-->
Advertise Here

Subscribe Here!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Search This Blog

lenterakhatulistiwa.com. Powered by Blogger.
Jelang KTT WWF, Panglima TNI Siapkan Rencana Pengamanan Terpadu

By On April 30, 2024

(Puspen TNI). Berkaca dari kesuksesan  Konferensi Tingkat Tinggi Archipelagic and Island States (KTT AIS), tahun 2024 ini Indonesia kembali dipercaya sebagai tuan rumah perhelatan Internasional Konferensi Tingkat Tinggi  Word Water Forum (KTT WWF). Hal ini juga tidak terlepas dari dedikasi dan profesionalisme TNI dalam melaksanakan tugasnya selama kegiatan berlangsung untuk menjaga keamanan di setiap acara kenegaraan berskala Internasional. 

Terkait ajang KTT WWF yang akan berlangsung di Bali pada 18 s.d. 24 Mei mendatang, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, menerima paparan jl Pangkogabwilhan II Marsda TNI M. Khairil Lubis, terkait kesiapan Satgas Pengamanan VVIP tamu setingkat Kepala Negara, bertempat di Wisma Ahmad Yani, Menteng, Jakarta Pusat. Kamis (29/04/2024).

Dalam kesempatan tersebut Panglima TNI menyampaikan bahwa bencana alam yang akhir-akhir ini terjadi yaitu gempa di Garut, Pangkogabwilhan II dan Pangdam IX/Udayana agar mitigasi koordinasi dengan Ketua BMKG. “Karena memprediksi cuaca pun sangat berpengaruh terhadap kondisi tamu yang hadir maupun anggota yang melaksanakan tugas agar terjamin keamanannya,” ujar Panglima TNI.

Selain itu juga disampaikan Panglima TNI, yang tidak kalah penting Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI agar memitigasi setiap kemungkinan ancaman yang timbul. “Antisipasi segala ancaman yang ada, ancaman dari 9 komponen strategi dibaca benar-benar dimitigasi sehingga dapat diatasi sebelum terjadi”, tegas Panglima TNI.

Berita Foto: Panglima TNI Hadiri Ratas KTT WWF di Istana Bogor

By On April 30, 2024

(Puspen TNI). Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri Rapat Terbatas (Ratas) Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) World Water Forum (WWF) ke-10, bertempat di Istana Kepresidenan Bogor, Senin (29/4/2024).

Rapat Terbatas (Ratas) yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo ini membahas persiapan penyelenggaraan World Water Forum (WWF) ke-10 yang akan digelar 18-24 Mei 2024 di Nusa Dua, Bali. Sebanyak 172 negara akan mengirimkan delegasi dalam pertemuan internasional terbesar di bidang air tersebut.

Bakamla RI Evaluasi Patroli Bersama 2024 di Manado

By On April 30, 2024

(Bakamla RI/Indonesia Coast Guard). Direktur Operasi Laut Bakamla RI Laksma Bakamla Basri Mustari, M.Han., M.Tr.Opsla., bersama dengan Direktur Data dan Informasi Bakamla RI Laksma Bakamla Frandinanto, S.T., melaksanakan kunjungan kerja ke Manado, Sulawesi Utara, kemarin.

Kunjungan tersebut bertujuan Monitoring dan Evaluasi Patroli Bersama 2024 serta Pengawasan Internal. Diawali dengan Entry Meeting yang dilaksanakan di Kantor Zona Tengah Bakamla RI, pertemuan tersebut turut membahas juga mengenai rencana pembangunan Kantor Zona Khusus yang akan mendukung Ibu Kota Nusantara (IKN).

Setelah itu, kunjungan dilanjutkan dengan monitoring dan evaluasi di beberapa aset Bakamla RI di Zona Tengah, mulai dari aset patroli bersama Bakamla RI Tahun 2024 yang sedang sandar di Satrol Lantamal VIII TNI AL Dermaga Bitung, Stasiun Bakamla Manembo nembo, Stasiun Bakamla Kema, dan diakhiri dengan kunjungan ke Pangkalan Dermaga Bakamla Serei, Minahasa Utara. Pada kesempatan tersebut, kunjungan didampingi oleh Kepala Zona Bakamla Tengah Laksma Bakamla Octavianus Budi Susanto, S.H., M.Si., M.Tr.Opsla.

Lebih lanjut, Direktur Operasi Laut dan Direktur Data dan Informasi Bakamla RI juga menyempatkan berkunjung ke Lantamal VIII Manado, yang langsung disambut oleh Komandan Lantamal VIII Manado Laksamana Pertama TNI Nouldy J Tangka, S.A.P., CHRMP. Pertemuan diawali dengan ucapan Selamat Datang di Kota Manado, dilanjtukan dengan perkenalan para pejabat Lantamal VIII yang turut hadir dalam penyambutan.

Kunjungan tersebut merupakan wujud sinergi dan kolaborasi antara Bakamla RI dengan Lantamal VIII dalam mendukung Monitoring dan Evaluasi Patroli Bersama Bakamla RI Tahun 2024 demi terwujudnya keamanan di Wilayah Perairan dan Yurisdiksi Indonesia. (Humas Bakamla RI)

Pengobatan Gratis _(Medical Camp)_ Satgas Yonmek TNI Konga XXIII-R
Unifil, Menyasar Frun Village Nabatiyeh Sout of Lebanon

By On April 29, 2024

(Puspen TNI) Ditengah-tengah konflik yang masih belum berakhir di Lebanon, Satgas Yonmek TNI Konga XXIII-R UNIFIL melaksanakan kegiatan pengobatan gratis untuk masyarakat Frun Village yang dilaksanakan di aula Desa Frun, Distrik Nabatiyeh, Lebanon Selatan, Jum’at (26/04/2024).

Tim kesehatan Satgas yang diketuai oleh Lettu Ckm dr. Putri memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Frun Village yang membutuhkan, hal tersebut merupakan salah satu bentuk pendekatan terhadap masyarakat lokal di daerah misi. “Saya bangga sebagai dokter Satgas Yonmek TNI Konga XXIII-R bersama dengan Staf CIMIC Satgas dapat membantu masyarakat disini yang membutuhkan,  terang dr. Putri

Kegiatan pengobatan gratis tersebut dilaksanakan hasil koordinasi dan kerjasama antara Staf CIMIC, Tim Kesehatan Husada Satgas dengan Baladiyah Frun Village yang diwakili oleh Mr. Mohammad sebagai Secretary of Baladiyah  dari Frun Village.

“Saya ucapkan selamat datang, dan terimakasih banyak kepada Satgas Indonesia Battalyon (Indobatt) yang telah bersedia membantu masyarakat kami disini, yang tentunya sangat membutuhkan pelayanan kesehatan”, ungkap Mr. Mohammad.

Waasops Panglima TNI Buka FPC Super Garuda Shield 2024

By On April 29, 2024

(Puspen TNI). Wakil Asisten Operasi (Waasops) Panglima TNI Marsma TNI M. Taufiq Arasj, S.Sos. CHRMP., secara resmi membuka Final Planning Conference (FPC) atau Konferensi Perencanaan Akhir Latihan Bersama (Latma) Multilateral Super Garuda Shield tahun 2024, bertempat di Ballroom Hotel Fairmont, Senayan Jakarta Pusat, Senin (29/4/2024).

Dalam sambutannya, atas nama Panglima TNI, Waasops Panglima TNI menyampaikan ucapan selamat datang di Jakarta kepada seluruh peserta konferensi. Ia mengharapkan, melalui konferensi perencanaan akhir ini seluruh peserta akan mendapatkan pengetahuan tentang bagaimana menghadapi proses perencanaan dan mempersiapkan latihan gabungan bersama.

Waasops Panglima TNI juga mendorong peserta FPC untuk tidak ragu-ragu melibatkan diri dengan rekan-rekan counterpart negara peserta latihan dan menggunakan momen berharga ini untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan.

“Perencanaan tanpa aksi adalah halusinasi, namun aksi tanpa perencanaan adalah bunuh diri. Saya percaya bahwa latihan membuat sempurna. Selain itu, tujuan pelatihan militer bukan hanya untuk mempersiapkan orang-orang untuk berperang, tetapi untuk membuat mereka merindukannya,” ujar Waasops Panglima TNI mengakhiri sambutannya.

Kegiatan yang akan berlangsung selama lima hari ini dihadiri puluhan personel baik personel TNI maupun perwakilan delegasi militer negara peserta konferensi dalam mempersiapkan skenario latihan yang rencananya akan digelar akhir Agustus hingga awal September mendatang.

Kepala Bakamla RI Lantik PPPK 2024

By On April 29, 2024

(Bakamla RI/Indonesia Coast Guard 2023). Sebanyak 140 personel Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Bakamla RI secara resmi dilantik oleh Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., di Aula Ary Hasibuan, Mabes Bakamla RI, pada Senin (29/4/2024).

Acara pelantikan berlangsung khidmat dengan rangkaian acara berupa pembacaan petikan keputusan Kepala Bakamla RI, pembacaan naskah sumpah jabatan, dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan, amanat Kepala Bakamla RI, dan diakhiri dengan sesi foto bersama.

Dalam amanat yang disampaikan, Kepala Bakamla RI mengatakan jika personel PPPK memiliki peran yang krusial dalam meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan kualitas kinerja di Bakamla RI. “Dengan pelantikan ini, personel PPPK Bakamla RI telah dipercayakan untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab dalam bidang fungsional yang digeluti,” ujarnya.

Kepala Bakamla RI berharap agar seluruh personel PPPK dapat terus mengembangkan diri melalui peningkatan kompetensi dan pembelajaran berkelanjutan. Tak hanya itu, beliau juga menuntut personel PPPK senantiasa bekerja keras, berwawasan luas, serta mampu berperan sebagai agent of change yang dapat menyesuaikan diri dengan berbagai perubahan lingkungan, serta senantiasa memiliki motivasi untuk melahirkan gagasan-gagasan baru yang cemerlang dan inovatif. (Humas Bakamla RI).

JPU Hadirkan Enam Orang Saksi Dalam Sidang Lanjutan Perkara Pidana
Tanah Mabes TNI Di Jatikarya

By On April 29, 2024

(Puspen TNI). Jaksa Penuntut Umum (JPU) menghadirkan 6 (enam) orang Saksi dalam Sidang lanjutan Perkara Pidana Nomor 484/Pid. B/2023/PN. Bks dengan terdakwa H. Dani Bahdani, S.H., bertempat di Ruang Sidang Kartika 1 Lantai II Pengadilan Negeri Kota Bekasi Kelas 1A Khusus Jl. Pintu Air,  Harapan Mulya, Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi, Jawa Barat, Senin (29/4/2024).

Sidang yang digelar kali ini masih pada agenda pemeriksaan para saksi dipimpin oleh Majelis Hakim Basuki Wiyono, S. H., M.H., dengan Hakim Anggota 1 Sorta Ria Neva, S.H., Hakim Anggota 2 Joko Saptono, S.H., M.H., Panitera Pengganti Nining Anggraini K, S.H., Jaksa Penuntut Umum (JPU) Heru Saputra , S.H., M.Hum., dan Pengacara Tersangka diantara: Jhon, S.E., Panggabean, S.H., M.H., Daance Yohanes, S.H., Togap L. Panggabean, S.H., Mangasi Ambarita, S.H., Ganti Lombantoruan, S.H., M.H.

Pada sidang yang digelar secara terbuka untuk umum ini, para Saksi memberikan keterangan secara bergantian kepada Majelis Hakim. Saksi Ocim bin Candu (61 Th) yang mengaku sebagai ahli waris dari Candu bin Godo mengatakan, memiliki tanah di Jatikarya seluas 13.300 M2 dan belum pernah menjual tanah tersebut serta tanah tersebut tidak ada sertifikatnya. “Saya pernah berkumpul dan mengumpulkan foto copy KTP di rumah H. Sama’an,” jelasnya.

Sedangkan Saksi berikutnya Jayadi bin H. Ini (46 Th) juga menjelaskan pernah memberikan surat kuasa kepada terdakwa untuk mengurus tanahnya di Jatikarya. Sementara itu Saksi Umar Jaman bin Jaman (57 Th) juga memberikan foto copy KTP untuk mengurus tanahnya kepada H. Sama’an.

Keterangan selanjutnya dari  Saksi Sata bin Liman (78 Th) mengatakan  pernah mengajukan gugatan melalui kuasa hukumnya  H. Dani Bahdani serta memberikan surat kuasa kepada terdakwa. Sedangkan Saksi H. Sakam bin Tiun (84 Th) menjelaskan tanah tersebut belum pernah dijual dan menggugat melalui kuasa hukumnya  H. Dani Bahdani serta  pernah berkumpul untuk mengumpulkan foto copy KTP dan memberikan surat kuasa kepada terdakwa. Kemudian Saksi Udin bin H. Saja (62 Th) mengatakan pernah hadir berkumpul di rumah H. Sama’an. “Saya bertugas mengumpulkan foto copy KTP warga yang dating, sedangkan H. Sama’an sebagai kordinator warga yang mengajukan gugatan serta menyampaikan para ahli waris agar datang ke kantor Notaris untuk membuat surat kuasa,” ungkap Saksi.

Berita Foto : Panglima TNI Hadiri Acara Halal Bihalal dan Silaturahmi
PBNU

By On April 29, 2024

(Puspen TNI). Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara Halal Bihalal dan Silahturahmi Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU), bertempat di Kantor Pusat PBNU Jl. Kramat Raya No. 164 Jakarta Pusat, Minggu (28/4/2024).

Turut hadiri pada acara tersebut diantaranya Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto,  Gibran Rakabuming Raka, Ketua Umum  PBNU KH Yahya Cholil Staquf,  Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menkominfo Budi Arie Setiadi, Menteri Investasi RI Bahlil Lahadalia, Menteri PPN RI/Bappenas Suharso Monoarfa, Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo dan juga para Duta Besar Negara Sahabat seperti Dubes Saudi Arabia, Palestina, Maroko, India, Mesir, Yordania,  Uni Eropa, Inggris, Malaysia, Singapura dan Brazil.

Satgas Indo RDB XXXIX-F/MONUSCO Tiba DI Bunia

By On April 27, 2024

(Puspen TNI) Komandan Satgas Indo RDB XXXIX-E/MONUSCO Kolonel Inf Made Sandy Agusto sambut kedatangan Satgas Indo RDB XXXIX-F/MONUSCO Dpp Kolonel Inf Imir Faishal, S.Sos.M.I.Pol., Bunia, Republik Demokratik Kongo, Kamis (25/04/2024).

Kegiatan pemyambutan Satgas Indo RDB XXXIX-F/MONUSCO dimulai dengan persembahan tarian Langga, kemudian dilanjutkan dengan pengarahan singkat oleh Komandan Satgas Indo RDB XXXIX-E dan XXXIX-F.

Sebagai penutup, personel Satgas Indo RDB XXXIX-E/MONUSCO mengajak seluruh personel Satgas Indo RDB XXXIX-F/MONUSCO untuk menari tarian Tobelo sebagai wujud ungkapan rasa syukur dan gembira atas kedatangan personel Satgas baru yang akan meneruskan perjuangan Kontingen Garuda dalam melaksanakan misi perdamaian di negara Demokratik Republik Kongo.

Penyambutan Satgas MONUSCO Kongo XX-U Kontingen Garuda DI Bumi
Nusantara Camp Mavivi

By On April 27, 2024

(Puspen TNI) 55 orang tim aju chalk 1 dibawah Pimpinan Dansatgas Kizi MONUSCO KONGO XX-U Kontingen Garuda Letnan Kolonel Czi Dili Eko Setyawan, S.Ak,M.Han, secara resmi tiba dibandara Beni – Mavivi dan diterima oleh Dansatgas Kizi Monusco Kongo XX-T  Kontingen Garuda Letnan Kolonel Czi Khaidir Ilham, S.H bertempat di Bumi Nusantara Camp Mavivi DRC (Demokratik Republik Congo). Kamis 25/04/2024

Rangkaian kegiatan dimulai dengan satgas baru berjalan kaki mengelilingi Camp Mavivi sebelum masuk kedalam Bumi Nusantara Camp. Sampai di Bumi Nusantara Camp Dansatgas Kizi Monusco Kongo XX-U memberikan penghormatan terpimpin kepada satgas lama kemudian seluruh anggota satgas baru masuk ke Bumi Nusantara Camp dengan langkah tegap terpimpin dan disambut oleh anggota satgas lama.

Usai melaksanakan kegiatan serah terima, acara dilanjutkan dengan sesi foto Bersama anggota Satgas baru dan Satgas lama di Monument Garuda.

Berita Foto: Kasum TNI Hadiri Peringatan ANZAC Day

By On April 27, 2024

(Puspen TNI). Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen TNI Bambang Ismawan, S.E., M.M., menghadiri peringatan hari Australia New Zealand Army Corps (ANZAC), bertempat di West Java Ballrom, Hotel Westin, Jakarta, Jumat (26/4/2024).

Hari Anzac adalah hari nasional di Australia dan Selandia Baru untuk memperingati semua warga Australia dan Selandia Baru yang telah bertugas dan gugur dalam seluruh peperangan, konflik dan operasi penjaga perdamaian dan kontribusi juga penderitaan dari mereka yang telah bertugas.

Tinggalkan Tanah Air, Kontingen Garuda (Konga) Monusco 2024 Berangkat
Menjaga Perdamaian di Republik Demokratik Kongo

By On April 26, 2024

(Puspen TNI) Komandan PMPP TNI yang diwakili Wadan PMPP TNI Brigjen TNI Dody Muhtar Taufik, S.E., M.Si., melepas 220 prajurit chalk I Kontingen Garuda (Konga) Monusco untuk melaksanakan Operasi Pemelihara Perdamaian Dunia (OPPD) di Terminal Cargo Kemhan, Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Jakarta (23/4/2024)

Sebanyak 220 Prajurit Kontingen Garuda (Konga) ini akan ditempatkan di 8 Area Of Responsibility (AOR) yang terdiri dari kota Bunia, Goma, Tchabi, Komanda, Bogoro, dan Mavivi. Setibanya di Kongo, Kontingen Garuda Monusco ini akan melaksanakan Hand Over Take Over (HOTO) dengan Kontingen Garuda Monusco sebelumnya yang sejak bulan April 2023 telah berhasil dalam menjaga perdamaian di Republik Demokratik Kongo.

Pelaksanaan rotasi tugas Kontingen Garuda (Konga) Monusco akan dilaksanakan pertanggal 23 April s.d 7 Mei 2024 sehingga diharapkan seluruh personel benar benar melaksanakan serah terima personel, materiil, serta tugas dan tanggung jawab dengan mendetail demi kelancaran pelaksanaan tugas selama satu tahun kedepan.

Gala Dinner, Indo Eng Coy Undang seluruh Dankontingen Satgas Minusca
Halal bilhalal

By On April 25, 2024

(Puspen TNI) Masih dalam suasana perayaan Idul Fitri 1445 H/2024 M, Satgas Kizi TNI Konga XXXVII-J Minusca Car gelar acara Halal bilhalal dan Gala Dinner guna menjalin silaturahmi serta memperkuat hubungan baik dengan seluruh Komandan Kontingen beserta Staf Minusca yang dilaksanakan di lapangan Garuda Indo Eng Coy Camp. Bangui, Selasa (23/04/24).

Acara dibuka oleh sambutan Dansatgas Kizi TNI Konga XXXVII-J Minusca Car Letkol Czi Ibnu Muntaha, M.Han dan pemutaran video profil TNI dilanjutkan dengan tarian nusantara dari personel Satgas yang mengenakan berbagai macam baju adat daerah guna mempromosikan beragam budaya Indonesia di mata dunia, kemudian tari komando juga membuat decak kagum seluruh tamu undangan.

Force Chief of Staff yang mewakili Force Commander of Minusca berkesempatan untuk memberikan sambutan dalam acara tersebut, dalam sambutan beliau menyampaikan bahwa di momen Idul Fitri ini selain memohon maaf beliau juga mendoakan kita termasuk keluarga yang ada di Indonesia, berikutnya beliau juga mengatakan bahwa sejauh ini Indonesia menunjukkan kinerja yang sangat baik dan profesional dengan tidak adanya pelanggaran, ini merupakan bukti keberhasilan Dansatgas sebagai Pemimpin dan beliau juga menyampaikan bahwa Dansatgas Kizi TNI Konga XXXVII-J sangat hebat dalam membentuk organisasi untuk menyelenggarakan acara yang meriah ini dengan mempertemukan seluruh Dankontingen Satgas di Minusca.

Kegiatan diakhiri dengan makan malam bersama dimana telah disiapkan menu makanan khas Indonesia yang juga bertujuan untuk memperkenalkan hidangan tersebut kepada para tamu undangan sembari diiringi musik dari pemain Band dilanjutkan tari “Gemu Famire” untuk mengajak seluruh tamu undangan  menari bersama mengakhiri acara gala dinner Indo Eng Coy.

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas
Bengkulu

By On April 25, 2024

Bengkulu, 25 April 2024 (Bakamla RI/Indonesia Coast Guard) — Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., berkunjung ke Provinsi Bengkulu dalam rangka mengisi Orasi Ilmiah Dies Natalis Universitas Bengkulu ke-42. Kegiatan berlangsung di Gedung Serba Guna, Kec. Muara Bangka Hulu, Bengkulu, pada Kamis (25/04/2024).

Kegiatan ini dihadiri secara daring dan luring oleh ribuan mahasiswa dari berbagai Fakultas di Universitas Bengkulu. Dalam orasi ilmiah ini Kepala Bakamla RI memberikan paparan tentang peran Bakamla RI selaku Indonesian Coast Guard dalam Mendukung Tata Kelola Pemanfaatan Kekayaan Laut Indonesia untuk Pembangunan dan Kemakmuran Nasional Berbasis Sustainable Ocean Economy.

Dalam paparannya, Kepala Bakamla RI menyampaikan secara umum situasi keamanan maritim nasional berada dalam situasi yang kondusif, hanya saja ada beberapa isu keamanan maritim dan perkembangan lingkungan strategis di kawasan yang tetap harus diwaspadai. “Peningkatan peran Bakamla RI selaku Indonesian Coast Guard perlu untuk segera diwujudkan sebagai penyelenggara keamanan keselamatan dan penegakkan hukum di wilayah perairan dan yurisdiksi Indonesia”, ujar Laksdya TNI Dr. Irvansyah.

Tak lupa, Kepala Bakamla RI mengucapkan Selamat Ulang Tahun Ke-42 Universitas Bengkulu, “Semoga Universitas Bengkulu semakin Unggul, Berbudaya dan Berdaya Saing Internasional untuk Indonesia”, ungkapnya. Diakhir paparan, Kepala Bakamla RI juga berpesan kepada mahasiswa, terutrama Putra/i Bengkulu agar selalu semangat dalam meraih cita-cita, dan terus belajar dan berusaha sehingga dapat memberikan manfaat kepada masyarakat, khususnya Bengkulu.

Pada kesempatan itu, Kepala Bakamla RI juga menandatangani Nota Kesepahaman Kerjasama dengan Universitas Bengkulu dalam bidang pendidikan, bidang penelitian, dan bidang pengabdian kepada masyarakat. (Humas Bakamla RI).

Panglima TNI Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

By On April 25, 2024

(Puspen TNI). Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara Silaturrahim Halal Bihalal 1445 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah berlangsung di Gedung Cendekia Lantai dasar, auditorium KH. A. Azhar Basyir, M.A., Universitas Muhammaiyah Jakarta (UMJ),  Jalan  KH. Ahmad Dahlan, Cirendeun, Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (24/4/2024).

Dalam sambutannya Ketum PP Muhammadiyah Prof. Dr. Haedar Nashir, M.Si., mengatakan “Silaturrahmi bukan sekedar menyambung yang telah biasa kita sambung, tetapi menyambung yang mungkin sempat terputus, dan kami atas nama PP Muhammadiyah menyampaikan Taqobballah minal wa minkum, sekaligus juga Mohon maaf lahir dan bathin atas salah dan khilaf,” ujar Haedar.

Panglima TNI berkesempatan memberikan sambutannya mengatakan, “Saya selaku Pimpinan TNI mengucapkan Selamat Hari Raya idul fitri 1445 H, mohon maaf lahir batin kepada seluruh keluarga besar Muhammadiyah dan para hadirin yang hadir saat ini. Apabila semua elemen masyarakat melaksanakan silaturrahmi baik itu TNI-POLRI,  Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan semua elemen masyarakat bersatu mengangkat persatuan dan kesatuan bangsa ini, supaya bisa terjaga dengan baik, menuju kemakmuran, aman dan sejahtera,” pungkas Panglima TNI. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, K. H Hidayat Nur Wahid (MPR), Prof.Dr.Ma’mun Murod, M.Si., (Rektor UMJ), Dr. Apt. Hj. Salmah Orbayinah, M.Kes (PP. Aisyiyah), Duta besar Negara-negara sahabat dari Belanda, Ukraina, Saudi Arabia, Mesir, Sudan, Kenya, Maroko, Malaysia, Pimpinan Wilayah dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah se Jabodetabek, Keluarga besar PP Muhammadiyah, dan Mitra Muhammadiyah lainnya.

Panglima TNI Hadiri Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI Tahun 2024

By On April 24, 2024

(Puspen TNI). Kesehatan TNI harus menjadi besar tangguh dan mandiri, baik dari segi sumber daya manusia, sarana dan prasarana maupun sistem metodanya sehingga dapat menghasilkan kinerja yang optimal dalam mendukung tugas pokok TNI menuju Indonesia maju.

Demikian disampaikan oleh Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dalam sambutannya saat menghadiri Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Kesehatan TNI 2024 bertempat di Aula Gatot Soebroro Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (24/4/2024). 

Kegiatan yang juga dihadiri oleh Menteri Kesehatan RI Ir. Budi Gunadi Sadikin, S.Si., CHFC, CLU dan 97 pejabat kesehatan di lingkungan TNI dan angkatan serta 1.020 orang peserta melalui Video Conference mengangkat Tema “Sinergisitas Kesehatan TNI Siap Mewujudkan TNI Prima menuju Indonesia Maju”.

Panglima TNI mengatakan, tugas TNI dalam situasi damai salah satunya adalah penanggulangan bencana. “Peran kesehatan TNI sangat dibutuhkan dalam pelayanan kesehatan pada penanggulangan bencana baik tahap kesiap siagaan, ketanggapan daruratan pasca benacana serta tahap pemulihan,” ujarnya.

Sementara itu, Menkes RI Ir. Budi Gunadi Sadikin, S.Si., CHFC., CLU., dalam kesempatan yang sama mengatakan peran kesehatan TNI dalam membantu pemerintah telah terbukti dalam mananggulangi dampak Covid-19 beberapa tahun lalu. Kedepan Menkes RI berharap, Kesehatan TNI mampu besinergi dengan instansi terkait dalam hal tenaga cadangan kesehatan secara nasional yang bisa digerakkan secara cepat setiap saat dalam situasi apapun, serta memperkuat sistem pertahanan kesehatan semesata untuk bangsa Indonesia.

Komandan Satgas Indo RDB Lepas 250 Anak Buahnya Kembali Ke Tanah Air

By On April 24, 2024

(Puspen TNI) Komandan Satgas Indo RDB XXXIX-E/MONUSCO Kolonel Inf Made Sandy Agusto hadir di Bandara Bunia, melepas keberangkatan Chalk 1 Satgas Indo RDB XXXIX-E/MONUSCO yang akan terbang menuju Transit Camp Goma dalam rangka pelaksanaan rotasi kontingen Indonesia, Bunia, Republik Demokratik Kongo, Senin (22/04/2024).

Chalk 1 yang terdiri dari 250 personel Satgas Indo RDB XXXIX-E/MONUSCO dibagi menjadi 3 kali sorti penerbangan Bunia-Goma. Penerbangan chalk 1 berjalan dengan lancar atas kedisiplinan seluruh personel Satgas Indo RDB XXXIX-E/MONUSCO dalam mentaati peraturan yang telah ditetapkan oleh pihak MONUSCO maupun peraturan yang ada dalam bandara setempat.

Chief Service Delivery Kunjungi Satgas Indo RDB XXXIX-E /MONUSCO

By On April 24, 2024

(Puspen TNI) Kedatangan Chief Service Delivery Mr. Amadu Fuseini Timbilla beserta tim di sambut oleh Wakil Komandan Satgas Indo RDB XXXIX-E/MONUSCO Letkol Inf Ambariyantomo, S.Hub.INT. beserta para perwira staf, Bunia, Republik Demokratik Kongo, Senin (22/04/2024).

Kunjungan ini bertujuan untuk memeriksa kondisi logistik serta akomodasi yang dimiliki oleh masing-masing kontingen di seluruh wilayah Northern Sector MONUSCO. Selain itu, kunjungan ini juga bertujuan untuk menilai kemampuan manajemen dalam mengatur logistik yang telah didistribusikan oleh pihak MONUSCO kepada setiap kontingen.

Kelayakan akomodasi di setiap kontingen, dinilai sangat perlu diperhatikan guna menjaga moril setiap prajurit yang sedang mengemban misi perdamaian. Hal tersebut yang mendasari pemeriksaan kondisi logistik oleh Chief Service Delivery beserta tim.

Panglima TNI Terima Kunjungan Komandan Jenderal Angkatan Darat AS
Wilayah Pasifik

By On April 24, 2024

(Puspen TNI). Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima kunjungan kehormatan Commanding General United States Army Pacific atau Komandan Jenderal Angkatan Darat Amerikat Serikat (AS) untuk wilayah Pasifik, Jenderal Charles A. Flynn di Kantor Subden Merdeka Barat Markas Besar Tentara Nasional Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa (23/4/2024).

Kedatangan Jenderal Charles A. Flynn disambut dengan jajar kehormatan Pasukan dilanjutkan dengan Courtesy Call yang membahas kerjasama hubungan militer multilateral  yang positif di level military-to-military antar negara indo-pasifik.

Dalam kunjungannya, Panglima TNI berharap dapat terus meningkatkan kerja sama pertahanan antara TNI dan US Army di berbagai sektor, baik itu melalui latihan bersama maupun berbagai kegiatan lain, di samping mempererat kerja sama dalam rangka meningkatkan mutual trust dan menghindari ketegangan antar negara-negara di kawasan.

Kasum TNI Pimpin Acara Laporan Korps Kenaikan Pangkat 19 Perwira Tinggi
TNI

By On April 23, 2024

Kenaikan pangkat 19 Pati TNI tersebut berdasarkan surat perintah Panglima TNI Nomor Sprin/621/IV/2024 tanggal 19 April 2024 dengan rincian 15 Pati TNI AD, 3 (tiga) Pati TNI AL dan 1 (satu) Pati TNI AU.

15 Pati TNI AD yaitu Letjen TNI Yudi Abrimantyo, S.I.P., M.Sc. (Kabais TNI), Mayjen TNI Ade Kurnianto (Staf Ahli Menhan Bid. Sosial), Mayjen TNI Anton Yuliantoro, S.I.P., M.Tr.(Han) (Pangdivif 2 Kostrad), Mayjen TNI R. D. Epi Setiadi (Kapuspalad), Mayjen TNI Bangun Nawoko (Pangdivif 3 Kostrad), Mayjen TNI Kosasih, S.E. (Staf Ahli Menhan Bid. Keamanan), Mayjen TNI Rio Firdianto, S.H. (Pa Sahli Tk. III Bid. Wassus dan LH Panglima TNI), Mayjen TNI Putranto Gatot Sri Handoyo, S.Sos., M.M. (Danpussenarmed), Brigjen TNI Zunan Muchdlori, S.I.P. (Pa Sahli Tk. II Komsos Panglima TNI), Brigjen TNI Albert A. S. Simanjuntak, S.I.P. (Pa Sahli Tk. II Kasad Bid. LH), Brigjen TNI Tato Hadiyan, S.I.P. (Waasrena Kasad Bid. Ren), Brigjen TNI Abdul Rahman Said (Dirdik Seskoad), Brigjen TNI lwan Setiawan, S.I.P., M.Han. (Waaspers Kasad Bid. Binpers), Brigjen TNI Moch. Erwansjah, S.I.P., M.Hum. (Dirjian Kodiklatad) dan Brigjen TNI Mohammad Andhy Kusuma, S.Sos., M.M., M.Han. (Kapusada TNI).

3 (tiga) Pati TNI AL yaitu Laksdya TNI Dr. T.S.N.B. Hutabarat, M.M.S. (Sesjen Wantannas), Laksda TNI Fauzi, S.E., M.M., M.Han. (Danseskoal) dan Laksma TNI Akhmad Tarmizi, S.T., M.A.P., M.M. (Pa Sahli Tk. II Siber Sahli Bid. Intekmil dan Siber Panglima TNI).

1 (satu) Pati TNI AU yaitu Marsda TNI Dr. Yuwono Agung Nugroho, S.H., M.H. (Dirjen Badilmiltun Mahkamah Agung).

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat dari Kasum TNI Letjen TNI Bambang Ismawan kepada Pati yang naik pangkat, diikuti oleh para tamu undangan.

Irjen TNI Lepas Satgas KONGA TNI MONUSCO 2024

By On April 22, 2024

(Puspen TNI). Inspektur Jenderal (Irjen) TNI Laksdya TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han)., M.Tr. Opsla., mewakili Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto melepas Satgas Kontingen Garuda TNI (Mission de l’Organisation des Nations Unies pour la stabilisation en République démocratique du Congo (MONUSCO) TA 2024 guna melaksanakan misi perdamaian di bawah bendera PBB, bertempat di Plaza Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (22/04/2024). 

Dalam amanat yang dibacakan oleh Irjen TNI, Panglima TNI mengungkapkan bahwa berbagai prestasi dan keberhasilan telah diraih oleh Kontingen Garuda sebelumnya. “Hal ini dapat dijadikan acuan untuk keberhasilan kalian dalam melaksanakan tugas,” pesan Panglima TNI.

Perlu diketahui, dua Satgas yang akan mengemban tugas operasi pemeliharaan dunia di Republik Demokratik Kongo, yaitu Satgas BGC TNI Kontingen Garuda 39-F MONUSCO TA 2024, yang berasal dari Yonif 406/Candra Kusuma sebagai main body dengan kekuatan 850 orang, dan Satgas Kizi TNI Kontingen Garuda 20-U MONUSCO TΑ 2024, yang berasal dari Yonzipur 3/Yudha Wyogra sebagai main body, dengan kekuatan 175 orang. Kedua Satgas ini dipimpin oleh Komandan Kontingen Kolonel Inf Imir Faishal, S.Sos., M.I.Pol.

Panglima TNI Pimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU

By On April 22, 2024

(Puspen TNI). Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU, bertempat di Lapangan Dirgantara Akademi Angkatan Udara Yogyakarta, Jawa Tengah, Senin (22/4/2024). 

Panglima TNI dalam amanatnya mengucapkan selamat ulang tahun dan memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Prajurit dan PNS TNI AU, Saya ucapkan selamat ulang tahun yang ke-78 TNI AU, saya juga mengapresiasi dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh prajurit TNI AU atas profesionalitas, dedikasi dan militansi dalam setiap pelaksanaan tugas. Saya bersyukur dan bangga terhadap capaian Prajurit TNI AU yang telah berhasil melaksanakan misi bantuan kemanusiaan ke Palestina baru-baru ini,” ujarnya. 

Lebih lanjut Panglima TNI mengatakan bahwa keberhasilan kemampuan diplomasi kemanusiaan khususnya TNI di kancah internasional merupakan salah satu wujud kemampuan TNI dalam interprobabilitas dengan militer negara lain.

Mengakhiri amanatnya, Panglima TNI memberikan beberapa penekanan yaitu:  Pertama, bekerjalah dengan niat ibadah loyal, tulus dan ikhlas; Kedua, wujudkan TNI yang PRIMA dan TNI AU yang AMPUH (Adaptip, Modern, Profesional, Unggul dan Humanis); Ketiga, pertahankan tingkat kesiapan operasi dari kemampuan pemeliharaan seluruh Alutsista dengan tetap  mengedepankan budaya safety. 

Keempat, lakukan terobosan-terobosan  yang inovatif dan kreatif dan sesuai dengan marwah TNI Angkatan Udara yang syarat  dengan ilmu pengetahuan dan teknologi;  Kelima, pupuk dan perteguh komitmen sinergitas  dan soliditas TNI dengan Polri serta Kementerian/Lembaga lain dengan berbasis Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI.

Satgas Kizi TNI Konga XXXVII-J Minusca Car Terima Courtesy Call dari
Komandan Kontingen Cambodian EOD

By On April 20, 2024

(Puspen TNI) Dalam rangka mempererat silaturahmi antar kontingen Satgas di Minusca, Dansatgas Kizi TNI Konga XXXVII-J Minusca Car Letkol Czi Ibnu Muntaha, M.Han menerima Courtesy Call Komandan Kontingen Cambodian EOD yang bertempat di Indo Eng Coy Camp. Bangui, Jum’at (19/04/2024).

Dalam kunjungan ini, Komandan Kontingen Cambodian EOD Col. Sous Naroeun didampingi oleh perwira stafnya disambut langsung oleh Dansatgas Kizi TNI Konga XXXVII-J Minusca Car yang mana merupakan anjangsana untuk menjalin hubungan baik antar sesama kontingen dikarenakan baru saja melaksanakan rotasi.

Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan dapat membangun kerjasama dan silaturahmi yang baik dalam pelaksanaan tugas misi memelihara serta menjaga perdamaian di Republik Afrika Tengah seperti hubungan yang sudah terjalin baik dengan kontingen sebelumnya.

Mengakhiri kunjungan, Dansatgas Kizi TNI Konga XXXVII-J Minusca Car saling bertukar cindera mata dan dilanjutkan dengan foto bersama di depan monumen patung Garuda Indo Eng Coy Camp.

Satgas PBB TNI Beri Bantuan Kemanusiaan Di Sudan Selatan

By On April 20, 2024

(Puspen TNI). Personel Kontingen Garuda TNI yang tergabung dalam Satgas Military Observers (Milobs) United Nations Mission In South Sudan (UNMISS) memberikan bantuan kemanusiaan berupa bahan makanan untuk warga, bertempat di desa Pigor, Sudan Selatan (19/4/2024).

Dalam keterangan tertulis yang disampaikan Mayor Laut (P) Arie Wibowo , S.H., CBEI., selaku personel Milobs yang bertugas di South Sudan (BOR Jonglei State), kegiatan ini merupakan upaya untuk membangun kepercayaan masyarakat terhadap keberadaan Satgas PBB di Sudan Selatan.

Menurutnya, pendistribusian bahan makanan ini diberikan kepada 20.000 masyarakat desa Pibor dan diharapkan akan sedikit membantu warga yang notabene tengah dilanda konflik perang saudara.

“Kegiatan yang dilaksanakan oleh Milobs dari Indonesia ini merupakan upaya untuk pencapaian Mandat UNMISS, yakni menambah kepercayaan UNMISS terhadap Indonesia dalam mengaplikasikan mandat UN yaitu Protection Of Civilians,” terangnya.

Panglima TNI Hadiri Rakor KTT WWF Di Bali

By On April 20, 2024

(Puspen TNI). Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri Rapat Koordinasi Panitia Nasional terkait kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) World Water Forum (WWF) ke-10, bertempat di Bali Internasional Convention Center (BICC), Sabtu (20/4/2024).

Dalam rapat yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan ini, Panglima TNI memaparkan kesiapan TNI dalam melaksanakan Pengamanan Tamu VVIP  setingkat Kepala Negara yang akan menghadiri KTT WWF ke-10 yang rencananya akan diselenggarakan di Nusa Dua Bali Mei mendatang.

Koops Habema Lumpuhkan Anggota OPM yang Serang Pos Paro

By On April 20, 2024

(Puspen TNI). Pasukan TNI dari Koops Habema berhasil melumpuhkan dan menyita barang bukti milik OPM di Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan, Jumat (19/4/2024). 

Organisasi Papua Merdeka (OPM), khususnya Kodap III/Ndugama pimpinan Egianus Kogoya, telah beberapa kali berusaha menyerang Pos TNI di Kampung Paro, Distrik Kenyam, Kab. Nduga, Prov. Papua Pegunungan sejak awal 2024. Penyerangan OPM tersebut dilancarkan seiring dengan niat OPM mengganggu keamanan wilayah Papua. Menyikapi penyerangan OPM tersebut, Komando Operasi TNI (Koops TNI) Habema melaksanakan penindakan terhadap OPM, dan berhasil melumpuhkan  OPM di wilayah Paro. 

Kepala penerangan Koops Habema Letkol Arh Yogi Nugroho mengatakan beberapa hasil diraih Koops  Habema dalam menindak OPM di Paro, antara lain dua orang anggota OPM tertembak namun berhasil melarikan diri, Koops Habema berhasil mendapatkan satu pucuk pistol FN beserta magasen, sebuah magasen senapan SS-2, 27 butir munisi 5.56 mm, sebuah bendera Bintang Kejora OPM, sebuah busur dan beberapa anak panah tradisional, sebuah parang, serta sebuah Noken. “Keberhasilan Prajurit TNI melumpuhkan kekuatan OPM di Paro merupakan bagian dari upaya untuk menjaga stabilitas keamanan demi lancarnya proses percepatan pembangunan di Papua,” ucap Kapen Koops Habema 

Di tempat terpisah,  Kapuspen TNI Mayjen TNI Nugraha Gumilar membenarkan kejadian tersebut, “Ya benar, Koops Habema berhasil menembak OPM yang sudah sering menyerang pos-pos TNI dan berhasil mendapatkan senjata api, panah dan barang lainnya milik OPM,” ungkapnya.

Berita Foto : Panglima TNI Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam
Bahas Situasi di Papua dan Permasalahan Tanah di Sumsel

By On April 19, 2024

(Puspen TNI). Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri Rapat Koordinasi  membahas perkembangan situasi di Papua dan Rapat Koordinasi membahas penyelesaian masalah lahan antara Pemda Sumatera Selatan dan TNI AU yang dipimpin Menkopolhukam RI Hadi Tjahjanto, bertempat di Ruang Rapat Bima Gedung Utama Kemenkopolhukam, Jl. Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (19/4/2024).

Turut hadir dalam Rakor pembahasan perkembangan situasi di Papua diantaranya, Menkominfo Budi Arie Setiadi, Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, Sesmenko Polhukam Letjen TNI Teguh Pudji Rumekso, Wamendagri Jhon Wempi Wetipo, Wamenhan M. Herindra, Waka BIN Letjen TNI I Nyoman Cantiasa, Kabais TNI Mayjen TNI Yudi Abrimantyo dan Kabaintelkam Polri Komjen Pol. Drs. Suntana, M.Si.

Dan hadir dalam Rakor Pembahasan Permasalahan Tanah antara TNI AU dan Pemda Sumsel diantaranya Kasau Marsekal TNI M. Tonny Harjono, Sekjen Kemhan Marsdya TNI Donny Ermawan Taufanto, Gubernur  Sumsel H. A. Fatoni, Aslog Panglima TNI Mayjen TNI Jamallulael, Kababinkum TNI Laksda TNI Kresno Buntoro dan Aslog Kasau Marsda TNI Age Wiraksono

Satgas Kizi TNI Konga XXVII-J Minusca Car Bantu Proses Maintenance
Helikopter Pakistan Aviation

By On April 19, 2024

(Puspen TNI) Perbantuan dukungan alat berat zeni yang dimiliki oleh Satgas Kizi TNI Konga XXXVII-J Minusca Car pada proses maintenance Hellicopter kontingen Pakistan Aviation di di FACA Military Base, Mpoko Airport. Bangui, Kamis (18/04/2024).

Selain berkompeten dalam kontruksi dan bangunan personel Satgas Kizi TNI Konga XXXVII-J Minusca Car juga mempunyai keahlian dalam mengoperasionalkan alat berat zeni yang ditunjukan dengan adanya permintaan bantuan dukungan personel beserta alat berat jenis crane dan forklitf dari kontingen Pakistan Aviation kepada Indo Eng Coy dalam proses kegiatan maintenance Hellicopter.

Beberapa personel dan operator alat berat dibawah pimpinan Kapten Mar Engga Fasha selaku Danton Pleton Bantuan Satgas Kizi TNI Konga XXXVII-J Minusca Car bekerja dengan profesional dan hati – hati mengingat material yang dipindahkan maupun alat yang digunakan sangat membutuhkan tingkat ketelitian dan memiliki resiko yang cukup tinggi.

Adapun pemindahan material Hellicopter yang membutuhkan bantuan alat berat berupa crane yakni (Hellicopter Engine Exhaust) milik Kontingen Pakistan Aviation yang telah memasuki periode waktu untuk dilaksanakan proses maintenance dalam rangka kesiapan operasional.

Dansatgas Kizi TNI Konga XXXVII-J Minusca Car Letkol Czi Ibnu Muntaha, M.han menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama antar kontingen dengan saling mendukung dalam tugas pada misi pemeliharaan perdamaian di Republik Afrika Tengah.

“Tetap jaga faktor keamanan dan keselamatan baik personel dan material yang bekerja, laksanakan dukungan bantuan semaksimal mungkin segera laporkan apabila terdapat kendala dalam pelaksanaan” tambahnya.

Pelaku Pemalsu Plat Dinas TNI Ditangkap

By On April 18, 2024

(Puspen TNI). Pelaku pemalsu plat dinas TNI yang viral beberapa waktu lalu telah ditangkap, upaya yang dilakukan oleh Puspom TNI bekerja sama dengan Ditreskrimum Polda Metro Jaya membuahkan hasil, pelaku yang berinisial PWGA ditangkap pada Selasa (16/4/2024) ketika bersembunyi kediaman kakaknya di daerah Pondok Kelapa, Jakarta Timur. 

Setelah dilakukan pemeriksaan oleh penyidik dari Kepolisian dan Puspom TNI, pelaku dipastikan merupakan seorang pengusaha (bukan seorang anggota TNI). Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen TNI Dr. Nugraha Gumilar, M.Sc mengatakan bahwa pelaku telah diperiksa oleh pihak penyidik Polda Metro Jaya. “Iya benar (sudah ditangkap), selanjutnya pelaku akan mempertanggungjawabkan perbuatannya tersebut dengan menjalani proses hukum di Polda Metro Jaya, dan hari ini (18/4/2024) sudah dilaksanakan Press Conference dengan menghadirkan tersangka dan barang bukti,” kata Kapuspen TNI.

Kapuspen TNI mengungkapkan terkait motif pelaku selama ini. “Adapun motif yang bersangkutan memalsukan plat dinas TNI Noreg 84337-00 tersebut semata-mata untuk menghindari peraturan lalu lintas ganjil genap di wilayah Jakarta,” ucapnya.

Saat ini pelaku menjalani pemeriksaan dan diancam pasal 263 KUHP tentang tindak pidana pemalsuan  dengan ancaman pidana kurungan selama 6 tahun.  Kapuspen TNI menghimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan tindakan pidana pemalsuan plat nomor dinas TNI. “Ancaman tindak pidana bagi pengguna plat dinas TNI palsu jelas, yaitu pasal 263 KUHP tentang pemalsuan surat,  kurungan selama 6 tahun,” pungkasnya.

Ketum IKKT Pimpin Serah Terima Jabatan Ketua IKKT PWA Cabang BS XII
Kogabwilhan II

By On April 18, 2024

(Puspen TNI). Ketua Umum (Ketum) Ikatan Kesejahteraan Keluarga TNI (IKKT) Pragati Wira Anggini (PWA) Ny. Evi Agus Subiyanto memimpin acara penyerahan tugas dan tanggung jawab Jabatan Ketua IKKT PWA Cabang BS XII Kogabwilhan II dari Ny. Isa M. Tonny kepada Ketum IKKT, bertempat di Ruang Transit Gedung Soedirman Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (18/4/2024).

Penyerahan tugas dan tanggung jawab Jabatan Ketua IKKT PWA Cabang BS XII Kogabwilhan II tersebut berdasarkan Surat Keputusan Ketum IKKT PWA Nomor Skep/26/IV/2024 tanggal 17 April 2024.

Dalam kesempatan yang sama juga dilaksanakan Reorganisasi Pengurus IKKT Pusat diantaranya Ketua Seksi Organisasi dari Ny. Dewi Djaka Budhi Utama kepada Ny. Alin Gabriel Lema, Urusan Komunikasi Sosial dari Ny. Desak Putra Widiastawa kepada Ny. Tanti Irawan, Ketua Seksi Kebudayaan dari  Ny. Alin Gabriel Lema kepada Ny. Wenny Edwin, Ketua Seksi Sosial dari Ny. Wenny Edwin kepada Ny. Dewi Djaka Budhi Utama dan Sekretaris Umum dari Ny. Ida Arif Widianto kepada Ny. Erwin Rahmawati Syafi’i.

Sementara itu ditempat terpisah ketum IKKT PWA Ny. Evi Agus Subiyanto menyerahkan Tugas  dan Tanggung Jawab Jabatan Ketua IKKT PWA Cabang BS XII Kogabwilhan II kepada Ny. Sondang M. Khairil Lubis berdasarkan Surat Keputusan Ketum IKKT PWA Nomor Skep/26/IV/2024 tanggal 17 April 2024.

Panglima TNI Terima Audensi Ketua Komnas HAM

By On April 18, 2024

(Puspen TNI). Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima Audiensi Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro yang didampingi Komisioner/Koordinator Bidang Penegakan HAM Uli Parulian Sihombing, Komisioner Pendidikan dan Penyuluhan Putu Elvina, Sekretaris Jenderal Henry Silka Innah, Kepala Biro Penegakan HAM Imelda Saragih, Kepala Biro Hukum, Humas dan Kerja sama Gatot Ristanto, Sekretaris Tim Pengamatan Situasi di Papua Endang Sri Melani, bertempat di Ruang Rapat Paripurna Mabes TNI, Cilangkap Jakarta Timur, Kamis (18/4/2024).

Audiensi ini sekaligus halal bihalal Ketua Komnas HAM beserta rombongan kepada Jenderal TNI Agus Subiyanto selaku Panglima TNI yang baru setelah serah terima dari Laksamana TNI Yudo Margono.

Turut hadir mendampingi Panglima TNI pada Audiensi tersebut diantaranya, Kasum TNI, Irjen TNI, Pangkogabwilhan I, para Asisten Panglima TNI dan Kapuspen TNI.

Wanita TNI Gelar Ziarah diTMPNU Kalibata

By On April 18, 2024

(Puspen TNI). Dalam rangka menyambut Apel Bersama Wanita TNI Tahun 2024, Wanita TNI menggelar upacara Ziarah yang dipimpin oleh Kepala Pusat Psikologi (Kapuspsi) TNI Laksda TNI Dr. Wiwin Dwi Handayani, S.Psi., M.Si., Psi, bertempat di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (18/4/2024).

Kegiatan upacara Ziarah ini merupakan salah satu bentuk menghargai jasa-jasa para Pahlawan perempuan yang telah memperjuangkan bangsa ini, sehingga dapat menjadi inspirasi para Wanita TNI dalam melaksanakan tugas dan pengabdian kepada TNI, bangsa dan negara.

Setelah upacara, para rombongan melaksanakan tabur bunga ke Makam Ibu Johana Sumarti Nasution, Ibu Ainun Habibi, Ibu Ani Yudhoyono, Kolonel (K) Mulyati dan Letkol Laut (Purn) Bametje Tuegeh.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Psikologi TNI Angkatan Udara Marsma TNI Dra. Sri Hastuti Handayani, M.Si., Psi, beserta para Perwira Menengah dari matra darat, laut dan udara.

Panglima TNI Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab
3 Jabatan Strategis Mabes TNI

By On April 18, 2024

(Puspen TNI). Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin upacara Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II kepada Marsda TNI M. Khairil Lubis, Sertijab Dansesko TNI dari Marsdya TNI Samsul Rizal kepada Marsda TNI Arif Widianto, Aspers Panglima TNI dari Marsda TNI  Arif Widianto kepada Marsda TNI Mohammad Syafii serta Kapusdalops TNI dari Brigjen TNI Putra Widiastawa kepada Kolonel Inf Patar Mospa Sitorus, bertempat di Ruang Hening Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur,  Kamis (18/4/2024).

Dalam amanatnya Panglima TNI menyampaikan bahwa, pergantian kepemimpinan dalam suatu organisasi merupakan suatu hal yang biasa. Selain  untuk pengembangan karier bagi Perwira yang  bersangkutan, regenerasi dan kaderisasi kepemimpinan memiliki arti penting untuk penyegaran organisasi, peningkatan kinerja, serta perbaikan produktivitas. “Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi, kepada para Pejabat lama atas pelaksanaan tugasnya selama  mengemban amanah jabatan dan terima kasih serta penghargaan yang tulus kepada para istri Pejabat Lama yang telah mendampingi dan memberikan  dukungan penuh dalam pelaksanaan tugas suami, serta dalam membina IKKT Pragati Wira Anggini,” ujarnya.

Panglima TNI mengucapkan selamat bertugas kepada para Pejabat baru dan berpesan agar melaksanakan amanah jabatan  dengan sebaik-baiknya. “Lakukan inovasi dan terobosan-terobosan kreatif agar TNI yang PRIMA  dapat menjawab tantangan perkembangan jaman dengan cepat dan tepat,” tegasnya.

Diakhir sambutannya Panglima TNI juga mengucapkan selamat kepada para istri Pejabat baru. “Berikan dukungan penuh kepada suami dalam pelaksanaan tugasnya, serta bina IKKT Pragati Wira Anggini cabang masing-masing dengan sepenuh hati,” pungkasnya.

Panglima TNI : Hati-Hati dan Teliti Dalam Bertindak, Serta Selalu
Menjaga Kewaspadaan Dimanapun Berada

By On April 17, 2024

(Puspen TNI).  Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI) menggelar upacara bendera 17 April 2024, dengan Inspektur upacara Pa Sahli Tk. III Bidang Komsos Panglima TNI Mayjen TNI Rudy Rachmat Nugraha, S.I.P., M.Sc. yang diikuti oleh Prajurit dan PNS di lingkungan Mabes TNI, bertempat di Lapangan Gedung B3 Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (17/4/2024).

Dalam sambutannya Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto yang dibacakan oleh inspektur upacara, menyampaikan apresiasi dan rasa bangga atas semangat, dedikasi, loyalitas serta militansi dalam setiap pelaksanaan tugas TNI di seluruh penjuru NKRI, ditengah perkembangan lingkungan strategis global, regional maupun nasional yang dinamis dan kompleks.

Lebih lanjut Panglima TNI menyampaikan bahwa, dalam beberapa waktu belakangan ini adanya peristiwa terkait hukum yang melibatkan anggota TNI, musibah terbakarnya fasilitas milik TNI dan gugurnya prajurit-prajurit terbaik yang sedang melaksanakan tugas di Papua. “Untuk itu, kita semua harus selalu bersikap hati-hati dan teliti dalam bertindak, serta selalu menjaga kewaspadaan di manapun kita berada,” ujarnya.

Mengakhiri sambutannya, Panglima TNI memberikan beberapa penekanan yang harus dipedomani dalam setiap pelaksanaan tugas,  Pertama, tingkatkan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan YME, serta Pegang teguh Sumpah Prajurit, Sapta Marga, dan 8 Wajib TNI;  Kedua, tingkatkan kehati-hatian dan ketelitian dalam bertindak, serta selalu jaga kesiapsiagaan maupun kewaspadaan dalam pelaksanaan tugas;

“Ketiga, Selalu bijak dan cermat, serta jangan mudah terprovokasi dalam menyikapi informasi yang berkembang, terutama oleh berita-berita di media sosial yang belum terjamin kebenarannya; Keempat, netralitas TNI adalah komitmen yang harus dipegang teguh dan dijaga oleh seluruh anggota TNI; dan Kelima, seiring perkembangan lingkungan strategis yang dinamis, setiap Prajurit dan PNS TNI harus menjadi energi dan solusi bagi kinerja organisasi TNI, guna mewujudkan TNI yang Profesional, Responsif, Integratif, Modern dan Adaptif,” pungkasnya.

Panglima TNI Laksanakan Apel Khusus dan Halal Bihalal di Mabes TNI

By On April 16, 2024

(Puspen TNI) Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si., bersama para Pejabat utama Mabes TNI, dan segenap Prajurit serta PNS Mabes TNI, melaksanakan Apel Khusus dalam rangka Halal Bihalal 1445 H/ 2024 M, bertempat di Lapangan B3 Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (16/4/2024).

Kegiatan halal bihalal merupakan tradisi masyarakat Indonesia yang dilakukan sesudah hari lebaran baik di kalangan instansi pemerintah, perusahaan dan dunia pendidikan. Kegiatan ini tentu saja menjadi tradisi tahunan yang unik dan tetap dipertahankan serta dilestarikan. Ini adalah refleksi ajaran Islam yang menekankan sikap persaudaraan, persatuan, dan saling berbagi kasih sayang pasca lebaran.

Dalam sambutannya, Panglima TNI menyampaikan ucapan selamat hari raya Idul Fitri 1445 H, dan permohonan maaf lahir dan batin, Panglima TNI juga mengajak seluruh Prajurit dan PNS TNI  untuk memanfaatkan momentum bulan Ramadhan terutama pada malam kemulian yaitu malam Lailatul Qadar.  “Manfaatkan bulan Ramadhan dan malam Lailatul Qadar sebagai sarana agar doa-doa kita untuk keluarga dan anak-anak kita dikabulkan oleh Allah SWT,” ujarnya

Lebih lanjut Panglima TNI berpesan kepada seluruh Prajurit dan PNS TNI untuk mengimplementasikan kebaikan di bulan Ramadhan pada kehidupan sehari hari.  “Apa yang sudah dilakukan di bulan Ramadhan, kebaikan, sedekah, silaturahmi, kejujuran, keikhlasan, itu diwujudkan dalam kehidupan kalian sehari hari, setelah bulan Ramadhan ini tidak boleh lagi melakukan kegiatan-kegiatan yang negatif,” pungkasnya.

Panglima TNI Tinjau Arus Balik Lebaran 1445 H/2024

By On April 15, 2024

(Puspen TNI). Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto  bersama  Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meninjau pelaksanaan arus balik Lebaran 1445 H/2024 di GT Cikarang Utama KM 70, Senin (15/4/2024). 

Panglima TNI dan rombongan juga melaksanakan peninjauan situasi arus balik Lebaran melalui udara menggunakan helikopter untuk memastikan keamanan selama mudik lebaran ini, dimana puncak arus balik diprediksi terjadi Senin, 15 April 2024.

Turut hadir pada kegiatan tersebut diantaranya Pangdam III/Slw Mayjen TNI Mohammad Fadjar, M. PICT,  Kapolda Jabar Irjen Pol Drs. Akhmad Wiyagus S.Ik., M.Si., MM, Wakapolda Jabar Brigjen Pol. Bariza Sulfi, Danlanud Suryadarma Kolonel Pnb Heraldy Dumex Dharma, S.AP., Msi. dan Danrem 063/SGP Kolonel Inf Bayu Sudarmanto, SE.

Lebanese Coffee Sarana Pendekatan Kepada Masyarakat Dier Siriane
Lebanon Selatan

By On April 15, 2024

( Puspen TNI) Kegiatan ngobrol di warung kopi merupakan suatu hal yang mengasikkan, seperti halnya di Indonesia bahwa warung kopi merupakan tempat yang nyaman untuk saling bercerita dan bercengkrama. Satgas Yonmek TNI Konga XXIII-R Unifil dalam melaksanakan pendekatan kepada masyarakat lokal dengan melaksanakan kegiatan teritorialnya mengunjungi warung kopi dan berbelanja di kios-kios yang berada di AOR (Area of Responsibility) Indobat tepatnya di Dier Siriane Village Lebanon Selatan, Jum’at (12/04/2024).

Staf CIMIC Satgas Yonmek TNI Konga XXIII-R Unifil kali ini melaksanakan kegiatan Community Engagement Walk (CEW) di wilayah Dier Siriane dengan berbelanja di kios-kios, dan salah satu warga yang bernama bapak Ali mempersilahkan untuk mampir sejenak menikmati Lebanese Coffee di warungnya.

“Ahlan wa sahlan habibi… (selamat datang saudara), silahkan mampir ngopi dulu disini”, sambut bapak Ali dengan wajah ramahnya.

Seperti kita ketahui bahwa semenjak konflik terjadi di Lebanon, situasi menjadi tidak kondusif dan masyarakat banyak yang mengungsi sehingga warung-warung sekitar menjadi sepi pengunjung, cerita Ali sambil menyajikan kopi buatannya.

Kasi CIMIC Satgas Yonmek TNI Konga XXIII-R/UNIFIL Mayor Chk Eka Yudha Kurniawan, S.H. menyampaikan bahwa komunikasi dengan warga setempat harus dijalin dengan baik, dan melalui kegiatan CEW menurutnya sangat efektif sebagai sarana pendekatan kepada masyarakat lokal.

“Sambutan masyarakat Dier Siriane yang hangat dan ramah menunjukkan kerinduan mereka kapada situasi yang aman dan damai”, terangnya.

Lebanese Coffee yang merupakan traditional Arabic coffee yang diolah sendiri secara tradisional oleh masyarakat Dier Siriane dan disajikan dengan keramahan serta dilengkapi dengan cerita-ceritanya memiliki rasa yang tidak kalah nikmat dengan kopi-kopi buatan pabrikan.

Satgas Kizi TNI Konga XXXVII-J Minusca Car kunjungi Camp kontingen
Minusca pada momen Idul Fitri 1445 H

By On April 15, 2024

Kegiatan anjangsana tersebut dilaksanakan oleh Dansatgas Kizi TNI Konga XXXVII-J Minusca Car Letkol Czi Ibnu Muntaha, M.Han didampingi Perwira Staf dengan mengunjungi camp negara tetangga yang beragama muslim, beberapa diantaranya yakni camp Indo FPU, FPU Mauritanie, Bangladesh Special Force, Tunisian Aviation, Egypt Heavy Transport, Pakistan Aviation, FPU Senegal dan Egypt FPU.

Dalam rangka memberikan ucapan selamat hari raya Idul Fitri, kegiatan anjangsana ini juga sebagai sarana menjalin hubungan yang harmonis antar sesama kontingen satgas dengan halalbihalal pada momen lebaran hari raya Idul Fitri 1445 H.

Dansatgas Kizi TNI Konga XXXVII-J Minusca Car beserta perwira staf mendapatkan sambutan yang hangat dari jajaran kontingen yang dikunjungi pada momen ini, ungkapan rasa terimakasih tak henti – hentinya disampaikan oleh seluruh komandan kontingen yang menerima anjangsana dari Indo Eng Coy.

“Pada momen yang baik ini dimana bertepatan juga dengan hari raya idul Fitri 1445 H kita laksanakan anjangsana ke camp kontingen satgas di Minusca dengan tujuan pererat silaturahmi pada momen ldul Fitri dan semoga dengan kegiatan anjangsana serta halalbihalal ini dapat mempererat hubungan baik antar sesama kontingen satgas dalam mewujudkan kemanunggalan untuk bersama-sama menjaga keamanan dan perdamaian di Republik Afrika Tengah” ujar Dansatgas.

Panglima TNI Hadiri Milangkala Ke-5 Paguyuban BMP

By On April 14, 2024

(Puspen TNI). Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si., menghadiri acara Silaturahmi Milangkala Ke-5 Paguyuban Baraya Maung Parahyangan (BMP) yang digelar di Aula M. Toha Disjasad Jl. HMS Mintaredja, S.H., Kota Cimahi, Minggu (14/04/2024). 

Panglima TNI sebagai Dewan Pembina Yayasan BMP pada sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan Milangkala Ke-5 Paguyuban Baraya Maung Parahyangan sangat positif dan dapat mempererat Silaturahmi baik Perwira yang masih aktif maupun yang sudah Purna Bhakti. 

“Saya mengajak seluruh Perwira di Paguyuban BMP untuk bersama-sama menata dan memberdayakan potensi yang dimiliki oleh seluruh anggota BMP untuk membesarkan organisasi dengan semangat kebersamaan sebagai saudara, yang tidak akan lepas dalam kondisi apapun,” ucap Panglima TNI. 

Jenderal TNI Agus Subiyanto juga berharap kepada Perwira Senior yang sudah purna bhakti agar selalu solid dalam membina hubungan dan kerukunan diantara semua anggota paguyuban. 

“Saya berharap tauladan yang diberikan oleh para senior dapat menjadi energi positif dalam melanjutkan perjuangan. Saya berpesan kepada yang perwira yang masih aktif agar senantiasa bekerja dengan niat ibadah, loyal, tulus dan ikhlas diiringi dengan harapan agar dapat mewujudkan TNI yang Prima,” pungkas Jenderal TNI Agus Subiyanto. 

DCO Seceast Kunjungi Prajurit Angel Of Blue Line

By On April 13, 2024

(Puspen TNI) Kedatangan Deputy of Commander (DCO) Seceast Kolonel Kav Nanak Yuliana di Markas Angel of Blue Line atau Kompi A ini disambut oleh Komandan Satgas Yonmek TNI Konga XXIII-R/UNIFIL Kolonel Inf Ragung Ismail Akbar, S.Sos., M.I.Pol. beserta para Pasukan Garuda lainnya yang berada di barisan garda terdepan perbatasan Lebanon dengan Israel (Kamis/11/04/2024).

Selain untuk memastikan keadaan para prajuritnya dalam kondisi baik, kegiatan ini juga merupakan pengecekan rutin yang dilakukan oleh Seceast. Prajurit Angel of Blue Line bermarkas di UNP 9-63 dan UNP 9-15 yang tepatnya berada di Desa El Adeisse, Lebanon Selatan.

Pada kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Deputy J3 UNIFIL Letkol Elisa, Chief of Operation Seceast Mayor Franciso Manuel Rodriquez Martinez, Chief of Engeneering Kapten Jose Carlos Navas Avellaneda.

Kapten Inf Tegar Aji selaku Komandan Kompi A memaparkan kepada seluruh audience yang hadir terkait tentang situasi dan kondisi di wilayah yang menjadi tanggungjawabnya dan menyampaikan bahwa Prajurit Kompi A sampai dengan saat ini memiliki moril yang tinggi dalam menjalankan misi perdamaian dengan penuh semangat dan rasa tanggung jawab.

Tentunya kedatangan DCO dan rombongan menambah moril bagi prajurit Angel of Blue Line dalam menjalankan misi di daerah perbatasan.

Tim MSC Kunjungi Satgas Indo RDB XXXIX-E/Monusco, Cek Kesiapan Purna
Tugas

By On April 12, 2024

(Puspen TNI) Satgas Indo RDB XXXIX-E/MONUSCO mendapatkan kunjungan dari Tim MSC dalam rangka pemeriksaan kesiapan kontingan menjelang rotasi purna tugas, Bunia, Republik Demokratik Kongo, Selasa (09/04/2024).

Kedatangan tim MSC Dpp Kolonel Carl Harris disambut  Komandan Satgas Indo RDB XXXIX-E/MONUSCO Kolonel Inf Made Sandy Agusto beserta para Perwira. Tim MSC menerima paparan dari Komandan Satgas Indo RDB XXXIX-E/MONUSCO tentang operasi-operasi yang sedang dilaksanakan, hal-hal menonjol serta persiapan kontingen menjelang purna tugas.

Selesai menerima paparan, tim MSC mendapatkan jamuan jajanan dan makanan khas Indonesia. Usai menikmati hidangan, tim MSC menyaksikan penampilan personel Body Combat Satgas Indo RDB XXXIX-E/MONUSCO. Kolonel Carl Harris mengungkapkan kekaguman akan semangat dan kekompakkan yang di tampilkan oleh personel Satgas Indo RDB XXXIX-E/MONUSCO.

“Semangat dan kekompakkan yang kalian tunjukkan layak menjadi contoh bagi kontingen lain” tegas Kolonel Carl Harris dalam pengarahan singkatnya. Kegiatan ditutup dengan foto bersama.

Gema Takbir Satgas Kizi TNI Konga di Bumi Afrika

By On April 11, 2024

(Puspen TNI) Setelah menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh lamanya, tibalah waktu kemenangan yang dinantikan. Bagi prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Kizi TNI Konga XXXVII-J Minusca yang beragama islam untuk merayakan hari raya Idul Fitri dengan cara mengumandangkan takbir yang menggema di bumi Afrika. Bangui, (09/04/2024).

Suasana menjelang hari raya sangat terasa dengan dilantunkanya gema takbir oleh seluruh personel Satgas yang beragama muslim dalam menyambut hari kemenangan setelah berpuasa satu bulan lamanya.

Takbiran yang dilaksanakan dilapangan Garuda Indo Eng Coy Camp, Bangui Republik Afrika Tengah ini terasa berbeda dari biasanya yang dilaksanakan di tanah air seperti takbir keliling dan lainnya. Dengan tanpa mengurangi rasa syukur seluruh prajurit yang merayakan tetap bersuka cita menyambut hari yang Fitri walaupun dalam posisi jauh dari keluarga maupun sanak saudara dikarenakan sedang mengemban tugas sebagai pasukan perdamaian di Republik Afrika Tengah.

Satgas MTF TNI Konga XXVIII-O/UNIFIL Laksanakan Shalat Idul Fitri
Bersama KBRI Beirut

By On April 11, 2024

(Puspen TNI). Dalam merayakan hari kemenangan, Satgas MTF TNI Konga XXVIII-O/UNIFIL yang saat ini tengah melaksanakan misi perdamaian dunia di Lebanon, mengikuti ibadah shalat Idul Fitri 1 Syawal 1445H di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Beirut pada Rabu (10/04/2024)

Pelaksanaan shalat Idul Fitri yang berlangsung di Lobby Utama KBRI Beirut berjalan dengan penuh khidmat  dan khusyuk. Bertindak sebagai imam shalat, Ustad Rahmansyah Faruq dan dirangkai dengan khotbah oleh Ustad Afwan Ma’ruf yang merupakan mahasiswa Indonesia yang tengah mengambil S2 di Tripoli University. Turut hadir dalam pelaksanaan shalat Idul Fitri, perwakilan dari satgas Force Head Quarter Support Unit (FHQSU) XXVI-O-02,  (MCOU) XXX- N, Civil Military Cooperation (CIMIC) XXXI-N dan Hospital Lv 1+ XXIX-O, para Mahasiswa, serta Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di sekitar Beirut.

Usai melaksanakan rangkaian shalat Idul Fitri, acara kemudian dilanjutkan dengan halal bihalal oleh seluruh jamaah yang hadir dilanjutkan dengan kegiatan foto bersama dan makan bersama. Dansatgas MTF TNI Konga XXVIII-O/UNIFIL, Letkol Laut (P) Wirastyo Haprabu, S.E., D.W.C., mengatakan kegiatan ini dapat mempererat tali silaturahmi antara KBRI Beirut, WNI yang berada di Lebanon serta Satgas TNI yang sedang melaksanakan operasi di wilayah Lebanon.

Panglima TNI Sambut Kedatangan Hercules TNI AU C-130 J Selesai Misi
Palestina

By On April 11, 2024

(Puspen TNI) Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyambut kedatangan Hercules TNI AU C-130 J (A-1340) yang telah sukses membawa misi negara untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada masyarakat Gaza, Palestina di Base Ops Lanud Halim Perdana Kusuma, Kamis, 17.00 WIB (11/4/2024).

Setelah melaksanakan misi bantuan kemanusiaan kurang lebih 14 hari terhitung tanggal 29 Maret 2024 Hercules TNI AU C-130 J (A-1340) berangkat menuju Jordania membawa bantuan kemanusiaan untuk masyarakat Gaza, Palestina, akhirnya kembali tiba di tanah air yang disambut hangat Panglima TNI.

Kedatangan Hercules C 130 J (A-1340) dengan mission Commander Kolonel Pnb Noto Casnoto Danwing I Halim Perdanakusuma bersama 26 personel tiba dengan selamat di tanah air  yang  membawa misi bantuan kemanusiaan untuk masyarakat Gaza, Palestina dengan sandi “Solidarity Path Operation”.

Partisipasi dalam “Solidarity Path Operation” merupakan pembuktian kemampuan TNI dalam interoperapibilitas dengan militer negara lain sekaligus sebagai keberhasilan dari kemampuan diplomasi militer di percaturan internasional” demikian tegasnya.

Dalam amanatnya Panglima TNI Jenderal TNI juga menyampaikan rasa syukur atas pelaksanaan bantuan kemanusiaan dengan metode air drop terlaksana satu hari sebelum hari raya Idul Fitri, hal ini merupakan momen yang tepat waktu, tepat sasaran dan tepat guna karena bermanfaat  untuk membantu meringankan beban saudara-saudara kita yang ada di Palestina.

Pada kesempatan ini juga dilaksanakan penyematan penghargaan Dharma Pertahanan oleh Panglima TNI secara simbolis  diberikan kepada personel yang telah sukses melakukan misi bantuan kemanusiaan di Gaza,Palestina.

Turut hadir dalam acara tersebut para Kepala Staf Angkatan dan  pejabat di lingkunga Mabes TNI, TNI AD, TNI AL dan  TNI AU untuk bersama-sama  menyambut kedatangan Pesawat Hercules yang telah suskses membawa misi bantuan Kemanusian. 

Panglima TNI Gelar Konferensi Pers Terkait Keberhasilan TNI Terjunkan
Bantuan Palestina

By On April 11, 2024

(Puspen TNI). Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menggelar Konferensi Pers terkait keberhasilan TNI menerjunkan bantuan kemanusiaan untuk rakyat Palestina, bertempat di Wisma A. Yani, Menteng Jakarta Pusat, Rabu (10/4/2024).

Konferensi pers digelar sehari setelah misi kemanusiaan dengan sandi “Solidarity Path Operation” yang dipimpin Mission Commander Kolonel Pnb Noto Casnoto berhasil menerjunkan bantuan sebanyak 20 paket dengan berat masing-masing 160 kg di langit Gaza Palestina.

Dalam kesempatan tersebut, Panglima TNI mengapresiasi upaya kontingen misi kemanusiaan untuk Palestina yang sebelumnya mengalami kendala perizinan untuk melaksanakan Air Drop.

Panglima TNI menjelaskan bahwa memang benar terjadi beberapa kendala sebelum pelaksanaan Air Drop, namun berkat koordinasi yang ketat, akhirnya tim bisa melaksanakan prosesi Air Drop. 

Di hadapan awak media, Panglima TNI juga menyampaikan bahwa teknis menerjunkan bantuan dengan cara Air Drop untuk saat ini merupakan cara teraman untuk rakyat Palestina. 

Saat ditanya awak media terkait apakah akan ada misi bantuan Air Drop lanjutan, Panglima TNI menyampaikan bahwa dirinya akan mencari informasi terkait kebutuhan rakyat Palestina. 

“Nanti kita akan meminta informasi apa kebutuhan masyarakat pengungsi (Palestina) di sana, kita kumpulkan dan Insya Allah akan kita kirim lagi,” pungkas Panglima TNI.

Terkait rencana kedatangan pesawat Hercules TNI AU usai sukses menerjunkan bantuan di wilayah udara Gaza Palestina, Panglima TNI menyebut bahwa kontingen direncanakan akan tiba di Indonesia besok sore (11/4) pukul 17.00 WIB di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta.

Panglima TNI Gelar Open House Idul Fitri 1445 H

By On April 11, 2024

(Puspen TNI). Dalam suasana Idul Fitri 1445 H yang penuh berkah, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si, menggelar acara Open House sebagai wujud kebersamaan dan mempererat silaturahmi, bertempat di Wisma A. Yani, Jakarta Pusat, Rabu (10/4/2024). 

Turut hadir dalam rangkaian acara diantaranya, Kapolri, Kasad, Kasau, Kasal, Kasum TNI, Irjen TNI, Waka BIN, Wakasad, Danpussenif, Wakapolri, Para Asisten Panglima TNI serta pejabat TNI lainnya.

Panglima TNI Bersama Presiden RI Laksanakan Shalat Idul Fitri di Masjid
Istiqlal Jakarta

By On April 10, 2024

(Puspen TNI). Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si, bersama Presiden RI Ir. H. Joko Widodo melaksanakan shalat Idul Fitri 1445 H dengan khidmat dan penuh makna, bertempat di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat,  Rabu (10/4/2024).

Pelaksanaan shalat Idul Fitri 1445 H dipimpin oleh Imam Harian Masjid Istiqlal Ustadz H. Ahmad Husni Ismail dan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Prof Dr KH Abdul A’la Basyir berlaku sebagai khatib. 

Dengan tema yang diusung, “Memperkuat Kebersamaan dengan Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa”, pelaksanaan Shalat Idul Fitri kali ini menggambarkan pentingnya kesucian bulan suci Ramadhan dalam memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

Dalam acara tersebut juga dihadiri oleh Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin, serta  jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju.

Pesawat Hercules TNI AU C 130 J (A-1340) Sukses Terjunkan Bantuan di
Gaza

By On April 09, 2024

(Puspen TNI). Setelah beberapa hari menunggu perizinan untuk melaksanakan air drop, pesawat Hercules TNI AU C 130 J akhirnya dapat menerjunkan bantuan kemanusiaan di wilayah udara Palestina, Gaza, Selasa (9/4/2024).

Bantuan kemanusiaan yang diterjunkan ini berupa bahan pangan sebanyak 20 paket dengan berat masing-masing 160 kg, total 3200Kg. Penerjunan dilakukan dengan metode low cost low atitude (LCLA). Pesawat berangkat dari King Abdullah II (KA2) Airbase Airport (OJKA) di Zarqa, Yordania, pada pukul 11.36 waktu setempat (15.36WIB) dan mencapai lokasi  penerjunan Dropping Zone (DZ) di Gaza pukul 12.50 waktu setempat (16.50 WIB).

Kemudian, pesawat Hercules C130 J (A-1340) dengan mission Commander Kol Pnb Noto Casnoto beserta 26 personel dengan sandi ” Solidarity Path Operation,” mendarat dalam keadaan aman di King Abdullah II pada pukul 13.47 waktu setempat (17.47 WIB). Seusai pengiriman, pesawat segera bertolak kembali ke tanah air dengan rencana tiba tanggal 11 April 2024 di Bandara Halim Perdanakusuma.

“Alhamdulillah, terima kasih atas kerja sama semua pihak yang terlibat dalam kolaborasi yang baik antara TNI dan tentara Jordania ini,” ujar Komandan Misi Pengiriman Bantuan (Dansatgas) Kolonel Pnb Noto Casnoto.

Pengiriman bantuan via udara ini merupakan hasil dari diplomasi dan hubungan baik antara Indonesia dengan Jordania. Pengiriman tersebut dilakukan sebanyak 2 sorti, diantaranya negara yang terlibat Jordania, Indonesia, Mesir, UEA.

Satgas Indo RDB XXXIX-E/Monusco yg Undang Buka Bersama Kontingen
Bangladesh

By On April 08, 2024

(Puspen TNI). Satgas Indo RDB XXXIX-E/MONUSCO laksanakan buka bersama dengan Kontingen Bangladesh dalam rangka pererat silaturahmi di bulan yang suci Ramadhan ini, Bunia, Republik Demokratik Kongo, Sabtu (06/04/2024).

Komandan Detasemen MP Bangladesh Major MD Mudabbir Hussain menghadiri undangan buka bersama di Ndromo Camp Indo RDB XXXIX-E/MONUSCO, kedatangan beliau disambut langsung oleh Komandan Satgas Indo RDB XXXIX-E/MONUSCO Kolonel Inf Made Sandy Agusto. 

Acara dimulai dengan menyantap hidangan takjil, kemudian dilanjutkan dengan sholat maghrib berjamaah. Selesai melaksanakan sholat, acara diakhiri dengan ramah tamah dan foto bersama.

LAF-Navy Cadet Laksanakan “Stage At Sea” DI KRI Diponogoro-365

By On April 07, 2024

(Puspen TNI). KRI Diponegoro-365 yang saat ini tergabung dalam Satgas Maritime Task Force (MTF) TNI Konga XXVIII-O/UNIFIL dipercaya sebagai tempat latihan praktek program “Stage at Sea” bagi Lebanese Armed Force-Navy (LAF-N) Cadet yang bersamaan dengan pelaksanaan on task ke dua belas di wilayah Area of Maritime Operation (AMO) pada Kamis (04/04/2024)

“Stage At Sea” sendiri merupakan salah satu implementasi dari tugas utama unsur MTF UNIFIL yang dimandatkan oleh PBB yaitu memberikan pelatihan kepada prajurit LAF-N guna meningkatkan kemampuan serta keterampilan angkatan laut mereka dalam melaksanakan tugas maritim di teritorialnya. Program ini dilaksanakan selama 2 hari dengan beberapa materi yaitu Ship Familirization, Pilotage, Advance Maneuvering, Helo Ops, Damage Control dan Boarding Ops.

Komandan KRI Diponegoro-365, Letkol Laut (P) Wirastyo Haprabu, S.E., D.W.C., menjelaskan pula bahwa kegiatan ini bertujuan selain menjalankan tugas yang dimandatkan dalam resolusi Dewan Keamanan PBB, juga sebagai sarana untuk mempererat hubungan bilateral antara kedua Angkatan Laut yang sudah terjalin dengan baik sejak misi pertama pada tahun 2009. 

Penunjukan KRI Diponegoro-365 dalam kegiatan tersebut merupakan suatu bentuk pengakuan dan kepercayaan dari MTF UNIFIL akan profesionalisme TNI serta wujud nyata dari visi Panglima TNI “PRIMA”, yang salah satunya adalah TNI harus Profesional dalam menjalankan segala tugas yang di emban.

Satgas Yonmek TNI Konga XXIII-R/UNIFIL Buka Layanan Kesehatan

By On April 07, 2024

(Puspen TNI) Satgas Yonmek TNI Konga XXIII-R/_UNIFIL_ yang memiliki layanan kesehatan Husada UNP 7-1 di Lebanon Selatan melaksanakan pelayanan kesehatan bukan hanya untuk prajurit TNI yang sedang bertugas di daerah misi, tetapi juga melaksanakan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Lebanon dan juga hari ini melaksanakan pelayanan kesehatan kepada Lebanese Army yaitu salah satu anggota Lebanese Armed Forces (LAF) yang sedang bertugas, Jum’at (5/04/2024).

Dokter jaga yang bertugas di Husada Lettu Ckm dr. Ridho menyampaikan bahwa pelayanan kesehatan merupakan suatu kegiatan sosial yang kita laksanakan setiap hari, dan bagi siapa saja yang membutuhkan.

“Husada Hospital Pasukan Garuda ini kita buka untuk siapa saja yang mebutuhkan layanan kesehatan, Husada Garuda ini adalah Husada kita, kami akan selalu siap membantu bagi siapa saja yang sedang sakit, ataupun hanya berkonsultasi tentang kesehatannya”, terangnya.

“Setiap hari kita buka, dan hampir setiap minggu kita melayani masyarakat Lebanon yang membutuhkan pelayanan kesehatan, kita akan selalu siap untuk membantu siapa saja yang membutuhkan dan tidak dipungut biaya alias geratis..tis”, candanya sambil tersenyum ditemui disela-sela kegiatannya.

Tentunya prosedur berobat di Husada tetap kita terapkan dengan baik, seperti melaporkan kepada PA jaga Main Gate, dan selalu di damping oleh Staf CIMIC (_Civil Military Coordination_) serta LA (_Language Assistence_) untuk menerjemahkan bahasa.

Panglima TNI Hadiri Pelepasan Mudik Gratis Polri Presisi 2024 di Silang
Monas

By On April 07, 2024

(Puspen TNI). Panglima Tentara Nasional Indonesia Jenderal TNI Agus Subiyanto hadir dalam acara pelepasan Mudik Gratis Polri Presisi 2024 bertempat di Silang Monas pada Sabtu (6/4/2024). Acara ini bertujuan untuk memberikan dukungan bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Selain Panglima TNI dan Kapolri ikut pula Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi ketika melepas pemudik dengan tujuan Jawa Timur, Jawa Tengah, DIY dan Jawa barat atau 17 kota di pulau Jawa.

Menurut catatan tahun ini Polri melakukan mudik gratis di 19 jajaran Polda dengan melibatkan 58.350 orang dan 1.167 Bus. 

Panglima TNI dihadapan media mengatakan dengan adanya mudik gratis ini, diharapkan, perjalanan menuju kampung halaman dapat berjalan dengan aman, nyaman, dan lancar bagi seluruh masyarakat Indonesia. “TNI menyiapkan 69.000 personel untuk pengamanan mudik tahun ini mereka akan ditempatkan di Pos-Pos pelayanan, Pospol dan titik-titik rawan, terminal dan pelabuhan serta sarana fasilitas umum lainnya,” ujarnya.

Selain personel TNI juga menyiapkan alat angkut darat laut dan udara, mobil derek, Helicopter dan kapal boat. “Selain alat angkut l, TNI juga menyiapkan Tim SAR apabila terjadi bencana alam, atau laka lalin, kami siap memberikan bantuan,” pungkas Panglima TNI.

Pejabat Anggota DPRD Kab.Bogor Tidak Ada Anggaran Untuk Acara Santunan
Anak Yatim

By On April 06, 2024

Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan Nasional (JPKP N) Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Bogor Raya, akan mengadakan Acara Buka Puasa Bersama dan Santunan kepada Para Anak Yatim, yang rencana akan diadakan pada hari/tanggal : Sabtu, 6 April 2024, bertempat di Halaman depan Kantor KelurahanCiriung, Kec. Cibinong, Kab. Bogor.

Untuk mensukseskan terselenggaranya Acara tersebut, Panitia Acara yang di Ketuai oleh Herman Koto (Akrab di sapa Bang Koto/Bang Herman), membuat Proposal yang ditujukan kepada Para Donatur maupun Para Dermawan yang berkenan untuk berpartisipasi mendukung suksesnya Acara tersebut.

Proposal yang di cetak sebanyak lebih kurang 60 exlempar tersebut, sudah di edarkan ke berbagai Dinas-dinas yang ada di Pemerintah Daerah (Pemda) Kab. Bogor dan Depok, sejak minggu ketiga bulan Maret 2024, urai Bang Herman.

Proposal Acara tersebut juga telah Kami sampaikan kepada Salah Seorang Pejabat Anggota DPRD Kab. Bogor, RS, yang di terima oleh Ajudan/Staff dari RS, lanjut Bang Herman.

Salah Seorang Panitia datang ke gedung DPRD Kabupaten Bogor, untuk menanyakan Proposl dari JPKP-N DPC Bogor Raya, dengan mendapatkan jawaban : “Maaf, Kami belum dapat berpartisipasi karena tidak ada anggaran”,. Pihak Panitia yang mendapatkan jawaban tersebut, sangat kecewa, dan terheran-heran, papar Bang Herman.

Rizwan Riswanto, selaku Ketua JPKP-N DPC Bogor Raya, angkat bicara, perihal tersebut. Riswan menyampaikan, bahwa kurang elok rasanya, jika Seorang Pejabat DPRD Kab. Bogor, menjawab”Tidak Ada Anggaran”, Karena Beliau adalah Seorang Pejabat Anggota DPRD Kab. Bogor, dengan pendapatan per bulan mencapai Puluhan Juta Rupiah, tidak mau berpartisipasi/menyumbang untuk Para Anak Yatim di bulan suci Ramadhan, papar Riswan

Pejabat tersebut bahkan di gadang-gadang akan mengikuti Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) Bupati Kab. Bogor, di tahun ini, yang diusung oleh Partai Politik (Parpol) Beliau bernaung, lanjut Riswan.

Pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di bulan Februari yang lalu, Beliau meraup Suara yang sangat signifikan, berada di urutan pertama, dan terpilih kembali menjadi Anggota DPRD Kab. Bogor untuk Periode 2024 – 2029, urai Riswan.

Namun sangat di sayangkan, Beliau di terpa issue menggunakan Dana mencapai Milyaran Rupiah untuk Dana Kampanye pemenangan Beliau, agar “Duduk” kembali menjadi Anggota DPRD Kab. Bogor Periode 2024 – 2029, jelas Riswan.

Sumber dana tersebut tidak di ketahui berasal darimana. Sangat miris sekali ya, di satu sisi Beliau bisa keluarkan dana sampai Milyaran Rupiah untuk dana kampanye, tetapi di sisi lainnya, untuk berpartisipasi/memyumbang Acara Buka Puasa Bersama dan Santunan Anak Yatim, di bulan suci Ramadhan , yang Berkah dan Pahala ini, Beliau mengatakan “Tidak Ada Anggaran”, Sungguh sangat miris dan kontradiktif, tutup Riswan.

Panglima TNI Rotasi dan Mutasi 42 Perwira Tinggi TNI

By On April 06, 2024

(Puspen TNI). Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto merotasi dan mutasi sejumlah  jabatan strategis di lingkungan TNI. Rotasi dan mutasi itu berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/401/IV/2024 tanggal 5 April 2024 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

“Telah resmi ditetapkan mutasi dan promosi jabatan 42 Pati (Perwira Tinggi) TNI terdiri dari: 31 Pati TNI AD, 2 (dua) Pati TNI AL, dan 9 (sembilan) Pati TNI AU,” ujar Kapuspen TNI Mayjen TNI Nugraha Gumilar dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Sabtu (6/4/2024).

31 Pati TNI AD yaitu, Brigjen TNI Munif Prasojo, S.I.P dari Dosen Tetap Unhan menjadi Staf Khusus Kasad, Brigjen TNI Hery Ismailliya, S.E., M.Si. dari Dirum Pusbekangad menjadi Dosen Tetap Unhan, Brigjen TNI Atjep Mihardja Soma, S.I.P. dari Dircab Pusbekangad menjadi Dirum Pusbekangad, Kolonel Cba Benny Mutiha Tampubolon, S.I.P., M.I.P., M.M., M.Han. dari Danpusdikbekang Pusbekangad menjadi Dircab Pusbekangad, Brigjen TNI Makmur Umar, S.A.P., M.M. dari Tenaga Ahli Pengkaji Madya Bid. Sosial Budaya Lemhannas menjadi Staf Khusus Kasad, Brigjen TNI Dr. Joseph Robert Giri, S.I.P., M.Si., M.H.I., CGCAE. dari Dirjianbang Seskoad menjadi Tenaga Ahli Pengkaji Madya Bid. Sosial Budaya Lemhannas, Brigjen TNI Gregorius Suharso dari Irops Itum Itjenad menjadi Dirjianbang Seskoad

Brigjen TNI Irnando Arnold B. Sinaga dari Waasops Kasad Bid. Siapops menjadi Irops Itum Itjenad, Brigjen TNI Agus Widodo, S.I.P., M.Si. Danrem 174/ATW (Merauke) Kodam XVII/Cen menjadi Waasops Kasad Bid. Siapops, Kolonel Inf Wempi Ramandei dari Kabidrendik Sdirdik Seskoad menjadi Danrem 174/ATW (Merauke) Kodam XVII/Cen, Brigjen TNI Djonny Indramawan, S.E. dari Dirbinjemen Sesko TNI menjadi Staf Khusus Kasad, Kolonel Arh I Made Sudiana, S.E. dari Kadep Lat Sesko TNI menjadi Dirbinjemen Sesko TNI, Mayjen TNI I Nengah Wiraatmaja, S.Sos., M.Sos. dari Kapusziad menjadi Staf Khusus Kasad, Brigjen TNI Budi Hariswanto, S.Sos. dari Dosen Ahli Bid.Strategi Sesko TNI menjadi Kapusziad, Brigjen TNI A. Yudi Hartono, S. Sos., M.M. dari Wadanpuspenerbad menjadi Dosen Ahli Bid. Strategi Sesko TNI. 

Brigjen TNI Zainuddin dari Pa Sahli Tk. II Kasad Bid. Ekku menjadi Wadanpuspenerbad, Kolonel Inf Mangaraja Simanjuntak dari Dosen Utama Seskoad menjadi Pa Sahli Tk. II Kasad Bid. Ekku, Brigjen TNI Clement Haposan P. Siahaan dari Aster Kaskostrad menjadi Staf Khusus Kasad, Kolonel Inf Mokhamad Yasin, S.Sos., Μ.Α.Ρ. dari Pamen Ahli Bid. Idpol Staf Ahli Pangkostrad menjadi Aster Kaskostrad, Mayjen TNI Gunung Iskandar dari Pa Sahli Tk. III Kasad Bid. Hubint menjadi Staf Khusus Panglima TNI, Mayjen TNI Satrijo Pinandojo dari Staf Khusus Panglima TNI menjadi Pa Sahli Tk. III Kasad Bid. Hubint, Brigjen TNI dr. Jursal Harun, Sp.BO. dari Dirum RSPAD Gatot Soebroto menjadi Staf Khusus Kasad, Kolonel Inf R. Rudi Martiandi D. dari Paban Sahli Kasad Bid. Narkoba menjadi Dirum RSPAD Gatot Soebroto

Mayjen TNI dr. Subandono Bambang I., Sp.M., M.M. dari Kapoksahli Ka RSPAD Gatot Soebroto menjadi Staf Khusus Kasad, Brigjen TNI dr. Akhmad Rusli Budi A., Sp.B., M.A.R.S. dari Dokter Ahli Bid. Traumatologi RSPAD Gatot Soebroto menjadi Kapoksahli Ka RSPAD Gatot Soebroto, Kolonel Ckm dr. Ichsan Firdaus, Sp.Kj. dari Kasubditbinsat Sdircab Puskesad menjadi Dokter Ahli Bid. Traumatologi RSPAD Gatot Soebroto, Brigjen TNI dr. Muh Hafid Akbar, Sp.JP, FIHA. dari Dirjangum RSPAD Gatot Soebroto menjadi Staf Khusus Kasad, Brigjen TNI Dr. drg. Puji Hartono, Sp.Ort., M.A.R.S., М.Н. dari Dirjangmed RSPAD Gatot Soebroto menjadi Dirjangum RSPAD Gatot Soebroto, Kolonel Ckm dr. Dis Bima P, Sp.An., KIC., M.Kes. dari Pamen Setmilpres Kemensetneg menjadi Dirjangmed RSPAD Gatot Soebroto, Brigjen TNI dr. Sholihul Muhibbi, Sp.S., M.Si.Med. dari Komite Hukum Perumahsakitan RSPAD Gatot Socbroto menjadi Staf Khusus Kasad dan Kolonel Ckm  dr. Hadi Juanda Sp.PD. dari Kakesdam Jaya menjadi Komite Hukum Perumahsakitan RSPAD Gatot Soebroto 

2 (dua) Pati TNI AL yaitu, Laksma TNI Mulyono, M.Tr. Opsla., CFrA. dari Ir Bakamla menjadi Staf Khusus Kasal dan Kolonel Laut (S) Dr. Burhanuddin, S.E., S.H., M.M., CFrA., CHRMP., CRMP., CIQnR., CIQaR., M.Tr. Opsla. dari Sekdiskual menjadi Ir Bakamla. 

9 (sembilan) Pati TNI AU yaitu Marsda TNI M. Khairil Lubis dari Aslog Kasau menjadi Pangkogabwilhan II, Marsda TNI Dr. T.B.H. Age Wiraksono, S.I.P., M.A. dari Asintel Kasau menjadi Aslog Kasau, Marsda TNI Benedictus Benny K., SH. MAvMgt., MAIR. dari Kapuslaiklambangjaau menjadi Asintel Kasau, Marsma TNI Danet Hendriyanto, S.Sos. dari Kadisminpersau menjadi Kapuslaiklambangjaau, Marsma TNI Yostariza, S.E., M.Tr. Opsla. dari Bandep Ur.Lingkungan Strategi Regional Setjen Wantannas menjadi Kadisminpersau, Kolonel Tek Dr. Bonan D.O. Siagian, S.E.. M.Si. (Han). dari Analis Kebijakan Bid.Renbangnas Kadang Kadek Depolstra Setjen Wantannas menjadi Bandep Ur.Lingkungan Strategi Regional Setjen Wantannas menjadi Kadisminpersau

Marsda I G. Made Radar P.J., S.T. dari Tenaga Ahli Pengajar Bid. Kepemimpinan Lemhannas menjadi Staf Khusus Kasau, Marsma Umar Fathurrohman, S.I.P., M.Si., M.Tr.(Han). dari Kadisdikau menjadi Tenaga Ahli Pengajar Bid. Kepemimpinan Lemhannas dan Kolonel Nav Medi Rachman, S.E, MBA Avi Mgt, MMOASC, MIR., PhD. dari Sesdisdikau menjadi Kadisdikau

Diduga Gudang Pengemasan Oli Palsu Dan Di Jual secara Bebas Lewat Akun
Online

By On April 06, 2024

Sukabumi, Jawa Barat || Rumah Pengemasan Packing berbagai Jenis Oli Motor dan Mobil merk terkenal yang diduga Oli Palsu serta kemasan Palsu, yang beralamat Jl. Parahita Nugraha, Kp. Cibeureum Hilir, Kecamatan Cibeureum Hilir Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi, Jawa Barat. ( Sabtu, 6/4/24 )

Saat Team Investigasi ketempat lokasi pengemasan yang diduga oli Palsu berbagai mrek, mereka menjual secara terang – terang menjual secara online dengan menggunakan beberapa akun penjualan online, saat kami datangi para pekerja 2 Orang dan di dampingi oleh yang puya rumah yang dijadikan tempat pengemasan Oli berbagai merk terkenal yang telah dipesan oleh konsumen membeli lewat Online.

Pada saat kami wawancara pemilik rumah dengan orang yang pemegang akun online yang digunakan tempat pengemasan Oli palsu berbagai Merk ini mangatakan ” Bahwa saya disini cuma kerja sebagai pemegang akun Online, untuk memasarkan atau menjual secara online ke konsumennya. Dan saat dipertanyakan barang jenis Oli motor dan mobil berbagai jenis merk, ini dikirim dari Tanggerang kesini, saat kami pertanyakan ke aslian Oli motor dan mobil ini malah melempar perkataannya untuk menghubungi kakanya yang berinisial ” A ” Dan ” F ” untuk menghubungi mereka. Katanya.

Setelah kami mewancari Team kami meminta izin untuk meliput kegiatan pengemasan dan tempat penyimpanan barang Oli motor dan mobil berbagai jenis ini yang diduga palsu dan menggunakan merk yang terkenal tanpa izin.

Selanjutnya Team Investigasi pamit untuk pulang, kami ketemu sama orang yang berinisial ” A” mengakunya sebagai Pemegang akun penjualan online yang kedua, saat kami pertanyakan ada berapa akun penjualan ” A ” Ini menjawab cuma 2 akun penjualan online padahal yang kami temukan mereka mempunyai 4 akun penjualan online.
Adapun jenis merk Ternama yang kami terpantau diantaranya :

  1. Shel Advance
  2. Federal untratec
  3. Federal Metic
  4. AHM Oil MPK 2

Sampai berita ini diturunkan yang bersangkutan tidak ada di tempat, dan saat di konfirmasi melalui phone seluler yang bersangkutan mengatakan dirinya sedang berada di bandung menuju arah pulang.

Dan tidak sampai disana kami menelpon Pemilik atau Owner nya yang berinisial ” D ” Saat di konfirmasi lewat via WhatsApp tidak ada jawaban sama sekali, intinya supaya pemberitaan yang kami tuangakan berimbang, tapi yang disesali malah tidak ada jawaban sama sekali. Terkesan mereka merasa kebal hukum dan menganggap apa yang mereka lakukan hal yang hiasa, walaupun sudah merugikan merk nama baik dan hak paten perusahaan terkenal dan ternama.

Pelanggaran Paten diatur dalam pasal 161 sampai dengan 164 UU No. 13 tentang Paten. Pelanggaran Paten bisa diancam pidana 4 Tahun dan denda Rp. 1.000.000.000 ( Satu Miliar ) sedangkan pelanggaran paten sederhana diamacam pidana 2 Tahun atau Denda Rp. 500.000.000,

Seseorang yang tanpa hak melakukan perbuatan seperti yang dijelaskan dalam pasal 7 ayat 3 dan pasal 52 untuk penggunaan komersial, dapat dikenakan Hukuman Penjara maksimal 2 Tahun dan denda maksimal Rp. 300.000.000 ( Tiga Ratus Juta Rupiah).

Diharapkan kepada aparat penegak hukum baik ditingkat Polsek, Polres, maupun Polda Jabar tidak tutup mata dan pandangbulu dalam penegakan hukum di indonesia. (Red)

Terlibat Pembunuhan Aparat dan Ganggu Stabilitas Keamanan Papua,
Pimpinan OPM Abu Bakar Kogoya Tewas Ditembak Aparat Gabungan TNI-Polri

By On April 06, 2024

(Puspen TNI). Kontak tembak Aparat Keamanan Gabungan TNI-Polri dengan Organisasi Papua Merdeka (OPM) di Distrik Tembagapura Mimika Papua pada hari Kamis sore (4/4/2024) mengakibatkan salah satu pimpinan OPM, Abubakar Kogoya, tewas. Kejadian tewasnya Abubakar Kogoya ini bukan tanpa sebab musabab yang jelas. Rentetan aksi teror dan kriminal yang mengganggu keamanan di bumi Papua, sering menyebabkan korban di pihak Aparst TNI-Polri dan warga sipil. 

Dilansir dari Kepala Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III (Kapen Kogabwilhan) Kolonel Czi Ign Suriastawa bahwa rekam jejak kekejaman aksi Abubakar Kogoya pada tanggal 21 Oktober 2017 telah tercatat dalam Laporan Polri (LP) dimana Abubakar terlibat dalam penembakan terhadap 2 orang anggota Brimob Polri bernama Bharada Almin dan Brigadir Mufadol di Mile 69, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika. Aksi serupa dilakukan oleh Abubakar Kogoya dilokasi yang sama pada tanggal 14 November 2017, dimana dia terlibat dalam penembakan terhadap mobil LWB nomor lambung 01-4887. 

Selanjutnya, pada tanggal 30 Maret 2020, Abubakar Kogoya terlibat kembali dalam penembakan di Gedung OB-1 Alun-alun Kuala Kencana, Distrik Kuala Kencana, Kabupaten Mimika yang menyebabkan 1 orang Warga Negara Asing (WNA) bernama Graeme Thomas Wall meninggal dunia (MD) dan 2 orang karyawan mengalami luka tembak. 

Lebih lanjut, berdasarkan rekam jejak,  bergabungnya Abubakar Kogoya ke dalam OPM telah terpantau dibawah pimpinan Lekagak Telenggen, dengan wilayah operasinya di Kabupaten Puncak, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Intan Jaya. “Tindakan tegas Aparat Keamanan Gabungan TNI-Polri mereduksi kekuatan OPM merupakan upaya untuk menjaga stabilitas keamanan demi kelancaran percepatan pembangunan di wilayah Papua,” ucap Kolonel Czi Ign Suriastawa.

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan Kepala Staf TNI Angkatan Udara
di Lanud Halim Perdanakusuma

By On April 06, 2024

(Puspen TNI). Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si, memimpin Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) dari Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., C.S.F.A. kepada Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono, S.E., M.M., bertempat di Taxi Way Echo, Landasan Udara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Jum’at. (05/04/2024) 

Dalam sambutannya, Panglima TNI mengucapkan terima kasih yang tulus dan mengapresiasi dedikasi serta pengabdian Marsekal TNI Fadjar Prasetyo yang telah bekerja dengan PRIMA serta memberikan selamat kepada Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono dan berharap dapat menjalankan amanah dengan baik. 

“Saya ucapkan Terima kasih yang tulus dan penghargaan setinggi tingginya kepada Marsekal TNI Fadjar Prasetyo atas dedikasi dan pengabdiaannya selama mengemban amanah jabatan Kasau dan selamat bertugas kepada Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono Laksanakan amanah jabatan ini dengan sebaik baiknya serta lakukan trobosan trobosan inovatif dan kreatif sesuai dengan marwah TNI Angkatan Udara yang sarat akan ilmu pengetahuan dan teknologi,” ungkap Panglima TNI

Panglima TNI juga menyampaikan harapan kepada Ibu Isa Tonny Harjono untuk memberikan dukungan penuh dalam pelaksanaan tugas suaminya serta memimpin dan membina organisasi Pia Ardhya Garini dengan penuh rasa cinta dan kasih sayang. Hadir dalam rangkaian kegiatan di antaranya Menkopolhulkam, Kapolri, Kepala Staf Angkatan Darat, Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI (Purn) Yudo Margono serta undangan Lainnya.

KRI Diponogoro-365 Laksanakan Advance Manouvering Exercise Bersama
Unsur MTF 448 UNIFIL

By On April 05, 2024

(Puspen TNI)   KRI Diponegoro-365 yang merupakan Satgas Maritime Task Force (MTF) TNI Konga XXVIII-O/UNIFIL melaksanakan Advance Manouvering Exercise dengan seluruh unsur MTF 448 UNIFIL di Area of Maritime Operation (AMO) Zona 1 South, Laut Mediterania, Lebanon, Kamis (04/04/2024)

Latihan manuver dengan beragam formasi ini dipimpin langsung oleh MTF Commander, RADM Dirk Gartner, berkebangsaan Jerman. Unsur-unsur MTF 448 UNIFIL terdiri dari 5 kapal perang yaitu KRI Diponegoro-365 (Indonesia), FGS Baden Wuerttemberg F-222 (Jerman), HS Spetsai F-453 (Yunani), TCG Burgazada F-513 (Turki) dan BNS Sangram F-113 (Bangladesh). Dalam latihan ini, seluruh kapal tersebut membentuk formasi-formasi sebagai bentuk simulasi menghadapi berbagai simulasi ancaman dan membentuk pertahanan dari kontak permukaan dan udara.

Komandan KRI Diponegoro-365, Letkol Laut (P) Wirastyo Haprabu, S.E., D.W.C., menjelaskan pula bahwa latihan ini bertujuan untuk mempererat hubungan antar unsur MTF 448 UNIFIL sekaligus menyamakan persepsi dalam suatu gugus tugas multinasional. Tidak lupa juga pada saat formasi “Foxtrot”, dilaksanakan farewell salute kepada FGS Baden Wuerttemberg F-222 yang telah selesai masa tugas nya di UNIFIL selama 6 bulan dan akan digantikan oleh FGS Bradenberg F-123.

Keikutsertaan KRI Diponegoro-365 dalam kegiatan tersebut sangatlah penting dalam rangka menunjukkan profesionalisme TNI melalui pendekatan hard-power dimana sesuai dengan visi Panglima TNI “PRIMA”, yang salah satunya adalah TNI harus Profesional dalam menghadapi perkembangan situasi yang sangat kompleks dan dinamis terutama di daerah misi perairan Lebanon.

Panglima TNI Jadi Saksi Pelantikan Kasau

By On April 05, 2024

(Puspen TNI). Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si, menjadi Saksi pada acara Pelantikan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal Madya TNI Mohamad Tonny Harjono, S.E., M.M., oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo, di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jum’at (05/04/2024).

Pergantian Kasau dari Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., C.S.F.A., kepada Marsekal Madya TNI Mohamad Tonny Harjono., S.E., M.M.,  berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 20/TNI/2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Jabatan Kepala Staf Angkatan Udara. Selanjutnya berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 26/TNI/2024 Marsekal Madya TNI Mohamad Tonny Harjono dinaikan pangkatnya menjadi Marsekal TNI.

Turut Hadir dalam acara tersebut diantaranya, Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, Menpora RI Ario Bimo Nandito Ariotedjo, Mensesneg  Prof. Dr., Pratikno., M.Soc.Sc., Wakil Ketua MPR RI Prof. Dr. H. Syariefuddin Hasan, M.M., Ketua Komisi I Meutya Viada Hafid, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dan Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak.

Panglima TNI Terima Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II

By On April 05, 2024

(Puspen TNI). Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si, memimpin Upacara penyerahan tugas, wewenang dan tanggung jawab Jabatan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan II (Pangkogabwilhan II), bertempat di Subden Mabes TNI, Jl. Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jum’at (05/04/2024).

Penyerahan tugas, wewenang dan tanggung jawab Jabatan Pangkogabwilhan II tersebut berdasarkan Surat Perintah Panglima TNI Nomor Sprin/560/IV/2024.

Dalam sambutannya, Panglima TNI menyatakan bahwa pergantian kepemimpinan merupakan hal yang wajar dalam sebuah organisasi sebagai upaya penyegaran. Penyerahan jabatan juga merupakan bagian integral dari proses pembinaan organisasi, yang dilakukan secara konsisten sesuai dengan sistem yang berlaku, untuk memastikan kontinuitas kepemimpinan dalam struktur TNI.

“Penyerahan jabatan adalah salah satu bagian dari proses pembinaan organisasi, yang dilaksanakan secara konsisten sesuai dengan sistem yang berlaku, guna memastikan keberlangsungan kepemimpinan dalam organisasi TNI,” ungkap Panglima TNI.

Turut hadir dalam rangkaian kegiatan tersebut, Irjen TNI, Koorsahli Panglima TNI, Asrenum Panglima TNI, Asintel Panglima TNI, Asops Panglima TNI, Aspers Panglima TNI, Aslog Panglima TNI, Aster Panglima TNI, dan Askomlek Panglima TNI.

Panglima TNI Tinjau Pos Terpadu Lebaran 2024 dan Gelar Safari Ramadhan
1445 H di Jawa Timur

By On April 05, 2024

(Puspen TNI). Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si, bersama Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo melaksanakan Safari Ramadhan 1445 H serta meninjauan pos terpadu lebaran Tahun 2024 di Terminal Purabaya, Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (04/04/2024). 

Dalam moment tersebut,  Panglima TNI menyampaikan bahwa dalam rangka menjaga keamanan selama masa arus mudik Lebaran dan perayaan Idul Fitri mendatang, TNI menyiapkan prajurit TNI  yang ditempatkan di berbagai pos pengamanan, menyiapkan berbagai jenis transpotasi serta  tenaga medis. TNI dan pihak terkait lainnya  akan bekerja secara sinergis untuk menjaga ketertiban selama masa arus mudik Lebaran.

“TNI yang ada di jajaran Kodam V Brawijaya menggelar 2.000 personel yang akan ditempatkan di Posko dan Pos pelayanan, kemudian selain personil TNI juga menyiapkan alat angkut darat, laut dan udara seperti motor boat, mobil derek dan juga beberapa ambulance yang ada di titik-titik rawan sehingga pelaksanaan mudik dapat berjalan lancar dan aman,” pungkas Panglima TNI. 

Tidak hanya itu, Panglima TNI bersama-sama dengan Kapolri dan Menhub, juga turut serta dalam memberikan bingkisan kepada para pemudik, bahkan dengan ramah menyempatkan diri untuk menyapa dan berinteraksi dengan para pemudik yang ada di terminal. Turut hadir dalam rangkaian kegiatan tersebut diantaranya Menko PMK RI, Ka BPJT, Dankodiklatal, Pj. Gubernur Jatim, Pangdam V /Brw, Kapolda Jatim, Pangkoarmada II, Danpuspenerbal, Gubernur AAL, Kabinda Jatim, Kaskogartap III/Sby, Danrem 084/BJ, dan pejabat terkait lainnya. 

Apresiasi Penuh H. Sukarman S.Pd.I SH.MH Terhadap Pemuda Kp Cibata
Lakukan Hal Positif Pengecatan Masjid Al Munawaroh

By On April 04, 2024

Kebersihan sebagian dari iman adalah motto yang sudah melekat pada diri kaum muslimin, Warga masyarakat bersama pemuda melaksanakan kerja bakti pengecatan masjid tentunya ini menjadi prioritas kerja bakti di karenakan beberapa
sisi tembok masjid yang sudah pudar .

Ini dilakukan untuk menyambut hari raya idul Fitri dan supaya jamaah masjid merasa nyaman saat beribadah juga tampilan estetika indah nampak terlihat pada dinding masjid ketika selesai di cat .

Pelaksanaan bakti sosial pengecetan masjid Al munawaroh diprakarsai oleh bapak Daday boink bersama para pemuda yang berada di wilayah Kp.Cibata, desa barengkok pada hari kamis (04/04/2024) .

Kegiatan Itu Diapresiasi Penuh Oleh Ketua Umum LPKSM Patroli H, Sukarman S,Pd,I SH.MH Yang Melihat Kekompakan Para Pemuda Kp Cibata Melakukan Hal Positif Bermanfaat Bagi Warga Masyarakat .

“Saya tidak sengaja lewat sepulang pengajian sekira pukul 23.00 yang mana berbangga hati terhadap kekompakan anak anak muda kp, cibata yang melakukan kegiatan Positif dan bermanfaat untuk masyarakat, yang biasa pada umumnya lebih senang nongkrong di jalanan lain halnya pemuda cibata yang di pimpin oleh A Boink, sampai larut malam kompak untuk memperindah melakukan pengecetan Masjid di wilayahnya hal ini membuat haru Ketua Umum LPKSM Patroli”Apresiasinya Terhadap Para Pemuda Kp Cibata Desa Barengkok .

Lebih lanjut dalam kesempatan tersebut ketua umum LPKSM Patroli langsung turun tangan untuk ikut bergabung di kegiatan yang mulia tersebut .

“Dengan berbangga hati dan haru atas apa yang telah dilakukan para pemuda tentunya ini mudah mudahan menjadi ladang pahala ibadah yang begitu mulia, berguna bagi masyarakat dalam menjalankan beribadah dimasjid yang indah”Harunya Melihat Kekompakan Pemuda Kp Cibata .

Juga H. Sukarman berharap hal positif ini bisa menjadi contoh tauladan yang baik untuk para pemuda yang lain khususnya di Kp Cibata umum nya di wilayah nya masing masing agar selalu melakukan hal hal positif yang berguna bagi orang banyak dan masyarakat.

Resmi, Bakamla RI Terima Hibah Tanah dari Nias Selatan

By On April 04, 2024

(Bakamla RI/Indonesia Coast Guard) — Bakamla RI menerima hibah tanah dengan luas 13.560 m2 dan 2 (dua) bangunan seluas 400 m2 dan 168 m2 dari Pemerintah Kabupaten Nias Selatan. Hibah tersebut secara resmi diterima oleh Bakamla RI melalui Penandatangan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dan Berita Acara Serah Terima, di Aula Ary Hasibuan Mabes Bakamla RI, Jakarta Pusat, pada Rabu (03/04/2024).

Membuka acara, Sestama Bakamla RI Laksda TNI T.E. Witjaksono, S.E., M.Tr. (Han)., menyampaikan sambutannya, “Saya yakin dengan adanya kerja sama dan sinergitas ini, maka diharapkan terciptanya kolaborasi yang harmonis dalam memperkuat upaya pengamanan wilayah perairan di Kabupaten Nias Selatan. Selain itu juga, untuk peningkatan kapasitas masyarakat pesisir agar ikut serta berpartisipasi dalam upaya peningkatan keamanan dan keselamatan laut.”

Kegiatan selanjutnya yakni Penandatanganan NPHD oleh Kepala Biro Sarana dan Prasarana Bakamla RI Laksma Bakamla Rudi Parulian Simorangkir, S.E., dan Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, S.H., M.H. 

Lebih lanjut, hibah yang berlokasi di Orahili Hiligito ini rencananya akan dibangun kantor Sistem Peringatan Dini (SPD) Bakamla RI untuk mendukung terciptanya keamanan dan keselamatan laut di wilayah perairan dan yurisdiksi Indonesia, khususnya di Nias Selatan.

Turut hadir Deputi Jakstra Bakamla RI Laksda Bakamla Dr. Gregorius Agung W.D., M.Tr. (Han)., Deputi Inhuker Bakamla RI Dr. Samuel H. Kowaas, M.Sc., CSBA., Deputi Opslat Bakamla RI Andi Abdul Aziz, S.H., M.M., Wakil Bupati Nias Selatan Firman Giawa, S.H., M.H., Ketua DRPD Nias Selatan Elisati Halawa, S.T.

Puspsi TNI Berikan Dukungan Psikologis Warga Yang Terdampak Ledakan
Gudmurah

By On April 04, 2024

(Puspen TNI). Puspsi TNI (Pusat Psikologi Tentara Nasional Indonesia) memberikan dukungan psikologis kepada warga masyarakat yang terdampak dari peristiwa ledakan Gudmurah (Gudang Munisi Daerah) Paldam Jaya yang mengguncang wilayah Ciangsana, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (03/04/2024).

Sebanyak enam personel Puspsi TNI telah diterjunkan untuk memberikan dukungan psikologi kepada masyarakat yang terpukul oleh ledakan Gudmurah milik Paldam Jaya. Tim Psikologi ini dipimpin oleh Letkol Kes Surifman Syahidu, M. Psi., Psikolog, serta didukung oleh empat anggota tim. 

Setelah peristiwa ledakan Gudmurah Paldam Jaya, Puspsi TNI memberikan pendampingan kepada para warga masyarakat melalui layanan Trauma Healing. Tujuan dari layanan ini adalah untuk membantu masyarakat agar dapat kembali beraktivitas secara normal dan mempercepat proses penyembuhan kondisi psikologis masyarakat.

Puspsi TNI tetap berkomitmen untuk memberikan dukungan psikologis yang diperlukan kepada masyarakat yang terkena dampak dari peristiwa ledakan Gudmurah Paldam Jaya. Semoga dengan adanya layanan ini, para korban dapat pulih sepenuhnya dan dapat melanjutkan aktivitas seperti biasanya

Kasum TNI Mewakili Panglima TNI Membuka Bazar Ramadhan 2024

By On April 04, 2024

(Puspen TNI). Kepala Staf Umum TNI (Kasum TNI) Letjen TNI Bambang Ismawan mewakili Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto membuka Bazar Ramadhan TNI tahun 2024, bertempat di Lapangan GOR A.Yani Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (2/4/ 2024).

Kasum TNI didampingi Wakasad, Letjen TNI Tandyo Budi Revita, Wakasal Laksdya TNI Erwin S. Aldedharma, Wakasau Marsdya TNI Andyawan Martono Putra beserta jajaran Pengurus IKKT/Pragati Wira Anggini juga melakukan wawancara melalui video konference dengan satuan di daerah yang juga menyelanggarakan Bazar Ramadhan secara bersamaan.

Di hadapan awak media Kasum TNI mengatakan, Bazar Ramadhan ini digelar bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan Prajurit, PNS serta Warga Masyarakat di sekitar Satuan dan Jajaran TNI. “Saya merasa bangga kegiatan bazar ini selalu dinanti-nanti dan direspon oleh Prajurit, PNS, dan Warga Sekitar, dibuktikan dengan jumlah peserta dan pengunjungnya yang banyak,” ujar Kasum TNI.

Selain menyediakan kebutuhan bahan pokok seperti Sembako, Bazar Ramadhan TNI 2024 juga menyediakan pakaian, makanan siap saji, aneka kue lebaran, dan asesoris yang dijual dengan harga yang jauh lebih murah dari harga di pasaran.

Panglima TNI Dampingi Presiden RI Berangkatkan Bantuan Kemanusiaan
Untuk Mesir Dan Sudan

By On April 03, 2024

(Puspen TNI). Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto mendampingi Presiden RI Ir. H. Joko Widodo memberangkatkan bantuan kemanusiaan dari pemerintah Indonesia untuk Palestina melalui pemerintah Mesir serta bantuan kemanusiaan untuk konflik di Sudan, bertempat di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (3/4/2024).

Jenis bantuan kemanusiaan yang dikirim berupa obat -obatan dan peralatan kesehatan serta bantuan lainnya sesuai dengan permintaan resmi dari pemerintah Mesir dan Sudan. 

Delegasi misi kemanusiaan ini akan dipimpin langsung oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto beserta tim dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia Airbus A330-900 menuju Sudan dan Mesir.

KRI Diponogoro-365 Ikuti Peringatan Nuzulul Qur'an di Kedutaan RI 1445 H

By On April 03, 2024

( Puspen TNI). KRI Diponegoro-365 yang juga merupakan Satgas MTF TNI XXVIII-O UNIFIL mengikuti kegiatan Nuzulul Qur’an 1445 H yang diadakan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Beirut, Lebanon pada Senin (01/04/2024)

Kegiatan ini dipimpin dan dibuka langsung oleh Duta Besar LBBP RI untuk Lebanon di Beirut, H.E. Dr. H. Hajriyanto Y. Thohari, M.A. Adapun peserta yang hadir dalam acara kali ini adalah Warga Negara Indonesia yang berdomisili di Beirut, para mahasiswa/i, beberapa perwakilan prajurit dari Satgas MTF, MCOU, CIMIC dan FHQSU UNIFIL.

Beberapa rangkaian acara yang ditampilkan dalam kegiatan ini adalah Pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan terjemahannya oleh Prajurit KRI Diponegoro-365, dilanjutkan dengan ceramah agama oleh Ust. Lutfhi Al Hafidz, Lc serta penyerahan secara simbolis bantuan sembako kepada perwakilan dari Mahasiswa dan WNI. Masih dalam bulan Ramadhan, kegiatan ini pun ditutup dengan acara buka puasa bersama yang dilanjutkan dengan sholat wajib dan sunah Taraweh berjamaah.

Komandan KRI DPN-365 sekaligus Dansatgas MTF TNI Konga XXVIII/O UNIFIL, Letkol Laut (P) Wirastyo Haprabu, S.E., D.W.C., menjelaskan bahwa kegiatan ini sangat  penting untuk pembinaan personel di daerah operasi dalam rangka meningkatkan iman dan takwa prajurit di bulan suci Ramadhan 1445H serta media yang baik untuk berinteraksi dan bertukar informasi baik dari sipil maupun militer.

Keikutsertaan KRI Diponegoro-365 dalam kegiatan ini adalah guna mewujudkan visi Panglima TNI, Jenderal TNI Agus Subiyanto yaitu TNI “PRIMA” yang salah satunya adalah Integratif dimana TNI harus dapat berintegrasi dan bersinergi dengan Kementerian/Lembaga dan komponen bangsa lainnya di daerah Operasi sehingga misi dapat dilaksanakan dengan aman dan lancar.

Pusat Reformasi Birokrasi TNI Gelar Rakernis RB Tahun 2024

By On April 03, 2024

(Puspen TNI). Wakil Kepala Pusat Reformasi Birokrasi (Wakapus RB) TNI, Kolonel  Inf Tyas Koeshardji  mewakili Kapus RB TNI Marsma TNI Marsudiranto, W., M.Tr.(Han) membuka Rapat Kerja Teknis (Rakernis) RB TNI Tahun 2024 yang diikuti para pejabat yang membidangi Reformasi Birokrasi dari UO Mabes TNI, TNI AD, AL dan AU, bertempat di Aula Satpamwal, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (3/4/2024).

Kapus RB TNI dalam amanatnya menyampaikan bahwa di balik keberhasilan dalam pelaksanaan evaluasi RB TNI tahun 2023, dimana TNI berhasil memperoleh nilai  76,69, naik sebesar 4,33 poin dibandingkan nilai RB TNI di tahun 2022. Tentunya terdapat tantangan yang telah menanti  pada pelaksanaan Evaluasi RB TNI di tahun 2024 ini. Nilai yang telah diraih harus dapat ditingkatkan demi mencapai tujuan atau milestone berikutnya yakni nilai RB TNI sebesar 85.

“Kegiatan Rakernis RB diharapkan dapat mencapai tujuan dan sasaran yang diharapkan dalam rangka percepatan upaya TNI untuk mewujudkan reformasi birokrasi TNI yang paripurna baik bersifat normatif maupun substantif dan berdampak sehingga dapat menjadi organisasi yang lebih bersih, kapabel, akuntabel, dan prima untuk mewujudkan visi TNI yakni TNI yang profesional, modern, dan tangguh,” ucapnya

Lebih lanjut Kapus RB menyatakan bahwa  perlu pembenahan pada sejumlah indeks yang masih berada di bawah 75% seperti Tingkat Maturitas SPIP, Tingkat Keberhasilan Pembangunan ZI, Digitalisasi Arsip dan  Pengaduan Masyarakat. “Tentunya ini merupakan tantangan besar yang harus kita pikul bersama, dan saya yakin, sebagaimana keberhasilan dapat melampaui nilai 75, tentunya nilai 85 juga dapat kita capai dengan pentahapan dan strategi pencapaian yang solid dan terukur,” pungkasnya.

Panglima TNI dan Kapolri Pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Idul
Fitri 1445 H Tahun 2024

By On April 03, 2024

(Puspen TNI). Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si., bersama Kapolri Jenderal Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., memimpin Apel Gelar Operasi “Ketupat-2024” dalam rangka Pengamanan Idul Fitri 1445 H Tahun 2024, di Lapangan Silang Monas Jakarta Pusat, Rabu (3/4/2024).

Apel Gelar Pasukan Operasi “Ketupat 2024″ ini dilaksanakan secara serentak hari ini di seluruh Indonesia, dalam rangka pengecekan akhir kesiapan  pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 H dan sebagai wujud komitmen nyata sinergitas TNI-Polri dengan Stakeholder terkait. Pengamanan Idul Fitri 1445 H Tahun 2024 dengan sandi “Ketupat-2024”, di mulai dari tanggal 4 April s.d. 16 April 2024, dengan melibatkan 155.000 personel yang di tempatkan di 3.772 Pos Pengamanan, 1.532 Pos Pelayanan, dan 480 Pos Terpadu, guna menjamin keamanan pada puncak arus mudik yang diperkirakan akan terjadi mulai tanggal 6 s.d 8 April 2024 dan puncak Arus balik pada tanggal 14 s.d 15 April 2024.

Dalam amanatnya Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto mengatakan, TNI siap mendukung pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 H dan bersinergi dengan Polri untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, sehingga dapat merayakan Idul Fitri dengan aman, nyaman, tertib, dan lancar. “TNI menyiapkan 67.955 prajurit untuk mendukung Polri, dan TNI akan membantu pengamanan di pusat-pusat keramaian, tempat ibadah, bandara, pelabuhan, penyeberangan laut, terminal bus, stasiun kereta api, tempat peristirahatan mudik, mall, pasar, dan tempat rekreasi serta sarana umum lainnya,” ujar Panglima TNI.

Turut hadir dalam acara tersebut, Menko PMK, Wamenkes, Wamenag, Sekjen Kemen PUPR, Pj. Gubernur DKI Jakarta beserta Forkopimda, Pejabat Utama Kepolisian RI, Pejabat utama Mabes TNI, Plt. Sestama Bappenas, Kabasarnas, Dirut Jasa Raharja, Dirut PT. Marga Lingkar Jakarta, Dirjen Hubdat Kemenhub, Kapus Meteorologi Penerbangan, Personel TNI-Polri, Kementerian/Lembaga, Stakeholder, dan para Undangan lainnya.