Pengamat : Empat Partai Baru Mempunyai Peluang Cukup Besar Di Pemilu 2019


Pengamat Komunikasi Politik dari universita pelita harapan Emrus Sihombing menuturkan, “Empat partai baru yang sudah disahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) berpotensi meraih dukungan masyarakat dalam Pemilu 2019 mendatang. Partai tersebut di antaranya Perindo, PSI, Berkarya dan Garuda.

Peluang keempat partai cukup besar mengingat masyarakat kecewa dengan kader-kader partai politik yang telah ada, pemicunya ialah banyaknya kader parpol yang kini duduk di legislatif dan eksekutif terjaring operasi tangkap tangan (OTT) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).hal tersebut menggerus kepercayaan masyarakat,” kata Emrus saat di hubungi via Whatsapp Selasa ( 06/03).

Selain itu, lanjut Emrus disahkan UU Majelis Permusyawaratan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau MD3 juga mengesankan legislator menutup diri dari publik.

Menurut Emrus, DPR membuat zona aman sekaligus membangun benteng baru. Alhasil, partai baru dianggap bisa menawarkan kebaruan melalui program yang terukur untuk menyentuh masyarakat.
Apalagi, jika partai baru bisa transparan dalam keuangan dengan mempublikasikannya ke publik.

Cara itu bisa meraup kepercayaan publik di tengah anggapan biaya mahal gelanggang politik.”ujarnya.

( Apih)