-->
Advertise Here

Subscribe Here!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Search This Blog

lenterakhatulistiwa.com. Powered by Blogger.
Kasus Kesalahpahaman Driver Online dan Anggota TNI di Bandara Sultan
Hasanuddin Berakhir Damai

By On June 30, 2024

Makassar – Kasus kesalah pahamanan antara petugas Lanud Lanud Sultan Hasanuddin BKO, security Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan, dengan seorang pengemudi taxi online yang kasus viral di media sosial akhirnya berujung damai. 

Dalam peristiwa yang viral di masyarakat tersebut, diketahui melibatkan Peltu Udin Patoba, Serma Mustakin dan Pratu Dzakwan serta petugas Security Bandara, dengan pengemudi taksi online Maxim atas nama Agusli. 

“Pada Sabtu 29 Juni 2024 sekira pukul 17:00 WITA. Kejadian kesalahpahaman tersebut telah diselesaikan secara kekeluargaan dan kedua belah pihak sepakat berdamai,” kata Penerangan Lanud Sultan Hasanuddin Makassar Mayor Santos, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (30/6/2024).

Sebelumnya diberitakan, sebuah video viral beredar di masyarakat yang memperlihatkan detik-detik terjadinya keributan antara seorang sopir taksi online dengan sejumlah orang berseragam loreng di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar.

Kejadian ini terekam melalui kamera tersembunyi yang dipasang driver online yang diketahui atas nama Agus di bagian depan mobilnya.

Awalnya, Agus dicegat oleh tiga pria berseragam loreng bersama petugas keamanan bandara setelah menerobos Toll Gate nomor 6, selanjutnya saat sedang berada di kursi pengemudi dengan mobilnya masih berada di area parkir bandara.

Video ini menyebar bersamaan dengan tangkapan layar percakapan di grup driver taksi online. Insiden itu diduga akibat masalah driver online yang mengambil penumpang di Bandara namun tidak terdaftar sebagai taksi resmi di Bandara. (Pen Hnd)

Dalam Rangka Hari Bakti Ke-77 TNI AU, Lanud Sultan Hasanuddin Gelar
Sunatan Massal 1.000 Anak-Anak

By On June 30, 2024

Makassar – Lebih dari  1.000 anak dari berbagai Kabupaten yang ada di Sulawesi Selatan mengikuti kegiatan sunatan massal gratis yang dilaksanakan oleh Lanud Sultan Hasanuddin dalam rangka Hari Bakti ke-77 TNI AU yang di pusatkan di Skadron udara 5 Lanud Sultan Hasanuddin, Kecamatan Mandai, Kabupaten Maros, Minggu (30/6/2024).

Komandan Lanud (Danlanud) Sultan Hasanuddin Marsma TNI Bonang Bayuaji G, S.E., M.M., CHRMP., menjelaskan bahwa acara sunatan massal tersebut merupakan rangkaian dari berbagai kegiatan yang dilaksanakan TNI AU khususnya Lanud Sultan Hasanuddin dalam rangka memperingati Hhari Bakti ke-77 TNI Angkatan Udara.

“Pada hari ini Lanud Lanud Sultan Hasanuddin melaksanakan kegiatan Sunatan Massal yang merupakan rangkaian kegiatan Hari Bakti Angkatan Udara. Kegiatan sunatan massal ini adalah inisiasi dari Skadron Udara 5, Skadron Udara 11 dan Skadron Udara 33 untuk melaksanakan kegiatan sosial yang sangat bermanfaat bagi masyarakat khsusnya di Provinsi Sulawesi Selatan,” jelasnya.

Lebih lanjut Marsma TNI Bonang Bayuaji menyampaikan bahwa hari ini Lanud Sultan Hasanuddin memecahkan  rekor untuk dengan melaksanakan sunatan massal yang diikuti 1000 lebih anak-anak. Kita laksanakan saat anak-anak sekolah sedang melaksanakan libur sekolah. “Dari panitia tadi disampaikan bahwa peserta sunatan massal diikuti 1000 lebih anak-anak, sebenarnya kita sudah membatasi sekitar 1000 peserta, namun karena bertepatan dengan hari libur anak sekolah jadi yang datang melebihi,” ujar Danlanud.

Danlanud Sultan Hasanuddin mengungkapkan bahwa kegiatan sunatan massal  yang dipusatkan di Hanggar Skadron Udara 5 Lanud Sultan Hasanuddin ini juga bertujuan untuk membantu keluarga khususnya yang belum mampu melaksanakan khitanan bagi anak-anaknya. “Kegiatan sunatan masaal ini juga sebagai ajang menjalin tali silaturahmi sebagai wujud sumbangsih dan kepedulian TNI AU khususnya Lanud Sultan Hasanuddin terhadap masyarakat sekitarnya,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut Danlanud Sultan Hasanuddin menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan kegiatan sunatan massal, sejumlah tenaga medis dan dokter dari RSAU dr. Dody Sardjoto, bekerja keras untuk memastikan bahwa setiap proses khitanan berjalan dengan lancar dan aman. Para dokter dilengkapi dengan fasilitas medis yang lengkap dan menjalankan prosedur steril untuk menjaga keamanan anak-anak yang menjalani khitanan.

“Kegiatan ini juga sebagai manifestasi dari pelaksanaan kegiatan ibadah karena sunatan memberikan manfaat kesehatan jasmani dan rohani bagi anak-anak, dan juga sebagai salah satu wujud tanggung jawab sosial kepada masyarakat sekitar Lanud Sultan Hasanuddin”, kata  Marsma TNI Bonang Bayuaji. (Pen Hnd)

Panglima TNI Hadiri Doa Bersama Lintas Agama Jelang Peringatan Hari
Bhayangkara ke-78

By On June 29, 2024

(Puspen TNI). Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri doa bersama lintas agama jelang Hari Bhayangkara ke-78, bertempat di Lapangan Bhayangkara, Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (28/6/2024).

Doa bersama ini juga diikuti oleh 3.000 orang lebih, baik secara offline dan online dari berbagai lapisan masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Badan Eksekutif Mahasiswa, Organisasi Kemasyarakatan hingga pemuda di seluruh Indonesia.

Hadir dalam acara tersebut  H.M. Jusuf Kalla, Kapolri, Ketua MUI, Ketua PBNU, Ketua Muhammadiyah, Staf Gembala Sidang Gereja Tiberias (Kristen Protestan), Sekretaris Eksekutif Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan (Katolik), Ketua Bidang Keagamaan dan Spiritualitas PHDI Pusat (Hindu), Ketua Umum Majelis Agama Buddha Mahayana Tanah Suci, Sekretaris Dewan Rohaniawan Pengurus Pusat Matakin (Konghucu), Pejabat Utama TNI-Polri, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, para Ketua BEM serta  undangan lainnya.

Danlanud Sultan Hasanuddin Apresiasi Petani Pinrang Ubah Lahan Rawa
Jadi Area PertanianProduktif

By On June 29, 2024

Makassar – Komandan Lanud (Danlanud) Sultan Hasanuddin Marsma TNI Bonang Bayuaji G, S.E., M.M., CHRMP., bersama Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun, Kaskoopsud II, Marsma TNI Azhar Aditama D., S. Sos., Pj.Bupati Pinrang H.Ahmadi Akil,SE,MM., mendampingi Pj. Gubernur Sulawesi Selatan Prof. Zudan Arif Fakrulloh, melaksanakan Panen Raya Padi Optimalisasi Lahan Rawa di Desa Mallongilongi, Kecamatan Lanrisang, Kabupaten Pinrang, Provinsi Sulawesi Selatan, Jumat (28/6/2024).

Panen Raya padi Optimalisasi Lahan Rawa seluas 164,5 Ha tersebut merupakan Hasil kerjasama Kodim 1404/ Pinrang dan Pemerintah Kabupaten Pinrang melalui Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura.

Panen Raya ini adalah bagian dari upaya pemerintah daerah dalam peningkatan produksi pangan dan ketahanan pangan nasional melalui pemanfaatan lahan rawa yang selama ini kurang produktif.

Dalam kesempatan tersebut, Marsma TNI Bonang Bayuaji,  menyampaikan apresiasi terhadap para petani dan pihak terkait yang telah bekerja keras untuk memaksimalkan potensi lahan rawa menjadi area pertanian produktif. “Panen Raya padi Optimalisasi Lahan Rawa diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi daerah lain untuk mengembangkan potensi lahan rawa yang dimiliki sekaligus membantu program pemerintah dalam menciptakan ketahanan pangan nasional,” ujarnya.

Panen raya ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk pejabat pemerintah daerah, tokoh masyarakat, serta para petani yang terlibat langsung dalam program optimalisasi lahan rawa. (Pen Hnd)

Satu Penerbang Tempur Sukhoi SU-30 MK2 Skadron Udara 11 Lanud Sultan
Hasanuddin Sukses Laksanakan Terbang Solo

By On June 28, 2024

Makassar – Penerbang muda Skadron Udara 11 Lanud Sultan Hasanuddin, Lettu Pnb Fikri Hira Muzaki berhasil melaksanakan check terbang solo yang dirilis langsung oleh Instruktur Pilot Komandan Skadron Udara 11 Letkol Pnb Andry “Stellar” Libarsyah Agung N., M.M.S. menggunakan pesawat tempur Sukhoi SU-30 MK2 (TS-3003), pada hari Rabu (26/06/2024).

Keberhasilan terbang solo menggunakan pesawat tempur Sukhoi SU-30 MK2 yang membanggakan tersebut mendapat apresiasi langsung dari Komandan Lanud (Danlanud) Sultan Hasanuddin Marsma TNI Bonang Bayuaji G, S.E., M.M., CHRMP.

Dalam kesempatan tersebut Marsma TNI Bonang Bayuaji menyampaikan apresiasi dan memberikan ucapan selamat atas capaian terbang solo kepada Lettu Pnb Fikri Hira Muzaki. 

“Keberhasilan terbang solo Lettu Pnb Fikri Hira Muzaki merupakan langkah awal dalam melaksanakan tugas sebagai seorang penerbang tempur. Keberhasilan dalam melaksanakan terbang solo ini bukan hanya kebanggaan bagi dirinya pribadi, tetapi juga bagi seluruh jajaran TNI AU”, ungkap Danlanud Sultan Hasanuddin. 

Danlanud Sultan Hasanuddin menegaskan bahwa keberhasilan terbang solo Lettu Pnb Fikri Hira Muzaki menggunakan pesawat tempur Sukhoi SU-30 MK2 adalah bukti nyata dari komitmen TNI AU dalam membina dan mengembangkan kemampuan penerbang-penerbang muda yang andal dan siap melaksanakan tugas-tugas TNI Angkatan  Udara. 

Dalam kesempatan yang sama Komandan Skadron Udara 11, Letkol Pnb Andry Libarsyah Agung N., M.M.S., memberikan ucapan selamat atas keberhasilan terbang solo Lettu Pnb Fikri Hira Muzaki.  “Saya  berharap pencapaian tersebut menjadi langkah awal dalam mengembangkan karir dan profesi sebagai perwira penerbang TNI Angkatan Udara.

Lettu Pnb Fikri Hira Muzaki menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas dukungan yang diberikan selama proses pelatihan. “Ini adalah momen yang sangat berharga bagi saya. Penerbangan solo ini adalah langkah awal dari perjalanan panjang dalam pengabdian saya kepada TNI Angkatan Udara,” ujarnya dengan penuh rasa bangga.

Lettu Pnb Fikri Hira Muzaki adalah Alumni AAU tahun 2018 dan merupakan siswa transisi ke-7 yang telah mendapatkan Thunder Number (TH-168). (Pen Hnd) 

Danlanud Sultan Hasanuddin Hadiri Rakor Kesiapan Penyelenggaraan
Pilkada Serentak Tahun 2024

By On June 27, 2024

Makassar – Komandan Lanud (Danlanud) Sultan Hasanuddin Marsma TNI Bonang Bayuaji G, S.E., M.M., CHRMP., menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) kesiapan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 yang diselenggarakan di Hotel Claro Makassar, Rabu (26/6/2024).

Rakor itu dibuka langsung Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Indonesia Marsekal TNI (Purn.) Hadi Tjahjanto. Rakor Kesiapan Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2024, dihadiri juga oleh Mendagri RI Jenderal Polisi Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, B.A., M.A., Ph.D., Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari, S.H., M.Si., Ph.D., Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja, S.H., LL. M. Kabaharkam Polri Mohammad Fadli Imran, M.Si., mewakili Kapolri dan Pangkogabwilham II Marsdya TNI M. Khairil Lubis mewakili Panglima TNI.

Acara tersebut diikuti oleh para Gubernur, Kapolda, Forkopimda Provinsi, Kajati, Ketua KPU dan Bawaslu Provinsi, Bupati/Walikota, Kapolres, Kajari, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, tokoh organisasi se- Sulawesi, Kalimantan dan Maluku. (Pen Hnd)

Panglima TNI Berikan Ceramah Pada Executif Course on Strategic
Management and Leadership Cohort-1 Unhan RI

By On June 27, 2024

(Puspen TNI). Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto hadir memenuhi undangan Kemhan RI untuk memberikan ceramah pada program Executive Course on Strategic Management and Leadership Cohort-1 Unhan RI TA 2024 bertempat di Ruang Bhineka Tunggal Ika, Gedung Jenderal Sudirman Kemhan RI  Jakarta Pusat,  Rabu (26/6/2024).

Turut mendampingi Panglima TNI pada kegiatan tersebut Asintel Panglima TNI Mayjen TNI Djaka Budi Utama, Kababinkum TNI Laksda TNI Kresno Buntoro, Kapuspen TNI Mayjen TNI Nugraha Gumilar dan Paban VII/Latma Sops TNI Kolonel Arm Edwin Habel.

Kasum TNI Buka Rakornisku TNI Tahun 2024

By On June 26, 2024

(Puspen TNI). Kasum TNI Letjen TNI Bambang Ismawan, S.E., M.M., membuka Rapat Koordinasi Teknis Keuangan (Rakornisku) TNI TA 2024 dengan tema “Melalui Rakornisku TNI Kita Wujudkan Personel Keuangan Yang Prima Guna Mendukung Tugas Pokok TNI”, bertempat di Aula Gatot Subroto Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (26/6/2024).

Letjen TNI Bambang Ismawan dalam amanatnya menyampaikan bahwa dinamika yang tinggi dalam setiap Satuan Kerja menghadirkan tantangan tersendiri. “Saya yakin disemua Satuan Kerja  apa yang sudah direncanakan biasanya tidak sesuai dengan apa yang diharapkan,” ujarnya.

Kasum TNI berharap melalui Rakornisku ini dapat menyinkronkan dinamika yang ada dengan aturan yang berlaku. “Rakornisku penting dilaksanakan agar laporan keuangan Kementerian Pertahanan dan TNI akan semakin baik, ditambah dengan narasumber yang akan memberikan pengetahuan aturan yang ada supaya kita tidak salah,” jelasnya. 

Turut mendampingi Kasum pada kegiatan tersebut diantaranya Irjen TNI, Kapusku TNI, Para Asisten Panglima TNI, Para Kadisku Angkatan dan Gilang Mahadhika selaku pemberi materi dari Kemenkeu.

Panglima TNI Kunjungi Kepala Staf Pertahanan Italia

By On June 25, 2024

(Puspen TNI) Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto melaksanakan kunjungan ke Italia dalam rangka pertemuan bilateral dengan Kepala Staf Pertahanan Italia (Chief of Defence Staff) Admiral Giuseppe Cavo Dragone Kepala Staf Pertahanan, di Markas Besar Angkatan Bersenjata Italia, Senin (24/6/2024)

Pada pertemuan tersebut, pemimpin militer kedua negara memiliki kesamaan pandangan untuk meningkatkan kerja sama di berbagai bidang seperti pendidikan, latihan, dan operasi. Siber merupakan salah satu topik khusus yang akan ditindaklanjuti ke depannya.

Selain itu Panglima TNI juga menyinggung rencana kunjungan muhibah kapal Kadet Angkatan Laut Italia yaitu ITS Amerigo Vespucci yang akan berlabuh di pelabuhan Belawan, Medan Sumatera Utara atau ketika singgah disalah satu titik pemberhentian di perairan Indonesia agar Kadet Angkatan Laut Indonesia dapat onboard di ITS Amerigo Vespucci sehingga Kadet dari Indonesia dapat berinteraksi dengan Kadet Italia.

TNI menyambut baik kehadiran kapal-kapal AL Italia di kawasan perairan Indonesia dan dapat dilaksanakan Passing Exercise (Passex) dengan kapal-kapal perang Indonesia. Hal tersebut merupakan bentuk persaudaraan AL seluruh dunia (naval brotherhood) dan upaya untuk meningkatkan kerja sama bilateral antara AL Indonesia dan Italia, demikian tambah Panglima TNI.

Kunjungan ini juga menjadi lebih bermakna karena terlaksana bertepatan dengan momentum peringatan 75 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Italia.

Satgas Kizi TNI Konga XXXVII-J Minusca FCCar Evakuasi Truk Masuk Jurang

By On June 25, 2024

(Puspen TNI) Satgas Kizi TNI Konga XXXVII-J MINUSCA  membantu evakuasi truk yang terguling kedalam jurang sedalam 8 meter yang berlokasi di jalan Pasar Besar sektor TOB Berberati, Minggu (23/06/2024).

Informasi terjadinya kecelakaan tersebut berawal  dari laporan Pos Jaga Gendarmarie sektor Berberati tepatnya di wilayah Pasar Besar yang meminta bantuan kepada Staf Minusca yaitu Engineering Section, kemudian memberikan perintah kepada Indonesian Engineering Company untuk melaksanakan perbantuan evakuasi truk pengangkut bata yang terguling kedalam jurang sedalam 8 meter.

Personel Satgas Kizi TNI Konga XXXVII-J Minusca Car yang mengerahkan personel maupun alat berat dalam proses evakuasi dengan saling bahu membahu dan penuh ketelitian mengingat posisi truk yang berada di jurang sedalam 8 meter masih terdapat  pengemudi truk didalamnya ditambah dengan lokasi yang sempit pada saat proses evakuasi dapat menjadi resiko bagi personel maupun alat berat yang melaksanakan evakuasi.

Kegiatan evakuasi selama 5 jam tersebut merupakan salah satu wujud kepedulian terhadap warga sipil dalam melindungi dan membantu kesulitan warga didaerah misi yang merupakan bagian dari tugas pokok seorang peacekeeper dalam menjaga dan memelihara perdamaian di Republik Afrika Tengah.

Proses evakuasi juga dibantu oleh beberapa personel dari Tanzania Battalion dan Senegal FPU dalam berkoordinasi dengan warga sekitar selama evakuasi berlangsung serta pengamanan di lokasi kejadian.

Kapuspen TNI Hadiri Peringatan Harsiarnas ke-91

By On June 25, 2024

(Puspen TNI). Kapuspen TNI Mayor Jenderal TNI Dr. Nugraha Gumilar, M.Sc. mewakili Panglima TNI menghadiri pembukaan Rakornas Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) 2024 dan peringatan Hari Penyiaran Nasional (Harsiarnas) ke – 91 yang diselenggarakan tanggal 24- 25 Juni 2024, bertempat di Nusantara Hall 1 Indonesia Convention Exhibition (ICE), Jl. BSD Grand Boulevard Raya No 1 Pagedangan Kab. Tangerang, Banten, Senin (24/6/2024).

Acara yang dibuka oleh Wakil Presiden RI Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin, tersebut mengusung tema “Penyiaran Indonesia tumbuh kuat dengan harmoni”. KPI sebagai lembaga independen, menjalankan peran penting dalam penyiaran sesuai Undang-Undang No. 32 Tahun 2002.

Hadir dalam acara tersebut Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Ketua Komisi I DPR RI, Ketua MUI, Gubernur Banten, Sekertaris Kemen PAN-RB, Deputi Sekneg Bid. Polhukam, Deputi Bid. Polhukam Bapennas, Deputi Bid. Teknologi Informasi Penanaman Modal, Staf Ahli Kemenkominfo Bid. Teknologi, Staf Ahli Kemenkumham Bid. Penguatan Reformasi, Staf khusus Mendagri, Karopenmas Divhumas Polri, Kabiro Komunikasi dan Layanan Informasi Kemenku. 

Pengadilan Negeri Bekasi Gelar Sidang Lanjutan ke 32 Perkara Tanah
Mabes TNI Jatikarya

By On June 24, 2024

(Puspen TNI).  Pengadilan Negeri Kota Bekasi Kelas 1A kembali menggelar sidang lanjutan Perkara Pidana Nomor 484/Pid. B/2023/PN. Bks, terdakwa H. Dani Bahdani, S.H., yang ke-32 dengan agenda sidang mendengarkan keterangan 1 (satu) orang Saksi dari pihak Terdakwa yaitu Bpk. Machfud, bertempat di Ruang Sidang Kartika I Lantai 2 Pengadilan Negeri Kota Bekasi Kelas 1A Khusus Jl. Pintu Air, Harapan Mulya, Kecamatan Medan Satria, Jawa Barat, Senin (24/6/2024).

Sidang dipimpin oleh Majelis Hakim Basuki Wiyono, S. H., M.H., dengan Hakim Anggota 1 Sorta Ria Neva, S.H., Hakim Anggota 2 Joko Saptono, S.H., M.H., Panitera Pengganti Nining Anggraini K, S.H., Jaksa Penuntut Umum (JPU) Danu Bagus Pratama, S.H., M.H., dan Pengacara tersangka diantaranya Jhon, S.E., Panggabean, S.H., M.H., Daance Yohanes, S.H., Togap L. Panggabean, S.H., Mangasi Ambarita, S.H., Ganti Lombantoruan, S.H., M.H.

Saksi Bpk. Machfud (61 Th) dalam persidangan menerangkan kepada Majelis Hakim bahwa Saksi saat berada di rumah H. Sa’aman mengenal beberapa masyarakat yang mengumpulkan bukti perkara untuk menggugat tanah tersebut. Setelah berkas bukti perkara tersebut terkumpul, kemudian diserahkan kepada Terdakwa. “Berkas yang diserahkan berupa KTP, girik dan Ipeda. Jumlah masyarakat yang mengumpulkan berkas sekitar 70 orang,” ucapnya.

Pada saat Saksi dikonfirmasi oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) terkait beberapa Saksi yang sudah diperiksa pada saat persidangan sebelumnya menyampaikan bahwa para Saksi tersebut tidak pernah menyerahkan bukti berupa girik dan Ipeda kepada Terdakwa karena tidak memilikinya. Terkait konfirmasi JPU tersebut, Saksi tidak bisa menjelaskannya. “Saya tidak tahu kalau ada para Saksi lain yang tidak menyerahkan atas bukti girik dan Ipeda,” ujar Saksi.

Siswa TNI Sebagai Pembicara Dalam The 7th International Defense Forum
of NDU, PLA, China

By On June 23, 2024

(Puspen TNI) Pendidikan militer merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam Diplomasi Pertahanan Republik Indonesia dan People’s Republic of China. Salah satu bentuk kerjasama pendidikan militer kedua negara adalah Defense and Strategic Studies Course (DSSC), yaitu pendidikan setingkat Lemhanas. Setelah tiga tahun terhenti karena pandemi Covid-19, kini International College of Defense Studies (ICDS), NDU, PLA, China, kembali membuka pendidikan DSSC Angkatan ke 46 tahun 2023-2024, yang diikuti oleh 87 siswa dari 48 negara.

The 7th International Defense Forum tahun 2024 diselenggarakan di ICDS pada tanggal 20 s.d. 21 Juni 2024, dengan tema “From the Five Principes of Peaceful Coexistence (FPPC) to the Global Security Initiative (GSI): Common, Comprehensive, Cooperative, and Sustainable Security. Opening Ceremony dipimpin oleh Deputy Commandant of ICDS, dilanjutkan dengan Plenary Session Exchanges, dimana para pembicara secara bergantian menyampaikan paparannya. Para pembicara terdiri dari Dosen dan beberapa siswa ICDS yang dipilih berdasarkan seleksi reseach paper sesuai tema forum.

Kolonel Arm Robertus Subono, S.I.P., M.Sc, merupakan salah satu siswa ICDS yang terpilih sebagai salah satu pembicara dengan judul research paper “China’s Global Security Initiative: For Peace and Stability in the Southeast Asia Region. Membahas tentang sejarah GSI, apa implikasi GSI bagi ASEAN, dan apakah GSI mempunyai peran penting dalam memelihara perdamaian dan stabilitas di kawasan Asia Tenggara, khususnya dalam menyikapi dinamika dan perkembangan sengketa wilayah di Laut China Selatan. Kegiatan forum diakhiri dengan Closing Ceremony dipimpin oleh Deputy Commandant of ICDS.

Tingkatkan Potensi, Delegasi TNI Kunjungi SPO Belanda

By On June 22, 2024

(Puspen TNI). Study Visit dan Capacity Building  TNI ke Netherlands School for Peace Operations (SPO), salah satu institusi pelatihan terkemuka untuk operasi perdamaian dunia, bertempat di Harskamp Belanda, Jumat, (21/6/2024).

Kunjungan ini bertujuan untuk mempelajari tentang program pelatihan dan pendidikan yang dimiliki oleh SPO, terutama Pelatihan pengamanan pada daerah beresiko tinggi dan melihat secara langsung beberapa kursus yang diselenggarakan di SPO, antara lain Kursus _Mission Oriented Training_ (MOT)(Latihan Pra Tugas), Kursus UNMOC/UNPOL (4 kursus pertahun), Kursus _Hostile Environment Awareness Training_ (HEAT) yang dikhususkan bagi personel sipil.

Delegasi TNI yang dipimpin Laksda TNI Rachmad Jayadi, Pati Sahli Tingkat III Bidang Banusia Panglima TNI dan beberapa staf terkait dari Operasi TNI, PMPP TNI serta Athan RI  di Den Haag yang turut mendampingi disambut dengan baik mulai dari gerbang Komplek militer General Winkelman Kazerne, serta menerima paparan dan penjelasan dari SPO selama pelaksanaan peninjauan tersebut.

Kunjungan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas TNI dalam melaksanakan operasi perdamaian dan misi internasional lainnya, serta berkontribusi pada terciptanya perdamaian dunia.

Panglima TNI Kunjungi Markas Angkatan Bersenjata Perancis

By On June 22, 2024

Di sela-sela kunjungan kerjanya di Paris dalam menghadiri undangan pameran Eurosatory 2024, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto mengunjungi Markas Angkatan Bersenjata Perancis dalam rangka memenuhi undangan Panglima Angkatan Bersenjata Perancis General Thierry Burkhard untuk meningkatkan kerja sama di bidang pertahanan dan keamanan, Paris (19/06/2024)

Selama kunjungan tersebut, Panglima TNI mengunjungi Markas Besar Angkatan Bersenjata Perancis yang bertempat di Ballard Paris. Setibanya di Markas Besar Angkatan Bersenjata Perancis, Panglima TNI disambut hangat oleh Panglima Angkatan Bersenjata Perancis General Thierry Burkhard yang diawali dengan menerima jajar kehormatan dan dilanjutkan dengan pertukaran cenderamata serta foto Bersama.

Dalam kunjungannya, Panglima TNI menyampaikan ucapan terima kasih kepada Panglima Angkatan Bersenjata Perancis atas partisipasinya dalam Latgabma Super Garuda Shield 2023 dan kegiatan the 4th Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023. Selain itu, Panglima TNI berharap Angkatan Bersenjata Perancis untuk kembali berpartisipasi dalam Latgabma Super Garuda Shield 2024 dan kegiatan the 4th Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2025 di Bali.

Pertemuan tersebut untuk meningkatkan kerjasama pertahanan antara TNI dan Angkatan Bersenjata Perancis yang merupakan langkah penting dalam mewujudkan sumber daya yang profesional dan modern.

Panglima TNI Hadiri Pameran Eurosatory 2024 di Paris

By On June 22, 2024

(Puspen TNI) Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto berkesempatan memenuhi undangan Panglima Angkatan Bersenjata Perancis General Thierry Burkhard menghadiri pameran Eurosatory 2024 di Perancis, Paris (19/06/2024)

Pameran Eurosatory merupakan pameran internasional terbesar dalam industri pertahanan dan keamanan darat dan udara, dimana pameran ini diselenggarakan setiap dua tahun di Pusat Pameran Paris-Nord Villepinte, Paris, Perancis. Tahun ini Sekitar 2.000 peserta pameran komunitas industri pertahanan yang ikut meramaikan pameran yang diselenggarakan oleh COGES.

Pameran tersebut, menyajikan beragam kemajuan teknologi terbaru di bidang peralatan militer sehingga dapat memberikan solusi untuk meningkatkan Pertahanan dan kemampuan Keamanan. “Pemerintah Perancis dapat menjamin kelangsungan dukungan suku cadang Alutsista yang dibeli dari Perancis tersebut untuk kepentingan pelaksanaan tugas pokok TNI di masa depan “ pungka Agus Subiyanto.

Selama kunjungannya Panglima TNI meninjau booth industri pertahanan PT. Veco, PT. Leonardo, PT. Dassault, PT. Nexter/KNDS France, PT. Thalles, dan PT Exail, serta menyaksikan demonstrasi yang disajikan oleh Angkatan Darat Perancis.

Komitmen TNI dan Garuda Indonesia Dukung Perdamaian Dunia

By On June 22, 2024

(Puspen TNI). Asisten Operasi (Asops) Panglima TNI Mayor Jenderal TNI Gabriel Lema mewakili Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menandatangani Perjanjian Kerjasama antara TNI dengan PT Garuda Indonesia, acara bertempat di Ruang Rapat Staf Operasi, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta timur, (19/6/2024).

Acara penandatanganan perjanjian kerja sama ini menandai resminya kerja sama layanan penerbangan charter bagi Satgas TNI Kontingen Garuda dalam misi pemeliharaan perdamaian PBB yang dihadiri oleh berbagai petinggi dari kedua belah pihak, Direktur Utama PT Garuda 

Indonesia, Komandan PMPP TNI, dan beberapa pejabat tinggi lainnya dari jajaran TNI.

Asops Panglima TNI mengungkapkan kebanggaan atas kerjasama ini, dikarenakan setiap tahun terdapat 1.090 personel Satgas TNI Kontingen Garuda UNIFIL di Lebanon, 1.025 personel Satgas TNI Kontingen Garuda MONUSCO di Kongo dan 240 personel Satgas TNI Kontingen Garuda MINUSCA di Republik Afrika Tengah melaksanakan rotasi di penugasan.

“Kerjasama ini bertujuan untuk menumbuhkan kebanggaan serta nasionalisme personel Kontingen Garuda TNI, dengan menggunakan maskapai nasional terbaik, yaitu pesawat Garuda Indonesia,” Pungkas Mayjen TNI Gabriel Lema.

Asops Panglima TNI berharap kerja sama ini dapat terus berlanjut pada masa yang akan datang dan berterima kasih kepada pihak PT Garuda Indonesia menunjukkan komitmen dengan TNI dalam mendukung misi perdamaian dunia, serta mempererat hubungan antara institusi militer dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

POM Lanud Sultan Hasanuddin Gelar Sweeping Tegakkan Ketertiban Prajurit

By On June 21, 2024

Makassar – Satuan Polisi Militer (Satpom) Angkatan Udara (AU) Lanud Sultan Hasanuddin menggelar operasi sweeping sebagai upaya Penegakan Ketertiban (Gaktib) dan disiplin di kalangan prajurit serta Aparatur Sipil Negara (ASN), yang dilaksanakan di beberapa titik akses masuk Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (20/6/2024). 

Dalam operasi sweeping yang berlangsung sejak pagi, tim Satpom Lanud Sultan Hasanuddin melakukan pemeriksaan menyeluruh terkait kelengkapan setiap pengendara, Pertama, Kelengkapan surat kendaraan roda dua dan roda empat seperti Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Kartu Tanda Anggota (KTA). Kedua, Kelengkapan kendaraan bermotor (Spion, Send, Knalpot Standard dan Plat Nomor). Ketiga, Penertiban penggunaan Stiker Kendaraan (khusus Militer/PNS). 

Komandan Satuan Polisi Militer (Dansatpom) Lanud Sultan Hasanuddin, Letkol Pom Dicky Milano, menjelaskan bahwa operasi ini bertujuan untuk meminimalisir dan mencegah pelanggaran yang dapat merusak citra dan integritas TNI AU. “Kami melaksanakan sweeping ini sebagai langkah preventif untuk memastikan seluruh prajurit mematuhi peraturan yang berlaku. Ketertiban dan disiplin adalah hal yang mutlak bagi setiap anggota TNI AU,” ungkap Dansatpom Lanud Sultan Hasanuddin. 

Lebih lanjut Letkol Pom Dicky Milano, menyampaikan bahwa, operasi ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas disiplin prajurit. “Kami tidak hanya melakukan sweeping secara berkala, tetapi juga memberikan pembinaan dan sosialisasi mengenai pentingnya kedisiplinan dan kepatuhan terhadap hukum,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Komandan Lanud (Danlanud) Sultan Hasanuddin Marsma TNI Bonang Bayuaji G, S.E., M.M., CHRMP.,  mengungkapkan bahwa dengan adanya operasi Penegakan Ketertiban yang dilaksanakan jajaran POM Lanud Sultan Hasanuddin  ini, diharapkan seluruh prajurit TNI AU yang berdinas di Lanud Sultan Hasanuddin dapat semakin menyadari pentingnya mematuhi aturan dan menjalankan tugas dengan baik, guna menjaga nama baik dan kehormatan TNI AU sebagai penjaga kedaulatan dan keamanan negara. “Operasi Gaktib ini digelar dalam rangka memastikan seluruh anggota TNI AU di Lanud Sultan Hasanuddin mematuhi aturan dan standar operasional yang telah ditetapkan,” ungkapnya. (Pen Hnd)

Bakamla RI Ketuai Kelompok Kerja Peningkatan Kapasitas di WLM HACGAM
ke-20

By On June 20, 2024

Incheon, 20 Juni 2024. Bakamla RI turut serta dalam kegiatan Working-Level Meeting of Heads of Asian Coast Guard Agencies Meeting (WLM HACGAM) ke-20 Tahun 2024. Pada kesempatan ini, Direktur Kerja Sama Bakamla RI Laksma Bakamla Eka Satari menjadi Ketua dalam Kelompok Kerja Peningkatan Kapasitas. Kegiatan diselenggarakan di Incheon, Korea Selatan, Kamis (20/6/2024).

Pertemuan yang berlangsung sejak Senin (17/6) ini membahas isu-isu keamanan dan keselamatan laut. Dalam praktiknya, peserta terbagi dalam 5 kelompok kerja antara lain: Kelompok Kerja Pencarian dan Penyelamatan, Kelompok Kerja Peningkatan Kapasitas, Kelompok Kerja Pencegahan dan Pengendalian Pelanggaran Hukum di Laut, Kelompok Kerja Perlindungan Lingkungan, dan Kelompok Kerja Pertukaran Informasi.

Dalam kesempatan ini, Laksma Bakamla Eka Satari merupakan Ketua dalam Kelompok Kerja Peningkatan Kapasitas. Kelompok kerja ini membahas upaya-upaya yang dilakukan seluruh anggota untuk membekali dan meningkatkan kapasitas personel dalam menjalankan tugas sebagai aparat penegak hukum di laut. Selain itu, disampaikan pula rencana pelaksanaan Capacity Building Program for HACGAM pada bulan Agustus 2024 mendatang, dan juga undangan kepada seluruh anggota HACGAM untuk menghadiri Coast Guard Symposium dalam ajang Indo Defence Expo &  Forum di Indonesia, bulan November 2024.

Lebih lanjut, pertemuan ini juga membahas beberapa inisiasi baru, diantaranya keikutsertaan Inggris sebagai observer pada pertemuan High-Level Meeting of HACGAM ke-20, dan usulan Pembentukan Kelompok Kerja baru yang akan diintegrasikan dengan Kelompok Kerja Pertukaran Informasi. Inisiasi ini kemudian akan diajukan pada pertemuan HLM HACGAM ke-20 pada bulan September 2024 mendatang, untuk mendapatkan persetujuan dalam pertemuan di level Pimpinan.

Untuk diketahui, WLM HACGAM merupakan pertemuan tingkat operasional antar coast guard se-Asia yang diselenggarakan setiap tahun. Pada tahun ini, WLM HACGAM dihadiri oleh 17 negara anggota, meliputi Australia, Bahrain, Filipina, India, Indonesia, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Maladewa, Myanmar, Pakistan, Perancis, Republik Rakyat Tiongkok, Singapura, Thailand, Turki, dan Vietnam.

Tak hanya itu, Inggris turut hadir sebagai observer, serta The Regional Cooperation Agreement on Combating Piracy and Armed Robbery against Ships in Asia Information Sharing Centre (ReCAAP ISC) dan Global Maritime Crime Programme United Nations Office on Drugs and Crime  (GMCP-UNODC) sebagai associated members. (Humas Bakamla RI)

Danlanud Sultan Hasanuddin Akan Tindak Tegas Prajurit Terlibat Judi
Online

By On June 20, 2024

Makassar – Komandan Lanud (Danlanud) Sultan Hasanuddin Marsma TNI Bonang Bayuaji G, S.E., M.M., CHRMP., menegaskan akan mengambil tindakan tegas terhadap prajuritnya yang terbukti terlibat dalam kegiatan judi online. Hal tersebut disampaikan saat mengambil Apel Khusus, bertempat di Appron Galaktika Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (19/6/2024).

Dalam Apel Khusus tersebut, Danlanud Sultan Hasanuddin menjelaskan bahwa judi online adalah tindakan yang tidak hanya melanggar hukum, tetapi juga bertentangan dengan kode etik dan disiplin militer. “Tidak ada toleransi bagi prajurit yang melanggar hukum dan merusak citra TNI AU. Setiap anggota yang terbukti terlibat dalam judi online akan dikenakan sanksi berat sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” tegasnya.

Sebagai langkah awal, pihak  Lanud Sultan Hasanuddin telah memerintakan jajaran Polisi Militer (POM) TNI AU untuk melakukan pemeriksaan dan investigasi internal kepada para prajurit yang diduga terlibat dan melakukan tindak pidana judi online. “Saya akan menindak tegas kepada para prajurit yang terlibat dalam judi online dan memberikan hukuman maksimal hingga pemecatan bila terbukti dalam kegiatan judi online,” ungkap Marsma TNI Bonang Bayuaji.

Selain itu, Danlanud Sultan Hasanuddin juga mengingatkan seluruh prajurit tentang pentingnya menjaga integritas dan kehormatan sebagai anggota TNI AU. “Kami akan terus memperkuat pengawasan dan meningkatkan pembinaan mental serta disiplin untuk mencegah terjadinya pelanggaran khususnya yang berkaitan dengan judi online,” ujarnya.

Kasus judi Online menurut Komandan Lanud Sultan Hasanuddin, menjadi perhatian serius di kalangan TNI AU dan diharapkan dapat menjadi peringatan bagi semua prajurit untuk menjauhi segala bentuk kegiatan yang berkaitan dengan judi Online. “Saya mengimbau kepada para Kepala Satuan Kerja dilingkungan masing-masing untuk turut serta mengawasi dan melaporkan jika menemukan indikasi adanya aktivitas perjudian online yang melibatkan  anggotanya,” ucap Marsma TNI Bonang Bayuaji.

Diakhir pengarahanya Danlanud Sultan Hasanuddin menekankan bahwa, pemberantasan judi online di kalangan militer diharapkan dapat menjaga kehormatan dan kepercayaan masyarakat terhadap institusi TNI AU sebagai penjaga kedaulatan  Negara Kesatuan Republik Indonesia. (Pen Hnd) 

Danlanud Sultan Hasanuddin: Semangat Berqurban Untuk Membantu Kepada
Sesama Yang Membutuhkan

By On June 18, 2024

Makassar – Pangkalan Udara (Lanud) Sultan Hasanuddin (HND) menggelar Shalat Idul Adha 1445 H yang dipusatkan di lapangan Angkasa dan dihadiri seribuan personel dan masyarakat yang tinggal di sekitar Lanud Sultan Hasanuddin Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, Senin (17/6/2024). 

Dalam sambutannya Danlanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI Bonang Bayuaji G, S.E., M.M., CHRMP.,  menyampaikan bahwa Idul Adha merupakan salah satu momentum dari sekian banyak hari besar Islam, yang memiliki dampak syiar bersifat ritual maupun sosial bagi pembangunan keagamaan di tengah-tengah masyarakat. “Idul Adha juga merupakan wujud rasa syukur kita, atas berbagai kenikmatan yang telah kita  peroleh,   serta  ketaatan   kepada perintah Allah SWT, agar kita selalu dapat mendekatkan diri kepada-Nya”, ucapnya. 

Lebih lanjut Marsma TNI Bonang Bayuaji mengatakan  bahwa, momen Idul Adha yang dirangkaikan dengan kegiatan penyembelihan hewan qurban, diharapkan mampu meningkatkan  ketaqwaan  kepada  Allah SWT,  dengan berqurban kita dapat saling membantu kepada sesama yang kurang mampu dan membutuhkan. Hal tersebut merupakan wujud rasa syukur dan semangat berkurban untuk ketaatan kepada Allah dan kepedulian kepada sesama manusia”, ungkapnya. 

Bertindak selaku khatib sekaligus Imam pada pelaksanaan Shalat Idul Adha 1445 H, Ustadz Ahmad Badry Abdul Djalil, LC. Dalam khutbahnya, Khotib menyampaikan tentang sejarah panjang perjuangan Nabi Ibrahim dalam menjalani kehidupannya guna mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan berbagai ujian dan cobaan yang tidak ringan salah satunya adalah perintah untuk menyembelih putranya yakni Ismail. “Dengan berkurban, kita dapat memaknai beberapa pesan positif Nabi Ibrahim, dimana kepatuhan dan ketaatan terhadap Allah SWT adalah hal yang utama, dengan berkurban hal tersebut dapat memupuk kepedulian kita dengan warga yang kurang mampu”, ucapnya. 

Usai pelaksanaan Sholat Idul Adha,  dilanjutkan dengan penyembilahan hewan kurban yang dilaksanakan di Mesjid Nurussamawat. Dalam kesempatan tersebut  Danlanud Sultan Hasanuddin menyerahkan secara simbolis hewan kurban berupa satu ekor sapi.  Tahun ini, Lanud Sultan Hasanuddin menyembelih 28 ekor hewan qurban terdiri dari 11 ekor sapi dan 17 ekor kambing. Panitia Kurban Lanud Sultan Hasanuddin menargetkan 1600 kantong daging qurban yang nantinya akan mendistribusikan kepada warga masyarakat kurang mampu di sekitar Lanud Sultan Hasanuddin. (Pen Hnd)

Mabes TNI Rayakan Idul Adha 1445 H. dengan Sholat dan Penyembelihan
Hewan Kurban

By On June 17, 2024

(Puspen TNI). Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI) menggelar Sholat Idul Adha 10 Dzulhijah 1445 H/2024 M dan penyembelihan hewan kurban, bertempat di Masjid Panglima Soedirman, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (17/6/2024).

Bertindak selaku imam Ustadz Dasep Ahmad, khatib Letkol Inf Jarkasi, S.Ag. dan diikuti oleh ratusan jama’ah yang terdiri dari prajurit dan PNS TNI serta masyarakat sekitar. Dalam khutbahnya khatib mengambil tema “Hikmah Ibadah Khurban”. Khatib menyampaikan bahwa pelajaran atau hikmah ibadah kurban yang bisa dipedomani untuk umat muslim adalah dengan rela berkorban tidak di hari raya itu saja tetapi dihari-hari selanjutnya sepanjang tahun dalam bentuk amal jariyah dan sedekah.

Selepas sholat Idul Adha, kegiatan dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban 12 ekor sapi dan 7 ekor kambing dari Panglima TNI, Kapolri, Kasum TNI, Irjen TNI, Asops Panglima TNI, Aslog Panglima TNI, Sren TNI, Ster TNI, Babinkum TNI, Dandenma Mabes TNI, Staf Paban VIII Sops TNI dan dari masyarakat serta rekanan Mabes TNI.

Wujudkan TNI AU Ampuh, Kasau Berikan Pengarahan Kepada Prajurit TNI AU
Wilayah Makassar

By On June 16, 2024

Makassar – Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI M. Tonny Harjono, S.E., M.M., memberikan pengarahan kepada prajurit TNI AU wilayah Makassar, bertempat di Gedung Serbaguna Suryadi Suryadarma, Makoopsud II, Makassar, Jumat (14/06/2024).

Sebanyak 630 personel TNI AU yang berdinas di wilayah Makassar seperti Komando Operasi Udara Il, Lanud Sultan Hasanuddin, Kosek Il, Detasmen Pertahanan Udara 472 Kopasgat dan Batalyon Komando 466 Kopasgat mengikuti pengarahan Kasau. 

Dihadapan prajurit TNI AU yang berdinas di wilayah Makassar, Kasau menyampaikan terkait tekad TNI AU kedepan dalam mewujudkan  TNI AU yang AMPUH (Adaptif, Modern, Profesional, Unggul dan Humanis). 

Lebih lanjut, Marsekal TNI M. Tonny Harjono menekankan terkait kesiapan TNI AU dalam menerima Alutsista terbaru seperti  Pesawat Tempur Rafale, Pesawat Airbus A400M, Helikopter Caracal H225, Pesawat Terbang Tanpa Awak (PTTA), Pesawat N212, Pesawat Boeing VIP, dan Radar yang akan tiba dalam waktu dekat.  

Pengarahan Kasau dihadiri Komandan Lanud (Danlanud) Sultan Hasanuddin Marsma TNI Bonang Bayuaji G, S.E., M.M., CHRMP., Panglima Komando Operasi Udara (Pangkoopsud) II Marsda  TNI Dr. Budhi Achmadi, M.Sc., dan Pejabat Utama Mabes TNI AU. (Pen Hnd).

Panglima TNI Kunjungan ke MUI Bahas Masalah Keagamaan dan Palestina

By On June 15, 2024

(Puspen TNI). Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto melaksanakan kunjungan ke Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat dalam rangka menerima hasil ijtima Ulama Komisi Fatwa se-Indonesia, bertempat di Kantor MUI Pusat, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (14/6/2024).

Hasil ijtima tersebut membahas tentang 16 masalah keagamaan yang mencakup berbagai permasalahan keagamaan berskala nasional, regional hingga permasalahan global. Dalam kunjungan Panglima TNI ke MUI ini juga membahas terkait langkah-langkah yang telah dan akan dilaksanakan pemerintah, khususnya TNI dalam mendukung perjuangan bangsa Palestina yang sedang hangat diperbincangkan saat ini.

Dalam keterangannya kepada awak media, Jenderal TNI Agus Subiyanto mengatakan bahwa telah mempersiapkan bantuan pasukan dan juga berbagai macam fasilitas dalam mendukung operasi kemanusiaan tersebut. “Bila ada mandat dari PBB,  kita akan melaksanakan operasi kemanusiaan di Palestina,  yang saya lakukan sekarang adalah menyiapkan pasukan dan fasilitas, yakni menyiapkan Kapal Rumah Sakit, Pesawat Udara jenis Hercules C-130 tipe J dan H serta Boeing-737 400/500 untuk mengangkut 1.000 atau lebih pasien dari Gaza ke Indonesia, kemudian disiapkan juga Rumah Sakit di Indonesia, yaitu RSPAD Gatot Subroto dan Rumah Sakit Panglima Besar Soedirman,” ungkap Panglima TNI.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia Muhammad Jusuf Kalla, Mayor Jenderal TNI Djaka Budi Utama (Asintel Panglima TNI), Mayor Jenderal TNI Gabriel Lema (Asops Panglima TNI), Mayor Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya (Aster Panglima TNI), Kolonel Caj Wagirun (Wakapusbintal TNI), para pimpinan Ormas Islam Tingkat Pusat dan segenap Dewan Pimpinan MUI serta pimpinan Komisi/Lembaga di lingkungan MUI.

Kasau Kunjungan Kerja di Lanud Sultan Hasanuddin

By On June 15, 2024

Makassar –  Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI M. Tonny Harjono, S.E., M.M., didampingi Ketua Umum PIA Ardhya Garini Ny. lsa M. Tonny Harjono melaksanakan Kunjungan kerja (Kunker) ke Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, Jumat (14/6/2024).

Tiba di Lanud Sultan Hasanuddin, Kasau disambut langsung Komandan Lanud (Danlanud) Sultan Hasanuddin Marsma TNI Bonang Bayuaji G, S.E., M.M., CHRMP., didampingi Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 7/D.II Lanud Sultan Hasanuddin, Ny. Liska Bonang Bayuaji.

Selanjutnya,  Kasau menerima paparan  dari Danlanud Sultan Hasanuddin terkait kesiapan Alutsista TNI AU yang berada di Lanud Sultan Hasanuddin terkait beberapa pencapaian dan permasalahan yang dihadapi.

Usai menerima paparan, Kasau didampingi Danlanud Sultan Hasanuddin dan Panglima Komando Operasi Udara (Pangkoopsud) II Marsda  TNI Dr. Budhi Achmadi, M.Sc.,meninjau Wing Udara 5, Skadron Udara 11, Skadron Udara 5, Skadron Udara 33, Skadron Teknik 044, Detasmen Pertahanan Udara (Denhanud)  472 Kopasgat dan Batalyon Komando 466 Kopasgat.

Dalam kunjungan tersebut, Kasau didampingi oleh sejumlah pejabat Utama Mabes TNI AU. Kunjungan kerja Kasau ke Lanud Sultan Hasanuddin untuk melakukan peninjauan kesiapan operasional ke beberapa satuan yang berada dibawah Lanud Sultan Hasanuddin. (Pen Hnd)

Satgas Indo RDB XXXIX-F Monusco Membawa Harapan dan Perubahan di Desa
Sokotano

By On June 14, 2024

(Puspen TNI) Sebuah kawasan terpencil di lintas perbatasan, menjadi saksi aksi kemanusiaan Kontingen Garuda terhadap masyarakat Kongo. Tidak hanya dalam rangka kegiatan Mobile Operation Base (MOB), Satgas Indo RDB XXXIX-F Monusco juga membawa harapan bagi masyarakat dengan mengadakan beberapa kegiatan kemanusiaan di wilayah setempat. Dibawah pimpinan Kapten Inf Dea Ardhy berkoordinasi dengan Mayor Kimbalaka dari FARDC, tim ini menjalankan serangkaian kegiatan sosial yang menyentuh hati, mulai dari Medical Assistant hingga pemberian sembako seperti bantuan beras dan air bersih. (12/06/2024)

Kepala Desa Sokotano, bersama dengan tokoh-tokoh masyarakatnya memberikan dukungan penuh kepada Kontingen Garuda serta berterima kasih atas kontribusi yang telah diberikan. Kehadiran Satgas Indo RDB XXXIX-F Monusco sebagai UN Peacekeeper memberikan harapan akan perubahan positif bagi kehidupan sehari-hari mereka.

Meskipun menghadapi beberapa kendala, Satgas Indo RDB XXXIX-F Monusco tidak menyerah. Perjalanan mereka meluas hingga Desa Bulomba, di mana Kepala Desa Bulomba, Mr. David, memberikan dukungan terhadap kegiatan sosial ini. Meskipun awalnya ada penolakan, Pasukan Kontingen Garuda mencoba menjalin komunikasi yang baik sampai berhasil menggalang masyarakat Desa Bulomba dan menghasilkan kesepakatan untuk mengizinkan Satgas Indo RDB XXXIX-F Monusco mengadakan kegiatan sosial di kesempatan mendatang.

Dengan keberhasilan dan kesuksesan misi ini, Satgas Indo RDB XXXIX-F Monusco meninggalkan kesan baik dan perubahan di Desa Sokotano dan sekitarnya. Langkah ini menegaskan komitmen Satgas Indo RDB XXXIX-F Monusco untuk membantu dan memperbaiki kondisi masyarakat Republik Demokratik Kongo yang membutuhkan, serta memperkuat harapan akan masa depan yang lebih baik.

Pertemuan Para Force Commander PBB di Perutusan Tetap Republik Indonesia

By On June 13, 2024

(Puspen TNI) Bertempat di Perutusan Tetap Republik Indonesia (PTRI) untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa di New York Amerika Serikat telah dilaksanakan acara makan siang bersama seluruh Force Commander PBB yang berasal dari 8 misi utama PBB yaitu di MONUSCO, UNIFIL, MINUSCA, UNMISS, MINURSO, UNISMA, UNMOGIP dan juga UNDOF, hal ini merupakan bagian dari diplomasi TNI di dunia Internasional (10/6/2024)

Acara makan siang dibuka dengan opening remarks oleh Penasehat Militer Republik Indonesia untuk PBB Brigjen TNI Felix Lumban Tobing, S.T., M.C.T., atas nama pemerintah Republik Indonesia. Makan siang ini bagian dari kegiatan sidelines Konferensi Heads of Military Components (HoMCC) 2024 yang diselenggarakan dari tanggal 10 s.d. 14 Juni 2024 di Markas Besar PBB di New York dengan tema                  ”Action for Peacekeeping Plus (A4P+): Memajukan Efektifitas Pemeliharaan Perdamaian Untuk Perdamaian Berkelanjutan Dengan Memastikan Kemampuan Yang Tepat, Di Tempat Yang Tepat Dan Pada Waktu Yang Tepat Dengan Pola Pikir Yang Benar”

Adapun acara Pertemuan ini diorganisir oleh Chief of Military Operations Service (CMOS) di bawah UN Department of Peace Operations (DPO) dan Office of Military Affairs (OMA), dengan tujuan pertemuan adalah untuk menganalisis tantangan-tantangan baru, mengharmonisasikan strategi, mengkonsolidasikan praktik terbaik dan merekomendasikan tindakan-tindakan di masa depan yang sejalan dengan inisiatif Action for Peacekeeping (A4P) dan Action for Peacekeeping Plus (A4P+).

Sambutannya Acting Military Advisors for United Nation Major General Cheryl Ann Pearce, AM, CSC, menyampaikan terima kasih atas undangan makan siang yang di sajikan dan dalam kesempatan tersebut juga Major General Pearce memuji kesiapan dan profesionalitas serta dedikasi dari pasukan Garuda TNI yang selama ini bertugas di berbagai misi di PBB. Acara di tutup dengan foto bersama dan pembagian souvenir wayang khas Indonesia kepada seluruh Force Commander yang hadir.

Asops Panglima TNI Cek Kesiapan Bantuan Kemanusiaan Ke Palestina

By On June 13, 2024

(Puspen TNI). Kesiapan operasi pengiriman bantuan kemanusiaan ke Palestina dicek secara detail oleh Asops Panglima TNI Mayjen TNI Gabriel Lema, S.Sos., bertempat di  Gd.Laut Nusantara dan KRI Radjiman Wedyodiningrat 992, Kolinlamil, Jakarta Utara, Kamis (13/06/2024).

Kegiatan peninjauan ini diawali dengan berbagai paparan, diantaranya paparan Komandan KRI Radjiman Wedyodiningrat 992, Letkol Laut (P) Sadimin ,tentang kesiapan sarana dan prasarana kapal rumah sakit dari pemberangkatan dan kembali, hingga  sarana evakuasi pada kondisi kontijensi. Selanjutnya pilot Heli bell 412 Kapten laut pelaut kuswara dan Kolonel Inf Andreas Dirbinlat PMPP TNI mengenai penyiapan Brigade Komposit.

Usai menerima paparan, Asops Panglima TNI 

Mengutarakan bahwa setelah pengecekan ini untuk menjaga kesiapan dalam satu kendali sesuai SOP dan tetap berlatih sebagai pemantapan. “Perhatikan faktor keamanan, ini paling penting dalam memberi bantuan dari berangkat hingga kembali karena kita  hanya memiliki tujuan membantu” pungkas Asops Panglima TNI 

Selanjutnya, Asops beserta Jajaran Angkatan dan instansi terkait, meninjau secara langsung kelengkapan ruangan-ruangan di KRI Radjiman Wedyodiningrat 992, Heli bell, dan sejumlah personel TNI yang akan mengikuti rangkaian tes Satuan Tugas Misi Perdamaian Dunia.

Satgas MTF TNI Konga XXVIII-O/UNIFIL Terima Penghargaan Tertinggi
“United Nations Medal”

By On June 13, 2024

(Puspen TNI) KRI Diponegoro-365 yang saat ini tergabung dalam Satgas Maritime Task Force (MTF) TNI Konga XXVIII-O/UNIFIL, menerima penghargaan tertinggi “United Nations Medal” yang diselenggarakan dalam suatu upacara militer “Medal Parade” dan berlangsung di dermaga no 4 Beirut, Lebanon pada Rabu (12/06/2024).

Medal Parade dipimpin langsung oleh MTF Commander, RADM Dirk Gaertner yang berkebangsaan Jerman dan dihadiri oleh beberapa pejabat dari sipil maupun militer diantaranya adalah Bapak Duta Besar LBBP RI untuk Lebanon H.E. Hajriyanto Y. Thohari, LAF Navy Commander ADM Haissam Dannoui serta Asops Kasal, Laksda TNI Yayan Sofiyan. Upacara penyematan medali UN ini dirangkai dengan kegiatan resepsi di atas geladak heli KRI Diponegoro-365 yang menampilkan beraneka macam kuliner nusantara dan memperkenalkan budaya dari berbagai daerah di Indonesia.

Komandan KRI Diponegoro-365, Letkol Laut (P) Wirastyo Haprabu, menjelaskan pula bahwa Medal Parade ini selain penganugerahan penghargaan tertinggi bagi personil militer yang telah bertugas dalam melaksanakan misi perdamaian juga sebagai bentuk apresiasi yang sangat tinggi kepada KRI Diponegoro atas kesiapan teknis, profesionalisme prajurit serta pencapaian Operasi yang sampai dengan saat ini dinilai mampu memenuhi segala tuntutan tugas yang diemban dalam misi UNIFIL.

Pemberian United Nations Medal bagi seluruh prajurit Satgas MTF TNI Konga XXVIII-O/UNIFIL menunjukkan bukti nyata akan profesionalisme TNI dalam menghadapi perkembangan situasi yang sangat kompleks dan dinamis terutama di daerah misi perairan Lebanon dimana sesuai dengan visi Panglima TNI “PRIMA”.

Perpisahan Kelas 6 Angkatan 35 Sdn Serua 03 Dilaksanakan Dengan Acara
Pentas Seni

By On June 13, 2024

Tangerang Selatan
Acara lepas pisah kelas 6 angkatan 35 SDN Serua 03 Kec. Ciputat Tangerang Selatan, dilaksanakan dengan acara pentas seni bertema “Sega bergaya”, hal ini di lakukan untuk memberikan suasana yang berkesan bagi siswa/i, Kamis (13/06/2024).

Acara perpisahan siswa kelas 6 ini,sangat meriah sekali, dihadiri oleh UPTD 03, kepala sekolah dan para guru. wali siswa juga sangat antusias menghadiri acara tersebut,terlihat dari SDN serua 03 yang di penuhi oleh wali siswa yang ingin melihat langsung acara lepas sambut yang sangat berkesan ini.

Menurut Mahfud wali kelas sekolah SDN serua 03 mengatakan Laporan kegiatan lepas pisah dan pensi uptd SDN Serua 03 Ciputat pihaknya telah meluluskan 193 siswa pada tahun pelajaran 2023 – 2024. Kegiatan dimulai dari pukul 07.30 s/d 13.30 wib.”ujarnya”

Lebih lanjut Mahfud menjelaskan acara diawali dengan kirab siswa dari jalan di depan kompleks sampai pintu gerbang sekolah dengan disambut oleh adat betawi yaitu seni pencak silat palang pintu. Selain itu Rombongan siswa terdiri dari komite sekolah dan perwakilan Ortu siswa kelas 6. Kemudian disambut oleh rombongan kepala sekolah dan para dewan guru.”ujarnya”.

Acara lepas pisah dan pensi diawali dengan resmi dalam bentuk penyerahan siswa dari pihak sekolah kepada ortu murid yg diwakili oleh ketua komite sdn serua 03 yaitu bpk Subangi SE. Dalam acara inti diawali dengan :

  1. Sambutan ketua panitia : Bpk Kusnawa S. Pd
  2. Sambutan kepala uptd sdn serua 03 yaitu bpk Suanda S. Pd
  3. Sambutan korwas bpk H Syamsudin S. Pd. MM
  4. Sambutan Tokoh masyarakat Tangsel : bpk H Deden Juardi S.Sos, MSi
  5. Sambutan kasie bidang sd : bpk Satiyan S. Pd.

Lebih lanjut Acara persembahan diisi dengan paduan suara yang bertema perpisahan – pengalungan medali oleh kepala UPTD, para undangan dan juga wali kelas 6.
Acara pentas seni diisi dengan kreasi seni siswa kelas 1 s/d 6 yang berjumlah kurang lebih 30 penampilan baik seni tradisional atau modern,”jelasnya”.

Wali siswa berharap kegiatan seperti ini dapat menjalin tali silaturahmi siswa dan sesama wali siswa,agar terhubung jalinan kekeluargaan alumni yang erat.(B.A)

Panglima TNI Terima CC Panglima US Indo-Pacom Bahas Kerja Sama Militer

By On June 13, 2024

(Puspen TNI). Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima dari Courtesy Call (CC) Commanding General United States Army Pacific,Jenderal Samuel J. Paparo, yang menjadikan Indonesia sebagai tujuan pertamanya setelah dilantik, guna membahas kerjasama Latihan Gabungan Bersama “Super Garuda Shield” dan perkembangan teknologi di bidang militer, serta keamanan maritim. Bertempat  di Kantor Subden Merdeka Barat, Mabes TNI, Jakarta, Kamis (13/6/2024).

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyampaikan apresiasi atas dukungan US Indo-Pacific Command kepada TNI dalam menyelenggarakan Latihan Gabungan Bersama “Super Garuda Shield”, serta tawaran bantuan pengembangan fasilitas Pusat Latihan Tempur Baturaja oleh US Indo-Pacific.

“Dalam kunjungan ini, kami mengapresiasi kerja sama yang baik antara TNI dengan US Indo-Pacific Command dalam menyelenggarakan Latihan Gabungan Bersama ‘Super Garuda Shield’. Kami berharap kerja sama dengan negara-negara mitra strategis seperti Amerika Serikat akan terus ditingkatkan di masa depan, termasuk dalam aspek interoperabilitas dalam melaksanakan berbagai operasi bersama guna mengatasi tantangan keamanan bersama,” tegas Panglima TNI.

Brutal, OPM Kembali Bunuh Warga Sipil

By On June 12, 2024

(Puspen TNI). Tindakan kekerasan dari Organisasi Papua Merdeka (OPM) kembali menciptakan keresahan di tengah masyarakat dengan melakukan penembakan terhadap warga sipil tak bersenjata yang mengakibatkan korban bernama Rusli meninggal di tempat. Peristiwa terjadi di sekitar Sekolah YPPGI Kepas Kopo, Distrik Paniai Timur, Kabupaten Paniai, Provinsi Papua Tengah, Selasa (11/06/2024). 

Almarhum Rusli pendatang berusia 40 tahun asal Makassar, menjadi korban keganasan sekitar 10 anggota OPM kelompok Undius Kogoya, selain ditembak, kendaraan korban juga bakar dan korban masih berada didalamnya. Tindakan kejam ini merupakan pelanggaran HAM yang dilakukan oleh OPM di wilayah tersebut. Masyarakat semakin khawatir dengan keberadaan kelompok bersenjata tersebut, yang terus mengancam keamanan dan kedamaian.

Menanggapi insiden yang terjadi, Aparat Keamanan (Apkam) Gabungan segera melakukan langkah cepat dan terkoordinir untuk mengevakuasi jenazah korban. Dengan taktik militer yang terencana, Apkam Gabungan berhasil mencapai lokasi kejadian meskipun dihadang tembakan dari kelompok OPM Undius Kogoya. Dalam situasi yang cukup mencekam, Apkam Gabungan tetap berhasil mengevakuasi jenazah Rusli ke RSUD Madi.

“Aksi OPM menembak warga sipil tidak bersenjata dan tidak berdosa, serta membakar kendaraan yang mengakibatkan korban meninggal dunia merupakan bukti tindakan OPM melanggar hukum dan pelanggaran HAM. Namun demikian, apresiasi terhadap kesigapan Apkam Gabungan yang berhasil bergerak cepat mengevakuasi jenazah,” ucap Letkol Arh Yogi Nugroho.  

Di tempat terpisah Kapuspen TNI Mayjen TNI Nugraha Gumilar melalui rilis tertulisnya menyayangkan tindakan OPM yang kembali membunuh warga sipil. “Saya menyayangkan kejadian tersebut, OPM harus bertanggungjawab, saya sampaikan agar OPM segera hentikan kekerasan di Papua,” tegas Kapuspen TNI. 

Bakamla Zona Tengah Gelar Latihan Selam Dasar Tahun 2024

By On June 11, 2024

(Bakamla RI/Indonesia Coast Guard). Kepala Zona Bakamla Tengah Laksma Bakamla Octavianus Budi Santoso, S.H., M.Si., M.Tr.Opsla., membuka kegiatan latihan selam dasar bagi 25 personel Zona Bakamla Tengah Tahun 2024. Upacara pembukaan dilaksanakan di Pantai Firdaus, Kema, Minahasa Utara, pada Selasa (11/6/2024). 

Kegiatan yang diselenggarakan di Stasiun Bakamla Kema ini bertujuan untuk membekali personel Zona Bakamla Tengah dengan kemampuan menyelam guna mendukung tugas-tugas Bakamla RI seperti kegiatan pertolongan dan pencarian yang memerlukan kemampuan selam serta tugas-tugas lainnya yang menjadi tugas pokok Bakamla RI.

Kegiatan diselenggarakan selama lima hari kedepan dengan berbagai macam materi selam dasar seperti pengenalan peralatan selam, penggunaan alat selam dan komunikasi bawah air, physical training, keterampilan renang laut, praktik dan berbagai macam materi lainnya yang diberikan kepada peserta yang terlibat dalam kegiatan menyelam ini. 

Di awal sambutan, Laksma Bakamla Octavianus Budi Santoso, S.H., M.Si., M.Tr.Opsla., menyampaikan ucapan salam kepada para pejabat Zona Bakamla Tengah, Para Instruktur, dan seluruh peserta yang terlibat pada kegiatan ini. Sambutan ditutup dengan penekanan kepada para peserta latihan untuk melaksanakan latihan dengan serius, perhatikan keamanan dan keselamatan, patuhi semua instruksi yang disampaikan oleh instruktur dan jaga kekompakan sesama peserta dan instruktur. (Humas Bakamla RI) 

Aspotdirga Kasau Bersama Danlanud Sultan Hasanuddin Audensi Dengan Pj
Gubernur Sulsel, Bahas Progres Pembangunan Renovasi Kesiapan Karya
Bakti Di Sulsel

By On June 11, 2024

Makassar – Aspotdirga Kasau Marsda TNI Andi Wijaya, S.Sos., bersama Danlanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI Bonang Bayuaji G, S.E., M.M., CHRMP., melaksanakan Audiensi dengan Pj. Gubernur Sulawesi  Selatan Prof  Zudan  Arif Fakrulloh, membahas progres pembangunan dan renovasi kesiapan Karya Bakti dalam rangka peringatan ke-77 Hari Bakti TNI AU, bertempat di Kantor Gubernur Sulawesi Selatan, Senin (10/6/2024).  

Pertemuan Aspotdirga Kasau, Danlanud Sultan Hasanuddin dengan  Pj. Gubernur Sulsel  tersebut  membahas beberapa kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan pada peringatan ke-77 Hari Bakti TNI AU. Berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan pada peringatan Hari Bhakti TNI AU ke-77 seperti  donor darah, sunatan massal,  pengobatan umum dan gigi, pelayanan KB, operasi  bibir sumbing, pengobatan spesialis (penyakit dalam,  jantung serta anak-anak). Selain itu juga akan dilaksanakan pemberian bantuan berupa kacamata baca, alat bantu dengar dan tongkat (kruk).

Peringatan Hari Bhakti TNI AU ke-77 tahun 2024,  dipusatkan di Skadron Udara 33 Lanud Sultan Hasanuddin Makassar pada tanggal 20 Juli 2024,  akan dimeriahkan juga dengan berbagai kegiatan seperti Bazar Murah dan berbagai kegiatan hiburan yang akan hadiri langsung oleh Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal  TNI  Mohamad Tonny Harjono, S.E., M.M.

Dalam kunjungan Aspotdirga Kasau bersama Danlanud Sultan Hasanuddin, disampaikan juga perkembangan progres pembangunan dan renovasi yang dilaksanakan di Kabupaten Maros dan Takalar seperti renovasi dan pembangunan gedung  Sekolah Dasar (SD), Taman Kanak-Kanak (TK), Posyandu, Mesjid, Sumur bor,  Taman Pendidikan Alqur’an (TPA) dan Bina Keluarga Balita (BKB) yang sedang di kerjakan.

Selain melaksanakan kunjungan Ke Pj Gubernur Sulawesi Selatan Tim Spotdirga Kasau yang dipimpin Paban IV/Bakti TNI AU Spotdirga Kasau,  Kolonel Pas Roy R.F.M. Bait, S.I.P. juga melaksanakan audiensi dengan Pemda Kabupaten  Maros dan diterima langsung oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Maros, Amiruddin, S. Sos., membahas terkait pelaksanaan Karya Bakti, khususnya di Kabupaten Maros. 

Kegiatan Karya Bakti merupakan salah satu program TNI AU bidang pembinan potensi dirgantara sekaligus sebagai wujud Darma Bakti TNI AU, khusunya Lanud Sultan Hasanuddin dalam membantu pemerintah daerah khususnya di Kabupaten Maros dan Takalar. (Pen Hnd) 

Sidang Lanjutan Perkara Tanah Mabes TNI di Jatikarya Hadirkan Saksi
Dari Pihak Terdakwa

By On June 10, 2024

(Puspen TNI).  Sidang lanjutan Perkara Pidana Nomor 484/Pid. B/2023/PN. Bks, dengan terdakwa H. Dani Bahdani, S.H., digelar kembali dengan agenda mendengarkan keterangan 2 (dua) orang saksi dari pihak terdakwa yaitu Bpk. Marta Tjaong dan Ibu Imah Hadiyati, bertempat di Ruang Sidang Kartika I Lantai 2 Pengadilan Negeri Kota Bekasi Kelas 1A Khusus Jl. Pintu Air, Harapan Mulya, Kecamatan Medan Satria, Jawa Barat, Senin (10/6/2024).

Sidang dilaksanakan secara terbuka untuk umum ini dipimpin oleh Majelis Hakim Basuki Wiyono, S. H., M.H., dengan Hakim Anggota 1 Sorta Ria Neva, S.H., Hakim Anggota 2 Joko Saptono, S.H., M.H., Panitera Pengganti Nining Anggraini K, S.H., Jaksa Penuntut Umum (JPU) Danu Bagus Pratama, S.H., M.H., Heru Saputra, S.H., M.Hum., dan Pengacara tersangka diantaranya Jhon, S.E., Panggabean, S.H., M.H., Daance Yohanes, S.H., Togap L. Panggabean, S.H., Mangasi Ambarita, S.H., Ganti Lombantoruan, S.H., M.H.

Saksi Bpk. Marta Tjaong (54 Th) menjelaskan kepada Majelis Hakim bahwa terdakwa sebagai kuasa hukum orang tua saksi dalam mengurus tanah di Jatikarya. “Saya pernah melihat girik tanah milik orang tua saya. Tetapi tidak mengetahui terdakwa melakukan pemalsuan surat,” ungkapnya.

Selanjutnya saksi Ibu Imah Hadiyati (53 Th) mengungkapkan kepada Majelis Hakim bahwa tanah  tersebut milik kakeknya seluas 12.800 M2. “Saya selaku ahli waris menggugat Hankam, karena sewaktu pembebasan tanah kakeknya belum dibayar,” kata Saksi. Kemudian sidang akan dilanjutkan pada tanggal 24 Juni 2024.

Danlanud HND Tutup Drag Race Kejuaraan Provinsi Seri-1

By On June 10, 2024

Danlanud Sultan Hasanuddin (HND) Marsma TNI Bonang Bayuaji G, S.E., M.M., CHRMP menutup Drag Race Kejuaraan Provinsi Seri-1 Tahun 2024, bertempat di Taxy Way Charlie, Lanud Sultan Hasanuddin, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Minggu Malam  (9/6/2024).

Dalam sambutanya Komandan Lanud HND menyampaikan ucapan terimakasih pada panitia yang telah menyelenggarakan Drag Race selama dua hari dengan aman dan lancar.  “Kami dari pihak Lanud mengucapkan terimakasih banyak atas penyelenggaraan Drag Race yang telah mengharumkan nama Sulawesi Selatan,” ungkapnya.

Drag Race Kejuaraan Provinsi Seri-1 yang digelar tanggal 8-9 Juni 2024,  diikuti ratusan pebalap dari berbagai daerah di Indonesia. Event Dragrace digelar sebagai upaya untuk menghidupkan kembali otomotif balap motor di Provinsi Sulawesi Selatan. Drag Race merupakan perlombaan balap mobil yang telah dimodifikasi sesuai dengan kelas yang akan dilombakan. 

Juara Drag Race Provinsi Seri-1  di raih oleh Pembalap Sulawesi Selatan, Ahmad Faizal dari Team RR Project, Juara II, Mono dari Team Green Plafon dan juara III Injer dari team Mitra GS. (Pen Hnd)

Panglima TNI Hadiri Lomba Lari Kemala Run 2024 di ICE BSD Tangerang
Selatan

By On June 09, 2024

(Puspen TNI). Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri event lomba lari bertaraf internasional “Kemala Run 2024” yang diselenggarakan oleh Bhayangkari dan Yayasan Kemala Bhayangkari dalam satu wadah penyelenggaraan Tour of Kemala, berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai (BSD) Tangerang Selatan, Banten, Minggu, (9/6/2024).

Lomba lari Kemala Run 2024 terdiri dari 4 (empat) kategori lomba yaitu half marathon sejauh 21 km, 10 km, 5 km dan kids dash jarak 100, 200 dan 300 meter, serta satu kategori non-lomba untuk disabilitas. Lomba diikuti sebanyak 10.000 peserta lokal maupun mancanegara. Dalam kesempatan tersebut Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto turut melepas lomba lari Kemala Run kategori 10K.

Panglima TNI Cek Kesiapan Rumah Sakit Lapangan Satuan Tugas Yang Akan
Diberangkatkan ke Palestina

By On June 08, 2024

(Puspen TNI) Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto kunjungi Batalyon Kesehatan-1/Kostrad, Ciluar Bogor dalam rangka pengecekan Satgas Brigade Komposit yang disiapkan  untuk bertugas membantu korban konflik Israel dan Palestina di Gaza, Jumat (7/6/2024).

Hal tersebut merupakan tindaklanjut dari pernyataan Menhan RI, Prabowo sebagai pembicara pada pertemuan International Institute for Strategic Studies (IISS) Shangri-La Dialogue Ke-21 di Singapura, beberapa waktu lalu yang mengatakan “Indonesia siap mengirimkan pasukan penjaga perdamaian ke Gaza, Kami (Indonesia) siap mengirimkan pasukan penjaga perdamaian untuk memberikan perlindungan dan keamanan kepada semua pihak”

TNI siap mengirimkan tenaga medis ke Gaza dan mengoperasikan rumah sakit lapangan, selanjutnya  TNI akan bekerja sama dengan negara-negara mitra, terutama negara Timur Tengah seperti Uni Emirat Arab yang sudah mengoperasikan rumah sakit di Gaza serta mengevakuasi dan merawat warga sipil Palestina yang terluka dan membutuhkan perawatan di rumah sakit lapangan.

Pada kunjungan tersebut, Panglima TNI melaksanakan pengecekan Kesiapan Rumkitlap dan berkesempatan menerima paparan tentang kesiapan Yonkes-1/Kostrad, Rumkitlap Pasmar dan Rumkitlap Yonkes Denmabesau.

Danlanud HND Mengantar Keberangkatan Wapres RI Dari Makassar Usai
Kunjungan Kerja Dari Wilayah Papua

By On June 08, 2024

Makassar – Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI Bonang Bayuaji G., S.E.,M.M., bersama Pj Gubernur Sulawesi Selatan Prof Zudan Arif Fakrulloh, Pangkoopsud II Marsda TNI Budhi Achmadi, M. Sc., Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun, S.I.P., Komandan Lantamal VI Makassar Brigjen TNI (Mar) Andi Rahmat dan Danrem 141/TP Brigjen TNI Sugeng Hartono, S.E., M.M., Wakapolda Sulsel Brigjen Pol. CH Patoppoi, S.St., S.H., serta Wakajati Sulsel Zet Tadung Allp, S.H., M.H., mengantar keberangkatan Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia K.H. Ma’ruf Amin didampingi Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin di Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (7/6/2024).

Wapres RI dan rombongan melaksanakan transit Lanud Sultan Hasanuddin sekaligus melaksanakan solat Jumat di Mesjid Nurussamawat, setelah melaksanakan kunjungan kerja dari Wilayah Papua. 

Usai melaksanakan transit,  Wapres RI beserta rombongan bertolak menuju Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta menggunakan pesawat TNI AU Boeing 737-400/A-7305 dengan Captain Pilot Letkol Pnb Irwanda. (Pen Hnd) 

Perkuat Kerja Sama, TNI dan Bank Jateng Teken MoU

By On June 07, 2024

(Puspen TNI). Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI) yang diwakili Aspers Panglima TNI Marsda TNI Mohammad Syafii, S.I.P., M.M. menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) tentang Penyediaan dan Pemanfaatan Jasa Layanan Perbankan bagi Anggota TNI, dengan Plt. Direktur Utama Bank Jateng Irianto Harko Saputro, bertempat di Ruang VVIP Minangkabau Suvarna Golf Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jum’at (7/6/2024).

Dalam sambutannya, Marsda TNI Mohammad Syafii mengatakan bahwa penandatanganan nota kesepahaman ini menandai dimulainya kerja sama kedua institusi, antara TNI dan Bank Jateng. “Saya atas nama Panglima TNI telah menandatangani dokumen nota kesepahaman yang dijadikan sebagai payung hukum bagi satuan jajaran TNI terkait penggunaan produk dan jasa layanan perbankan yang dimiliki Bank Jateng,” ungkapnya.

Aspers Panglima TNI menegaskan bahwa penandatanganan nota kesepahaman ini menunjukkan bahwa TNI berkomitmen untuk turut serta memajukan perbankan nasional sekaligus ekonomi nasional melalui penggunaan produk dan jasa layanan perbankan. Kerja sama ini hendaknya saling menguntungkan bagi kedua belah pihak serta diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pengelolaan keuangan prajurit dan satuan TNI.

Acara yang dihadiri oleh Kapusku TNI Laksda TNI Poeji Santoso, Waaspers Panglima TNI Brigjen TNI Agus Hadi Waluyo, S.A.P. M.M., Wakapusku TNI Brigjen TNI Heri Hermawan, Ekskutif Senior Bisnis Bank Jateng Siti Ulfah serta Pejabat Spers TNI, Pusku TNI dan  staf Bank Jateng, diakhiri dengan sesi foto bersama dan pertukaran cinderamata.

Satgas Kizi TNI Konga XXXVII-J Minusca CAR Peroleh Dua Penghargaan Dari
UN "World Enviroment Day 2024"

By On June 06, 2024

(Puspen TNI)  Kontingen  Satgas Kizi TNI Konga XXXVII-J Minusca Car terpilih sebagai kontingen terbaik pada event “World Enviroment Day 2024” yang diselenggarakan di Conference Center Ucatex. Bangui, Rabu (05/06/2024).

Predikat sebagai kontingen terbaik dalam pelaksana pemeliharaan serta pelestarian lingkungan hidup tersebut diberikan langsung oleh UN Minusca Enviroment Unit kepada Satgas Kizi TNI Konga XXXVII-J Minusca Car yang diterima langsung oleh Letkol Czi Ibnu Muntaha, M.Han selaku Dansatgas.

Penilaian dengan mengusung tema Land Restoration, Desertification, Drought Resilience meliputi : Special Recognition, Most Improved, Implementation of Corrective and Presentative Actions, Best Practices, Individual Initiatives dan Compliance

dari beberapa aspek penilaian tersebut. Kontingen Satgas Kizi TNI Konga XXXVII-J Minusca Car memperoleh dua penghargaan pada kategori : Pemanfaatan sumber air dengan adanya kolam penampungan air hujan dan Pelaksanaan implementasi sarana perbaikan dan peningkatan kontingen dengan nilai 80%, Sehingga secara akumulatif kontingen yang mendapatkan penghargaan yaitu diperingkat pertama ditempati oleh Indonesian Engineering Company (Bangui), diposisi kedua Kontingen Pakistan Aviation (Kaga Bandoro), berikutnya dari Kontingen Nepal Battalion (Alindao) dan Bhutan QRF (Bangui) berada di peringkat ketiga.

Ungkapan terimakasih dan rasa bangga disampaikan oleh Letkol Czi Ibnu Muntaha, M.Han selaku Dansatgas kepada seluruh prajurit yang mana penghargaan tersebut merupakan suatu hasil yang diperoleh dari implementasi tugas kontingen dalam mewujudkan serta memelihara perdamaian di Republik Afrika Tengah.

Pasukan Garuda Latih Tentara Kongo

By On June 06, 2024

(Puspen TNI) Dalam upaya  meningkatkan kemampuan Operasional dan Profesionalisme, Kontingen Garuda Satgas Indo RDB XXXIX-F Monusco laksanakan program pelatihan militer intensif untuk Angkatan Darat Republik Demokratik Kongo (FARDC) di Kongo. (4/6/2024)

 Kontingen Garuda Satgas Indo RDB XXXIX-F Monusco bersama dengan Pasukan Kontingen Bangladesh dan Nepal, bersiap untuk melatih Angkatan Darat Republik Demokratik Kongo atau yang biasa disebut FARDC dalam rangka mempersiapkan pelatihan intensif.

Pelatihan ini mencakup berbagai aspek, mulai dari Taktik Militer hingga perawatan medis darurat di medan perang. Pasukan Garuda yang memiliki pengalaman luas dalam operasi militer baik dalam negeri maupun Internasional yang siap berbagi pengetahuan dan keterampilan praktis kepada rekan-rekan mereka di FARDC.

Mayor Laut  Raja Menang Prahara, S.H. selaku Danki Latihan  menyampaikan “Kami berkomitmen untuk selalu mengingkatkan profesionalisme dan kemampuan Tentara FARDC serta mempererat  hubungan baik dengan FARDC melalui pelatihan ini. Dengan bekerja sama kami yakin dan percaya kita dapat menjaga dan meningkatkan stabilitas keamanan di wilayah tersebut”

Pertukaran pengetahuan dan keterampilan antara Kontingen Garuda dan FARDC adalah langkah  signifikan dalam memperkuat kemitraan antara kedua negara dan menciptakan lingkungan yang lebih aman dan stabil di wilayah tersebut. Diharapkan program latihan ini akan menjadi landasan bagi kerjasama yang lebih erat antara Indonesia dan Republik Demokratik Kongo di masa depan” ujarnya.

Jalin Silaturahmi Antar Komunitas, Satsiber TNI Gelar Coffee Morning

By On June 05, 2024

(Puspen TNI). Satuan Siber Tentara Nasional Indonesia (Satsiber TNI) menggelar acara Coffee Morning guna menjalin silaturahmi antar komunitas, bertempat di Mako Satsiber TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (5/6/2024). 

Menurut Komandan Satuan Siber (Dansatsiber) TNI Brigjen TNI Ari Yulianto, S.I.P., M.H.I., selain ajang silaturahmi Coffee Morning ini dilaksanakan juga sebagai sarana pertukaran informasi terkait perkembangan dunia meliputi ancaman dan serangan siber terhadap keamanan nasional.

Lebih lanjut Dansatsiber mengatakan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan penguatan teknologi serta bisnis proses perlu  dilakukan mengantisapasi segala bentuk ancaman yang akan merongrong keamanan negara.

Acara yang mengangkat tema “Membangun Sinergi Melalui Komunitas Siber”, hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini bapak Ardi Sutedja K, selaku ketua dan pendiri Indonesia Cyber Security Forum (ICSF), dihadiri pula Pejabat Utama Mabes TNI, Kementerian Pertahanan, Angkatan dan Kemenkominfo.

Aster Panglima TNI Membuka Tarkatpuanter dan Targadikter Kader Apkowil
TNI

By On June 05, 2024

(Puspen TNI). Asisten Teritorial (Aster) Panglima TNI Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya, S.I.P., M.I.P., membuka Penataran Tenaga Pendidik Teritorial (Targadikter) dan Penataran Perangkat Kemampuan Teritorial  (Tarkatpuanter) Kader Aparat Komando Kewilayahan (Apkowil) TNI di Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) dan Satnonkowil bagi Pamen, Pama dan Bintara TA. 2024, bertempat di Pusdikterad, Cimahi, Bandung Barat, Selasa (4/6/2024). 

Mengusung tema, “Dengan Tarkatpuanter dan Targadikter Kader Aparat Komando Kewilayahan TNI di Satkowil dan Satnonkowil TNI TA 2024 Siap Mewujudkan Ruang, Alat dan Kondisi Juang yang Tangguh serta Membantu Pemerintah Daerah dalam Meningkatkan Percepatan Pembangunan dan Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat”.

Dalam sambutannya, Aster Panglima TNI  mengingatkan kompleksitas dalam menyusun program dan kegiatan pada penyelenggaraan teritorial, sehingga perlu didukung oleh data, referensi, pengalaman dan masukan pihak lain, baik  dari atasan, rekan kerja, bawahan termasuk kerjasama antar Matra dan Instansi terkait. “Koordinasi dan kerjasama dibangun untuk menciptakan sinergitas dalam menjawab persoalan dan permasalahan di wilayah,” kata Aster Panglima TNI.

Turut hadir dalam acara tersebut Aster TNI AD, Waaspotmar Kasal, Aspotdirga Kasau, Danpusdikter Puster TNI AD, Dirpotwil Puspotdirga, Wadan Pusdikter Puster TNI AD, Kabagdik Pusdikter Puster TNI AD, Dankopasgat (diwakili), Kasubdis Komsosmar Dispotmar Mabesal, Paban IV/Komsos Ster TNI, Danlanud Husein Sastranegara (diwakili), Waaster Pangdam III/Slw, dan para Gumil/Tih Pusdikter Pusterad, serta  para peserta Targadikter dan Tarkatpuanter Kader Apkowil dan Apnonkowil TNI yang berjumlah Pamen 50 orang, Pama 100 orang, dan Bintara 100 orang.

Panglima TNI Dampingi Presiden RI Kunker di IKN

By On June 05, 2024

(Puspen TNI). Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto mendampingi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) di Ibu Kota Nusantara (IKN), rangkaian Kunker diantaranya meresmikan Persemaian Mentawir, meresmikan Bendungan Sepaku Semoi, _Groundbreaking Astra BIZ Center_ dan Nusantara _Botanical Garden,_ _Groundbreaking_ Kampus Program Doktor Internasional Universitas Gunadarma serta _Groundbreaking_ Sekolah Islam Al Azhar Summarecon Nusantara di Panajam Paser Utara Kalimantan Timur, Selasa (4/6/2024).

Turut hadir mendampingi dalam rangkaian kegiatan diantaranya Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg)  Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)  Mochamad Basuki Hadimoeljono, Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antono, Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik dan Pj.Bupati Panajam Paser Utara Makmur Marbun.

Coast Guard Basic Training Personel PPPK 2024 Bakamla RI Resmi Ditutup

By On June 04, 2024

(Bakamla RI/Indonesian Coast Guard 2024). Pelatihan Coast Guard Basic Training (CGBT) bagi personel PPPK 2024 Bakamla RI resmi ditutup. Upacara penutupan CGBT dipimpin oleh Sekretaris Utama (Sestama) Bakamla RI Laksda TNI Tatit Eko Witjaksono, S.E., M.Tr. (Han), di Puslatdiksarmil, Surabaya, Kemarin.

Latihan yang telah berlangsung selama 3 minggu ini, diikuti oleh 137 siswa yang merupakan personel PPPK Bakamla RI. Terdiri dari 94 personel pria dan 43 personel wanita, kegiatan latihan yang sangat berkesan bagi seluruh siswa itu berjalan dengan lancar. 

Kegiatan ditutup dengan prosesi upacara, disertai dengan rangkaian demonstrasi yang dilakukan oleh seluruh siswa Bakamla RI. Sestama Bakamla RI juga menyematkan tanda penghargaan kepada Serka Bakamla Handi Arsauly Amirullah serta pemberian ucapan selamat kepada Serka Bakamla Raden Dhilan Dwisatya sebagai personel yang mendapatkan predikat Siswa Terbaik.

Sestama Bakamla RI memberikan selamat kepada para peserta yang telah menyelesaikan tahap pelatihan dan pendidikan, serta menekankan bahwa pelatihan ini adalah langkah awal dalam perjalanan mereka sebagai penjaga laut Nusantara. “Setelah melalui seleksi yang ketat para PPPK telah terpilih dari ribuan pemuda pemudi di seluruh Persada Bumi Pertiwi. Sejak saat itu pula para PPPK telah menjadi kebanggaan keluarga dan juga kebanggaan masyarakat dan Bakamla RI”, tegas Sestama Bakamla RI. 

Sebagai penutup, Sestama berharap agar para peserta dapat menjadi personel yang dibanggakan dengan moralitas yang tinggi, pengetahuan yang luas, kecerdasan, dan fisik yang sehat serta doa untuk kesuksesan para peserta dalam pengabdian mereka kepada bangsa dan negara. (Humas Bakamla RI).

Deputi Jakstra Bakamla RI Jadi Pembicara di PALS-24

By On June 04, 2024

(Bakamla RI/Indonesia Coast Guard) — Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., yang diwakili oleh Deputi Kebijakan dan Strategi Bakamla RI Laksda Bakamla Dr. Gregorius Agung, W.D., M.Tr (Han)., menghadiri kegiatan Pacific Amphibious Leaders Symposium 2024 (PALS-24) di Seoul, Republik Korea, Selasa (4/6/2024).

Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 2-4 Juni 2024, dan dihadiri oleh 11 Negara meliputi, Australia, Yunani, Indonesia, Jepang, Korea, Malaysia, Filipina, Singapura, Amerika Serikat, dan Vietnam. Dalam kegiatan ini, Laksda Gregorius menjadi salah satu pembicara dengan topik “Indonesia’s Effort in Countering Natural Resource Exploitation and Coordinating with Law Enforcement”.

Fokus yang diangkat pada pembicaraan yakni, Sumber Daya Alam (SDA) yang ada di laut Indonesia, beserta tantangan serta upaya yang telah dilakukan Bakamla RI dalam penjagaan SDA tersebut dari kegiatan exploitasi ilegal baik dari dalam maupun pihak asing.  Pembahasan terkait pembangunan postur kekuatan untuk meningkatkan kemampuan ekspedisi dan interoperabilitas regional guna menghadapi dinamika ancaman di wilayah Indo-Pasifik juga turut dibahas. 

Kegiatan ini merupakan bentuk Peningkatan Kerjasama Internasional yang dilakukan Bakamla RI dengan pihak luar negeri guna melaksanakan tugas dan fungsi Bakamla RI sebagai Coast Guard di wilayah perairan dan yurisdiksi Indonesia. Diharapkan dengan adanya kerja sama ini nantinya peran Bakamla RI sebagai Coast Guard dapat dimanfaatkan secara efektif dalam operasi seperti, Pengawasan dan Patroli Laut dan Penegakan Hukum. 

Untuk diketahui, PALS merupakan forum multinasional yang diselenggarakan sejak tahun 2015 oleh United States Marine Corps Forces, Pacific (U.S. Marforpac). Kegiatan tersebut guna mempertemukan Komandan Korps Marinir, Coast Guard, dan pemimpin militer dari seluruh Indo-Pasifik untuk memperkuat hubungan, pemahaman yang setara, dan kerja sama agar dapat mempertahankan kawasan Indo-Pasifik yang aman dan stabil. (Humas Bakamla RI).

Ungkap Jaringan Narkoba : Pangdam XII/Tpr Serahkan BB 21,2 Kg Sabu Dan
Lima Tersangka Kepada Kepala BNN RI

By On June 04, 2024

(Puspen TNI). Pangdam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Iwan Setiawan, S.E., M.M., menyerahkan lima tersangka dan barang bukti sabu seberat 21,2 kilogram kepada Kepala BNN RI, Komjen Pol Martinus Hukom, S.I.K., M.Si. Sebagai hasil dari penggagalan penyelundupan oleh Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 16/TK di Desa Semunying Jaya, Bengkayang. Penyerahan ini dilakukan di Aula Sudirman, Makodam XII/Tpr, Kota Pontianak, Kalimantan Barat,  Senin (03/06/2024). 

Dua dari lima tersangka, berinisial DD dan RN, adalah warga negara Malaysia, Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Iwan Setiawan menerangkan keberhasilan ini berkat kerjasama erat antara TNI dengan masyarakat perbatasan serta sinergi antara TNI dan Polri. Informasi dari masyarakat segera ditindaklanjuti oleh Satgas Yonarmed 16/TK sesuai SOP, sehingga upaya penyelundupan berhasil digagalkan.

“Sehingga pada Kamis 30 Mei pukul 02.30 WIB berhasil menggagalkan penyelundupan Sabu di Desa Semunying Jaya. Hari ini baru sampai di Pontianak, kebetulan hadir di tengah-tengah kita Kepala BNN yang selalu semangat mengobarkan untuk perang melawan Narkoba,” ujarnya. 

Di tempat terpisah Kapuspen TNI Dr. Nugraha Gumilar melalui rilis tertulisnya menyampaikan bahwa penyerahan barang bukti dan tersangka kasus narkoba tersebut adalah sebagai bukti komitmen TNI dan aparat penegak hukum lainnya untuk menyelamatkan masa depan bangsa dari bahaya narkoba. “TNI, Polri,  BNN, Aparat Penegak Hukum lainnya dan masyarakat bersinergi untuk memberantas narkoba,” tegas Kapuspen TNI. 

Satu Orang Meninggal Dunia Setelah Santap Hidangan Tahlilan Warga di
Kel. Cipaku - Bogor Selatan

By On June 03, 2024

Bogor kota
Puluhan warga kampung Babakan RT.01/02 Kel Cipaku kecamatan Bogor Selatan kota Bogor mengalami pusing,mual dan muntah”, kondisi tersebut diduga akibat keracunan setelah menyantap makanan tahlilan di rumah salah seorang warga yang bernama mursiah, Senin (03/06/2024).

Febian (16) salah seorang korban mengaku setelah mengkonsumsi menu nasi uduk, telur,tempe goreng dan sambal yang di sediakan pemilik rumah,dirinya mengalami sakit perut,panas dan mual-mual.dirinya sempat dilarikan ke klinik 24 jam dan kemudian di larikan kerumah sakit terdekat.”ucapnya”

Sementara murni mengatakan dirinya sempat membawa Korban meninggal dunia bernama Ahmad salim (30) anak dari Nawi dan Tinah.
Pihak keluarga sempat melarikan almarhum Ahmad kerumah sakit namun naas nyawa Ahmad tidak bisa tertolong,karena ginjal serta dehidrasi akut.”jelasnya”. mau

Semetara Kapolsek Bogor Selatan Kompol Diana mengatakan pihaknya mengutamakan korban terlebih dahulu,dan pihaknya juga ikut membantu evakuasi korban dari rumah sampai kerumah sakit,selain itu untuk penyebab dari kejadian ini pihaknya Sampai saat ini masih dalam tahap penyelidikan dan belum mengetahui penyebab pastinya.pihaknya belum menindak lanjuti penyebab kejadian nya dikarenakan masih fokus kepada warga yang menjadi korban,namun setelah mengamankan para korban,kompol Diana menambahkan pihaknya dan jajaran akan memanggil dan memintai keterangan kepada pemilik rumah.

Saat akan dimintai keterangan kepada nursiyah terlihat kondisi rumah yang dijadikan lokasi tahlilan ini cukup sepi,dan setelah awak media mengucapkan salam dan memanggil pemilik rumah, awak media mendengar suara dari dalam rumah yang mengatakan Nursiah sedang tidak berada dirumah.(BA)

Satgas Puter Pulau Deli Temukan Kapal Pengebom Ikan Ilegal

By On June 03, 2024

(Puspen TNI).  Anggota Satuan tugas (Satgas) Pulau terluar (Puter), Pulau Deli menemukan  satu dari empat unit kapal pengebom ikan ilegal. Temuan ini merupakan tindak lanjut dari laporan masyarakat akan adanya pengeboman ikan ilegal yang diduga menggunakan kapal kincan di Pulau Deli, Banten, Jawa Barat, Sabtu (1/6/2024).

Setelah menerima laporan dari masyarakat adanya kapal yang mencurigakan anggota Satgas Puter Serda Rum Gatot Suseno dan Serda Mar Jaeni melakukan penyisiran atas perintah Dansatgas Puter Pulau Deli Lettu Mar. M. Harliansyah di sepanjang pinggir sungai dan berhasil menemukan salah satu kapal kincang yang diduga terlibat dalam pengeboman ikan. Di dalam kapal tersebut ditemukan sejumlah barang bukti diantaranya 1 unit perahu kincang ,1 unit mopel 40 PK, ikan hasil tangkapan 4 box (600 kg), kompresor dan selangnya sepanjang 50m, genset kecil 750 watt, ⁠alat masak dan ⁠aki kering GS 12 volt. 

Komandan Satgas Puter Pulau Deli berkoordinasi dengan Pos Angkatan Laut (Posal) dan Kepolisian Air dan Udara (Polairud) Binuangeun untuk mengambil langkah selanjutnya. Barang bukti diamankan di Posal Binuangeun, Lanal Banten, dan kasusnya sedang didalami oleh Posal dan Polairud Binuangeun untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut.

Penemuan ini menunjukkan komitmen TNI dalam memberantas aktivitas pengeboman ikan yang merusak ekosistem laut dan mengancam keberlanjutan sumber daya alam. Diharapkan, dengan adanya penindakan yang tegas, aktivitas pengeboman ikan ilegal dapat diminimalisir dan ekosistem laut di sekitar Pulau Deli dapat terjaga dengan baik.

Panglima TNI Lakukan Tatap Muka Dengan Ratusan Prajurit di Batam

By On June 03, 2024

(Puspen TNI). Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto melakukan tatap muka sekaligus memberikan pengarahan kepada 837 prajurit, bertempat di Mako Yonif 10 Marinir/SBY, Batam Kepulauan Riau, beberapa waktu lalu. 

Dalam kesempatan ini, Panglima TNI menekankan pentingnya setiap prajurit menguasai ilmu bela diri militer dan mengasah kemampuan tempur untuk senatiasa siap menghadapi penugasan dan dapat melaksanakannya dengan tuntas. Panglima TNI juga mengingatkan prajurit untuk tetap menjaga sinergitas antara TNI dan Polri serta antar instansi, tidak lupa Panglima TNI menekankan kepada prajuritnya untuk tidak melupakan ibadah. “Libatkan Allah dalam setiap kegiatan, tidak ada prajurit yang berhasil tanpa ridho dari yang maha kuasa,” tegas Jenderal berbintang empat tersebut.

Dalam kesempatan ini, Panglima TNI memberikan apresiasi kepada prajurit dengan memberangkatkan 14 prajurit yang terdiri dari TNI AD, AL dan AU untuk melaksanakan ibadah umroh ke Tanah suci secara gratis, serta memberikan tali asih sebesar 1 Miliar untuk kemajuan Satuan TNI yang berada di Batam.

Turut hadir dalam acara ini, Pangkogabwilhan I, Asops Panglima TNI, Aslog Panglima TNI, Aster Panglima TNI, Kas Kogabwilhan I, Dankormar Pangdam I/BB, Pangkoarmada I, Pangkoopsud I, Danpasmar 1, Danrem 033/WP, Danlantamal IV, Danlanud Hang Nadim Batam.

Panglima TNI Hadiri Upacara Pembukaan Shangri-La Dialogue 2024

By On June 03, 2024

(Puspen TNI). Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto berserta Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto, menghadiri upacara pembukaan Shangri-La Dialogue 2024 forum tahunan bergengsi para pemimpin dan pejabat tinggi pertahanan dari berbagai negara yang dilaksanakan di Hotel Shangri-La, Singapura.  Jumat, (31/5/2024).

Shangri-La Dialogue merupakan forum diskusi isu-isu strategis, geopolitik pertahanan dan

keamanan yang mempertemukan pemimpin negara, pejabat pemerintahan, para analis, para  ahli dan praktisi serta akademisi.

Turut hadir perwakilan delegasi dari Indonesia yaitu Asisten Khusus Menhan Bidang Manajemen

Pertahanan Letjen TNI (Purn) Sjafrie Sjamsoeddin, Dirjen Strahan Kemhan Brigjen TNI Ujang Darwis, Dubes Rl untuk Singapura Suryo Pratomo, dan Kabais TNI Letjen TNI Yudi Abrimantyo.

DIDUGA LAMBAN, POLRES BOGOR DIDESAK TUNTASKAN KASUS PENGEROYOKAN

By On June 03, 2024

Bogor, 3 Juni 2024.
Tiga warga Desa Sukaresmi, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, dikeroyok orang tak dikenal. Seorang di antaranya mengalami penggumpalan darah di kepala dan masih hilang ingatan (gegar otak).

Ketua Karang Taruna Desa Sukaresmi Apid Firdaus menjelaskan, pengeroyokan terjadi pada 12 Februari 2023. Terdapat tiga orang yang menjadi korban pengeroyokan. Yakni, Nasul Zapar (23), serta dua orang lainnya Nugi Hidayat (21) dan Anggi Setiadi (20).

Apid mengungkapkan, ketiganya dirawat di RS Ummi Bogor. Namun, hanya Nasrul yang belum pulih karena mengalami hilang ingatan dan belum bisa kembali menjalankan aktifitasnya.
Pengeroyokannya di lapangan bola, waktu itu diduga ada puluhan warga dari Desa Sukaluyu lagi latihan bola. Setelah mereka, giliran warga Sukaresmi. Tapi tiba-tiba warga Sukaluyu menyerang dan memukuli tiga warga Sukaresmi,” kata Apid, Kamis (2/3).

“Kata Apid, saat Nasrul dipukuli, Nugie dan Anggi coba melerai, tapi justru ikut dipukuli warga. Atas kejadian tersebut, keluarga korban melapor pada Polsek Tamansari serta melakukan visum sebelumnya.”

Kuasa Hukum Korban Adv. Rd. Anggi Triana Ismail, S.H., menuturkan perihal perkembangan Laporan Polisi tersebut. Anggi Triana Ismail membenarkan bahwa ada LP di Polsek Tamansari, namun kini dilimpahkan ke Polres Bogor dengan alasan SDM & kindusifitas. Adapun LP tersebut! Nomor : LP / B / 34 / II / 2023 /Sektor tertanggal 21 februari 2023, tentang sangkaan pengeroyokan yang dilakukan secara bersama-sama sebagaimana yang dimaksud didalam Pasal 170 KUHP dengan ancaman pidana penjara 5 tahun 6 bulan.
Proses sudah masuk ke penyidikan, tinggal menetapkan tersangka. Perjalanan LP tsb sudah 1 tahun lebih lamanya, pihak penyidik belum menetapkan tersangka dalam LP ini.
Saya mendesak Polres Bogor agar segera menetapkan tersangka dan tetap komitmen menegakan hukum “criminal Justice system system” dengan profesional & akuntabel.

Bogor, 3 Juni 2024.
Tiga warga Desa Sukaresmi, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, dikeroyok orang tak dikenal. Seorang di antaranya mengalami penggumpalan darah di kepala dan masih hilang ingatan (gegar otak).

Ketua Karang Taruna Desa Sukaresmi Apid Firdaus menjelaskan, pengeroyokan terjadi pada 12 Februari 2023. Terdapat tiga orang yang menjadi korban pengeroyokan. Yakni, Nasul Zapar (23), serta dua orang lainnya Nugi Hidayat (21) dan Anggi Setiadi (20).

Apid mengungkapkan, ketiganya dirawat di RS Ummi Bogor. Namun, hanya Nasrul yang belum pulih karena mengalami hilang ingatan dan belum bisa kembali menjalankan aktifitasnya.
Pengeroyokannya di lapangan bola, waktu itu diduga ada puluhan warga dari Desa Sukaluyu lagi latihan bola. Setelah mereka, giliran warga Sukaresmi. Tapi tiba-tiba warga Sukaluyu menyerang dan memukuli tiga warga Sukaresmi,” kata Apid, Kamis (2/3).

“Kata Apid, saat Nasrul dipukuli, Nugie dan Anggi coba melerai, tapi justru ikut dipukuli warga. Atas kejadian tersebut, keluarga korban melapor pada Polsek Tamansari serta melakukan visum sebelumnya.”

Kuasa Hukum Korban Adv. Rd. Anggi Triana Ismail, S.H., menuturkan perihal perkembangan Laporan Polisi tersebut. Anggi Triana Ismail membenarkan bahwa ada LP di Polsek Tamansari, namun kini dilimpahkan ke Polres Bogor dengan alasan SDM & kindusifitas. Adapun LP tersebut! Nomor : LP / B / 34 / II / 2023 /Sektor tertanggal 21 februari 2023, tentang sangkaan pengeroyokan yang dilakukan secara bersama-sama sebagaimana yang dimaksud didalam Pasal 170 KUHP dengan ancaman pidana penjara 5 tahun 6 bulan.
Proses sudah masuk ke penyidikan, tinggal menetapkan tersangka. Perjalanan LP tsb sudah 1 tahun lebih lamanya, pihak penyidik belum menetapkan tersangka dalam LP ini.
Saya mendesak Polres Bogor agar segera menetapkan tersangka dan tetap komitmen menegakan hukum “criminal Justice system system” dengan profesional & akuntabel.

Team Bikers Advokat Indonesia Bogor Raya Peduli Korban Asusila

By On June 02, 2024

Bogor – Sejumlah Advokat yang tergabung dalam Komunitas Bikers Advokat Indonesia Bogor Raya Chapter pada Minggu 02/06/2024 Berkumpul di sekretariat Bikers Advokat Indonesia Bogor Raya Chapter Gedung KNPI Cibinong Bogor, para advokat anggota BAI – Bogor Raya Chapter yang peduli pada Korban Asusila siap Memberikan Bantuan Hukum agar proses Peradilan sesuai dengan ketentuan Hukum yang Berlaku di Indonesia.

Bikers Advokat Indonesia Bogor Raya Chapter yang di Ketua Oleh Ardiansyah, SH., MH tunjukkan solidaritas dan kepedulian kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan Hukum tanpa mengenal kasta dan Golongan, “kami Para Advokat/Pengacara dari Berbagai Organisasi Advokat yang Tergabung dalam BAI – Bogor Raya Chapter, Berkumpul Bersama Dalam Satu Hobby akan selalu siap dan ada untuk memberikan bantuan Hukum Kepada Seluruh masyarakat yang Membutuhkan”, Ungkap Ardiyansyah.

“Kami Berharap Kehadiran kami di Bogor Raya Khususnya, dapat Memberikan Warna dan Nilai Positif dalam pemahaman dan pengertian Hukum Di Indonesia Tercinta ini, jadi harapan kami kepada masyarakat Bogor Raya Khususnya dan Masyarakat sekitar Bogor Raya pada umumnya, jangan sungkan Dan jangan ragu untuk datang serta Konsultasi Hukum Di Sekretariat Kami yang Berada di Gedung KNPI Kabupaten Bogor”, Tambah Ardiyansyah.

Advokat H.Sukarman,S.Pd.I, SH., MH. Merupakan anggota yang tergabung di BAI Bogor Raya, yang jua sebagai praktisi hukum tokoh muda Kabupaten Bogor sangat apresiasi atas solidaritas seluruh jajaran BAI Bogor Raya yang memiliki semangat juang tinggi dalam penanganan perkara yang di amanahkan ke BAI Bogor Raya, Dan merupakan tanggung jawab bersama dalam setiap prosesnya, ” Inna Ma’al Usri Yusro” Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan” Semoga Allah Ridho atas Kehadiran kami untuk bantu advokasi masyrakat.

Terima kasih kepada Seluruh anggota Bikers Advokat Indonesia Chapter Bogor Raya, yang telah bersedia dan mau bergabung dalam satu kuasa untuk memberikan bantuan Hukum Korban, saya tidak dapat berkata banyak dan hanya bisa berdoa semoga kita semua khususnya Anggota Bikers Advokat Indonesia Bogor Raya Chapter dalam lindungan ALLAH SWT / Tuhan Yang Maha Esa, Tambah Rahman Joko Purnomo Wakil Ketua BAI, (red)

Bakamla RI Satukan Kekuatan di Hari Lahir Pancasila Tahun 2024

By On June 01, 2024

(Bakamla RI/Indonesia Coast Guard). Seluruh personel Bakamla RI melaksanakan upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024. Upacara dipimpin oleh Direktur Strategi Keamanan Laut Bakamla RI Laksma Bakamla Dafit Santoso, di lapangan apel Mabes Bakamla RI, Jakarta Pusat, Sabtu (1/6/2024).

Rangkaian Upacara terdiri dari pengibaran Sang Saka Merah Putih, mengheningkan cipta, pembacaan teks Pancasila yang diikuti seluruh peserta upacara, pembacaan UUD 1945, serta pembacaan amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP RI) Yudian Wahyudi oleh Inspektur Upacara.

Dalam amanatnya menyebutkan, Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri, dan berdaulat.

“Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia. Dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Terlebih, di tengah krisis global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik. Keberhasilan tersebut tentu merupakan sumbangsih gotong royong seluruh anak bangsa dengan ideologi Pancasila sebagai fondasi dasarnya,” ujar Inspektur Upacara membacakan amanat tersebut. 

Mengakhiri amanat, Inspektur Upacara mengajak seluruh personel Bakamla RI untuk bergotong royong merawat anugerah Pancasila dan memompa semangat untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia. (Humas Bakamla RI)

Pancasila Sebagai Filter Untuk Mencegah Disorientasi Bangsa Di Masa
Depan

By On June 01, 2024

(Puspen TNI). Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI) menggelar upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 dengan mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas Tahun 2045”, sebagai Inspektur Upacara Pa Sahli TK III Bid. Hubungan Internasional Panglima TNI Marsda TNI Maman Suherman, M.A.P., M.Han, diikuti oleh Prajurit dan PNS TNI di lingkungan Mabes TNI, bertempat di lapangan B3 Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Sabtu (1/6/2024).

Dalam amanat Kepala Badan Pembina Ideologi Pancasila Republik Indonesia Yudian Wahyudi yang dibacakan oleh Pa Sahli TK III Bid. Hubungan Internasional Panglima TNI, disampaikan bahwa tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat. Bahwasannya di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. 

Di akhir amanatnya, Kepala Badan Pembina Ideologi Pancasila RI mengajak seluruh komponen bangsa untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Pancasila harus senantiasa dijiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia.

Turut hadir dalam upacara tersebut diantaranya, Koorsahli Panglima TNI, para Asisten Panglima TNI, Wairjen TNI, Dankoopssus TNI, Kababinkum TNI, Kapuspen TNI, Kapuskes TNI,  Kapusku TNI serta Pejabat Utama Mabes TNI lainnya.

Kepala Bakamla RI Terima Kunjungan Dirjen Penegakan Hukum LHK

By On June 01, 2024

(Bakamla RI/Indonesia Coast Guard) — Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., beserta jajarannya menerima kunjungan dari Direktur Jenderal Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Dr. Rasio Ridho Sani, S.Si., M. Com., MPM., dan Direktur Penegakan Hukum Pidana LHK Yazid Nurhuda, S.H., M.A. Kegiatan ini berlangsung di Aula Ary Hasibuan, Mabes Bakamla RI, kemarin. 

Pertemuan ini membahas upaya kolaboratif untuk meningkatkan penegakan hukum terhadap pelanggaran lingkungan hidup, serta menekankan komitmen bersama dalam menjaga keanekaragaman biota laut dan segala hasil alam dari laut.

“Kunjungan ini adalah langkah strategis untuk mempererat kerja sama antara Bakamla RI dan LHK dalam menjaga keamanan dan kedaulatan laut Indonesia. Dengan sinergitas yang kuat, kita dapat mengoptimalkan upaya penegakan hukum di laut, termasuk pencegahan dan penanggulangan kejahatan lingkungan maritim”, tegas Kepala Bakamla RI.

Dalam pertemuan tersebut, kedua belah pihak juga membahas rencana aksi bersama dan mekanisme koordinasi untuk meningkatkan efektivitas pengawasan dan penindakan di laut. Kerja sama ini diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap pelestarian lingkungan laut serta kesejahteraan masyarakat pesisir, serta penanggulangan kejahatan lingkungan seperti pencemaran dan penangkapan ikan ilegal. (Humas Bakamla RI)

Tanamkan Cinta Dirgantara, 634 Siswa PAUD, TK dan SD Kunjungi Lanud
Sultan Hasanuddin

By On June 01, 2024

Makassar – Sebanyak 634 siswa Sekolah Dasar (SD), Taman Kanak-Kanak (TK) dan Pendidikan Anak Usia Dini  (PAUD) didampingi guru serta orang tua  siswa dari delapan sekolah di Kota Makassar dan Maros melaksanakan kunjungan dirgantara, bertempat di Apron Skadron Udara 33 Lanud Sultan Hassanudin, Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (31/5/2024).

Kunjungan ratusan siswa tersebut diterima langsung oleh Kepala Dinas  Potensi Dirgantara (Kadispotdirga)  Lanud Sultan Hasanuddin, Kolonel Pas I Komang Dony AW. Saat kunjungan para siswa terlihat sangat antusias dan merasa senang mendapat berkesempatan untuk melihat dari dekat beberapa Alutsista TNI AU seperti pesawat Sukhoi Su-27/30, pesawat Boeing 737- 200 dan pesawat Herkules C-130. 

Salah satu guru pendamping siswa dari SD Integral Al Bayan Makassar, Ustaz Ruslan menyampaikan ucapan terimakasih dan sangat senang mendapat kesempatan berkunjung ke Lanud Sultan Hasanuddin. “Kami sangat senang sekali dapat melihat dari dekat Alutsista kebanggaan TNI AU seperti pesawat Sukhoi Su-27/30, pesawat Boeing 737- 200, pesawat Herkules C-130,” ungkapnya. 

Lebih lanjut Ustaz Ruslan menyampikan, bahwa kunjungan ini merupakan bagian dari kurikulum pendidikan dan sangat bermafaat untuk siswa khususnya  dalam menanamkan rasa cinta dirgantara sejak dini. 

Delapan sekolah SD, TK, serta PAUD yang melakukan kunjungan Dirgantara di Lanud Sultan Hasanuddin Makassar yaitu  Kelompok Bermain (KB) Pelangi Kosek II Makassar, Kelompok Bermain (KB) Handayani Marusu, TK Negeri 5 Harapan Bangsa Marusu, TK Dharma Widya Makassar, SD Dunia Anak Islam Makassar, SD Islam Al Izhar Cendika Makassar, SD Dunia Anak Islami Todoppili Makassar, SD Integral Al Bayan Makassar. (Pen Hnd) 

PBB Anugerahkan Medali Tertinggi Pada Dua Prajurit TNI

By On June 01, 2024

(Puspen TNI). Acara penganugerahan medali tertinggi PBB Dag Hammarskjöld kepada dua prajurit TNI yang telah gugur saat melaksanakan tugas mulia sebagai pasukan penjaga perdamaian dunia, berlangsung di ruangan utama Trusteeship council Chamber di Markas Besar PBB di New York Amerika Serikat. Kamis (30/05/2024).

Medali PBB Dag Hammarskjöld diserahkan langsung oleh Seketaris Jenderal PBB Antonio Guteres kepada Pemerintah Republik Indonesia yang di terima oleh Deputi Wakil Tetap RI bapak Dubes Harry Prabowo yang di dampingi oleh Brigjen TNI Felix Tobing sebagai Penasihat Militer RI untuk PBB dan Letkol Inf Paulus Pandjaitan sebagai Asisten Penasihat Militer RI.

Penghargaan tertinggi PBB tersebut, diberikan atas nama Sersan kepala Dudi Iskandar dan Pratu Bibit Nailil Huda yang masing masing pada tahun 2023 yang lalu gugur di daerah tugas UNIFIL Lebanon dan daerah tugas MONUSCO di negara Congo.

Acara penganugerahan juga di hadiri perwakilan dari beberapa negara lainnya yang anggotanya juga telah gugur dalam pelaksanaan tugas perdamaian PBB di seluruh daerah misi PBB di dunia.