Kecamatan Cijeruk Surga Bagi Peternak Ayam Tak Berizin.


Kab. Bogor,Lenterakhatulistiwa.com
Banyaknya peternakan ayam di wilayah kecamatan Cijeruk kabupaten Bogor,menjadi surga bagi pengusaha pasalnya di tanpa mengantongi izin dari dinas terkait para pengusaha bebas berinvestasi tanpa ada teguran dari pihak manapun, Senin (26/02/2018).

Muhammad Nurman Ketua LSM PPLHI Pemerhati pembangunan dan lingkungan hidup indonesia mengatakan Peternakan ayam yg tdk dkelola dgn baik, terutama dlm pengelolaan limbahnya, jelas akan mencemari lingkungan hidup, baik dari limbah kotoran maupun pencemaran udara/bau yg tdk sedap.
Hal ini akan berdampak pada kesehatan warga sekitar dan pencemaran lingkungan hidup. Dari aspek kesehatan, pencemaran udara dan kotoran akan mengundang lalat yg akan mmbawa penyakit bagi warga sekitar.
Limbah kotoran ayam, dbuang ke selokan, mengalir ke sungai, tentunya limbah kotoran itu makin lama makin besar volumenya, sehingga masyarakat ditengah dan dihilir yg menggunakan air sungai tsb akan terdampak kesehatannya, rusaknya ekosistem sungai, danau dan laut.

Seharusnya dbuat pengelolaan limbah peternakan ayam tsb, dgn sistem IPAL, shg tdk mengganggu warga skitar dan lingkungan hidup.

Pemerintah Kab Bogor, Pemprov Jabar dan kementrian PUPR, Lingkungan Hidup, instansi terkait lain nya harus segera menindak peternakan ayam, dan mengatasi persoalan tsb, demi menjaga keseimbangan dan kelestarian alam semesta.(BA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *