Semarak HUT Ke-18 Bakamla RI

(Bakamla RI/Indonesian Coast Guard) — Seluruh jajaran personel Bakamla RI bersuka cita memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-18 Tahun 2023. Peringatan HUT Bakamla RI tahun ini mengusung tema “Indonesia Coast Guard Yang Modern Dan Profesional Untuk Indonesia Maju”. Puncak peringatan HUT ditandai dengan pelaksanaan Upacara yang dilaksanakan di Taman Proklamator, Jakarta Pusat, pada Jumat (29/12/2023).

Sebagaimana diketahui Taman Proklamator ini bersebelahan dengan Gedung Mabes Bakamla RI. Lokasi ini dipilih tidak hanya dikarenakan lokasinya yang strategis, namun juga memiliki latar belakang sejarah yang kental atas Kemerdekaan Republik Indonesia. 

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., menyampaikan harapan dengan terpilihnya tema ini, akan menjadi pendorong semangat bagi seluruh personel Bakamla RI untuk terus bekerja, berkarya, dan mendedikasikan diri demi terwujudnya keamanan, keselamatan, dan penegakan hukum (KKPH) di wilayah perairan dan yuridiksi Indonesia.

Dalam amanatnya, juga turut disampaikan 6 poin penting yang harus dilakukan oleh personel Bakamla RI yaitu: 1. Tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa; 2. Perkuat fungsi Bakamla RI dengan kinerja yang tinggi dan nyata dalam penyelenggaraan patroli KKPH di wilayah perairan dan yurisdiksi Indonesia; 3. Tingkatkan kemampuan personel untuk menjawab tantangan guna mewujudkan Bakamla RI sebagai coast guard yang handal, modern, dan berkelas dunia; 4. Bangun mindset dan culture set yang terintegrasi dengan core value ASN yaitu BerAkhlak (Berorientasi pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif); 5. Tanamkan dan tumbuhkan rasa bangga terhadap instansi tercinta, Bakamla RI sebagai Coast Guard Indonesia; dan 6. Tetap menjaga nama baik Bakamla RI, hindari segala bentuk pelanggaran tidak terpuji yang dapat merugikan diri sendiri maupun instansi.

Setelah melangsungkan Upacara, rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan ramah tamah yang hadiri oleh tamu kehormatan, yakni Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, Kalakhar Bakorkamla dan Kepala Bakamla RI dari masa ke masa, serta turut dihadiri oleh Pejabat Tinggi perwakilan dari Kementerian/Lembaga (K/L), TNI, Polri, serta Masyarakat Maritim. Perwakilan dari asosiasi masyarakat juga turut hadir seperti Indonesian maritime pilots association (INAMPA), Kesatuan Pelaut Indonesia (KPI), dan Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat (APBMI).

Lebih lanjut, kegiatan ramah tamah diisi dengan berbagai hiburan kebanggaan persembahan dari Bakamla RI. Sebut saja penampilan Tim Tari Bakamla RI yang terdiri dari personel Wanita Bakamla RI, Kowal, dan Polwan. Selain itu, ditampilkan pula penampilan perdana Tim Kolintang Gistara Jasyashree. Tim Kolintang ini digagas oleh Ketua DWP Bakamla RI Ny. Yuanita Irvansyah. Tidak kalah menakjubkan, grup band Bakamla RI, Indonesian Coast Guard Band, juga turut menghibur memberikan penampilan terbaiknya. (Humas Bakamla RI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *