih representatif, serta fasilitas pendukung lainnya seperti ruang kerja Ketum, ruang kerja sekretariat, ruang kerja seksi bendahara, organisasi, bendahara, ekonomi, redaksi, ruang tamu  serta pengaspalan jalan.

Sebagai bagian dari rangkaian acara peresmian yang juga dihadiri Pejabat Utama Mabes TNI dan Para Pengurus Pusat IKKT PWA,  juga dilaksanakan pemotongan tumpeng dan kegiatan sosial berupa pemberian santunan kepada puluhan anak yatim. Santunan ini merupakan bagian dari tanggung jawab  sosial IKKT untuk selalu peduli dan membantu sesama.

Panglima TNI Hadiri Upacara Prasetya Perwira TNI-Polri Tahun 2024 di
Istana Merdeka

By On July 16, 2024

(Puspen TNI). Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menghadiri Upacara Prasetya Perwira TNI dan Kepolisian RI Tahun 2024 yang dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, bertempat di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (16/7/2024).

Presiden RI Joko Widodo melantik dan mengambil sumpah 906 Perwira Remaja TNI-Polri terdiri dari 417 Perwira Remaja TNI AD, 129 Perwira Remaja TNI AL, 113 Perwira Remaja TNI AU dan 247 Perwira Remaja Kepolisian RI. 

Turut hadir dalam upacara tersebut diantaranya Wakil Presiden RI, Menteri Pertahanan RI, Ketua MPR RI, Ketua DPR RI, Menko Polhukam RI, Menteri Dalam Negeri RI dan para Kepala Staf Angkatan, serta para undangan lainnya.

Danlanud Sultan Hasanuddin Tinjau Langsung Latihan Demo Terjun Free
Fall, Jelang Peringatan Hari Bakti-77 TNI AU

By On July 16, 2024

Makassar – Komandan Lanud (Danlanud) Sultan Hasanuddin, Marsma TNI Bonang Bayuaji G., S.E.,M.M., CHRMP., meninjau langsung latihan pendahuluan Demo Terjun Free Fall Jelang Peringatan Hari Bakti-77 TNI AU, bertempat di Taxy Way Charlie Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, Selasa (16/7/2024).

Latihan Demo Terjun Free Fall dipimpin langsung Komandan Batalyon Komando (Danyonko) 466 Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) Letkol Pas Firasat Amansyah dan diikuti 25 personel Kopasgat menggunakan pesawat Hercules C-130/A-1330.

Dalam kesempatan tersebut Danlanud Sultan Hasanuddin menjelaskan bahwa, Demo Terjun Free Fall merupakan salah satu kegiatan yang akan ditampilkan pada acara Peringatan Hari Bakti-77 TNI AU yang dilaksanakan pada tanggal 20 Juli 2024 di Lanud Sultan Hasanuddin. “Latihan ini merupakan bagian dari persiapan Lanud Sultan Hasanuddin dalam menyambut Hari Bakti ke-77 TNI AU. Saya sangat bangga dengan kemampuan dan semangat yang ditunjukkan oleh para penerjun dari Pasukan Gerak Cepat. Para penerjun yang mengikuti Demo Terjun Free Fall merupakan representasi dari profesionalisme dan kesiapsiagaan TNI AU dalam menjalankan tugas,” ujarnya. 

Lebih lanjut, Marsma TNI Bonang Bayuaji,  menekankan pentingnya latihan ini tidak hanya untuk mempersiapkan acara peringatan, tetapi juga sebagai ajang untuk meningkatkan keterampilan dan koordinasi antar prajurit. “Kesiapan dan keterampilan yang di tunjukkan prajurit Kopasgat dalam latihan ini merupakan  kesiapan TNI AU dalam menghadapi berbagai tantangan dan tugas ke depan,” ungkapnya. 

Danlanud Sultan Hasanuddin menambahkan bahwa pada peringatan Hari Bakti Ke-77 TNI AU yang akan digelar pada tanggal 20 Juli 2024 di Skadron Udara 33 Lanud Sultan Hasanuddin. “Kegiatan  Hari Bakti Ke-77 TNI AU di Lanud Sultan Hasanuddin nantinya  akan diisi dengan berbagai kegiatan seperti Bakti Kesehatan, Bakti Sosial, Open Base dan Static  Show Alutsista TNI AU, Bazar Murah,  Pembagian Sembako  serta Lomba Fotografi,” ucapnya. 

Marsma TNI Bonang Bayuaji saat meninjau Demo Terjun Free Fall menyampaikan bahwa acara Hari Bakti Ke-77 TNI AU di dibuka untuk masyarakat umum. “Kepada masyarakat di Kota Makassar, Maros dan sekitarnya yang ingin melihat berbagai kegiatan seperti Open Base dan Static  Show Alutsista TNI AU, Bazar Murah dan Pembagian Sembako silahkan datang pada tanggal 20 Juli 2024 di Lanud Sultan Hasanuddin,” imbuhnya. (Pen Hnd)

Ketua GAPERSUS Ucapkan Selamat,Atas Mandat Yang Diberikan DPP Partai
Gerindra Kepada Rudy Susmanto Sebagai Calon Bupati Bogor

By On July 16, 2024

Cibinong – Aliv Simanjuntak selaku Ketua Relawan “Garda Pembela Rudy Susmanto “( Gapersus ) mengucapkan selamat Atas Mandat yang diberikan DPP Partai Gerindra kepada Rudy Susmanto untuk maju sebagai Calon Bupati Kabupaten Bogor di Pilkada 2024- 2029, selasa, 16 Juli 2027

simpatisan masyarakat untuk dukung Rudy Susmanto terus mengalir dari berbagai kalangan.Tak terkecuali para relawan yang mendukung Rudy Susmanto yang menamakan dirinya “Garda Pembela Rudy Susmanto “( Gapersus)

Mandat yang diberikan kepada Rudy Susmanto oleh Partai Gerindra untuk maju di Pilkada Kabupaten Bogor sebagai Calon Bupati tersebut disambut antusias oleh Relawan” Garda Pembela Rudy Susmanto”( Gapersus) yang di komandoi oleh Aliv Simanjuntak,

Aliv menambahkan, bahwa Bapak Rudi susmanto adalah sosok figur yang merakyat sederhana dan juga santun dalam menyampaikan pesan-pesannya,beliau sebagai panutan di Kabupaten Bogor untuk Menjadi Sang Pemimpin di 2024-2029 sebagai Bupati Bogor.

“Oleh karenanya kami selaku relawan Garda pembela Rudi susmanto telah siap memenangkan dan memperjuangkan secara masif di seluruh kabupaten Bogor,” yang terdiri dari 40 Kecamatan 418 desa/kelurahan ,dan kami akan gerakan untuk memenangkan beliau sebagai Bupati Bogor yang bisa membawa Bogor lebih maju dan Teristimewa dari Kabupaten lainnya yang ada diseluruh indonesia,

Aliv Simanjuntak berharap kepada Bapak Rudy Susmanto,semoga beliau dapat wakilnya yang bisa mendokrak suara didalam kontestasi Pilkada nanti,artinya,partai tidak salah pilih dalam meduetkan Cabub dan Wacabub nya,

Aliv menegaskan, yang pasti kami akan mendominasi peran serta dari pada ibu-ibu, emak-emak rempong, dan seluruh kalangan milenial untuk ikut berpartisipasi dalam menentukan pemimpinnya ke depan,oleh karenanya sebagai kata penutup,saya selaku ketua Garda Pembela Rudi Susmanto (Gapersus) siap menangkan beliau sebagai Bupati Bogor 2024-2029,pungkasnya.