Proyek Peningkatan Struktur Jalan R Aria suryalaga, yang berada di bawah tanggung jawab dinas PUPR Kota Bogor, dari segi biaya sudah kelewat mahal.

BOGOR (BS) – Proyek Peningkatan Struktur Jalan R Aria suryalaga, yang berada di bawah tanggung jawab dinas PUPR Kota Bogor, dari segi biaya sudah kelewat mahal.

Menurut Koordinator investigasi center for budget analysis, Jajang Nurjaman, ada yang janggal dalam penentuan harga yang dibuat Dinas PUPR, sebesar Rp 4.377.146.000. dan biaya yang dihabiskan sebesar Rp4.145.327.000.”ucapnya saat dihubungi melalau WhatsApp, Sabtu (11/11).

Lanjut Jajang, padahal jika mengacu pada harga standar untuk proyek Peningkatan Struktur Jalan R Aria Suryalaga kebutuhan biaya seharusnya tidak lebih dari Rp 3,6 miliar. Disini saja sudah ada pembosoran sebesar Rp770 juta lebih.”terangnya.

Dalam beberapa kasus sah-sah saja, pihak penyedia (pemerintah) menghabiskan anggaran yang besar dalam sebuah proyek khususnya infrastruktur. Asalkan hasilnya maksimal dan bisa bertahan lama, tapi kebanyakan biasanya proyek yang dijalankan dengan biaya di luar harga standar ada yang bermain dan diuntungkan.”ungkap Koordinator CBA itu.

Sebaiknya pihak berwenang khususnya Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Bogor segera membuka penyelidikan dengan proyek tersebut, karena selain berpotensi merugikan keuangan Kota Bogor ratusan juta. Proyek jalan tersebut menyangkut kepentingan masyarakat banyak.”tutupnya. (Deva)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *