-->
Advertise Here

Subscribe Here!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Search This Blog

lenterakhatulistiwa.com. Powered by Blogger.
Kapuspen TNI: Netralitas TNI Harga Mati, TNI Netral pada Pemilu 2024

By On January 31, 2024

(Puspen TNI). Kapuspen TNI Mayor Jenderal TNI Dr. Nugraha Gumilar, M.Sc., didampingi oleh Kabidum, Kabid MC, Kabid Penum, dan Kabid Proddok mengisi acara Program TVRI Pusat Sketsa Pemilu, yang berlangsung secara Talkshow dengan tema “Netralitas TNI pada Pemilu 2024” sebagai pembawa acara adalah Sdr. Fahmi dan Dewi, bertempat di Stasiun TVRI Pusat Jakarta Jl. Gerbang Pemuda, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa, (30/1/2024).

Komitmen TNI untuk tidak terlibat dalam politik praktis merupakan penegasan sikap TNI untuk fokus pada tugas pokok TNI sebagaimana diatur dalam pasal 7 ayat (1) Undang -Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI yakni menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD’45, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

Ditegaskan oleh Kapuspen TNI bahwa Bapak Panglima TNI selalu memberikan briefing kepada seluruh jajaran, baik TNI AD, AL dan AU untuk selalu mengecek kesiapan di daerah-daerah guna menyakinkan seluruh prajurit sudah memahami tentang aturan main yang harus dilakukan oleh TNI untuk mengawal pelaksanaan Pemilu2024. “Alhamdulillah seluruh prajurit TNI dimanapun berada sudah siap menghadapi pesta demokrasi ini, yang tentunya  kita sebagai bangsa Indonesia harus menghadapinya dengan riang gembira, karena ini acara Bangsa Indonesia yang harus dimaknai guna kemajuan bangsa ke depan,” tegas Kapuspen TNI.

Persiapan TNI dalam rangka pengamanan Pemilu melibatkan prajurit dari Sabang sampai Merauke, “Kita akan membantu Polri sampai dengan level TPS, juga pendistribusian logistik sampai ke titik TPS yang ditentukan. “Insyaallah dengan pengalaman TNI selama ini, itu bisa dicapai, dan sampai tepat waktu, guna menyukseskan agenda Nasional,” kata Mayjen TNI Gumelar.

“Kami dari TNI menghimbau agar pelaksanaan Pemilu nanti dapat berjalan dengan baik dan lancar, TNI siap bersama-sama dengan Polri serta seluruh masyarakat untuk mewujudkan ini. Kami dan kita semua bisa terus menjalani kehidupan ini ke depan dengan baik untuk mewujudkan Negara Indonesia yang makmur dan sejahtera. Bersama rakyat TNI kuat,” tutup Kapuspen TNI.

Kasum TNI Pimpin Sertijab Danpuspom TNI dan Dandenma Mabes TNI

By On January 30, 2024

(Puspen TNI). Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen TNI Bambang Ismawan mewakili Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto memimpin Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Pusat Polisi Militer (Danpuspom) TNI dan Komandan Detasemen Markas (Dandenma) Mabes TNI, bertempat di Aula Gatot Soebroto Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (30/1/2024).

Sertijab Danpuspom TNI dari Marsda TNI R. Agung Handoko, S.H., M.M., M.H., kepada Brigjen TNI Yusri Nuryanto, S.I.P., dan Dandenma Mabes TNI dari Brigjen TNI (Mar) Nawawi, S.E., M.M., kepada Brigjen TNI Wawan Hermawan tersebut berdasarkan Keputusan Panglima Tentara Nasional Indonesia Nomor Kep/73/I/2024 tanggal 19 Januari 2024

Dalam sambutannya, Kasum TNI menyampaikan, serah terima jabatan di lingkungan TNI merupakan salah satu bagian dari proses pembinaan organisasi, khususnya berkaitan dengan pembinaan personel dalam rangka memelihara dinamika, meningkatkan kinerja serta memastikan berlangsungnya proses kaderisasi kepemimpinan guna peningkatan efektivitas dan optimalisasi pencapaian tugas pokok TNI. 

Saat ini dapat dirasakan dengan adanya kepercayaan masyarakat yang tinggi kepada TNI. Tidak sedikit apresiasi juga pujian yang diperoleh terkait dengan kinerja maupun komitmen TNI dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. “Apresiasi serta pujian tersebut tidak menjadikan kita terlena dan berpuas diri, melainkan terus bekerja lebih giat lagi dalam mewujudkan  organisasi TNI yang profesional, responsif, integratif, modern, dan adaptif dihadapkan dengan kompleksitas tugas di masa mendatang,” papar orang nomor dua di tubuh TNI.

Lebih lanjut Kasum TNI menjelaskan upaya penegakan hukum dan disiplin Prajurit TNI menempati posisi yang sangat penting serta memberi dampak positif sebagai keteguhan sikap serta perilaku Prajurit TNI. “Hal ini harus kita wujudkan dimana dalam penyelenggaraannya secara tegas dan berwibawa untuk meningkatkan kedisiplinan  serta kepatuhan hukum para Prajurit TNI baik perorangan maupun satuan,” ujar Letjen Bambang Ismawan.

“Upaya menciptakan budaya kerja, penguatan kapasitas organisasi, kapabilitas personel,  materiil dan instalasi, serta tugas protokoler dan pelayanan dalam mendukung perwujudan suasana kerja yang kondusif dan harmonis  di lingkungan Mabes TNI tidak terlepas dari ketersediaan dukungan sarana dan prasarana yang memadai agar tercipta kinerja yang optimal,” pungkas Kasum TNI.

Aspers Panglima TNI: Manajer Satuan Pengamanan Harus Memiliki Skil
Menganalisa Tugas dan Memecahkan Permasalahan Pengamanan

By On January 30, 2024

(Puspen TNI). Pelatihan keterampilan kualifikasi Gada Utama bersifat pengembangan yang bertujuan menghasilkan Manajer Satuan Pengamanan (Satpam) yang memiliki sifat mental, kepribadian, dan memiliki keterampilan Manajer Security dengan kemampuan melakukan analisa tugas, mengelola sumber daya serta pemecahan permasalahan pengamanan.

Hal tersebut disampaikan Aspers Panglima TNI Marsda TNI Arif Widianto, S.A.B., M.Tr.(Han)., CHRMP., dalam amanatnya yang dibacakan oleh Waaspers Panglima TNI Brigjen TNI Budi Eko Mulyono saat menghadiri pembukaan Program Pembekalan Keterampilan Kualifikasi Gada Utama TA. 2024 yang dibuka oleh  Dirpotmas Korbinmas Baharkam Polri Brigjen Pol Edy Murbowo, S.IK., M.Si., bertempat di Park Hotel Cawang, Jakarta Timur, Senin (29/1/2024).

Program  pembekalan keterampilan kualifikasi Gada Utama merupakan satu dari tujuh program pembekalan keterampilan yang diselenggarakan Mabes TNI dalam hal ini Spers TNI yang bekerja sama dengan PT. Bharata Satya Sejahtera (BSS Group) dan Korbinmas Baharkam Polri.

Pelaksanaan pembekalan keterampilan Gada Utama tahun 2024 ini merupakan angkatan ke-2 yang dilaksanakan oleh Spers TNI dan diikuti oleh 37 peserta Perwira Tinggi (Pati) dan Perwira Menegah (Pamen) jajaran Mabes TNI dan Angkatan dari tanggal 28 Januari sampai dengan 2 Februari 2024.

Dengan diselenggarakannya Bektram kualifikasi Gada Utama ini diharapkan kompetensi Security Manager sebagai pengemban amanah pendelegasian tugas fungsi Kepolisian terbatas dapat mempertanggungjawabkan  keberadaan, fungsi dan perannya.

Kompetensi sebagai pedoman kerja satuan pengamanan kualifikasi Gada Utama meliputi 7 (tujuh) unit kompetensi yakni: menentukan tingkat resiko, keamanan area kerja, menentukan tingkat kerawanan area kerja, menyusun rencana pengamanan, menyusun standar operasional prosedur, melaksanakan manajemen tanggap darurat, menangani konflik di lingkungan kerja, dan menyusun desain simulasi pengamanan.

Pembekalan keterampilan ini juga didukung oleh tenaga pengajar dari Mabes Polri (Baharkam) dan juga peserta diberikan wawasan mendalam dalam menghadapi tantangan keamanan yang kompleks.

Jelang Latihan Super Garuda Shield 2024, Ini Yang Disiapkan TNI

By On January 29, 2024

(Puspen TNI). Tentara Nasional Indonesia akan kembali menggelar latihan multi nasional terbesar se Asia Pasifik, Super Garuda Shield tahun 2024. Terkait hal tersebut, Mabes TNI melaksanakan Konferensi Perencanaan Awal (Bahas Inggris: Initial Planning Conference) Latihan Gabungan Bersama (Latgabma) Super Garuda Shield tahun 2024, bertempat di Ballroom Kridangga, Century Park Hotel Senayan, Jakarta Pusat, Senin, (29/1/2024).

Asisten Operasi (Asops) Panglima TNI Laksamana Muda Rahmad Jayadi, M.Tr. (Han)., selaku Ketua Delegasi TNI membuka secara resmi Konferensi Perencanaan Awal yang dihadiri oleh perwakilan perencana latihan (Planner) dari TNI AD, TNI AL dan TNI AU serta perwakilan Atase Pertahanan negara-negara asing yang akan berpartisipasi dalam latihan tersebut.

Dalam sambutannya, Asops Panglima TNI mengungkapkan bahwa tujuan diselenggarakannya konferensi awal ini yakni untuk membangun kepercayaan dan meningkatkan pengembangan kapasitas, khususnya kepada seluruh peserta delegasi yang akan terlibat dalam latihan ini. Selain itu, konferensi ini juga sebagai wadah untuk saling menyamakan persepsi dalam rangka menciptakan skenario terbaik agar tercapainya tujuan dan sasaran latihan. 

“Kepada delegasi TNI, jangan ragu-ragu untuk membangun komunikasi dua arah dengan seluruh delegasi negara-negara yang terlibat, karena ini momen yang tepat untuk kalian bertukar pengalaman baik terkait latihan maupun operasi,” ujar Asops menutup sambutannya.

Dalam konferensi yang akan berlangsung selama empat hari ini, seluruh peserta delegasi duduk bersama merencanakan dan mempersiapkan skenario latihan termasuk jumlah personel, Alutsista, aset serta material yang akan dilibatkan dalam latihan.

Untuk diketahui, Konferensi Perencanaan Awal Super Garuda Shield tahun 2024 ini dihadiri oleh perwakilan 18 negara sahabat di antaranya Indonesia sebagai tuan rumah, Amerika Serikat, Australia, Jepang, India, Kanada, Korea, Australia, Jerman, Perancis, Inggris, Selandia Baru, Belanda, Singapura, Malaysia, Timor Leste, Vietnam dan Thailand.

Satgas Pamtas Yonarhanud 8/MBC Gagalkan UpayaPenyelundupan Miras Ilegal
di Nunukan

By On January 29, 2024

(Puspen TNI). Satgas Pamtas Yonarhanud 8/MBC, berhasil menggagalkan upaya penyelundupan puluhan botol minuma keras dari Malaysia di Desa Bambangan, Sebatik Barat, Nunukan, Kalimantan Utara, Minggu (28/1/2024).

Operasi bersama yang dilakukan oleh kedua satuan tersebut berhasil mengidentifikasi dan menangkap penyelundup yang berusaha menyusupkan miras ilegal dari Tawau  ke Nunukan di Pos Bukit Keramat Sebatik Tengah. Tindakan tegas dan cepat dilakukan oleh Satgas Pamtas Yonarhanud 8/MBC, sehingga upaya penyelundupan tersebut dapat digagalkan.

Wadansatgas Pamtas Yonarhanud 8/MBC Kapten Arh M. Khairul Basyri mengatakan bahwa keberhasilan tersebut berkat pengembangan dari informasi yamg diterima Satgas bahwa akan ada miras ilegal masuk melalui Sebatik. Personel Satgas langsung melakukan sweeping terhadap pelintas batas yang menggunakan kendaraan dan berhasil  mengamankan miras dengan merk Black Jack’s. “Untuk saat ini barang bukti sebanyak 72 botol miras merk Black Jack’s asal Malaysia kita amankan, untuk selanjutnya akan diserahkan ke Bea Cukai untuk proses lebih lanjut,” jelas Kapten M. Kharul

Operasi ini menjadi salah satu upaya nyata dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah perbatasan, sekaligus memberikan kontribusi positif dalam memberantas kegiatan ilegal yang dapat merugikan masyarakat setempat.

Selain berhasil menyita puluhan botol miras Black Jack’s, satuan ini juga terus melakukan patroli dan pengawasan ketat guna mencegah kemungkinan upaya penyelundupan lainnya. Keberhasilan operasi ini menunjukkan komitmen yang tinggi dari Satgas Pamtas Yonarhanud 8/MBC dalam menjaga keamanan di perbatasan Kalimantan Utara.

Babinsa Koramil 1714-01/Mulia Ajarkan Mencuci Tangan Yang Bersih Kepada
Anak-Anak Se-Wilayah Mulia

By On January 29, 2024

Puncak Jaya – Babinsa Koramil 1714-01/mulia Serda David melaksanakan kegiatan memberikan contoh mencuci tangan dengan benar kepada anak-anak kecil se-wilayah Mulia, Kabupaten Puncak Jaya, Senin (29/01/2024).

Babinsa Koramil 1714-01/Mulia Serda David mengatakan, kepada anak-anak agar selalu cuci tangan pakai sabun karena untuk mengurangi kematian kuman bakteri yang menempel pada tangan yang kotor dan jari jari tangan yang menempel kotoran atau jarang membersihkan.

“Maka dari itu kami mengadakan kegiatan ini di setiap kampung dan sekolah terutama kepada anak-anak kecil se-wilayah Mulia, Kabupaten Puncak Jaya dengan memberikan pembelajaran 6 cara mencuci tangan pakai sabun,” ujarnya.

Serda David memperaktekkan cara membersihkan yaitu pertama telapak tangan ditelungkupkan bergantian, mengatup kedua tangan, mengunci kedua tangan, putar ibu jari. Selanjutnya gosok ujung jari sampai rata dan di bilas pakai air bersih.

Masyarakat Kampung Usir mengucapkan terima kasih kepada Babinsa yang turut hadir dan memberi contoh yang baik kepada anak-anak, sehingga tahu cara mencuci tangan pakai sabun supaya dilaksanakan di sekolah maupun rumah. “Kami merasa sangat senang atas kehadiran bapak Babinsa yang setiap harinya selalu mengecek kami di kampung serta peduli kepada kami dan masyarakat sangat senang sekali,” ucapan salah satu masyarakat binaanya ibu Mia Telenggen. (Pen Kodim 1714/PJ)

Dandim 1425 Jeneponto Dukung Program Pemerintah Dalam Pencegahan
Stunting Di Indonesia

By On January 28, 2024

(Puspen TNI). Sebagai bagian dari komitmen untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak-anak yang mengalami stunting di wilayahnya, Komandan Kodim (Dandim) 1425 Jeneponto  Letkol Inf Muhammad Amin, S.IP.  mengunjungi anak asuh stunting dalam upaya memberikan asupan gizi yang optimal di Kelurahan Tamanroya, Tamalatea Jeneponto Sulawesi Selatan. Jumat (26/1/2023).

Didampingi Danramil 03 Tamalatea, Lurah Tamanroya dan Babinsa, selaku bapak asuh anak stunting, Dandim 1425 Jeneponto menyambangi Halif (8 bulan) anak dari pasangan keluarga Saripuddin/Astria memberikan bantuan berupa paket asupan tambahan makanan bergizi dan donasi.

“Pemberian bantuan asupan tambahan makanan ini sangatlah penting untuk pemulihan gizi anak-anak balita dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi anak-anak yang kekurangan asupan gizi yang menyebabkan masa pertumbuhan anak tersebut tidak normal,” ujar Letkol Muhammad Amin.

Stunting merupakan masalah yang sangat penting yang harus ditindaklanjuti secara serius oleh semua pihak. Selain mempengaruhi kondisi tubuh, stunting juga mempengaruhi kecerdasan dan kesehatan anak-anak.

Lebih lanjut Dandim 1425 Jeneponto menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dan merupakan upaya TNI dalam mendukung program pemerintah dalam penanganan dan pencegahan masalah stunting di Indonesia khususnya di Kabupaten Jeneponto.

“Diharapkan dengan bantuan ini agar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dengan tetap menjaga pola makan anak, sehingga mampu menurunkan angka stunting khususnya di Kabupaten Jeneponto,” harap Letkol Muhammad Amin.

 Ini merupakan kegiatan integratif yang melibatkan TNI dan masyarakat sebagai upaya bersama dalam menciptakan lingkungan yang mendukung tumbuh kembang generasi penerus, karena kesehatan anak-anak merupakan investasi bagi masa depan bangsa

Bakamla RI Evakuasi Korban Kapal Terbalik di Muara Kalibaru, Jakarta
Utara

By On January 27, 2024

(Bakamla RI/Indonesian Coast Guard). Bakamla RI yang tergabung dalam Tim SAR gabungan berhasil menemukan korban kecelakaan kapal terbalik di Muara Kalibaru, Cilincing Kodya, Jakarta Utara, Sabtu (27/1/2024).

Adapun informasi awal didapat dari keluarga korban melawati yang melaporkan pada Rabu (25/1) pukul 22.30 WIB kepada pos SAR Muara Kalibaru bahwa Wamu (60 thn) hilang saat mencari ikan. Perahu yang digunakan terbalik akibat diterjang ombak besar. 

Atas dasar laporan tersebut, Tim SAR gabungan langsung melaksanakan pencarian pada Jumat (26/1). Tim SAR menyisir area tempat kejadian namun hingga malam hari korban belum diketemukan. Oleh karena faktor cuaca dan kondisi gelap, pencarian dilanjutkan keesokan harinya. 

Pada Sabtu (27/1) pukul 07.30 WIB, tim SAR Gabungan kembali memulai pencarian korban dengan kembali menyisir area tempat kejadian. Setelah melakukan pencarian, Tim SAR gabungan berhasil menemukan jasad korban pada pukul 11.28 WIB. 

Jasad korban ditemukan dalam posisi mengambang dengan jarak kurang lebih 100 m dari lokasi pencarian. Rencananya,  jasad korban yang berhasil ditemukan akan diantarkan ke rumah duka.

Pencarian dilakukan menggunakan Rescue Carrier, Perahu Rubber Boat, Kapal SAR Selam dan Air. Selama pencarian berlangsung, faktor yang menghambat yakni, cuaca hujan yang disertai dengan angin kencang dan banyaknya kapal besar yang melintas. 

Pada kesempatan ini, Bakamla RI menerjunkan 7 personel dengan ketua tim Sertu Bakamla Julian Yudha P dan Tim SAR gabungan yang terlibat yakni dari Basarnas, Polsek Kalibaru, KSOP dan Syahbandar Tanjung Priok, BPBD dan Damkar DKI Jakarta Utara. (Humas Bakamla RI)

Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif 742/SWY Gagalkan Upaya
Pelolosan Barang Ilegal

By On January 26, 2024

(Puspen TNI).  Pasukan TNI yang bertugas menjaga pengamanan perbatasan (Pamtas) RI-RDTL dari Satuan Tugas (Satgas) Yonif 742/SWY gagalkan penyelundupan barang melalui jalur tikus dari Indonedia tujuan RDTL, tepatnya di hutan Gurugu, Desa Makir, Kecamatan Lamaknen, Kabupaten Belu, Jumat (26/1/2024).

Informasi berawal dari laporan anggota Bea Cukai kepada Satgas TNI yang bertugas di perbatas RI-RDTL bahwa di hutan Gurugu garis perbatasan dua negara sering digunakan sebagai jalur pelolosan barang antar kedua negara.

Dari informasi tersebut Danpos Turiscain Kipam II Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif 742/SWY Sertu Achmad Hanavy, melakukan tindakan responsif dengan memerintahkan anggota untuk melaksanakan patroli gabungan dengan Bea Cukai dan Polri.

Patroli gabungan tersebut membuahkan hasil menyita 10 krat minuman soda, 5 bal tembakau, dan 40 liter bahan bakar minyak subsidi jenis solar berhasil digagalkan Tim Gabungan, namun pelakunya berhasil meloloskan diri.

Untuk penyelidikan dan penindakan hukum lebih lanjut, barang bukti diserahkan langsung oleh Danpos Turiscain kepada pihak Wilfridus Wila Kuji selaku Kasi Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Atambua yang juga ikut bersama-sama patroli.

Pucuk Pimpinan Tertinggi Militer AS Telpon Panglima TNI, Ada Apa?

By On January 26, 2024

(Puspen TNI). Bertempat di Wisma Yani, Menteng Jakarta Pusat, Kamis (25/1/2024), Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima panggilan telpon dari Ketua Gabungan Kepala Staf Angkatan Bersenjata Amerika Serikat (bahasa Inggris: Chairman of the Joint Chiefs of Staff) Jenderal Charles Q. Brown, Jr., yang menelpon langsung dari Markas Besar Angkatan Bersenjata di Pentagon, Washington DC, Amerika Serikat.

Mengawali pembicaraan, Jenderal Bintang Empat yang juga seorang mantan pilot jet tempur ini mengucapkan selamat atas pengangkatan Jenderal Agus sebagai Panglima TNI dan berharap hubungan yang telah terjalin erat antara militer AS dan TNI akan semakin baik.

Jenderal Brown menyampaikan bahwa kepemimpinan seorang Panglima TNI di kancah regional sangat penting utamanya bagi keamanan di wilayah Indo Pasifik. Ditambahkannya, keketuaan Indonesia di ASEAN juga telah membuat hubungan negara-negara anggota ASEAN semakin erat sehingga mendorong terciptanya stabilitas keamanan di kawasan.

Dalam kesempatan tersebut, Jenderal Brown juga mendukung penuh upaya Panglima TNI memodernisasi TNI dalam rangka melaksanakan tugas menjaga kedaulatan NKRI. Dukungan tersebut menurutnya akan dituangkan dalam bentuk peluang kerjasama di berbagai bidang utamanya modernisasi Alutsista.

Menanggapi yang disampaikan Jenderal Brown, Panglima TNI menegaskan bahwa sebagai Panglima TNI, dirinya memiliki visi untuk mewujudkan Alutsista TNI yang modern sehingga TNI akan selalu responsif dan adaptif terhadap tuntutan tugas serta spektrum ancaman sesuai dinamika perkembangan geopolitik dan geostrategis dunia.

Terkait Latihan Gabungan Bersama Super Garuda Shield (SGS) yang tidak hanya melibatkan TNI dan Angkatan Bersenjata AS, Jenderal Brown sangat mengapresiasi output yang dihasilkan dari latihan militer multilateral terbesar di kawasan Asia Pasifik. “Saya sangat senang, saya mendengar tahun 2024 ini ada 24 negara yang akan ikut berpartisipasi,” ujarnya. 

Sebelum mengakhiri pembicaraan, Jenderal Brown mengundang Panglima TNI untuk dapat menghadiri Konferensi Panglima Angkatan Bersenjata yang diselenggarakan oleh Komando Indo Pasifik AS (USINDOPACOM) di Hawaii Juli mendatang.

Kapuspen TNI Kunjungi Divisi Humas Polri Perkuat Sinergitas

By On January 25, 2024

(Puspen TNI). Kepala Pusat Penerangan TNI (Kapuspen TNI) Mayjen TNI Dr. Nugraha Gumilar, M.Sc., didampingi Wakapuspen TNI Brigjen TNI Teguh Pudji Raharjo, Kabidinfonet Kolonel Laut (KH) Bayu Kurnianto, Kabid MC Kolonel Sus Aidil, dan Kabidpenpas Kolonel Kav Antonius Totok YP, mengunjungi Divisi Humas Polri di Jl. Aditiyawarman No. 35-37, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (25/01/2024).

Kedatangan Kapuspen TNI beserta rombongan disambut oleh Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dr. Sandi Nugroho, S.I.K., S.H., M.Hum., bersama Karo Multi Media Brigjen Pol Gatot S., Karo Penmas Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, S.I.K., Karo PID Brigjen Pol Tjahyono Saputro, Kabagrenmin Kombes Pol Erlangga, dilanjukan dengan foto bersama di depan pintu masuk kantor Divisi Humas Polri.

Kunjungan Kapuspen TNI dalam rangka silaturahmi dan memperkuat sinergitas TNI-Polri khususnya di bidang kehumasan. Kesempatan itu dimanfaatkan Kapuspen meninjau portal berita di Humas Polri serta menyaksikan bagaimana pemberitaan maupun bagaimana menyiarkan berbagai informasi yang diselenggarakan oleh Divisi Humas Polri saat ini.

“Puspen TNI merasa terhormat bisa mengadakan pertemuan secara langsung dengan jajaran Divisi Humas Polri, guna mengedepankan pemberitaan maupun informasi TNI – Polri yang berimbang,” ujarnya.

“Puspen TNI juga dapat menyaksikan publikasi informasi kepada masyarakat melalui sistim Pengelolaan Informasi Terpadu agar betul-betul mendapatkan informasi yang benar,” tambah Kapuspen TNI.

Menurut Kapuspen TNI, kunjungan ini merupakan kunjungan awal ketika pertama kali menjabat sebagai Kapuspen TNI sekaligus memperkenalkan diri, sehingga hubungan antar keduanya dapat berlangsung dengan semakin baik ke depannya. “Sinergitas antara Puspen TNI dengan Divisi Humas Polri, juga menjadi momentum saling belajar dan bertukar ilmu terutama kaitanya dengan berita dan publikasi,” pungkasnya.

Pertemuan yang berlangsung hangat dan terlihat akrab tersebut, diakhiri dengan saling memberikan cinderamata berupa plakat dari Puspen TNI dan Kadiv Humas Polri.

Lestarikan Lingkungan, Satgas Kompi Zeni TNI Konga Laksanakan
Enviromental Focal Point Training

By On January 25, 2024

(Puspen TNI). Bentuk peran serta kontingen Satgas di MINUSCA dalam pelestarian lingkungan di daerah misi, personel Satgas Kizi TNI Konga XXXVII-J Multidimentional Integrated Stabilization Mission in the Central African Republic (MINUSCA CAR) mengikuti “Enviromental Focal Point Training” yang di selenggarakan oleh Enviroment Unit of MINUSCA CAR, bertempat di Ucatex Main Conference Room. Bangui, Afrika Tengah. Selasa (23/01/24).

Enviroment Unit merupakan unit yang dibentuk oleh UN bergerak dibidang kelestarian dan keberlangsungan lingkungan, serta berperan untuk memberikan sosialisasi dan pelatihan kepada seluruh kontingen baik militer maupun polisi yang bertugas di MINUSCA agar ikut peran dalam menjaga lingkungan di daerah misi.

Kegiatan pelatihan tersebut membahas tentang pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan di daerah misi, hal ini berkaitan dengan kelestarian alam di Republik Afrika Tengah yang mana sumber daya alam tersebut dapat terus terjaga dan dinikmati oleh masyarakat lokal hingga generasi selanjutnya, sesuai instruksi Panglima TNI “PRIMA” yaitu resposif dimana  prajurit Satgas cepat tanggap terhadap pelestarian lingkungan di daerah misi.

Kontingen dari Indo Eng Coy yang diwakili Kapten Czi Agus Prianto (Danton Markas), Lettu Czi Satria (Pasilog Satgas), Letda Ckm dr. Ahmad Hilmi Fahmi (Dokter Satgas), dan Serka Suparman (Basilog Satgas) dengan antusias mengikuti pelatihan yang dipimpin langsung oleh Mr. Sahon Flan selaku Chief Environtmen Unit.

Pada kesempatan tersebut, Mr. Sahon menekankan kepada seluruh kontingen UN, agar dapat ikut berperan dalam upaya pelestarian lingkungan, baik di dalam maupun di luar camp, sebagai contoh dalam manajemen air dan limbah, pengelolaan sampah padat, sampah biomedis dan material berbahaya yang dapat merusak dan mencemari lingkungan.

Cegah Kekerasan Terhadap Wanita Dan Anak Afrika, Female Peacekeepers
Indo RDB Laksanakan Night Vehicle Patrol

By On January 25, 2024

(Puspen TNI). Satgas Indo RDB XXXIX-E/MONUSCO melaksanakan Night Vehicle Patrol yang dipimpin langsung oleh Letda Inf Sandro beserta enam Female Peacekeepers Indo RDB dalam rangka menjaga keamanan dan kedekatan, serta mencegah kekerasan terhadap wanita dan anak-anak Afrika. Dilanjutkan kegiatan sosialisasi hidup sehat dan anjangsana yang bertempat di wilayah Desa Kibonge dan Desa Mayitatu, Komanda, Republik Demokratik Kongo, Selasa (23/1/2024).

Kegiatan Night Vehicle Patrol dilaksanakan di Desa Bogi dimana saat malam hari banyak aktifitas masyarakat khususnya perempuan yang berjualan disepanjang jalan. Tiba di tujuan, pasukan langsung melaksanakan patroli sekaligus berinteraksi dengan masyarakat untuk memastikan bahwa masyarakat bisa berjualan dengan aman. Kegiatan ini sesuai dengan visi TNI PRIMA yakni profesional, responsif, integratif, modern dan adaptif.

Keesokan harinya dilaksanakan sosialisasi hidup sehat yang bertempat di Secondary School Desa Kibonge dan disambut langsung oleh kepala sekolah Mr. Charles, kegiatan ini diharapkan dapat membantu dalam mengatasi persoalan kesehatan yang terjadi dengan menerapkan pola hidup sehat. Metode yang digunakan personel Female Peacekeepers kepada anak-anak di sekolah melalui kegiatan sosialisasi kesehatan mulai dari cara sikat gigi, cuci tangan, dan juga menjaga pola hidup sehat.

Dalam kesempatan tersebut personel Female Peacekeepers mengunjungi Panti Sosial Asosiasi CEO atau lebih di kenal dengan pusat latihan keterampilan kerja, yang telah beroperasi selama tiga tahun yang terdiri dari 65 personel. Keseharian mereka melakukan latihan keterampilan kerja seperti menjahit bagi perempuan, serta membuat kerajinan kayu bagi laki-laki dengan tujuan nantinya mereka dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri dan memenuhi kebutuhan hidup mereka secara mandiri.

“Terima kasih dan apresiasi kepada Satgas Indo RDB yang telah berkunjung dan mengenal lebih dekat kehidupan penduduk wanita lokal di Komanda”. Ujar Mrs. La Rose, Ketua Komunitas Gender Basili.

Membangun Kolaborasi Positif, Kapuspen TNI Kunjungi Kompas Gramedia

By On January 24, 2024

(Puspen TNI). Mayjen TNI Dr. Nugraha Gumilar didampingi Kolonel Sus Aidil (Kabid Media Center), Kolonel Kav A. Totok (Kabid Penerangan Pasukan) dan Letkol Cba Tedy Rudianto (Kabid Penerangan Internasional) melakukan kunjungan kerja ke kantor Redaksi Kompas Gramedia yang beralamat di Jl. Palmerah Barat, Tanah Abang Jakarta Pusat, Selasa (23/1/2024). 

Sedangkan dari Kompas Grup hadir Vice President National News Directorate KG Media Bapak Budiman Tanuredjo, Bpk. Tri Agung Kristanto (Wakil Pemimpin Redaksi Harian kompas & Kompas.id),  Bpk. Amir Sodikin (Redaktur Pelaksana kompas.com), Ibu Caroline Damanik (Ast. Redaktur Pelaksana kompas.com),  Ibu Diamanty Meilliana (Editor Nasional kompas.com),  Bpk.  Arrozi Effendi (Head of PR KG MEDIA), Ibu Tita (Group Head Sales Kompas.com) dan Ibu Ery (Group Head Sales kompasiana). Hadir juga beberapa wartawan dan wartawati dari Kompas TV, Harian Kompas, Kompas.com dan Kompasiana.

Dalam sambutannya Kapuspen TNI mengucapkan terima kasih banyak kepada segenap redaksi yang telah menerima kunjungan kerja ini. “Kunjungan ini bertujuan untuk memperkuat kerja sama antara TNI dan Kompas dalam menyampaikan informasi yang akurat dan relevan kepada masyarakat,” katanya. 

Kapuspen TNI menyampaikan apresiasinya terhadap peran Kompas dalam menyebarkan informasi yang benar dan seimbang kepada masyarakat. “Pertemuan ini sebagai bagian dari upaya bersama dalam membangun pemahaman yang baik di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya. 

Kunjungan ini juga sebagai komitmen bersama untuk meningkatkan kualitas informasi dan mendukung transparansi dalam pelaporan kegiatan TNI. “Semoga kolaborasi positif antara TNI dan Kompas terus ditingkatkan guna membangun pemahaman yang lebih baik di kalangan publik,” pungkasnya. 

Sementara itu, dari  Vice President National News Directorate KG Media Bapak Budiman Tanuredjo menyatakan bahwa TNI dan Kompas itu sangat dekat, memiliki kesamaan visi dan pandangan yang sama untuk Negara. “Kompas menginginkan agar Negara ini tetap utuh dan tetap memelihara sistem-sistem yang ada,” ujarnya. 

Lebih lanjut Bapak Budiman mengatakan bahwa jabatan Kapuspen TNI itu tidak mudah, karena banyak diganggu lewat WA oleh teman-teman untuk konfirmasi berita. “Karena kalau terlambat memberikan konteks, informasi itu akan menjadi sangat liar,” jelasnya. 

Bapak Budiman juga mengungkapkan  bahwa sejak tahun 1998 sampai dengan sekarang, Kompas selalu membuat jajak pendapat atau survei longitudinal tentang TNI di mata masyarakat. “Tingkat kepercayaan publik kepada TNI paling tinggi bahkan lebih tinggi dari lembaga Presiden,” pungkasnya. 

Pertemuan Pejabat Puspen TNI dengan Penggawa Media Kompas Gramedia berlangsung sangat akrab dan penuh kekeluargaan. Diakhir kunjungan itu Kapuspen TNI dan rombongan diajak meninjau beberapa ruangan dan  suasana kerja di gedung Menara Kompas tersebut. Bahkan Kapuspen juga diajak melihat studio tempat dilaksanakan acara hiburan Semarak Satria. 

Belson Sinaga SH : Kejari Kabupaten Bogor Tak Serius Tangani Kasus
Korupsi

By On January 23, 2024

Bogor, Dibawah Komando Kepala Kejaksaan (Kajari), Kuncoro, Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Bogor Terkesan “mandul” dalam menangani kasus dugaan Korupsi Penyelewengan Pokok-pokok pikiran (Pokir) disejumlah Pejabat Anggota Legislatif setempat.

Hal itu disampaikan langsung oleh Belson sinaga, Selaku ketua BAIN HAM RI DKI JAKARTA (Badan Advokasi investigasi Hak Asasi manusia), RI .Belson. Bahkan menurutnya Kejari Kabupaten Bogor terkesan diam dan hanya menyaksikan kasus korupsi yang merajalela di daerah Kabupaten Bogor.

“Kejari Bogor Minim produk hukum. Untuk itu kami merekomendasikan dan meminta kepada Kejaksaan Agung (Kejagung RI) agar Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) dicopot,” tegas Belson sinaga S.H, selasa, Tgl (23/01/2024).

Belson menyampaikan, kalau memang pada kinerjanya tidak menghasilkan produk hukum dalam penetapannya, menurut kami Kejari itu mandul (tidak ada produk hukum) khususnya korupsi. Di kabupaten Bogor BAIN HAM RI akan melayangkan surat tertulis kepada Kejaksaan Agung untuk segera mencopot jabatan Kajari karena dinilai tidak memenuhi target penanganan kasus korupsi setiap tahunnya.

“Persoalan tersebut merupakan buntut dari lambatnya penanganan beberapa kasus, salah satunya kasus diduga adanya praktik kejahatan korupsi bagi-bagi kue didalam kekurangan volume, dan denda keterlambatan . Hal itu diungkap dengan adanya LHP BPK.TA.2020-2022

Belson menambahkan, mandulnya supremasi hukum di Kejaksaan Negeri Kabupaten Bogor patut dipertanyakan? Karena sepanjang Tahun sebelum satupun kasus yang dituntaskan oleh Kejari Kabupaten Bogor.

“Ini terlihat jelas, saat dihadapkan dengan Pejabat Pemerintah yang korup, Kejari seolah-olah tidak memiliki taring, Kejari tutup mata dan telinga seolah-olah hal ini tidak pernah terjadi. Salah satu contoh dalam kasus PAD,dan lain-lain.,” cecar sosok Belson tersebut.

Oleh karena itu, kata Belson, pihaknya sangat tidak setuju dengan apa yang dilakukan Kejaksaan, dimana terkesan diam dan tak mau bekerja.

“Yang jelas BAIN HAM RI RI DKI JAKARTA menganggap Kejaksaan Negeri Kabupten Bogor takut kepada pejabat koruptor di kabupaten Bogor atau mungkin Kejaksaan juga ikut masuk angin,” cetusnya.

Padahal, kata dia, sebagai Lembaga Penegak Hukum yang tahu tentang Undang-Undang, harus tegas mengambil keputusan karena korupsi sangat merugikan Negara juga masyarakat dan harus diberantas.

“Seseorang yang melakukan tindak kejahatan korupsi yang merugikan Negara harus diproses secara hukum yang berlaku, bukan diaminkan pun diamanin,” pungkasnya.

Atlet Voli Satgas Kizi TNI Konga XXXVII-J Juarai Turnamen Voli Antar
Satgas

By On January 23, 2024

(Puspen TNI). Selain berkompeten dalam bidang konstruksi, personel Satgas Kizi TNI Konga XXXVII-J juga tangguh dalam olahraga umum termasuk bola voli terbukti pada ajang bola voli yang diselenggarakan oleh EUTM Kontingen Garuda Indonesia keluar sebagai jawara. 

Kegiatan lomba voli antar kontingen di Super Camp of Minusca ini diselenggarakan oleh EUTM (Europe Union Training Mission) yang bertempat di Moana Camp.

Bangui, Minggu (21/01/24).

Turnamen bola voli yang berlangsung selama dua hari tersebut diikuti oleh beberapa kontingen di Minusca diantaranya Portugal QRF, Cambodian EOD, dan kontingen dari EUTM (Europe Union Training Mission) yang terdiri dari beberapa tim.

Dansatgas Kizi TNI Konga XXXVII-J Letkol Czi Ibnu Muntaha, M.Han terjun langsung memberikan dukungan kepada tim yang sedang berjuang membakar semangat para atlit dalam bertanding hingga akhirnya dapat meraih juara pertama. Hingga akhirnya Satgas Kizi TNI Konga XXXVII-J keluar sebagai juara pertama setelah mengalahkan tim voli dari kontingen Cambodian EOD pada partai final.

Diakhir turnamen guna mencairkan suasana personel Satgas Kizi TNI Konga XXXVII- J mengajak seluruh kontingen peserta turnamen untuk menari bersama dengan diiringi lagu Maumere asal Indonesia dilanjutkan pemberian piagam dan tropi juara oleh Brigadier General Tones Balan Cornel komandan EUTM selaku penyelenggara.

Keikutsertaan Pasukan Garuda dalam turnamen voli ini merupakan implementasi dari salah satu visi TNI PRIMA, yakni integratif. Kontingen Garuda di mana pun ditugaskan senantiasa menumbuhkan semangat integratif dan bersinergi dengan kontingen dari negara lain untuk mewujudkan kebersamaan dalam mengemban misi perdamaian dunia.

Kepala Bakamla RI Tanda Tangani Kerja Sama dengan Universitas Sam
Ratulangi

By On January 23, 2024

Manado, 23 Januari 2024 (Bakamla RI/Indonesia Coast Guard) — Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.,Oplsa., beserta jajaran mengunjungi Universitas Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara, guna menandatangani perjanjian kerja sama, Kemarin.

Kegiatan dibuka dengan sambutan Rektor Universitas Sam Ratulangi Prof. Dr. Ir. Oktovian B.A. Sompie, M.Eng., IPU., ASEAN Eng., dan dilanjutkan dengan sambutan Kepala Bakamla RI. Dalam sambutannya, Kepala Bakamla RI menyampaikan ucapan terima kasih atas kesempatan untuk menjalin kerja sama dengan Universitas Sam Ratulangi. Hal ini dilakukan dalam rangka menciptakan kesamaan cara pikir dan pandang guna melakukan pembangunan dan pengembangan potensi kemaritiman nasional yang merupakan tugas Bakamla RI sebagai penegak hukum.

Kepala Bakamla RI berharap dengan adanya perjanjian kerja sama ini dapat menghasilkan kebijakan dan strategi keamanan nasional yang inovatif dan aplikatif. “Saya sangat optimis, kerja sama ini akan memberikan kemanfaatan bagi kita, selaku praktisi dalam pengembangan strategi penegakan hukum dan kedaulatan, seta bagi akademisi dalam pengembangan teori dan konsepnya”, ujar beliau.

Penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dilaksanakan oleh Kepala Bakamla RI beserta Rektor Universitas Sam Ratulangi. Kegiatan ditutup dengan pertukaran cinderamata oleh Kepala Bakamla RI kepada Rektor Universitas Sam Ratulangi, serta sesi foto bersama. (Humas Bakamla RI)

Kapuspen TNI Kunjungi RRI Pusat Menjalin Silaturahmi dan Kerja Sama
Pemberitaan

By On January 22, 2024

(Puspen TNI). Kepala Pusat Penerangan TNI (Kapuspen TNI) Mayjen TNI Dr. Nugraha Gumilar, M.Sc., didampingi Plh Kabidpenum Kolonel Sus Aidil dan Kabidpenpas Kolonel Kav Antonius Totok YP, mengunjungi RRI Pusat, Jl. Medan Merdeka Barat 4 – 5, Jakarta Pusat, Senin (22/01/2024).

Kapuspen  beserta rombongan diterima di Ruang VIP Programa 3 dan disambut oleh Direktur Program dan Produksi Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI), Kepala Pusat Pemberitaan Bambang Dwiana, S.Sos., MM., dan Pranata Siaran Ahli Madya Yakobus Resubun, S.Sos.

Kunjungan silaturahmi Kapuspen TNI untuk memperkuat hubungan dengan RRI dalam rangka meningkatkan pemberitaan berbagai informasi kegiatan-kegiatan Tentara Nasional Indonesia (TNI) di seluruh Indonesia secara berimbang. Selain itu, Kapuspen juga berharap RRI dapat berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman dalam publikasi atau jurnalis.

Dalam kesempatan tersebut, Kapuspen TNI melaksanakan wawancara siaran langsung di Programa 3 RRI dengan tema dialog tentang netralitas TNI dalam menghadapi Pemilu 2024. 

Pesawat Super Hercules C-130 J Perkuat TNI Matra Udara

By On January 22, 2024

(Puspen TNI). Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto mendampingi Presiden RI Joko Widodo menyaksikan penyerahan pesawat Super Hercules C-130 J unit keempat pesanan Indonesia untuk memperkuat TNI AU di Terminal Selatan Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (24/1/2024).

Penyerahan pesawat dengan nomor ekor atau tail number A-1344 itu dari Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto kepada Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Presiden Joko Widodo meninjau terlebih dahulu ketiga pesawat yang akan diserahkan, selanjutnya membuka tirai Skuadron Udara 31 yang bakal menjadi markas pesawat angkut produksi Lockheed Martin, Amerika Serikat itu. Presiden juga memecahkan kendi dan melakukan penyiraman air kembang pada ujung kepala pesawat.

Selanjutnya Menhan Prabowo Subianto menyerahkan miniatur kunci pesawat kepada Kepala Staf TNI AU (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo sebagai tanda matra udara sebagai operator pesawat Super Hercules.

“Pesawat Super Hercules C130J ini adalah pesawat angkut yang telah kita pesan beberapa tahun lalu dan penting sekali untuk keperluan perang (OMP) maupun non perang (OMSP),” kata Jokowi usai serah terima.

“Pesawat ini bisa mengangkut 120 prajurit dan muatan kira-kira 20-an ton. Saya kira sangat bagus untuk negara sebesar Indonesia negara kepulauan yang kadang-kadang airportnya banyak memiliki runway yang pendek, ini bisa oleh super Hercules dan bisa terbang kira-kira 11 jam nonstop,” tambah Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Prabowo juga menyerahkan secara simbolis hasil refurbishment helikopter Fennec dan suku cadangnya kepada TNI AD yang diterima langsung oleh Kasad. Berdasarkan pengamatan, ada empat unit helikopter Fennec yang digelar di lokasi. Prabowo juga menyerahkan hasil refurbishment dan suku cadang helikopter Panther AS 565 MBE kepada TNI AL yang diterima langsung oleh Kasal. Tiga unit helikopter Panther AS 565 MBE digelar di lokasi, dari delapan yang dilakukan refurbishment.

Untuk diketahui, Indonesia memesan lima unit pesawat Super Hercules C-130J. Dan sudah ada empat Super Hercules yang tiba di Tanah Air.

Diakhir acara, Panglima TNI menyempatkan meninjau stand sembako murah yang diadakan oleh TNI AU di Apron Terminal selatan Bandara Halim Perdanakusuma, sebagai bentuk kepedulian Kemhan kepada TNI dan Keluarganya.

Turut hadir diantaranya, Menhan, Ketua Komisi I DPR RI, Panglima TNI, KASAD, KASAL, Kasau, Asrenum Panglima TNI, Aslog Panglima TNI, Dirut PT Pindad, PT. DI, PT DSI, Dubes AS, Athan AS, Perwakilan Lockheed Martin, Airbus, PT Pyramid dan para undangan.

Panglima TNI Rotasi dan Mutasi 114 Perwira Tinggi TNI

By On January 20, 2024

(Puspen TNI). Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto merotasi dan mutasi sejumlah  jabatan strategis di lingkungan TNI. Rotasi dan mutasi itu berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/73/I/2024 tanggal 19 Januari 2024 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

“Telah resmi ditetapkan mutasi dan promosi jabatan 114 Pati (Perwira Tinggi) TNI terdiri dari: 59 Pati TNI AD, 33 Pati TNI AL, dan 22 Pati TNI AU,” ujar Kapuspen TNI, Mayjen TNI Nugraha Gumilar dalam keterangan tertulis, Sabtu (20/1/2024).

59 Pati TNI AD yaitu: Mayjen TNI Amad Sugiyono, S.E., M.M., dari Warek Bid. Keuangan dan Umum Unhan menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Brigjen TNI Dr. Jati Bambang P., S.I.P., M.A.P., dari Karo Ortala Setjen Kemhan menjadi Warek Bid. Keuangan dan Umum Unhan, Kolonel Arm Sanggam David M.Tampubolon, S.Sos., dari Kabag Fas RB dan Akim Ro Ortala Setjen Kemhan menjadi Karo Ortala Setjen Kemhan, Brigjen TNI Slamet Riyadi, S.Sos., M.Si., dari Kapuslitbang Sumdahan Balitbang Kemhan menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Kolonel Inf Afson Riswandi Sirait, S.E., dari Kabag Sisjamtu Diklat Set. Badiklat Kemhan menjadi Kapuslitbang syumdahan Balitang Kemhan., Brigjen TNI Rifki, S.E., M.M., dari Bandep Ur. Informasi dan Pengolahan Data pada Deputi Bid. Sistem Nasional Setjen Wantannas  menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Kolonel Czi Heriyanta Imanuel Sembiring, S.I.P., dari Pamen Denmabesad menjadi Bandep Ur. Informasi dan Pengolahan Data pada Deputi Bid. Sistem Nasional Setjen Wantannas.

Brigjen TNI G. Taufan Gestoro dari Kapoksahli  Bais TNI menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Kolonel Inf Rudy Mohamad Ramadhan dari Paban Utama F-3 Dit F Bais TNI menjadi Kapoksahli Bais TNI, Brigjen TNI Yusri Nuryanto, S.I.P., dari Ir. Puspomad menjadi Danpuspom TNI, Mayjen TNI I Ketut Duara, S.E., M.Tr (Han)., dari Danseskoad menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Mayjen TNI Agus Prangarso, S.Sos., dari Aspers Kasad menjadi Danseskoad, Brigjen TNI Arief Gajah Mada, S.E., M.M., dari Dirter Pusterad menjadi Aspers Kasad, Brigjen TNI Farouk Pakar, S.Pd., M.Han., dari Kapoksahli Pangdam IX/Udy  menjadi Dirter Pusterad, Brigjen TNI Agus Muchlis Latif, S.I.P., M.M., dari Dandrem 163/WSA (Denpasar) Kodam IX/ Udy menjadi Kapoksahli Pangdam IX/ Udy, Kolonel Inf Ida Bagus Ketut Surya W, S.E., dari Pamen Ahli Bid. Kermamil Kodiklatad menjadi Danrem 163/WSA (Denpasar) Kodam IX/Udy, Mayjen TNI Dr. dr. Lukman Ma’ruf Sp.BS(K)., M.Kes., M.H., dari Waka RSPAD Gatot Soebroto menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Brigjen TNI Dr. dr. Moh. Arif Hariyanto, S.Pb., FICS., dari Wakapuskesad  menjadi Waka RSPAD Gatot Soebroto, Brigjen TNI dr. I Made Mardika, Sp.PD., M.A.R.S.,  dari Dokter Ahli Bid. Cellcure RSPAD Gatot Soebroto menjadi Wakapuskesad, Kolonel Ckm dr. Dwi Edi Wahono dari Kainstal Patologi Anatomi RSPAD Gatot Soebroto menjadi Dokter Ahli Bid. Cellcure RSPAD Gatot Soebroto.

Brigjen TNI dr. Ismi Purnawan,  SP.JP(K), M.A.R.S., FIHA., dari Dirprofnakes RSPAD Gatot Soebroto  menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Kolonel Ckm Bima Wisnu Nugroho, Sp.THT., M.Kes., dari Paban VII/ Kes Slogad menjadi Dirprofnakes RSPAD Gatot Soebroto, Brigjen TNI Totok Suhartono dari Kapoksahli Pangdam V/ Brw menjadi Staf Khusus Kasad, Kolonel Inf Ramli, S.E. dari Irut I/ Ada DN Itada Itben Irjenad menjadi Kapoksahli Pangdam V/Brw, Brigjen TNI Danang Wiranta dari Pak Sahli Tk. II Kasad Bid. Wassus menjadi Staf Khusus Kasad, Brigjen TNI Iskandar, S.Sos., dari Kapoksahli Pangdam XII/Tpr menjadi Pa Sahli Tk. II Kasad Bid. Wassus, Kolonel Wahyu Marhaendro, S.Sos., M.Hum., dari Irut- VII Binjahril Itpers Itum Irjenad menjadi Kapoksahli Pangdam XII/Tpr, Brigjen TNI Dadang Rukhiyana, S.E., M.Si., dari Irdam XVI/Ptm  menjadi Staf Khusus Kasad, Brigjen TNI Muhammad Ali, S.H., dari Ir Seskoad menjadi Irdam XVI/ Ptm, Brigjen TNI Gausudin Amin Yusup, S.I.P., dari Dankorsis Seskoad menjadi Ir Seskoad, Kolonel Inf Jamaludin, S.H., dari Danrem 083/BJ Kodam V/ Brw menjadi Dankorsis Seskoad.

Brigjen TNI Suteikno Suleman dari Asisten Deputi Koordinasi Doktrin dan Strategi Pertahanan Kemenko Polhukam menjadi Staf Khusus Kasad, Kolonel Arh Pontjo Wasono KP, S.H., dari Kepala Bid. Ancaman Intelijen Kemenko Polhukam menjadi Asisten Deputi Koordinasi Doktrin dan Strategi Pertahanan Kemenko Polhukam, Kolonel Czi Kun Wardana, S.Sos., dari Kepala Bid. Kesadaran Bela Negara Lingkungan Masyarakat Kemenko Polhukam menjadi Sekretaris Deputi Bid. Koordinasi Kesatuan Bangsa Kemenko Polhukam, Brigjen TNI Suratno, S.I.P., dari Kepala Biro Humas Settama Lemhannas menjadi Tenaga Ahli Pengajar Bid. Ekonomi dan Lemhannas, Brigjen TNI Dani Wardhana, S.Sos., M.M., M.HAN., dari Karo Perencanaan Lemhannas menjadi Kepala Biro Humas Settama Lemhannas, Brigjen TNI Dedy Irwanto, S.E., M.M., CFrA., dari Irum Itjen TNI menjadi Staf Khusus Kasad, Brigjen TNI Deki Santoso Pattinaya dari Pa Sahli Tk. II Wassus Sahli Bid. Wassus dan LH Panglima TNI menjadi Irum Itjen TNI, Kolonel Inf Heri Prakosa Ponco Wibowo dari Pamen Denmabesad menjadi Pa Sahli Tk. II Wassus Sahli Bid. Wassus dan LH Panglima TNI.

Brigjen TNI I Wayan Suarjana, S.E., M.M., dari Asintel Kaskogabwilhan I menjadi Asintel Kaskogabwilhan II, Brigjen TNI Bambang Herqutanto, M.Han., dari Asintel Kaskogabwilhan II menjadi Asintel Kaskogabwilhan I, Brigjen TNI Teguh Pudji Rahardjo dari Waka Puspen TNI menjadi Pa Sahli Tk. II Kumham dan Narkoba Sahli Bid. Sosbudkum HAM dan Narkoba Panglima TNI, Brigjen TNI Wawan Hermawan dari Kapoksahli Pangdam III/Slw menjadi Dandenma Mabes TNI, Kolonel Inf Sugiyono dari Wadirdik Sdirdik Seskoad menjadi Kapoksahli Pangdam III/Slw, Brigjen TNI Febriel B. Sikumbang, S.H., M.M., dari Danrem 161/WS (Kupang) Kodam IX/Udy menjadi Waasops Panglima TNI, Kolonel Inf Joao Xavier Barreto Nunes dari Pamen Ahli Bid. Jemen Sishanneg Sahli Pangdam XVII/Cen menjadi Danrem 161/WS (Kupang) Kodam IX/Udy, Brigjen TNI Wirana Prasetya Budi, S.E., dari Pa Sahli Tk. II LH Sahli Bid. Wassus dan LH Panglima TNI menjadi Pa Sahli Tk. II Kasad Bid. Komsos, Brigjen TNI Budi Suharto, S.I.P., M.Si., dari Pa Sahli Tk. II Kasad Bid. Komsos menjadi Pa Sahli Tk. II LH Sahli Bid. Wassus dan LH Panglima TNI, Brigjen TNI Wahyu Jiantono, S.I.P., dari Pa Sahli Tk. II Kasad Bid. Was Afrika dan Timteng menjadi Staf Khusus Kasad.

Brigjen TNI Ujang Darwis, MDA., dari Kasdam IV/Dip menjadi Pa. Sahli Tk II Kasad Bid. Was Afrika dan Timteng, Brigjen TNI Budi Irawan, S.I.P., M.Si., dari Staf Khusus Kasad menjadi Kasdam IV/Dip, Brigjen TNI Benyamin, S.H., M.M., dari Wadan Puspom TNI menjadi Staf Khusus Kasad, Brigjen TNI Marsudi Sarwono, S.H., M.Si.,M.Tr (Han) dari Ir Pussenkav menjadi Staf Khusus Kasad, Brigjen TNI Penly T.P. Sinaga, S.I.P., M.Si., dari Irlat Irjen TNI menjadi Ir Pussenkav, Kolonel Inf Achmad Daeng Leo dari Kasrem 031/WB (Pekanbaru) Kodam I/BB menjadi Irlat Irjen TNI, Brigjen TNI Edi Febriyanto dari Staf Khusus Kasad menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Mayjen TNI Dwi Darmadi, S.Sos., dari Staf Khusus Kasad menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Brigjen TNI Yos Firmansyah, S.T., M.M., dari Staf Khusus Kasad menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), dan Brigjen TNI Faisal Ahmadi, S.I.P., M.M., dari Staf Khusus Kasad menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun).

33 Pati TNI AL yaitu: Laksdya TNI Heru Kusmanto, S. E, M.M., M.Tr.Opsla., dari Pangkoarmada RI menjadi Pati Mabes TNI AL (dalam rangka Pensiun), Laksda TNI Dr. Denih Hendrata, S. E, M.M., CHRMP., dari Pangkoarmada II menjadi Pangkoarmada RI, Laksda TNI Ariantyo Condrowibowo, M.Tr.Opsla., dari Pa Sahli Tk III Bid. Polkamnas Sahli Panglima TNI menjadi Pangkoarmada II, Laksma TNI Urip Bambang Widjanarko,0 S.E., dari Staf Khusus Kasal menjadi Pa Sahli Tk III Bid. Polkamnas Sahli Panglima TNI, Laksma TNI Joko Sulistyanto, S. H., M.Hum., dari Set Badiklat Remhan Dir Perangkat Hukum Internasional pada Deputi Bid. Kerma Internasional BNPT menjadi Pati Mabes TNI AL  (dalam rangka Pensiun), Laksma TNI Dr. Imam Subekti, S.H., M.H., dari Kaotmil III Surabaya Babinkum TNI menjadi Set Badiklat Remhan Dir. Perangkat Hukum Internasional pada Deputi Bid. Kerma Internasional BNPT, Kolonel Laut (KH) Dr. Ali Ridlo, S.H., M.M., dari Kabidum Babinkum TNI menjadi Kaotmil III Surabaya Babinkum TNI.

Brigjen TNI (Mar) Eddy Setiawan, M.M., dari Ses Itjenal menjadi Pati Mabes TNI AL  (dalam rangka Pensiun), Laksma TNI Achman Santoso, S.E., M.Han., M.M., CRMP., dari Paban Renprogar Ditum Akademi TNI menjadi Ses Itjenal, Kolonel Laut (S) Azil Sadagori Achmad, S.A.P., CRMP., dari Paban Renprogar Ditum Akademi TNI menjadi Ir Koarmada Ill, Brigjen TNI (Mar) Novarin G., M.M.S., S.E., M.Tr.(Han)., dari Pa Sahli Tk. II Sosbud Sahli Bid. Sosbudkum HAM dan Narkoba Sahli Panglima TNI menjadi Pati Mabes TNI AL  (Meninggal Dunia), Kolonel Laut (P) Dian Poernomo Sidhi, M.Tr.Hanla., dari Paban III/Binkar Spers TNI menjadi Pa Sahli Tk. II Sosbud Sahli Bid. Sosbudkum HAM dan Narkoba Sahli Panglima TNI, Laksma TNI Trismawan Djonisajoko, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., dari Tenaga Ahli Pengajar Madya Bid. Ilpengtek Lemhannas menjadi Karo Perencanaan Settama Lemhannas, Kolonel Mar Dr. Budi Santoso, M.A.P., M.Tr.Opsla., dari Paban III Kurdik Kodiklatal menjadi Tenaga Ahli Pengajar Madya Bid. Ilpengtek Lemhannas.

Brigjen TNI (Mar) Freddy Ardianzah dari Pa Sahli Tk. II Kumham dan Narkoba Sahli Bid. Sosbudkum HAM dan Narkoba Panglima TNI menjadi Waka Puspen TNI, Mayjen TNI (Mar) Markos, S.E., dari Aspotmar Kasal menjadi Pati Mabes TNI AL  (dalam rangka Pensiun), Brigjen TNI (Mar) Dr. Hermanto, S.E., M.M., CSBA., CTMP., dari Tenaga Ahli Pengkaji Bid.  Wawasan Nusantara Lemhannas menjadi Aspotmar Kasal, Brigjen TNI (Mar) Y. Rudy Sulistyanto, S.E., dari Danpasmar 2 Kormar menjadi Tenaga Ahli Pengkaji Bid. Wawasan Nusantara Lemhannas, Brigjen TNI (Mar) Muhammad Nadir, M.Tr.Opsla., dari Danpusdikbangspes Kodiklat TNI menjadi Danpasmar 2 Kormar, Brigjen TNI (Mar) Nawawi, S.E., M.M., dari Dandenma Mabes TNI menjadi Danpusdikbangspes Kodiklat TNI, Brigjen TNI (Mar) Efhardian, M.Tr.Opsla., dari Dirlitbang Pusjianstralitbang TNI menjadi Staf Khusus Kasal (dalam rangka Dik PPRA LXVI Lemhannas), Kolonel Laut (P) Muhammad Tohir, dari Dir. Renbang Puspenerbal menjadi Dirlitbang Pusjianstralitbang TNI.

Laksma TNI A.M. Liston Sirait, S.H., M.Tr.Opsla., CHRMP., dari Bandep Ur Perencanaan Kontijensi Depolstra Setjen Wantannas menjadi Staf Khusus Kasal (dalam rangka Dik PPRA LXVI Lemhannas), Laksma TNI Judijanto, S.T., CHRMP., CIQnR., CIQaR., M.Si., CTMP., dari Ka Koordos Seskoal menjadi Bandep Ur Perencanaan Kontijensi Depolstra Setjen Wantannas, Laksma TNI Riduwan Purnomo, S.T., M.M., ClQnR., ClQaR., dari Kapoksahli Koarmada I menjadi Ka Koordos Seskoal, Kolonel Laut (S) Buddy Suseto, S.E., M.Si. (Han)., Ph.D., dari Kaprodi Magister Strategi dan Kampanye Mil Fakultas Strahan Unhan Kemhan menjadi Kapoksahli Koarmada I, Laksma TNI Ashari Alamsyah, CHRMP., dari Kadisminpersal menjadi Staf Khusus Kasal (dalam rangka Dik PPRA LXVI Lemhannas). 

Laksma TNI Uki Prasetia, S.T., M.M., dari Dosen Ahli Latgab Sesko TNI menjadi Kadisminpersal, Laksma TNI Dores Afrianto Ardi, S.E., M.Si., M.Han., CHRMP.,  dari Danlantamal I Blw Koarmada I menjadi Dosen Ahli Latgab Sesko TNI, Kolonel Mar Jasiman Purba, S.E., CHRMP., dari Dandenma Mabesal menjadi Danlantamal I Blw Koarmada I, Laksma TNI Tunggul, M.Han., dari Askomlek Pangkoarmada RI menjadi Staf Khusus Kasal (dalam rangka Dik PPRA LXVI Lemhannas), Kolonel Laut (E) Ilham Army Ritonga, S.H., dari Paban IV Hublu Kersin Sintelal menjadi Askomlek Pangkoarmada RI, dan Laksma TNI R. Kukuh Sulistijono, M.M. M.Si. (Han)., dari Staf Khusus Kasal menjadi Pati Mabes TNI AL (dalam rangka Pensiun).

22 Pati TNI AU yaitu Marsda TNI Maman Suherman, M.A.P., dari Pa Sahli TK. III  Bid. Hubint Panglima TNI menjadi Staf Khusus Kasau, Marsma TNI Drs. Muh. Arief Damopolii dari Kadiswatpersau menjadi Pa Sahli TK.III Bid. Hubint Panglima TNI, Marsma TNI I Nyoman Suadnyana,  S.T., M.M., dari Dirdik Kodiklatau menjadi Kadiswatpersau, Marsma TNI Ferdinand Roring dari Direktur Operasi Udara Maritim pada Deputi Bid. Operasi dan Latihan Bakamla menjadi Dirdik Kodiklatau, Marsma TNI Bambang Somantri, S.I.P., M.Si., dari Tenaga Ahli Pengkaji Madya Bid. SKA Lemhanas menjadi Direktur Operasi Utara Maritim pada Deputi Bid. Operasi dan Latihan Bakamla, Kolonel Pnb Somad, S.I.P., dari Paban 1/Bindok Ditdok Kodiklatau menjadi Tenaga Ahli Pengkaji Madya Bid. SKA Lemhanas, Marsda TNI R. Agung Handoko, S.H., M.M., M.H., dari Danpuspom TNI menjadi Pati Mabes TNI AU (dalam rangka pensiun).

Marsda TNI R. Bambang Ismiyadi dari Askomlek Kasau menjadi Pati Mabes TNI AU (dalam rangka pensiun), Marsda TNI I Made Susila A, dari Staf Khusus Kasau menjadi Askomlek Kasau, Marsma TNI Dwi Antep Isnugroho dari Waaslog Kasau menjadi Pati Mabes TNI AU (dalam rangka pensiun), Marsma TNI Asfan Jauhari, S.A.P.,  M.Si., dari Staf Khusus Kasau menjadi Waaslog Kasau, Marsma TNI Wastum, S.E., M.MP., MS (NSSS)., dari Waasops Panglima menjadi Staf Khusus Kasau (dalam rangka Dik PPRA LXVI Lemhanas), Marsma TNI Mohamad Satriyo Utomo, S.H., dari Kandisopslatau menjadi Staf Khusus Kasau (dalam rangka Dik PPRA LXVI Lemhanas), Marsma TNI Adrian P. Damanik, S.T., M.M., dari Asren Koopsudnas menjadi Kadisoplatau, Marsma TNI Suliono, S.Sos., dari Waasops Kasau menjadi Asren Koopsudnas, Marsma TNI Mochammad Untung Suropati, S.E., dari Staf Khusus Kasau menjadi Waasops Kasau.

Marsma TNI M. Yani Amirullah dari Kas Koopsud III menjadi Staf Khusus Kasau (dalam rangka Dik PPRA LXVI Lemhanas), Marsma TNI Esron Sahat B. Sinaga S.Sos., M.A., dari Staf Khusus Kasau menjadi Kas Koopsud III, Marsma TNI Jajang Setiawan, SM., M.Han., PSC(J)., dari Dan Kosek 1 Koopsud 1 menjadi Staf Khusus Kasau (dalam rangka Dik PPRA XLVI Lemhanas), Kolonel Pnb Totok Ginanto, S.T., M.A.P., M.Han dari Paban 1/Ren Sops Kaskoopsudnas menjadi Dan Kosek 1 Koopsud 1, Kolonel Pom Bambang Suseno dari Irutsus Itum Itjenau menjadi Wadan Puspom TNI, Marsda TNI Hari Mursanto dari Staf Khusus Kasau menjadi Pati Mabes TNI AU (dalam rangka pensiun).

Gerak Cepat, Satgas Indo RDB XXXIX-E/MONUSCO Bantu Evakuasi Truk FARDC

By On January 20, 2024

(Puspen TNI). Satgas Indonesian Rapid Deployment Batalion (Indo RDB) XXXIX-E/MONUSCO kembali melakukan langkah cepat dalam memberikan bantuan proses evakuasi kendaraan truk FARDC yang mengalami kecelakaan bertempat di Desa Waka, Bogoro, Republik Demokratik Kongo. Kamis (18/1/2024)

Merespon cepat adanya kejadian yang dialami truk FARDC yang sedang dalam kegiatan pengambilan kayu bakar. Ini menunjukan sikap responsif terhadap kesulitan  satuan lain. Hal ini selaras dengan Visi TNI PRIMA (Profesional, Responsif, Integfatif, Modern, Adaptif).

Tim yang dipimpin Sertu Helmi dengan sigap bergerak menuju Desa Waka pada pukul 17.00 LT. Sepanjang perjalanan dari POB Bogoro sampai Desa Waka terpantau aktivitas warga masih berjalan normal.

Selama proses evakuasi berlangsung personel Satgas menggunakan alat berat dan juga tetap melaksanakan penjagaan di sekitaran tempat evakuasi. Ini demi menjaga keamanan dan kelancaran evakuasi. 

“Terima kasih kepada Indo RDB atas bantuannya dalam proses evakuasi kendaraan truk kami. Kami sangat salut dengan respon cepat dari Indo RDB,” ucap Komandan Special Force Bunia Kolonel Bravo.

Rencana Kontijensi Evakuasi WNI Lebanon, Satgas MTF XXVIII-O/UNIFIL
Laksanakan Tabletop Exercise (TTX)

By On January 20, 2024

(Puspen TNI) Guna memantapkan rencana kontijensi evakuasi WNI di Lebanon, Satgas MTF TNI XXVIII-O/UNIFIL melaksanakan Tabletop Exercise (TTX) selama 2 hari dengan metode hybrid di ruang rapat KBRI Beirut (18 Januari 2024) dan ruang Pusat Informasi Tempur (PIT) KRI Diponegoro-365. (19/I/24) 

Kegiatan TTX di pimpin oleh Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia, Kementerian Luar Negeri dengan menghadirkan seluruh stake holder diantaranya: Dit PWNI, para Dubes terkait, Mabes TNI, BAIS, para Dansatgas TNI di Lebanon, dan pihak-pihak terkait lainnya. TTX merupakan salah satu metode untuk menguji rencana kontijensi yang telah disusun oleh KBRI Beirut sehingga semua pelaku memiliki pola pikir dan pola tindak yang sama serta rencana tersebut dapat dilaksanakan dengan aman dan lancar.

Adapun evakuasi melalui jalur laut dari Lebanon menuju Cyprus menggunakan KRI Diponegoro-365 merupakan opsi yang akan dilaksanakan apabila evakuasi jalur udara tidak memungkinkan. “Kapal perang sesuai aturan internasional merupakan suatu negara yang memiliki kekebalan diplomatik seperti halnya KBRI Beirut, sehingga evakuasi WNI menggunakan KRI Diponegoro-365 merupakan opsi yang paling aman”.

Hal tersebut sesuai Visi Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto terkait dengan TNI PRIMA (Profesional, Responsif,  Integratif, Modern dan Adaptif) yang akan diwujudkan dalam rencana evakuasi WNI di Lebanon.

Siap Operasional, Heli HS-1305 o/b KRI Diponogoro-365 Penuhi
Persyaratan PBB

By On January 19, 2024

(Puspen TNI) Heli HS-1305 o/b KRI Diponegoro-365 yang tergabung dalam Satgas MTF TNI XXVIII-O UNIFIL melaksanakan Contigent Own Equipment (COE) dan safety inspection oleh personel dan tenaga ahli dari PBB  di Dermaga 4 Beirut, Lebanon pada Minggu, 18/1/2024.

Tim COE dan safety inspection PBB berjumlah 4 orang yang di pimpin oleh Mr Anatoly Fialka sebagai Civilian Chief TCQA didampingi oleh LCDR Cengiz Veffa Ekici (N4), Major Thalis Aguiar (J3) dan Major Gustavo Reinbold (Mission Aviation Safety Officer). Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan bahwa seluruh peralatan, pesawat dan perlengkapan lainnya dalam kondisi baik serta memenuhi segala persyaratan yang di butuhkan untuk menjalankan misi PBB yang di emban. 

Pilot-1 Satgas, Kapten Laut (P) Rangga Birawa, menjelaskan bahwa kegiatan yang dilaksanakan meliputi pemeriksaan kondisi teknis, kelengkapan administrasi dan kualifikasi kompetensi yang harus dipenuhi. Di akhir kegiatan, tim COE memberikan briefing singkat tentang hasil pemeriksaan.

Hal tersebut  dilaksanakan karena dalam penggunaan Alutsista harus memiliki standar dari PBB dalam melaksanakan tugas-tugas perdamaian.  Kegiatan tersebut  sesuai dengan Visi Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dalam mewujudkan TNI PRIMA (Profesional, Responsif, Integratif, Modern dan Adaptif) khususnya penggunaa alutsista yang Modern.

Dansatgas Kizi TNI Konga XXXVII-J MONUSCA cek perbaikan gudang senjata
dan amunisi di Camp Egypty Fpu

By On January 19, 2024

(Puspen TNI). Dansatgas Kizi TNI Konga XXXVII-J MONUSCA Letkol Czi Ibnu Muntaha, M.Han mengecek pekerjaan perbaikan gudang amunisi dan senjata di Camp Egypt Fpu. Bangui, Rabu (17/01/2024).

Pekerjaan perbaikan di Camp Egypt Fpu berawal dari permintaan kontingen Egypt kepada U8 dan selanjutnya U8 meminta kepada Indonesian Engineering Company disini adalah Kontingen Satgas Kizi TNI Konga XXXVII-J MONUSCA yang mempunyai kapasitas dalam bidang kuntruksi dan bangunan. Pekerjaan tersebut dikerjakan langsung oleh personel pleton Vertikal yang dipimpin Letda Czi Bagas Danan Driyafyoga, S. tr.(Han) selaku Danton Vertikal untuk melaksanakan pekerjaan perbaikan gudang amunisi dan senjata di Camp Egypt Fpu.

Proses pengerjaan perbaikan di Egypt Fpu diantaranya adalah perbaikan Hesco, Levelling Ground, pembuatan Consertina dan pemindahan container yang mana lokasi pekerjaan tersebut akan digunakan sebagai gudang amunisi dan senjata.

Komandan Kontingan Egypt Fpu Lt. colonel Ahmed Abdelnasser mengucapkan terimakasih kepada Kontingen Satgas Kizi TNI Konga XXXVII-J MONUSCA atas kerjasama yang baik dalam pelaksanaan pekerjaan di Camp Egypt Fpu dan berharap semoga kerjasama ini dapat meningkatkan hubugan baik antar negara khususnya yang saat ini sedang bertugas di MINUSCA.

Kegiatan yg dilaksanakan Satgas Kizi TNI Konga XXXVII-J MONUSCA merupakan implementasi dari TNI PRIMA (profesional,responsif, integratif, modern dan  adaptif) yang menjadi Visi Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, Khususnya  Responsif dan Integratif  dalam melaksanakan tugas negara sebagai Satgas PBB.

Ciptakan Rasa Aman, Satgas Indo RDB XXXIX-E/MONUSCO Long Range Mission
(LRM) Di Desa Boya

By On January 19, 2024

(Puspen TNI)  Long Range Mission (LRM) yang dipimpin langsung oleh Dankiban, Kapten Inf Agustinus Lembang beserta 11 personel Satgas melaksanakan Join Foot Patrol ke Desa Boya, Marabu, Republik Demokratik Kongo beberapa waktu yang lalu.

Kegiatan patroli di Desa Boya disambut langsung oleh Mr. Jhon Piter Zavier selaku Kepala Desa. Masyarakat merasa senang dan tenang atas kehadiran Satgas Indo RDB XXXIX-E/MONUSCO di Desa Boya. 

Situasi keamanan di Desa Boya relatif aman dan kondusif, serta tidak terjadi hal yang menonjol di Desa Boya. Disela kegiatan patroli, tim berkesempatan berinteraksi dan juga memberikan buku tulis serta buku gambar kepada anak-anak setempat.

Kepala Desa juga berharap agar patroli ini sering dilakukan oleh Satgas Indo RDB XXXIX-E/MONUSCO, karena masyarakat merasa aman dan nyaman dengan kehadiran patroli di Desa Boya.

Hal ini sejalan dengan Visi  Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto tentang TNI PRIMA (Profesional, Responsif, Integratif, Modern dan Adaptif) yang diwujudkan dalam responsif terhadap situasi keamanan masyarakat  desa setempat  dan Integratif saling menyatu bekerjasama dengan kepala desa  serta adaptif terhadap lingkungan di desa Boya.

Sidang Lanjutan Pemeriksaan Saksi Kasus Korupsi Basarnas

By On January 19, 2024

(Puspen TNI). Sidang lanjutan kasus Operasi Tangkap Tangan oleh KPK yang melibatkan terdakwa Letkol ABC dengan agenda mendengarkan keterangan 3 orang saksi, bertempat di Pengadilan Tinggi Militer II Jakarta, Jl. Raya Penggilingan Cakung, Jakarta Timur, Kamis (18/1/2024). 

Ketiga orang saksi itu antara lain HA, HW dan ES. Pemeriksaan saksi-saksi tersebut merupakan langkah awal dalam mengungkap fakta sebenarnya yang melibatkan terdakwa. 

Sidang dipimpin oleh majelis hakim Kolonel Chk Adeng, S.Ag.,S.H.,  dengan hakim anggota Kolonel Kum Siti Mulyaninggsih, S.H., M.H., Kolonel Chk Arwin Makal S.H., M.H., Panitera pengganti Mayor Chk Khairudin dengan Oditur Kolonel Laut (H) Wensaslaus Kapo. 

Sementara itu, terdakwa Letkol ABC didampingi Penasehat Hukum Letkol Kum Dedi S.H., Mayor Kum Dimas S.H., Mayor Chk Riki S.H., Mayor Chk Hasta S.H., Mayor Kum Edi S.H. 

Proses sidang yang digelar secara terbuka untuk umum, ini merupakan bagian dari upaya bersama untuk menegakkan keadilan dan berantas korupsi. Masyarakat diharapkan untuk tetap memberikan dukungan dalam upaya menjaga integritas dan moralitas.

Jalin Kerjasama Dalam Publikasi, Kapuspen TNI Kunjungi LKBN ANTARA

By On January 19, 2024

(Puspen TNI). Dalam upaya mempererat kerjasama dalam hal publikasi, dan peningkatan kemampuan sumber daya manusia, Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI Dr. R. Nugraha Gumilar, M.Sc., kembali melakukan silaturahmi ke Media. Kali ini yang dikunjungi adalah Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA di Wisma ANTARA B Jakarta Pusat,  Kamis (18/1/2024).

Kapuspen TNI didampingi Brigjen TNI Teguh Pudji Rahardjo (Wakapuspen TNI), Kolonel Laut (P) Agung Saptoadi (Kabidpenum), Kolonel Sus Aidil (Kabid MC), dan Kolonel Kav Antonius Totok, Y.P. (Kabidpenpas) diterima oleh Direktur Pemberitaan Perum LKBN ANTARA, Bapak Irfan Junaidi.

Selain memperkenalkan diri sebagai Kapuspen yang baru dan menyampaikan visi  TNI PRIMA, Kapuspen TNI menyampaikan harapannya untuk selalu bersinergi dengan ANTARA dalam  pemberitaan dan membentuk Pusat Penerangan TNI semakin profesional.

“Ancaman pertahanan tidak lagi konvensional, tetapi juga ada di dunia maya atau media sosial (Medsos) yang tumbuh subur karena kemajuan teknologi, berita-berita menyesatkan (hoaks) cepat memantik emosi publik dan menyulut perseteruan antar kelompok masyarakat,” kata Kapuspen TNI.

Kapuspen TNI memiliki pandangan terkait menyoroti isu yang dihadapi saat ini yaitu ancaman adu domba TNI dan rakyat serta adanya keraguan sebagian masyarakat terhadap netralitas TNI dalam Pemilu 2024. Sehingga diperlukan Kolaborasi Penerangan TNI dan Media untuk meminimalisir berita negatif, agar Pemilu damai NKRI utuh dapat terwujud.

 “Sekali lagi saya tegaskan bahwa TNI netral pada Pemilu 2024, TNI siap mengawal dan menyukseskan Pemilu 2024 agar tetap damai dan terselenggara dengan baik,” ucapnya 

Disisi lain Irfan Junaidi mengatakan, kerjasama antara Puspen TNI dan ANTARA menjadi penting, komitmen itu merupakan tugas yang melekat pada ANTARA sebagai satu-satunya kantor berita milik negara. ANTARA dan Puspen TNI sama-sama merah putih,” kata Irfan kepada Kapuspen TNI.

Selain pembahasan kerjasama di bidang pemberitaan, Kapuspen TNI berkeinginan meningkatkan kapasitas dan kemampuan sumber daya penerangan TNI agar mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi. ANTARA pun menerima dengan baik keinginan Kapuspen TNI dan siap mewadahi karena ANTARA memiliki lembaga pendidikan dan pelatihan yang tak terbatas pada jurnalistik saja tetapi juga manajemen komunikasi dan media serta kehumasan.

Pertajam Peran Dan Kemampuan Maritiman, KRI DIPONEGORO-365 Laksanakan
Induction Training

By On January 18, 2024

(Puspen TNI). KRI Diponegoro-365 yang sedang sandar di dermaga 4 Beirut, Lebanon melaksanakan kegiatan Induction Training di Lounge Room Tamtama, Rabu, (17/01/2024)

Kegiatan Induction Training dipimpin oleh DMTF-COS, Kolonel Laut (P) Abdul Harris, S.E., M.M.D.S., dan didampingi oleh para Maritime Task Force (MTF) staf yang berasal dari Indonesia, Bangladesh, Jerman dan Yunani. 

Adapun materi Induction Training merupakan standar dari PBB yang meliputi paparan dari MTF-N1 Personnel and Staff, MTF-N2 Intelligence, MTF-N3 Operation, MTF-N4 Logistic, MTF-N5 Planning, MTF-N6 Communication and MTF-N7 Training. 

Komandan KRI Diponegoro-365, Letkol Laut (P) Wirastyo Haprabu mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menyamakan pola pikir dan pola tindak dalam Battle Rythm satu gugus tugas multinasional serta dapat mempertajam peran KRI Diponegoro-365 dalam MTF 448 United Nations Interim Force in Lebanon (UNIFIL).

Lebih lanjut disampaikan, kegiatan ini juga sejalan dengan visi Panglima TNI untuk mewujudkan personel Satgas yang profesional serta mengintegrasikan  visi dan misi negara – negara yang tergabung dalam Satgas MTF di bawah bendera UNIFIL.

Kegiatan diakhiri dengan pemberian cinderamata dan ditutup dengan foto bersama di Geladak Heli.

Panglima TNI Hadiri Pelantikan Hakim Mahkamah Konstitusi

By On January 18, 2024

(Puspen TNI). Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara pelantikan Hakim Konstitusi  dan Anggota Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) oleh Presiden RI Joko Widodo, bertempat di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis (18/01/2024).

Presiden Joko Widodo melantik Arsul Sani yang terpilih sebagai Hakim Konstitusi dan sembilan orang anggota  KPPU yakni M. Fanshurullah Asa, Aru Armando, Ridho Jusmadi, Gopprera Panggabean, Hilman Pujana, Moh. Noor Rofieq, Mohammad Reza, Eugenia Mardanugraha dan Budi Joyo Santoso berdasarkan hasil uji kelayakan dan kepatutan yang digelar di Komisi III DPR yang kemudian disahkan lewat rapat paripurna.

Dalam pelantikan ini turut hadir Wakil Presiden RI Ma’aruf Amin, Menkopolhukam Mahfud MD, Mensesneg Pratikno, Wakil Ketua MPR Muhammad Fadel, Ketua KY Amzulian Rifai, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo dan para Hakim MK.

Peduli Warga Gaza, KRI dr. Radjiman Bawa Misi Kemanusian Indonesia

By On January 18, 2024

(Puspen TNI). Kasum (Kepala Staf Umum) TNI Letnan Jenderal (Letjen) TNI Bambang Ismawan, S.E., M.M., bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melepas KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 mengemban misi kemanusiaan mengirimkan bantuan untuk korban konflik Gaza dari seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Bertempat di Dermaga Kolinlamil, Jakarta Utara, Kamis (18/01/ 2024).

Bantuan kemanusiaan dari berbagai elemen tersebut, telah terpacking rapi  dengan mencapai berat lebih dari 200 ton. Bantuan berupa, bahan makanan, obat-obatan, selimut, pakaian, perlengkapan bayi, pakaian wanita, susu, tenda lapangan, perlengkapan kebersihan, air mineral, perlengkapan ibadah, dan lain sebagainya.

Dalam acara pelepasan tersebut Menhan menyampaikan dengan penuh rasa prihatin ‘’hari ini akan berangkat misi kemanusian menyampaikan bantuan kepada saudara-saudara kita di Gaza, Palestina yang sedang mengalami musibah besar, penderitaan, serangan bertubi-tubi yang sudah di luar batas kemanusian, tanpa memperhatikan hukum-hukum Internasional’’.

Acara pelepasan diikuti 214 awak kapal KRI dr. Radjiman, yang dikomandani Kolonel Laut (P)  Bayu Dwi Wicaksono. Pelayaran akan menempuh rute Jakarta – Belawan – Al Arish – Jeddah– Batam dan kembali lagi ke Jakarta. Total waktu dari pelayaran ini hingga kembali ke tanah air ditargetkan akan mencapai waktu sekitar 52 hari perjalanan.

Terlihat beberapa keluarga awak Kapal yang ikut melepas mengharu dalam mengantar keberangkatan kapal tersebut. Para awak kapal mengemban tugas mulia  dan menjadi kebanggaan baik keluarga, bangsa dan tanah air.  Bantuan kemanusiaan yang dibawa diharapkan mampu meringankan kesusahan yang sedang dialami.

Sikap responsif melihat penderitaan masyarakat Palestina, dengan secara sigap dan cepat misi kemanusian diberangkatkan, sebagai wujud kepedulian dan menjaga perdamaian dunia. Ini mencerminkan Visi TNI PRIMA (Profesional, Responsif, Integratif, Modern, Adaptif).

Kapuspen TNI: Komitmen TNI Netral Pada Pemilu 2024, Ada Sanksi Menanti
Bagi Prajurit TNI Yang Tidak Netral

By On January 18, 2024

(Puspen TNI). Sejak awal Jenderal TNI Agus Subiyanto dilantik menjadi Panglima TNI, pernyataan pertama yang disampaikannya adalah TNI harus netral dan apabila ada prajurit yang tidak netral tentunya akan mendapatkan hukuman, pelanggaran netralitas oleh oknum anggota TNI tentunya ada sanksi dan disesuaikan dengan tingkat kesalahannya. Demikian ditegaskan Kapuspen TNI Mayjen TNI Nugraha Gumilar saat kunjungan kerjanya  ke Redaksi  tvOne  di Pulogadung, Jakarta Timur, Rabu (17/01/2024).

Kapuspen TNI mengatakan, TNI telah membuat buku saku Netralitas TNI sebagai pedoman bagi seluruh prajurit supaya prajurit betul-betul yakin mengerti dan paham bahwa apa yang harus dia lakukan dan tidak boleh dilakukan terkait Pemilu 2024 ini. TNI bekerja untuk bangsa dan negara, TNI akan berupaya sekuat tenaga agar pelaksanaan Pemilu 2024 ini dapat berjalan dengan damai, aman dan lancar. 

“Panglima TNI sudah memberikan perintah ke jajaran bawahan dan selalu mengadakan evaluasi kepada seluruh jajaran di bawah, dan kami juga menyadari tidak ada pelaksanaan tugas yang sempurna, namun kita berusaha melakukan dengan kemampuan kami untuk mengaplikasikan netralitas TNI ini dengan sebaik mungkin,” ujarnya.

Selain itu, TNI juga sudah menyiapkan seluruh sarana Alutsista (AD, AL, AU) yang dimiliki dan sudah disiapkan oleh Panglima TNI untuk membantu mendistribusikan logistik Pemilu sampai ke daerah-daerah terpencil. “TNI sudah mempetakan dan dalam hal ini sifatnya BKO ke Polisi, teman-teman Polisi akan berada di depan dan TNI siap melakukan penebalan untuk daerah-daerah yang mungkin perlu pengamanan dan perhatian khusus,” ucap Kapuspen TNI.

Kapuspen TNI mengungkapkan, daerah-daerah terpencil sudah ada Babinsa yang sudah paham dan mengenal daerah di wilayahnya dan para Babinsa sudah terbiasa menggunakan sepeda motor untuk mencapai sasaran yang dituju, “Makanya, kenapa TNI dilibatkan, karena TNI tahu persis daerah-daerah tertentu, bagaimana cara mencapai ke sana, distribusi logistik Pemilu semua sudah berjalan dan sebagian besar sudah sampai ke daerah-daerah, sampai saat ini belum ada kendala-kendala dalam angkutan, mudah-mudahan tidak ada dan bisa sampai ke TPS sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan,” jelasnya

Di sisi lain, Kapuspen TNI memastikan kepada seluruh masyarakat bahwa TNI siap menerima pengaduan, siap dikritik dan dalam rangka mengawas supaya Pemilu damai, TNI sudah bangun posko-posko pengaduan netralitas TNI yang ada di Satuan-Satuan TNI diseluruh wilayah Indonesia,  “Kalau ada oknum anggota TNI yang tidak netral, langsung lapor, laporan masyarakat kita akan tampung,  dan akan kita tindaklanjuti dengan berkoordinasi dengan Bawaslu tentunya, untuk meninal sejauh mana,  pelanggan tersebut dan sanksi apa yang sesuai dengan pelanggan tersebut,” imbuhnya.

“TNI pun merangkul teman-teman dari media untuk sama-sama membangun berita/informasi yang menyejukkan. Setelah pesta demokrasi ini, harapan kita semua bisa kembali hidup tenang, Pemilu dilaksanakan dengan lancar, kita bisa bekerja dengan baik, bisa menafkahi keluarga dengan baik dan ada hal yang lebih penting yaitu membangun bangsa ini ke depan harus semakin maju demi mencapai kesejahteraan untuk rakyat Indonesia,” pungkas Kapuspen TNI.

Kapuspen TNI Kunjungi iNews Media Group: Perkuat Silaturahmi dan Kerja
Sama Pemberitaan

By On January 18, 2024

(Puspen TNI). Kepala Pusat Penerangan TNI (Kapuspen TNI) Mayjen TNI Dr. Nugraha Gumilar, M.Sc., didampingi Kabidpenum Kolonel Laut (P) Agung Saptoadi, Kabidpenpas Kolonel Kav Antonius Totok YP dan Kabidpeninter Letkol Cba Tedi Rudianto mengunjung iNews Media Group yang berlokasi di iNews Center Lantai 10, MNC Center Complex, Jl. Kebon Sirih No.17-19, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (17/01/2024).

Kedatangan Kapuspen TNI beserta rombongan disambut oleh Deputi Director External inews Media Group Bapak Geong Rusdianto beserta Pemimpin Redaksi RCTI Herik Kurniawan, iNews.id Surya M. Said, MNC TV Risca Indah, GTV Ariyo Ardi, MNC Radio Network Gaib Maruto Sigit, Okezone Fetra Malona, Sindonews.com Dzikri Subhanie, dan COO IDX Chanel Masiron beserta jajaran Redaktur lainnya.

Kunjungan Kapuspen TNI dalam rangka memperkuat silaturahmi dengan Pemimpin Redaksi iNews Media Group, baik televisi maupun portal berita daring serta kerja sama pemberitaan guna menyiarkan berbagai informasi kegiatan-kegiatan Tentara Nasional Indonesia (TNI) di seluruh Indonesia.

“Puspen TNI merasa terhormat bisa mengadakan pertemuan secara langsung dengan jajaran Redaksi iNews Media Group, khususnya dalam upaya mengedepankan pemberitaan maupun informasi TNI yang berimbang,” ujarnya.

“Puspen TNI juga meminta bantuan kerja samanya dalam memberikan informasi supaya masyarakat betul-betul mendapatkan informasi yang benar,” tambah Kapuspen TNI.

Menurut Kapuspen TNI, pengalaman kerja sama Puspen TNI sudah berlangsung lama dengan iNews Media Group, sehingga dirinya meyakini hubungan antar keduanya dapat berlangsung dengan semakin baik ke depannya. “Kerja sama antara Puspen TNI dengan iNews Media Group, juga menjadi momentum saling belajar dan bertukar ilmu terutama kaitanya dengan pemberitaan,” pungkasnya.

Pertemuan yang berlangsung hangat dan terlihat akrab tersebut, diakhiri dengan saling memberikan cinderamata berupa plakat dari Puspen TNI dan iNews Media Group.

Ironis !!! Tramadol dan Eximer Di Jual Bebas Di Kota Sukabumi APH
Diduga Tutup Mata

By On January 17, 2024

Kab Sukabumi – Maraknya peredaran obat terlarang golongan (G) Tramadol dan Excimer di Wilayah Jalan stasiun Timur cipoho desa dayeuhluhur kecamatan warudoyong kota Sukabumi tidak membuat para pelaku merasa takut atas ancaman pidana yang menanti mereka.

Bahkan saat ini penjual Tramadol dan Excimer ini secara terang terangan membuka toko obat berkedok kios kontainer.

“Secara terang terangan pak, mereka melayani para pembeli yang biasa menkonsumsi Tramadol dan Excimer baik para pemuda maupun anak maupun remaja dibawah umur,” ketus warga di wilayah tersebut yang enggan disebut namanya. Rabu (17/01/2024).

Selanjutnya, kata dia, namun sayang praktek penjualan obat haram tersebut seakan luput dari pengawasan pihak APH terkait. Bahkan kata dia, hingga saat ini tidak pernah ada tindakan yang di lakukan.

“Saya curiga jangan – jangan mereka main mata dengan aparat. kok bisa mereka menjual obat haram secara bebas. Boro – boro pakai resep dokter yang belinya juga rata rata anak muda, “kata dia”.

Menurutnya, penjualan obat tramadol dan Excimer tidak dibenarkan dengan alasan apapun karena obat tersebut masuk salahsatu golongan narkotika.

“Penjualnya bisa dijerat pidana sesuai Pasal 196 Undang-undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan dengan ancaman pidana 10 tahun penjara, dan Pasal 197 UU Kesehatan Nomor 36 tahun 2009 dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara,” tegasnya.

Sementara saat dikonfirmasi, teman pemilik toko mengatakan silahkan saja kalau mau di beritakan,sudah sangat jelas namun tidak ada tindakan. kalau mau berkordinasi dirinya langsung akan menyambungkannya kepada Pemilik Toko. (B.A)

Optimalkan Fungsi Penerangan di lingkungan TNI Kapuspen TNI Kunjungi
Kasal

By On January 17, 2024

(Puspen TNI). Guna mengoptimalkan fungsi Penerangan di jajaran TNI, Kapuspen TNI Mayjen TNI Dr. Nugraha Gumilar, M.Sc., didampingi Waka Puspen TNI Brigjen TNI Teguh Pudji Rahardjo, Kolonel Inf I Ketut Murda (Kabidum), Kolonel Laut (P) Agung Saptoadi (Kabidpenum), Kolonel Sus Aidil (Kabdi MC), dan Kolonel Laut (KH) Bayu Kurnianto (Kabidinfonet) bersilaturahmi dengan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, bertempat di Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (16/1/2024).

Kegiatan ini adalah bentuk silaturahmi Kapuspen TNI Mayjen TNI Nugraha Gumilar sebagai pejabat baru yang menahkodai Puspen TNI. Hal ini ada keterkaitan tugas dengan Dispen TNI Angkatan Laut yang berada di bawah struktur TNI AL. Selain itu juga perlu ada kerjasama antara Puspen TNI dengan Dispenal dalam menyebarkan berita tentang TNI dan menggaungkan netralitas TNI dalam Pemilu kepada seluruh prajurit TNI.

“Kami berharap setiap prajurit TNI agar bijak dalam menggunakan media sosial dan berusaha untuk menangkal berita-berita negatif yang dapat memecah belah persatuan, menjelang Pemilu 2024,” kata Jenderal berbintang dua ini kepada Kasal.

Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali merespon positif apa yang disampaikan oleh Kapuspen TNI agar bersama-sama menekan berita negatif yang dapat memecah belah NKRI. “Hal ini sudah saya tekankan kepada seluruh jajaran TNI AL agar netral pada Pemilu 2024,” ujar Kasal.

Lebih lanjut, Kasal menyampaikan kepada Kadispenal Laksma TNI I Made Wira Hady Arsanta Wardhana yang turut mendampingi Kasal dalam pertemuan ini, agar menindaklanjuti kepada jajaran mengenai apa yang telah dibahas dalam pertemuan ini.

Panglima TNI Hadiri Deklarasi Pemilu Damai Lintas Ormas dan Lintas Agama

By On January 16, 2024

(Puspen TNI).  Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara Deklarasi Pemilu Damai lintas Ormas dan Agama yang digelar di Grand Sahid Jaya, Jl. Jenderal Soedirman Kav 86, Karet Tengsin, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (16/01/2024).

Deklarasi Pemilu Damai ini diprakarsai oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI), diikuti 87 organisasi lintas agama dan majelis agama di bawah naungan MUI dengan mengangkat tema “Mengawal Pemilu Damai, Jujur, Adil, Bermartabat”.

Dalam Deklarasi Pemilu Damai ini para Tokoh Bangsa Lintas Ormas Islam dan Lintas Agama, mengikrarkan 7 komitmen bersama yang harus dijaga dan dijalankan secara bersama-sama yaitu;

1.  Berkomitmen untuk menjaga dan mengawal proses demokrasi, sesuai tahapan Pemilu 2024 agar berjalan dengan aman, damai, jujur, adil dan bermartabat.

2.  Mengajak semua komponen bangsa untuk berpartisipasi aktif mendukung dan menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024.

3.  Mengajak seluruh Warga Negara Indonesia yang memiliki hak pilih untuk menggunakan haknya dengan penuh tanggung jawab.

4.  Mengajak semua pihak untuk ikut aktif melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap setiap tahapan pelaksanaan Pemilu agar berjalan sesuai aturan, berlangsung secara aman, damai, jujur, adil dan bermartabat.

5.  Mengajak semua Pemangku Kepentingan, Paslon, Timses, Parpol dan Elite Politik untuk bersikap sportif dan taat azas  dalam berkampanye dengan tidak menjadikan konten agama dan SARA sebagai bahan kampanye negatif dan bahan candaan.

6.  Mendesak seluruh komponen bangsa baik Pemerintah, peserta Pemilu maupun masyarakat untuk menerima hasil Pemilu yang dilaksanakan dengan netral, jujur, adil dan bermartabat.

7.  Mengajak seluruh komponen bangsa untuk menjadikan Pemilu sebagai pesta demokrasi yang menjunjung perbedaan pilihan, namun tetap menjaga persaudaraan dan persatuan.

Dalam acara tersebut turut hadir  Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan diwakilkan Wakil Menteri Agama, Ketua Komisi Pemilihan Umum, Ketum Majelis Ulama Indonesia, Pengurus Besar Nahdatul Ulama, Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Ketum Pengurus Besar Mathla’ul Anwar, Ketum Persatuan Gereja Indonesia, Ketum Konfrensi Wali Gereja Indonesia, Ketum Parisada Hindu Dharma Indonesia, Ketum Persatuan Umat Budha Indonesia dan Ketum Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia.

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Asintel Panglima TNI Mayjen TNI Djaka Budi Utama, Asrenum Panglima TNI Laksda Hery Puranto, Asops Panglima TNI Laksda TNI Rachmad Jayadi, Aster Panglima TNI Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno, Aslog Panglima TNI Laksda TNI Budi Sulistyo, Askomlek Panglima TNI Marsda TNI Kustono, Kapuspen TNI Mayjen TNI Dr. Nugraha Gumilar dan Kapusbintal TNI Laksma TNI Ian Heriyawan  serta tamu undanganlainnya.

Kolaborasi Indo RDB XXXIX -E/MONUSCO Tingkatkan Rasa Aman Kaum Wanita
Desa Tchabi

By On January 15, 2024

(Puspen TNI). Satgas Indo RDB XXXIX-E/MONUSCO Temporary Operating Base (TOB) Tchabi dan Female Engagement Team (FET) dalam rangka melaksanakan mandat protection of civilian berkolaborasi dengan tim Gender Integration Mentor yang diwakili oleh Captain Cecilia melaksanakan kegiatan anjangsana ke Asosiasi Wanita Desa Tchabi, Republik Demokratik Kongo, beberapa waktu lalu.

Kegiatan diawali dengan rapat tim Gender Integration Mentor di kantor desa Tchabi, dilanjutkan pertemuan dengan Asosiasi Wanita Desa Tchabi. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan semangat kepada Asosiasi Wanita Desa Tchabi, bahwa perdamaian bisa diciptakan dengan kerjasama antar kalangan. Kegiatan ini mendapat respon yang sangat baik dan antusias dari para wanita Desa Tchabi.

Dalam sambutannya Mrs. Angelia Babanilao mengajak semua kaum wanita untuk berpegangan tangan bersama,  mewujudkan perdamaian dan kebaikan bersama. “Percayalah kepada MONUSCO, karena MONUSCO ada untuk kita semua”, pungkasnya.

Selaku Ketua Asosiasi Wanita Desa Tchabi, Mrs. Angelia Babanilao mengucapkan banyak terima masih atas kunjungan yang kedua kalinya ini. Tentu ini merupakan perhatian yang lebih bagi Wanita Desa Tchabi.

Pelaksanaan kegiatan ini merupakan wujud dari Visi TNI PRIMA (Profesional, Responsif, Integratif, Modern,  Adaptif) Satgas Indo RDB XXXIX -E/MONUSCO TOB Tchabi adaptif melihat lingkungan sekitar sehingga tahu hal-hal yang dibutuhkan terutama rasa aman bagi kaum wanita warga Tchabi.

TNI dan Kejaksaan Agung RI Sinergikan Penegakan Hukum Koneksitas

By On January 15, 2024

(Puspen TNI).  Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, M.Sc,. melaksanakan kunjungan kerja ke Kejaksaan Agung Republik Indonesia dalam rangka membangun sinergitas dan kerja sama untuk saling menguatkan antar Lembaga dan Instansi terutama dalam penegakan hukum terkait koneksitas, bertempat di Jalan Sultan Hasanuddin No. 1 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (15/1/2024).

Dalam kunjungan perdananya Panglima TNI mengucapkan terima kasih atas penerimaan yang sangat hangat dalam silaturahmi rombongan Mabes TNI. Panglima TNI didampingi oleh Kasum TNI, Asintel, Asops, Aslog, Aspers, Akomlek, Kapuspen TNI, Kababinkum, Danpuspom TNI, dan Dandenma Mabes TNI serta Spri.

Panglima TNI mengatakan bahwa, kerja sama antara TNI dengan Kejaksaan Agung RI sudah ada dan belangsung dengan baik khususnya terkait penegakan hukum terkait koneksitas. “Pak Jaksa Agung. Kita sudah ada kerjasama antara TNI dengan Kejaksaan Agung itu per 6 April 2023 tentang kerjasama dalam pemanfaatan sumber daya manusia, dan peningkatan profesionalisme di bidang penegakan hukum, khususnya tentang koneksitas,” ujarnya. 

Panglima TNI juga mengapresiasi kinerja penanganan perkara koneksitas di Jampidmil (Jaksa Agung Muda Pidana Militer) yang sudah bekerja dengan baik. “Ke depan, akan terus menjalin kerja sama yang lebih spesifik dan kita komunikasikan antara TNI dengan Kejaksaan Agung khususnya dalam perkara lain yang ditangani TNI,” harapnya. 

Sementara itu, Jaksa Agung RI Prof. Dr. H. Burhanuddin, SH., M.M., menyambut baik kedatangan Panglima TNI berserta rombongan. Dilanjutkan dengan memperkenalkan stafnya yang hadir mendampingi pertemuan itu. “Kedatangan bapak sebenarnya sudah kami tunggu-tunggu karena banyak persoalan-persoalan yang kita rencanakan untuk kita bicarakan terutama dengan penegakan hukum. Karena kami ada tugas di dalam pelaksanaan untuk koneksitas dan tentunya ini perlu kesinergian di antara kita,” kata Prof. Burhanudin.

Terkait banyak aset dan lahan TNI  yang banyak dikuasai oknum masyarakat, Jaksa Agung berkomitmen akan membantu, dan apapun bentuknya. “Masih ditempati atau tidak, jangankan ada di MoU, tidak pun akan kami bantu, karena itu sudah kewajiban kami,” pungkas Jaksa Agung.

Panglima TNI Salurkan 1.000 Paket Sembako Untuk Korban Gempa Sumedang

By On January 15, 2024

(Puspen TNI). Pangdam III/Slw Mayjen TNI Erwin Djatniko mewakili Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyalurkan 1.000 paket Sembako bantuan dari PT. Antam  kepada korban bencana gempa bumi di Sumedang, pada hari Minggu (14/1/2024).

Panglima TNI mengatakan bahwa, bantuan Sembako ini dalam upaya bersama untuk mendukung dan membantu masyarakat korban gempa di Sumedang. “Kemitraan ini mencerminkan komitmen kami untuk peduli terhadap kondisi sulit yang dihadapi oleh saudara-saudara kita di wilayah yang terdampak,” ujarnya.

“Penyaluran Sembako ini sebagai salah satu bentuk peran TNI dalam menjaga kedaulatan dan keselamatan negara yang bekerja sama dengan PT. Antam sebagai salah satu perusahaan yang memiliki komitmen sosial yang tinggi kepada masyarakat yang membutuhkan,” ucap Panglima TNI.

Dengan pemberian Sembako ini Panglima TNI berharap agar dapat memberikan manfaat segera dan membantu memulihkan kehidupan masyarakat Sumedang yang terdampak. “Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam upaya ini, serta berharap agar masyarakat segera pulih dan bangkit dari dampak bencana ini,” tuturnya.

Paket Sembako yang diserahkan antara lain: Beras 5 Kg, gula pasir 1 Kg, minyak goreng 2  Ltr dan mie instan 5 buah, dan berbagai kebutuhan pokok untuk membantu meringankan beban hidup para korban. “Saya berharap dapat memberikan dukungan moral kepada para korban yang sedang menghadapi masa sulit ini,” pungkasnya.

Satgas Kizi TNI KONGA XXXVII-J MINUSCA Bangun Guest House di Area Super
Camp MINUSCA, Bingui

By On January 14, 2024

(Puspen TNI) Satgas Kizi TNI Kongo XXXVII-J MINUSCA melaksanakan pembangunan guest house di Area Super Camp MINUSCA, Bingui pada pertengahan Desember 2023 dan berakhir hingga pertengahan Januari 2024 dengan memakan waktu kurang lebih selama satu bulan lamanya, pembangunan guest house itu sendiri digunakan untuk tamu-tamu dari UN apabila sedang transit menuju Afrika Tengah (14/01/24)

Sejalan dengan itu Satgas Kizi TNI Konga XXXVII-J MINUSCA memiliki tugas pokok melaksanakan pembangunan dalam misi menjaga perdamaian dunia, pekerjaan pembangunan tersebut terbagi atas dua bagian yaitu Vertikal dan Horizontal. Pembangunan vertikal merupakan pekerjaan tegak lurus dari atas kebawah misalnya perkantoran,  gedung, rumah dan lain-lain sedangkan Horizontal merupakan pembangunan bidang yang sejajar dengan garis mendatar misalnya jalan, drainase, jembatan dan lain-lain.

Pembangunan guest house saat ini sangat dibutuhkan keberadaannya  oleh Satgas Kizi TNI Konga XXXVII-J MINUSCA dan sekaligus sebagai implementasi dari  visi Panglima TNI guna mewujudkan TNI yang PRIMA,  khususnya  Responsif terhadap pembangunan guest house guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada para tamu UN yang transit ke Africa Tengah

Letkol Czi Ibnu Muntaha, M.han selaku Dansatgas Kizi   meninjau langsung pelaksanaan pekerjaan pembangunan guest house di area Super Camp MINUSCA di Bingui, kehadiran Dansatgas dilokasi bertujuan untuk melihat secara langsung pengerjaan pembangunan guest house oleh Pleton Vertikal yang di pimpin Letda Czi Bagas Danan selaku Danton Vertikal.

Kegiatan pengecekan secara langsung tersebut diharapkan pembangunan guest house dapat terlaksana sesuai rencana dan target waktu yang telah ditentukan.Dansatgas juga menghimbau kepada seluruh personel pleton vertikal yang bekerja agar tetap mengutamakan faktor keamanan dan keselamatan selama proses pembangunan.

Responsif, Satgas Indo RDB Bantu Warga Yang Alami Kesulitan Air Bersih

By On January 14, 2024

(Puspen TNI).  Sebagai wujud kepedulian terhadap kesulitan rakyat di daerah misi, Pasukan Perdamaian Satgas Indonesian Rapid Deployment Battalion (Indo RDB) XXXIX-E/ MONUSCO yang dipimpin langsung Komandan Kompi (Danki) Bravo Lettu Inf Agung R membantu masyarakat desa Mangiva yang mengalami kesulitan air bersih dengan mengadakan program penyaluran air bersih sekaligus menggelar sosialisasi kewaspadaan dini, bertempat di Desa Mangiva, Komanda, Republik Demokratik Kongo. Jumat (12/1/2024)

Setibanya di Ecole Primary and Secondary School Desa Mangiva, tim patroli langsung bertemu dengan Mr. Prosper selaku Kepala Sekolah menyampaikan maksud kedatangan mereka.

Didampingi Kepala Sekolah, tim patroli segera melaksanakan penyaluran air bersih di desa Mangiva yang tengah dilanda krisis air bersih serta membagikan alat tulis kepada siswa di sekolah.

“Dengan adanya penyaluran air bersih, kami merasa senang dan ikut terbantu dengan program tersebut, serta berharap air dapat digunakan dengan sebaik baiknya oleh masyarakat,” ucap Kepala Sekolah.

Menurut Danki Bravo, kegiatan ini merupakan bentuk implementasi dari visi Panglima TNI untuk mewujudkan TNI yang PRIMA. Salah satunya yakni Responsif terhadap kesulitan rakyat.

Acara dilanjutkan dengan sosialisasi CAN FP (Community Alert Network Focal Point) kepada masyarakat. Kegiatan ini merupakan kegiatan berbagi informasi dengan Monusco, yakni kegiatan sosialisasi keamanan desa.

Dalam penyampaiannya, Danki B berharap agar masyarakat memiliki kewaspadaan dan menyikapi peristiwa yang ada di daerah mereka dengan bijak sehingga masyarakat tidak mudah untuk terprovokasi, diadu domba, serta dihasut oleh pihak-pihak tertentu.

Prajurit TNI AU Evakuasi Masyarakat Dalam Kondisi Kritis di Wamena

By On January 14, 2024

(Puspen TNI). Prajurit TNI AU dari Lanud Manuhua Biak Numfor mengevakuasi seorang warga masyarakat di Distrik Wamena Papua Pegunungan ke Biak Numfor dalam kondisi kritis karena sakit  menggunakan pesawat Hercules C-130 / A-1323 pada Jumat (12/1/2024). 

Kapuspen TNI Mayjen TNI Dr. Nugraha Gumilar, M.Sc., dalam rilis tertulisnya Minggu (14/1/2024) mengatakan, pasien yang kritis tersebut bernama Bapak Wahyu Wijayadi 31 tahun yang mengalami penyakit kulit langka yaitu sekujur tubuhnya melepuh, sudah dievakuasi menggunakan pesawat Hercules C-1323 milik Skadron Udara 32 Lanud Abdul Rahman Saleh Malang yang dipiloti oleh Mayor Pnb Ebor dengan membawa pasien kritis tersebut dari RS Wamena dirujuk ke RSUD Biak Numfor. Semalam di RSUD Biak Numfor, pasien dirujuk kembali ke RSUD Saiful Anwar Malang Jawa Timur.

“Prajurit TNI AU dari Lanud Manuhua dan tim medis pelabuhan sangat sigap mengevakuasi pasien menuju RSUD Biak Numfor dan dilanjut ke RSUD Saiful Anwar Malang guna mendapatkan penanganan lebih lanjut, ” jelas Kapuspen TNI.

Sementara itu, Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Lanud Manuhua Letkol Nav Marino Adam disela-sela proses evakuasi menyampaikan bahwa ini merupakan salah satu wujud Darma Bakti Angkatan Udara bagi warga masyarakat sekaligus implementasi dari Motto Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto yaitu TNI Prima (Profesional, Responsif, Integratif dan Adaptif) hal tersebut sebagai bentuk kepedulian dan respon Prajurit TNI terhadap kesulitan masyarakat.

Mengingat Kondisi alam di wilayah Wamena Papua Pegunungan merupakan daerah sulit dan terpencil ditambah cuaca hujan dan tidak menentu, Panglima TNI berpesan, “Seluruh personel TNI harus senantiasa peduli terhadap masyarakat sekitar, dan harus menjadi solusi untuk mengatasi kesulitan masyarakat,” ungkapnya.

KRI Frans Kaisiepo-368 Dianugerahi Letter of Commendation Dalam
Transfer of Authority Ke KRI Diponogoro-365

By On January 13, 2024

(Puspen TNI) Tinta emas kembali ditorehkan duta bangsa Indonesia dalam misi perdamaian dunia, KRI Frans Kaisiepo-368 melalui penganugerahan Letter of Commendation dalam Transfer of Authority (TOA) ke KRI Diponegoro-365 yang dipimpin oleh MTF Commander, Rear Admiral Dirk Gurtner (Jerman) saat kedua kapal perang kebanggaan Indonesia tersebut sandar di Dermaga Beirut, Lebanon. Beberapa waktu yang lalu.

Penghargaan tertinggi PBB yang ditandatangani Head of Mission/Force Commander, Major General Aroldo Lazaro Saenz (Spanyol) tersebut diberikan atas kontribusi luar biasa dalam mengemban mandat, kesigapan merespon panggilan kemanusiaan, keteladanan dan pengabdian melebihi panggilan tugas. 

Serah terima tugas dan tanggung jawab penjaga perdamaian dilaksanakan secara simbolis dari Dansatgas MTF TNI Konga XXVIII-N/UNIFIL Letkol Laut (P) John David Nalasakti Sondakh kepada Dansatgas MTF TNI Konga XXVIII-O/UNIFIL Letkol Laut (P) Wirastyo Haprabu, dihadapan MTF Commander dan para undangan. Bertindak sebagai komandan upacara adalah Wadansatgas MTF TNI Konga XXVIII-N/UNIFIL Letkol Laut (P) Abdiyan Syaiful Hidayat. 

Upacara TOA menandai bahwa Satgas MTF TNI Konga XXVIII-O/UNIFIL KRI Diponegoro-365 resmi menjadi pasukan perdamaian di Lebanon berdasarkan UNSCR 1701. Upacara dilanjutkan dengan resepsi yang menampilkan kekayaan budaya nusantara di geladak Heli KRI Frans Kaisiepo-368.

Dalam amanatnya, MTF Commander menyampaikan apresiasi tinggi dan rasa bangga atas pengabdian KRI Frans Kaisiepo-368 yang telah mengemban mandat dengan luar biasa melebihi panggilan tugas. Hal tersebut akan selalu dikenang dan menjadi teladan bagi seluruh unsur MTF. MTF Commander juga mengucapkan selamat bergabung kepada KRI Diponegoro-365 dan meyakini akan mampu menjalankan misi dengan komitmen, dedikasi, spirit dan mindset yang sama dengan pendahulunya. 

Atas nama PBB, MTF Commander secara khusus menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Indonesia atas komitmen kuat untuk terus berkontribusi dalam misi perdamaian dunia. Duta Besar LBBP RI untuk Lebanon, Hajriyanto Y. Thohari dalam sambutannya saat resepsi menggarisbawahi berbagai prestasi Satgas termasuk keberhasilan sebagai duta budaya dan pariwisata untuk semakin mempromosikan Indonesia di kancah global. 

TOA turut dihadiri Komandan PMPP TNI Laksda TNI Retiono Kunto H., S.E., M.A.P., CRMP, M.Tr.Opsla, Commander in Chief of LAF Navy Admiral Haissam Danaouwi, Komandan Kontingen Garuda UNIFIL Kolonel Inf Syafruddin, Chief of Staff  MTF Kolonel Laut (P) Abdul Haris, DCO Sector east  Kolonel Inf Harri Poernomo. Komandan FHQSU Kolonel Arm Ezra Nathanael dan Para Dansatgas di UNIFIL.

TNI Bersama Masyarakat Bantu Distribusi Sembako Untuk Korban Banjir
Kalimantan Selatan

By On January 13, 2024

(Puspen TNI). Prajurit TNI dari Koramil 1002-05/Pandawan bersama anggota Polsek dan Plt Camat Pandawan M. Affaw Al Bagag, S.I.P dibantu aparat Desa membagikan ratusan paket sembako kepada masyarakat terdampak banjir di desa Masiraan, Pandawan Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan.  Demikian disampaikan oleh Kapuspen TNI Mayjen TNI Dr. Nugraha Gumilar, M.Sc., dalam rilis tertulisnya di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (12/1/2024). 

Menurut Kapuspen TNI banjir yang melanda daerah itu sejak seminggu yang lalu tak kunjung surut debit air terpantau tidak berkurang dan bahkan cenderung meningkat. Aktivitas warga pun terganggu, karena jalan desa dan rumah terendam air dengan ketinggian bervariasi.

Tindakan yang dilakukan oleh Prajurit TNI dari Koramil 1002-5/Pendawan dengan menggandeng unsur terkait menurut Kapuspen TNI merupakan implementasi dari TNI PRIMA (Profesional, Responsif, Inovatif, Modern dan Adaptif). “Mereka telah membantu meringankan beban masyarakat di Pandawan dengan pedistribusian paket Sembako ini,” ujar Jenderal berbintang dua ini.

Sementara itu, Plh Danramil 1002-5/Pendawan Peltu Henri Murpianto mengatakan ketinggian air mengalami kenaikan 5 sampai 40 sentimeter. “Penyebabnya raba (sampah kayu) dari arah desa Jaranih, ikut menumpuk di aliran sungai desa Masiraan,” jelasnya.

“Imbasnya dari 182 rumah, 36 KK di antaranya masih terdampak banjir. Makanya 5 unit perahu fiber tetap disiagakan, termasuk Babinsa, Bhabinkamtibmas dan relawan,” imbuhnya.

Disisi lain, Kepala Desa Masiraan H. Ahmad Fauzi menambahkan sembako yang dibagikan kepada warga terdampak banjir bersumber dari dana talangan desa, “Kami berharap banjir segera surut dan masyarakat dapat kembali beraktifitas normal,” harapnya.

Ketum AIPBR Akan Suport Langkah Pj.Bupati Bogor Guna Perencanaan
Pembangunan Daerah 20 Tahun Kedepan

By On January 12, 2024

Beliau mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan stakeholder Kabupaten Bogor atas sambutan hangat yang diberikan.
Dalam keteranganya, Pj. Bupati Bogor mengungkapkan rasa syukurnya atas dukungan dan sambutan positif dari masyarakat Bogor selama masa transisi ini. “Keberhasilan pelaksanaan tugas bupati Bogor tentu saja akan sangat bergantung pada dukungan dari masyarakat dan stakeholder. Saya mengucapkan terima kasih atas penerimaan yang baik kepada kami,” katanya.

Asmawa Tosepu menjelaskan bahwa masa transisi ini tidak hanya sebagai pengisi sementara, tetapi juga merupakan momen untuk mempersiapkan perencanaan pembangunan Kabupaten Bogor untuk 20 tahun ke depan. “Tugas berat ini merupakan amanah yang harus dilaksanakan dengan dukungan para orang tua, sesepuh, kiyai, dan seluruh masyarakat Kabupaten Bogor,” tambahnya.

Salah satu fokus utama Pj. Bupati Bogor adalah mempersiapkan lahirnya pemimpin di Kabupaten Bogor untuk lima tahun ke depan. Dia menegaskan bahwa partisipasi politik dan pemahaman politik di Kabupaten Bogor diharapkan lebih tinggi dibandingkan dengan daerah lain.

Pj. Bupati Bogor juga menyoroti pentingnya menjaga kondusifitas wilayah selama periode pemilu yang akan datang, terutama dengan adanya Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg). “Mari kita sukseskan pesta demokrasi ini dengan hadir di TPS untuk memberikan hak suara kita. Saya berharap partisipasi politik dan pemahaman politik di Kabupaten Bogor akan lebih tinggi dari daerah lain,” ucapnya.

Terakhir, Pj. Bupati Bogor menyampaikan terkait adanya wacana dan isu apakah program Panca Karsa di kabupaten Bogor akan dilanjutkan atau tidak beliau menjelaskan,”Prinsipnya saya melanjutkan apa yang sudah diletakan pondasi oleh pemimpin yang terdahulu dikabupaten Bogor,apalagi saya memegang tetap pada rencana pembangunan daerah sebagai dokumen perencanaan transisi sehingga Saya tidak akan melakukan perubahan yang signifikan tanpa mempertimbangkan Rencana Pembangunan Daerah yang sudah ada. Mari kita teruskan apa yang baiklah,” tutup Asmawa Tosepu, A.P., M.Si.,

Dilokasi yang Sama, Aliv Simanjuntak Selaku Ketua Umum Aliansi Insan Pers Bogor Raya atau yang disingkat AIPBR, memberikan dukungan dan Apresiasi kepada P.j Bupati Bogor, Asmawa Tosepu yang kurang lebih hampir dua mingguan beliau bertugas dipemkab Bogor.

“Saya Respect sekali kepada Pj.Bupati Bogor yang baru 2 minggu bertugas, langkah pertama yang dia kerjakan yaitu, menggelar interaksi sosial secara umum yang dia kedepankan kepada seluruh stakeholder masyarakat di kabupaten Bogor, dan kita pun sudah melihat treakrecord beliau yang pernah menjabat sebagai Pj Wali Kota Kendari kurang lebih hampir setahun bertugas disana,semoga kedepan nya mari kita doakan Pj.Bupati Bogor bisa menjadi Penjabat yang inovatif dalam membangun wilayah tugasnya di kabupaten Bogor dan mari kita dukung terkait kinerjanya yang telah dicanangkan oleh pemerintah pusat untuk Daerah,pungkas Aliv Simanjuntak Selaku Ketum AIPBR ( 4L )

Bogor Kab – Asmawa Tosepu, A.P., M.Si, yang ditugaskan sebagai Penjabat (Pj.) Bupati Bogor setelah dilantik pada 30 Desember 2023, semakin menunjukkan komitmen dalam menjalankan tugasnya. Dalam wawancara eksklusif dengan awak media di Masjid Baitul Faizin Pemda Kabupaten Bogor pada Jumat, 12 Januari 2024, Beliau mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan stakeholder Kabupaten Bogor atas sambutan hangat yang diberikan. Dalam keteranganya, Pj. Bupati Bogor mengungkapkan rasa syukurnya atas dukungan dan sambutan positif dari masyarakat Bogor selama masa transisi ini. “Keberhasilan pelaksanaan tugas bupati Bogor tentu saja akan sangat bergantung pada dukungan dari masyarakat dan stakeholder. Saya mengucapkan terima kasih atas penerimaan yang baik kepada kami,” katanya. Asmawa Tosepu menjelaskan bahwa masa transisi ini tidak hanya sebagai pengisi sementara, tetapi juga merupakan momen untuk mempersiapkan perencanaan pembangunan Kabupaten Bogor untuk 20 tahun ke depan. “Tugas berat ini merupakan amanah yang harus dilaksanakan dengan dukungan para orang tua, sesepuh, kiyai, dan seluruh masyarakat Kabupaten Bogor,” tambahnya. Salah satu fokus utama Pj. Bupati Bogor adalah mempersiapkan lahirnya pemimpin di Kabupaten Bogor untuk lima tahun ke depan. Dia menegaskan bahwa partisipasi politik dan pemahaman politik di Kabupaten Bogor diharapkan lebih tinggi dibandingkan dengan daerah lain. Pj. Bupati Bogor juga menyoroti pentingnya menjaga kondusifitas wilayah selama periode pemilu yang akan datang, terutama dengan adanya Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg). “Mari kita sukseskan pesta demokrasi ini dengan hadir di TPS untuk memberikan hak suara kita. Saya berharap partisipasi politik dan pemahaman politik di Kabupaten Bogor akan lebih tinggi dari daerah lain,” ucapnya. Terakhir, Pj. Bupati Bogor menyampaikan terkait adanya wacana dan isu apakah program Panca Karsa di kabupaten Bogor akan dilanjutkan atau tidak beliau menjelaskan,”Prinsipnya saya melanjutkan apa yang sudah diletakan pondasi oleh pemimpin yang terdahulu dikabupaten Bogor,apalagi saya memegang tetap pada rencana pembangunan daerah sebagai dokumen perencanaan transisi sehingga Saya tidak akan melakukan perubahan yang signifikan tanpa mempertimbangkan Rencana Pembangunan Daerah yang sudah ada. Mari kita teruskan apa yang baiklah,” tutup Asmawa Tosepu, A.P., M.Si., Dilokasi yang Sama, Aliv Simanjuntak Selaku Ketua Umum Aliansi Insan Pers Bogor Raya atau yang disingkat AIPBR, memberikan dukungan dan Apresiasi kepada P.j Bupati Bogor, Asmawa Tosepu yang kurang lebih hampir dua mingguan beliau bertugas dipemkab Bogor. “Saya Respect sekali kepada Pj.Bupati Bogor yang baru 2 minggu bertugas, langkah pertama yang dia kerjakan yaitu, menggelar interaksi sosial secara umum yang dia kedepankan kepada seluruh stakeholder masyarakat di kabupaten Bogor, dan kita pun sudah melihat treakrecord beliau yang pernah menjabat sebagai Pj Wali Kota Kendari kurang lebih hampir setahun bertugas disana,semoga kedepan nya mari kita doakan Pj.Bupati Bogor bisa menjadi Penjabat yang inovatif dalam membangun wilayah tugasnya di kabupaten Bogor dan mari kita dukung terkait kinerjanya yang telah dicanangkan oleh pemerintah pusat untuk Daerah,pungkas Aliv Simanjuntak Selaku Ketum AIPBR ( 4L )