-->
Advertise Here

Subscribe Here!

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Search This Blog

lenterakhatulistiwa.com. Powered by Blogger.
Rapat Terbatas, Presiden Pastikan Kelayakan dan Keamanan Wisata di Bali

By On December 22, 2017



Presiden Joko Widodo malam ini mengumpulkan jajarannya di Kabinet Kerja untuk membahas soal peningkatan pariwisata Indonesia. Rapat terbatas yang digelar kali ini berbeda dari biasanya. Kepala Negara memilih Provinsi Bali sebagai tempat dilangsungkannya rapat tersebut.

Pesan yang hendak disampaikannya sangat jelas: kondisi Bali saat ini sudah layak dan aman untuk kembali dikunjungi sebagai lokasi wisata favorit para pelancong dari seluruh dunia. Sebelumnya, pariwisata di Bali sempat terganggu karena dampak erupsi dari Gunung Agung.

"Kita ingin menunjukkan kepada wisatawan dan dunia bahwa wisata di Bali aman karena memang dampak dari erupsi di Gunung Agung hanya berjarak 8-10 kilometer dari puncak gunung. Tadi saya sudah diberi informasi oleh Pak Gubernur dan Menko Kemaritiman," ujarnya saat memimpin rapat pada Jumat, 22 Desember 2017, di Wisma Pendidikan dan Pelatihan PU dan Perumahan Rakyat Werdapura, Sanur, Kota Denpasar.

Melihat fakta tersebut, sebenarnya sejumlah tempat wisata yang ada di Bali tetap aman untuk dikunjungi saat erupsi terjadi. Namun, perlu diakui bahwa banyaknya pemberitaan mengenai erupsi tersebut yang ditambah dengan adanya sejumlah travel advice terkait kondisi Bali menyebabkan adanya penurunan aktivitas pariwisata di sana.

"Dengan rapat terbatas yang kita lakukan di Bali ini kita harapkan bahwa memang di Bali tidak ada masalah yang berkaitan dengan aman dan tidaknya wisata di Bali karena erupsi di Gunung Agung," Presiden kembali menekankan.

Untuk menindaklanjuti hal itu, Kepala Negara meminta Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pariwisata, kedutaan-kedutaan, serta maskapai penerbangan untuk aktif memberikan informasi terkini dan akurat mengenai kondisi Bali saat ini dan keamanan yang terjamin bagi para wisatawan.

"Tentu saja langkah kontingensi kita siapkan kalau memang bencana itu terjadi," ia menambahkan.

Perkembangan Destinasi Wisata Baru

Dalam rapat tersebut, selain membahas soal pariwisata Bali, Kepala Negara beserta jajarannya juga membicarakan soal perkembangan destinasi wisata baru yang sudah satu setengah tahun terakhir mulai digarap. Presiden menekankan bahwa tata ruang dari tiap destinasi wisata baru tersebut harus sudah mulai didesain dan direncanakan.

"Saya hanya ingin memberikan beberapa hal yang ada di lapangan, terutama yang menyangkut dari Bappenas, PU, Bekraf, yang berkaitan dengan tata ruang yang ada di 10 destinasi baru yang sudah kita tetapkan," ucapnya.

Ia kemudian memberikan contoh mengenai apa yang dilihatnya pagi tadi saat berada di Raja Ampat, Papua Barat, untuk menghadiri peringatan Hari Ibu. Menurutnya, sebagai sebuah destinasi baru, pengembangan Raja Ampat sudah semestinya digarap dengan serius.

"Misalnya, runway dan terminal di sana belum siap. Yang kedua masalah tata kota yang ada di kota Raja Ampat. Saya kira ini tugasnya Bappenas untuk mendesain baik yang berkaitan dengan tata kota dan pemukiman. Kalau tidak segera kita tetapkan di mana kota dan tempat wisatanya, semua akan berjalan sendiri-sendiri," tuturnya.

Penyiapan tata kota dan pemukiman sejak dini di destinasi wisata baru akan menjadi kunci bagi pengembangan pariwisata Indonesia yang jauh lebih baik. Tak hanya tata kota dan tempat wisatanya yang akan menjadi tertata, tapi juga hutan konservasi dan sumber daya alam yang ada di sejumlah destinasi wisata baru tersebut juga akan terlindungi.

"Saya kira kalau hal-hal ini dimulai sejak awal, pariwisata kita akan lebih terarah dan jelas," ucapnya mengakhiri.


Bali, 22 Desember 2017
Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden

Bey Machmudin

Warga Sepanjang Jalan Bojongkulur Kecewa Hasil Proyek Peningkatan Jalan Buruk

By On December 22, 2017



Lentera Khatulistiwa BOGOR (Gunung Putri) - Warga Kampung Bubulak RW05 Desa Bojongkulur, Kecamatan Gunungputri, Kabupaten Bogor, mengeluhkan pengerjaan proyek Pemerintah Pengecoran di Jalan Raya Bojongkulur. Pasalnya, pengecoran tersebut terlihat amburadul dalam pengerjaannya.

Adi (25) warga RW05, mengungkapkan pada dua minggu lebih yang lalu saat pengecoran lanjutan terlihat dititik depan Gor Badminton Aneka Sport sangat tak bagus pengerjaannya.

"Saya liat proses pengecoran di depan Gor dan olahan semen yang keluar dari molen seperti sudah hampir mengeras. Hasilnya, keesokan harinya disaat corannya sudah keras terlihat menggumpal," kata Adi, Jum'at (22/12/2017).

Adi juga membeberkan, dari awal pengerjaan untuk dasar pengecorannya terlihat tak rata. "Walaupun cuma dasarnya, seharusnya dibuat rata antara sisi sama sisi agar hasilnya bagus saat proses pengecorannya. Hasilnya terlihat disaat coran kering permukaan jalan tak rata dan bergelombang," tambahnya.

"Kenapa kita kecewa, sebab kita bayar pajak PBB, dan program jemput bola oleh RT RW setempat berjalan dengan baik dengan menghasilkan pajak bumi bangunan rumah warga yang maksimal. Terbukti 90 persen warga desa bojongkulur tercatat di tahun ini saja bayar PBB nya lancar. Artinya, saya berhak protes dengan hasil proyek pemerintah yang mengecewakan," tandasnya.

Hal senada juga juga dikatakan Prida (35) warga RW04, dirinya mengatakan dari awal pada proses pengecorannya dari tahap ke tahap lanjutan sambungan tak pernah melihat pihak pengawas dari dinas terkait.

"Kalau ada pengawas dari dinas terkait pasti hasil pengecorannya bagus, plastik sebagai alas pengecoran pun hanya sisi ujung kiri dan kanan, tidak full. Tapi lihat aja sendiri kang, tidak perlu orang yang mengerti yang awam pun soal pembangunan dapat menilai hasilnya," ucap Prida kepada wartawan.

Dirinya pun menyayangkan sikap Dinas terkait khususnya pada UPT PUPR setempat yang terkesan cuek mengawasi pihak ketiga dalam hal ini kontraktor yang mengerjakan proyek pemerintah bidang peningkatan jalan.

"Saya kecewa dengan hasilnya, karna kita berbatasan dengan daerah Kota Bekasi, sangat beda ya proses pengecoran peningkatan jalannya. Kalau di kota bekasi pihak kontraktor terlebih dahulu melakukan pemadatan dasarnya agar rata sisi sama sisi kiri dan kanan, kalau disini yang diratakan hanya jalan berlubangnya saja memakai coran biasa," ungkap Prida.

Diketahui, pihak ketiga atau kontraktor sebagai penyedia jasa mengerjakan peningkatan di Jalan Wanaherang - Bojongkulur Paket IV, dari PT. Karya Papindo Jaya, nilai kontrak yang terlihat dari plang proyek dipinggir jalan dengan pagu anggaran Rp 3,663,656,000. Dan konsultannya dari PT. Triexnas.

Diselembaran buku sosialisasi titik-titik lokasi pengerjaan proyek di Kecamatan Gunungputri, untuk paket proyek peningkatan Jalan Wanaherang - Bojongkulur pada Paket IV, adalah dengan nominal pagu anggaran sebesar Rp 4,117,590,000. Entah ada perubahan terkait pagu anggaran untuk proyek peningkatan jalan tersebut, jadi jika di minuskan sebesar Rp 453,934,000. (Yudhi)

Polresta Pekanbaru sidak harga sembako dipasar menjelang hari raya natal dan tahun baru

By On December 21, 2017



Pekanbaru : Polresta pekanbaru sidak harga sembako menjelang hari raya natal dan tahun baru 2018 di dua pasar yang ada di Pekanbaru yaitu pasar bawah dan pasar kodim  ,Kamis ( 21-12-2017) pukul 10.00 wib


Kegiatan pemantauan harga sembako dipasar langsung dipimpin Kapolresta Pekanbaru Kombes pol Susanto. S.I.K,M.H didampingi kasubag Humas Iptu Polius,AKP Novaldi ,kapolsek Senapelan Kompol  Willy ,Kasatpol PP fahmi Adrian ,dandim 0301 diwakili danramil 04/50  kapten inf Sardinus ,disprindag beserta anggota Polresta .


Pelaksanaan sidak pertama dipasar bawah , Kapolresta langsung mengecek harga harga sembako beserta harga daging yang ada dipasar tersebut . selanjutnya Kapolresta kembali melakukan sidak dipasar kodim dengan mengecek harga sembako seperti beras ,cabai ,bawang dan daging


Dari pantauan Kapolresta menyampaikan" bahwa ada beberapa harga sembako yang naik tapi tidak signifikan ,seperti yang diketahui harga beras ,cabe ,bawang ,telur naik 1000- 2000 Rupiah,ini disebabkan kendala cuaca merupakan faktor utama." Ujar Kapolresta Kombes Susanto


Sambungnya," ketersedian bahan pokok masyarakat kota Pekanbaru tersedia aman dan cukup  menjelang hari raya natal 2017dan Tahun baru 2018 .

Sampai saat ini keluhan tidak ada harga sembako tetap stabil seperti tahun sebelumnya ,imbuhnya


" Saya berharap agar tidak ada penimbunan sembako sehingga terjadi kelangkaan Serta tidak  menjual harga melebihi dari harga eceran tertinggi ." Himbau Kapolresta .


Kegiatan pelaksanaan sidak pasar berakhir pukul 11.30 situasi aman dan terkendali

Proyek Pembangunan Desa Bunar diduga Tidak Sesuai RAB

By On December 20, 2017


Tangerang – Lentera Khatulistiwa Ratusan proyek pembangunan jalan Pemerintah yang dilaksanakan Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (SDA) Kab. Tangerang diduga banyak yang tidak sesuai Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan harapan bagi Masyarakat Sekitar lokasi Proyek.

Pasalnya, Pembangunan jalan Betonisasi yang sebagian adalah, sesuai Usulan masyarakat melalui Aspirasi Wakil Rakyat di Parlemen, dan Pengajuan warga masyarakat tidak maksimal dalam pengerjaannya saat digelar.

Terlebih, Spek dalam RAB sebagai Pedoman Dasar saat pengerjaan bagi Kontraktor Rekanan Pihak ke-3 (tiga) hasil Pemenang Tender di Dinas Bina Marga dan SDA Kab. Tangerang yang membidangi Pembangunan jalan seolah tidak dihiraukan, belum lagi Arahan serta Petunjuk dari Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK), Pelaksana Teknis (Peltek), Asisten Pelaksana (Aspel), dan Konsultan Teknis dilapangan seakan hanya dipandang sebelah mata saat kontruksi jalan berlangsung.

Menurut keterangan wakil ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD)  di Desa Bunar, Arsadi (42) yang beralamat lokasi Proyek di Kp.Sindang Asih Rt.05/Rw.03 Kec. Sukamulya Kab. Tangerang Provinsi Banten mengatakan, dirinya beserta Masyarakat sekitar lokasi Proyek, sangat Prihatin dengan adanya pembangunan jalan yang sudah lama dimimpikan masyarakat melalui proses Pengajuan dan usulan melalui Dewan DPRD Tangerang dan Instansi Pemerintah terkait.

“Iya kami sangat Prihatin, sudah 2 (Dua) tahun terakhir kami mengajukan, baru dapat Terealisasi hasil pengajuannya oleh Pemerintah, dan Usulan dari Dewan Kabupaten Tangerang,” katanya saat ditemui di kediamannya Kp. Sindang Asih Desa Bunar, Selasa (19/12/2017) malam, tidak jauh dari Lokasi Pembangunan jalan yang sedang berlangsung.

Arsadi selaku wakil Ketua BPD Desa Bunar mengatakan, telah mengajukan rencana prmbsngunan jalan di wilayahnya, terakhir sejak dari Tahun 2015 s/d 2016 lalu tidak muncul usulan tersebut, hingga dirinya mempertanyakan kembali di Tahun 2017 murni hingga muncul di APBD-Perubahan.

Baca Juga  Pelaku Penganiayaan Terduga Pasangan Mesum, ke-Enamnya Sudah Dinyatakan Tersangka
“Kami berterimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Tangerang, Khususnya Bupati Tangerang Bapak A.Zaki Iskandar yang telah mewujudkan proses pengajuan usulan, dan merespon Positif mengenai usulan jalan itu,” jelasnya yang juga menjabat sebagai Ketua DPAC Partai Demokrat Kec.Sukamulya Kab. Tangerang saat memberikan penjelasan.

Dirinya menambahkan, Kami juga telah menegur pihak Kontraktor, salah satunya bernama Eman yang ternyata Mandor sekaligus Pelaksana lapangan untuk segera memasang Papan Nama Judul Proyek sebelum Pelaksanaan, serta kami juga mengajukan permohonan untuk minta RAB proyek tersebut.

“Bahkan Kami, Pengurus BPD beserta Rt dan Rw dengan masyarakat sekitar datang ke lokasi proyek sebelum pelaksanaan untuk cek kondisi jalan yang akan dicor, setelah terjadi tragedi tergulingnya mobil beton Jayamix beberapa hari lalu saya saya sempat dilokasi proyek, tepatnya jumat malam jam 10an,” terangnya menuturkan.

Maka kami-pun, Lanjut Arsadi, mengatakan melihat Volume ketebalan badan jalan akan dicor tidak sesuai yang diharapan, kami bersama masyarakat juga telah mengukur dan menarik benang, diantara bahu jalan diatas papan cor untuk mengetahui ketebalan  beton yang akan digelar sekitar Pukul 12:00 siang (setelah waktu sholat zhuhur), ternyata setelah diukur ketebalan beton yang akan digelar, berkisar antara 7cm – 12cm saat diukur Sisi Kiri dan Kanan yang semestinya tergelar ketebalan beton 20cm.

Terkait hal itu, Arsadi bersama Perangkat Rt, Rw, dan Masyarakat setempat, akan membuat laporan Kegiatan proyek jalan itu ke pihak Pemerintah Kabupaten Tangerang agar tahu kegiatan yang digelar tidak sesuai harapan dan keinginan warga.

Ditempat yang sama, salah satu tokoh setempat yang telah memperjuangkan Jalan itu, Ahmad yani mengatakan, yang saya inginkan jalan di kampung kami bagus, rapi, dan tahan lama mutunya. Kami juga tidak masalah banyaknya Pohon yang membentang didepan rumah ditebang untuk lalu lintas Mobil beton tidak ada kendala lagi. (HENDRIK.T)

Sambut Liburan Akhir Tahun, Ancol Hadirkan Wahana Baru

By On December 20, 2017



Jakarta,20 Desember 2017..

Libur akhir tahun sudah di depan mata, Taman Impian Jaya Ancol telah menyiapkan beragam acara dan wahana baru !!

Ir Agus Sudarno selaku Wakil Manager Dunia Fantasi mengatakan kepada awak media, Grand Launching empat wahana baru yang diluncurkan pihak managemen Dufan yakni meliputi:
Galactica, Colour Of Kinhdom, Time Adventures dan Dream Playground .

Galactica merupakan wahana permainan yang memiliki tema "Penyelamatan Planet Mars", dimana pengunjung akan merasakan sensasi melawan Mantide yang sedang menyerang Planet Mars.
Di akhir perjalanan,para pengunjung akan beradu skor permainan yang akan terpampang di papan skor Galactica, menarik bukan ??
Apalagi kalau skor yang diperoleh tidak akan terkalahkan,maka akan mendapatkan predikat "A Lifetime Score".
Beda lagi dengan wahana DREAM PLAYGROUND, wahana seluas 900 m2 ini dipenuhi dengan berbagai macam permainan yang bisa di nikmati oleh anak dengan tinggi badan kurang dari 145 cm..
Permainan tersebut adalah Trampoline,Soft Play Toys,Climbing,Futsal Games,Soft Playground,Sand Pool,Sliding Ride,Puzzle Blok,Education Toys,Mini Rides..

COLOUR OF KINGDOM merupakan wahana pertunjukan yang bercerita mengenai misi penyelamatan putri dari tawanan naga raksasa. Wahana pertunjukan ini bisa di nikmati di area Indoor Dunia Fantasi, sedangkan di wahana pertunjukan TIME ADVENTURES, pengunjung akan diajak untuk menjelajah waktu..

Rencananya wahana baru juga akan dihadirkan di Atlantis Water Adventure..
Dua seluncur seru dan menantang akan siap memacu adrenalin penggemar wisata air..
Dragon Race dan Sky Box direncanakan hadir di penghujing tahun 2017.
Selirih wahana baru kami hadirkan untuk meriahkan liburan akhir tahun,jadi pengunjung berlibur ke ancol dapat menikmati pengalaman baru yang seru "ujar Teuku Sahir Syahali, Direktur Rekreasi Taman Impian Jaya Ancol.

Tidak hanya wahana baru, acara dan hiburan menarik juga disajikan sepanjang liburan ini.
Sea World Ancol akan menyapa pengunjung dengan tema "Empire Of The Sea", nuansa kerajaan bawah laut dapat dirasakan selama liburan karena seluruh tim Edutainment Guide menggunakan kostum unik khas kerajaan laut, sambil menjelaskan biota laut mereka akan menghibur pengunjung dengan kostum uniknya, pengunjung juga diajak berinteraksi dan bergoyang mengikuti iringan lagu khas "Baby Shark Dance".

Ancol selain mengenalkan wahana baru, pihak menagement memberikan masuk Gratis Pintu Gerbang Taman Impian Jaya Ancol bagi pemilik Kartu Jakarta Pintar (KJP) selama satu kali dalam sebulan, “imbuhnya.

Menutup akhir tahun 2017, Promo harga hemat lainya adalah "Anual Pass" seharga Rp325 ribu. Anda bisa gratis ke Dufan selama satu tahun dan tidak perlu untuk mengantri lagi di loket pembelian tiket, “jelas Agus.
(Reno)

Hadiri Dies Natalis UGM, Presiden Awali Kunjungan Kerja Enam Provinsi

By On December 19, 2017


Menyampaikan kuliah umum pada Dies Natalis ke-68 Universitas Gadjah Mada pada hari Selasa 19 Desember 2017, mengawali kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ke enam provinsi.

Dalam kunjungan kerja kali ini, Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo akan mengunjungi Provinsi DI Yogyakarta, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Papua Barat, Provinsi Papua, Provinsi Bali dan Provinsi Jawa Tengah.

Beberapa kegiatan Presiden dalam kunjungan kerja yang akan berlangsung hingga Sabtu, 23 Desember 2017 adalah peresmian jalan tol Surabaya-Mojokerto, peresmian pembangkit listrik di Kabupaten Nabire, Provinsi Papua, menghadiri Peringatan Hari Ibu ke-89 Tahun 2017 di Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Selain itu Presiden juga akan menyerahkan sertifikat tanah di beberapa provinsi.

Di hari pertama kunjungan kerja enam provinsi ini, Presiden dan Ibu Iriana bertolak ke Provinsi DI Yogyakarta dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta pada pukul 08.08 WIB dan tiba pada pukul 08.52 WIB.

Siang nanti, Presiden akan melanjutkan perjalanan menuju Surabaya, Provinsi Jawa Timur untuk meresmikan jalan tol Surabaya-Mojokerto dan sore harinya akan melanjutkan perjalanan menuju Kota Sorong, Provinsi Papua Barat.


Turut menyertai Presiden dan Ibu Iriana dalam penerbangan menuju Yogyakarta, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi dan Komandan Paspampres Mayjen TNI (Mar) Suhartono.

Yogyakarta, 19 Desember 2017
Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden

Bey Machmudin

Polresta Pekanbaru Peringkat Pertama Perlombaan Polmas Award Kapolri 2017

By On December 19, 2017



RESTA PEKANBARU- Polresta Pekanbaru berhasil meraih peringkat pertama dalam kegiatan lomba Polmas Award Kapolri Cup 2017 yang digelar di gedung Baharkam Mabes Polri, Selasa (19/12/2017)

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Susanto SIK SH MH, Wadir Binmas Polda Riau AKBP Imam Syahputra, Kapolsek Bukit Raya Kompol Pribadi SH, Kasat Bimmas Akp Sunarti serta Bripka Ilham Nur.NG SH.

"Perolehan poin, Polresta kita di peringkat pertama dengan nilai sebesar 891,3. Bhabinkamtibmas kita, Bripka Ilham Nur.NG SH menyisihkan jarak poin sebanyak 10 dari seluruh Polres dan Polresta yang berada di wilkum Polda se-Indonesia. Sementara untuk final nanti akan dilaksanakan pada bulan Januari 2018 mendatang,"ungkap Kapolresta"

Ditambahkan Kapolresta Pekanbaru,  untuk peringkat selanjutnya diraih oleh Polda Jatim, Polda Metro Jaya, Polda Sulawesi Utara, Polda Sulawesi Tengah, Pilda Kalbar, Polda Sumbar, Polda NTT, Polda Papua Barat dan Polda Jawa Barat.

"Kegiatan perlombaan ini merupakan tempat penentuan keberhasilan dalam pengembangan program Polmas. Sebagai hadiah peringkat pertama sementara menjelang final nantinya, Bripka ilham Nur.NG SH mendapatkan piala bergilir Kapolri serta berangkat studi banding ke Negara Jepang untuk mengkuti pelatihan,"imbuh orang nomor satu di Mako Resta Pekanbaru tersebut.

Perlombaan Polmas Award Kapolri Cup 2017 ini, Polda Riau yang diwakili anggota Bhabinkantibmas Resta Pekanbaru Bripka Ilham Nur.NG SH menerangkan tentang kegiatan Inovatif dan Kreatif Bhabinkamtibmas Polresta Pekanbaru. Sedangkan tim juri terdiri dari Baharkam, Kalemdikpol dan Polisi Jepang. ( Humas Resta)

SERAH TERIMA PELETON BERANTING HUT INFANTRI TNI AD

By On December 19, 2017



PEKANBARU :  Berlangsung kegiatan Serah Terima Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya Etape 8 dari Bataliyon 132 Bima Sakti dari pelalawan kepada Tonting Yudha Wastu Pramuka Jaya Etape 9  dari Bataliyon 133 Yudha Sakti di jalan harapan raya depan taman rekreasi alam mayang, Senin 18/12/2017 pkl 23.00 wib

Peleton Beranting membawa Panji  Infantri Yudhawastu Pramuka Jaya, Amanat Alm. Jendral Sudirman, Ikrar Korp Infantri, Berkas Aministrasi dan 2 pucuk Senjata laras Panjang dengan Sangkur terhunus.

Tonting Yudha Wastu Pramuka Jaya tahun 2017  yang diikuti oleh 3 Pleton Infantri, pleton tsb bejalan kaki + 20 – 25 Km dan dikawal dari belakang pleton Satpol PP Kota Pekanbaru

Bertindak sebagai Pengawas/Inspektur Upacara Wakil Walikota Pekanbaru ayat cahyadi.

Dalam kegiatan tsb turut hadir
- Rindam I Bukit Barisan Kolonel
  Purba
- Dandim Pekanbaru
  LetKol. Inf. Tunjung Setyabudi S.
  Sos
- Walikota pku diwakili oleh wawa
  Kota bpk ayat cahyadii
- Kapolresta Pku diwakili oleh Kabag
  Ops Kompol  Kurnia Setya. Sik
- Lurah tangkerang Timur
- Babhinkamtibmas Tangkerang
  Timur Bripka BAGUS K
- YONO pemilik Taman Rekreasi
  Alam Mayang
- Tomas wil setempat

Tema tonting tahun dalam rangka HUT Juang Kartikan ke- 72 TNI AD tahun 2017
" Prajurit Ifantri dgn Gerak Jalan Tonting Yudha Wastu Pramuka Jaya Guna Meningkatkan Jiwa Korsa, Semangat Juang dan Soliditas Prajurit, Bersama Seluruh Komponen Bangsa Dalam Rangka Menjaga Kedaulatan Serta Keutuhan Wilayah NKRI"

Kemudian tonting setelah melakukan serah terima lambang yudhawastu pramuka didepan taman rekreasi alammayang  jalan harapan raya Pekanbaru dengan penandatanganan  berita acara serah terima panji yudhawastu pramuka, setelah upacara dan penandatangan selesai tonting 133 Yudha Sakti berangkat berjalan kaki menuju rute yang telah ditentukan, (Humas Resta Pku)

Presiden Motivasi Masyarakat  Donorkan Darah untuk Keselamatan Manusia

By On December 18, 2017


Presiden Joko Widodo menyampaikan apresiasinya kepada para pendonor darah yang secara sukarela sudah menyumbangkan darahnya lebih dari 100 kali. Apresiasi tersebut disampaikan Kepala Negara dengan memberikan Anugerah Tanda Kehormatan Satyalancana Kebaktian Sosial, pada Minggu, 17 Desember 2017, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

"Sungguh Bapak, Ibu, dan saudara-saudara sekalian pantas disebut sebagai pahlawan kemanusiaan. Sebab untuk seorang pendonor darah bisa menyumbangkan darahnya sampai 100 kali berarti sudah melakukannya selama minimal 25 tahun," ujar Presiden yang hadir bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Presiden pun berharap penghargaan tersebut dapat menjadi motivasi bagi masyarakat lainnya untuk terus konsisten dalam melakukan donor darah guna menyelamatkan nyawa manusia.

"Saya berharap agar pengabdian kemanusiaan Bapak, Ibu dapat menjadi sumber motivasi banyak orang untuk melakukan hal yang sama, untuk melakukan berbagai bentuk aksi kemanusiaan lainnya," ungkapnya.

Lebih lanjut Presiden menyatakan bahwa ketersediaan kantong-kantong darah dan bantuan kemanusiaan sangat penting di saat saudara sebangsa se-Tanah Air sedang menghadapi bencana. Apalagi Indonesia juga berada di lingkaran api pasifik atau Ring of Fire yang rawan bencana.

"Kita harus semakin siap untuk menghadapi segala kemungkinan, semakin siap menyelamatkan sebanyak mungkin nyawa manusia dalam kondisi bencana," tutur Presiden.

Oleh karena itu, Presiden tak lupa mengucapkan terima kasih kepada para anggota Palang Merah Indonesia (PMI) yang terus menerus hadir di setiap wilayah yang membutuhkan bantuan, baik dalam kondisi bencana maupun saat ada rakyat Indonesia yag membutuhkan kantong darah untuk diselamatkan.

Ia pun meminta agar PMI terus menyebarkan nilai-nilai kemanusiaan dan melanjutkan keberhasilan program donor darah di seluruh pelosok Tanah Air sehingga menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kepribadian setiap rakyat Indonesia.

"Terus ingatkan orang bahwa setetes darah menyelamatkan nyawa seorang manusia," ucap Presiden.

Hadir pada kesempatan tersebut, Wakil Presiden Jusuf Kalla yang juga Ketua Umum PMI dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Ketua Harian PMI Ginandjar Kartasasmita serta para pengurus PMI.


Bogor, 17 Desember 2017
Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden

Bey Machmudin

GERBANG BETAWI menyelenggarakan festival ondel-ondel sebagai Jatidiri masyarakat Betawi

By On December 17, 2017


Jakarta, LenteraKhatulistiwa.com -Penyelenggaraan festival ondel-ondel yang di laksanakan oleh Gerbang Betawi (Gerakan Kebangkitan Betawi) terbilang cukup semarak dan menyedot perhatian masyarakat, kegiatan yang berlangsung di Gedung Eks makodim,  Jatinegara, Jakarta Timur. Berlangsung pada tgl 16 Desember 2017 yg sebelumnya di dahului oleh festival anasheed hadroh dan marawis.

Festival itu diikuti oleh berbagai group ondel ondel yang ada di DKI Jakarta.

Sedangkan dalam penilaian  di festival  tersebut yang menjadi poin antara lain keunikan, pernik warna, peragaan dalam pentas serta serasi mengikuti musik dan lagu baik gaya juga tari.

Terselenggaranya festival ondel ondel diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda betawi khususnya, agar semakin cinta terhadap budaya dan seni betawi,

'' Kegiatan ini bertujuan untuk menyatakan gerakan moral Intelektual profesional dan religius yang menyeluruh yang menjadikan generasi muda garda terdepan budaya dan pengawas agen perubahan. Mendorong Pola Pikir. Prilaku dan kepekaan masyarakat betawi menuju ke arah yang lebih baik," jelas David Darmawan selaku penanggungjawab acara itu kepada wartawan.

Intinya lanjut David  Gerbang Betawi menciptakan sumberdaya manusia Betawi yang memiliki intelektualitas, profesionalitas, dan moralitas, yg tinggi" Organisasi ini harus dapat bermanfaat bagi masyarakat luas " tutur David sapaan akrabnya

Pengusaha muda asal betawi ini berharap kegiatan Gerbang Betawi ini dapat meningkatkan rasa kepekaan yg menyeluruh yg hanya tidak secara emosional tapi juga materiil terhadap budaya betawi.

"Kita tunjukan kepada dunia, bahwa ikon betawi melambangkan kegagahan dan kewibawaan serta menjunjung tinggi jiwa dan semangat orang betawi yg tegas dan suci” pungkas David (yani)

Dari Tangerang, Presiden Jokowi Sempatkan Antar Pak Habibie ke Kediamannya Sebelum ke Halim

By On December 16, 2017


Setelah menghadiri acara Rapat Koordinasi Nasional Tiga Pilar Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Tangerang, Banten, Sabtu, 16 Desember 2017, Presiden Joko Widodo semestinya langsung menuju Bandar Udara Halim Perdanakusuma di Jakarta.

Namun, di luar jadwal yang telah ditetapkan, Presiden Jokowi mengajak Presiden RI ke-3 B.J. Habibie yang kebetulan hadir dalam acara tersebut untuk memasuki kendaraan RI-1.

Semula informasi dari Komandan Paspampres Mayjen TNI (Mar) Suhartono, Pak Habibie akan turut ke Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma dan berpisah di situ.

Namun dalam perjalanan, Presiden Jokowi memutuskan mengantar Pak Habibie ke kediamannya di kawasan Patra Kuningan, Jakarta Selatan.

Berangkat dari ICE BSD pada pukul 12.15 WIB, keduanya tiba di kediaman Pak Habibie pada pukul 12.55 WIB, Presiden Jokowi yang duduk di sebelah kiri membuka pintunya terlebih dahulu untuk kemudian menunggu Pak Habibie keluar dari pintu sebelah kanan.

Usai berpamitan, Presiden Jokowi kemudian melanjutkan perjalanannya ke Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, untuk bertolak ke Yogyakarta dalam rangka kunjungan kerja.


Jakarta, 16 Desember 2017
Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden

Bey Machmudin

PELAYANAN TIDAK PROFESIONAL – KEPALA KANTOR BPNRI TANGSEL SULIT DI TEMUI

By On December 15, 2017


Tangerang selatan -  LenteraKhatulistiwa -  Pejabat dikantor Badan Pertanahan Nasional Tangerang Selatan  harus manusia yang profesional dan berpengalaman, pasalnya, salah satu berkas  permohonan SK Pembaruan Hak nomor berkas 93265 / 2017 di daftar tanggal 30 oktober 2017 hingga hari belum selesai, alasan – alasan yang di himpun oleh awak media ketika di konpirmasi kepada kepala kantor Badan Pertanahan Nasional ( BPNRI ) Tangerang selatan “ ISKANDAR.S “  ketika ditemui di lobi ( jum’at,15/12/2017 ) “ Konsep – konsep berkas dimaksud, banyak yang salah, makanya saya coret agar direfisi, saya kan orang Hukum, tidak mungkin saya tandatangan berkas yang tidak sesuai dengan peraturan, dan tadi pun sudah saya telepon pak zainal “ kasubsi” agar diberi penjelasan supaya kedepannya tidak ada yang salah” pungkasnya sambil ia menunggu sopir nya untuk mengantar ia ke kanwil.

Lebih lanjut, ketika ditanya, kapan kira-kira berkas dimaksud bisa selesai “ mungkin senin atau selasa akan direfisi terlebih dahulu, mudah – mudahan secepatnya”tuturnya.

Berkas permohonan tersebut memang sudah berkali – kali direfisi bahkan yang kesekian kalinya termasuk refisi nama kepala kantor yang sudah dibuat, yakni pergantian kepala kantor ( PLT ) Teguh kepada  Iskandar.S ( PLT ) yang masih merangkap jabatan selaku Kabid KKP di BPNRI Kanwil Banten.

Namun, jika kita mengutip dari penuturan kepala kantor tadi ( Iskandar.S ) ” saya orang Hukum, berkas harus sesuai dengan Hukum dan peraturan untuk dapat ditandatangani “ mungkin masih terang dalam ingatan kita, bahwa beberapa  bulan yang lalu telah di muat dalam pemberitaan di media  sebuah permohonan berkas  SK ( rekomendasi kanwil ) yang terjadi refisi beberapa kali, bahkan berkas  tersebut sudah lepas dan lolos dari pemeriksaan beliau selaku Kabid KKP sebelum lanjut ke meja kepala kanwil, namun kenyataannya berkas itu disposisi dari kepala kanwil  setelah dikoreksi oleh staf kepala kanwil ( mas Bima ), hingga berkas itu berbulan – bulan baru selesai.  (HENDRIK.T)

M. Yunus : Terima Kasih Kunjungan Tim Jumat Barokah Polresta

By On December 15, 2017



Humas Resta Pku - Polresta Pekanbaru melaksanakan Giat Jumat Barokah menyambangi rumah Muhammad Yunus (66 th) warga Jalan Kampung Baru Kelurahan Bambu Kuning Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru. Jumat (15/12/2017)

Kunjungan Jumat Barokah dipimpin oleh Kapolresta Pekanbaru yang diwakili oleh Wakapolresta Pekanbaru AKBP Edy Sumardi Priadinata, S.I.K., dan di ikuti oleh Tim Jumat Barokah lainnya diantaranya Kasubbag Humas Polreata Pekanbaru Iptu Polius Hendriawan, Ipda Amelia, Bhabinkamtibmas Rejosari Polsek Tenayan Raya Bripka Zalman Harefa, Bhabinkamtibmas Kulim Aiptu Syafwan, Bripka Bagus dan Brigadir Dodi serta dihadiri oleh Sekretaris Lurah Bambu Kuning Kecamatan Tenayan Raya Reka Kurniawati.

Kunjungan ke rumah Pak Yunus (66 th) yang mempunyai seorang istri bernama Sartini (48 th) dan mempunyai tiga orang anak, sementara dua orang anaknya telah meninggal dunia dan satu orang lagi anaknya yang telah menikah pergi meninggalkan mereka berdua tanpa ada kabar lagi. Pak Yunus hidup hanya berdua dengan istrinya yang tinggal berpindah-pindah rumah hasil tumpangan dari salah seorang warga sekitar tempat tinggalnya. Pak Yunus mempunyai sakit mata tidak bisa melihat, sementara istrinya Bu Sartini mengalami gangguan pendengaran. Untuk menghidupi kehidupan sehari-hari istrinya Bu Sartini bekerja memasak di rumah warga, serta bantuan uluran tangan warga sekitar yang membantu kehidupan sehari-hari.

Kunjungan Jumat Barokah secara konsisten dilakukan Polresta Pekanbaru untuk mendekatkan diri kepada Masyarakat dan wujud kepedulian Polisi terhadap Masyarakat. Jumat Barokah yang dilaksanakan setiap hari Jumat guna mengunjungi warga masyarakat yang dibantu Bhabinkamtibmas. Personil Polresta Pekanbaru mengumpulkan sumbangan untuk memberikan sembako kepada masyarakat yang membutuhkan. Dengan harapan kegiatan ini bisa meringankan beban masyarakat, serta kegiatan ini mengajak rekan-rekan yang lain untuk ikut kegaiatan Jumat Barokah ini.

“Saya sangat berterima kasih kepada pihak Polresta Pekanbaru yang telah peduli kepada kami dan kami berharap kesembuhan penyakit yang kami derita ini,” Ungkap Pak Yunus.

Seretaris Lurah Bambu Kuning Reka Kurniawati sangat berterima kasih kepada Kepolisian Kota Pekanbaru terhadap kepedulian kepada masyarakat yang kurang mampu, kegiatan ini merupakan wujud kepedulian Polisi terhadap Masyarakat.

Wakapolresta Pekanbaru ”Pak Yunus yang mengalami kerusakan mata dan di diagnosa penyakit tertentu, Kami akan mencoba melaporkan kepada Bapak Kapolresta Pekanbaru dan akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru dan teman-teman kami yang Dokter untuk bisa melihat, menganalisa dan memeriksa penyakit mata yang diderita oleh Pak Yunus, untuk di upayakan dalam operasi mata, seperti yang kami dalam operasi Katarak Gratis kepada Masyarakat yang kami taja antara Polresta dengan Lion Club dengan Rumah Sakit Prima. Dan Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan seperti ini bisa menambah ukhuwah Islamiyah diantara kita dan bisa mengobati masyarakat kita yang membutuhkan,” Ungkap AKBP Edy Sumardi Priadinata, S.I.K.

AKTIVIS: “TIDAK MAMPU MENATA PKL PASAR ANYAR, SEBAIKNYA BIMA ARYA AKUI KEGAGALANNYA MEMIPIMPIN KOTA BOGOR”

By On December 15, 2017


Ketidakmampuan dalam menata pedagang kaki lima (PKL) di Pasar Anyar Kota Bogor merupakan salah satu “bukti nyata gagalnya” kepemimpinan Bima Arya Sugiarto sebagai Walikota Bogor. Selain itu, masih banyak kegagalan baik yang dirasakan oleh masyarakat Kota Bogor maupun tidak secara langsung dirasakan.

“Sudah hampir selesai masa jabatannya Walikota Bogor dalam memberikan perubahan baik tatanan Kota maupun mental masyarakat Bogor, tapi apa hasil yang dirasakan saat ini?” ucap praktisi hukum Budi Suryadi Putera, SH saat diwawancarai, Kamis 14/12/2017.

“Tak usah banyak kita menilai Bima Arya sebagai Walikota Bogor, kita lihat yang di depan mata, urusan menata PKL saja tidak selesai, di Pasar Anyar hampir seluruh masyarakat baik dari warga Bogor maupun dari luar Bogor, banyak melakukan aktivitas jual beli untuk kebutuhan rumah tangga,” lanjutnya.

“Dengan melihat kesemrawutan saja, khususnya dalam menata PKL, sudah jadi tolak ukur kegagalan dalam memimpin Kota Bogor.”

“Tidak usah bicara atau menilai masalah-masalah lain, revitalisasi atau pembangunan Blok F menunjukkan ketidaktegasan Bima Arya sebagai pemimpin yang mengakibatkan kebingungan pedagang.”

“Bukan hanya itu, Masjid Agung, Transmart, Masjid di Bogor Utara, kemacetan dan masih banyak lagi,” ungkap Budi.

Budi juga mengatakan, “jika hanya menata dan mengatur PKL di Pasar Anyar tidak mampu, dimana menurut saya aktifitas di sana sebagai miniatur aktifitas seluruh warga Kota Bogor, lebih baik nyatakan secara elegan bahwa saya gagal sebagai Walikota Bogor.”

“Buat apa mau maju kembali menjadi Walikota Bogor, harusnya sadar diri, hampir selesai kepemimpinan 5 tahun ini tidak bisa merubah dan memberi solusi  tatanan PKL di Pasar Anyar berarti gagal dalam memimpin Kota Bogor,” tegas Budi

Menurut Budi, visi misi dan tujuan Bima Arya sebagai Walikota Bogor “sudah jelas gagal”.

“Tidak usah banyak menilai kita liat bersama kesemrawutan penataan PKL di Pasar Anyar sudah menjadi salah satu bukti gagalnya Bima Arya,” pungkasnya. Dody

Resmob Polsek Cileungsi Ringkus 3 Pelaku Pencurian Kabel Panel PT Qualimas

By On December 15, 2017


LenteraKhatulistiwa, BOGOR (Kriminal) - Polisi amankan tiga pelaku Pencuri Kabel Tembaga Di PT. Qualimas Indonesia yang berada di Kilometer 23 Jalan Raya Narogong no.8 RT002/RW03 Desa Dayeuh, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Kamis (14/12/2017) kemarin.

Menurut keterangan sumber dari pihak perusahaan yang tak ingin disebutkan namanya, bahwa polsek cileungsi sudah mengamankan 3 pelaku dengan inisial MN, I dan M. Dan masih ada satu pelaku berinisial B yang menjadi Target Pencarian Orang (TPO) oleh pihak kepolisian sektor setempat.

Ketiga pelaku, M merupakan pelaku yang beraksi, sedangkan I penyuruh dan MN sebagai persiapkan peralatan mobil maupun alat perkakas seperti Gunting, Tang sebagai pemutus kabelnya.

Pelaku berinisial (I) dan (M) keduanya merupakan otak dari tindak pidana pencurian asal Madura.

"Kasus ini sedang didalami oleh polsek cileungsi, sebab masih ada pelaku lainnya yang belum tertangkap," ujarnya, Kamis (21/12/2017).

Dirinya menambahkan, kabel panel yang dicuri kurang lebih seberat 2 kwintal dengan jenis tembaga 'Super'.

Terpisah, Kapolsek Cileungsi, Komisaris Polisi (Kompol) Asep Fajar pun membenarkan perihal penangkapan pencurian yang terjadi di PT. Qualimas.

"Benar, kita sudah mengamankan 3 pelaku, namun ini masih kita dalami dan masih dalam pengembangan." tukasnya. (Yudhi)

Tiba Di Jakarta, Presiden Sampaikan Hasil KTT LB OKI

By On December 14, 2017


Siang ini, Presiden Joko Widodo bersama dengan rombongan tiba di Tanah Air usai kunjungannya ke Istanbul, Turki. Di sana, Presiden mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi Luar Biasa (KTTLB) Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) untuk membicarakan persoalan terkait Palestina.

Tiba sekira pukul 12.30 WIB di Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Kamis, 14 Desember 2017, Kepala Negara dengan didampingi oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan memberikan keterangannya.

Selain itu, tampak pula menyambut kedatangan Presiden dan Ibu Iriana, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Mulyono, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Ade Supandi dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Dalam keterangan persnya, Presiden berharap agar pertemuan tersebut menghasilkan tindakan nyata dan berharap negara-negara anggota OKI dapat mengupayakan perjuangan yang lebih dalam merespons situasi Palestina di Dewan Keamanan PBB.

"Di Dewan Keamanan PBB, negara-negara OKI harus dapat memastikan adanya pertemuan open debate mengenai situasi di Palestina," ujarnya.

Selain itu, Presiden Joko Widodo juga menyerukan agar negara-negara anggota OKI mendukung penuh upaya Palestina untuk mendapatkan status keanggotaan di sejumlah organisasi internasional. Dalam hal ini, negara-negara anggota OKI diharapkan untuk memulai lobi kepada negara-negara lain.

"Anggota OKI juga harus mendukung setiap pencalonan Palestina dalam keanggotaan di berbagai organisasi internasional dan negara OKI harus memulai lobi dukungan kepada negara-negara gerakan nonblok," ia menambahkan.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden menjelaskan bahwa KTTLB OKI yang dilaksanakan pada Rabu kemarin itu menghasilkan sejumlah kesepakatan.

"Pertama, menghasilkan resolusi OKI mengenai Al-Aqsa. Kedua, menghasilkan komunike final OKI, dan yang ketiga menghasilkan deklarasi Istanbul," ucapnya.

Enam Usulan Presiden Jokowi di KTTLB OKI

Sebelumnya, saat berkesempatan untuk menyampaikan pidatonya dalam forum tersebut, Presiden Joko Widodo menyampaikan enam poin penting terkait usulan sikap negara-negara anggota OKI. Keenam poin penting tersebut kembali disampaikan Kepala Negara saat memberikan keterangan pers di Jakarta.

"Pertama, OKI harus secara tegas menolak pengakuan unilateral tersebut," ucapnya.

Menurutnya, solusi dua negara merupakan satu-satunya solusi yang dapat diterima di mana Jerusalem Timur ditetapkan sebagai ibu kota Palestina.

Kedua, Presiden Jokowi mengajak semua negara yang memiliki Kedutaan Besar di Tel Aviv, Israel, untuk tidak mengikuti keputusan AS memindahkan kedutaan ke Yerusalem. Ketiga, negara OKI dapat menjadi motor untuk menggerakkan dukungan negara yang belum mengakui kemerdekaan Palestina.

"Keempat, bagi negara anggota OKI yang memiliki hubungan dengan Israel agar mengambil langkah-langkah diplomatik, termasuk kemungkinan meninjau kembali hubungan dengan Israel sesuai dengan berbagai resolusi OKI," Presiden melanjutkan.

Kelima, anggota OKI harus ambil langkah bersama tingkatkan bantuan kemanusiaan, peningkatan kapasitas dan kerja sama ekonomi kepada Palestina. Keenam, OKI juga harus mampu menjadi motor bagi gerakan di berbagai forum internasional dan multilateral untuk mendukung Palestina.


Jakarta, 14 Desember 2017
Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden

Bey Machmudin

Kekerasan terhadap Wartawan terjadi lagi,  Pengurus FPII angkat bicara

By On December 13, 2017


Jakarta - Kekerasan terhadap Wartawan kembali terjadi.  Kali ini dialami oleh salah seorang Anggota Forum Pers Independent Indonesia (FPII) Setwil Jawa Timur yang berinisial SA dari koran TKP.

Ironisnya penganiayaan yang dialami oleh SA didepan khalayak ramai dan disaksikan oleh oknum Aparat Kepolisian tidak mendapat pertolongan malah dikeroyok.

Ketua Presidium FPII, Kasihhati yang mendapat laporan dari Pengurus FPII Setwil Jawa Timur meradang.
Beliau sangat mengecam tindakan yang dilakukan oleh Pemilik tempat hiburan tersebut.

" Siapapun yang melakukan penganiayaan terhadap wartawan dengan dalih apapun tidak bisa ditolerir ", ujar Kasihhati di Kantor Sekretariat FPII, Jalan Rawajati Timur I No. 2 Jakarta Selatan, Rabu (13/12/17).

Kasihhati juga meminta aparat kepolisian mengusut kasus penyaniayaan tersebut apalagi si korban (SA) sudah membuat laporan kepolisian terkait apa yang dialaminya.

" Saya meminta Pengurus FPII Setwil Jawa Timur dan seluruh wartawan untuk memantau kasus ini. Jangan kasus seperti ini dianggap sepele ", Pintanya.

Ditempat yang sama, Ketua Deputy Advokasi Setnas FPII, Wesly HS menyayangkan sikap oknum aparat kepolisian yang melihat kejadian tersebut tetapi tutup mata serta tidak ada upaya untuk melerai tindakan kekerasan tersebut.

Ia juga mengkritisi keberadaan oknum Polsek Simokerto Surabaya tersebut ditempat hiburan malam saat kejadiaan. " Apakah oknum tersebut sebagai backing atau sebagai pengamanan wilayah? lah koq ini ada penganiayaan malah dibiarkan?, tanya Wesly.

Seperti diketahui, pada hari senin (11/12/2017) Wartawan berinisial (SA), dari Media Koran TKP saat malam kejadian dirinya hendak menemui pemilik hiburan malam, Cafe Santoso.

Kedatangan SA dengan maksud untuk menyampaikan undangan dan menyerahkan proposal kerjasama dalam rangka Anniversary HUT media Koran TKP kepada pengelola Cafe Santoso.

Niat baik SA disalah artikan oleh pemilik cafe, hingga terjadi kesalah pahaman sampai terjadi pemukulan yang dilakukan oleh pemilik cafe santoso. Melihat insiden yang terjadi anak buah pemilik cafe ikut juga memukuli SA, hingga terjadi pengeroyokan.

Merasa ada aparat kepolisian dilokasi kejadian tersebut, SA agak sedikit tenang. Namun dugaan SA keliru, oknum polisi yang disinyalir dari Reskrim Polsek Simokerto Surabaya hanya berdiam diri tidak ada upaya untuk melindungi masyarakat seperti slogan Kepolisian; pelayan, pelindung dan pengayom masyarakat.

Ketua Setwil FPII Jawa Timur ( Jatim ), Bayu menyesalkan tindakan Cafe Santoso hingga membuat korban (SA) mengalami luka lebam akibat penganiayaan dan juga pengeroyokan.

"Wartawan juga manusia, bukan binatang, saya meminta pihak kepolisian untuk segera memproses pelaku pengeroyokan yang dilakukan oleh pihak Cafe santoso dan beberapa anak buahnya," ujarnya.

Bayu juga meminta klarifikasi terkait informasi saat dilokasi terjadinya pengeroyokan, ada oknum anggota reskrim Polsek Simokerto, yang konon hanya berdiam diri dan menyudutkan korban.

"Negara kita adalah negara hukum dan hukum harus ditegakan, dan pekerjaan wartawan jelas dilindungi Undang undang Pers No.40 tahun 1999," pungkasnya.

(Team FPII)

KPU Kota Tangerang Sampaikan Hasil Penilitian Administrai 14 Parpol

By On December 13, 2017


KOTA TANGERANG – LenteraKhatulistiwa -  Dari hasil penelitian administrasi yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang, terhadap 14 berkas persyaratan partai politik yang akan mengikuti Pemilu 2019 itu banyak ditemukan dari Masing-masing berkas yang memiliki anggota melebihi syarat minimal yang sudah ditetapkan oleh KPU.

Hal itu diutarakan Komisioner KPU Kota Tangerang, Banani Bahrul pada kegiatan penyampaian hasil penelitian administrasi terhadap Partai Politik yang dilakukan di Gedung KPU Kota Tangerang, Rabu 13 Desember 2017.

Menurutnya, penelitian administrasi Partai politik itu dilakukan sejak tanggal 2 hingga 11 Desember 2107 lalu. Dan pihaknya juga telah melakukan penelitian administrasi hasil dari proses perbaikan.

“Jadi proses itulah yang kami sampaikan kepada sebelas partai politik, sementara ada partai politik yaitu PKS, PKB dan Gerindra karna tidak melakukan perbaikan dan mereka sudah memenuhi syarat minimal keanggotaan tidak kami lakukan penelitian perbaikan,” ujarnya.

Banani juga menjelaskan, seluruh partai politik yang ada di Kota Tangerang memiliki anggota yang melebihi syarat minimal keanggotaan  yang sudah ditetapkan oleh KPU.

“Syarat keanggotaanya seribu anggota dan 14 partai politik dikota tangerang memenuhi syarat minimal,” ungkapnya.

Meski semua partai sudah memenuhi syarat minimal tambah Banani, pihaknya tidak menjamin ke 14 partai tersebut dapat lolos untuk menjadi peserta Pemilu 2019 mendatang.

“Karena yang menentukan lolos atau tidak lolosnya partai politik tersebut nanti yang memutuskan KPU RI,” tambahnya.

Ia mengaku KPU Kota Tangerang hanya sebatas menyatakan bahwa partai politik di Kota Tangerang memenuhi persyaratan atau tidak batas minimal keanggotaan partai.

“Dan ke-empat belas partai politik sudah memenuhi syarat minimal keanggotaan,” tandasnya. (HENDRIK.T)

Rumah nyaris roboh luput dari program RTLH Pemkot Depok

By On December 13, 2017



Depok,Bs
Rumah sederhana warga rt.01 rw.06 kel.bedahan kec.sawangan kota depok yang nyaris roboh yang dihuni oleh seorang janda tua bernama Marsani berumur 67 tahun sudah puluhan tahun luput dari perhatian Pemkot Depok dan tidak mendapatkan bantuan pemerintah dalam bentuk pembangunan Rumah Tidak Layak Huni atau RTLH.



Bahkan bantuan program-program lainnya yang diperuntukan warga kurang mampu pun tidak satupun didapatnya. Bahkan pantauan dilapangan justru beberapa warga yang notabene jauh lebih beruntung darinya malah menikmati hasil program-program pemerintah untuk warga kurang mampu. Ibu Marsani ketika dimintakan pendapatnya hanya berharap agar ia yang juga sebagai warga negara republik Indonesia mendapatkan perlakuan yang sama dengan warga lainnya, bahkan sambil menitikkan airmata ibu Marsani mengatakan kepada kami kalau  saja bapak presiden Jokowi yang juga merupakan pilihannya tahu persoalan ini pasti akan memperhatikan saya sebagai masyarakat kecil.

Aksi 121217 boikot koruptor di bumi tegar beriman

By On December 12, 2017


Ratusan mahasiswa dari forum mahasiswa bogor(FMB) dan Bem Sebogor long march dari gedung DPD KNPI untuk mengruduk gedung pemkab dalam momentum hari anti korupsi inyernasional . Long march Sambil orasi-orasi mengingat kan kepada dinas-dinas bahaya lanten korupsi selasa (12/12).

Kami aksi di momentum hari anti korupsi internasional, dngan tujuan kami mendesak kepada  seluruh pimpinan pemkab Bogor untuk mempertanyakan komitmenya dalam membrantas kasus korupsi,karena sampai hari ini banyak pmpnan baik ekskutif, legslatif  dan yudikatif yang trindikasi trlibat dalam paktek-praktek korupsi dan kami meminta kepada pimpinan tertinggi kabupaten Bogor harus brkomitmen dalam mewujdkan reformasi birokrasi menuju pemerintahan baik dan bersih karena sampai saat ini mash maraknya praktek-praktek korupsi dan ini merupakan penyakit buruk yg terjadi di kabupaten bogor dan ini merupakan bukti kegagalan bupati bogor dalam mempin.
Ujar Erick stiawan (korlap aksi)

Selesai di gedung pemkab ratusan mahasiswa lanjut ke kantor kedjari yang bertepatan berhadap-hadapan dengan gedung pemkab.

Aksi merupakan bukti bahwa kami mahasiswa peduli terhadap kabupaten bogor dan kami tidak mau bumi tegar beriman ini di nodai oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Kami disini mendesak keras kepada kejari dan polres segera selaikan kasus-kasus yang mandek. banyak instansi-instansi yang terindikasi korupsi seperti pembangunan RSUD Leuwiliang, Kantor kecamatan Sukajaya, stadion pakansari, BUMD, infrastruktur jalan dan Dana desa.  Tapi ironisnya trias politika yaitu Exsekutif, Legislatif, yudikatif tidak serius menangani kasus korupsi ini. Tegakan supremasi hukum seadil-adil nya jangan sampai hukum tumpul ke atas tajam ke bawah, Jangan sampai hukum sosial yang menjerat. Ujar Sabri Maulana (ketua umum FMB)

Konser Kebangsaan RRI Jakarta

By On December 12, 2017



Jakarta,12 Desember 2017..

"Konser Kebangsaan Adalah Manifestasi Pelaksanaan Fungsi RRI Memberikan Hiburan Sehat Yang Menyentuh Nurani Dan Menumbuhkan Inspirasi" Tambah Kepala LPP RRI Jakarta La Sirama Selaku Tuan Rumah..

Gelaran Konser Kebangsaan Dengan Mengusung Tema "Bersatu Untuk Indonesia" Akan Melibatkan Sejumlah Musisi Sebagai Pendukung Dalam Konser Tersebut..
Diantaranya adalah Dwiki Dharmawan Orchestra, Harvey Malaiholo, Ita Purnamasari, Yuni Shara dan Rizky Febian..
Selain Konser Musik,Kami Juga Memberikan Suguhan Menarik Lainnya, yakni Pembacaan Puisi Dari Sastrawan Remy Sylado..

Dukungan Penuh diSampaikan Musisi Dwiki Dharmawan Yang Memiliki Kesamaan Visi Dalam Menatap Masa Depan Bangsa.

"Melalui Musik Hati Kita diGugah Untuk Lebih Mencintai Bangsanya" ,Karena Musik Adalah Ekspresi Dan Ungkapan Hati Terdalam Yang Bisa Disampaikan Untuk Menyebarkan Pesan Cinta,Damai Dan Kebersamaan" Ujat Dwiki Dharmawan..

Seperti Pada Gelaran Sebelumnya,Konser Kebangsaan RRI Jakarta: "Bersatu Untuk Indonesia" Akan Disiarkan "LIVE" Di Pro1 91,2 FM RRI Jakarta Dan Pro2 105 FM RRI Jakarta Serta Direlay Oleh RRI Pro1 Dan Pro2 Se Indonesia,Acara Ini Juga Akan Disiarkan "LIVE" Melalui Channel Youtube.
(Reno/Sadi)

APDHI Melantik Dewan Pengurus Tertinggi &  Seminar Nasional Di Bandung

By On December 12, 2017


Penulis : Jansen

Bandung - Sabtu (9/12/2017) Trans Luxury Hotel, Bandung dipenuhi oleh para praktisi dan akademisi hukum Indonesia   dari berbagai daerah. Mereka berkumpul dalam rangka pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Tertinggi Asosiasi Profesor Doktor Hukum Indonesia (APDHI).

Pelantikan ini dilakukan langsung oleh Ketua Komisi Yudisial (KY) Prof. DR. Aidul Fitrichiada Azhari, SH., M.Hum yang juga merupakan salah satu anggota Dewan Kehormatan APDHI. Acara yang dikemas sekaligus dengan Seminar Nasional yang bertajuk "Tindak Pidana Korupsi Dalam Pusaran Pemilihan Kepala Daerah di Indonesia" & di moderatori oleh DR L Alfies Sihombing SH, MH, MM, CLA. Dan sebagai narasumber dihadiri oleh budayawan Sujiwo Tejo dan beberapa Guru Besar serta Praktisi Hukum dari berbagai bidang.

Anggota Departemen Verifikasi APDHI, DR.Andre Yosua Manullang,SH.,MH.,MA, saat di konfirmasi menyatakan bahwa pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Tertinggi APDHI ini diharapkan ke depannya dapat memberikan sinyal yang positif untuk perkembangan hukum di negeri ini..

Lebih lanjut juga dikatakan oleh Andre YM yang juga seorang  Advokat ini, dalam pelantikan pengurus DPT APDHI dipandang perlu demi terwujudnya sebuah organisasi Professor dan Doktor Hukum Indonesia yang mandiri, maju, terkemuka dan profesional serta berkemampuan menjadi pemikir di bidang hukum dalam system hukum yang benar dan berkeadilan. “Sudah waktunya dan saatnya para pakar hukum dapat saling bergandengan tangan guna membangun bangsa ini,” ujarnya usai dilantik dihadapan awak media.

Inilah susunan daftar Dewan Pengurus Tertinggi APDHI berdasarkan Surat Keputusan dengan nomor : 01/SK-APDHI/TAHUN 2017 yang ditanda tangani oleh Dewan Kehormatan Prof.Dr.H Edi Setiadi, S.H, M.H dan tercantum nama-nama sebagai berikut :

Dewan Kehormatan
1. Prof.DR.Lili Rasjidi, S.Sos.,M.Hum
2. Prof.DR.H.Edi Setiadi, SH, MH
3. Prof.DR.Toto Tohir Suryaatmaja, SH, MH
4  Prof.DR.Yohanes Gunawan, SH, MH
5. Prof.DR.Kurniaatmanto Suta Prawiro, SH, MH
6. Prof.DR.Bernadette B Waluyo, SH, MH
7. Prof.DR.Todung Surya Lubis, SH, LLM
8. Prif.DR.Otto Hasibuan, SH, MM

Dewan Pembina
1. Prof.DR.H.Dey Ravena, SH.l, MH
2. Prof.DR.H.Hata, SH, MH
3. Prof.DR.Panca Astawa, SH, MH
4. Prof.DR.Bambang Sugiharto
5. Prof.DR.Suhandi Cahaya, SH, MH, MBA
6. DR. Luhut M.P.Pangaribuan, SH. LLM
7. DR.Teguh Samudera, SH, MH, dr(jur)
8. DR.Juniver Girsang, SH, MH
9. DR.Sidharta, SH, mph

Dewan Pengawas
1. Prof.DR.Imas Rosidawati, SH, MH
2. Prof.DR.Asep Warlan, SH, MH
3. Prof.DR.Nia Kurniati, SH.,MH
4. Prof.DR.Mella Ismelia Farma Rahayu, SH, MH
5. Irjen.Pol.DR.Abdul Gofur, SH, MH
6. DR.Ronggur Hutagalung, SH.,MH
7. DR.Roelly  Panggabean, SH, MH

Presiden APDHI
DR.Dini Dewi Heniarti, SH, MH

Vice Presiden APDHI
1. DR.(Iur) Liona N.Supriatna, SH, MH
2. DR.H.Jaya Kesuma, SH, M.Hum
3. DR.Walter Wanggur, SH, MH
4. DR.Santosa Sembiring, SH, MH
5. DR.Suhrawarhadi Kawil, SH, MH
6. DR.Hj. Sri Ayu Astuti, SH, M.Hum

Sekretaris Jenderal APDHI
DR.L.Alfies Sihombing, SH, MH, MM, CLA

Wakil Sekretaris
1. DR.Indra Yudha Koswara, SH, MH
2. DR.(Cand) Subagyo Sri Utomo, SH.,MH
3. DR.Nurul Chotidjah, SH, MH

Bendahara Umum APDHI
DR.Hj.Yeni Nuraeni,dr.,SH.,MH.,MMRS

Wakil Bendahara APDHI :
1. DR.Yuyut Prayuti,SH.,MH
2. DR.Pandji Amiarsa,SH.,MH
3. DR.Harris,SH.,MH
4. DR.(Cand) Jutek Bongso,SH.,M.Hum
5. DR.(Cand) M. Ali Nurdin, SH.,M.Kn

Departemen Verifikasi Keanggotaan
Ketua : DR.H.Ahmad Mulyadu,SH.,MH.,CLA
Wakil Ketua :
1. DR.Rena Yulia,SH.,MH
2. DR.Alex Chandra, SE.,SH.,M.Hum
Anggota Departemen :
1. DR.Abdul Atsar, SH, MH
2. DR.ANDRE YOSUA M,SH.,MH.,MA
3.. DR.(Cand) Suryana Mataharja, SH, MH
4. DR.(Cand) Dede Fahrozi, SH, MH

Departemen Penelitian DAN Pengembangan Hukum
Ketua : DR.Widiada Gunakaya SA,SH.,MH KETUA
Wakil Ketua : DR.(Cand) Iman Suswanto,SH.,MH
Anggota :
1. DR.Bambang Widiantoro,SH.,MH
2. DR.(Cand) Wiwin Triyunarti, SAP.,MH
3. DR.(Cand) Arief Firmansyah,SH.,M.Hum
4. DR.(Cand) Dewi Fortuna  Anwar,SH.,M.Kn

Departemen Antar Lembaga Dalam Negeri Dan Luar Negeri
Ketua : DR.Yuki Bakhtiar, SH.,MH KETUA
Wakil Ketua : DR.I Ketut Astawa, S.KOM.,MM
Anggota :
1.DR.Dayan Tjahya, LLB.,LLM.,Ph.D
2. DR.(Cand) Arif Budiman Purba,SH.,MH
3. DR.(Cand) Desi Maryani,SH.,MH
4. DR. Oentoeng Wahyu, SH.,MH

Departemen Sosial DAN HAM
Ketua : DR.Teddy Asmara, SH, MH
Wakil Ketua :
1. DR.Yuniarti Lestarii,SH, DCM, MM
2. DR.Netty Naiborhu, SH.,M.Kn
3. DR.Wintari,SH.,MH.,M.Kn
4. DR.(Cand) H.Anwar Budiman,SE.,SH.,MM.,MH

Departemen Advokasi Dan Sosialisasi Hukum
Ketua : DR.(Cand) T. Mangaranap Sirait, SH, MH
Wakil Ketua :
1. DR.Jogi Nainggolan, SH, M.Hum
2. DR.I Ketut Adi Purnama,SH, MH
Anggota :
1. DR.Maruli Situmeang, SH, MH
2. DR.Musa Darwin Pane, SH,MH
3. DR.(Cand) Cakra Heru Santosa, SH, MH, CLA
4. DR.(Cand) Joyada Siallagan SH, MH
5. DR.(Cand) Asep Suryadi, SH, MH

Departemen Kemaritiman
Ketua : DR.(Cand) Drs.A. Ridwan Tentowi, SH, MMtr
Wakil Ketua :
1. DR.(Cand) Muchsin Mansyur, Spel, SH, MH, MMTr
2. DR. Sofyan Iskandar, SH, MH
Anggota
1. DR.Drs.HM.Anda Hakim,SH.,MH.,MBL
2. DR.Bambang Saputro,SH, MH
3. DR.(Cand) Agus Setiawan,SH.,M.Hum.,M.Kn
4. DR.(Cand) Mariani Wiwik, SH, MH, MBA

Departemen Hubungan Kemasyarakatan & Komunikasi
Ketua : DR.Hertanto Wijaya, SH, MH
Wakil Ketua :
1. DR.Irawati Efendi, SH, MH
2. DR.I Nyoman Wisnu Wardhana, ST, LLM
Anggota :
1. DR.(Cand) Agys Salim, SH, SE, MH
2. DR.(Cand) Yenny Febriyanti, SH, M.Hum, M.Kn
6 DR.(Cand) Ramayati Brahmana, SH, MH
7 DR.(Cand) Diding Rahmad, SH, MH
8 DR.(Cand) Qadar Maufirah, SH, MH
9 DR.(Cand) Charisma Adipag Sugiyanto, SH, M.Kn

Lembaga Khusus Kesekretariatan
1. DR.(Cand) Erwin Susilo, SE, SH, MH
2. Amos Suri El Tauruy
3. Anom Djoemiadi, SH.
4. Lidya Indayani Umar, SH, MH.
5. Moh. Hilal Nu'man
6  Handi (Ulle) Mulyana

Wakapolresta Sambut Tim Wasrik Itwasda Polda Riau.

By On December 11, 2017

PEKANBARU– Polresta Pekanbaru, kedatangan tim Pengawas dan Pemeriksaan (Wasrik) Itwasda Polda Riau, kedatangannya disambut langsung Wakapolresta Pekanbaru Akbp Edy Sumardi Priadinata.SIK, didampingi Kabag Sumda Kp Jasman, Senin (11/12).

Kegiatan tersebut turut hadir  Wakapolresta  Akbp Edy Sumardi.P.SIK  Kabag Sumda Kompol Jasman, Kompol Abdulah Hariri dan Kasiwas Polresta Akp Nursyafniati, dan Tim Wasrik Itwasda Polda Riau dipimpin kompol Sugeng .

Pelaksanaan wasrik selama 3 hari dari tanggal 11 s/d 13 Desember 2017, hari pertama dilaksanakan di ruang aula baru untuk seluruh satfung Polresta dan hari kedua Selasa untuk jajaran Polsek terpusat di Polsek Senapelan sedangkan hari ke tiga Rabu terpusat pada Polsek Bukit Raya dan polsek lainnya, dalam kegiatan ini tim wasrik terbagi 3 bagian yaitu Jemen Operasional, Jemen SDM dan Sarpras.

Dalam sambutan Waka Polresta Menyampaikan ucapan selamat datang kepada Tim Itwasda Polda Riau di Polresta Pekanbaru yang dipimpin  Kp Sugeng, tim Itwasda  dan staf  dalam kegiatan wasrik nantinya, diharapkan kepada masing- masing fungsi dapat bekerjasama dgn tim dalam memberikan data yang diperlukan.

Sejauh ini kegiatan Satker, pengelolaan anggaran dan sasaran serta pelayanan publik, “Diharapkan kepada seluruh staf kerjasama yang baik selama Wasrik berlangsung. Wasrik di Polresta Pekanbaru bidang Jemen Opsnal dan Jemen SDM, nantinya dapat bekerjasama dalam pemberian data yang dibutuhkan laksanakan dengan baik, ini kesempatan kita utk memperbaiki kekukarangan- kekurangan kita sehingga kedepan tdk ada lagi permasalahan pekerjaan yang ditemukan.

Kompol Sugeng selaku pimpinan tim  menyampaikan wasrik dilaksanakan  tahap dua tahun 2017,  wasrik ini sebagai konsultan dan pemberi saran dalam hal penganggaran dan pelaksanaan tugas operasional, pelaksanaan wasrik ini bertujuan untuk melakukan pemeriksaan dan kontrol terkait aspek  anggaran dan keuangan, operasional ( Jemen Opsnal) dan sumber daya manusia ( Jemen SDM), Pelaksanaan wasrik berlalan dengan terib, aman dan lancar

(Humas Resta Pku)

Presiden Tegaskan Upaya Pencegahan Korupsi Harus Terus Dilakukan

By On December 11, 2017


Indonesia merupakan salah satu negara yang paling aktif dalam hal penegakan hukum terkait kasus korupsi. Untuk tahun 2016-2017 saja, jumlah uang negara yang berhasil diselamatkan melalui penegakan hukum ialah sekira Rp3,55 triliun.

Demikian disampaikan Presiden Joko Widodo saat memberikan sambutan dalam acara Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia  dan Peresmian Pembukaan Konferensi Nasional Pemberantasan Korupsi Ke-12 serta Peluncuran Aplikasi e-LHKPN di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Senin, 11 Desember 2017.

Dalam perjalanannya, tak lama setelah berdiri hingga kini, Komisi Pemberantasan Korupsi yang memang memiliki agenda utama untuk memberantas korupsi di Tanah Air setidaknya telah menangkap belasan gubernur, puluhan bupati dan wali kota, dan sejumlah anggota Dewan.

"Sejak tahun 2004 sampai sekarang ada 12 gubernur yang ditangkap karena korupsi, 64 bupati dan wali kota juga ditangkap karena korupsi. Belum pejabat-pejabat baik Gubernur BI, kalau tidak keliru 2, DPR dan DPRD saya tidak hitung, dan mayoritas adalah kasus penyuapan," ia menerangkan.

Namun, setelah sekian banyak pihak yang telah diberikan hukuman terkait perbuatannya, Presiden Joko Widodo heran, ternyata masih saja ditemukan pejabat-pejabat dan pihak-pihak yang terus ditangkap karena melakukan kejahatan korupsi ini. Ini sekaligus menandakan bahwa upaya-upaya pencegahan korupsi di Tanah Air harus dilanjutkan.

"Ini berarti bahwa tidak bisa disangkal lagi bahwa upaya pencegahan korupsi harus terus kita lakukan lebih serius. Tidak bisa ditunda lagi bahwa sistem pemerintahan, pelayanan, administrasi semua harus dibenahi," ujarnya.

Salah satu hal yang dilakukan pemerintah guna mencegah tindak penyelewengan anggaran ialah dengan melakukan deregulasi. Menurut Presiden, dengan semakin banyaknya regulasi, potensi untuk terjadinya korupsi juga akan semakin besar.

"Setiap regulasi itu seperti sebuah pisau bermata dua. Setiap aturan, izin, dan persyaratan mempunyai potensi untuk bisa menjadi objek transaksi dan korupsi," ucapnya.

Kepala Negara mengamati bahwa birokrat cenderung untuk menerbitkan sebanyak mungkin aturan. Dari sekian banyak aturan itu, banyak ditemukan aturan-aturan yang tidak jelas dan menggunakan bahasa "abu-abu".

"Artinya regulasi, aturan, perizinan, dan persyaratan itu sangat potensial menjadi alat pemerasan, alat untuk transaksi," tuturnya.

Hal seperti itulah yang mantan Gubernur DKI Jakarta ini tak ingin terus terjadi. Ia pun meminta jajarannya dan para kepala daerah untuk memangkas segala regulasi yang akhirnya justru membebani masyarakat.

"Semua kementerian, gubernur, bupati, dan wali kota pangkas itu yang namanya regulasi yang membebani baik masyarakat dan dunia usaha serta menjadikan negara ini tidak efisien," kata Presiden.

"Nanti mau saya buat lomba siapa yang bisa memangkas peraturan-peraturan saya beri hadiah," ia menambahkan.

Selain melakukan deregulasi, saat ini pemerintah juga sedang menyiapkan Peraturan Presiden mengenai perencanaan dan penganggaran yang terintegrasi.

"Kita baru menyiapkan Perpres untuk penerapan _e-budgeting_, _e-planning_, dan _e-procurement_ yang terintegrasi. Upaya ini diharapkan semakin memperkecil ruang untuk penyelewengan dan korupsi secara sistematis," tuturnya.

Presiden pun memastikan bahwa pemerintah tidak akan pernah berhenti untuk memberantas dan memperkecil peluang terjadinya korupsi di pemerintahan. Ia juga mengajak seluruh pihak untuk bahu membahu dalam memberantas korupsi di Indonesia.

"Saya mengajak semua pihak untuk selalu bekerja sama dalam pemberantasan korupsi. Perbaiki sistem untuk mencegah korupsi, tingkatkan produktivitas bangsa melalui sistem pelayanan dan pemerintahan yang efisien, lanjutkan terus penegakan hukum yang seadil-adilnya, dan ajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam gerakan antikorupsi," ucapnya.


Jakarta, 11 Desember 2017
Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden

Bey Machmudin