KPUD PURWAKARTA PENYORTIRAN DAN PELIPATAN SURAT SUARA

Purwakarta,lentera khatulistiwa
KPUD Purwakarta melaksanakan Proses penyortiran dan pelipatan lembar surat suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati untuk wilayah purwakarta di gedung aula kantor KPU kabupaten Purwakarta, sabtu (26/05/18).

Ketua KPU Purwakarta Ramlan Maulana mengatakan, Hari ini kita mulai melaksanakan sortir dan pelipatan Surat Suara untuk pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Purwakarta,dimana rencana penyortiran dan pelipatan ini akan di lakukan selama 5 hari,” mudah-mudahan bisa selesai semua sambil kita menunggu Surat Suara untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur yang nanti akan datang ke Kabupaten Purwakarta sekitar tanggal 5 Juni,”ungkapnya

Sedangkan,untuk jumlah petugas sortir yang dilibatkan sebanyak 150 orang warga. Karena Sakralitas dari surat suara tersebut bukan hanya sekedar kertas,tetapi mengandung substansi yang terdalam yaitu bahwa di dalamnya ada menyimpan hak masyarakat pemilih yang ketika ingin berpartisipasi, melalui penyortiran surat suara itu dari mulai jam 08.00 WIB sampai jam 16.00 WIB sore,”ujarnya.

Untuk prosesnya,l anjutnya,tentu saja nanti dibuka surat-suratnya, dilihat diperhatikan Apakah ada yang rusak ada yang cacat atau misalkan ada satu titik saja tinta yang berlebihan. Ketika mendapati surat suara yang seperti itu maka itu dipisahkan dipisahkan kemudian diakumulasi nanti perharinya berapa yang didapat di surat suara yang rusak itu yang nantinya secara akumulatif akan dimusnahkan

Ditegaskan, diruang pelipatan suara,tidak diperbolehkan orang lain masuk terkecuali pekerja pelipat suara, pihak keamanan dan petugas KPUD itu sendiri,hal itu di lakukan untuk mengantisipasi hal yang tidak di inginkan,Pengamanan tersebut, guna memastikan surat suara Pilkada 2018 tidak ada permasalahan.

,”Total surat suara yang diterima 692.983 surat suara merupakan kebutuhan berdasarkan daftar pemilihan tetap (DPT) pada Pilkada serentak,ditambah 2,5 persen surat suara cadangan,”ujarnya (anda)