Pengajian Rutin Jemaah Majelis Pecinta Sholawat (Pesho)

BANDUNG – Jemaah Majelis Pecinta Sholawat (Pesho), yang beralamat di Komplek Giri Harja Endah Kelurahan Jelekong Kecamatan Bale Endah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, menggelar pengajian rutin.

KH.Dede Akbar Suryana selaku pimpinan Majlis Pecinta Sholawat (Pesho) mengatakan, pengajian ini ditujukan lebih kepada mengikat silaturahmi, rasa kebersamaan dan kekeluargaan.

“Kegiatan pengajian setiap Minggu rutin digelar tidak hanya di satu tempat (masjid), tapi bergiliran dirumah para jamaah. Disamping itu kami juga mengadakan ziarah ke makam Waliyullah yang tersebar di daerah,” kata KH Dede Akbar, Minggu (8/4/2018).

Menurut Dede Akbar, sejak berdiri ‘pesho’ jamaah nya makin terus bertambah hingga ke berbagai pelosok daerah bahkan ke kampung pedalaman sekalipun, makin hari makin tajam dan terus menyebarkan ‘virus’ Sholawat. Selain itu, silaturahmi yang terus terjalin dan terjaga dengan para jamaah disekitar komplek Giri Harja Endah sehingga makin terlihat kompak diantara jamaah yang satu dengan yang lainnya.

“Pesho sudah berdiri sejak empat tahun lalu, jamaahnya namun sudah tersebar di beberapa daerah diantaranya Bogor, Sukabumi, Garut, Jakarta dan wilayah lainnya. Pesho, selain singkatan dari Pecinta Sholawat, secara harfiah memiliki arti senjata tajam atau pesho dalam bahasa sunda. Adapun filosofinya pesho jika berada di tangan orang yang baik Insyaallah sangat berguna,” ujarnya.

Sekretaris Majlis pesho, Ustadz Hendri Chandra ST menambahkan, para jemaah disini melakukan kegiatan masih seperti biasa, diantaranya, pengajian rutin dijalankan, kolaburasi syiar dengan wayang golek dan ziarah.

“Ini bagian dari makna taqorub ilallah, yaitu mendekatkan diri kepada Allah Swt dengan ziarah kubur, agar selalu ingat akan kematian, dengan mengingat kematian diharapkan perjalanan hidup kita semakin terarah. Kepada akhirat sebagai tujuan akhirnya, sehingga semakin bersemangat dalam beramal,” pungkasnya.